Setengah Juta Dapat Sepasang

Di berbagai media massa, sejak tahun lalu operator menyatakan takkan lagi berperang tarif. Namun, kondisi di lapangan menyatakan sebaliknya. Meski balas membalas iklan tidak segarang dulu, mayoritas operator masih beradu tarif murah.

Bagi pengguna yang peka harga, tawaran dari aneka operator itu tentu pantang dilewatkan. Memakai ponsel dengan dua, tiga, bahkan empat slot kartu SIM menjadi alternatif pilihan praktis. Apalagi, harga ponsel semacam itu kini semakin terjangkau.

Sebut saja, Nexcom NC589. Ponsel qwerty itu memungkinkan tiga nomor GSM siaga bersamaan. Ia juga dibekali televisi analog. Tebak berapa harga jualnya! Rp 500 ribu? Berarti, Anda bisa membawa pulang sepasang NC589 plus uang kembalian untuk membayar biaya parkir. Sebab, satu unit ponsel tersebut sebenarnya dibanderol Rp 249 ribu saja.

Penulis menguji pakai NC589 dengan bodi berwarna putih. Tampilan fisiknya terlihat elegan. Adanya bingkai krom yang mengelilingi bodi mencuatkan kesan mewah.

Sebuah lampu senter terdapat di bagian atas ponsel. Di sisi kiri bisa dijumpai tombol volume dan kamera. Sedangkan di sisi kanan tersedia sebuah konektor charger proprietary yang sulit ditukarpakaikan dengan charger ponsel lain. Untunglah, di bawah konektor proprietary itu ada pula konektor dua milimeter ala Nokia.

Buku telepon 150 nama single entry, black list 20 nomor, bluetooth, perekam suara, dan pemutar musik merupakan sebagian spesifikasi NC589. Volume suara yang dipancarkan kala memainkan musik tergolong keras.

Kotak masuk SMS tiga nomor yang siaga digabung. Untuk mengetahui suatu SMS ditujukan ke nomor mana, pengguna cukup mencermati angka di ujung kanan baris SMS.

Saat ingin menikmati hiburan, pengguna bisa menonton tayangan televisi atau mendengarkan siaran radio FM. Ketika menyaksikan televisi, pengguna dapat “memotret” adegan menarik yang sedang tersaji. Caranya, tekanlah tombol kamera yang terdapat di kiri bodi.

Untuk mendengarkan siaran radio FM, pengguna tak perlu menancapkan handsfree berkabel yang disertakan dalam paket penjualan.     Sebab, antena televisi yang terselip di ujung kiri atas ponsel sekaligus berfungsi sebagai antena radio. Kalau mau, pengguna bisa merekam siaran radio yang sedang didengarkan secara spontan.

Sepasang kamera VGA tanpa autofocus dibenamkan ke NC589. Keduanya bisa pula digunakan sebagai perekam video. Kamera di bagian belakang dilengkapi lampu mungil untuk sedikit menambah pencahayaan. Sedangkan kamera di sisi muka tanpa lampu tambahan.

Kapasitas memori internal NC589 hanya 45 KB. Dengan demikian, kalau ingin memanfaatkan ponsel dengan optimal, pengguna wajib menyelipkan kartu microSD ke slot yang tersedia. Agar kinerja ponsel tidak terlalu berat, saran penulis, pasangkan kartu microSD berkapasitas maksimal 2 GB.

Fitur lain ponsel itu, di antaranya, kalkulator, tasks, alarm, jam dunia, dan currency converter. Tiga permainan telah diinstalasikan. Yaitu, Man, Second, dan Kungfu Chicken. Sebelum memainkan dua permainan pertama, pengguna mesti membayar biaya aktivasi Rp 10 ribu per judul game.

Nada dering telepon tiga nomor yang terpasang dapat dibedakan. File lagu favorit berformat MP3 bisa ditambahkan sebagai nada dering. Sedangkan untuk nada SMS, kendati dapat dibedakan, pengguna mustahil menambahkan nada baru. Suka atau tidak, pengguna hanya bisa memilih sembilan nada bawaan yang tersedia.

Secara umum, menurut penulis, ada dua sisi minus utama di NC589. Yaitu, memori internal yang sangat kecil dan pemakaian konektor charger proprietary. Umpama konektor proprietary itu digantikan dengan konektor micro USB, daya tarik ponsel tersebut akan bertambah. Betapa pun, dengan memperhatikan harga jual dan aneka fitur yang dibenamkan, NC589 masih pantas dilirik oleh pemburu ponsel qwerty triple on GSM-GSM-GSM plus televisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *