Spesifikasi Tinggi plus Suka Basah

Sony Xperia go yang beredar menjelang Lebaran lalu gagal memantik hasrat membeli sebagian pencinta ponsel tahan air. Alasannya, layar sentuh 3,5 inci beresolusi 320 x 480 piksel di ponsel itu dianggap terlalu kecil dan kurang halus. Resolusi kamera yang lima megapiksel juga dinilai kurang besar.

“Mau memotret di dalam air pasti kesulitan tuh. Lha, nggak ada tombol fisik kamera seperti ponsel ini,” kata seorang teman penulis sambil menunjukkan Xperia active yang dimilikinya. Xperia active yang masih menyandang merek Sony Ericsson itu memang dibekali tombol fisik kamera.

Aneka poin yang dianggap kurang memuaskan di Xperia go diluluhkan satu demi satu di Xperia acro S. Layar Xperia go kurang mantap? Xperia acro S hadir dengan layar sentuh 4,3 inci beresolusi 1280 x 720 piksel. Lebar, tajam, dan cemerlang.

Resolusi kamera Xperia go kurang besar? Xperia acro S dibekali kamera beresolusi 12,1 megapiksel. Kamera dengan autofocus dan lampu kilat tersebut mempunyai bukaan lensa f/2,4 plus telah memanfaatkan sensor Sony Exmor R. Karena itu, tak perlu heran bila ia mampu menghasilkan foto yang relatif tajam di berbagai suasana. Bila difungsikan sebagai perekam video, ia sanggup memproduksi klip video full HD 1080p.

Di sisi depan Xperia acro S terdapat sebuah kamera lagi. Kamera beresolusi 1,3 megapiksel dan dapat difungsikan sebagai perekam video HD 720p itu tanpa autofocus. Sama dengan yang ditemukan di semua ponsel, kamera depan tersebut tidak disertai lampu kilat.

Keinginan memotret di dalam air bukan mustahil diwujudkan oleh pengguna Xperia acro S. Di sisi kanan bodi ponsel terdapat tombol fisik kamera yang mempermudah pengguna melakukan hal itu. Kendati demikian, bukan berarti aktivitas pemotretan di dalam air bakal berlangsung supermudah dan pasti lancar jaya. Unsur latihan untuk membiasakan diri plus keberuntungan tetap menentukan.

Benarkah Xperia acro S tahan air? Ponsel berdimensi fisik 126 x 66 x 11,9 mm dan berat 147 gram itu diklaim telah memenuhi sertifikasi IP57. Maknanya, ponsel boleh direndam di air tawar sedalam maksimal satu meter dengan durasi paling lama 30 menit.

Kenyataan di lapangan membuktikan bahwa bila dipakai sesuai aturan, Xperia acro S memang tak takut berbasah-basah. Di Surabaya, pernah digelar sebuah kompetisi pemotretan underwater. Model-model cantik disiapkan di sebuah kolam renang. Peserta lalu mengabadikan objek bukan memakai kamera SLR nan besar, melainkan menggunakan Xperia acro S. Hasilnya, ponsel tetap sehat, model cantik yang sesekali diminta menyelam pun berhasil dipotret.

Prosesor dual core Qualcomm MSM8260 1,5 GHz, RAM 1 GB, GPS, Wi-Fi, bluetooth, dan NFC adalah sebagian spesifikasi lain Xperia acro S. Ponsel yang dijual Rp 4,899 juta itu dibekali pula dengan radio FM, konektor HDMI, dan aplikasi Office Suite yang sayangnya cuma sanggup membaca dokumen. Baterainya berkapasitas 1.910 mAh dan ditanamkan ke bodi.

Asalkan ditunjang oleh layanan operator GSM yang dipakai, pengguna Xperia acro S dapat menikmati layanan akses data HSPA dengan kecepatan unduh sampai 14,4 Mbps. Ruang penyimpanan di ponsel bersistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich itu terdiri atas phone memory 1,97 GB dan internal storage 11,25 GB. Ketika ponsel usai diformat, sebanyak 0,18 GB phone memory telah terpakai. Sedangkan internal storage dalam kondisi 100 persen kosong.

Saat ini Xperia acro S menjadi pilihan terbaik untuk pemburu ponsel Android berspesifikasi tinggi dan wajib tahan air. Andaikan baterai ponsel itu bisa dibongkar pasang, Office Suite-nya dapat menyunting dokumen dan membuat file baru, lalu harga jual dipatok maksimal Rp 4,5 juta, ia bakal lebih menarik.

***

Catatan:

1. Harga jual ritel Rp 4,899 juta yang tertulis di naskah berdasarkan kondisi pada minggu ketiga November 2012. Per 27 November 2012, harga jual ritel yang disarankan turun menjadi Rp Rp 4,699 juta.

2. Di Surabaya pernah dilakukan kompetisi pemotretan bawah air memakai ponsel Sony Xperia acro S. Silakan membaca ceritanya di http://ponselmu.com/?p=1596.

Inilah hasil karya dua juara lomba tersebut. Foto pertama dijepret oleh Handrijanto (juara I), sedangkan foto kedua oleh Wahyudi (juara III).

3 thoughts to “Spesifikasi Tinggi plus Suka Basah”

  1. Pak Seno,

    Xperia acro S dilengkapi dengan selot microSD. Ia siap dipadukan dengan microSD berkapasitas hingga 32 GB.

  2. Ada harga ada kualitas smartphones yang satu ini memang pantas dibeli dari pada nokia. bayangkan saja dengan harga yang sama kita bisa dapat spesifikasi yang lebih di Sony

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *