Takkan Saling Bunuh

Dua ponsel qwerty dual on GSM-GSM ini, Extreme X23 dan CSL Blueberry 5800, sama-sama menonjolkan bodi logam. Kendati demikian, di pasar keduanya takkan saling bunuh. Sebab, merujuk pada harganya, segmen konsumen yang dibidik pasti tidak sama.

X23 yang dibanderol Rp 349 ribu menyasar pengidam ponsel qwerty yang peka harga. Bagi kelompok konsumen tersebut, harga adalah segala-galanya. Spesifikasi menjadi pertimbangan berikutnya.

Berarti, supaya diterima pasar, Extreme harus menekan harga jual serendah mungkin. Hal itu diawali dengan menghemat biaya produksi. Salah satu caranya, layar warna yang dibenamkan ke X23 bukan layar lebar, melainkan 1,8 inci saja. Resolusi kamera terintegrasi yang ditanamkan juga hanya VGA.

Sisi muka X23 sangat mirip dengan Nokia E5. Wajah ponsel itu tampak cukup elegan ala ponsel untuk pebisnis. Ia dibekali buku telepon 500 nama multiple entry, black list 20 nomor, bluetooth, perekam video, dan perekam suara. Ada pula radio FM yang siarannya bisa direkam spontan maupun terjadwal.

Tiga aplikasi berbasis Java siap dijalankan oleh pengguna. Yakni, eBuddy, Opera Mini, dan Snaptu. Memori internal X23 berkapasitas 250,5 KB. Kurang besar? Selipkan kartu microSD ke slot yang tersedia.

Beralih ke CSL Blueberry 5800. Wajah ponsel yang dijual Rp 599 ribu itu terlihat mewah. Layarnya berukuran 2,3 inci dan mampu menyajikan huruf maupun gambar dengan tajam.

Saat diaktifkan, logo Telkomsel akan muncul disertai suara “dari Telkomsel”. Walaupun begitu, 5800 berstatus unlocked. Pengguna bebas memadukannya dengan kartu SIM operator GSM apa pun di Indonesia.

Fitur ponsel itu, antara lain, kamera dua megapiksel, perekam video, televisi, buku telepon 500 nama multiple entry, dan black list 20 nomor. Tersedia juga bluetooth, perekam suara, alarm pengingat jadwal salat, dan radio FM. Pengguna tak perlu memasangkan handsfree berkabel saat ingin mendengarkan siaran radio. Ketika terpesona dengan sebuah lagu, pengguna serta merta dapat merekamnya.

Seperti kebanyakan ponsel kelas menengah, 5800 telah mendukung aplikasi berbasis Java. Aplikasi Blueberry Messenger, eBuddy, mig33, dan Opera Mini sudah diinstalasikan. Pengguna bebas memakainya kapan saja.

Memori internal yang berkapasitas 250,5 KB tentu kurang lega bagi pengguna yang gemar menyimpan file multimedia. Karena itu, idealnya mereka memasangkan microSD ke slot memori eksternal. File MP3 dapat digunakan sebagai nada dering telepon maupun SMS.

Menurut penulis, X23 maupun 5800 pantas dipertimbangkan oleh pemburu ponsel qwerty dual on GSM-GSM. Pilih mana? Kata kuncinya, sesuaikan dengan anggaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *