Tak Takut Kehabisan Baterai

Album berisi foto kenangan saat penulis duduk di bangku SMP sampai kini masih tersimpan dengan baik. Di balik setiap lembar foto tertulis nama orang yang terekam di foto. Bila di sebuah foto ada banyak orang sekaligus, penulis tetap menuliskannya dengan komplet. Kalau perlu, disertai keterangan siapa yang berdiri dan siapa yang jongkok, dari kiri ke kanan. Tulisan itu sudah memudar, namun masih bisa dibaca.

Kebiasaan tersebut, dengan cara sedikit berbeda, sekarang dapat penulis lakukan di Samsung Galaxy Note II. Penulis cukup memanfaatkan Photo Note untuk memberikan catatan di balik setiap foto. Karena yang tersimpan di Galaxy Note II alias GT-N7100 adalah foto digital, tentu tak ada lembaran fisik yang benar-benar dicoret-coret.

Selain Photo Note, ada beragam fitur menarik yang kebanyakan berpangkal pada S-Pen, pena “sakti” yang diselipkan di bodi acang (gadget) tersebut. Misalnya, Air View. Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengintip isi email, folder foto, video, dan jadwal aktivitas tanpa membukanya.

Masih dengan S-Pen, pengguna dengan gampang dapat membuat sketsa dan coretan-coretan penting. Ketika sedang bertelepon lalu pengguna mencabut S-Pen dari selotnya, aplikasi S Note spontan akan aktif, siap melayani pengguna yang mungkin hendak menuliskan catatan singkat.

Ingin yang lain lagi? Silakan menjajal Easy Clip, fitur untuk “menggunting” gambar dari situs yang sedang dikunjungi. Tak ada salahnya pula mencicipi multiwindow. Dua aplikasi dapat berjalan dan tersaji bersamaan di layar. Jadi, memantau email sembari menonton video bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan di Galaxy Note II. Browsing sambil melihat peta? Bisa juga.

Sepasang kamera dibenamkan ke acang yang harga ecerannya dipatok Rp 7,499 juta itu. Kamera di sisi belakang dilengkapi autofocus dan lampu kilat. Ia mampu memproduksi foto beresolusi sampai delapan megapiksel dan rekaman video full HD 1080p. Kalau mau, pengguna bisa melakukan pemotretan beruntun sampai 20 jepretan secara cepat.

Fitur lain kamera yang pantas dieksplorasi adalah best face. Contoh skenarionya begini. Pengguna berfoto bersama dua teman. Pada foto yang dihasilkan, mata pengguna ternyata terpejam, sedangkan kepala seorang teman kebetulan menunduk. Dengan pengaturan normal, pengguna hanya bisa pasrah atau mengulang pemotretan.

Best face memungkinkan pengguna “memperbaiki” foto tanpa mengulang pemotretan. Untuk tiap wajah yang terekam, Galaxy Note II akan menyajikan hingga lima pilihan wajah. Pilihlah yang terbaik. Hasil akhirnya adalah foto tiga sahabat yang seluruhnya menatap kamera dan sedang tersenyum.

Di sisi muka Galaxy Note II, beberapa milimeter di atas layar, terdapat kamera kedua. Kamera itu sanggup memproduksi foto 1,9 megapiksel dan rekaman video HD 720p. Fitur yang dimiliki kamera kedua tak sekomplet kamera utama. Mode pemotretan best photo, best face, face detection, panorama, HDR, dan low light tidak tersedia.

Spesifikasi lain acang bersistem operasi Android 4.1 alias Jelly Bean itu tergolong menggiurkan. Di antaranya, prosesor quad core Exynos 4412 1,6 GHz, RAM 2 GB, layar sentuh HD Super AMOLED 5,5 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel, dan mendukung layanan HSPA+ dengan kecepatan unduh sampai 21 Mbps.

Ada pula radio FM yang siarannya bisa direkam, GPS, bluetooth, Wi-Fi, Near Field Communication (NFC), dan S Beam. Saat akan berbagi koneksi internet dengan perangkat lain secara nirkabel, pengguna leluasa memilih ingin mendayagunakan fitur Wi-Fi tethering atau bluetooth tethering.

Kemungkinan karena pertimbangan harga jual, Samsung Electronics Indonesia hanya mendistribusikan Galaxy Note II varian 16 GB ke tanah air. Saat peranti itu usai diformat, total memori internal yang bisa dimanfaatkan mencapai 9,93 GB. Pengguna yang haus memori dapat menyelipkan kartu microSD ke selot yang tersedia.

Galaxy Note II berdimensi fisik 80,5 x 151,1 x 9,4 mm dan berat 182,5 gram. Kalau disandingkan dengan Galaxy Note generasi pertama, ia lebih tinggi sekitar setengah cm, lebih ramping sekitar 2,5 mm, dan lebih berat 4,5 gram. Kecuali tinggi, perbedaan ukuran dua ponsel tablet itu relatif tak terasa.

Dalam pemakaian sehari-hari, perbedaan yang paling nyata di antara keduanya terletak pada daya tahan baterai. Galaxy Note dibekali baterai lithium ion 2.500 mAh, sedangkan Galaxy Note II berbaterai lithium ion 3.100 mAh. Dengan pemakaian intensif ala penulis, mulai diaktifkan pagi hari, usai makan siang Galaxy Note sudah harus dihubungkan dengan charger.

Hal serupa tidak dialami Galaxy Note II. Penulis tak perlu takut kehabisan baterai. Sebab, sejak dinyalakan pada pagi hari, hingga larut malam pun daya baterai Galaxy Note II masih tersisa. Padahal, dalam rentang waktu tersebut, penulis menerima ratusan email. Akun Twitter, Facebook, dan ramalan cuaca selalu tersinkronisasi. Sesekali penulis juga membaca informasi terkini di berbagai portal berita.

Secara umum, menurut penulis, Galaxy Note II merupakan acang Android yang menarik. Apalagi, bila Samsung menyesuaikan harga jualnya menjadi sekitar Rp 6,5 juta. Kalau Anda berencana membelinya, penulis mempunyai dua pesan. Pertama, pilihlah varian warna titanium gray karena terlihat lebih mewah dan elegan. Bodi Galaxy Note II berwarna marble white terlalu kental dengan kesan plastik banget.

Kedua, siapkan kartu micro SIM. Anda bisa mendapatkannya dengan cara memotong kartu SIM lama. Alternatif lain, tukarkan kartu SIM lama dengan micro SIM ke kantor layanan operator yang Anda gunakan.

14 thoughts to “Tak Takut Kehabisan Baterai”

  1. Pak Hsw, review yang menarik untuk dibaca. Cuma untuk gambar pertama tertera tanggal wed, 29 Aug dimana Galaxy Note 2 belum beredar di Indonesia, kemudian di plot ponselmu.com. Apakah tidak lebih baik gambarnya di foto langsung dan tanggalnya di disesuaikan dengan mendekati tanggal reviewnya?

    Terima kasih,

    Gabriel Noorhadi S.

  2. Pak Gabriel Noorhadi S.,

    Maaf baru saya respons pagi ini. Komentar dari Bapak entah mengapa dianggap sebagai spam. Saya baru menemukannya beberapa menit lalu saat iseng melihat tumpukan komentar yang diidentifikasi sebagai spam.

    Terima kasih atas masukannya.

    * Bagaimana cara melihat tanggal suatu gambar, Pak? Saya jadi ingin tahu. Gambar pertama itu saya ambil dari situs Samsung.

    * Apakah yang dimaksudnya dengan plot Ponselmu.com?

    * Untuk gambar/foto penunjang, kalau tersedia, biasanya saya akan memakai image/gambar dari produsen. Sebab, tampilannya lebih tajam dan menarik. Kalau tidak tersedia, barulah saya yang nggak paham fotografi ini akan memotretnya.

  3. Ulasan Bapak sangat menggiurkan saya untuk membeli handphone ini. Tapi mohon pendapat Bapak apakah ada alternative handphone lain yang fitur dan teknologinya sama dengan Galaxy note II ini Pak?

    Karena fitur aplikasi yang ditawarkan oleh samsung pada smartphone ini sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan saya. Hanya saja harganya masih terlalu mahal untuk kantong saya Pak. Hehehe…

    Tapi jika memang tidak ada maka saya terpaksa memaksakan diri untuk mengambil galaxy note II ini.

    Terima kasih Pak Herry sebelumnya.

    Salam,
    Istan

  4. Pak Istan,

    Dalam pantauan saya belum ada ponsel lain dengan spesifikasi dan fitur yang mirip Note II. Iya, harga ponsel itu relatif tinggi. Menurut saya, idealnya harga baru Note II tak lebih dari Rp 6,5 juta.

  5. Pak Hsw ysh.

    Tanggal yang saya maksudkan di gambar pertama adalah tanggal dan jam dari Galaxy Note 2 itu sendiri pak bukan tanggal dari imagenya. Kalau menurut opini saya sebagai pembaca, persepsi saya adalah sebagai reviewer pak Hsw menuliskan serta mendokumentasikan apa yang semua Bapak lakukan dan ‘real’ snapshoot pictures. Mungkin bayangan saya ini keliru, tetapi saya tetap merasakan ini jika dilakukan akan terasa lebih bagus seperti apa yang kita lakukan sendiri terhadap perangkat kita.
    Untuk plot ponselmu.com ya mungkin sekarang sudah lebih jelas pak Hsw, tentunya yg saya maksudkan adalah gambar kita sendiri yang sebaiknya boleh kita tag web kita, bukan gambar dari web lain dan di tag. Demikian maksud masukan yang saya berikan. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang keliru, sebelumnya saya ucapkan terima kasih dan sukses terus buat pak Hsw.

    Salam,

    Gabriel Noorhadi

  6. Pak Gabriel Noorhadi S,

    Oh, maksudnya tanggal dan jam di layar Galaxy Note 2-nya ya, Pak.

    Terkait foto/gambar penunjang, saya tidak selalu memotret sendiri. Kalau produsen menyediakan foto yang biasanya disiapkan untuk pers, saya cenderung memakai foto tersebut. Sebab, tampilannya lebih tajam dan fokus ke produk.

    Namun, bila foto penunjang sama sekali tidak ada atau tersedia, tetapi tidak sesuai dengan kebutuhan, saya baru memotret sendiri.

    Terima kasih.

  7. Sore Pak HSW.
    Saya pengguna Samsung Note II ini,
    saya suka dengan kecanggihannya,namun saya belum bisa menggunakannya secara maksimal.

    yang mau saya tanyakan adalah mengapa di PC saya, apabila saya koneksikan dengan PC yang terbaca adalah MT Player.
    PC tidak bisa membaca folder – folder seperti ketika saya koneksikan BB ke PC.

    Disini, saya ingin memindahkan beberapa file yang ada di PC, seperti file template MSWord, Mp3, beberapa foto dan file penting lainnya ke dalam NoteII.
    Karena terhalang kendala diatas, saya jadi kesusahan untuk memindahkannya

    bagaimana solusinya,pak?
    mohon tanggapannya.

    Terima Kasih, Pak 🙂

  8. Bu Yuni S.,

    Apakah sudah coba membuka Windows Explorer di PC dan Samsung Note tak ada di deretan bawah Computer?

    Dengan menggunakan PC/laptop lain, coba hubungkan Galaxy Note II itu via kabel data. Apakah berhasil? Seharusnya begitu Galaxy Note II terhubung lewat kabel data ke PC/laptop, ia bisa dikenali sebagai mass storage.

    Kalau ternyata belum berhasil, coba perhatikan bar notifikasi di atas. Kalau ada pilihan koneksi USB, pastikan yang terpilih adalah mass storage atau yang bermakna sama.

  9. Hai..saya jg pengguna baru galaxy note.. nah sy menyimpan gambar di memory card sampai berjumlah 1000an.. skr ga bs d buk krn overload.. apakah ad alternatif lain??
    Tks 🙂

  10. Bu Lya Odillia,

    Apakah sudah coba ditunggu beberapa menit supaya foto yang bejibun itu bisa loading dulu?

    Alternatif lain, ganti kartu microSD yang kelasnya lebih tinggi. Misalnya, kelas 10. Semakin tinggi kelas, kecepatan baca dan tulis lebih cepat.

  11. Pak Herry, dibandingkan dengan Samsung Galaxy S III apa perbedaan yang paling signifikan? Secara harga khan berbeda sekitar 1jt-an. Lebih worthed mana, Pak?

  12. Pak Stephen,

    Tanpa melihat spesifikasinya dulu, menurut saya, tampilan Galaxy S III terlihat lebih murahan daripada Galaxy Note II.

    Saya belum pernah menguji pakai Galaxy S III. Maksimal cuma towel-towel di toko atau pameran. Kalau melihat spesifikasinya, saya tak yakin baterainya mampu mendampingi saya beraktivitas sehari penuh. Sedangkan Galaxy Note II telah saya buktikan sendiri mampu menemani saya beraktivitas mulai pagi sampai tengah malam.

    Kalau kemudian melihat spesifikasinya, ada beberapa perbedaan utama:
    * Layar 4,8 inci versus 5,5 inci
    * Prosesor quad core 1,4 GHz versus quad core 1,6 GHz
    * Baterai 2.100 mAh versus 3.100 mAh

  13. pak, saya masih bingung memutuskan ambil android phone yg mana nih… saya sempet browsing2x dan menemukan info tentang google nexus 4… dimana di indonesia dijual oleh LG…dengan selisih harga hampir 2jt… apakah cukup layak membeli nexus 4, pak?a apa saja kelemahan nexus 4 ini? thanks, pak

  14. Pak Stephen,

    LG Nexus 4 di sini selisih hampir Rp 2 juta dibandingkan di mana, Pak? Kalau di luar negeri, coba cek statusnya pakai kontrak atau tidak. Trus, memori internalnya yang 8 GB atau 16 GB.

    Dengan asumsi sama-sama tanpa kontrak dan 16 GB, mestinya nggak beda jauh.

    Ini di samping saya ada Nexus 4. 🙂 Secara umum saya puas dengan kinerjanya, kecuali dua hal:
    * Baterainya tak bisa menemani beraktivitas sejak pagi sampai malam. Rata-rata habis dalam enam jam. Sekadar info, aktivitas email saya tergolong tinggi ya, Pak. Sehari kira-kira 700 email.

    * Hasil jepretan kameranya kurang tajam. Sisi menariknya, kamera Nexus 4 dibekali fitur Photo Sphere yang memungkinkan pengguna memotret objek sampai 360 derajat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *