Tahun Lalu Pelanggan XL Tambah 6 Juta

JAKARTA – Tahun lalu XL berhasil menggaet enam juta pelanggan baru. Dengan demikian, hingga akhir 2007 jumlah pelanggannya mencapai 15,5 juta.

Dalam rilis yang diterima Ponselmu.com siang ini, Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengatakan, “Jumlah tersebut melebihi perkiraan semula.” Keberhasilan itu, antara lain, merupakan hasil penerapan strategi tarif ekonomis dan transparan yang direspons positif oleh masyarakat. Penambahan jumlah saluran distribusi, perbaikan sistem distribusi, dan kekuatan brand XL juga turut berperan meningkatkan jumlah pelanggan.

Ketika ARPU di industri seluler mengalami kecenderungan menurun, ARPU XL relatif stabil. Pendapatan XL pada kuartal IV 2007 meningkat lebih dari 20 persen dibandingkan kuartal III 2007. Pada 2007 trafik panggilan telepon ke luar (outgoing voice call) naik 2,4 kali lipat dibandingkan 2006.

Menurut Hasnul, XL telah membangun lebih dari 3.800 unit BTS pada 2007 sehingga jumlah BTS per akhir 2007 mencapai lebih dari 11.000 unit. Penambahan lebih dari 3.800 BTS ini berarti lebih tinggi daripada yang direncanakan.

“Yang membanggakan, pembangunan BTS lebih banyak daripada rencana itu dapat direalisasikan dengan belanja modal yang relatif sama dengan rencana semula. Yakni, USD 700 juta (sekitar Rp 6,65 triliun, red),” ungkapnya. Hal itu bisa terjadi karena XL berhasil melakukan belanja modal secara efisien.

Ia yakin pencapaian XL pada 2007 akan membuat posisi XL semakin kuat di mata masyarakat. Tahun ini XL menganggarkan dana USD 650 juta (sekitar Rp 6,175 triliun) untuk belanja modal. Salah satunya guna meningkatkan kualitas layanan.

One thought on “Tahun Lalu Pelanggan XL Tambah 6 Juta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *