Tahan Air, Bukan Tahan Lempar

Sony Ericsson Xperia active ditujukan untuk pengguna yang sehari-hari aktif berponsel di lokasi agak ekstrem. Ponsel bersistem operasi Android 2.3 alias Gingerbread itu diklaim telah memenuhi standar IP67.

Merujuk pada Ingress Protection Rating alias International Protection Rating, sebuah perangkat ber-IP67 mampu menghadang masuknya debu. Kala direndam di air tawar sedalam maksimal satu meter dengan durasi paling lama 30 menit, ia takkan rusak. Umpama ada air yang berhasil menerobos masuk, jumlahnya takkan sampai ke taraf membahayakan.

Penasaran dengan kemampuan tahan air Xperia active alias ST17i, selama proses uji pakai, ponsel itu berkali-kali sengaja diajak bermain air. Mulai dari semangkuk air di restoran, berendam di bak mandi, sampai “berwisata” ke kolam renang. Hasilnya, Xperia active tidak mengalami kerusakan.

Saat berada di dalam air, layar sentuh kapasitif tiga inci ponsel itu praktis tidak dapat dioperasikan. Tetapi, pengguna tetap berpeluang melakukan pemotretan di dalam air. Manfaatkan tombol fisik kamera yang terdapat di bodi ponsel berdimensi fisik 55 x 92 x 16,5 mm dan berat 110,8 gram tersebut.

Kamera terintegrasi Xperia active beresolusi lima megapiksel, autofocus, dan dilengkapi lampu kilat. Tersedia pilihan pemotretan panorama, baik normal maupun 3D. Karena itu, pengguna sangat leluasa kala ingin mengabadikan objek yang sangat lebar atau tinggi. Untuk menikmati hasil foto 3D, pengguna tentu harus memiliki peranti yang mendukung teknologi tersebut.

Bila difungsikan sebagai perekam video, kamera Xperia active sanggup memproduksi klip video berdefinisi tinggi alias HD 720p. Lampu kilat ponsel itu sekaligus bermanfaat sebagai lampu senter. Ada aneka mode lampu yang bebas dipilih pengguna. Yakni, selalu menyala, memberikan isyarat SOS, maupun berkedip-kedip dengan ritme tertentu yang lazim disebut pulse dan strobe.

Berbagai aplikasi telah ditanamkan ke Xperia active. Dua yang menarik untuk dicermati adalah Data monitor dan Walkmate. Data monitor mempermudah pengguna memantau jumlah data yang telah digunakan, sedangkan Walkmate bakal menghitung langkah kaki pengguna. Mengacu pada tampilan menu Walkmate, seyogianya setiap orang melangkahkan kaki 10.000 kali per hari.

Hal lain yang tak kalah asyik, pengguna dapat melakukan screen capture atau “memotret” layar dengan mudah. Caranya, saat berada di menu apa pun, pengguna cukup menekan dan menahan tombol power selama beberapa detik. Lalu, pilih take screenshot.

Sayang, ketika mengakses menu atau aplikasi tertentu, fitur screenshot itu tidak berfungsi sempurna. Misalnya, pengguna ingin “memotret” layar ketika ponsel sedang menjalankan fitur kamera. Hasil screenshot hanya akan menyajikan ikon menu kamera dan layar hitam. Gambar objek yang sedang dibidik kamera takkan terekam.

Prosesor Qualcomm Snapdragon MSM8255 1 GHz, RAM 512 MB, slot microSD, HSPA dengan kecepatan unduh sampai 7,2 Mbps, GPS, bluetooth, dan Wi-Fi merupakan sebagian spesifikasi lain Xperia active. Memori internal ponsel itu berkapasitas 1 GB. Hingga sekitar 320 MB di antaranya bebas dioptimalkan pengguna.

Ingat, biarpun tahan air, Xperia active yang kemarin dijual di rentang harga Rp 2,85 juta sampai Rp 2,9 juta itu tidak diklaim tahan lempar. Sekadar jatuh dari meja atau saku sih tak masalah. Namun, bila berulang-ulang sengaja dilemparkan ke benda keras dari jarak jauh, bukan mustahil ponsel akan “tidur” sehingga harus dirawat inap di pusat perbaikan resmi Sony Ericsson. Penulis telah membuktikannya. Anda penasaran mencobanya sendiri?

*** Untuk memperkaya naskah review ini, saya postingkan beberapa foto tambahan.

Xperia active iseng saya masukkan ke bak mandi di rumah, lalu dipakai memotret selang yang ada di dalam bak. Ini hasilnya:

Empat foto di bawah ini dijepret oleh teman saya, Guslan Gumilang, yang sehari-hari menjadi fotografer di sebuah media massa terkemuka.

Si penyelam yang terlihat di dua foto berikut sedang berada di bawah air lho. Pemotretan dilakukan menggunakan Xperia active.

Ini saat baru saja nyemplung

Hai… hai… hai….

Foto di bawah ini merupakan bukti saat Xperia active beraksi mengabadikan objek di bawah air.

Usai diajak berbasah-basah, si Xperia active kembali menghirup udara di permukaan air. Tetap berfungsi normal.

10 thoughts to “Tahan Air, Bukan Tahan Lempar”

  1. pengen beli robot ijo yang bisa diajak berenang tp bingung antara xperia active sama defy+
    procesor sama2 1ghz, sama2 5megapixel. beda diukuran layar.
    mungkin master bisa kasih pertimbangan? dan info tentang defy+?
    oiya active ini pake kaca apa ya? ada yg bilang dragontail?
    saya baca2 di forum terbesar di indonesia kok ada yg layarnya kegores?

  2. Saya belum pernah pakai Defy+, Pak. Jadi, nggak berani berkomentar lebih dalam. Satu hal yang perlu diperhatikan, soal kualitas, Motorola biasanya oke. Masalahnya, cari aksesorinya susah. Ketika dijual kembali, harganya juga sering turun signifikan.

    Di data sheet Xperia active cuma disebutkan kalau layarnya tahan gores. Spesifikasi lebih detail tidak disebutkan. Saya sih nggak sampai coba-coba menggoresnya.

  3. Mohon maaf sebelumnya Mas Herry, review Anda di tabloid Nyata saya jadikan bahan postingan di blog saya dan postingan ini saya jadikan sourcenya.

  4. pak, mau tanya, saya belum lama beli experia active (baru gress), saya mengalami problem layar yang berkedip…kenapa ya? kalo di forum2 sih cuma karena emang sensor cahayanya sensi abis, tapi koq rasanya aneh bgt, gak digelap2in, tetep aja kedip…kalo kedip normal kan sekali dua kali, lah ini kedip terus, pdhan dipencet enggak, dipegang enggak…kaya ayan ne ponsel, apakah anda juga menghadapi probelm yang sama? terimakasih

  5. Pak Wikan,

    Saya pernah memakai dua unit Xperia active yang berbeda. Keduanya tak pernah mengalami masalah seperti yang Bapak sebutkan.

    Apakah di Xperia active Bapak terpasang screen protector? Kalau iya, coba dilepas dulu. Bila tanpa screen protector masalah yang sama tetap muncul, segera ke pusat perbaikan resmi Sony saja, Pak. Mumpung usianya belum lama.

  6. salam,
    Saya baru je beli sony ericsson xperia active,tapi masalahnya sama dengan pak wikan,skrinnya berkedip-kedip,padahal telepon sony ericsson xperia yang lain tidak pula skrinnya berkedip-kedip,
    Terima kasih.

  7. Pak Jar-e,

    Beli bekas ya? Sebab, Xperia active baru kan sudah lama tak tersedia di sini. Mumpung barusan beli, coba komplain ke penjualnya.

    Btw, apakah di Xperia active itu terpasang screen protector? Kalau iya, coba dilepas dulu.

  8. iya sudah di lepasin,tpi masi sama jgak,saya kira memang begini skrinnya berkedip-kedip,iya nanti sya pg sama penjualnya,sya cuma mau tau,sama ada skrin xperia active berkedip-kedip,memangnya kalau tidak,memang hape ini ada masalahnya,
    Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *