Suka Duka iPhone Bergaransi Resmi

Apple iPhone 7 akhirnya resmi beredar di sini. Membeli iPhone bergaransi resmi Indonesia diketahui menyenangkan sekaligus mendebarkan. Menyenangkan karena unit yang dijual pasti 100% baru dan orisinal. Sedangkan mendebarkan lantaran proses klaim garansinya terbilang sangat lama.

Sekadar gambaran, merujuk kepada pengalaman berbagai konsumen, proses klaim garansi resmi iPhone di Indonesia membutuhkan waktu 3-4 bulan. Padahal, unit dan kerusakan yang sama, kalau diklaimkan langsung di Singapura bisa beres dalam waktu 3-4 hari. Bahkan, seorang konsumen pernah bercerita bila klaim garansi yang diajukannya tuntas dalam 30 menit. Ya, setengah jam saja.

Apakah Anda memiliki pengalaman mengurus klaim garansi resmi iPhone di Indonesia? Tuliskan pengalaman Anda di bawah ini. Baik atau buruk silakan Anda ceritakan apa adanya. Khusus yang sedang bermasalah dengan klaim garansi di iBox, cantumkan pula nomor repair order Anda. Asalkan keluhan terkait iBox itu telah HSW terima paling lambat 30 Maret 2017, HSW akan coba membantu mencarikan solusi.

72 thoughts to “Suka Duka iPhone Bergaransi Resmi”

  1. Ane klaim garansi iphone ane krna baterai.a cpt habis blm selesai gan pdhal ane masukin hp ane ke ibox dr tgl 08 februari 2017
    No repair ane SMS.109379

  2. Ngeri² sedap…

    “Menyenangkan karena unit yang dijual pasti 100% baru dan orisinal. Sedangkan mendebarkan lantaran proses klaim garansinya terbilang sangat lama.”.

    Sangat disayangkan, sudah menunggu lama masuknya ke Indonesia, harganya tinggi, namun aftersales nya “mendebarkan”.

  3. iBox pelayanan buruk sekali benerin lobang earpods dikasih estimasi 90 hari. Awal datang mbaknya bilang gratis (padahal emang gratis karena masih garansi) tapI pas pengambilan barang dikenakan biaya. Untung saya ga mudah ngasih duit gitu aja, setelah komplain baru benar2 gratis.

    Sejak itu saya ga mau lagi beli iphone selama Apple belum buka service center resmi

  4. Lagi tidak ada klaim di ibox sih saat ini, cuman bercerita pengalaman saya dan teman saya saja. Sekitar tahun 2014, iPhone 5 teman saya layarnya bleeding warna hijau, beli garansi resmi Indonesia, ditolak dengan alasan unit pernah jatuh, dicoba garansikan ke Singapura, tidak sampai 30 menit sudah selesai. Padahal unit garansi Indonesia, tidak bisa klaim di Indonesia, tapi malah bisa diselesaikan dengan mudah di Singapura.
    Untuk prosedur klaim garansi iPhone di Singapura saat ini, terakhir klaim sebulan yang lalu, ada 2 prosedur :
    1. Untuk kerusakan selain mesin / motherboard, contohnya baterai dan layar, akan ditukar baterai nya dengan estimasi pengerjaan 3 hari kerja. Selama menunggu akan dipinjami unit pinjaman.
    2. Untuk kerusakan mesin, akan langsung ditukar replacement unit. Replacement unit adalah unit dengan spare part yang belum tentu baru, namun masih sangat layak sesuai standar Apple, dan dirakit ulang dengan prosedur yang sama persis dengan unit baru, dengan casing yang pasti mulus 100%. Asal ada stok replacement unit (mereka hampir selalu ready stock sih), proses penggantian 30 menit saja. Apabila kebetulan stok habis, biasanya 1 hari kerja sudah tersedia kembali. Sekedar tambahan informasi, replacement unit ini akan tetap bergaransi sampai tanggal habis garansi unit yang lama, dan apabila waktu garansi unit lama tersebut sudah kurang dari 90 hari, maka replacement unit akan diberi waktu garansi 90 hari 🙂

    So, dengan harga lebih mahal dan perbedaan perlakuan garansi seperti itu, harap dimaklumi kalau banyak penggila gadget tidak mau beli iPhone garansi resmi Indonesia 🙂

  5. Saya pengguna produk apple sejak lama, dan menurut saya proses klaim garansi produk apple (termasuk non iphone) di Indonesia sekarang memang lebih menyebalkan.. Dulu kalau ada yg bermasalah ga pake ba bi bu langsung replace, kalo sekarang paling cuma di service itu aja nunggu spare part ga dateng-dateng..

    Selain itu dulu (beberapa) teknisi nya juga benar-benar handal dan menguasai produk karena mereka wajib diikutkan kursus & ujian sertifikasi dari apple langsung.
    Kalo sekarang? Mending dibawa ke teknisi yg aktif di forum inet, banyak yg lebih solutif daripada teknisi service center resmi

  6. ane beli iphone yang bergaransi juga, untuk sampe sekarang ngga ada masalah, terima kasih infonya ya gan, salam kenal

  7. Wah kebetulan saya ada rencana mau beli iphone 6 tadi nya tp msh agak bingung mengenai hal garansi sprti garansi indo atau spore
    Kalo garansi singapore harus beli di singapore ya dan klaim garansi di sg juga kah

    1. Bu Shelly Fujita,

      Kalau Anda berencana pergi ke Singapura, lebih baik langsung membeli iPhone di sana. Ya, klaim garansi harus dilakukan di sana.

      Seandainya belum berencana pergi ke Singapura, di Indonesia pun ada yang menawarkan iPhone garansi Singapura kok. Namun, reputasi penjual harus benar-benar Anda ketahui sebelum bertransaksi.

      1. Halo ko Herry,
        Mohon info apa ada rekomendasi seller iphone 7 garansi internasional yang reputasinya baik?
        Thanks.

        1. Bu Sherly,

          Tak ada. Garansi internasional itu di sini sama artinya dengan non-garansi lho. Yakin mau beli? 🙂

          1. Ko Herry,

            Sorry maksud sy garansi singapore, mungkin ada kenalan penjual yg reputasinya baik di sby.

            Thanks

          2. Bu Sherly,

            Oh ok. Di Tunjungan Plaza 2 lantai agak atas (saya lupa lantai 3 atau berapa) ada satu toko yang khusus jualan produk Apple. Reputasi mereka tergolong bagus.

  8. kendala di ibox sendiri meskipun sahamnya sudah dikuasai apple adalah jalur distribusi. apple singapore termasuk jalur utama distribusi, sehingga lebih mudah dan lebih cepat untuk mendapatkan suku cadang/unit pengganti.

  9. Saya ada pengalaman, klaim apple watch di ibox central park. Ada counter khusus service di sana.

    Kasus yang saya alami, ada bagian layar yang ada hitam/ black spotnya. Menurut petugasnya, di sana hanya drop point, dan akan dibawa ke pusat service di jakarta (dia mengantarkan tempatnya rahasia, tidak bisa di disclose). Di central park tidak bisa menentukan apakah akan disetujui garansinya. Jika kemudian disetujui, maka service/replacement gratis (belum tau timeline). Jika ternyata tidak disetujui garansinya atau cancel atas keputusan customer, kena biaya 4 juta. Menurut saya tidak masuk akan karena jika pun garansi tidak disetujui, harusnya tidak ada biaya yang dikenakan. 4 juta untuk pembayaran sudah hampir seharga barang barunya, Menurut saya sama saja menolak klaim garansi.

  10. Saya beli iphone 6 di erafone megastore jambu 2 bogor, juni 2016.
    Kira2 4 bln kemudian (sekitar mid october 2016) finger print tidak berfungsi dan batere cepat drop (koq sepertinya mirip kasusnya pak Bryan Gunadi ya).
    Lalu saya klaim ke ibox klp gading jkt.
    Petugas di ibox tsb bilang estimasi waktunya 28 hari.
    Kira2 3 minggu unit pengganti sudah bisa diambil.

    Yang saya heran, kenapa unit pengganti sangat-terasa lebih bagus ya dari unit lama yg rusak?

    Tapi ada satu hal yg sempat masuk perhatian saya: unit pengganti yg saya terima terbungkus dalam kardus warna putih dan (kalau tidak salah) ada semacam keterangan bahwa unit tsb “diperuntukkan bagi region Australia”.
    Saya tidak ingat persis kalimatnya. Tapi kira2 seperti itu.

    Satu hal yang saya amat yakin, unit pengganti memang terasa lebih bagus dibanding unit lama yang rusak.

  11. Kalau membaca tulisan pak Herry dan informasi dari user2 di atas, terasa ya konsumen Indonesia seakan-akan dianggap “kelas 2” oleh apple.
    Jadi malas beli iphone lagi.

  12. Wahaha…jangankan klaim,om.dari iphone generasi pertama sampai yg sekarang aja belum pernah nyentuh.

  13. Service ipad 2 masih garansi dulu
    Ibox kelapa gading.
    Kalo ga salah masalah wifi nya lemah, hampir ga bisa detect, atau masalah layar lupa2 inget.

    Sampe counter dilihat ga sampe 1 menit.
    Sudah pernah jatuh nih pak, ditolak.
    Solusi replace dengan harga bs dibilang ganti baru.

    Katanya kalau fisik mulus, pasti langsung diganti baru. Katanya begitu, kalau di indonesia ada barang rusak lsg ganti baru, tapi kalau ada cacat dikit bekas jatuh ya harus replace unit, dengan biaya bisa dibilang unit baru.

    Bawa pulang.
    Service di mangga dua.
    Selesai.

  14. Dulu tahun 2011 beli iPhone 4, paket bundling XL, dimana garansinya dipegang oleh SES ( satu kelompok dengan TAM). Dengan harga yg premium tentu berharap layanan after sales service akan baik.

    Dua bulan setelah garansi habis, iPhone mati mendadak. Segera saya bawa ke service centre SES di ITC Roxy Jakarta untuk diperbaiki, unit iPhone diminta ditinggal untuk dicek. Besoknya salah satu CS dari SES menelepon, minta saya mengambil unit iPhone saya karena katanya kerusakan ada di sisi hardware dan pihak SES hanya bisa menangani kerusakan di sisi software saja. Kalau ingin tetap diperbaiki, saya disuruh bawa unit iPhone saya ke tempat servis lain. WTF..ngapain bikin service centre kalau tidak bisa menangani kerusakan hardware. Dan untuk service centre resmi sekelas iPhone, gerai service centre milik SES ini sangat tidak layak, kecil dan kumuh tempatnya. Sangat jauh jika dibanding gerai service centre Samsung di ITC Roxy yang tampak mewah.

    Akhirnya unit iPhone saya ambil tanpa diperbaiki. Namun kemudian saya coba kirim email langsung ke CEO Apple, Tim Cook…ya benar, saya komplain via email langsung ke bosnya Apple dan jreng..seminggu kemudian saya ditelepon langsung oleh pihak Apple Singapore. Unit iPhone saya akhirnya diganti unit oleh pihak SES, tapi saya dikenakan biaya penggantian (karena lewat masa garansi) yg menurut saya cukup fair, karena hanya sekitar setengah dari harga pasaran iPhone 4 bekas saat itu.

    Dan sejak itu saya kapok beli produk Apple, bukan karena kualitasnya, tapi karena layanan after salesnya yg buruk, dan ternyata setelah dipegang iBox jauh lebih buruk.

  15. Dlu pernah beli iphone 5s garansi ibox…
    Finger tiba2 rusak tanpa di tau penyebabnya…
    Lalu claim garansi…
    Kebetulan posisi saya di makassar.. jadi kemungkinan barang harus di kirim ke jakarta buat garansi..
    Ok lah…lama menunggu.. sambil terus bertanya2 di service center…akhirnya memakan waktu 4 bulan sampai iphone tersebut kembali ke tangan saya..

    Bayangkan waktu yg terbuang…
    Bayangkan jika ni Hp utama..

    Perbedaan antara service indonesia dan lokal..

    Iphone 6s saya pernahtiba2 matot.. beli dari temen reseller… garansi sing…
    Dibantu claim ama teman ga sampe sebulanan barang dah kembali dapat replacement ..

    Kakak saya di australia juga gt…
    Iphonenua Sempat mengalami matot… di claim garansi
    Nah perbedaannya dsini…
    Pihak service center di ausie.. memberikan pinjaman Hp iphone cadangan.. selama iphone tersebut di service center…good job apple…

  16. Saya pernah claim iPhone 5 jaman dulu, mati total, dijanjikan 30 hari, setelah 45 hari tetap belum selesai, akhirnya saya teriak” di Service center nya dan 15 hari kemudian selesai, skrg amit” kapok beli iphone garansi Indo…

  17. Mending ambil di singapore drpd beli resmi disini tp aftersales payah sekelas merk lokal. saya juga pengen punya iphone (baik resmi maupun tidak) tp duit pun tak ada, paling2 pinjam sebentar punya teman atau saudara. Tapi sy tidak akan memaksakan kehendak tsb. Kalo apple devices yg lain macam macbook ya gak butuh bgt. Dengan spek setara mending ambil laptop windows yg harganya jauh lebih murah ketimbang macbook, pengoperasian lebih mudah utk pemula, dan penggunanya jauh lebih banyak drpd macbook.. Kalo ada yg murah tapi berkualitas ngapain ambil yg mahal?

    Ttd: Saya bukan Fanboy Windows atau merk manapun. Saya hanya bisa beropini menurut kenyataan yg ada.

  18. Bang herry nanya dong..klu untuk ponsel yang lumayan di sekitaran harga 800rb – 1 juta apa ya?
    Lebih untuk ke sosmed saja..terima kasih sebelumnya..

    1. Bu Gabby,

      Terus terang saya tak berani memberikan rekomendasi spesifik. Apalagi, kalau kebutuhan medsos Anda ternyata meliputi Facebook, Path, Instagram, Line, WhatsApp, dan BBM. Itu sangat membutuhkan ponsel dengan spesifikasi minimal kelas menengah.

      Bila tetap dipaksa menjawab, ya paling-paling Smartfren Andromax E2+.

    2. Kalau boleh ikut bantu jawab, naik sedikit sekitar 400rb, ada asus zenfone go zb500kl. Adik saya pakai handphone itu dan sejauh ini tidak ada keluhan. Untuk sosial media dan game2 ringan cukup lancar. Sudah LTE pula. Thx.

  19. Pak Herry, dengan dipenuhinya tkdn oleh Apple apakah berarti Apple sudah membuka service center resmi di Indonesia?
    Kalau iya, apakah klaim garansinya akan semudah di Singapore?
    Juga kalau iya, apakah kalau kita beli iPhone di Singapore bisa klaim garansi di Indonesia, sepeeti halnya klaim garansi iPhone indonesia di Singapore?
    Thank you

    1. Pak Ming,

      Belum. Saat ini statusnya masih mitra dan pelayanannya terkenal kurang bagus.

      He… he… jangan bermimpi dulu deh. Klaim garansi iPhone di sini membutuhkan waktu 3-4 bulan. Bandingkan dengan di Singapura yang 3-4 hari saja.

      Biasanya ditolak.

  20. jauh lebih mending beli iphone garansi distri, atau beli di Singapore langsung

    sanggup beli ponsel puluhan juta, tentu enteng beli tiket pp jkt-s’pore atau sby-s’pore

  21. Alhamdulillah dari 2010 hingga sekarang tidak pernah mengalami kerusakan berarti pada produk apple yang saya gunakan. Mudah2an sampai seterusnya. Namun setelah melihat beberapa comment diatas mungkin saya akan berpikir ulang apabila membeli di Ibox Indonesia, diusahakan membeli di singapore atau garansi singapore. Namun ada option lagi untuk membeli di penjual terpercaya dan bisa bantu klaim garansi.

  22. Sebenernya sudah sejak lama (sekitar tahun 2014) pengen banget punya produk iPhone, Koh.
    Tapi kok sampai sekarang pun saya masih mikir dua kali ya buat ‘menimang’ produk iPhone.
    Soalnya belum ada temen sekitar (pengguna iPhone) bisa tahan lama dan setia dengan iPhone miliknya. Apa memang karena aftersales nya yang bikin berpaling?

    Oh iya satu lagi, maaf kalau OOT.
    Kalau Koh Herry bersedia tolong bantu temen saya kasih rekomendasi beli Smartphone, Koh.
    Katanya udh beberapa kali nanya di blog ini belum di jawab.

    Jadi dia mau beli smartphone, kriteria yang dia pengen itu :

    1. Yang harga (pasaran terbaru) maksimal 1,5 juta.

    2. Layar 5″

    3. RAM 2GB

    4. Baterai minimal 2000 mAh

    5. Dual camera, berapa MP pun mau asal tidak VGA.

    6. Ada garansi resmi di Indonesia

    Kira-kira Koh Herry punya rekomendasi gak harus beli apa?

    Mohon maaf dan terimakasih sebelumnya atas jawaban nya, Koh.

    1. Pak Irfan Andriarto,

      Layanan klaim garansi iPhone di Indonesia memang parah.

      Teman Anda sudah beberapa kali tanya, tetapi tak dijawab? Boleh tahu nama teman Anda? Saya coba cari di arsip. Seharusnya sudah dijawab kok.

      Dengan kriteria seperti itu, Xiaomi Redmi 4A menjadi pilihan terbaik saat ini.

      1. Tapi beli xiaomi redmi 4A yg garansi TAM ya… Karena diluar banyak garansi distributor yg beredar dan harganya mirip yg garansi resmi

  23. Waktu ke Apple Store Hongkong lihat-lihat iPhone baru, saya berbincang dengan mbak yang jaga di sana. Waktu itu saya berniat membeli iPhone baru karena iPhone lama saya rusak di bagian speaker, suaranya kecil. Pada saat itu, si mbak langsung menyarankan saya untuk cek imei iPhone dan ternyata setelah dilakukan pengecekan, iPhone rusak saya tersebut masih tercover garansi. Saya lalu diberi formulir untuk diisi dan iPhone saya diambil. Setelah menunggu beberapa menit, mbak itu memberikan saya iPhone yang baru tanpa saya membayar sepeser pun. Padahal saya hanya memberikan unit iPhone nya saja tanpa kotak. Garansi iPhone tersebut dapat dicek melalui imei-nya.

    Saya rasa untuk hp sekelas iPhone, tidak mungkin jika mereka tidak memberikan kinerja after sales yang baik. Hanya saja, mungkin tidak untuk di Indonesia pada saat ini. Lain hal nya jika nanti Apple Store ada di Indonesia, mungkin masyarakat akan senang membeli iPhone dikarena klaim garansinya yang sangat mudah.

  24. Selamat malam Pak Herry..
    Maaf di luar tema..
    Saya berencana beli hape dengan kebutuhan pada kamera, sudah 4G dan gegas. Budget sekitar 2,5jt. Kira-kira ada rekomendasi untuk beli hape apa ndak Pak?
    Terimakasih sebelumnya.

    1. Pak Hade,

      Baterai juga digaransi. Namun, saya tak ingat untuk baterai masa garansinya enam bulan atau 12 bulan.

  25. Malam
    Utk iphone ane yg lg di klaim garansi dr 08-02-2017 dgn no repair SMS.109379 sdh beres dgn di ganti unit baru & spek naik jd 32gb
    Jd pelajaran utk klaim produk apple ini
    Thank u ibox

  26. Maaf koh HSW, oot untuk asus zenfone 2 selfie ram 3 gb rom 32 gb apakah masih layak untuk dibeli, mohon sarannya koh untuk budget 2,5 juta hp apa yang kira-kira layak dibeli,

    1. Pak Kastalani,

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai Zenfone Selfie (bukan Zenfone 2 Selfie).

      Dengan anggaran segitu, silakan melirik Infinix Note 3 Pro.

    2. Bantu jawab kalau boleh, saya pernah pakai handphone tersebut dan jujur saya merasa kurang nyaman dgn daya tahan baterenya. Untuk performa cukup bagus sebenarnya, sesuai dgn harga, tapi daya tahan baterenya yg kurang baik.
      Kalau boleh saran, tambah sedikit sekitar 300rb bisa dicoba asus zenfone 3 max 5.5″. Kinerja cukup bagus, daya tahan batere jg lumayan. Tapi hati2 layarnya blm dilapisi gorilla glass, jadi langsung belikan anti gores supaya aman. Thx.

  27. Pak herry, tlg tanya kalo beli hp baru apa harus dicharge sampai 8 jam/asal sampai penuh saja? Kondisi dicharge hp hidup atau mati apa mempengaruhi keawetan hp?

    Thx

    1. Pak Djunaedi,

      Asal penuh saja, tak perlu sampai delapan jam. Pada 3-4 kali charging pertama, ponsel wajib dalam kondisi padam total. Selanjutnya lebih bebas.

  28. Ko herry, sy mau tnya.
    Om sy punya iphone 7, tpi om sya udh meninggal dunia.
    Tpi smpai skrg iphonenya blm bsa dibuka.
    1kluarga ga ada yg tau id or pass icloudnya.
    Cara ngresetnya gmn ya koh?
    Mksih sblmnya

    1. Pak Aldi,

      Hmm… itu mesti kontak ke Apple langsung dengan menyertakan bukti pendukung yang kuat. Misalnya:
      * Kardus dan kelengkapan lain
      * Nota pembelian

      Tidak bisa cuma di-reset biasa.

  29. Dear Tn. Herry,
    Maaf menyimpang dari topik. Tapi saya bener deh penasaran sama ponsel merk satu ini, “ALDO”. Karena hampir tiap hari tayang di televisi, berjualan dan promo ala promo jepang dan korea yang biasanya menjual produk rumah tangga. Buatan manakah ponsel ini?

  30. Kalau dengan anggaran 1,5 jt hape apa yang layak beli koh HSW,, pengen yang 4g nih tapi kalau ada baterai nya yang lumayan?

    1. Pak Seto,

      Belum sempat ngetik nih, Pak. Karena harus sering bepergian ke luar Surabaya, sampai 22 April 2017 saya belum bisa normal mengunggah review gawai.

  31. Maaf oot nih apa benar hp Xiaomi kalau rusak kalau diperbaiki harus ke Jakarta saya dengar dari penjaga stand hp

  32. Mindset harus di rubah
    Yg resmi tidak selama nya bagus dan yg BM gak selamanya jelek

    pengalaman 2 tahun handling complain produk apple penyelesaian slalu di selesaikan di pusat
    Jadi kita cuma collection poin
    Ada datang ke kantor kita handle klo cuma malasah setting dll bisa di bantu di tempat tp klo hardware pasti kirim pusat

    Itung”an nya
    Di masukkan di collectionpin ini hari kirim besok setimasi nyampe pusat 3 hari dan di sana juga di sortir lagi estimasi sampe di cek 3 hr krn barang bukan cuma unit itu sj yg di cek
    Trus nunggu sampe di proses ke tangan tukang service (klo di kerja di pusat) klo tdk bisa di handle kirim SG dan kirim juga gak mungkin 1 unit nunggu banyak skalian kirimnya
    Entar di sg juga proses nya kurang lebih sama proses di pusat trus kirim balik pusat sortir lagi kirim balik ke collectionpoin bla bla bla bla bla dan begitu seterusnya

    Jadi itu gambaran yg saya kerjakan dulu
    Anda” pasti sdh bisa hitung berapa hari proses nya sampai unit balik ke tangan anda he he he

    Bukan menyarankan ke barang BM tp memang di akui proses service barang BM (biasanya) lebih cepat
    Periksa di tempat anda beli (klo) bisa langsung replace unit entar urusan tokonya sm tempat dia nyetok barang unit rusaknya he he he he he he

  33. kalo klaim garansi iphone si ngak pernah, tapi kalau klaim macbook pernah ko. klaim garansinya tergolong cepat, sekitar 2 mingguan, kerusakan di fannya. lama karena harus dikirim dlu ke jakarta lalu dikirim balik ke pekanbaru, biaya yang keluar hanya untuk biaya pengiriman unit ke jakarta sejumlah Rp. 200.000,00.

  34. saya pernah punya unit i6 garansi malaysia.. layar tiba2 merespon sentuhan yg harusnya tidal ada respon.. klaim via ibox, dibantu kirim ke singapura karena unit replacement ada disana.. akan dibantu kirim ke indo tapi terus terhalang TKDN.. solusi terakhir diganti uang sejumlah harga i6 waktu itu, sangat lumayan sebesar 10,5 juta, yg mana saya beli jauh lebih murah dari nilai itu.. tetapi prosesnya memakan waktu hampir setahun tepatnya 8-9 bulan setelah follow up dan telpon mesra dengan representative singapura hehe.. pengalaman paling buruk sekaligus menyenangkan selama menggunakan smartphone..

    1. Pak Ado,

      Saya baru tahu kalau ada ponsel bernama i6.

      Ah, asyik banget tuh kalau bisa diberi uang tunai kayak begitu.

  35. Hi koq herry
    Sudah sy baca review dri temen2 di forum ini
    Jd sebaik nya better beli iphone di singapore saja ya ko
    Karena sy ada plan this month mau ke spore niat nya sekalian mau hunting cari hp

      1. Hi ko herry
        Sy bru aja pulang dri singapore dan pasti nya i also bring a new iphone
        Sebetul nya mau beli iphone 6s tp sdh hunting di beberapa toko sana all iphone 6s and 6splus are soldout already
        So sy alhasil beli iphone 7
        At least okay more cheaper cuma musti beli charger adapter diindo sebab di singapore smua hp pakai colokan 3 .jd musti kena beli yg 2 .
        Oh ya sy beli di best denki

        1. Bu Shelly Fujita,

          Boleh tahu iPhone 7-nya kena harga berapa? Yang berapa GB?

          Beli adapter dari kaki tiga ke kaki dua ala Indonesia di toko alat listrik saja tho. Yang bagus tak lebih dari Rp 20 ribu deh.

          1. Sy iphone 7 128gb ko herry
            Kena 1218 sgd kurs 9550
            Tpi dpt claim gst 7%
            Jd di kembaliin pas di airport changi 67sgd
            Oh ya sy niat ny mau beli yg biasa sih cuma kmrn ga kpikiran hnya trpikir pgn ke ibox aja tp lumayan jg harganya untuk sebuah adapter hehe

          2. Bu Shelly Fujita,

            He… he… sip deh.

            Harga aksesori di iBox memang mahal. Anda jadi beli di sana?

  36. Service center milik Apple langsung sama pihak ketiga memang berbeda sensasinya
    Soalnya service center Apple kalau ada yang salah ya larinya pasti langsung ke Apple-nya, makanya pelayanannya sengaja dibuat sebaik mungkin. K
    Kayak service center samsung di indonesia yang pelayanannya bagus, ya soalnya itu bawa nama mereknya
    Kalau pihak ketiga ya bodo amat mau bagus atau nggak, apalagi yang menjual lebih dari satu merek, kalau jelek ya komplainnya pasti ke pihak ketiganya, bukan mereknya

  37. Pak Herry, mau tanya, maaf kalau sudah berulang-ulang ditanyakan. Mau memastikan saja, kalau beli iPhone di Erafone/iBox itu bisa klaim garansi di Singapur juga, kan? Atau hanya bisa untuk unit yang dibeli langsung di Singapur?

    Trims.

    1. Bu Mita,

      Benar. iPhone yang dibeli di Erafone dan iBox bisa diklaimkan di Singapura. Pastikan nota pembelian tidak hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *