Sony Xperia C3 Dual: Pilihan Bijak untuk Penyuka Selfie

Hingga beberapa tahun lalu, kamera di sisi muka ponsel terkesan asal ada. Asalkan bisa menghasilkan gambar, cukup deh. Resolusi foto dan ketajaman hasil jepretan urusan belakangan. Seiring mewabahnya aktivitas selfie yang melanda berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, produsen ponsel mulai memperhatikan spesifikasi kamera depan.

HTC 8X layak disebut sebagai ponsel peduli selfie pertama yang beredar di Indonesia. Kamera depannya memakai lensa sudut lebar dan mampu menghasilkan foto beresolusi 2,1 megapiksel. Berikutnya, ada Acer Liquid E3 yang kamera depannya dilengkapi lampu kilat. Belum lama ini, Sony menawarkan Xperia C3 dan Xperia C3 Dual yang diberi embel-embel smartphone PROselfie. Penulis memilih menguji pakai varian kedua: Xperia C3 Dual.

Xperia C3-1

Usai menguji pakai Xperia C3 Dual, menurut penulis, istilah PROselfie yang dilekatkan ke ponsel itu memiliki dua makna. Pertama, Xperia C3 Dual mendukung aktivitas selfie dan sangat bersahabat bagi penggemar selfie. Kedua, ponsel itu mampu menghasilkan foto selfie yang prima sekaligus terkesan profesional.

Kemampuan kamera depan Xperia C3 Dual memang bukan ala kadarnya. Kamera itu memanfaatkan lensa sudut lebar 25 mm. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video HD 720p. Kamera tersebut juga dilengkapi lampu kilat dan fitur magic beam maupun portrait retouch.

Xperia C3-23

Dalam implementasi sehari-hari, pemakaian lensa sudut lebar mempermudah pengguna melakukan selfie beramai-ramai. Kala pengguna melakukan selfie seorang diri pun, lensa itu tetap menguntungkan. Sebab, pengguna tak perlu menjulurkan lengan tangan terlalu panjang.

Lampu kilat di kamera depan Xperia C3 Dual juga terbukti bermanfaat. Ia mampu memberikan pencahayaan tambahan yang amat signifikan. Jauh lebih berguna daripada, misalnya, lampu kilat di kamera depan Acer Liquid E3.

Xperia C3-21

Hal yang menarik lainnya, sebelum menekan tombol penjepret, pengguna bisa memberikan efek tambahan yang langsung terlihat di layar. Contohnya, di bola mata bisa ditambahkan simbol jantung hati atau efek lain. Wajah pengguna juga dapat dipoles dulu. Pipi yang penuh bekas jerawat bisa disulap menjadi mulus bak artis Korea. Masih kurang puas? Tambahkan satu di antara sepuluh pilihan bingkai alias frame yang tersedia.

Xperia C3-22

Kalau ingin selfie lebih unik, tak ada salahnya mengaktifkan AR effect. Pengguna selanjutnya bisa berfoto bak bajak laut, ksatria berhelm besi, atau manusia berwajah kucing. Mau menjadi Pak Raden jadi-jadian pun bisa. Bedanya, kali ini berkacamata dan tanpa mengenakan blangkon.

Beralih ke kamera belakang. Kamera utama Xperia C3 Dual itu dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia sanggup memproduksi foto beresolusi sampai delapan megapiksel. Bila difungsikan sebagai perekam video, ponsel dengan baterai 2.500 mAh tersebut siap menghasilkan klip video full HD 1080p.

Ponsel bernama lain D2502 tersebut hadir dengan layar IPS 5,5 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel. Di bagian atas bodi terdapat konektor audio 3,5 mm untuk menancapkan handsfree berkabel. Konektor micro USB dan selot microSD tersedia di sisi kiri. Sedangkan di sisi kanan bakal dijumpai selot kartu micro SIM, tombol power, tombol volume, dan tombol kamera.

Kok hanya ada satu selot kartu micro SIM? Bukan Xperia C3 Dual adalah ponsel dual SIM? Tak perlu bingung. Di dalam satu-satunya selot kartu micro SIM tersebut terselip satu penampang lumayan panjang dengan dua lubang untuk meletakkan dua kartu micro SIM.

Dua nomor GSM bisa siaga bersamaan di Xperia C3 Dual. Satu nomor di antaranya dapat masuk ke jaringan 3G dan berkesempatan menikmati layanan akses data HSPA dengan kecepatan unduh sampai 42 Mbps. Ingin dikunci supaya tak berpindah otomatis ke jaringan 2G pun bisa. Pengguna bebas memilih SIM1 atau SIM2 yang akan dimasukkan ke jaringan 3G.

Prosesor empat inti (quad core) Qualcomm MSM8926 1,2 GHz, RAM 1 GB, ROM 8 GB, Wi-Fi, bluetooth, NFC, dan GPS merupakan sebagian spesifikasi lain Xperia C3 Dual. Memori internal ponsel itu digabung dalam satu partisi yang diberi nama device memory. Saat ponsel masih segar, ruang kosong yang tersedia mencapai 4,22 GB.

Xperia C3-2

Ponsel bersistem operasi Android 4.4.2 KitKat itu juga dibekali mesin penjawab panggilan telepon (answering machine), radio FM, dan Office Suite. Dengan Office Suite, pengguna bisa membuat maupun menyunting file dokumen baru. Bila ingin tampilan layar lebih sederhana, pengguna cukup masuk ke settings, home, lalu memilih simple home. Model tampilan seperti itu mungkin cocok untuk pengguna lansia atau pengguna yang baru beralih dari feature phone ke smartphone.

Untuk sebuah ponsel berlayar sentuh 5,5 inci, Xperia C3 Dual sebenarnya cukup tipis dan ringan. Dimensi fisiknya 156 x 78,5 x 7,6 mm dan berat 150 gram. Namun, amat mungkin sebagian pengguna masih menganggapnya terlalu bongsor. “Kalau ponsel saya pegang dengan satu tangan, mustahil membuka baris notifikasi dengan menyapukan jari dari atas layar ke bawah.” Pendapat semacam itu sering penulis dengar dari pengguna ponsel berlayar lebar.

Ada kabar gembira untuk pengguna Xperia C3 Dual yang memiliki keluhan senada. Buah manggis eh… Sony kini menawarkan solusi. Aktifkan saja fitur one-handed operation. Usai diaktifkan, pengguna tak perlu menyapukan jari dari atas layar untuk membuka notifikasi atau quick settings. Cukup sentuh tombol home alias ikon bergambar rumah sebanyak dua kali. Baris notifikasi langsung akan muncul di layar.

Xperia C3-3

Dengan menyadari kalau Xperia C3 Dual masih termasuk ponsel kelas menengah, bukan ponsel flagship, penulis menilai ponsel itu secara umum menarik dan layak beli. Menurut penulis, sisi minus ponsel tersebut bukan di kinerja, melainkan penampakan fisik. Di bagian pinggir ponsel itu, baik kiri-kanan maupun atas-bawah, seolah ada cermin yang dilekatkan. Hal tersebut membuat Xperia C3 Dual terlihat agak murahan. Seandainya sekeliling bodi ponsel itu diberi warna krom atau aksen stainless steel, ia bakal terlihat lebih elegan.

Saat ini harga ritel resmi Xperia C3 Dual dipatok Rp 3,899 juta. Kebanyakan toko menjualnya sekitar Rp 100 ribu lebih murah. Sementara itu, harga ritel resmi Xperia C3 single SIM Rp 3,799 juta. Dengan memperhatikan selisih harga jual varian single SIM dengan dual SIM yang hanya Rp 100 ribu, penulis menyarankan Anda lebih baik membeli Xperia C3 Dual.

Xperia C3 Dual boleh diisi satu nomor saja kok. Kalau kelak Anda membutuhkan lebih dari satu nomor, tinggal pasangkan satu nomor lagi. Sebaliknya, bila Anda terlanjur membeli Xperia C3 single SIM dan suatu ketika memerlukan satu nomor tambahan, Anda mustahil menyulap ponsel itu menjadi dual SIM.

***

Inilah aneka foto yang dihasilkan Xperia C3 Dual. Kali ini dimulai dengan hasil jepretan kamera depan.

Penulis sedang berada di toilet. Lampu toilet menyala. Pemotretan tanpa lampu kilat.

Xperia C3-4

Masih di toilet. Lampu toilet dipadamkan. Pemotretan tanpa lampu kilat.

Xperia C3-5

Lagi-lagi di toilet. Lampu toilet dipadamkan. Lampu di sisi muka Xperia C3 Dual diaktifkan sebagai lampu senter.

Xperia C3-6

Ya… masih di toilet yang sama. Lampu toilet tetap padam. Lampu kilat di sisi muka ponsel diaktifkan.

Xperia C3-7

Kalau ini hasil jepretan kamera depan plus magic beam, efek mata, dan bingkai tambahan. Perhatikan bola mata penulis.

Xperia C3-8

Biar lebih jelas, sengaja penulis crop di bagian mata. Ada jantung hati di bola mataaaaaaaaku. πŸ™‚

Xperia C3-9

Sekarang bermain-main dengan AR effect.

Xperia C3-10

Xperia C3-11

Xperia C3-12

Berikut ini foto-foto yang dijepret menggunakan kamera belakang Xperia C3 Dual. Seperti biasa, pemotretan dilakukan tanpa mengaktifkan lampu kilat.

Xperia C3-13

Xperia C3-14

Xperia C3-15

Xperia C3-16

Xperia C3-17

Xperia C3-18

***

Screen capture Antutu Benchmark dan Sensor Box for Android.

Xperia C3-19

Xperia C3-20

64 thoughts on “Sony Xperia C3 Dual: Pilihan Bijak untuk Penyuka Selfie

    1. Pak G,

      He… he… kucing raksasa. πŸ™‚

      Baterai bisa bertahan mulai pagi sampai malam kok. Cukup deh buat saya beraktivitas seharian.

      Benar. Yang single SIM mendukung LTE. Namun, karena LTE di sini juga masih belum jelas, mending dual SIM tanpa LTE deh.

  1. kl d compare ama lumia 730 atau lumia 535, recommend mn pak
    soalnya harga beda jauh tp spek dan kamera depan hmpir sama kulitasnya

    1. Pak Risky,

      Minggu depan saya baru mulai mencoba Lumia 730. Kalau Lumia 535 kan belum beredar di sini. Di atas kertas, seharusnya Lumia 535 di bawah Lumia 730 dan Xperia C3 Dual.

    1. Pak Ambang,

      Kalau suka selfie, Xperia C3 Dual lebih menarik. Kalau nggak suka selfie, Redmi Note pun sudah memadai.

  2. Pak Herry SW, di Jabodetabek sudah ada Bolt yang main di 4G LTE, apakah bisa itu SIM card Bolt dimasukkan ke Xperia C3 Single?
    Dengar-dengar, Smartfren juga akan masuk ke 4G LTE.

    1. Pak Teguh,

      Saya tak berani memastikannya. Sebab, saya di Surabaya dan di sini belum ada Bolt.

      Ya, Smartfren memang akan masuk ke LTE juga.

  3. Pak Herry, apa kira2 akan mereview acer liquid z500 atau liquid jade ya? Kalo menurut bapak sendiri (tanpa pernah mereview nya) apa ke dua hp itu layak dimiliki? Terima kasih pak.

    1. Pak Amaris,

      Ya, dua ponsel itu akan saya review. Review Liquid Jade mungkin tayang besok. Sedangkan Liquid Z500 belum tahu kapan. Lha ponselnya belum saya coba.

  4. kalo dibandingkan sama lenovo p700i daya tahan baterainya gimana?
    mau upgrade hape..

    Bolt gak bisa telpon atau sms.. cuma jual data aja..

    1. Pak G,

      Boleh dibilang relatif imbang sih.

      Bolt memang hanya punya lisensi data. Jadi, mereka tak boleh menyediakan layanan telepon.

  5. Oh iya pak Herr, klu di Sony apakah bisa nyimpan foto3 ato file2 langsung ke memory card tanpa hrs di Root dulu ya gawaix krn ada jg sih hp yg nggak bisa nyimpan file langsung ke memory cardx tanpa hrs di Root dulu.

    1. Pak Alwi Wahab,

      Wah, saya tidak memperhatikan. Untuk foto, seharusnya bisa diatur otomatis masuk ke kartu microSD. Kalau untuk aplikasi, memang akan terinstalasi di memori internal.

  6. Soalx di Nokia XL milik adik saya dan Lenovo (lupa typex) milik teman saya di pengaturan penyimpananx tdk ada simpan ke memory card, katax sih hrs di Root Dulu…, khan repot jg tuh!!

  7. Wah lumia 730 mau di review πŸ˜€ saya tunggu pak herry reviewnya, kebetulan saya lg minat bgt ke lumia 730

    1. Pak G,

      Harga maksimal Rp 3,5 juta ya. Silakan melirik Xiaomi Redmi Note.

      Layanan LTE XL masih bersifat uji coba, bukan layanan komersial. Area cakupannya sudah sangat terbatas. Saya barusan membaca tautan yang Anda berikan. Kalau dibaca memang bisa menimbulkan persepsi yang salah. Seolah XL sudah menggelar layanan LTE secara komersial. Padahal, kenyataannya bukan begitu.

  8. kalau dibandingkan dg acer liquid e700 gimana pak? soalnya saya pakai hp lumayan lama, sekitar 3 tahunan baru ganti lg.. service center xiaomi kualitasnya bgaimana??
    tks..

    1. Pak G,

      Ini maksudnya Redmi Note versus E700 ya? Kalau Anda nggak perlu triple SIM, lebih baik melirik Redmi Note.

      Service center Xiaomi biasa-biasa saja sih.

  9. Pak kalau sony c3 ini dibandingkan dgn samsung galaxy grand prime dr segi kamera dan performa lbh baik yg mana? Dua duanya sama2 ponsel selfie

  10. tidak banget untuk ponsel seri ini kerapatan ponsel nya di ragukan setelah memakai selama 1 bulan ponsel ini mengalami keloggaran yang membuat saya risih dan beberapa aplikasi saya mengalami crash dan di tambah saya baru menyadari ada goresan sangat kecil di layar ponsel. saya melakukan servise dari tgl 17 sampai sekarang tidak ada kabar nya saya sangat kecewa dengan ponsel seri ini.

  11. Koh Herry, aku lagi naksir hape ini, tapi msh galau :p kalo dibandingin sm lenovo vibe x2 bagusan mana ya? sama2 proselfie, kisaran harganya mirip juga :v service center lenovo separah sony ndak ya koh? tempo hari benerin xperia m sampek 2 bln sih :/

    1. Bu Mayang,

      Saya belum pernah menguji pakai Vibe X2. Seorang teman yang sering berganti ponsel dan terakhir memakai Vibe X2 menyatakan kamera ponsel itu kurang bagus.

      Pusat perbaikan resmi Lenovo setara, bahkan sedikit lebih buruk, daripada Sony.

  12. Ko herry mohon pencerahannya….
    C3 saya ini kalo muter walkman terus keluar dari aplikasi walkman nya terus buka aplikasi lain langsung mati dalam jarak beberapa detik. Kalo lagi parah, cuma dikeluarin ke home aja langsung mati. Ini settingannya yang salah atau bagaimana? Makasih.

    1. Bu Tesyaaudine,

      Yang Anda maksud dengan “langsung mati” itu ponselnya mati atau musik yang diputar langsung berhenti?

      Kalau ponsel langsung mati, hal tersebut tidak normal. Cobalah melakukan factory reset. Bila tetap bermasalah, bawalah ke pusat perbaikan resmi Sony.

      Kalau musik yang diputar berhenti mengalun, bergantung aplikasi lain yang Anda jalankan sih. Yang pasti, kalau keluarnya ke home, musik seharusnya tetap berbunyi. Standarnya memang demikian. Bila sekarang mati, mungkin ada pengaturan yang berubah. Coba utak-atik di menu walkman. Saya tak hafal struktur menunya. Kira-kira carilah yang bermakna atau berhubungan dengan “play in the background”.

  13. pak mau nanya nih sony experia c3 bagusan mana dengan samsung e7 dan a5 ?
    trus kalau camera bagusan mana oppo dengan sony

  14. malam pak, xperia c3 dual sama xiomi mi4i itu lebih bagus mana ya kalau dilihat dari semua spesifikasinya ? menurut bapak lebih awetan xperia atau xiomi dan untuk service centernya sendiri yang lebih baik xperia atau xiomi pak? terimakasih

    1. Bu Evi Arviani,

      Secara umum lebih menarik Mi 4i.

      Xiomi? Wah, saya tak tahu. Kalau Xiaomi dan Sony Xperia mestinya sama-sama awet.

      Pusat perbaikan resmi lebih bagus Xiaomi. Kalau Xiomi, saya tak tahu.

  15. Selamat Pagi Pak Herry,
    Sambil menunggu review lenovo phab plus saya tertarik dengan xperia C5 Ultra, layarnya lumayan lebar 6 inch. Kira kira ada rencana untuk mereviewnya tidak ? Oya, meskipun belum saya mohon pendapat bapak tentang ponsel tersebut.
    Terimakasih.

    1. Pak Husni,

      Tak ada rencana me-review Xperia C5 Ultra. Yang akan saya review Xperia Z5.

      Karena belum pernah coba, saya tak bisa mengomentari Xperia C5 Ultra.

  16. mau lirik sony c3 dual tapi ada asus zenfone 2 ze 550ml ,,kira2 bagusan mana dari segi spec dan kwalitas pak ?mohon pencerahanya.maksih

  17. Ko herry mohon pencerahannya lagi nih saya masih pake sony c3 ini….

    Saya ganti paket data ke 4g lte dari indosat ooredo, tapi sudah 3 jam sejak aktivasi masih saja sinyal 3g yang ketangkepnya.
    Daerah saya sudah tersedia jaringan 4g dan settingnya pun sudah sesuai.
    Tapi, os c3 saya masih KitKat. Apa itu ngaruh ko? Apa harus saya upgrade dulu ke lollipop?

    Makasih ko.

    1. Bu Tesyaaudine,

      Anda menggunakan Xperia C3 dual SIM atau single SIM?

      Kalau dual SIM, ponsel itu memang belum mendukung 4G LTE. Kalau single SIM, seharusnya bisa 4G LTE dan tak perlu pengaturan khusus.

  18. Pak Herry,
    Untuk budget 1,5jt pengin Android spesifikasi Dual-sim, RAM 1GB dan tidak cepat panas apakah Bapak punya rekomendasi? ^^

    1. Pak/Bu Ummu Ammar,

      Mending tambah anggaran Rp 100 ribu untuk membeli Infinix Hot 3. RAM-nya sudah 2 GB, dual SIM, dan mendukung 4G LTE.

  19. Terima kasih rekomendasinya, Pak, tetapi di tempat saya (Purwokerto) tidak ada service center Infinix, Pak.. πŸ™ Saya lupa untuk mempertimbangkan hal ini juga..
    Kalau untuk merk Sony, Samsung, atau LG apakah ada yang Bapak rekomendasikan? ^^

    1. Pak/Bu Ummu Ammar,

      Dengan anggaran dan kriteria seperti itu, tak ada ponsel Sony, Samsung, dan LG yang bisa saya rekomendasikan.

  20. Pak, saya minta masukannya
    saya punya budget 3-4jt untuk membeli handphone baru
    antara Xiaomi Mi4s dengan Sony Xperia M4 Aqua sebaiknya saya pilih yg mana?
    Secara spek tentu lebih menguntungkan Xiaomi Mi4s daripada Sony Xperia M4 Aqua, namun saya sempat ragu dengan Xiaomi karena belum banyak pengguna yang dapat saya reverensikan, namun dibalik itu Xiaomi masih dikabarkan baik, sedangkan dengan Sony sepertinya diisukan banyak trouble pada hp tersebut.. Sebaiknya bagaimana pak? terimakasih

    1. Pak Fan,

      Mi 4s langsung saya coret karena pasti tanpa garansi resmi. Xperia M4 Aqua saya belum pernah coba. Jadi, tak tahu bagus atau tidak.

    1. Pak Ari,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Mestinya sudah kurang menarik ya. Mending coret dua ponsel itu deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *