Strawberry Rasa Samsung, Serupa tapi Tak Sama

Ada satu kebiasaan yang rutin penulis alias HSW lakukan. Yaitu, “berwisata” ke pusat penjualan ponsel. Di sana HSW melihat deretan ponsel terbaru, memantau pergerakan harga, dan berinteraksi dengan penjual maupun promotor aneka merek ponsel. Sesekali HSW juga iseng menguji tingkat kejujuran promotor Oppo. πŸ™‚

Ketika berkeliling, kadangkala HSW tak sengaja menjumpai gawai atau aksesori gawai yang unik. HSW biasa menyebutnya sebagai “barang lucu”. Contohnya, dua pasang ponsel yang serupa, tetapi tidak sama ini. Strawberry rasa Samsung.

Kembar-1

Yang kanan bernama lengkap Samsung GT-C3520 alias Samsung Citrus. Ponsel single SIM itu beredar pada akhir 2011. Kini ia memiliki kembaran bernama lengkap Strawberry ST3520.

Bukan hanya fisiknya yang mirip. Tampilan home screen-nya pun bak pinang dibelah dua.

Kembar-2

Kembar-3

Kembar-4

Kembar-5

Beralih ke ponsel kedua. Ponsel Samsung tipe ini masih mudah ditemukan di pasaran. Ya, benar, itu Samsung GT-E1272. Sering pula dijuluki Samsung Caramel.

Bisakah Anda menebak nama ponsel di sebelahnya? Mereknya sudah jelas tercantum: Strawberry. Cara menebak tipenya sederhana saja kok. Format GT-x dalam penamaan ponsel Samsung tinggal diganti menjadi ST. Berikutnya, ambil lengkap angka tipe yang ada. Betul! Hasilnya adalah Strawberry ST1272.

Kalau GT-E1272 tidak dibekali bluetooth dan kamera, ST1272 yang harganya lebih murah justru dilengkapi bluetooth dan kamera.

Kembar-6

Kembar-7

Sekian tulisan “lucu-lucuan” ala HSW. Dua ponsel Strawberry di atas takkan HSW uji pakai.

 

107 thoughts to “Strawberry Rasa Samsung, Serupa tapi Tak Sama”

  1. Harganya brp Ko Herry? Dual atau single SIM ponsel Strawberry’nya? Kebetulan saya lg cari ponsel dual SIM utk sekedar bertelepon & SMS…

    1. Pak Jeffry,

      Yang ST3520 sekitar Rp 260 ribu. Kalau yang ST1272 lebih murah, maksimal Rp 235 ribu. Saran saya, mending beli ponsel merek global deh.

  2. saya beli strawberry yg mirip nokia 105
    sudah dual sim
    katanya bisa whatsapp
    harganya juga cm 115 ribu
    beda dgn nokia yg 300ribu

    ternyata whatsapp nya susah sekali konek
    dan ketika digunakan untuk menerima panggilan

    suara lawan bicara terdengar sangat kecil sekali

    ya sebaiknya kalo beli ponsel low end tetap beli yg agak ber merk

    1. Pak Joko,

      Setuju banget. Lebih baik beli merek global.

      Soal WhatsApp, kalau memang rutin memakainya, lebih baik Anda membeli ponsel pintar alias smartphone. Feature phone takkan nyaman dipakai WhatsApp-an. Jangankan Strawberry. Nokia yang sudah bisa 3G pun tetap nggak nyaman dipakai WhatsApp-an kok.

      Wah, repot juga kalau suara lawan bicara terdengar sangat kecil.

      1. akhirnya saya membeli nokia 105 Pak Herry
        meskipun tanpa bluetooth, tanpa memory external, hanya single sim, tidak bisa mp3

        tapi karena hanya saya gunakan utk komunikasi bicara & sms saja (katanya siaga 35 hari) dan sesuai dgn budget saya, hehe

        sementara smartphone kemaren dapat promo andromax Es dgn harga 349rb di akhir tahun

        lumayan sdh mencicipi 4G nya smartfren dgn harga terjangkau

        1. Pak Joko,

          Siaga 35 hari itu kan teorinya. Realitanya tak bisa selama itu deh. Btw, Anda beli Nokia 105 atau Nokia New 105?

          Wah, asyik tuh bisa menebus Andromax Es dengan harga Rp 349 ribu. Murah banget.

  3. Pak Herry memotret ponsel di atas itu langsung di etalase toko yang bersangkutan, ya? Pakai izin dulu atau langsung jeprat-jepret saja? Di sebagian pusat pertokan kan ada tanda larangan memotret. Foto-foto di atas itu jernih gambarnya. Pak Herry memotret menggunakan kamera digital, ataukah menggunakan ponsel berkamera?

    1. Pak Doubleyoueyedee,

      Saya memotret di lokasi penjual. Saya pinjam ponselnya, mengeluarkannya dari kardus, menyalakannya, trus jepret-jepret.

      Semua foto di atas dijepret memakai Sony Xperia Z5 Dual.

  4. Pak herry maaf oot.
    Ponsel sy X510 sdh upgrade ke marshmallow, tp kinerja malah menurun, seperti menyalakan tombol power utk buka layar ada jeda, dan utk buka kuncinya kdg2 hrs menunggu dulu, kemudian beberapa aplksi yg ada tdk bisa d buka dan hrs d install lg, baterai lbh cpt hbs dan yg paling menjengkelkan semua aplikasi, download, hasil camera bahkan data/obb game msuk ke internal memory semua, sy sdh otak2 atik agar masuk eksternal sd tp justru aplikasi tdk dpt berjalan. Mohon informasinya pak? Trm ksh.

    1. Pak Herry,

      Mungkin maksud Pak Joko adalah Infinix Hot 2. Kebetulan saya juga pengguna smartphone tersebut Pak. Dan memang setelah update ke Marshmallow, masalah yang saya temui persis dengan yang diutarakan Pak Joko. Disini saya cuma mau bantu sharing pengalaman saya dengan masalah-masalah tersebut.

      Pertama, ada jeda waktu sekian detik dari sejak menekan tombol power. Setelah melihat beberapa artikel dan diskusi forum, saya kira ini masalah bug pada Marshmallow. Perlu bantuan langsung dari Google untuk perbaikannya melalui update OS.

      Kedua, beberapa aplikasi yang tidak bisa dibuka & harus diinstal ulang. Kalau yang saya alami, aplikasi yang saya install setelah update ke Marshmallow langsung hilang setelah saya reboot. Setelah dicek, rupanya aplikasi tersebut harus diletakkan di memori internal. Saya reboot & aplikasi tidak hilang. Barangkali Pak Joko perlu mencoba hal yang sama.

      Untuk problem ketiga & keempat saya sarankan Pak Joko untuk pantau akun medsos resmi Infinix Indonesia, karena disana sering didiskusikan masalah pada Marshmallow & bagaimana troubleshooting-nya. Semoga bermanfaat.

    1. Pak Joko W,

      Oh ok. Usai di-update ke Marshmallow, apakah Anda sudah melakukan factory reset ? Kalau belum, silakan dilakukan dulu.

  5. Pak herry,
    Secara lgsg blm sy lakukan pak, cuma pas selesai update, sy klik aja tulisan mulai ulang dan pasang di pjok kanan bwh, dan kemudian hp melakukan restart yg lbh lana dari biasanya, apakah msh hrs di lakukan factory reset lg pak? Trm ksh.

  6. Nanya lg nih om herry.. Ada apakah dengan oppo? Kemaren d pertanyaan saya tentang review oppo om bilang oppo tidak jujur.. D artikel ini om jg bilang ” iseng menguji kejujuran promotor oppo” jd deg2an nih padahal mulai tertarik utk meminang oppo.

  7. Om HSW, kalau foto foto di atas dijepret pakai Sony Z5 dual yang diuji sama Om dulu, berarti cukup setia penggunaannya, bukankah Om pakai gawai sekali pakai langsung ‘buang’? πŸ™‚ Sudah terasa cocok sehari hari pakai Z5 dual Om?
    Kenapa ga pakai LG G4, bukankah gawai tsb gawai ter… ala HSW?
    ini pertanyaannya jg pertanyaan lucu2an Om he he.. ikutan artikel lucu2an ala HSW πŸ˜€

    1. Pak Saeful,

      Kebetulan saya sedang CLBK dengan Xperia Z5 Dual. Dulu saya pakai Xperia Z5 Dual warna putih, sedangkan sekarang menggunakan yang warna hijau.

      LG G4 saya dipakai oleh adik.

  8. bung HSW

    saat musim imlek saat ini buah-buahan memang banyak di cari.
    “GONG XI FA CAI” bung HSW.
    trima kasih.

  9. slmat imlek koh HSW..
    Sya sring gonta-ganti feature phone,
    Slma pngalaman sya, sya cuma pake merk nokia dan samsung..
    slma pngalaman, nokia asha pengoperasiannya lbih memudahkan trutama yg dual sim, tpi speakernya mkin lama mkin kecil suaranya, kalo smsung kurang enak pengoperasiaanya dan tmpilan menunya kurang sedap dipandang mata dibandingkan nokia asha, tpi suara dri speakernya jernih bnget dan than lama gak kyak nokia asha & ktahanan batrenya luar biasa..
    demikian pengalaman sya πŸ™‚

    1. Pak Boedhy,

      Terima kasih atas sharing-nya.

      Boleh tahu Nokia Asha dan Samsung yang Anda ceritakan itu tipe apa? Mengacu kepada pengalaman pribadi, Nokia termurah vs Samsung termurah suaranya masih lebih enak Nokia termurah.

  10. Wah kalau saya dapat promo andromax es 399 ribu…waktu antri bahkan ada yg dapat promo andromax es hargaharga 249 ribu πŸ™‚

      1. kemaren gantian isteri saya
        dapat SMS promo Andromax Q seharga 449 rb

        cuman tarif 4G yg 75 ribu itu masih agak berat di kantong, pak
        hehee

        mau nanya saja ke Pak Herry
        kira kira para operator dan vendor ponsel di Indonesia masih akan setia dgn 3,5 G sampai kapan ya Pak ?

        soalnya saya malah tertarik dgn Lumia 430 yg cuma 700 an
        RAM sdh 1GB tapi masih 3,5 G

        mengingat kebutuhan saya hanya BBM Whatsapp (selain telepon dan SMS)

        terima kasih sebelumnya

        1. Pak Joko,

          Tak ada yang bisa memastikan para operator masih setia dengan 3,5G sampai kapan. Namun, saya kok optimis masih bertahun-tahun lagi.

          Btw, kalau sudah pernah merasakan enaknya 4G, rasanya takkan mau lagi balik ke 3,5G deh. Saya sudah membuktikannya sendiri. πŸ™‚

          1. andromax Es saya kemaren saya test pakai okla
            kok speed nya cuma rata rata cuma 1,7 Mbps
            apa karena pemakai smarfren mulai banyak
            sehingga harus berbagi bandwidth dgn yg lain ya pak
            padahal sebelumnya pernah mencapai 8,4 Mbps lho

            tapi itu semua masih di bawah speed 4G ya pak

            saya lihat temen temen pada pamer screencapture speed sampai belasan Mbps, tapi rata rata pada pakai GSM

            πŸ™‚

  11. Koh herry, Sorry OOT

    saya mau cari gawai, maksimal 2 Juta rupiah, layar maksimal 5.5 inch, baterai cukup awet, dan dah 4G..
    Ada saran koh?

    terima kasih

  12. Pak Herry, saya butuh feature phone merk global utk sms dan telpon di daerah pedalaman, apa bapak bs kasih rekomendasi?

    1. Pak Tris,

      Beli Nokia New 105 saja, Pak. Kalau cuma untuk telepon dan SMS sudah cukup deh. Harga baru sekitar Rp 250 ribu.

  13. Koh Hery, maaf sedikit OoT, misalkan kita ke singapore, lantas kita beli Hp disana, bukannya karena pengin murah tapi karena beberapa Hp masuk ke Indonesia suka terlambat bahkan ada yg sama sekali tidak masuk secara resmi. Misalkan Xiaomi, yg masuk ke Singapore khan jenis International version, nah apakah frekwensinya cocok untuk provider di Indonesia, khan sama2 International version atau haruskah dirubah ini itu agar cocok dg kartu SIM Indonesia. Andai yg terpahit, tidak bisa, namun tetap bisa menerima wifi khan ? termasuk wifi thetering dari bolt, smartfren dsb dsb. Tq, GBU

  14. Koh Hery, mohon update dari kisah Pak Joko W dg Infinix X510nya. Apakah setelah di factory reset permasalahan jadi selesai atau masih trouble. Daya tarik Infinix X510 adalah dari segi terjaminnya update dari google karena itu Hp masuk klasifikasi Android One. Ya, kalau setelah update jadi rewel kayak gitu, pastilah kita malas untuk beli. TQ

  15. Koh Hery, saya jadi penasaran dg Infinix X510. Misal kalau kita beli Hp tsb sekarang (batch terbaru), apakah kita dapat peroleh Hp tsb dg OS Marshmallow, atau masih aja tetap Lolipop untuk kemudian update OTA. Kalau batch terbaru mestinya langsung aja Marshmallow biar gak repot2. Tq

  16. nokia asha 130, dulu sya punya sama kk saya dan dua2nya suara speakernya mkin kecil dan saya jual buat beli samsung keystone 2..
    dlu pas bru beli emng jernih tpi lama2 jdi kecil, skrang sya pke samsung guru music 2 meskipun kalo mutar music harus tetap di menu pemutar musicnya, tapi keunggulannya batere awet dan speakernya yg bagus..

    1. Pak Boedhy,

      Oh, 130. Itu sebenarnya bukan termasuk seri Asha.

      Apakah yang dimaksud dengan Guru Music 2 adalah B310E? Wah, punya Anda speakernya bagus ya? Saya pernah pakai B310E dan kecewa berat. Layar tak sedap dipandang mata dan suaranya tidak bagus.

  17. Koh Herry, saya ini sangat heran dg OS Android – kenapa sikh tiap tahun selalu buat OS baru terus. Kesannya seperti tak mampu buat OS yg established. Kita bandingkan dg OS windows yg sengaja memang didesign sekali jadi. Windows XP terbit tahun 2001, hingga kini masih bisa dipakai. Ok karena ketiadaan versi XP 64 bit yg REAL (bukan sekedar rebranding), maka diciptakan pembarunya yakni windows Vista dan karena Vista gagal karena terlalu berat bagi PC low end maka dimunculkan windows 7. Saya yakin windows 7 tsb akan mampu bertahan hingga 5 bahkan 10 tahun lagi (bagi pengguna mainstream biasa tentunya). Maka dari itu saya tak heran kalau windows 10 digratiskan, itupun hingga kini saya tak tergoda untuk upgrade ke win 10. Memang saya terkadang sempat terlintas sekelebat pikiran upgrade gratis namun segera pupus dg kekhawatiran compatiblitas dengan softaware lama yg telah ada. Apalagi bagi kaum bisnis yg sudah mantap dg windows lamanya, jangankan gratis …dibayarin pun belum tentu mereka mau. Apa yg tak mampu dilakukan oleh win 7 namun mampu dilakukan oleh win 8, win 8.1, win 10 atau bahkan nanti win 11 (kalau ada) ??? Mungkiiiin ada … namun apakah fitur itu dibutuhkan oleh kaum mainstream — rasanya belum tentu. Kaum Hardcore Gamer mungkin membutuhkan terutama dengan adanya directX yg lebih baru, kaum mainstream biasa belum tentu butuh.

    Rasanya kebalik balik, banyak teman bilang microsoft sengaja buat OS baru agar ada pemasukan baru. Itupun rentang antar OS bisa sangat lama, terutama dari XP ke Vista. Lha ini android yg gratisan kok malah gencar tiap tahun bikin OS baru. Kenapa kok tidak bikin OS yg mantap aja, kalau update (bukan upgrade) silahkan saja ber gencar ria, tiap minggupun ok agar bug terkikis habis. Kalau mentok sudah tidak dapat diupdate lagi karena ada perkembangan hardware yg kelewat sangat cepat bolehlah ganti jadi upgrade alias buat OS baru. Terus berganti OS gitu sebetulnya sangat memberatkan produsen gadget, siapa sikh yg akan melirik gadget ber OS jelly bean, lha yg kitkat aja terasa sudah seperti kuno saat ini. Ada sikh yg melirik, yakni kaum yg sangat awam sekali. Apakah ketidak mampuan google buat OS yg established tsb ada kaitannya dg realita bahwa android itu sesungguhnya bukan ciptaan mereka, android hanyalah modifikasi dari open source linux. Mohon pencerahan suhu Herry. Thanks GBU

    1. Pak Yatss,

      Piranyi sandang? *bingung*

      Saya awalnya memang berencana me-review Huawei Band B0. Saya juga telah mengikuti pre-order. Namun, karena pengirimannya ternyata terlambat, minat saya mencoba gawai itu sudah lenyap nih.

  18. Pak Herry,
    Menurut Anda, strategi pemasaran Strawberry ini, yang menjiplak model-model HP merk global, apakah masih relevan atau sebenernya strategi kuno?
    Terima kasih.

    1. Pak Suwandie,

      Strategi kuno yang masih relevan diterapkan kala produsen ponsel itu membidik konsumen di kota-kota lapis ketiga.

  19. Kepada Pak Herry SW

    Saya mau tanya untuk harga maksimal 2 Juta
    Adakah rekomendasi untuk Android dengan layar 7 inch, 8 inch, 9 inch, dan 10 inch?
    Terima kasih Jawabannya.

    Hormat Saya
    *Tanda tangan
    hafidhzy

    1. Pak Wahid,

      Telepon dan SMS sih ada banyak pilihan. Suara bagus untuk mendengarkan musik itu yang bikin saya bingung memberikan rekomendasi.

  20. Koh herry,
    Typo maksudnya piranti sandang hehe.
    Sayang sekali koh padahal saya penasaran jika diadu sama sony smartband talk yang harganya dua kali huawei band b0 ini. Apa bisa aluguda juga..

    1. Pak Yatss,

      Harga Sony SmartBand Talk SWR30 kini sudah Rp 1,2 jutaan kok. Jadi, selisih dengan Huawei Band B0 tidak terlalu banyak deh.

  21. Sore Pak Herry. Saya cuma punya budget maksimal 1,1 juta. Cari android dengan kamera yg tergolong “bagus” (tentunya sesuai dengan budget) bisa baru atau second. Makasih πŸ™‚

  22. bukan seri asha maksudnya gmna koh??
    Iya itu dah tipenya,
    Iya emng kurang sedap dipandang mata dibandingkan seri asha..
    Bagus klo punya saya koh,,

    1. Pak Boedhy,

      Nokia 130 bukan termasuk dalam seri Asha. Ia termasuk dalam kategori feature phone entry level. Karena itu, saya “protes” saat Anda menuliskan nama lengkapnya Nokia Asha 130.

  23. saya pakai infinix X510 sudah di up grade ke marshmallow, lancar jaya dan tambah top, saya tdk melakukan factory reset…

    1. Pak Solikin,

      Usai menjalani major upgrade, misalnya dari Lollipop ke Marshmallow, idealnya ponsel di-factory reset satu kali.

  24. bg herry, kalo cuma update sistem tapi masih di OS yg sama apa harus factory reset jg ? trus apakah setiap kali kita update sistem akan mengurangi jumlah RAM & ROM ponsel kita..? sampai sekarang saya blom brani update karena setelah lihat forum infinix khususnya tipe x551, banyak yg bermasalah setelah update, bahkan ada yg downgrade ke KITKAT…

    1. Pak Roni Pedisa,

      Kalau versi OS-nya sama, tak usah factory reset.

      RAM dan ROM tidak berubah. Namun, sisa memori itu mungkin akan berkurang/bertambah, bergantung OS yang sedang digunakan.

  25. Pagi Om Herry, #OOT, ada rencana review Lenovo Vibe P1 Turbo, sambil nunggu Asus ZenFone Max yang tak kunjung dijual resmi. terimakasih.

  26. iya Om Review aja, biar jelas Om recomended atau nggak. PLISS pake huruf kapital.

    Kemarin pas beli infinix juga karena baca review nya Om Herry. dipantengin tuh dari review hot note awal hingga revisinya.

    Batere OK, nonton film 4 jam kalong 30% aja. Tapi untuk performa kalau saya pikir agak kurang, karena kl di scroll atas bawah masih nyendet” kalo kata orang jawa….saya memang lagi ada rencana ganti nih Om….mau cari yang monster juga baterenya….

  27. pak herry,nokia keluar tipe 222 kalau gak salah.bagus gak ya utk phone and sms.
    model nya sih lumayan.tq

  28. Saya baru beli hp yg lg dibuat artikelnya pak. Kalo dari suara sih lumayan bagus. Cuma sedikit ngelag aja hp strawberrynya. Dr fisik kerenlah,kamera lumayanlumayan buat harga segitu. Gk tau karna baru jd blm tau kekurangannya.

  29. Pak, maaf oot nih. Lagi nyari tablet dengan budget 1.5- 2 juta. Untuk ortu sih, dan seringnya past dipakai main game atau nonton. Ada rekomendasi gak Pak?
    Gimana dengan Samsung tab 3v, dilihat sih sepertinya spec-ny standar2 aja untuk harga 1.6jt. Ada rekomendasi Pak?

    Terima kasih banyak

    1. Bu Asih Mitra,

      Maaf, saya belum ada rekomendasi nih. Sudah lumayan lama saya tidak mencoba tablet baru di rentang harga segitu.

      He… he… iya. Samsung dengan harga Rp 1 jutaan pasti memiliki spesifikasi ala kadarnya.

  30. pak herry mau tanya klo hp hanya sekedar utk tlp, dan sms. apa samsung caramel ini layak dibeli atau tdk hrga berkisar brp pak. pilihan lainnya apa yg dual sim card, low end, tp merek global.
    yg Strawberry ST1272 cukup menarik, dual sim, kamera ada, bluetooth ada. tapi merek g jelas.
    klo yg mirip seperti itu tapi harga murah (mungkin sekitar 200-400rb) ada saran tdk pak. terimakasih

    1. Bu Nina,

      Kalau cuma untuk telepon dan SMS, Caramel boleh dibeli. Harga sekitar Rp 470 ribu.

      Alternatif lain, Nokia 215 Dual. Harga sekitar Rp 415 ribu.

  31. ko klo tempat yg katanya murah selain toko inisial A yg ada di wtc ama marina, yg inisial G di WTC itu yg mana ya? lantai brp mungkin

        1. Bu Nina,

          Lah… di pertanyaan sebelumnya Anda cuma tanya lantai. Tidak tanya nama toko. Garuda Teknik di WTC lantai 1.

  32. boss, koq strawberry 1272 sim 1 nya nyedot pulsa internet ya?pdhl cm bwt sms telp doank tp ada pmbrthuan dr indosat kl anda sedang memakai pulsa internet regular…knp ya boss?

  33. saya beli strawberry ST1272 setiap ganti kartu sehari pulsa langsung habis diambil secara perlahan beberapa menit kemudian berkurang.. dan ternyata teman sayapun bgt, ketika teman saya call center ke simcardnya ternyata banyak mengeluh akan hp strawberry ST1272 ini kata operatornya banyak yang mengeluh pulsa disedot oleh hp strawberrynya bukan kartunya yg bermasalah, berarti dr pemprogramernya yang bermasalah (IT) disalah gnakan πŸ™ .. tolong berikan solusinya ya koh terimakasih sebelumnya..

    1. Bu Roijah,

      Agar penelusuran lebih menukik, saat itu customer service/call center operator menyatakan pulsa Anda terpakai untuk aktivitas apa? Apakah untuk internet, berlangganan nada dering, atau hal lain?

  34. salam sejahterah ko ..
    saya mau tanya , kn saya ada beli strawberry flip yang mirip dengan samsung , kalo saya mau beli case pelindungnya kira” sama tidak yah dengan case pelindung samsung flip ?
    tolong di jawab terima kasih .

    1. Bu Yenni,

      Maaf, saya tak berani memastikannya. Saran saya, saat akan beli, langsung coba di tempat saja deh. Cocok bayar, tidak cocok batal beli.

  35. Pa Herry, rencana saya mau beli hp featured selain Nokia/samsung utk sekedar telp/sms,, apakah merk strawberry diatas apakah layak beli atau ada brand lokal yg recomended krn min. daya sinyal dan spekaer jelas….? Tks

    1. Pak Roby Wibowo,

      Tak tahu. Ponsel Strawberry di atas cuma saya towel-towel sebentar. Merek lokal? Hmm… mending jangan deh. Saran saya, kalau mau beli feature phone, mending beli merek Nokia.

  36. Hello Om Herry, saya mau nanya ttg merk hp icherry, brandcode, prince, Aldo dll dimana mereka mengeluarkan jenis hp “outdoor+powerbank”,
    1. apakah layak beli ato tidak utk 2nd hp, dan alasannya juga?.
    2. apakah benar itu bisa utk powerbank dan tahan utk kondisi outdoor sesuai judulnya.
    3. utk penerimaan sinyal apakah bagus berdasarkan body dan antena yg besar
    Nb: menurut pendapat subyektif aja klo blm pernah mencoba semuanya om, hehehe…tq

    1. Pak Nicholas,

      Karena saya belum pernah coba, saya jawab berdasarkan logika dan dugaan ya.

      1. Kalau mau iseng-iseng sih boleh deh.

      2. Sangat mungkin benar bisa untuk power bank. Namun, saya meragukan kapasitas aslinya. Saya pernah melihat ada ponsel yang mengklaim baterainya 10.000 mAh, padahal ukuran fisiknya tak terlalu besar. Jadi, saya cukup yakin kalau kapasitas baterai sebenarnya jauh di bawah 10.000 mAh.

      Benarkah tahan kondisi outdoor? Mestinya iya, terutama saat masuk baru. Setelah beberapa bulan dipakai, nggak yakin deh. Ponsel-ponsel seperti itu saya perhatikan tidak pernah menjalani uji fisik dengan standar internasional. Misalnya, IP rating untuk ketahanan air ala ponsel merek global.

      3. Nah, kalau yang ini tidak bisa diduga. Harus dicoba dulu.

  37. Maaf pak saya mau tanya, saya punya strawberry flip yg tipe terbaru itu st1272 kalo gak salah tipenya. Jadi hp itu cuma bisa tampung pesan sebanyak 100 (50sim:50telepon) dan kenapa yang 50pesan di telepon itu gak bisa di hapus ya? Bahkan udah saya pindah simpan ke sim tetep gak bisa. Malah jadi heng hpnya, gimana cara ngatasinnya pak? Mohon infonya

    1. Bu Mia,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Maaf, saya tak tahu jawabannya. Saya pernah memegang ponsel itu, tetapi sekadar pinjam sebentar di toko untuk difoto. Saya tidak sampai menguji pakai ponsel tersebut.

  38. Kalau saya dri dlu slalu pakai merek nokia end mi’to alhamdulilah ke 2 merek smua nya bgus untk tlvn suara jelas bhkan untk smua walau bkan hp android aplikasi nya sprti android.kalau hp mito sya lupa tipe brapa nya tpi kalau yg nokia tipe 230 walau bkn andro tpi bisa buat messenger,video coll,twiter,facebook,yahoo,instgram,wapsat,line,dll bnyak ke unggulan jadi sya merasa bruntung bisa memiliki hp tipe ini,apa lg ada kamera dpan end blakang nya,buat foto jelas suara jernih,tahan air pernah masuk ke air mendidih di kuah bakso slma 3 jam gak mati.untk nelvon jelas yg jadi pertanya’an hp strawberry di atas apakah ada aplikasi sprti facebook,google,dll sprti nokia 230 untk penjelasan nya sya ucpa kan trima kasih.

    1. Pak Windu Ahmad Suhadi,

      Ha? Masuk ke kuah bakso selama tiga jam? Pingsan deh saya.

      Menjawab pertanyaan Anda: tak tahu. Saya cuma iseng foto-foto sebentar. Ponsel di atas tidak saya uji pakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *