Sesama Dual On, tapi Beda Sasaran

Samsung tidak hanya rajin menggelontor pasar dengan ponsel Android. Pabrikan asal Negeri Ginseng itu juga giat menawarkan ponsel dual on GSM-GSM. Ia menyodorkan sepasang ponsel candybar, E1182 dan C3322. Gerai-gerai penjual ponsel memasarkan E1182 di kisaran harga Rp 260 ribu, sedangkan C3322 dibanderol sekitar Rp 480 ribu.

Hanya dengan melihat harga jualnya, bisa ditebak kalau dua ponsel itu membidik pasar yang berbeda. E1182 menyasar konsumen yang memiliki anggaran terbatas, namun mengidamkan ponsel dual on GSM-GSM bermerek global.

Layar E1182 memanfaatkan LCD TFT 1,5 inci yang mampu menyajikan hingga 65 ribu warna. Tampilan layar terlihat kurang halus. Kala dipakai bertelepon, suara yang terdengar dari earpiece kurang ramah telinga. Bukan mustahil telinga sebagian pengguna terasa agak sakit usai bertelepon cukup lama memakai E1182.

Nada dering telepon dan SMS dua nomor yang terpasang dapat dibedakan. Tetapi, pengguna tak dapat menambahkan nada dering baru. Suka atau tidak, pengguna hanya bisa memilih satu di antara 16 pilihan nada dering telepon yang tersedia. Sedangkan untuk nada SMS, malahan cuma ada empat pilihan nada.

Sisi minus lain E1182, kala ada panggilan masuk, pengguna tak bisa mengidentifikasi panggilan masuk hanya dengan melihat tampilan layar. Sebab, di layar tidak ada indikator yang menunjukkan panggilan itu ditujukan ke nomor pertama atau kedua. Pengguna harus membedakannya berdasarkan nada dering atau membiarkan panggilan tersebut menjadi missed call. Saat itulah baru muncul ikon pengenal SIM1 atau SIM2.

E1182 masih memanfaatkan konektor proprietary alias khas ponsel Samsung sebagai penghubung charger dan handsfree berkabel. Dengan demikian, pengguna BlackBerry maupun peranti Android bakal kesulitan bertukar charger.

Entah kebetulan atau tidak, penulis mendapatkan pengalaman kurang menyenangkan saat membeli E1182. Tulisan Samsung di bawah layar ponsel ditemukan tergores. Beberapa goresan tersebut terjadi bukan di bagian luar bodi, melainkan di bagian dalam. Idealnya, produk dengan cacat kosmetik seperti itu langsung disingkirkan. Namun, dalam kasus ini, ternyata lolos dan dijual kepada konsumen.

Sedikit sisi menarik E1182, ia dibekali penyaring panggilan telepon maupun SMS. Ada pula lampu senter, buku telepon 500 nama multiple entry, radio FM, dan fake call. Jangan coba-coba mencari kamera, bluetooth, maupun slot microSD di E1182. Dijamin tidak ada!

Beralih ke Samsung C3322. Ia jauh lebih menarik daripada E1182. Tampilan fisiknya sepintas mengingatkan pencinta ponsel dengan Nokia 6300. Keypad-nya nyaman, bahkan untuk pengguna berjari tangan besar. Pemakaian konektor charger micro USB menjadi daya tarik tambahan ponsel itu.

Buku telepon ponsel tersebut berkapasitas 1.000 nama multiple entry dan dapat disinkronkan dengan Microsoft Outlook. Sebelumnya, pengguna harus mengunduh dan menginstalasikan aplikasi Samsung Kies dulu di komputer. Sayang, sinkronisasi tak bisa dilakukan via bluetooth. Pengguna harus memanfaatkan kabel data.

Radio FM yang siarannya bisa direkam, bluetooth, kamera dua megapiksel, memori internal 45 MB, dan slot microSD adalah sebagian spesifikasi lain C3322. Ada juga penyaring SMS masuk, perekam video, perekam suara, dan fake call.

14 thoughts to “Sesama Dual On, tapi Beda Sasaran”

  1. Ada pemutar MP3-nya. Suara kurang sip. Terlalu banyak treble. Kalau mengacu pada lembar spesifikasi, kompatibel dengan microSD berkapasitas sampai 16 GB.

  2. Pak Tri,

    Kapasitas SMS E1182 sebanyak 300 pesan. Seingat saya tak bisa merekam pembicaraan telepon. Tersedia black list untuk menyaring panggilan telepon masuk.

    Saran saya, jangan membeli E1182. Anda lebih baik melirik LG A190 yang lebih murah, namun memiliki kinerja lebih mantap.

  3. O iya untuk samsung e1182 kapasitas 300 pesan detailnya seperti apa? inbox kapasitasnya berapa outbox berapa, dan draft berapa?
    Pertanyaan yang sama saya tanyakan untuk hape LG A190,

    Terimakasih banyak Pak Herry SW.

  4. Pak Tri,

    LG A190 berkapasitas 100 SMS dan buku telepon 500 nama multiple entry. Rincian kapasitas SMS-nya saya tak hafal.

    Untuk E1182, saya juga tak ingat rincian kapasitas SMS yang 300 pesan itu seperti apa.

  5. Pak HSW
    C3322 sudah diskontinu ya?
    Saya lagi cari hp dual on gsm candybar,
    Budget dibawah 1jt
    Prefer yg cukup nyaman digunakan (yah sekelas c3322 lah)
    Dan menggunakan charger microusb
    Ada saran pak?
    Saya lihat gsmarena, ada e2252 announced juli 2012,
    Dg spec di bawah c3322,
    Apakah ponsel tsb sdh ada di pasaran?
    B
    Jika ada, brp hrg ritelnya?
    Thank you before

  6. Pak Lukman,

    Samsung C3322 alias Lakota masih tersedia di pasaran kok. Harga ritel yang disarankan Rp 549 ribu. Praktiknya, toko-toko independen biasa mematok harga di bawah itu.

    Kalau melihat kriteria yang Bapak ajukan, C3322 sampai saat ini masih pilihan terbaik. Bila tak harus pakai charger micro USB, saya lebih menyarankan Nokia X2-02.

    E2252 setahu saya belum masuk ke sini. Entah kelak akan beredar resmi atau tidak.

  7. pak hery sw,saya juga pemake samsung c3322,adakah hp dual sim,gsm gsm yg kapasitas sms nya melebihi 300,soalnya c3322 mentok di 300 pak,makasih

  8. Pak Ahmad,

    Maaf, saya jarang banget memperhatikan kapasitas SMS. Ketika jumlah SMS masih beberapa puluh pun, saya sudah bergegas menghapusnya.

    Ponsel dual on GSM-GSM bersistem operasi Android mestinya memiliki daya tampung SMS lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *