Spesifikasi Bukan Segalanya

Spesifikasi memang patut diperhatikan saat hendak membeli acang alias gadget baru. Namun, spesifikasi bukan segala-galanya. Acang dengan spesifikasi sama belum tentu memiliki kinerja sama. Hal yang lebih ekstrem, acang berspesifikasi lebih rendah mungkin lebih nyaman dipakai daripada acang berspesifikasi lebih tinggi. Sony Xperia tipo, Xperia miro, dan Xperia neo L memberikan contoh nyata kepada konsumen.

Xperia tipo menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon MSM7225AA dengan kecepatan 800 MHz. Ketika penulis menguji pakai ponsel itu, September lalu, ia sempat beberapa kali bengong sesaat. Hal tersebut penulis alami kala Xperia tipo dimanfaatkan untuk menerima ratusan email per hari. Kejadian itu penulis catat dalam daftar ketidakpuasan. Namun, penulis sekaligus agak memakluminya karena Xperia tipo termasuk ponsel Android kelas pemula. Ia bukan produk kelas menengah, apalagi kelas atas.

Dua minggu lalu, penulis berkesempatan menjajal Xperia miro yang harga ritelnya dibanderol Rp 1,999 juta. Dengan selisih harga sekitar setengah juta rupiah lebih mahal daripada Xperia tipo, mudah ditebak kalau dua ponsel itu berbeda kelas. Xperia miro tergolong dalam kelas menengah. Beragam poin spesifikasinya pun lebih tinggi daripada Xperia tipo.

Tetapi, sebelum mulai menyalakan Xperia miro untuk kali pertama, jujur nih penulis sempat berpikir negatif. Pemicunya, ponsel itu disebutkan memakai prosesor Qualcomm MSM7225A 800 MHz dan RAM 512 MB. Hmm… mirip dengan Xperia tipo.

Akankah ia juga bengong sesaat bila dipakai untuk menerima ratusan email per hari? Selama tiga hari penulis sengaja menghujani Xperia miro dengan ratusan email. Hasilnya, ternyata ponsel itu tetap gegas. Kejadian bengong sesaat tak pernah penulis temukan.

Xperia miro hadir dengan layar sentuh kapasitif 3,5 inci beresolusi 320 x 480 piksel. Di bawah layar terdapat lampu notifikasi yang akan menyala saat, misalnya, pengguna menerima pesan baru di Facebook.

Ponsel bersistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich itu dibekali Wi-Fi, bluetooth, GPS, radio FM, dan sepasang kamera. Kamera di sisi belakang beresolusi lima megapiksel, autofocus, dan memiliki lampu kilat. Sedangkan kamera di sisi muka beresolusi VGA dan tanpa autofocus maupun lampu kilat. Kedua kamera itu sanggup pula menghasilkan klip video VGA. Performa kamera terintegrasi di ponsel itu hanya pantas disebut lumayan.

Asalkan didukung oleh operator GSM yang dipakai, pengguna Xperia miro bisa merasakan cepatnya berinternet via layanan HSDPA 7,2 Mbps. Kalau pengguna mengaktifkan fitur portable hotspot alias Wi-Fi tethering, akses data di ponsel itu dapat dinikmati oleh acang lain di sekitarnya. Pengalaman penulis, bila Wi-Fi tethering digunakan tanpa henti, baterai 1.500 mAh di Xperia miro mampu menyiagakan ponsel selama sekitar 3,5 jam.

Ruang penyimpanan di ponsel itu terbagi dua, phone memory untuk menginstalasikan aplikasi dan internal storage yang terutama dipakai untuk menyimpan file multimedia. Ketika ponsel usai diatur ulang sesuai standar pabrikan, sebanyak 568 MB di antara 754 MB phone memory leluasa dimanfaatkan pengguna. Sedangkan kapasitas internal storage yang lowong mencapai 2 GB. Pengguna dapat menambahkan kartu microSD berkapasitas hingga 32 GB.

Xperia miro yang berdimensi fisik 113 x 59,4 x 9,9 mm dan berat 110 gram ditawarkan dalam empat varian warna. Yaitu, hitam, hitam kombinasi merah muda, putih kombinasi perak, dan putih kombinasi emas.

Menurut penulis, Xperia miro bukanlah acang Android yang sangat menarik. Tetapi, minimal ia bisa dijadikan alternatif pilihan oleh konsumen yang memiliki anggaran sekitar Rp 2 juta. Umpama harus memilih, penulis justru lebih suka memboyong Xperia miro daripada Xperia neo L yang harga jual ritelnya dipatok Rp 2,499 juta. Sebab, meski lebih murah dan spesifikasinya sedikit lebih rendah, Xperia miro lebih nyaman dipakai beraktivitas.

58 thoughts to “Spesifikasi Bukan Segalanya”

  1. siang mas herry,
    mau tanya,
    di plaza marina apa ada stan smartfren…….?

    Rencana Mau cari hp smartfren hotspot.

    Tpi klau ke wtc terlalu jauh.
    Trimz sblumx.

  2. saya sudah membaca artikel pak Herry di tabloid, yang ingin saya tanyakan: dengan spesifikasi yang mirip, apa yang membedakan keduanya sehingga beda dalam kemampuan menerima ratusan e-mail?

  3. Pak Apriyanto Wahyu H,

    Nah, saya belum tahu jawabannya, Pak. Hari ini saya baru berencana membongkar kardus P700i. )

  4. Pak Yopie,

    Terus terang saya juga penasaran mengapa bisa begitu. Padahal, Xperia miro dan Xperia tipo sama-sama memakai prosesor 800 MHz.

    Dugaan sementara saya, manajemen firmware yang membuatnya demikian.

  5. apa kbr suhu Herry, saya baru saja beli xperia tipo dual setelah beberapa hari saya pakai muncul semacam frame warna merah ketika berpindah menu akhirnya saya garansikan ke sony mobile plaza marina lantai 3 dengan pelayanan yg sangat buruk dan mengecewakan sekali, setelah diservis/update software kondisi normal kembali setelah hari saya pakai “penyakit” itu muncul lagi..akan saya kembalikan lagi rasanya saya malas ketemu orang2 sony mobile yg pelayananya tdk profesional sama sekali. ya mudah-mudahan tidak terjadi pada pemakai hp sony yang lain.

  6. Pak Sandi,

    Kalau mau, silakan menceritakan kronologis kejadian dengan rinci. Jangan lupa sertakan nama lengkap dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Saya akan teruskan kepada pihak-pihak terkait.

  7. Untuk harga yang ga jauh beda, ada xperia u. Boleh tuh dicompare Om πŸ™‚ Kalo ada review / komparasinya, kabar2i πŸ™‚

  8. Pak Zaid Nuur Ahqaaf,

    Saya belum pernah menguji pakai Xperia U. Kalau diadu dengan Xperia miro, Xperia U setidaknya memiliki dua kelebihan:
    * Prosesornya dual core 1 GHz. Kalau miro kan single core 800 MHz.
    * Di bagian bawah Xperia U ada lampu berwarna-warni yang bisa berubah warna sesuai dengan foto yang ditampilkan.

    Sisi minus Xperia U, yang bagi saya agak fatal, adalah tidak ada slot memori eksternal. Padahal, memori internal yang bisa dipakai hanya 4 GB.

  9. Mau tanya donk,apakah miro yg warna putih / putih emas sudah beredar dipasaran? Di kota saya ( medan ) susah sekali mencarinya. Bahkan bisa dibilang tidak toko yg menjualnya. Semua stocknya warna hitam. πŸ™

  10. Bu Dilla,

    Xperia miro warna putih dan gold sudah beredar kok.

    Kalau di Medan, coba cek di beberapa toko berikut ini:
    * Plaza Medan Fair:
    Blooming, Power HP, Incom, dan G3rd

    * Plaza Milenium:
    GIS/Priority, Friendship, dan Ponsel 21

  11. siang pak herry..
    saya tertarik dengan kalimat terakhir “Umpama harus memilih, penulis justru lebih suka memboyong Xperia miro daripada Xperia neo L yang harga jual ritelnya dipatok Rp 2,499 juta. Sebab, meski lebih murah dan spesifikasinya sedikit lebih rendah, Xperia miro lebih nyaman dipakai beraktivitas.”
    bisa dijelaskan agak detail pak, sebab saya berencana membeli diantara miro dan neo L
    terima kasih πŸ™‚

  12. Pak/Bu Adhit,

    Saat saya menulis review di atas, harga ritel yang disarankan untuk Xperia miro Rp 1,999 juta. Sedangkan harga Xperia neo L Rp 2,499 juta. Jadi, selisih keduanya Rp 500 ribu.

    Kalau dilihat dari spesifikasi, perbedaan yang paling tajam Xperia miro memakai prosesor 800 MHz, sedangkan Xperia neo L 1 GHz. Namun, dalam pemakaian sehari-hari, perbedaan prosesor itu relatif kurang terasa. Xperia miro juga lebih enak digenggam daripada Xperia neo L.

    Nah, dengan selisih harga yang lumayan itu, saya lebih memilih Xperia miro.

    Btw, saat ini harga Xperia neo L turun menjadi Rp 2,399 juta, sedangkan Xperia miro tetap Rp 1,999 juta. Selisih harga berarti menjadi Rp 400 ribu. Dengan kondisi sekarang pun, saya masih lebih memilih Xperia miro.

  13. tolong di review sony xperia U ny pak πŸ™‚
    setahu sya slama ini hp sony dengan harga murah dan spek yg high end class hny xU…cuma di sayang kn hny tdk ada memory Ekstrnl…tp kan msih ada OTG jadi tidak ada msalah buat sya πŸ˜‰

  14. pak Herry yang terhormat,
    kemarin saya sempat melihat langsung 2 HH tsb, miro dan xperia u, ukuran layar sama2 3,5inch, namun dimensi miro kenapa lebih lebar layarnya, sy faham resolusi xperia u lbih tinggi 480×845 pix, namun kenapa ukurannya lebih kecil?
    Sy bimbang ad bbrpa prtnyaan besar:
    1. Mnurut pak Herry, pilih mana? layar tajam,proc dual core, namun agak kecil (xperia u), minusnya tanpa slot micro SD, atau miro dg spek lbih rendah namun layar agk besar dikit,resolusi rendah. Harga selisih dikit di 1,9xx jtan.
    2. trennya skarang pake 5inch? Bener pak? Kalo dg bujet max 2jt, pilihannya mana yang bs diharapkan,minimal dpt sekualitas xperia u,sy butuh layar min 3,5 inch tajam, cerah, kualitas sound powerfull, kamera min 5mpix with autofokus apakah benar lenovo P700i? Mohon advicenya pak Herry, sy btuh untuk kuliah, buka ebook, search dok/ kamus via google, dll (mhswwa mintanya banyak harga murah πŸ˜€ )
    atas jawabannya sy ucapkan terimakasih.

  15. Pak Fauzan,

    Saya belum pernah mencoba Xperia U. Saya malahan baru tahu kalau layar Xperia miro lebih lebar daripada Xperia U. Itu yang diukur hanya LCD-nya saja atau termasuk bingkainya, Pak?

    1. Sekali lagi saya belum pernah mencoba Xperia U. Kalau harus memilih Xperia U atau Xperia miro, hmm… pilihan susah nih. Niat hati pilih Xperia U, tetapi kok tanpa selot microSD. Padahal, memori internalnya tidak ekstrabesar. Saya putuskan ambil Xperia miro saja deh. πŸ™‚

    2. Ya, ponsel berlayar 4 incian sampai 5 incian lebih ngetren. Dikaitkan dengan kebutuhan Anda, saya cenderung merekomendasikan Lenovo P700i atau S560i.

    * P700i memenuhi syarat dalam hal layar dan kamera. Tapi, tak memenuhi syarat dalam hal suara yang powerful.

    * S560 memenuhi syarat dalam hal layar, kamera, dan suara. Namun, kalau dibandingkan dengan P700i, layar S560i sebenarnya kalah cemerlang. Daya tahan baterai juga beda lumayan.

    Nah, tinggal Anda lebih berat ke faktor/poin yang mana.

  16. Seru pembahasannya ni pak Herry,
    Sekilas spek Xperia U :

    * LAYAR Tipe LED-backlit LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
    Ukuran 480 x 854 pixels, 3.5 inches (~280 ppi pixel density) Multitouch, up to 4 fingers, Scratch-resistant glass, Sony Mobile BRAVIA Engine, Timescape UI
    * DIMENSI Ukuran/Berat 112 x 54 x 12 mm / 110 g

    Spek Xperia Miro :
    LAYAR Tipe LED-backlit LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
    Ukuran 320 x 480 pixels, 3.5 inches (~165 ppi pixel density) Multitouch up to 2 fingers, Protection Scratch-resistant glass, Anti-reflective coating

    DIMENSI Ukuran/Berat 113 x 59.4 x 9.9 mm / 110 g

    Oya, saya kurang ketik, speknya ditabah Flash/ Lampu Led untuk foto.

    * saya agak ragu memebeli produk lokal (meskipun lenovo- produk global), karena kemarin bapak beli Huawei Ascend Y200, ternyata fitur yang begitu lengkap disampaikan (termasuk ulasan Pulsa), ternyata setelah dicoba susah banget dapat sinyal 3G, setting di Fro-Yo (OS default) ngga ada pilihan untuk GSM pereferred atau WCDMA)/ 3G pereffered, dan standar banget fiturnya.
    * Jadi dengan range bujet 2jt, paling ngga kalau sudah tidak ada lagi software yang bisa dioprek (wis mentok ngopreknya), minimal masih ada fitur yang powerful lain seperti Foto, Music dan layar yang memukau…

    Kayaknya masih nglirik ke U deh pak, walaupun lenovo juga menggoda.

  17. Pak Fauzan,

    Oh, kalau ada tambahan kriteria lampu kilat kamera, berarti Lenovo P700i dan S560 tidak memenuhi kriteria.

  18. mlm pak Herry ,
    sy ingin brtanya mengenai xperia Miro. apakah anda pernah mengalami lag saat melakukan multitasking, karena prosesornya kan mssih 800 MHz ?
    terus bgaimana kualitas video hasil rekaman kamera miro ?
    Trimakasih.

  19. Pak Fn,

    Tidak sampai lag atau bengong sesaat. Tetapi, memang tidak wus… wus… wus…

    Hasil rekaman video biasa-biasa saja.

  20. maksudnya “tidak sampai lag” itu gmana ?
    sy kurang mengerti ? πŸ˜€
    tp secara keseluruhan kinerjanya pd saat multitasking masih bsa diandalkan kan pak Herry ?

  21. Pak Fn,

    Tidak sampai lag = tidak sampai bengong sesaat alias tak sampai diam membisu beberapa detik.

    Buat multitasking masih lumayan. Namun, dengan harga yang sama, kalau saat ini sih saya memilih Lenovo P700i. Buat multitasking terasa lebih ringan.

  22. owh , gitu ,
    mf bnyak tanya .
    menurut Pak Herry, apa yg paling mengesankan dan yg paling mengecewakan dari Xperia Miro ini ?

  23. Pak Fn,

    Yang paling mengesankan: tampilan fisiknya yang dipercantik dengan lampu notifikasi di bagian bawah. Tingkat mengesankannya tidak tinggi-tinggi banget sih, Pak.

    Yang paling mengecewakan: posisinya agak nanggung. Dengan dana sama, bisa dapat merek global lain (Lenovo) yang dual core dan dual SIM.

  24. Salam kenal Pak Herry,
    pak, saya punya pengalaman yg mirip dengan pak sandi. frame xperia tipo dual yg saya beli ada semacam frame merah, tp saya belum pernah ke sony.bs minta dibantutei pak..
    saya di kholidah12@gmail.com
    terimakasih sebelumnya..

  25. Bu Ida,

    Salam kenal. Sampai saat ini saya belum mengetahui detail masalah yang dialami Pak Sandi. Sebab, dia belum merepons tanggapan saya lagi.

    Btw, frame merahnya itu seperti apa tho? Di layarnya ya? Boleh tolong dijelaskan lebih rinci?

  26. Frame merahnya itu misalnya saya buka fb, ketika di geser2, itu ada frame merahnya yg muncul sekilas, ilang lagi..atau kalo saya geser2 di depan, frame merah muncul lagi sekilas, abis itu ilang lagi..(belum explore banyak sih pak)
    apa salya salah setting an nya, atau gmn..

  27. Bu Ida,

    Saya tak berani memastikan. Tetapi, seharusnya tak ada kaitan dengan pengaturan.

    Seingat saya di Xperia tipo dual ada pengaturan animasi. Saya lupa di menu sebelah mana. Coba animasinya dimatikan dulu.

    Kalau setelah itu frame merah ternyata tetap muncul, silakan membawa ponsel tersebut ke pusat perbaikan resmi Sony.

  28. Slmt mlm…maaf sya mw tny pak…
    Sy pngguna xperia miro…akhr2 in hp sya bsa tb2 mti…
    Awl panas pda bgian blkang….knp ya…???

  29. Bu Dinda,

    Bisa jadi ada masalah di perangkat keras alias hardware. Karena Xperia miro pasti masih berada dalam masa garansi, silakan dibawa ke pusat perbaikan resmi Sony untuk pengecekan saja, Bu.

  30. Pak Herry, Xperia Miro saya tertulis Made in China.
    Kadang-kadang sering ngerestart jika dipakai browsing saat baterai hampir habis (sekitar 20% remaining battery).
    kenapa bisa gitu ya pak?
    kalau boleh tahu Miro punya bapak buatan mana?

  31. Bu Santi,

    Soal “made in China” tidak apa-apa kok. Ponsel merek global memang bukan mustahil diproduksi di Tiongkok. Ada pula ponsel merek global yang dibuat di India atau Vietnam. Salah satu alasannya untuk menekan total biaya produksi. Bisa pula untuk mendekati pasar tujuan.

    Soal sering restart, dulu saya tak pernah mengalaminya. Coba dicek apakah ada update software. Kalau ada, langsung coba di-update dulu saja.

    Saya tak ingat dulu Xperia miro yang saya pakai buatan mana.

  32. saya butuh saran nih,,, sy ingin membeli handphone android dibwh 2 juta..
    antara sony Xperia Miro dan Lenovo S880,, mana yg lbih punya keunggulan???
    atw ada saran lain??
    *yg sy butuhkn layar besar,, kamera bgus, dan internetan cpat..

    1. Bu Rachmi,

      Untuk ukuran saat ini, dua ponsel itu sebenarnya sudah cukup ketinggalan.

      Apakah Anda bersedia menambah anggaran Rp 200 ribu? Kalau iya, silakan membeli Lenovo P770 saja. Layar tidak sebesar Lenovo S880, tetapi sudah cukup besar kok. Kamera lumayan dan baterainya tahan lama. Soal internet cepat, secara spesifikasi dua ponsel yang Anda sebutkan dan P770 sudah memadai. Namun, kuncinya sebenarnya di kinerja nyata operator GSM yang Anda gunakan.

  33. pak herry, kan saya baru beli sony experia M. di spesifikasinya tertulis memori internal 4gb, tapi nyatanya yg bisa digunakan cuman 2gb, kok bisa gitu ya?? gimana caranya supaya memori internalnya bisa digunakan hingga 4gb??

    1. Bu Fitriyani,

      Memori internal 4 GB itu kan saat masih kosong dan belum diisi dengan sistem operasi. Setelah diisi sistem operasi, kapasitas tersisa pasti kurang dari 4 GB. Kalau yang bisa dipakai pengguna sekitar 2 GB, besaran tersebut masih sangat normal.

      Di merek lain juga begitu kok, bahkan ada yang persentase sisanya lebih kecil. Saya contohkan di Samsung Galaxy S4 yang pernah saya coba. Saat ponsel kali pertama saya nyalakan, kapasitas tersisa hanya 8,23 GB.

  34. pak herry,saya mau meminta saran .saya mempunyai bajet max 2.5 punya rencana mau beli xperia M,kalau menurut bapak herry sony xperia M untuk ( + dan – ) apa ya?
    kalau menurut bapak dengan dana segitu bapak herry merekomendasikan apa?

    1. Pak Rizal,

      Saya belum pernah mencoba Xperia M. Jadi, belum berani memberikan rekomendasi lebih dalam. Kalau dilihat harga dan spesifikasinya sih cukup menarik.

  35. kira” ada rencana mau review sony xperia M gak pak? kalau ada saya berharap mereview sony xperia M yang sigle SIM pak..
    makasih…

    1. Pak Rizal,

      Niat hati sih me-review, entah Xperia M single SIM atau dual SIM. Namun, sampai saat ini belum berkesempatan mencoba ponsel itu.

  36. Pak Herry,
    Saya pemakai xperio miro. Baru2 ini terkena air hujan sampai ke dalam baterainya. Lampu led nya menyala terus berwarna hijau. Apakah ada indikasi tertentu lampu led yang menyala terus?
    Makasih

    1. Bu Nurul,

      Mungkinkah ponsel Anda mengalami hubungan singkat alias korsleting karena terkena air hujan? Saran saya, lebih baik Anda segera membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony untuk dicek.

      Dalam kondisi normal, LED yang terus menyala biasanya hanya terjadi saat proses isi ulang baterai.

  37. Siang Pak Herry
    Saya mau bertanya tentang Xperia Miro. Saya hampir setahun pakai Miro dan puas, tapi belakangan ini sering lag dan force close game atau opera mini yang sedang saya buka. Oya, kolom ‘jangan simpan kegiatan’ saya centang, lalu folder-folder di memori internal saya pindahkan ke memori sd via usb.
    Album foto juga kadang blank/foto tidak tersedia, album musik juga padahal kejadian itu tidak pernah terjadi. Apa ini karena saya pindah paksa folder file ke memori sd ya pak?
    Mohon solusinya, terima kasih πŸ™‚

    1. Bu Sinta,

      Membaca daftar masalah yang terjadi, langkah terbaik dan tercepat adalah melakukan factory data reset. Btw, mengapa masih pakai Opera? Bukankah browser bawaan sudah cukup nyaman?

  38. Pak Herry : kalau factory reset data berarti kembali ke pengaturan awal ya pak? Saya bimbang untuk reset, karena tidak ingin kehilangan data yang di ponsel.
    Saya nyaman pakai Opera Mini pak, dibanding Chrome bawaan Miro. Mungkin karena sudah biasa ya pak πŸ˜€

    1. Bu Sinta,

      Iya, kembali ke pengaturan awal.

      Betul, mungkin karena kebiasaan. Dulu Opera Mini memang asyik. Setelah banyak pilihan, Opera Mini terasa kurang menggigit. Btw, blog saya http://www.ponselmu.com kadang juga gagal diakses pakai Opera Mini. Kalau pakai browser lain lancar jaya.

  39. Pak Herry :
    Kalau kembali ke pengaturan dasar, semua file akan terhapus ya pak? Game, aplikasi-aplikasi juga? *gigit jari*
    padahal susah instal aplikasi berat macam BBM atau Line πŸ˜€

  40. Gimna cara mngatasi xperia miro stlah trkna air trus lampu dbawah mnyala trus stlh dpasang batre
    Mohon infonya

    1. Pak Fajar,

      * Biasakan menuliskan kata demi kata dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat.

      * Untuk kasus Anda, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi. Satu hal yang perlu diketahui, total biaya perbaikan mungkin akan setara dengan harga pasaran Xperia Miro bekas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *