Konsultasi Ponsel Ketikkan di Sini

Bila ingin berkonsultasi tentang ponsel, silakan mengetikkan pertanyaan Anda di bagian bawah halaman ini. Tuliskan pertanyaan Anda dengan lengkap dan detail. Harap tidak menggunakan singkatan-singkatan.

*** Contoh pertanyaan yang lengkap, detail, dan tidak menggunakan singkatan:
Saya memiliki anggaran Rp3,5 juta dan ingin membeli ponsel Android baru. Mereknya bebas. Ponsel Android itu harus dual SIM, baterainya berkapasitas cukup besar, kamera minimal lumayan, dan layanan pusat perbaikan resminya cukup bagus.

Saat ini saya tertarik Xiaomi Redmi Note 8 Pro dan Asus Zenfone 5. Mohon rekomendasi ponsel yang cocok. Di luar dua tipe yang saya sebutkan juga boleh. Terima kasih.

*** Contoh pertanyaan yang tidak lengkap dan penuh singkatan:
Saya mau beli hape. Mending rn8 atau xz1? Uang saya Rp1 jutaan.

Komentar saya, “RN8 dan XZ1 itu benda apa ya? Rp1 jutaan tepatnya maksimal berapa? Rp1 juta, Rp1,5 juta, atau berapa? Sebab, Rp1,999 juta pun masih tergolong Rp1 jutaan lho.”

644 thoughts to “Konsultasi Ponsel Ketikkan di Sini”

  1. koh, ada redmi 8a pro bekas gaa..? yg bisa ditukar tambah dengan asus zenfone live l2…
    Lokasi Jabodetabek. gabisa keluar Jabodetabek diutamakan jaksel dekat perbatasan dengan Depok.

    1. Pak Reiduan Azzam,

      Wah, kalau mau tukar tambah ponsel, silakan mencari pedagang di sekitar Anda, Pak.

      1. Mohon rekomendasi hp android dengan budget maksimal 2jt, penggunaan mayoritas untuk berselancar di media sosial.
        Pertimbangan kamera > gaming ?

        Terimakasih atas balasannya, Pak Herry.

        1. Mohon rekomendasi hp yang kameranya top, baterai tahan lama dan modelnya elegan. Saya memiliki budget Rp. 9.500.000.
          Sampai saat ini, melalui Google, saya baru menemukan Huawei P30 Pro dan Samsung S10 Plus. Mohon rekomendasinya, mas Herry. Terima kasih.

          1. Pak Zainul Munim,

            Melihat kondisi terkini, saya sudah tidak berani merekomendasikan Huawei. Kalau Samsung kan saya aktivis #SamsungCoret.

            Saya sebenarnya ingin merekomendasikan Xiaomi Mi Note 10 Pro. Namun, karena barang di mana-mana sudah kosong, saya akhirnya menyodorkan Mi Note 10 Rp6,199 juta.

          2. Selamat malam om herry.
            Saya punya budget hampir 2jutaan. Mohon rekomendasikan ponsel yg baterainya berkapasitas cukup besar, kamera minimal lumayan, fast charging, dan prosesornya oke.
            Terima kasih banyak.
            Salam.

      2. Ko herry, mau tanya ko. Apakah pembelian redmi note 9 dan note 9 pro dapat screen protector bawaan ? Tolong dijawab ko, terima kasih ?

        1. Pak Vincent,

          Redmi Note 9: tak tahu. Saya tidak mencoba ponsel itu.
          Redmi Note 9 Pro: ya. Pelindung layar bawaan sudah ditempelkan di layar.

        2. Siang ko herry mau tanya kalau smartphone berbahan plastik terdapat goresan/scratch bagaimana ya cara menghilangkannya ? Mitos pasta gigi apa berlaku?

          1. Pak Bibo,

            Bergantung seberapa parah goresannya. Kalau tipis banget, penggunaan pasta gigi kadang bisa menyamarkan, walaupun sebenarnya masih terlihat.

            Kalau goresannya parah/dalam, tak bisa dihilangkan deh. Paling disiati dengan membeli stiker pelapis bodi atau membeli case berwarna solid (bukan transparan). Goresannya tidak hilang, tetapi tertutupi.

      3. Selamat siang Koh
        saya mau tanya, ada budget sampe 2,5 juta
        pilihan saya saat ini antara redmi 9 (4/64) dan redmi note 8 (4/64)
        penggunaan saya lebih ke sosmed dan mungkin sedikit bermain game (sesekali pubg atau Mobile legend)
        trus ada 2 slot sim dan 1 slot micro sd (triple slot)
        pertimbangan kamera > gaming
        kira-kira dari 2 pilihan tersebut, saran dari Koh Herry yang mana ya? atau ada saran diluar 2 hp itu juga tidak apa asal tidak lebih dari 2,5 jt atau paling mentok 3 jt
        Terima kasih Koh.

        1. Pak Vander,

          Karena faktor kamera tampaknya cukup penting buat Anda, berarti silakan melirik Redmi Note 8.

          Kalau anggaran bisa ditingkatkan, sesuai yang Anda sebutkan, saya menyarankan Anda membeli Realme 5 Pro.

          1. maaf Koh, mau tanya lagi
            kalo misalnya pertimbangan antara gaming dan kamera dijadikan sama
            apakah pilihan redmi 9 sudah tepat?

            Terima kasih.

          2. Pak Vander,

            Spesifik gaming saya tidak berani jawab. Lha saya nggak suka main game.

            Kamera Redmi 9 tidak bisa disebut bagus lho. Posisinya hanya lumayan dengan kecenderungan mendekati buruk.

      4. pagi koh Herry maaf mau tanya koh, saya punya samsung a50s pemakaian kurang lebih 8 bulan, kenapa ya koh tadi malam baterai 72% lalu saya matikan kemudian pagi ini saya hidupkan tiba2 jadi 71%. jadi setiap malam saya matikan dan paginya saya hidupkan baterai sisa 1% itu karena memang baterai sudah harus diganti / memang sistemnya begitu koh.

        terima kasih koh Herry
        sehat dan sukses selalu….

        1. Pak Henry Saptana,

          Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

          Sebentar… saat ponsel Anda nyalakan keesokan paginya, yang benar sisa daya baterai 71% atau 1%? Sebab, di awal Anda menuliskan 71%, tetapi kemudian menyebutkan 1%.

          Kalau 71%, hal itu tergolong normal.

          Kalau 1%, hal itu jelas tidak normal. Pemicunya belum tentu baterai. Bisa juga komponen lain. Saya lupa namanya. Saran saya, bawalah ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Samsung untuk dicek.

      5. malam pak herry, mohon maaf. Ijin tanya saya punya budget 3.5 sampai 4 jt. Tidak terlalu suka game, dan kamera. Daily user saja. Lebih pas mana reno9pro atau samsung m31, atau huawei nova 5 t. Atau seri realme. Mohon arahannya pak

        1. Pak Resaka,

          Reno9Pro? Apakah sudah keluar, Pak? Sekarang kan baru sampai Reno 4, Reno 4 Pro, dan besok Reno 4F?

          He he kalau masih ada merek lain, tak usah beli #SamsungCoret deh.

          Huawei Nova 5T konektivitas lengkap. Prosesor kelas flagship. Sama dengan prosesornya Huawei P30 Pro. Namun, baterainya tergolong kecil untuk ukuran sekarang. Asalkan Anda bisa mendapatkan ponsel itu dengan harga maksimal Rp4 juta, ambil deh.

    2. Permisi Pak Herry,

      Maaf Pak, saya sebelumnya tidak tahu kalau Bapak tidak terima konsultasi gawai lewat DM Instagram.

      Tapi saya mohon izin ingin bertanya, apabila pada akhirnya Pak Herry tidak berkenan menjawabnya, saya tidak keberatan Pak.

      Saya berencana membelikan gawai android baru untuk ibu saya di lebaran ini, setelah saya pilah², saya timbang², pilihan saya jatuh ke Redmi Note 8 (6/128), namun tiba² saya teringat bahwa sebentar lagi xiaomi akan meluncurkan redmi note 9 di sekitar bulan Juni, yang saya bingungkan, apakah sebaiknya saya tetap membeli Redmi Note 8 sekarang dengan harga 2.649.000 atau menunggu peluncuran Redmi Note 9 dengan harapan akan ada potongan harga untuk gawai lama yaitu Redmi Note 8 ?

      Terima kasih Pak Herry.
      ???

      1. Pak/Bu Atmajanti,

        Iya, saya tidak menerima konsultasi via DM Instagram maupun Twitter.

        Jadwal, spesifikasi lengkap, dan harga Redmi Note 9 belum diketahui. Jadi, kalau memang ingin segera beli, ya silakan ambil Redmi Note 8. Namun, bila masih bisa menunggu, lebih baik melihat perkembangan dulu hingga minggu pertama Juni 2020.

        1. Mau tanya Om Herry
          Kualitas HP Infinix untuk masa sekarang masih layak untuk dibeli ga ya?Soalnya di daerah saya yg rame Samsung, Oppo, Vivo, Relame, dan Xiaomi. Dulu Infinix sempat tenar juga disini tapi sekarang seperti tenggelam.
          Terima kasih ?

          1. Pak Rizal,

            Daya tarik Infinix sudah meredup. Mending beli merek lain yang masa depannya lebih jelas deh.

          2. pak Herry,
            mohon saran untuk tablet pc yang rekomen apa ya? merk lokal ga apa2, bisa buat Office, WhatsApp dan zoom. buat anak SD sekolah di rumah.
            makasih

          3. Pak Tejo Kusumo,

            Saya tidak berani memberikan rekomendasi karena sudah lama belum mencoba tablet keluaran baru lagi. Saran saya, hindari merek lokal ya. Memang terlihat murah, tapi….

    3. Saya mau nanya kak, tentang Splitter audio . Hp saya realme 5i baru dibeli kemaren, dan saya mau mencoba memasang Splitter audio ke hp saya, tapi tidak terhubung , dan bahkan saya udah coba beli yg baru lagi, gak bisa juga, yang anehnya lagi ,dicoba ke hp yang lain bisa, mau minta solusi kak. Terimakasih.!

  2. Saya minta saran HP yang sinyalnya kuat, fast charging dsn bisa menfoto di cahaya minim. Harga tidak lebih dari 4 juta. Semoga Koh Herry SW sekeluarga sehat selalu.

    1. Pak Gondo,

      Sinyal ponsel keluaran terkini secara umum sih setara. Kualitas layanan operator yang Anda gunakan lebih menentukan.

      Hmmmm… dengan kriteria seperti itu, saya sebenarnya ingin merekomendasikan Realme 6 Pro. Namun, bekas ya. Kalau baru, Anda perlu menambahkan anggaran Rp200 ribuan lagi.

  3. Pak Herry SW, saya mau tanya soal processor aja. Apa benar, sekarang processor Mediatek sudah bagus dan bisa menyamai Qualcomm? Soalnya saya pikir selama tahun-tahun sebelumnya, Mediatek tidak cukup meyakinkan. Dari sisi performa dan keawetan, lebih bagus ponsel dengan Qualcomm atau Mediatek, Pak?

    Terimakasih sebelumnya.

    1. Pak Asep Sopyan,

      Ya, sudah jauh lebih bagus daripada zaman dulu. Lebih kompetitif saat disandingkan dengan Qualcomm deh. Mesti lihat tipe per tipe deh.

    2. Om herry saya mau minta rekomendasi diantara 3 smartphone budget 2jt ini manakah yang paling worth, (Redmi note 8 4/64, Realme 5 4/128, atau oppo a5 2020 3/64). saya tipikal orang suka bermain mobile legend, foto dan musik. Dan saya juga mengikuti forum dari 3 smartphone itu, dan rata2 smua komennya tergantung dari dia fansboy merek apa, seperti note 8 rawan burn in Lcd nya , realme 5 banyak touch delay, oppo tidak mmiliki night mode dll. Ya memang smartphone tidak ada yang sempurna tapi saya bsrusaha meencari yang terbaik , Disini saya mau minta pendapat om herry, plg bagus dan direkomendasikan yang mana??

      1. Pak Dhimas Nanda,

        Coret semuanya dan ambil Realme 5i. Spesifikasi dasarnya mirip Realme 5, tetapi dalam pemakaian nyata layarnya lebih enak daripada Realme 5.

        1. Apa bedanya realme 5i dan realme 5s. Sebelum menentukan pilihan. Siapa yang lebih bagus dan layak untuk uang yang dibeli? Terima kasih pak Herry

          1. Pak Herry SW, saya sedang bingung.. rencana mau beli HP budget 3,2 juta maksimal..
            Pilihan antara Vivo Z1 pro 6/128, Realme 5 pro 8/128, Realme 6 4/128, ada lagi Vivo v15pro.. kebutuhan untuk game seringnya.. minta sarannya pak..

          2. Pak Donny,

            Saya hampir tak pernah bermain game. Di atas kertas, kalau melihat kebutuhan Anda, mestinya ya Realme 6.

          3. Selamat Pagi Pak Herry, Saya mau bertanya apakah benar Redmi 8 4/64 GB bergaransi resmi selama 24 bulan ( 2 tahun ) ?? Untuk mendapatkan garansi selama 24 bulan tersebut apakah hanya harus membeli di Official Storenya saja? Bagaimana jika membeli di e-Commerce yang ada apakah garansinya berbeda?

          4. Pak Akmal,

            Iya, benar bergaransi resmi 24 bulan. Bebas beli di mana saja, asalkan bergaransi resmi Xiaomi Indonesia.

      2. Pak Herry, saya minta saran hp harga maksimal 2,5jt saat ini. Keluaran 2018 jg tidak apa-apa.
        Yang paling bagus di kisaran harga segitu dalam hal kamera dan ada nfc.

        1. Pak Fajar,

          Waduh… kalau kriterianya ada NFC dan minta kamera bagus dengan harga maksimal Rp2,5 juta, tidak ada deh.

      3. Halo Om Herry,

        Saya mau minta saran hape dengan ukuran compact (panjang maksimal 155mm) dan rentang harga 3 – 4,5 juta. Pertimbangan utama selain ukuran adalah NFC dan kamera.

        Terimakasih.

        1. Pak Haret Bima,

          Maaf, saya tidak ada rekomendasi. Lha ponsel bagus dengan kriteria seperti itu cenderung berlayar lebar (otomatis panjangnya lebih dari 155 mm).

  4. selamat siang om, mau tanya nih, saya saat ini memakai gawai honor 7x dan firmware saya mentok di BND-L21C636B162, dan sudah tidak ada update lagi, apakah sebenarnya masih ada update lagi dan kalau mungkin om herry tau apakah bisa untuk update secara manual termasuk untuk upgrade OSnya, karena selama ini saya browsing belum ketemu.
    sebenarnya ada keinginan untuk ganti hp, cuma masih sayang karena honor 7x yang saya pakai ini juga masih bagus kondisinya hehe

    1. Pak Ranju,

      Saya tidak mengikuti perkembangan firmware ponsel itu, Pak. Lha distributor resmi ponsel Honor kan sudah sayonara dari Indonesia.

    2. Om herry, saya mau beli gawai Android di harga 5-6 juta maksimal. Gawai keluaran terbaru, batrai awet seharian, kualitas kamera bagus, sama servis center nya mudah dan garansi jelas.
      Saya tidak buru2 kalau memang kedepan ada peluncuran gawai yg baru boleh direkomendasikan juga.

      Sama kalau untuk iphone rekomendasi dari om herry yg seri apa ya?
      Terimakasih

      1. Pak Bagus,

        * Realme 6 Pro.
        * Setelah iPhone 7 saya belum menguji pakai iPhone lagi nih. Ngeri dengan harganya.

  5. Selamat dini hari pak
    Saya sedang menanti Mi 10 hijau dikirim
    Pesanan Mi 10 sudah saya bayar pukul 00.04 melalui toko oranye, akan tetapi setelah saya bayar, saya cek kembali deskripsi barang Mi 10 pesanan saya, tidak terdapat paket powerbank nirkabel
    Saya cek kembali ke tautan produk yang sama, baru terdapat paket gratisan powerbank nirkabel yang dijanjikan, apakah saya mendapat benefit 500 pembeli pertama tersebut pak? Mengingat saya telah berhasil membayar pukul 00.04 tapi dalam deskripsi pesanan saya hanya unit Mi 10 hijau saja, baru setelahnya saya cek baru muncul paket promo gratis powerbank nirkabel, terima kasih

    1. Pak Ario,

      Kalau tidak ada keterangan dapat powerbank nirkabel, posisi Bapak lemah sih.

      Bila kelak ternyata mendapatkan powerbank, ya berarti Bapak beruntung. Sebaliknya, bila tidak memperoleh powerbank, komplain pun susah karena Bapak tidak memiliki bukti hitam di atas putih.

      1. Selamat pagi koh Herry,
        saya ada budget minim dibawah 2 juta, saya ada pilihan antara MI A2 4/64 dan Redmi note 8 4/64, menurut kokoh lebih valuable yg mana diantara dua seri diatas?
        Atau mungkin ada saran lain koh?
        Terima kasih.

        1. Pak Rudee,

          Redmi Note 8 4/64 dong. Btw, di manakah bisa mendapatkan ponsel itu dengan harga kurang dari Rp2 juta, Pak?

  6. Saya memiliki anggaran Rp3,5 juta dan ingin membeli ponsel Android baru. Mereknya bebas. Ponsel Android itu harus dual SIM, baterainya berkapasitas cukup besar, kamera bagus, dan layanan pusat perbaikan resminya cukup bagus.

    Saat ini saya tertarik Xiaomi Redmi Note 8 Pro dan realme 5. Mohon rekomendasi ponsel yang cocok. Di luar dua tipe yang saya sebutkan juga boleh. Terima kasih

    1. Pak Wahid,

      Karena mencari kamera bagus, berarti bukan Redmi Note 8 Pro maupun Realme 5. Silakan melirik Realme 5 Pro atau Realme XT. Lihatlah Anda lebih menyukai desain yang mana.

      1. kalau menurut pak herry, untuk perbandingan kamera Realme 5 Pro dan Realme XT , bagus mana kualitas hasil gambarnya ? terpaut jauh ?

        1. Pak Setiawan,

          Saya tak tahu kondisi firmware terakhir bagaimana. Saat Realme XT barusan muncul, Realme 5 Pro sedikit lebih bagus. Setelah beberapa lama dan ada pembaruan, Realme XT menyalip.

      2. Halo koh Herry..
        Saya ada budget dibawah 3Jt (diutamakan ada kembalian tetapi jika harus diatas 3jt tidak apa apa)..
        Saya ingin Handphone yg fungsional pak.. tidak perlu fitur WAH..
        HP terakhir saya Samsung S4 dari tahun 2014 hingga pensiun tahun lalu karena hancur terlindas mobil sendiri., sekarang sementara pakai galaxy prime dan sangat tidak mendukung mobilitas saya..
        Mungkin ada saran berdasar cerita saya diatas…
        Mungkin Kamera sedang sedang saja, Ram dan Internal yg rasional utk jaman sekarang, NFC seperti yg dipunya Samsung S4 saya., memudahkan membaca file laporan kiriman teman kantor.. kurang lebih seperti itu..
        Kepikiran Redmi Note 8 Pro…

  7. Pagi Om..

    saya ada budget 1,4 juta.. kalau ada yg dibawahh 1,4 lebih disenangi..

    Merk bebas asal bukan mito advan dan hp hp buatan lokal lain..

    butuh hp android, kalau bisa yang dual 4g atau setidaknya 4g-3g bersamaan..
    supaya masih bisa lancar telepon meskipun jadi sim ke-2..

    selain itu mungkin baterai yang cukup besar dan os terbaru menjadi pertimbangan juga, kira2 hp apa yg cocok dengan kriteria tersebut?

  8. Om, mau minta saran untuk charger dan kabel charge-nya. Saya butuh rekomendasi charger alternatif dari brand meyakinkan yang support VOOC pada Oppo Reno 2 dan kabelnya. Charger bawaan tertulis output 5V–4A.

    1. Pak Kuat WJ,

      Merek meyakinkan dan mendukung VOOC ya. Sepertinya belum ada. Yang ada keluaran merek tertentu yang sebaiknya jangan dibeli.

  9. Koh, mau tanya.
    Ada dana 4 jutaan
    Saya lagi bingung pilih Xiaomi Redmi Note 8 Pro 6/128 baru, atau vivo v17 pro 8/128 (tadi cari di salah satu toko e-commerce harga second dapat di 3,5-4 jutaan tergantung kondisi)
    Menurut Koh Herry,
    1. Secara kseluruhan aspek, kira-kira lebih bagus ambil mana ya koh ?
    2. Lebih enak dipakai yang mana untuk sehari-hari koh ?
    3. Kalau desain body lebih mewah mana koh anatara kedua hp tersebut ?
    4. Koh Herry udah coba Vivo v19 belum, Vivo v17 pro dan vivo v19 bagus mana ya koh ?

    Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Evant Mahardika,

      V17 Pro dengan harga segitu seharusnya sudah bisa dapat unit baru lho. Harga ritel resminya memang masih lebih dari Rp4 juta, tetapi harga pasaran di loka pasar (marketplace) daring sudah sempat menyentuh Rp3,4 juta.

      Kata kuncinya Anda mencari kamera bagus atau boleh cukup bagus? Kalau bagus, berarti jawaban pertanyaan nomor 1 dan 2 ya V17 Pro. Kalau kamera boleh “hanya” cukup bagus, Redmi Note 8 Pro.

      3. V17 Pro.
      4. Sudah. V19 lebih bagus. Namun, harganya kan lebih mahal.

      1. Selamat petang pak Herry
        saya pengen cari hp dana maks 12jt, sedikit latar cerita saya pakai gawai iOS sejak 2011 dan belum sempat terpikir untuk mencoba android dan baru kepikiran sekarang ini kalo ada yg cukup bagus, dan saya tipe orang yang pakai hape minimal selama 3 tahun pemakaian, ga harus dari baru yg penting software uptodate
        adakah saran gawai dari pak Herry?

      2. Wah, Terima kasih Koh sarannya.

        Saya lebih mengutamakan kamera dan desain koh.

        Barusan saya survei lagi di toko online, harga baru VIVO V17 Pro ram 8/128 paling murah yg saya temukan sekitar 3,6 juta (keadaan segel). Sedangkan VIVO V19 ram 8/128 paling murah harga 3,7 juta (namun dengan syarat sebelum dikirim box akan dibuka untuk diambil kartu garansinya)

        Kalau begitu, berarti lebih baik ambil vivo v19 kan koh ?

        1. Pak Evant Mahardika,

          Ya, tetapi pastikan penjual V19 itu jujur. Kalau ternyata berurusan dengan penjual yang nakal, bisa-bisa Anda malahan dapat barang bekas yang diakui sebagai barang baru.

  10. Om Herry,

    Ada rekomendasi tempered glass yang bagus untuk Redmi Note 8 Pro? Terima kasih.

      1. Kalo case Redmi Note 8 Pro untuk user seorang wanita ada rekomendasi om? Karena tidak mau menggunakan yg seperti punya pria.

  11. Selamat dini hari om Herry,

    Saya ingin menanyakan saat ini ada budget 1,2 juta dan ingin cari ponsel untuk orang tua saya, spesifikasi kalau bisa baterai awet, layanan service memadai, dan prosesor cukup untuk game ringan semacam candy crush.

    ada rekomendasi di rentang harga tersebut om ? Terimakasih

    1. Pak Adit,

      Dengan anggaran segitu, belum ada yang berani saya rekomendasikan. Kalau nambah anggaran Rp100 ribu, ada Redmi 8A.

  12. Selamat pagi Pak Herry

    Maaf, saya mau tanya tentang Powerbank
    Saya berniat membeli Powerbank, untuk kebutuhan mengisi daya baterai HP di jalan karena banyak kegiatan di jalanan, anggaran saya 200 rb, daya Powerbank yang saya butuhkan 10.000 mAh

    Apa ada saran atau produk yang bagus?
    Terutama after sales nya dan garansi

    Jika memang tidak ada produk yang sesuai dengan spesifikasi atau budget di atas, apa saran atau produk yang menurut Bapak sarankan

    Terima kasih

    1. Mbak Nita,

      Silakan membeli power bank merek Xiaomi di Mi Store. Karena sedang masa pandemi Covid-19, Anda bisa bertanya-tanya dulu via WhatsApp Mi Store from Home di 0811 900 9222.

      1. Terima kasih pak atas jawabannya

        Apa ada saran untuk merk lain yang sama bagus nya?
        Cuma sebagai pembanding

        Terima kasih lagi

  13. Maaf mau nanya koh herry untuk kamera urutan yg paling baik diantara HP redmi note 9s, realme 6,realme 6 pro dan realme xt adalah?
    Terima kasih atas jawabanya koh herry.

    1. Pak Nur,

      Redmi Note 9S kan belum/tidak beredar resmi di sini.

      Di antara tiga ponsel yang tersisa, urutannya Realme 6 Pro, Realme XT, dan Realme 6.

      1. Koh kalau punya budget 3 juta, yang kapasitas baterai besar dan kapasitas internal memory juga besar, kamera juga bagus.. Minta referensi hp yg cocok ya koh sesuai deskripsi di atas? Suwun..

  14. Ko herry,,saya punya budget 2 Juta pas,,pengen HP android,,kamera harus bening dan bokeh nya rapi,,ram yang penting kuat untuk game Freefire dan PUBG,incaran saya HP Realme C3,vivo Y12,oppo A12,,rencana untuk anak saya

    Mohon masukan nya jika ada saran HP&type lain silahkan

    1. Pak Gunawan,

      Dengan kriteria seperti itu, tak ada ponsel yang berani saya rekomendasikan. Kecuali, Anda bersedia minimal melipatduakan anggaran.

      1. Pagi ko,, kalo dari 3 HP yang saya incar Realme C3,vivo Y12,oppo A12,, kira2 yang mendekati atau rekomen yang mana?

          1. Ko herry Kalau nokia?
            Kok kayak nya nokia sudah tidak rilis smartphone baru di indonesia atau saya yang kurang update ?
            Atau lupakan nokia saja ko ?

          2. Pak Gunawan,

            Nokia ibarat sedang bertapa. Ada perubahan di internal plus kondisi pasar sedang kurang bagus. Feature phone baru segera beredar. Smartphone baru semoga segera jadi masuk resmi.

            Intinya, belum saatnya melupakan Nokia. Tipe-tipe yang lama sih saat ini memang sudah kurang menggiurkan.

        1. Mas Herry SW saya mau tanya saya mempunyai budget 3,3 juta dan saya bingung ingin membeli hp realme 6 4/64 dengan redmi 8 pro 6/128 karena spesifikasinya yang hampir mirip tolong rekomendasikan lebih bagus mana terima kasih sebelumnya

          1. Pak Afif,

            Realme 6 dong. Sebab, tidak ada Redmi 8 Pro.

            Pilihan lain Redmi Note 8 Pro.

            Mending Realme 6 atau Redmi Note 8 Pro? Cara memilihnya sederhana. Kalau kamera harus bagus, ambil Realme 6. Kalau kamera boleh hanya cukup bagus, Redmi Note 8 Pro pilihan yang lebih bijak.

  15. Om herr.
    Di wtc atau marina apa masih ada yang service hp type lama nokia.
    Soal nya di tempat saya rata rata sudah memolak servisan hp nokia om herry.
    Terima kasih

    1. Pak Hendrik,

      Kalau tidak perlu ganti suku cadang, jawabannya ada. Namun, saat ini sedang tutup karena PSBB.

      Kalau perlu ganti suku cadang, amat mungkin mereka akan menolak karena tidak lagi mempunyai suku cadangnya.

      1. Gak tau om apa ada komponen yang harus diganti.
        Nokia 3110c Cuma sabtu sore masih bisa
        Minggu pagi moro moro mati enggak bisa di nyalain atau di charger.
        Cuma batere ne ta tes di hp nokia yang lain masih penuh.

        1. Pak Hendrik,

          Berarti, baterai ponsel itu saat dipindahkan ke ponsel lain ternyata masih penuh dan bisa digunakan ya? Kalau iya, kemungkinan ada komponen yang rusak dan perlu diganti.

      2. Pak Herry mohon sarannya utk HP budget dgn anggaran 1jt-an yg terbaik apa ya Pak? Mungkin bisa kasih saya pilihan 3 HP, apapun merk nya. Spek yg penting cukup aja, krn rencana ingin saya hadiahkan ke keponakan saya yg baru lulus SD.

        Kepikiran Redmi 8 series, tp blm sreg bagusan yg mana.. atau mungkin ada saran merek lain dari Pak Herry? Makasih byk sebelumnya.

  16. Selamat pagi, pak Herry.

    Saya memiliki anggaran maksimal Rp1,6 juta dan ingin membeli ponsel Android baru. Mereknya bebas. Ponsel Android itu harus dual SIM, baterainya berkapasitas cukup besar, kamera minimal lumayan, dan layanan pusat perbaikan resminya cukup bagus.

    Saat ini saya tertarik Asus Zenfone Max M2 serta Realme C2. Awalnya saya tertarik pada Xiaomi Redmi 8A, tetapi hp tersebut seakan menjadi ponsel gaib karena di berbagai toko ponsel yang pernah saya sambangi menyebutkan bahwa hp tersebut sudah tidak ada lagi di toko offline, adanya online. Mohon rekomendasi ponsel yang cocok. Di luar dua tipe yang saya sebutkan juga boleh. Terima kasih.

    1. Pak Fariza Yusuf Maulana,

      Silakan ambil Zenfone Max M2.

      Redmi 8A sebenarnya masih mudah didapatkan kok. Saat ini toko biasanya memang lebih memilih kulakan Redmi 8 atau Redmi 8A Pro daripada Redmi 8A.

  17. Diantara ramainya peluncuran produk baru, saya kok masih belum hilang keinginan saya untuk mengambil Asus Zenfone 6. Dari spesifikasinya waktu diluncurkan tergolong komplit memenuhi harapan saya. Build-in nya tergolong bagus karena saya pernah punya produk Asus yang lain yaitu Asus Max Pro M1. Tapi sayangnya Zenfone 6 sudah langka di pasaran ritel resmi. Apakah Zenfone 6 masih layak untuk dipinang saat ini koh (kalau stock masih ada)?

    1. Pak Moh. Sifa’,

      Zenfone 6 tidak langka kok. Jalur distribusinya saja yang berbeda dengan ponsel Asus terdahulu sehingga banyak calon pembeli yang belum tahu.

      Silakan mencarinya di Erafone. Masih layak beli kok.

      1. Kalau di Erafone daring (online) sudah nggak ada stock koh. Kalau di toko Erafone luring masih belum coba nge-cek karena masih #stayathome.

        1. Pak Moh. Sifa’,

          Selama PSBB kan bisa pesan antar via WhatsApp. Bapak di kota mana ya? Ini daftarnya:
          * Jabodetabek 0877 3018 8777
          * Sumatera 0877 3018 8800
          * Jabar, Jateng, dan Jatim 0877 3018 8808
          * Bali, Sulawesi, Kalimantan, Ambon, dan Maluku 0877 3018 8818

    1. Pak Ekky,

      Kualitas dua merek itu sebenarnya sama. Saya lebih condong Tronsmart dengan alasan jarang ada barang palsu.

  18. Pagi koh herry.
    Saya punya budget 4 jt – 5 jt. Saya lg cari handphone dengan chipset yg lumayan mumpuni karena saya suka bermain game” dengan kapasitas yg besar seperti pes 2020 dan fifa. Mohon rekomendasinya ya koh. Trimakasihh

    1. Pak Daniel George,

      Kalau tidak keberatan membawa power bank atau harus sering mengisi ulang daya, ada Huawei Nova 5T yang boleh dipertimbangkan.

      1. Kalo yg baterai lebih besar dan spesifikasi nya sama seperti huawei nova 5 t ada ga koh? Seperti huawei nova 6 gimana?? Tambahan sdikit budget gajadi masalah sih koh.

        1. Pak Daniel George,

          Hmmm… tidak ada. Mesti nambah banyak. Nova 6 kan tidak beredar resmi di sini.

          1. Om herry, saya mau beli gawai Android di harga 5-6 juta maksimal. Gawai keluaran terbaru, batrai awet seharian, kualitas kamera bagus, sama servis center nya mudah dan garansi jelas.
            Saya tidak buru2 kalau memang kedepan ada peluncuran gawai yg baru boleh direkomendasikan juga.

            Sama kalau untuk iphone rekomendasi dari om herry yg seri apa ya?
            Terimakasih

          2. Pak Bagus,

            Saya yakin sudah menjawab pertanyaan sama dari Anda. Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama. Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja ya.

  19. Ko Herry salam kenal
    ada bbrp pilihan ponsel range 1-1.5 Jt yg dalam incaran saya yaitu:

    1. redmi 8
    2 Zenfone max M2
    3. Honor 8a
    4. Redmi 7

    pemakaian ponsel saya yg processor kuat dan baterai lumayan irit, syukur bisa dapet kamera bagus dan stabil rekam video. Ada rekomendasi dari ke4 tsb?, atau mungkin ko Herry punya remomendasi lain, seperti ponsel lawas yg masih mumpuni saat ini atau pilihan ponsel baru lain.

    Terima kasih

  20. Pak Herry,

    Jika saya memiliki budget 3,5 juta. Antara Realme 6 dan Redmi Note 8 Pro lebih baik milih mana? Manakah antara 2 ponsel tersebut yang lebih unggul dalam hal:

    1. Kegegasan
    2. Kamera
    3. Daya tahan baterai
    4. Kecepatan charging
    5. Ada/tidaknya NFC

    Terima kasih

    1. Pak Rizal Prasetya,

      1. Redmi Note 8 Pro.
      2. Realme 6.
      3. Redmi Note 8 Pro.
      4. Realme 6.
      5. Redmi Note 8 Pro.

      1. Pak Herry,

        Adakah bocoran kapan tanggal peluncuran Redmi Note 9 Pro di Indonesia?
        Secara spesifikasi, apakah jauh perbedaan nya dibanding pendahulunya, Redmi Note 8 Pro?

        Terima kasih.

  21. Hallo koh herry,
    Mau nanya rekomendasi nya dong koh buat handphone yg kamera nya bagus, baterai dan penyimpanan internalnya lumayan besar dengan budget 4-5 jt. Makasih ya kohh.

    1. Selamat pagi pak Herry SW,
      Asus zenfone max m2 sekarang harganya berkisar di 1,4 – 1,5 jt. Apakah masih worth it di tahun ini, saya berniat meminang hp ini karena saya butuh baterai yg awet dan ram minimal 3gb. Tidak suka bermain game, dan kamera hanya sesekali untuk dokumentasi. Atau pak herry ada rekomendasi dari merk lain yg lebih baik atau sama di kisaran harga yg sama. Terima kasih.

  22. Koh Herry SW, untuk anggaran mulai 2 juta dan maksimal 3 juta, gawai apakah yang paling anda rekomendasikan? Saya masih bingung apakah realme 5 pro, redmi note 8 pro atau realme xt?

    1. Pak Smermanologhy,

      Kalau kamera boleh hanya “cukup bagus”, Redmi Note 8 Pro. Kinerja umumnya bagus. Harganya juga amat sepadan.

      Kalau kamera harus “bagus”, Realme 5 Pro. Kok bukan Realme XT? Sebab, harga Realme XT masih lebih dari Rp3 juta.

          1. Ada rekomendasi case untuk realme 5 pro koh? Atau nama toko di toko ijo atau toko oranye?

          2. Pak Spermanologhy,

            Silakan browsing iconic case Realme 5 Pro, Pak. Yang warna kuning keren.

  23. Halo Pak Herry,

    Mau minta saran bapak nih sebagai pengulas gawai dan penggiat media teknologi.

    Saat ini saya sedang ingin mencoba melakukan vlogging dan video shooting utk kanal youtube saya. Nah, kebetulan gawai yang saya pakai saat ini masih berupa smartphone lawas saya yaitu Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL (smartphone ini bukan utk harian juga, karena utk harian saya memakai Lenovo P2 Turbo). Sejauh ini kualitas perekamannya cukup baik sebenarnya, tapi tidak istimewa tentunya.

    Pertanyaan terbesar saya adalah ketika saya punya budget 2 juta, apakah saya sudah bisa mengganti gawai perekam (asus) saya ke yang jauh lebih baik dalam urusan perekaman video? Kalau iya apakah bapak ada rekomendasi?

    Atau lebih baik saya bertahan dan menabung lagi untuk kamera yang lebih baik ya? Benarkah kualitas kamera DSLR atau Mirrorless atau Go-Pro lebih baik dari kamera smartphone dengan kisaran harga yang sama? Walaupun kalau secara resolusi kita tahu bahwa smartphone sekarang sudah bisa mengalahkan DSLR dan sejenisnya tetapi apakah secara kualitas juga demikian?

    Terima kasih atas sarannya ya pak. Tetap sehat dan semoga Tuhan memberkati bapak dan keluarga.

    1. Pak Alexander Okke,

      Menurut saya, mending bertahan dulu. Kumpulkan uang untuk membeli kamera DSLR, mirrorless, atau kamera saku yang mumpuni. Dengan dana sama, misalnya sama-sama Rp10 juta, hasil kamera “saja” lebih bagus.

      Jangan berpaku pada resolusi saja. Kamera beresolusi 40 megapiksel belum tentu lebih bagus daripada kamera 16 megapiksel.

  24. Sore koh herry.
    Aku lg cari handphone yg kamera bagus, dan baterai serta kapasitas penyimpanan internalnya lumayan besar. Aku punya budget 4-5 jt. Minta rekomendasinya yah kohh.
    Terima kasih sebelumnya.

  25. Pak Herry sblmnya sy terima kasih atas masukannya perihal rekomendasi HP budget 1 jutaan buat keponakan saya yg akhirnya milih Redmi 8, dan skrg sedang proses dari Shopee.

    Hmm.. Mau nanya lagi Pak. Redmi 8 ini kan ktnya sudah support QC 18 watt, sedangkan charger bawaannya masih charger standart. Jadi minta rekomendasinya dong kepala charger yg bagus versi HSW? Selain merek Anker ya Pak, yg terjangkau saja, hehe.. MAKASIH ?

    1. Pak Dico Sugandhiko,

      Ha ha saat membaca beberapa kalimat awal, saya sudah akan menyodorkan Anker.

      Ternyata… selain Anker dan minta harga terjangkau (baca: murah). Silakan beli merek Tronsmart atau Aukey.

      1. Pak Herry, nyambung lagi soal charger..
        Umpama charger Tronsmart atau Aukey ini digunakan utk ponsel dgn prosesor non Qualcomm apakah support? Misal dipake buat nge-charger ponsel prosesor Mediatek ato Kirin. Secara charger2 quick charge itu kan setau saya memakai standart Qualcomm Quick Charge.
        Makasih.

        1. Pak Dico Sugandhiko,

          Tetap bisa dipakai, tetapi kecepatan pengisian mungkin tidak sengebut bila dipakai di ponsel yang mendukung Qualcomm Quick Charge.

  26. Halo, saya punya dana maksimal 1 juta, kebutuhan saya sederhana, hanya HP Android baru atau second mudah didapat (brand ga asing banget kalau bisa) yang bisa dual SIM dan 4G bersamaan. Ada saran? Terima kasih sebelumnya.

    1. Selamat pagi Pak Herry, saya menggunakan hp LG X Power (keluaran 2016), baru 2 mingguan ini seringkali mengalami masalah layarnya sering blank hitam sendiri ketika dinyalakan setelah ditinggal dalam mode sleep (layar mati), padahal kondisi HP-nya masih menyala (dering telepon/notifikasi/dlsb. masih masuk).

      Blank hitamnya sendiri bukan hitam mati total, tapi menyala hanya tanpa gambar & respons sentuh, brightnessnya mengikuti keadaan sebelum blank jadi kadang hitam gelap kadang hitam terang. Terkadang saat sedang dipakai juga bisa nge-blank sendiri, sesaat sebelum blank layarnya goyang2 seperti layar TV jadul.

      Mengingat SC LG masih tutup karena masa PSBB, Saya nanya ke tukang servis pinggir jalan, katanya karena HP lama jadi GPU-nya sudah kena, ga bisa diservis lagi (sambil bilang “sudah minta beli baru” dengan nada meresahkan). Kira2 masalah & solusi-nya bagaimana ya… Saya masih suka HP ini. Terima kasih.

      1. Pak Rian,

        Divisi ponsel LG sejak 2018 sudah sayonara dari pasar Indonesia. Di Surabaya, pusat perbaikan resmi khusus ponsel telah lama ditutup. Mereka lalu menumpang tempat kecil di pusat perbaikan resmi perangkat elektronik LG non-ponsel. Kondisi terkini saya tak tahu bagaimana, termasuk kondisi di kota-kota lain.

        Kalau pusat perbaikan resmi LG di kota Anda masih beroperasi dan suku cadang tersedia, lakukan perbaikan di sana. Kalau suku cadang sudah tidak tersedia, membeli ponsel baru tampaknya menjadi solusi terbaik. Sebab, bila diganti suku cadang bukan orisinal, kinerja dan daya tahannya meragukan.

  27. Selamat Pagi Pak,
    Saya mohon rekomendasi smartphone maksimal harga 3jta dengan kbutuhan bisa bnyak instal aplikasi dan untuk editing Foto/ Video

    Terima Kasih

  28. Om herry untuk daya ketahanan baterai bagus mana
    Antara redmi 8a dan redmi 8a pro ?

    Apakah ada varian yang RAM 4Gb om ?

  29. Dear Pak Herry,
    Saya pakai HP Realme 5s. Pengisian baterenya lama sekali, bisa 4-5 jam. Apakah bisa beli quick charger yang support HP ini?
    Terima kasih.

    1. Pak Adi Siswadi,

      Saya tidak pernah memakai Realme 5s. Kalau merujuk kepada saudara hampir kembarnya, Realme 5 dan Realme 5i, ponsel itu belum mendukung pengisian ekstracepat.

      1. Dear pak Herry,
        Bapak kan sudah coba Realme 5 dan Realme 5i. Apakah ada perbedaan kualitas hasil fotonya?
        Terima kasih.

        1. Pak Adi Siswadi,

          Saya sudah mencoba keduanya, masing-masing saat ponsel itu barusan beredar resmi. Hasil jepretan Realme 5i sedikit lebih bagus. Ponsel juga terasa sedikit lebih gegas.

  30. Pak Herry saya mau xiaomi kamera yang paling bagus selain mi 10 dan mi note 10 apa ya budget saya ada 5juta

    1. Pak Hajir,

      Hmmm… tidak ada deh. Belum ada ponsel Xiaomi dengan anggaran maksimal Rp5 juta yang kameranya lebih bagus daripada dua ponsel yang Anda sebutkan.

  31. Selamat pagi dini hari, om Herry. Nama sy Tomi asal Malang. Cuma mau tnya2 aja seputar Redmi note 8 yg mau sy beli. Knpa sy plh Rn8, krn memang budgetnya sekitaran itu dan sdh pilih2 disesuaikan kebutuhan, jatuhnya tetep di Rn8. Yg mw sy tanykan, bnyak yg blg Rn8 sering anget jika dipakai (ngakunya yg blg, ndak dipakai dg pemakaian berat pun msh anget) apakah itu benar pak? Jika iya, apakah ada solusi spy gk gampang anget? Yg kedua, untk pemilihan casenya , kira2 pke apa ya pak yg sekiranya gk meninggalkan bekas di cover belakang. Dan ke 3, apakah pemakaian tempered glass itu perlu di Rn8?, Mengingat layarnya sdh gorillaz5. Sblm dan sesudahnya terima ksh bnyak pak Herry

    1. Pak Tommy,

      Selama memakai Redmi Note 8 (jangan disingkat Rn8 ya), saya tidak merasa ponsel mudah atau sering hangat. Sesekali memang hangat, tetapi hal itu terjadi dalam kondisi yang wajar: sinyal kurang bagus atau ponsel intensif dipakai.

      Paket penjualan Redmi Note 8 telah menyertakan jelly case. Pakai jelly case itu saja deh. Tidak meninggalkan bekas di bodi belakang kok.

      Ponsel merek apa pun, walaupun sudah pakai Gorilla Glass, sebaiknya tetap dilapisi dengan pelindung layar tambahan. Boleh tempered glass, boleh pula yang seperti plastik mika.

  32. Pak Herry, saya ingin membeli ponsel Android baru. Spesifikasinya yg penting ada NFC dengan baterai besar. Lain-lain tidak prioritas. Harga kalau ada di bawah 5 juta. Syukur bila ada yg di bawah 3 juta. Mohon rekomendasinya, terima kasih.

  33. Pak Herry SW, tolong info rekomendasi smartphone dengan fasilitas NFC di kisaran harga 2 juta s.d. 3 juta dengan ram 4/64 GB.
    Terima kasih

    1. Pak Abu Ayman,

      Redmi Note 8 Pro. Dengan dana Rp3 juta sudah bisa dapat varian 6/64 dalam kondisi baru dan bergaransi resmi.

  34. Siang pak, saya mau belikan anak saya yang sma hp (hp yg lama oppo A37) kalau punya budget 2 juta (tambah tidak apa²) yang penting speknya lebih bagus dari hp yang lama. Terutama untuk Kamera, Battery, Ram & Rom. Minta referensi hp yg ok ya pak? Terima kasih. Gbu

  35. Pak Herry saya penasaran dengan hp infinix..kenapa tidak laku di Indonesia padahal hp murah spek tinggi dan hasil review yang saya baca termasuk disini memuaskan? dan kenapa infinix masih memasarkan hp barunya di Indonesia sementara infinix menutup beberapa pusat perbaikan resminya…

    1. Pak Hendrizal Efendi,

      Review versi manakah yang menyatakan Infinix memuaskan?

      Saya pribadi melihat Infinix saat ini sudah tidak seperti dulu. Kesepadanan antara harga, spesifikasi, dan kinerja tak semantap dulu. Layanan purna jualnya pun mulai patut dipertanyakan, setelah tahun lalu menutup beberapa pusat perbaikan resmi eksklusifnya.

      Kalau Bapak sudah mengikuti ulasan saya sejak lama, dulu saya merekomendasikan Infinix. Kalau sekarang, ya mending membeli merek lain yang masa depannya lebih jelas. Misalnya, Realme dan Xiaomi/Redmi.

    2. Siang pak herry, untuk hp dibawah 5 juta yang ada nfc selain redmi note 8 pro apakah ada pilihan lain? Terimakasih sebelumnya

      1. Pak Farid D,

        Ada Huawei Nova 5T. Namun, saya kurang merekomendasikannya. Kapasitas baterainya tergolong kecil di kelasnya.

  36. Pak Herry, nanya lagi ya..
    Kalo disuruh milih mending ponsel dgn RAM tinggi ato prosesor tinggi? Harga sih selisihnya tipiss dibawah 2jt klo tdk salah… Spesifik case utk ponsel Redmi 8 (4/84) dan Redmi Note 8 (3/32). Trims.

    1. Pak Dico Sugandhiko,

      Redmi Note 8 3/32 karena tidak ada varian Redmi 8 4/84. Ha ha ha.

      Jawaban seriusnya: saya pilih Redmi Note 8 sih. Memang memori internal lebih kecil, tetapi kamera dan prosesor lebih mantap.

  37. Maaf koh minta pencerahan mau beli masih bingung, antara realme XT apa realme 6 pro..
    Terimakasih atas jawabanya koh.

  38. Pak, redmi note 9/9 pro kapan di launching resmi di Indonesia? Kira kira masih ada nfc nya nggak?

    1. Pak Mohammad Mehdy,

      Mestinya tidak lama lagi.

      Spesifikasi detail belum diketahui nih. Semoga ada NFC ya.

  39. Mas Herry SW saya memiliki ingin memiliki ponsel baru, dengan budget 4,5 Juta saya ingin hp yang kameranya bagus baterainya besar dan awet rekomendasi hp apa ya yang cocok? Terima kasih

    1. Bu Erlina,

      Realme 6 Pro. Harga ritel resminya memang Rp4,599 juta. Namun, tak sedikit penjual daring (online) yang menjualnya kurang dari Rp4,5 juta.

  40. Malam om Herry,
    Mau bertanya, saya rencana akhir tahun ingin ganti hp, hp saya saat ini iPhone 7. Saya kepincut antara huawei p30 pro & oppo reno 10x zoom, kira-kira untuk pemakaian minimal 2 tahun kedepan worthed mana ya om?
    Terima kasih

  41. Selamat Pagi Koh Herry,

    Mau minta rekomendasi smartphone untuk orang tua (pemula pakai android) , budget 1,5 jutaan baterey awet . Terima kasih.

  42. Pak herry saya berencana membeli HP dengan bujet maksimal Rp 1,6jt dengan kebutuhan utama kapasitas baterai dan memory yang cukup besar.. Utk fitur lain tidak menjadi masalah.. Apakah ada rekomendasi nya? Terima kasih

    1. Pak Fafan,

      Hmmm… anggaran Rp1,6 juta dapatnya memori sedang saja sih (32 GB). Baterainya 5.000 mAh. Ponsel apakah itu? Redmi 8A Pro.

  43. Siang Koh Herry,

    Saya sedang mencari smartphone untuk menggantikan Xiaomi Pocophone F1. Kriterianya Dual SIM (Kalau bisa dengan 3 Slot), dilengkapi NFC, baterai besar, dan chipset dengan performa tinggi. Untuk kualitas kamera dan resolusi layar menjadi prioritas kedua saya. Anggaran saya berada di sekitar 4-5 juta.

    Saya tertarik dengan Huawei Nova 5T, akan tetapi khawatir dengan support Google nya. Bagaimana menurut Koh Herry? Apakah pilihan saya sudah bagus, atau masih ada pilihan lain?

    Terima kasih

    1. Pak Haikal Umar,

      Beli Redmi Note 8 Pro saja, Pak. Harga varian terendah (6/64 GB) tak sampai Rp3 juta.

      Nova 5T baterainya tergolong kecil lho. Kurang dari 4.000 mAh.

      1. Malam Pak Herry,

        Terima kasih atas jawabannya, apabila saya memilih yang varian 6/128GB untuk Redmi Note 8 Pro apakah termasuk worth it? Ataukah saya lebih baik menunggu varian Redmi Note terbaru? Mengingat waktu peluncuran nya sudah dekat

        Terima Kasih

        1. Pak Haikal Umar,

          * Ya, layak beli.

          * Bergantung Anda memerlukan ponsel baru kapan. Kalau tunggu menunggu terus, sampai kapan pun takkan beli ponsel deh.

  44. Halo om herry, saya butuh rekomendasi nya utk gawai. Rencana saya akan membeli dengan bujet skitar 1,7jt dengan kebutuhan baterai besar dan ram yang lumayan lega. Mohon masukan nya, terima kasih

    1. Pak Octo,

      Definisi RAM lumayan lega ini berapa GB ya?

      Anggaran segitu pilihannya tak banyak sih. Paling-paling Redmi 8A Pro, Redmi 8, dan ponsel lama Asus Zenfone Max M2.

  45. Om herry
    Kan sekarang baterai smartphone sudah gede gede dan chipset nya pun konsumsi daya nya rendah. Sehingga saya jadi jarang atau bahkan tidak pernah pakai powerbank.
    Kasih tips dong buat merawat powerbank yang nganggur om herry.

    1. Pak Ridwan,

      Secara berkala cek sisa daya. Kalau tinggal sedikit, lakukan pengisian ulang sampai penuh, pakailah satu kali, lalu disimpan lagi. Begitu seterusnya.

      1. Om Herry,

        Kalau saya beli hp yang tidak dijual secara resmi di indonesia, apakah ada yang bisa di lakukan biar hpnya bisa saya gunakan di indonesia misalnya harus bayar pajak secara mandiri?

        saya tertarik sama hp sony yg dimensinya 21:9, kira2 hp yg di jual resmi ada tidak yang punya dimensi segitu?

  46. Permisi om herry, mohon pencerahan, tolong rekomendasikan HP untuk budget 2 juta kebawah untuk orang tua dengan UI yang bersih dan tidak membingungkan. Tidak perlu kamera bagus dan penyimpanan banyak, namun cukup awet hingga 2 tahun kedepan. Terimakasih.

  47. Pak, ponsel merek OnePlus bagus nggak sih? Saya kok awam bahkan nggak tau sama sekali ponsel OnePlus, cuma sekadar pernah baca aja. Wkwk.. Thx.

    1. Pak Dico Sugandhiko,

      OnePlus sudah tidak beredar resmi lagi di Indonesia. Jadi, lupakan saja deh.

    1. Bu Santi,

      Saya kali terakhir menguji pakai iPhone 7. Setelah itu belum meminang iPhone lagi. Ngeri dengan harganya.

  48. Selamat pak Herry saya mau menanyakan perihal ponsel realme 5i. Ketika saya mau beli ditoko disarankan sama pegawai toko untuk menggambil merk Oppo atau Vivo saja karena realme bagian belakangnya kaca mudah pecah dan di Indonesia belum ada garansi resminya kalau rusak garansinya melalui Oppo dengan harga sebanding mereka menyarankan Oppo A12 atau Vivo y30. Bagaimana menurut om Herry tentang sarannya mana yang harus saya pilih atau saya abaikan atau ada rekomendasi lain dari pak Herry ponsel dibawah harga 2,6jt

    1. Bu Ajeng Sekarmerah,

      Ha ha ha… saya tahu kok mengapa pegawai toko mengarahkan Anda membeli Oppo atau Vivo. Komisi penjualannya lebih besar daripada Realme.

      Saran saya, tetap beli Realme 5i saja. Bagian belakangnya bukan berbahan kaca.

  49. Selamat malam…. Pak Herry saya mau menanyakan tentang realme 5i. Waktu saya berniat beli penjaga toko mengatakan bahwa realme belum bergaransi resmi dan susah kalau di Indonesia. Mereka menyarankan untuk membeli Oppo A12 atau Vivo y30 bagaimana menurut pak Herry tentang sarannya mana yang lebih bagus atau saya tetap ambil realme, atau ada rekomendasi merk lain yang harganya kisarannya 2,5jt

    1. Bu Ajeng Sekarmerah,

      Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

      Btw, pertanyaan Anda saya terima empat kali lho. Lain kali pertanyaan yang sama cukup dikirimkan sekali ya.

      1. Mohon maaf iya pak… Mohon maaf karena internet koneksinya tidak lancar pak jadi saya pikir belum masuk. Terimakasih sarannya sudah saya laksanakan

  50. Koh, worthed yg mana:
    Realme 5i-4/64-2.065 jt
    Realme 3 pro 4/64-2.2 jt
    Realme 3 pro 6/128-2,4 jt
    Redmi note 8 4/64-2,1 jt
    Terima kasih..

  51. Pak, minta rekomendasi hp max 2.5 juta. Kalau bisa diberikan beberapa pilihan/lebih dari 1. Dgn aspek prosesor, kamera, audio/musik yg bagus. Makasih Pak…

    1. Pak Herry.. Nanya lagi dong,
      Mohon rekomendasinya ponsel harga 3 sampai 5 juta? Spek menyesuaikan aja liat2 apa aja yg direkomendasikan Pak Herry.
      Buat pandangan aja kakak saya pengennya Samsung Galaxy M31 6/128 baterai 6000 mah, klo pandangannya Pak Herry saya yaqien #SamsungCoret wkwk ?

      Terima kasih

  52. Selamat malam Om Herry,
    Mohon rekomendasinya untuk HP Android yg ber-NFC dan kapasitas memori internal 256 gb harga di bawah 10 jt.
    Terima kasih Om Herry.

      1. Selamat malam Om Herry,

        Selain Xiaomi MI 10, apakah Realme X2 Pro masih worth it ?

        Terima kasih Om Herry

  53. Izin tanya lagi Om Herry

    Kalau smartphone merk Hotwav menurut Om Herry bagaimana? Layak dibeli atau tidak?

    Terima kasih

    1. Pak Rizal,

      Saya tidak pernah uji pakai mendalam. Cuma pernah towel-towel.

      Menurut saya, untuk pemakaian jangka panjang, mending ambil merek yang masa depannya lebih jelas deh. Yang kesepadanan harga, spesifikasi, dan kinerjanya bagus biasanya Realme dan Xiaomi.

  54. Pagi pak Herry SW. Kalau diminta untuk milih antara Realme 5i & Redminote 8 pilih yg mana melihat spek dll sepertinya imbang.
    Terimakasih. Gbu

    1. Pak Acoka,

      Berdasarkan uji pakai pribadi, saya condong ke Realme 5i. Kameranya memang kalah bagus dibandingkan Redmi Note 8. Namun, papan ketiknya lancar jaya dipakai mengetik cepat. Sedangkan Redmi Note 8 kadang terasa tersendat.

      Kondisi tambahan yang perlu diketahui, terakhir saya dapat kabar Xiaomi sudah mengeluarkan pembaruan firmware untuk Redmi Note 8. Usai diperbarui, papan ketik ponsel itu lancar jaya. Saya belum pernah membuktikannya sendiri.

  55. Pagi pak Herry… apakah oppo a52 direkomendasikan? saya rencana mau beli redmi note 8 pro tapi tiba-tiba saya liat ada iklan oppo a52 yg harganya cukup menggoda.
    Kalau dibandingkan mending yang mana ya pak?

    1. Pak Ricky,

      Saya belum pernah menguji pakai Oppo A52.

      Kalau melihat spesifikasi di atas kertas, kesepadanan harga Redmi Note 8 Pro lebih bagus.

  56. Selamat siang Pak Herry, saya ada budget sekitar RP. 2,5 juta, saya terpikir untuk membeli redmi note 8 4/64, namun masih ragu. Adakah smartphone lain yang worth menurut bapak dengan budget yang tersedia? Terima kasih.

    1. Pak Akbar,

      Kalau anggaran Bapak segitu, saya lebih condong ke Realme 3 Pro. Bila beruntung, mungkin bisa dapat Realme 5 Pro.

      1. terima kasih atas masukkannya, pak Herry
        oh iya pak, semisal saya menambah budget saya ke maksimal Rp 3,3 juta, apakah pak Herry mempunyai rekomendasi? saya mencari gawai yang cukup bertenaga untuk pemakaian harian, mungkin sesekali untuk dipakai untuk bermain game, kamera cukup bagus tidak apa.
        terima kasih, pak.

  57. Selamat siang Pak Herry, saya ada budget sekitar RP. 4-5 juta, Kebutuhan saya saat ini adalah foto kamera utama dan makro (karena kebanyakan untuk foto produk dagangan online berupa makanan), saat ini butuh Internal besar dan Ram besar untuk kenyamanan sehari-hari, ada MicroSD (dedicated boleh atau Hybrid kalau terpaksa juga tak masalah), NFC ga wajib, Battery besar (lagi sering pakai zoom untuk mengajar bimbel), setidaknya dipakai selama 3 tahun kedepan masih layak pakai.

    Saat cari-cari di media online ada beberapa pilihan sulit : Vivo V19 (agak ganjel prosesornya SD 675 apakah cukup gegas tapi dapat storage besar) , Realme 6 Pro (Processor lebih baru 720G tapi khawatir dengan kualitas kameranya), Samsung A51 (di media sosial banyak berdebat dengan Vivo 19 sampai saya bingung sendiri meski ada bonus NFC), sempat galau Asus 5Z (6/128) ada yang masih jual baru di 4 jutaan (takut terlalu jadul juga), tgl 2 juni 2020 (hari ini) sepertinya ada yang baru hadir di buku catatan no 9 (apakah ini lebih layak dari seri yang saya sebutkan tadi) atau ada pilihan lain yang lebih menarik ya Pak? misal ada tambahan dana 500ribu lagi atau malah ada yang dibawah budget boleh juga disarankan. Atau kalau boleh diurutkan dari yang paling oke sesuai kebutuhan saya diatas menurut sudut pandang Pak Herry. Terima kasih Pak Herry untuk saran dan menyediakan waktunya untuk menjawab kegalauan saya, dan Sukses Selalu ya Pak.

    1. Pak/Bu Riri,

      Merujuk kepada kriteria yang Anda sebutkan, berarti ponsel yang mestinya dibeli adalah ponsel flagship dengan harga minimal mendekati Rp10 juta.

      Saran saya, mending membeli ponsel kelas menengah dan lakukan peremajaan setiap 1,5-2 tahun.

      Boleh tahu makanan yang dijual apa? Asalkan tidak sangat kecil, Vivo V19 layak dijadikan pilihan. Urutan berikutnya Realme 6 Pro.

  58. hi pak,
    terlepas dari kesan negatif terhadap oppo sebenarnya bagus ngak ini merek dan servis centernya ?, yang paling mahal sampe harga belasan juta yang find x2 pro (maaf kalo salah pak)
    saya lagi cari hp speknya layar agak lebar, mem besar kamera juga cukuplah saya kurang suka game lebih suka browsing baca2 artikel di internet, jadi nyaman kalo di baca agak lama, selama ini pake BlackBerry keyone layarnya agak sempit dan mata suka cape kalo baca agak lama2 bujet saya 3jt sampe 3,5jt, ada rekomendasi pak
    terima kasih buat jawabannya

    1. Pak Samuel Sappa,

      * Kualitas produk secara umum cukup bagus. Namun, kesepadanan harga biasanya kurang mantap. Layanan pusat perbaikan resmi bagus.

      * Redmi Note 8 Pro (kinerja umum mantap, kamera hanya cukup bagus) atau Realme XT (kamera bagus, kinerja umum kalah mantap dibandingkan Redmi Note 8 Pro).

  59. koh Herry…saya pre order Xiaomi mi 10 melalui erfone. waktu saya buka baru tahu kalo mi 10 single SIM, saya sudah terbiasa menggunakan 2 SIM biar tidak banyak hp yang saya bawa. saya browsing ternyata mi 10 bisa dual SIM dengan Nano. saya menggunakan SIM telkomsel dan indosata bagaimana cara menggunakan nano SIM di mi 10 saya?
    Xie Xie ko

    1. Pak Jaya,

      Mi 10 dual nano SIM hanya tersedia untuk pasar Tiongkok dan India. Selain dua negara itu, Mi 10-nya single nano SIM.

      Jadi, kalau Anda bertanya cara memakai nano SIM di Mi 10, lha sekarang itu sudah nano SIM, Pak.

  60. Pak saya mau nanya kelebihan dan kekurangan
    Redmi Note 8 (3GB+32GB) ? Apakah redmi note 8 termasuk hybrid dan nano sim ? Terima kasih

    1. Bu Monika,

      * Kelebihan: kamera bagus, baterai awet, dan kesepadanan harga oke.

      * Kekurangan: dulu saat saya menguji pakai ponsel itu, papan ketiknya sering tersendat. Konon hal ini sudah sembuh di firmware keluaran lebih baru.

      * Seingat saya bukan hybrid. Dua nano SIM + satu kartu microSD bisa dipasangkan bersamaan.

      1. Oke maaf mau tanya lagi sebaiknya pilih redmi note 8 yg 3GB atau 6 GB ? Dalam paketan sudah trmasuk charger kah ? Terima kasih banyak Pak .

        1. Bu Monika,

          Menurut saya, yang kesepadanan harganya paling bagus justru yang varian RAM 4 GB.

          Ya, sebuah charger telah disertakan di dalam paket penjualan.

  61. Selamat Malam Koh Herry,
    Saya mau tanya ada 2 pilihan ponsel yang ingin saya beli antara : Asus Zenfone Max M2 (4/64) dan Realme 2 Pro (4/64) ,
    Menurut Koh Herry lebih merekomendasikan yang mana ya antara 2 ponsel tersebut,
    Terimakasih

      1. Sepertinya uda ga layak ya koh Herry untuk sekarang hehe,
        Kalau redmi note 7 ram 4/128 harga 2,2an masi layak ga koh untuk sekarang ini,
        Dari segi performa,kegegasan,kamera

          1. Selamat Siang Koh,
            Menyambung pertanyaan waktu itu,
            Jika di suruh memilih koh Herry lebih memilih realme 2 pro atau redmi note 7,
            Makasih koh

  62. Salam Pak Herry, mohon masukan saat ini saya sedang bingung antara redmi note 8 dengan realme 5i… Kebutuhan di camera yang bagus dan real dalam memfoto makanan dan stabil untuk video, serta tidak terlalu berat saat digenggam. Terimakasih.

      1. Om boleh tanya utk update imei sim 2 asus rog3
        Apakah ada informasi terbaru dr asusnya ya om? ??
        Soalnya lewat jalur operator Telkomsel sudah tidak bisa karena kebijakan baru dari Telkomsel.

        1. Pak Agus Subekti,

          Sudah tahu soal surat berisi informasi perpanjangan masa garansi dan estimasi waktu beresnya? Setelah itu belum ada kabar baru lagi.

          Btw, dulu pun saya gagal lewat jalur Telkomsel kok. Sampai tiga kali bolak-balik ke GraPARI dan tetap gagal.

  63. Selamat malam Pak Herry. Mohon rekomendasi hp android yang layarnya tidak sampai 6 inch dong.. Saya tidak begitu suka dengan hp yang ber-body “jumbo”. Kebutuhan saya cuma sekedar untuk chatting & foto. Sampai saat ini saya masih tertuju dengan redmi 7a, namun apabila bapak punya rekomendasi lain sangat membantu. Terimakasih.

    1. Bu Azmi,

      Ponsel berlayar enam inci keluaran terkini memiliki dimensi fisik jauh lebih kecil daripada ponsel enam inci zaman dulu lho. Sebab, rasio layar berbeda. Bezel-nya pun lebih tipis.

      Nah… sekarang Anda punya anggaran berapa nih? Karena Anda menyebutkan Redmi 7A, untuk sementara saya anggap anggaran Anda maksimal Rp1,5 juta. Silakan melirik Redmi 8A Pro.

      1. Oh, jadi begitu yah. Apakah masih enak jika digenggam dengan satu tangan Pak? Karena saya pernah pinjam punya adik saya (vivo y15) terasa berat dan lebar banget. Terlalu bongsor menurut saya.

        Benar Pak, anggaran hanya ada Rp. 1,5 juta.

        Baiklah, saya cek review redmi 8a pro di blog ponselmu dulu ya pak. Hehe

        1. Bu Azmi,

          Enak banget. Ini foto saya saat memegang Redmi 8A Pro. https://www.instagram.com/p/CA_lZCAFRJK/

          Review Redmi 8A Pro tidak tersedia di blog ini. Saya ceritakan dalam bentuk poin-poin ya.
          * Tampilan fisiknya terlihat cantik. Serasa bukan ponsel Rp1 jutaan. Menurut saya, varian warna putih yang paling bagus.
          * Enak digenggam maupun dikantongi.
          * Baterainya awet. Dengan perilaku pemakaian ala saya plus dipakai tethering bisa bertahan seharian penuh. Kadang tembus 30 jam.
          * Kamera hanya tergolong biasa-biasa saja. Silakan lihat di https://www.instagram.com/p/CAffHMrFVK8/

    2. Salam Pak Herry

      Mau minta saran , saya mau ganti gawai. Sekarang saya pakai Realme XT 8/128, agak kurang nyaman saya pakai Realme XT setelah pemakain beberapa lama termasuk Finger print in displaynya.
      Sebelum menggunakan Realme saya pengguna Xiaomi Redmi& Samsung. Sebaiknya ganti /upgrade merk apa & tipe apa dengan budget 3,5 – 4,2 ?
      Saya butuh yang ada NFC nya, karena fungsi itu dulu sering saya gunakan.

      Kalau Redmi Note 8 pro/ Redmi note 9 Pro apakah layak untuk menggantikan gawai saya sekarang ini bila dibandingkan spesifikasinya secara menyeluruh, selain keberadaan NFC tentunya? Atau ada masukan tipe lain?

      Terima kasih.

        1. Kalau untuk layar & kamera antara Realme XT dan Redmi Note 9 pro lebih unggul yang mana menurut pak Herry? Saya sudah PO Redmi note 9 pro. Terima kasih utk sarannya.

          1. Pak Adhitya,

            * Tampilan layar, terutama untuk warna hitam, sedikit lebih asyik Realme XT. Responsivitas layar Redmi Note 9 Pro terasa unggul tipissss.
            * Kamera Redmi Note 9 Pro.

  64. Maaf om saya mau bertanya, saya rencana dalam berapa hari mau membeli Nokia 210 (Dual Sim), atau sebaiknya saya menunggu keluar Nokia terbaru 150? Mohon solusinya Om Herry SW, terima kasih.

    1. Pak Rizki Maulana,

      Saya tidak bisa jawab, Pak. Lha saya belum pernah mencoba Nokia 210 maupun 150 edisi baru.

  65. salam pak herry,
    saya berencana membeli oppo reno 3. untuk tipe pemakaian cewek (foto2, sosmed, game ringan), apakah masih handal jika untuk dipakai 2 tahun kedepan? atau ada saran lain yg lebih baik di rentang harga hp tersebut? terimakasih.

    1. Pak/Bu Varian W.,

      Tidak. Sudah akan terasa ketinggalan.

      Untuk saat ini, menurut saya, lebih baik membeli Realme 6 Pro. Nanti siang jawaban saya amat mungkin akan berubah. He he he.

      1. pasti redmi note 9 pro ya yg rilis kemarin. hehe
        kira kira kemampuan kamera selfie dan kamera belakang dari redmi note 9 pro, realme 6 pro dan oppo reno 3. mana yang terbaik pak?

        1. Pak Varian W.,

          Benar sekali. Redmi Note 9 Pro layak sekali dibeli. Berdasarkan kriteria yang Anda berikan, secara umum lupakan yang lain deh.

  66. Siang om herry.
    Maaf saya mau tanya , kekurang dan kelebihan hp Vivo Y30
    Trs saya mau beli hp dengan angaran 2jt kebawa yg foto bagus dan buat sosmed apa ya
    Makasih banyak om herry

    1. Pak/Bu Suwani,

      Saya tidak pernah menguji pakai Y30 sehingga tak bisa menjawab pertanyaan Anda.

      Hmmm… anggaran di bawah Rp2 juta sebenarnya tidak bisa mengharapkan kamera yang bagus banget. Pilihan terbaiknya Redmi Note 7 4/64 atau Redmi Note 8 3/32.

  67. Bagaimana kualitas layar redmi note 9 pro dibandingkan dengan redmi note 8 pro? Apa layak upgrade?

    1. Pak Teuku,

      Saya merasa layar Redmi Note 9 Pro lebih enak dipandang.

      Kalau ingin upgrade hanya gara-gara layar, tidak perlu upgrade. Sayang. Sebaliknya, kalau ingin upgrade karena ingin merasakan peningkatan yang lain (kamera jauh lebih baik, baterai besar, nge-charge cepat, dan lebih gegas), silakan beralih ke Redmi Note 9 Pro.

  68. Siang pak,

    Saya masih bingung untuk memilih smartphone,
    Antara Xiaomi Mi Note 10 atau Blackshark 2, secara saat ini harganya hampir sama dimana Blackshark 2 bahkan lebih murah 200k,
    Overall recommended mana di satu sisi mau pilih bs2 karena chipset sama cooling systemnya, di sisi lain mi note 10 menawarkan kamera lebih ciamik sama baterai yang lebih besar,
    Kira kira pak herry lebih recommended mana,
    atau ada recommend pensel lain,

    Terima kasih pak herry,
    Semoga sehat selalu sekeluarga.

    1. Pak Ilham Subek,

      Saya lebih memilih Mi Note 10 karena performa kamera jauh lebih bagus dan layanan purna jualnya lebih jelas.

  69. Mau nanya koh dana maksimal 5jt masih bingung antara realme 6 pro atau redmi note 9 pro? Dilihat dr segi kamera dan video koh.. (beda sedikit apa byk)..

    Minta sarannya koh… (koh herry adl dr dl rujukan sya beli hp mulai Acer e2, jade, infinix zero 3,dll)
    Maturnuwun sebelumnya.

    1. Pak/Bu Nur,

      Hasil foto kamera belakang lebih bagus Redmi Note 9 Pro.
      Hasil foto kamera depan sedikit lebih bagus Realme 6 Pro.
      Hasil video relatif imbang.

      Secara umum, dengan memperhatikan harga jualnya juga, saya lebih condong ke Redmi Note 9 Pro.

  70. Selamat pagi.

    Pak Herry, unit redmi note 9 pro yang Anda gunakan saat ini apakah varian 8/128? Kalau iya, berapakah sisa ram yang tersedia saat ponsel belum digunakan untuk memuat aplikasi? Dan apakah selisih harga 400ribu itu cukup layak untuk meminang varian 8/128 dibanding 6/64?
    Terima kasih sebelumnya.

  71. Selamat siang om Herry.

    Dengan dana Rp5 juta, ponsel apa yang bisa menjadi pilihan terbaik dilihat dari kamera, daya tahan baterai, dan ketersediaan NFC?

    Terima kasih.

  72. Selamat siang om herry.
    Saya mau nanya om tentang ponsel xiaomi Redmi Note 9 Pro , apakah selama om herry memakai hp tersebut, layar dari hp tersebut mengalami burn in? Soalnya saya liat review2 di youtube sama komentar orang ada yg bilang layar redmi note 9 pro itu ada yg mengalami burn in.
    Soalnya saya sudah ikutan Pre order hp Redmi note 9 pro itu di shopee om. Jadi saya merasa takut kalau nantinya juga mengalami kasus burn in tersebut om. Lalu apakah bener hp xiaomi yg memakai layar IPS Lcd dari vendor tianma itu mudah mengalami burn in? Mohon penjelasannya.
    Terima kasih

  73. Selamat malam Pak HSW , ponsel saya xiaomi redmi 3s , saya berencana untuk upgrade ke redmi note 9 pro , yang ingin saya tanyakan dibandingkan redmi 3s apakah terjadi peningkatan dalam hal hasil kamera juga dalam performa ?

    1. Pak Hengky,

      Saya tidak pernah memakai Redmi 3s karena ponsel itu tidak beredar resmi di Indonesia.

      Di atas kertas, dari Redmi 3s ke Redmi Note 9 Pro bukan sekadar peningkatan lagi, melainkan lompatan sangat jauh. Prosesor, memori, kualitas kamera, dll di Redmi Note 9 Pro jelas jauh lebih mantap. Ibaratnya usai tidur di hotel melati lalu pindah ke hotel berbintang empat.

  74. Selamat mlm pak herry
    Sya ingin bertanya sebenarnya apa sih penyebab utama layar smartphone itu mengalami amoled burn/screen burn ? Apakah berhub dgn penggunaan layar yg terlalu terang dan lama ?

    1. Pak Bobi,

      Biasanya karena layar menampilkan warna, ikon, atau gambar tertentu dalam jangka waktu lama, terutama dengan tingkat pencahayaan layar yang tinggi.

  75. Selamat Sore Om Herry SW

    Minta sarannya dong om. Saya bingung nih mau beli smartwatch atau smartband. Mungkin Om Herry punya rekomendasi smartwatch atau smartbrand yang berkualitas dan harganya menarik. Harganya bebas om tapi kalau bisa di bawah 2 juta hehehehe.

    Terima kasih sebelumnya om.

    1. Pak Rahman Hidayat,

      Smartband: Mi Band 4 boleh dilirik. Harga Rp399 ribu.
      Smartwatch: belum ada rekomendasi karena sudah lama banget saya belum menguji pakai smartwatch lagi.

  76. Malam pak ^^
    Mau nanya nih.
    Saya cari android budget 3,5 – 4 jutaan.
    Pengennya yg RAM-nya gede (min 8 Gb) bisa nampung banyak aplikasi, memory internal & eksternal gede, processornya bagus ga lemot, kamera juga oke buat selfie, bisa buat meeting zoom, dll.
    Saya sih tertarik dengan Vivo S1 Pro, Oppo A9 2020. Klo dari merk bagusan mana sih Oppo, Vivo atau Xiao Mi?
    Mohon petunjuknya pak.
    Thank’s

  77. Malam Om Herry SW
    Kalau Realme 6 pro turun harga dan harganya sama dengan Redmi 9 pro mending pilih yg mana Om? Terimakasih

        1. Pak Bam’s Zongonk,

          Kalau harga persis sama, saya pilih Redmi Note 9 Pro. Lha fitur lebih lengkap, sedangkan performa umum relatif mirip.

  78. Selamat siang pak. Minta informasinya, antara Xiaomi Redmi Note 9 Pro dan Vivo V19 manakah yang lebih baik dalam hal:
    1. Kegegasan
    2. Kamera depan belakang, dalam kondisi terang dan gelap
    3. Daya tahan baterai
    4. Build Quality
    Terimakasih jawabannya pak

  79. Permisi Pak Herry, saya mau tanya
    saya berencana mau beli hp baru. anggaran maksimal 3,5 juta.
    menurut Pak Herry rekomendasinya apa saja? kalo boleh lebih dari 1 dan ada semacam pemeringkatan dari yang paling Worth It, (maaf kalo kebanyakan permintaan)
    Note: yang penting jangan Oppo, Vivo dan merk lokal. dan pastinya resmi.

    terima kasih sebelumnya atas bantuannya.

    1. Pak Dimas,

      Pilihan terbaik saat ini Redmi Note 9 Pro.

      Alternatif lain, Redmi Note 8 Pro dan Realme 6.

  80. Pak Herry..
    Umpama saya punya kepala charger quick charge 18W utk ngecharge ponsel yg blum support QC apakah boleh dan aman? Atau sebaiknya tetep gunakan charger bawaan HP saja ya?
    Misalkan tetep saya pake, berpengaruh terhadap kecepatan pengisian daya tidak ya, Pak?

    Trims.

    1. Pak Dico Sugandhiko,

      * Boleh dan aman.
      * Kalau ponsel tujuan mendukung quick charge, pengisian akan lebih cepat. Kalau tidak mendukung quick charge, kecepatan pengisian ya bakal sama dengan memakai charger bawaan.

  81. Sore om Herry SW,

    Minta sarannya untuk tablet android 7″ atau 8″ untuk orang tua, dengan anggaran <2,5jt.

    Terima kasih,

    1. Pak Andrianto,

      Maaf, saya tidak ada rekomendasi karena sudah bertahun-tahun belum menguji pakai tablet lagi.

  82. koh, mengganti samsung galaxy s8 buat redmi note 9 pro apakah termasuk downgrade? Penasaran sih sm redmi note 9 pro ini

  83. Pak Herry mau tanya,

    Saya penguna Zenfone Max Pro M1 3/32, apakah layak untuk upgrade ke Redmi Note 9 Pro 8/128 jika saya membutuhkan ponsel dengan kamera yang bagus, baterai tahan lama dan bisa mengisi daya dengan cepat?

  84. Halo Pak HSW,

    Saya punya budget 2.5jt untuk beli hp android. Kebutuhannya untuk nge-blog, sosial media sama game-game ringan. Jadi paling tidak sedikit unggul di bagian kameranya, dan masih cukup oke buat dipakai 5-10bulan ke depan. Saya tidak begitu bermasalah dari merk apa, mungkin ada saran pertimbangan. Terimakasih.

  85. Selamat sore pak herry
    Saya mau tanya katanya saat cas battery smartphone itu sebaiknya tidak sampai 100% dan mencharge smartphone pun sebaiknya di bawah 50% apakah pernyataan tersebut mitos ?

    1. Pak Bibo,

      * Sebaiknya tidak sampai 100%. Benar kalau kita merujuk kepada kondisi nyata baterai. Nah, produsen ponsel sebenarnya sudah mengatur agar baterai tidak sampai terisi 100%. Ketika indikator baterai di layar ponsel menunjukkan 100% atau penuh, sebetulnya fisik baterai tidak benar-benar di-charge sampai 100% kok. Saat itu fisik baterai sebenarnya terisi sedikit di bawahnya.

      Jadi, buat pengguna, tak ada masalah mengisi ulang daya sampai ponsel menunjukkan angka 100%.

      * Memulai charging di bawah 50%. Betul, tetapi juga jangan sampai terlalu rendah ya. Misalnya, sampai tersisa 1%.

  86. Selamat Malam Koh.
    Koh saya mau bertanya terkait redmi note 9 pro koh.
    Saya ikut PO di shopee koh.

    Pertanyaan saya : kenapa turbo charge di redmi note 9 pro saya tidak jalan ya koh?
    Ini pengecasan yang ketiga koh, 2x sebelumnya masih ada keluar display turbo charge, tp sekarang hanya charge saja koh.
    Mohon info nya ya koh.

    Terima Kasih

    1. Pak Tamimi,

      Kalau awalnya jalan, berarti ada dua sisi yang perlu dicek: ponsel dan charger.

      Di rumah Anda apakah ada charger lain yang spesifikasinya sama dengan charger bawaan Redmi Note 9 Pro?

      Kalau ada, cobalah memakainya untuk mengisi ulang Redmi Note 9 Pro Anda. Jika sukses turbo charge, berarti charger atau kabel charge bawaan Anda bermasalah. Jika tetap tidak bisa turbo charge, pemicunya berarti dari sisi ponsel.

      Kalau tak ada charger lain, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi untuk dicek. Btw, sekarang hanya charge atau Quick Charge?

  87. Siang Pak Herry SW
    Salam Kenal, Saya Chandra
    Saya mau tanya, apakah pak Herry punya koleksi Hp Nokia lama contoh (Nokia E90) klo Pak Herry ada, rencananya papa saya lagi cari dan mau membelinya.
    Jika pak Herry tidak ada, saya Mohon sarannya dan arahan terkait Hp lama yang sedang saya cari.
    Terima kasih Pak Herry SW atas jawabannya ??

    1. Pak Chandra,

      Tidak ada, Pak.

      Hmmm… mesti rajin-rajin keliling ke pedagang ponsel bekas sih. Namun, kalau cari yang mulus dan berfungsi normal, harganya bisa-bisa mendekati Rp10 juta. Nggak sepadan deh.

  88. Selamat pagi pak Herry

    Saya pengguna Xiaomi mi 8 lite , rencana mau ganti hp yang kameranya lebih bagus dari mi 8 lite , dana 3 jutaan . Minta rekomendasi pa Herry .

    1. Selamat pagi koh Herry sw, rencana saya mau beli smartphone baru koh, dana maksimal rp. 1,5 juta. Berdasarkan budged segitu smartphone yang recomended untuk di beli apa koh, atau tolong kasih beberapa urutan smartphone yang terbaik di range segitu. Merek bebas, spek sesuai harga saja… Terimakasih koh…..

  89. selamat pagi ko Hery , boleh tanya kalo budget kurang lebih 5 juta dan butuh nfc , Ram besar dan perfomance cepat. Pilihan : Redmi note 9 pro dibanding Huawei Nova 5T , lebih cocok mana ? Mohon saran. Terima kasih

    1. Pak Benny,

      Redmi Note 9 Pro. Nova 5T memang menang di prosesor. Namun, kinerja keseluruhan dan kesepadanan harga lebih menarik Redmi Note 9 Pro.

    2. Siang Pak HERRY SW,
      Budget sy mentok 3jt, ,,, nambah 200rb gpp, kebutuhan :
      1. Layar yg bening ( krna sering baca komik dan nonton video )
      2. Kamera bagus.
      3. Fast charging
      4. Kegegasan dan memiliki kesepadanan harga. Kira-kira masih worth it utk dipakai 2-3 th kedepan. Galau antara :
      redmi note 8 pro 6/128 >>> 3,2jt
      vivo z1 pro 6/128 >>> 3,080 jt
      vivo y50 8/128 >>> 2,95jt
      realme 6 4/128 >>> 2,930jt
      Oh ya, Saya bukan gamer.
      Atau saya nabung sedikit lagi y buat meminang redmi note 9 pro 6/64. Mohon oencerahannya, terima kasih sebelumnya pak.

      1. Pak Syaiful,

        Kalau rencana pemakaian hingga tiga tahun mestinya Anda mencari ponsel flagship. Namun, anggaran kan belum memungkinkan.

        Saran saya, menabung sedikit lagi, beli Redmi Note 9 Pro, lalu lakukan peremajaan maksimal dua tahun lagi.

  90. Saya berencana untuk mengganti smartphone saya. Saat ini saya menggunakan Asus Zenfone Max Pro M1 64 / 6, ponsel ini saya pakai di tahun 2017, karena saya anggap di zaman tersebut, 64 gb lumayan besar. Namun perjalanan waktu, ternyata 64 gb, sudah terasa penuh. Baterai nya yg ukuran besar dan Android One. Jujur, saya tidak suka dg OS yg ada embel2 iklan.?
    Berdasarkan profil penggunaan saya, saya berencana untuk mencari HP dg minimal memory internal 256 mb, dan triple slot ( sim 1 + sim 2 + memory eksternal ), cuma saya jujur agak kesulitan untuk menemukan hp dg spesifikasi tsb.?

    Kalau berdasarkan pengalaman Pak HSW,??
    1. Apakah Slot Memory Eksternal dedicated, masih diperlukan di zaman ini ?
    ?2. Profil penggunaan smartphone saya, tidak cepat dalam mengganti teknologi, kira2 apakah pantas jikalau saya menunggu sampai ada gadget yg mendukung 5G ?
    ?3. Jikalau saya ada dana estimasi sekitar 7-8 jt, kira2 apakah layak untuk dibeli Asus Zenfone 5 256/8 Gb atau Vivo V19 256/8 ?
    — Atau Pak HSW memlilki rekomendasi lain buat saya, saya sangat apresiasi untuk hal tsb.
    ?– Saya butuh kegegasan, setara dg Asus M1 Pro saya?
    4. Saya ada satu pertanyaan mengenai seri Snapdragon 8xx, sering digaungkan bahwa menggunakan liquid cooler dll, apakah hal ini adalah kelebihan atau kekurangan nya dari prosesor tersebut ? kalau logika saya, PC memiliki batas waktu, karena termal paste nya memiliki jangka waktu. ?
    — Kira2 berapa lama liquid cooler tersebut bisa bertahan dan memberikan performa optimal nya ??
    — Atau lebih baik saya mengejar Smartphone dengan seri 6xx atau 7xx, yang tidak perlu ada liquid cooler nya.

    Terima Kasih

    1. Pak Steven,

      1. Perlukah selot microSD dedicated? Bergantung kebutuhan pengguna sih. Saya pribadi tidak memerlukannya. Sudah beberapa tahun ini saya tidak pernah lagi memasangkan kartu microSD ke ponsel.

      2. Sekarang pun ponsel yang secara hardware mendukung 5G sudah ada kok. Namun, fitur 5G-nya memang belum bisa dinikmati.

      3. Zenfone 5 sudah sangat ketinggalan. Karena Anda mengaku biasanya lama berganti ponsel, berarti V19 juga tidak cocok. Idealnya Anda membeli ponsel flagship. Masalahnya, dengan anggaran Rp7-8 juta ya jelas kurang.

      4. Apakah yang Anda maksud liquid cooling? Kalau iya, fitur itu tidak melekat di ponsel dengan Snapdragon 8xx. Ponsel dengan prosesor lain pun bisa menggunakan fitur tersebut. Tahan berapa lama? Tidak ada angka pasti.

      Kembali ke pencarian Anda, dengan kebutuhan seperti di atas, mestinya Anda berburu ponsel flagship keluaran tahun ini atau paling lama tahun lalu. Namun, anggaran ya perlu ditambah agar mendapatkan ponsel yang benar-benar siap pakai hingga beberapa tahun mendatang.

      Kalau tidak mau menambah anggaran, pilihan terbaik ada Realme X2 Pro Rp7,799 juta. Memori internalnya 256 GB (bukan 256 MB seperti yang Anda ketikkan).

      Btw, ponsel dengan iklan yang Anda maksud apakah Xiaomi? Kalau iya, iklannya bisa dihadang dengan mudah kok. Cuma perlu pengaturan sekitar satu menit. Iklan tidak 100% hilang, tetapi kira-kira tersisa 1% saja.

      1. Trims atas rekomendasi nya.

        Kalau perbandingannya dg HP Realme X3 Superzoom 12/256 , apakah lebih baik secara performa dibandingkan X2 Pro ?

        Jikalau saya membuka opsi untuk hp Xiaomi, apakah ada rekomendasi yg cocok untuk saya ?
        ( paling saya akan mengikuti cara / tutorial untuk menghadang iklan2 yg muncul )

        Perkembangan hp 5G, mulai masuk ke pasaran Indonesia, memang operator belum ada yg provide utk hal ini, Kalau pendapat dari Pak HSW, apakah saat ini adalah saat yg cocok untuk mencari HP 5G ?
        kalau belum, kira2 kapan saat yg tepat ?

        Asus dalam waktu dekat ini akan rilis, Zenfone 7, dan ada rumor bahwa Zenfone 7 Pro, kira2 apakah hp ini layak untuk ditunggu ?

        1. Pak Steven,

          1. Tak tahu. Saya tidak pernah menguji pakai Realme X3 SuperZoom.

          2. Saat ini sih Mi Note 10.

          3. Tidak usah mikir 5G dulu saat membeli ponsel baru deh. Lha regulasinya saja belum keluar kok. Silakan mulai mencari ponsel 5G ketika operator menggeber layanan komersial 5G.

          4. Belum tahu.

      2. Pak HSW,

        saya ada pertanyaan kembali lagi, mengenai produk Realme,
        – seberapa reliable untuk produk tersebut ?
        – untuk update OS, apakah produk tersebut akan sering update ? karena kalau sering update menentukan apakah produk tersebut bisa bertahan lebih lama , karena dukungan aplikasi tentunya lebih baik.

        produk POCO F2 Pro, bagaimana kalau pendapat pak HSW kalau melihat spesifikasi yg ditawarkan oleh produk tersebut ?
        – apakah produk poco itu produk Xiaomi ? kalau secara tingkatan, kan ada Redmi, ada mi, ada Poco, itu secara tingkatan kualitas produk di posisi manakah poco tersebut, paling rendah atau lebih tinggi ?
        – kalau untuk OS nya, apakah poco itu akan mengusung MIUI ? jadi kondisi nya akan ada iklan juga ya ?
        – apakah bisa iklan tersebut dimatikan ? sehingga fokus utama dari prosesor dan ram ke performa aplikasi ?

        Trims atas respon nya

        1. Pak Steven,

          1. Secara umum baik-baik saja. Saya tidak pernah memakainya dalam jangka waktu lama. Misalnya, hingga mendekati masa garansi habis.

          2. Lumayan rutin, walaupun tidak serutin, contohnya, Asus, Nokia, dan Xiaomi.

          3. Poco F2 Pro bukan termasuk seri Xiaomi. Ia diposisikan sebagai merek lain yang terpisah. Jaringan distribusi, pusat perbaikan resmi, dan rantai pasokan memang memanfaatkan fasilitas yang dimiliki Xiaomi.

          Posisi Poco satu lapis di bawah seri Mi tertinggi. Misalnya, saat ini di Indonesia seri tertinggi yang tersedia adalah Mi 10. Nah, Poco F2 Pro di bawahnya satu tingkat.

          4. Memakai sistem operasi Android dengan tampilan antarmuka yang agak berbeda dengan MIUI Xiaomi. Saya belum menguji pakai Poco F2 Pro. Seharusnya ada iklan. Namun, bisa dihadang dengan mudah kok.

          5. Dimatikan 100% tidak bisa. Dihadang sampai 90-an persen dapat dilakukan dengan pengaturan mudah. Butuh waktu satu menit saja.

          1. Pak HSW,

            apakah ada rekomendasi aplikasi untuk migrasi data dari ponsel lama ke poco F2 pro ?
            jikalau saya nya menggunakan asus zenfone max pro m1 ?
            atau hanya menggunakan aplikasi google saja ?

            Trims atas respon nya

          2. Pak Steven,

            Saya sih lebih suka fresh install. Kalau ingin pakai aplikasi untuk migrasi, cobalah memakai Share Me (Mi Drop).

      3. Selamat pak Herry… dg budget max. 10jt, HP apa yg bapak rekomen? Prioritas performance, berikutnya kamera. Apakah pilihan berikut : Poco F2 Pro 8/256 Rp.7,9jt atau Realme X3 superzoom 12/256 Rp.7,9jt atau Xiaomi Mi 10 8/256 Rp.9,4jt ?
        Ataukah ada HP lain yg bapak rekomendasi kan? Betulkah Mi 10 yg masuk Indonesia hanya single SIM Card?
        Terimakasih sebelumnya

        1. Pak Kamdan,

          Saya belum mencoba F2 Pro. Lha hari ini baru penjualan perdana.

          Realme X3 SuperZoom saya juga sengaja melewatkannya, setelah melihat bentuk nyata ponselnya.

          Asalkan tidak perlu dual SIM, Mi 10 amat layak dibeli. Iya, Mi 10 selain di Tiongkok dan India pasti single SIM.

  91. koh, sekarang saya pake daily driver asus rog phone 2
    sebenernya ini handphone cukup memenuhi kebutuhan saya
    baterai besar, layar cukup oke, speaker stereo, buat nemenin aktifitas kerja, nonton, denger musik cukup enak buat saya. sayangnya saat ini lagi agak laper mata, kepikiran pengen nyoba ganti ke mi 10, apakah berasa upgrade lebih oke? single sim ngga ada masalah buat saya. sebenernya kepincut model huawei P40 pro, kameranya juga bagus, tp sekali lagi faktor absen google services bikin saya mundur, karena repot udah kebiasa pake aplikasi besutan google. mohon wejangannya koh, atau ada smartphone lain yg sekiranya worth di budget max 12 jutaan? terima kasih.

    1. Pak Paisal Jonathan,

      Saran saya, bertahan di ROG Phone II dulu saja.

      Beralih ke Mi 10 terasa ada peningkatan, tetapi relatif kurang terasa.

      Setuju, jangan beli P40 Pro. Selain tidak ada layanan Google, performa kameranya saat dipakai memotret orang ternyata agak mengejutkan. Mengejutkan karena kurang bagus yang seharusnya bisa diperbaiki dengan pembaruan software.

  92. Malam Pak HERRY SW,
    Budget sy mentok 3jt, kebutuhan : 1. Layar yg bening ( krna sering baca komik dan nonton video ), 2. Kamera bagus, 3. Fast charging, 4. Kegegasan, dan kira-kira masih worth it utk dipakai 2-3 th kedepan. Galau antara redmi note 8 pro, vivo z1 pro, vivo y50, realme 6.
    Atau saya nabung sedikit lagi y buat meminang redmi note 9 pro 6/64. Mohon oencerahannya, terima kasih sebelumnya pak.

    1. Pak Syaiful,

      Kalau akan dipakai hingga tiga tahun mendatang, mestinya Anda beli ponsel flagship. Bila anggaran belum memadai, mending menabung sedikit lagi untuk membeli Redmi Note 9 Pro. Pakailah selama 1,5-2 tahun lalu lakukan peremajaan ponsel.

  93. saya mau tanya ,apakah poco f2 pro bakal hadir di indonesia dan jika sekiranya hadir apakah ada tanggal bocorannya kapan peluncuran nya?

  94. Maaf koh mau nanya ada rekomendasi jelly case bagus,melindungi kamera belakang dan murah utk redmi note 9 pro?
    Maturnuwun atas jwbannya koh.

  95. Malam ko herry.
    Saya pengguna xiaomi 7 tahun, sekarang menggunakan redmi note 7, sehari hari nya lebih banyak digunakan untuk streaming, main game dan media sosial. Sekarang saya pengen upgrade hp dan saya tertarik antara xiaomi mi note 10 lite/redmi note 9pro/vivo v19. Diantara ketiga ini menurut ko herry pilihan terbaik yang mana ya, untuk harga saya tidak permasalahkan. Budget saya 5jt dan saya sebenarnya sangat tertarik dengan xiaomi note 10 lite,, tapi betulkah layar curved kurang bagus untuk pemakaian dan ada kekurangannya. Dan banyak juga yg bilang dengan perbedaan harga yang lumayan sebenarnya redmi note 9pro yg terbaik dari segi harga dan performa tidak beda jauh. Ataukah ada saran dari merek lain juga. Thanks atas jawabannya.

    1. Bu Yenny,

      Mi Note 10 Lite tidak beredar resmi di sini. Jadi, langsung coret ya.

      Tersisa dua pilihan, Redmi Note 9 Pro dan Vivo V19. Saran saya, belilah Redmi Note 9 Pro.

  96. Koh, kalau sy fokus ke kamera, pindah dari realme x2 pro ke xiaomi mi 10 apakah worth it ?
    Xiaomi mi 10 kan ga punya lensa telefoto, apa digital zoom 2 – 5 x kualitasnya msh ok bila dibandingkan dgn telefoto realme x2 pro ? , Soalnya sy cukup sering pakai lensa telefoto di realme x2 pro

    1. Pak Mulya,

      Anda akan lebih sering memakai lensa normal atau memerlukan kemampuan tele?

      Kalau menggunakan lensa normal, sangat layak pindah ke Mi 10.

      Kalau perlu kemampuan tele, saya perlu menggali info lebih dalam dulu nih. Digital zoom 2x masih bagus. Lima kali sudah mulai terlihat penurunan kualitas yang lumayan.

      Bila titik beratnya di kamera, saran saya, mending pindah ke Mi Note 10. Kelas prosesor memang lebih rendah. Namun, untuk pemakaian sehari-hari relatif tak terasa. Hasil foto lebih bagus daripada X2 Pro.

  97. Selamat Sore pak,

    Saya tidak ingin menanyakan mengenai handphone. Tapi ingin menanyakan mengenai USB type c cable. Sekarang saya menggunakan Redmi Note 9 Pro, kira-kira apa ada kah rekomendasi kabel USB type c yg support fast charging dan fast data transfer sebagai substitusi kabel bawaan xiaomi?
    Note : kabel bawaan xiaomi saya masih bagus, Saya ingin beli untuk cadangan saja.

    Terima kasih pak.

    1. Pak Daniel,

      Kalau yang dicari juga mendukung pengisian cepat 33 Watt seperti kabel bawaan, saya belum menemukannya.

  98. Halo Om Herry.

    Saat ini saya memakai Samsung M30s yang berusia 7 bulan. Ada 2 hal berbeda yang ingin saya tanyakan:

    1. Apabila nanti iPhone SE 2020 sudah rilis resmi di Indonesia, worth kah untuk move on dari Samsung M30s ke iPhone SE 2020? Saya sudah pernah memakai iPhone 6S sekitar 2 tahun lalu, meskipun barang refurbish dan bekas tetapi saya sangat cocok dengan iOs dan ke-compact-an ukurannya.

    2. Untuk di bulan Juni 2020, dengan budget maksimal 5 juta, smartphone Android apakah yang bisa menggantikan dan tentunya lebih “future-proof” dari Samsung M30s? Saya menggunakan smartphone untuk penggunaan normal sosmed, youtube, dan main game-game ringan sekitar 15-30 menitan saja. Karena mungkin sudah terbiasa dengan baterai 6000mAh dari M30s, setidaknya saya butuh baterai minimal 5000mAh dan tentunya mendukung fast charging. Layar IPS atau Amoled saya tidak masalah. Meskipun saya jarang foto-foto dan rekam video, entah mengapa sektor kamera belakang lebih saya utamakan untuk hasil (tidak over saturated, tidak terlihat seperti editan, natural, dll) dan mendukung perekaman setidaknya 720p 60fps. Body smartphone bagian belakang harus selain polikarbonat, karena saat ini baru pertama kali saya memakai smartphone berbody polikarbonat dan kondisi saat ini berjamur parah karena dipakaikan case.

    Mungkin untuk sementara itu dulu Om.

    Terima kasih

    1. Pak David,

      1. Tak tahu. Lha saya belum pernah memakai iPhone tersebut.

      2. Redmi Note 9 Pro varian 8/128 GB Rp3,899 juta.

      Saya penasaran dengan bodi belakang ponsel Anda yang sampai berjamur. Kok bisa begitu ya, Pak? Apakah ponsel sering lembab? Saya juga rutin menggunakan case, tetapi belum pernah mengalami bodi ponsel sampai berjamur.

    2. jamur timbul akibat kelembapan karena case tidak pernah dibuka. solusinya sesekali bisa lepas case sebentar, atau pake skin murah di marketplace biasanya sekitar 10 ribuan. orang tua saya menggunakan realme 3 pro sudah hampir 1 tahun dan kondisi fisiknya masih sangat baik. semoga membantu.

  99. Pak Herry mau tanya,

    Adakah rekomendasi kabel charger cadangan yang murah meriah bagus untuk Redmi Note 9 Pro, yang tentunya mendukung fast charging hingga 30W?

    1. Pak Rizal Dwi Prasetya,

      Tidak ada rekomendasi karena saya belum menemukannya. Saya sempat beli kabel Acmic, tetapi ternyata nggak kompatibel.

  100. Saya ingin membeli ponsel Android, uang ada Rp2,2 juta. Rekomendasi ponsel yang oke diajak untuk bermain game seperti ML, PUBG, FF. Performa oke, baterai tidak menjadi utama. Antara Redmi Note 8 4/64 atau Realme 5i, yang mendekati dengan keiginan saya diatas yang mana ya kira-kira?

    1. Pak Hidayat,

      Kalau pencarian Anda spesifik untuk gaming, saya tidak berani menjawab. Lha saya bukan penggemar game.

      Dugaan saya sih, dua ponsel itu sama-sama kurang ideal. Minimal Anda membeli Redmi Note 8 Pro yang harga barunya masih Rp2,8 jutaan.

  101. Oke koh makasih koh, terakhir koh mau nanya lagi. Beberapa hari terakhir saya cari informasi kedua hp ini, Redmi Note 8 4/64 dan Redmi Note 9 4/64. Menurut koh performa hp nya bagusan mana? Soalnya saya bingung membandingkan karena beda chipset, Redmi Note 8 menggunakan Snapdragon 665 sedangkan Redmi Note 9 menggunakan chipset baru MediaTek Helio G85. Kalau secara generasi tentu Redmi Note 9 pasti ada peningkatan dari adiknya Redmi Note 8, namun saya bingung membandingkan performanya karena beda chipset, gimana koh?
    Makasih banyak koh sudah berkenan menjawab…

  102. Selamat Pagi Koh Herry

    1. Saya berniat untuk mengganti ponsel lama saya, Infinix Zero 3 dengan yang baru. Budget saya maksimal di Rp 2,2 juta. Yang saya utamakan adalah kegegasan dan hasil foto. Rencananya akan saya gunakan untuk bersocial media (WA, instagram, twitter) dan game2 yang ringan. Saat ini saya tertarik dengan Realme 5i. Jika ada rekomendasi lain juga boleh. (Note: asal bukan Xiaomi, krn HP saya yg kedua sudah Xiaomi Note 7)

    2. Review ponsel sekarang pindah di twitter ya koh?

    Hatur Nuhun.

    1. Pak Chandra Wijaya,

      1. Dengan kriteria seperti itu, saya pun akan mengarahkan Anda membeli Realme 5i sih.

      2. Ya, Twitter @herrysw dan Instagram @herrysw.

  103. Om herry, Apakah masih ada gawai yang masih bisa menyimpan aplikasi non bawaan di memory eksternal, kalau ada mohon kasih tau saya typenya direntang harga 2 jutaan.? semoga makin sukses om. terimakasih

    1. Pak Lilik Winarno,

      Wah… saya tidak memperhatikannya, Pak. Aplikasi tambahan idealnya diletakkan di memori internal. Agar kinerjanya lebih optimal.

  104. Menurut Pak HSW, jika anda diminta memilih ponsel entry level berikut yang memiliki kesepadanan harga, model, build dan fitur terbaik, manakah yang akan dipilih: Redmi 8A, Vivo Y12, Samsung A01, Oppo A3S, Realme C11, Infinix Hot 9 Play, Nokia 2.2, Honor 8A? Rencananya saya gunakan sebagai pendamping Redmi Note 8. Terima kasih

    1. Pak Denny,

      Sebagai aktivis #SamsungCoret, ponsel Samsung langsung dicoret dulu ya.

      Ponsel Honor juga dicoret karena sudah angkat kaki dari Indonesia.

      Melihat kondisi mulai semester kedua tahun lalu, Infinix pun ikut tercoret.

      Tersisa Redmi 8A, Vivo Y12, Oppo A3S, Realme C11, dan Nokia 2.2.

      Boleh tahu anggaran Anda berapa? Kalau maksimal Rp1,5 juta, saya condong ke Redmi 8A. Ponsel itu bergaransi resmi selama dua tahun.

      1. Baik Pak, rekomendasi terbaik Redmi 8A ya. Jika anggaran naik menjadi 1,7 apakah rekomendasi tetap sama ataukah ada produk yang lebih layak beli? Pak, boleh tau alasan dibalik Infinix tercoret sejak Juli 2019? Terima kasih

        1. Pak Denny,

          Kalau naik menjadi Rp1,7 juta, ada Redmi 8A Pro 3/32 Rp1,649 juta.

          Infinix tercoret sejak Juli 2019? Mendekati akhir 2019, mereka menutup beberapa pusat perbaikan resmi dan memilih mempercaya tempat servis multimerek yang reputasinya kurang mantap sebagai tempat servis resmi.

          1. Terima kasih informasinya pak. Kesimpulannya dengan anggaran Rp 1,7 juta ponsel yang direkomendasikan Redmi 8A Pro 3/32. Sebenarnya saya ingin menanti rekomendasi Pak HSW setelah menguji pakai Realme C11, apakah kesimpulannya bisa berubah hehe

  105. permisi pak herry sw saya mau tanya apakah rumor redmi 9 untuk indonesia sudah ada soalnya serumpun sudah ada launching nya

  106. Selamat Pagi, Saya pengguna Xiaomi 5A mau upgrade Hp diharga 3.5-4jt sudah ada gambaran Realme 6 dan Redmi Note 9 yg manakah kira-kira menurut Koh Herry? Atau ada rekomendasi lain?

    1. Bu Ika Rakhma,

      Kalau anggaran Anda sampai Rp4 juta, lupakan dua ponsel itu. Langsung beli Redmi Note 9 Pro saja. Spesifikasi dan kinerjanya lebih mantap.

  107. Selamat malam Ko Herry, mohon infonya untuk service center resmi Hp Motto Z di Bali dimana ya? Kebetulan punya saya baterainya sudah drop. Saya berencana mau ganti baterai.
    Saya coba googling ketemunya aneh-aneh.
    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Edy B. Purnomo,

      Divisi mobile Lenovo Indonesia (termasuk Motorola) sudah lama tutup. Jadi, tidak ada lagi pusat perbaikan resminya deh.

      1. waduuuuh
        Mungkin Ko Herry atau temen-temen ada saran dimana bisa ganti baterai Moto Z di Bali ya?

  108. Malam koh Herry

    Apakah ko Herry punya pengalaman pakai realme 6? Klo udah saya pingin tau apakah layar 90 hz nya berfungsi dengan normal? Saya ada test demo unit di sebuah mall di jogja. Untuk layar 60hz nya malah terasa jauh lbh mulus drpd 90hz nya yang patah2. Seandainya blm, ada rekomendasi yang kira2 bagus di rentang harga 3.5 sd 4.5 jt? Kriterianya layar yang bagus dan performa yang mantap. Kamera boleh no 2 koh…

    Makasih sebelumnya

    1. Pak Andri Harlin,

      Pernah. Layar normal dan baik-baik saja.

      Kalau kamera tidak dipentingkan, beli Redmi Note 8 Pro dengan harga kurang dari Rp3,5 juta pun sudah lebih dari cukup.

      Kalau perlu kamera bagus, di rentang harga tersebut, Redmi Note 9 Pro menjadi pilihan terbaik.

      1. Makasih responnya ko Herry

        Untuk pemakaian normal, apakah layar 90hz milik realme 6 terasa lebih baik drpd layar 60hz milik redmi no 9 pro koh? Seandainya boleh tau, apakah memang mediatek helio g90t milik realme 6 kinerjanya lebih buruk dibanding snapdragon 720g milik redmi note 9 pro koh?

        1. Pak Andri Harlin,

          Redmi No 9 Pro? Mungkin yang dimaksud Redmi Note 9 Pro ya.

          Saat scrolling layar 90 Hz Realme 6 terasa sedikit lebih smooth. Namun, bedanya tidak terasa signifikan. Saya pribadi saat menggunakan ponsel berlayar 90 Hz malahan mengubah pengaturannya ke 60 Hz. Alasannya, agar lebih hemat baterai.

          Tidak lebih buruk. Kendati demikian, kalau kita membicarakan kesepadanan harga, spesifikasi, dan kinerja, saya lebih merekomendasikan Redmi Note 9 Pro daripada Realme 6.

  109. Om mau minta saran dong bingung mau pilih oppo a52, realme 6, realme narzo, vivo s1pro, atau vivo z1 lebih wort it yg mana atau ada hp lain yang lebih wort it sellain yg d atas yg harganya hampir sama trims

    1. Pak Yadi Ardianto,

      Kalau membaca pilihan ponsel Anda, berarti anggaran yang tersedia Rp3,2 jutaan ya. Saran saya, mending beli Redmi Note 8 Pro.

  110. salam Pak Herry,
    Pak herry sudah mencoba Realme C11? kira2 antara Realme 11 dan Redmi 8A pro lebih nyaman yang mana untuk penggunaan sehari2? dilihat dari semua aspeknya. terima kasih.

    1. Pak Adhut,

      Saya sedang mencoba C11. Belum sampai 24 jam. Jadi, belum bisa berkomentar lebih lanjut.

  111. Pak Herry.. Izin bertanya lagi ya.

    Pak Herry pernah denger dan mungkin paham juga tentang ponsel yg memiliki fitur MHL (Mobile High-Definition Link)? Nah, klo tau itu apa ya Pak? Soalnya saya sendiri tidak tahu dan baru denger ada fitur itu. Intinya fungsinya adl utk mengkoneksikan ponsel ke layar TV, mirip2 mengkoneksikan laptop ke TV dgn kabel HDMI.

    …dan kira2, ponsel yg udah ada fitur MHL nya ponsel apa aja ya Pak? Makasih.

      1. Pal Herry,untuk budget saya 4-5jt, mending pilih redmi note 9 pro atau realme 6? Kebutuhan untuk browsing, foto, video dan main game sesekali. Terima kasih sebelumnya.

  112. Selamat pagi Koh Herry, saya ingin membeli ponsel Android dan saya memiliki budget Rp 1,5 juta. Saya ingin membeli ponsel Android baru yaitu sekitar tahun 2019 sampai pertengahan tahun 2020 ini koh. Untuk mereknya bebas, spesifikasinya yaitu sudah dual SIM, layar dengan lebar 6 inch, baterainya berkapasitas cukup besar, RAM yang dimiliki minimal 3 GB, kualitas kamera minimal lumayan, dan yang terakhir bergaransi resmi Indonesia. Kira-kira ponsel seperti apa dan merek apa yang koh herry akan rekomendasikan? Terimakasih koh

    1. Pak Iqbal Fadil,

      Dengan kriteria seperti itu, saya tidak berani merekomendasikan suatu tipe ponsel. Anggaran perlu dinaikkan menjadi minimal mendekati Rp2 juta.

      1. Pak Herry, klo smartphone 2 jutaan ada rekomendasi apa Pak?
        Saya kepikiran Realme 5i sama Redmi Note 8, mending mana Pak? atau adakah saran lainnya?

        Makasih.

        1. Pak Dico Sugandhiko,

          Dengan anggaran Rp2 jutaan, mending sekalian ambil Redmi Note 8 Pro atau Realme 5 Pro.

  113. Selamat Pagi Om Herry
    Semoga sehat selalu

    Saya ingin bertanya soal Redmi Note 9 Pro. Saya ingin membeli power bank untuk Redmi Note 9 Pro, apakah ponsel tersebut support power delivery? Dan power bank apa yang menjadi rekomendasi dari om?

    Terima Kasih Om

    1. Pak Sultan Bayu,

      Selamat sore, Pak.

      Sejak kemarin kebetulan saya sedang kurang enak badan.

      Belum diketahui Redmi Note 9 Pro mendukung power delivery atau tidak.

      Power bank yang mendukung power delivery? Kalau anggaran tak masalah, silakan melirik merek Anker atau Energea.

  114. Pagi om herry, saya liat di time line twitter om herry ada casing nillkin camshield yg dipakai di huawei p40, nah saya ingin bertanya itu cara melepas casingnya bagaimana soalnya susah sekali terlalu ketat bahkan bisa sampai smartphone menjadi lecet.

    1. Pak Bobi,

      Bagian bawah dilepas dulu, lalu kiri-kanan bawah, baru kemudian bagian lain. Iya, memang ngeri-ngeri sedap. Karena pada dasarnya saya kurang suka hardcase, case tersebut akhirnya langsung saya jual lagi.

  115. Pak herry…
    Minta recomendasi earphone yg noise cancelling manteb dong…
    Yg harga dan hasil ga mengecewakan…
    Suwun…

    1. Bu/Pak Chici,

      Maaf, saya tidak berani memberikan rekomendasi karena jarang sekali utak-atik earphone.

  116. Om Herry,

    Apakah pernah memakai / mengetest HP Vivo? Kalau pernah, bagaimana user experiencenya (Funtouch, update, fitur, dll)?

    1. Pak David,

      Pernah. Kali pertama pada 2015. Secara umum baik-baik saja sih. Tampilan antarmukanya memang agak berbeda dengan kebanyakan ponsel Android, tetapi 1-2 hari sudah bisa beradaptasi deh. Pembaruan firmware tidak serutin ponsel Android One, Asus, dan Xiaomi. Namun, masih tetap ada pembaruan.

      Fitur dan spesifikasi ya bergantung tipe ponselnya. Seri V dan X biasanya yang paling menarik.

  117. Salam sejahtera, Pak Herry SW.
    Mohon berkenan merekomendasikan ponsel android dengan budget tertinggi 1,8 juta. Pemakaian hanya untuk sosial media (facebook, whatsapp, nonton youtube) saja. Tidak main game. Rencananya untuk ibu saya. Sebelumnya selama 2,5 tahun ini memakai xiaomi 4a namun sering mengeluh memori kepenuhan, baterai cepat habis, sering hang.
    Kalau bisa kali ini merk diluar xiaomi, terimakasih sebelumnya Pak.

  118. Pak Herry,

    Saya mau minta saran, kalo dengan budget dana dibawah 3,9jt, menurut Pak Herry smartphone merek dan jenis apa ya yang paling disarankan untuk dibeli?

    Terima kasih banyak sebelumnya atas saran dan masukannya.

  119. Koh Herry

    Saya mau tanya,ada ga hape yang compact ukuran di bawah 6 inci,performa lumayan,harga di bawah 2 juta,makasi koh

    1. Pak Dayat,

      Tidak ada yang berani saya rekomendasikan karena spesifikasinya rendah sekali.

      Kalau kepepet, ya paling-paling Redmi Go. Harga kurang dari Rp1 juta, tetapi spesifikasinya untuk standar sekarang tergolong superrendah. RAM hanya 1 GB. Memori internal cuma 8 GB.

      Pilihan lain, coba cari sisa stok Asus Zenfone Live L2. RAM dan ROM-nya dua kali lipat Redmi Go. Layar sedikit lebih besar. Harga juga kurang dari Rp1 juta.

  120. Pak, kira2 bagusan mana antara Redmi Note 8 sama Redmi Note 9? Klo disuruh milih, pilih yg mana Pak antara 2 itu? Anggaran kurang lebih 2,5 juta kebawah klo bisa. Alternatif lainnya sih Redmi 9, tp kyknya beda kelas ya ?

    1. Pak Dico Sugandhiko,

      1. Tak tahu. Lha saya tidak pernah mencoba Redmi Note 9.

      2. Redmi Note 9 memang berbeda kelas dengan Redmi 9.

      3. Btw, lama kelamaan saya penasaran. Anda sebenarnya ingin membeli ponsel apa dan dengan anggaran berapa tho? Kalau tak salah ingat, Bapak sudah sekitar dua bulan mencari ponsel.

      1. Hahaha.. Sampe hafal ya Pak ? Maapin

        Jadi dulu pertama, saya disuru nyarikan ponsel baru buat ponakan saya yg barusan masuk SMP, Pak. Tanya2 Pak Herry akhirnya mau deal di Redmi 8. Selesai~

        Trus ga lama kemudian kakaknya yg pertama kepengin juga ganti HP, gapake lama deal juga ke SamsungCoret ? (untuk kali ini gagal membujuk utk beli ponsel lain, krn udh kadung cinta mati ama merek) yasudah gpp, selesai ~

        Nah, akhir2 ini kakak keduanya yg barusan masuk SMA ini iri juga pengen ganti ponsel baru. Jadilah saya disuru ‘membujuk’ dia spy mau dibelikan ponsel yg terjangkau tapi cukuplah buat seumurannya. Maklum ABG jd agak ribet itung2annya, termasuk saya sendiri juga bingung ngikutin maunya ABG ?

        Info terakhir sih kyknya pilih Redmi Note 9 6/128 (2,799jt). Nah, enaknya gimana nih Pak? Langsung ACC aja kali yaa.. Ha ha ha, ato mungkin ada saran lain? ?

        *Maap jadi agak curhat*

        1. Pak Dico Sugandhiko,

          Oh untuk beberapa orang yang berbeda tho.

          Tak tahu. Lha saya tidak mencoba Redmi Note 9. Di anggaran mirip sih jagoan saya Redmi Note 8 Pro.

    1. Pak Yayan,

      Kalau saya kok mending ambil Redmi Note 7 ya. Memang keluaran lebih lama, tetapi kinerja umumnya lebih bagus daripada Realme C3.

  121. Malam Koh Herry…saya mau ganti hp. Hp saya sekarang redmi note 7.
    Budget 2.8 -3 jt. Lebih menitikberatkan sm kamera nfc sm RAM. Mending hp aph ya….terimakasih koh

    1. Bu Maaya,

      Redmi Note 8 Pro. Kamera tidak sebagus Redmi Note 7, tetapi kinerja di faktor lain meningkat.

      1. Kl mengesampingkam haega redmi note 9 aph lbih bgus koh? Dr segi kamera. Atau afa saran lain di rentang harga itu

  122. selamat pak Herry…dg budget max 10jt, HP apa yg direkomendasikan? Poco F2 Pro 8/256 vs Realme X3 Superzoom 12/256 atau Xiaomi Mi 10 8/256? Atau ada HP lainnya? Terimakasih

    1. Pak Kamdan,

      Saya yakin sudah menjawab pertanyaan yang sama dari Anda. Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama.

  123. siang ko Hery , maaf untuk tempat yang kurang tepat. Saya mau tanya tentang operator Smartfren . Internet unlimited nya stabil ? untuk sekolah online anak . Terima kasih

    1. Pak Benny Setiawan,

      Tidak. Di operator mana pun, hindari ambil paket internet unlimited karena service level-nya tidak sebagus paket internet dengan kuota.

  124. Selamat malam Pak Herry.
    Saya memiliki anggaran maksimal Rp 5 juta dan ingin membeli ponsel Android baru. Mereknya selain Oppo dan Vivo. Ponsel Android itu harus baterainya tahan seharian dari pagi sampai malam, bisa mengisi baterai secara cepat dan layanan pusat perbaikan resminya cukup bagus.
    Pemakaian sehari-hari hanya untuk komunikasi dan chatting, kamera jarang sekali dipakai dan tidak dipakai untuk bermain game.

    Saat ini saya tertarik Huawei Nova 5T, bagaimana dengan ponsel ini Pak. Mohon rekomendasi ponsel yang cocok. Di luar tipe yang saya sebutkan juga boleh. Terima kasih.

    1. Pak Tommy Saragih,

      Redmi Note 9 Pro. Boleh ambil varian terendah (harga mulai Rp3,399 juta), boleh pula ambil varian tertinggi (lebih mahal Rp400 ribu).

      Lupakan Nova 5T karena harga lebih mahal daripada Redmi Note 9 Pro dan daya tahan baterai lebih buruk.

        1. Pak Tommy Saragih,

          Saya tetap memilih Redmi Note 9 Pro.

          Kamera Realme 6 Pro di beberapa hal sebenarnya lebih baik. Namun, dengan perbedaan harga yang lumayan jauh, kesepadanan antara harga, kinerja, dan spesifikasi Redmi Note 9 Pro masih lebih mantap.

  125. Selamat pagi pak, minta rekomendasi smartphone terbaik tanpa iklan, lebih bagus android stock, ketahanan baterai cukup baik, tersedia NFC, keperluan hanya untuk perbankan saja, dan kemampuan foto mumpuni. Anggaran tak masalah. Terima kasih

  126. hi pak,
    harga vivo x50 pro sampe 10jt an
    wajar ngak secara merek ngak terkenal seperti yang lain, apa iya produknya pake hardware yang mumpuni dan up to date

    1. Pak Samuel Sappa,

      Harga ritel resmi X50 Pro kurang dari Rp10 jutaan. Karena memanfaatkan teknologi baru di ponsel dan merek Vivo sebenarnya sudah bisa dikategorikan terkenal, wajar sih.

  127. Pak Herry, jika ingin ganti dari Redmi Note 8 ke Redmi 9 apa ada peningkatan signifikan atau di rentang harga maks 2,5 adakah yang lebih layak? Btw mohon info, SRP untuk Redmi Note 7 saat ini berapa ya Pak? Terima kasih

    1. Pak Adrian,

      Saya belum menguji pakai Redmi 9. Diduga justru terasa turun kelas deh.

      Coba cari Realme 5 Pro.

      Redmi Note 7 4/64 Rp1.999.000, sedangkan varian 4/128 saya lupa Rp2.199.000 atau 2.299.000.

  128. Om HSW.
    Mhn saran ponsel buat anak SD dgn kisaran harga 1-2 juta. Kebutuhan utk belajar virtual dan bermain game.
    Terima kasih.

      1. Pak Herry.. Adakah saran softcase dan tempered glass untuk Redmi Note 8? Khususnya softcase yg bisa cukup mengcovered ‘tonjolan’ kamera si Redmi Note 8, kira2 ada merek apa, Pak?

        Btw, keponakan saya kmaren akhirnya pilih Redmi Note 8 (6/128), kebetulan lagi ada diskon lumayan di Blibli, he he he..

        Suwun Pak, jawaban2 Pak Herry sangat membantu 🙂

  129. Maaf oot om herry, knapa skrg blog ponselmu sudah tidak update review smartphone terkini ? Apakah review smartphone sudah pindah ke acc medsosnya om herry?

    1. Pak Bobi,

      Iya, hingga jangka waktu tertentu, saya lebih banyak memanfaatkan medsos untuk berbagai review gawai dalam bentuk poin-poin.

      Namun, kemarin malam saya sebenarnya mengunggah satu naskah review baru di blog ini kok.

  130. Siang om herry saya ingin bertanya kalau lubang charger/speaker smartphone berdebu cara membersihkannya bagaimana ya? Kalau di semprot wd40 yang contact cleaner aman ga ya?

    1. Pak Bobi,

      Saya biasanya akan menempelkan isolasi bening yang lemnya tak berbekas (misalnya, merek 3M) ke lubang speaker itu. Kemudian dengan menggunakan ujung tusuk gigi, saya tekan-tekan lubang speaker dengan perlahan. Setelah itu isolasi bening yang melekat saya tarik. Debu yang menempel di isolasi akan terangkat.

      Kalau untuk lubang charger, pakai tisu/kain lembut + ujung tusuk gigi.

      WD40 itu cairan kan? Saya kok tidak berani sengaja menyemprotkan cairan ke dalam lubang speaker dan konektor charger ya.

  131. Selamat Siang om Herry
    Saya ada dana s/d 10 juta , lagi mencari ponsel android dengan camera dan fitur yang mumpuni.
    Untuk merek saya bebas
    Apakah ada rekomendasi ?
    Terima kasih

    1. Pak Bambang EP,

      Apakah wajib dual SIM? Kalau tidak, silakan beli Xiaomi Mi 10. Harga ritel resmi Rp9,999 juta, sedangkan harga pasar Rp9,5 juta.

      Kalau wajib dual SIM, ada ROG Phone II.

  132. Yth Om HSW,

    mau tanya untuk Infinix S5 dengan harga skg kurang lebih Rp. 2.050.000,- ram 6/128, produk alternatif apa yg sebanding dengan RAM internal tersebut? tidak peduli kualitas kamera yang penting RAM & Storage nya.
    Terima kasih. GBU

    1. Pak Lee Chong Wei,

      Kalau ingin merek lain dengan konfigurasi RAM 6 GB dan ROM 128 GB, tetapi harga setara dengan Infinix S5, tidak ada deh, Pak.

      Perlu diingat, S5 bisa terlihat murah karena menggunakan prosesor yang sudah ketinggalan zaman. Harga dari merek Infinix juga lebih rendah daripada, misalnya, Realme, Xiaomi, dan Oppo.

      Belum lagi kalau kita membicarakan layanan purna jual dan masa depan merek. Semester kedua tahun lalu Infinix menutup beberapa pusat perbaikan resmi eksklusif dan malahan beralih ke menggunakan tempat servis multimerek.

      1. Jadi, kesimpulannya Infinix mengorbankan prosesor untuk meningkatkan RAM/ROM dan mematok harga jual dibawah Realme dan Xiaomi ya Pak. Mohon pencerahan apa dampaknya pada kinerja ponsel jika kecepatan prosesor diturunkan tapi RAM/ROM ditambah dan sebaliknya RAM/ROM kecil tapi prosesor cepat?

        1. Pak Hardiko,

          Salah satunya itu. Bukan prosesor sama, tapi kecepatan diturunkan lho. Intinya begini, Infinix cenderung menggunakan prosesor keluaran lama. Prosesor yang sudah nggak menarik lagi, tapi harganya telah menurun.

          Sudah deh, lupakan Infinix. Kalau mau cari yang harga miring dengan masa depan lebih jelas, cermati saja Xiaomi dan Realme.

          1. Baiklah, jawaban ini sekaligus mengonfirmasi kenapa Pak HSW tidak lagi membuat ulasan tentang produk Infinix hehe. Usul Pak, kan sudah 1 semester berjalan mungkin bisa dibuat daftar ponsel layak beli kategori low end, mid end dan flagship versi HSW. Teknologi cepat berkembang, produk hitungan hari muncul terus jadi kalau nunggu 1 tahun daftar ponsel ter… akan sangat lama dan mungkin produknya sudah tidak menarik lagi. Saran saja Pak *peace ^_^

          2. Pak Hardiko,

            Dengan pergerakan pasar yang sangat cepat, saya takkan membuat daftar itu.

  133. Hai Pak HSW, saya ingin bertanya lebih baik mana untuk saya beli, Redmi Note 9 Pro atau Samsung Galaxy A71? Untuk penggunaan jangka panjang bahkan sampai 3tahunan kedepan, dan juga saya suka main PUBGM,
    Terimakasih

    1. Pak Momoko Gulo,

      Redmi Note 9 Pro dong. Lupakan #SamsungCoret.

      Btw, ponsel kelas menengah merek apa pun idealnya dipakai selama 1,5-2 tahun saja. Setelah itu idealnya dilakukan peremajaan.

  134. pak, saya punya budget antara 2 juta-2,5 juta, kebutuhan hp nya buat foto, video, editing foto sama video. rekomendasi hp yang worth to buy aoa ya?
    trima kasih

    1. Pak Andri,

      Dengan kriteria seperti itu, mestinya beli ponsel flagship deh, Pak. Editing video kan perlu spesifikasi teknis yang cukup tinggi.

  135. Pak Herry SW,

    Karena saya termasuk kaum mendang mending, jadi saya mau tanya mending mana Mi Note 10/10 Pro vs Poco F2 Pro, bisa diinformasikan kelebihan masing-masing gawai.. oh iya kalau boleh tanya lagi dari sisi kamera lebih bagus mana antara 3 gawai tersebut. Terima kasih banyak atas jawabannya.

    Semoga sehat selalu Pak.

    1. Pak Tonni,

      Belum bisa saya jawab karena F2 Pro masih dalam masa uji pakai. Silakan menanyakannya lagi pada 30 Juli 2020.

      1. Pak Herry SW,

        Jadi bagaimana Pak, kelebihan masing-masing Mi Note 10/10 Pro dan Poco F2 Pro, lalu dari sisi kamera lebih baik mana?
        Terima kasih banyak

        1. Pak Tonni,

          Saya merasa hasil kamera Mi Note 10 Pro lebih bagus. Poco F2 Pro lebih unggul di kegegasan dan suhu ponsel yang tidak pernah terasa panas. Letak kamera belakang yang di tengah bodi, menurut saya, juga menjadi nilai plus.

  136. om herry sw apakah sudah mengetes vivo x50 pro? untuk pilihan maksimal 10 juta rupiah, lebih menarik dan sepadan mana dengan harga diantara pilihan vivo x50 pro atau xiaomi mi 10?
    untuk mi 10, apakah garansinya 18 bulan ataukan 12 bulan? karena beberapa seri redmi ada yg 18 bulan. Terima Kasih.

    1. Pak Pasal Jonathan,

      Saya belum menguji pakai X50 Pro.

      Belum tahu. Lha X50 Pro-nya kan belum saya coba.

      Mi 10 bergaransi 24 bulan.

  137. Selamat Pagi Om Herry,
    saat ini saya pake redmi note 5.
    perlu upgrade handphone dengan kisaran harga 3-4 juta.
    saya lebih mengutamakan kamera dan layar amoled atau super amoled.
    mohon rekomendasi hp yg sesuai, Om.

  138. Pak Herry, saya liat iklan ADVAN G5 dengan harga Rp. 1.300.000 dengan spek yang tergolong “wah” apakah pka Herry merekomendasikannya? Karena saya sedang mencari pengganti untuk MOTO E PLUS. Terima kasih.

    1. Pak Kharisma,

      Ha ha ha mending dilupakan deh. Belilah merek yang bermasa depan lebih jelas. Minimal ambil Realme atau Redmi/Xiaomi gitu. Lupakan Advan, Infinix, dan seluruh ponsel merek lokal.

  139. Pak Herry, saya punya dana -+ 3jt, saya berencana beli Iphone 7 second. Kebutuhan saya harus bisa memenuhi aktivitas sosmed yg gegas dan lancar multitasking karena kerjaan saya handle beberapa akun IG klien dan sesekali foto dan merekam video. Bisakah saya minta saran lebih baik tetap dipilihan iphone atau cari alternatif android yg sepadan, Pak? Terimakasih.

    1. Pak Yudha,

      Daripada membeli iPhone 7 bekas, saya sih lebih condong membeli ponsel lain dalam kondisi baru dan bergaransi resmi. Misalnya, Realme 5 Pro (kurang dari Rp3 juta) atau Redmi Note 9 Pro (lebih dari Rp3 juta).

  140. Mau Tanya pak .
    Pengen beli hp haraga 3 jt an yang ram 8 GB untuk kerja guru tapi bingung. Mau plih xiaomi , oppo , vivo apa samsung?
    Mohon pencerahan nya pak…
    Trima kasih.

  141. Selamat malam om Herry SW,
    Saya ingin membeli ponsel baru dengan budget maksimal Rp. 4jt. Inginnya saya ponsel dengan memory internal minimal 32gb namun 64gb lebih diutamakan, dan minimal ram 4gb. Kamera tidak menjadi prioritas bagi saya, yang penting performanya mantap dan layanan purna jualnya tidak mengecewakan. Mohon rekomendasinya om, terima kasih dan saya doakan sehat selalu untuk om Herry SW.

    1. Pak Vicky Damara,

      * Langsung saya arahkan ke ponsel dengan harga mendekati anggaran maksimal dulu ya: Redmi Note 9 Pro varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB.

      * Kalau mau yang lebih murah, tetapi tetap sesuai kriteria Anda: Redmi Note 8 Pro 6/64. Harga barunya kurang dari Rp3 juta.

  142. selamat malam om herry, saya ingin bertanya karna om herry kan saat ini sedang memakai x50 pro dan juga sudah memakai mi note 10 pro. Nah sampai saat ini lebih condong kemana berdasarkan fleksibelitas pemakaian yg uda dicoba.

    1. Pak Budi,

      Silakan menanyakannya lagi minggu depan ya. X50 Pro-nya baru sedikit sekali saya eksplorasi.

  143. Pak Herry mohon rekomendasinya, saat ini saya pakai mi 6, pengen ganti hp dengan budget maks. 3,5 juta, kebutuhan utama kamera yg bagus, batere cukup oke dan gegas untuk sosmed. Kira-kira hp apa yg cocok dengan spek umumnya lebih tinggi dari mi 6 atau paling tidak setara?
    Terima kasih

  144. Pak Herry, mohon rekomendasinya, saat ini saya pengguna Samsung A8(2018), lagi cari2 hp pengganti dengan kualitas kamera yg sama,usb type C, storage min 128G, memory min 4G, snapdragon, budget max 4 jt (klo bisa dibawah itu), bukan xiaomi, syukur2 ada NFC-nya. kira2 rekomendasi merk dan tipe apa?

  145. Selamat malam Pak Herry SW, mau tanya:
    1. Untuk Redmi 8 vs Redmi 9 lebih bagus mana dalam segala aspek, karena saya ragu dengan Redmi 9 karena memakai cipset mediatek
    2. Akankah seri Redmi 9A akan resmi beredar di indonesia koh?
    3. Untuk gawai merk infinik apakah layak beli? Aftersalesnya bagaimana koh?
    4. Apakah gawai brand Asus sekarang masih eksis?
    Trimakasih

    1. Pak Damar,

      1. Saya belum bisa menjawabnya karena belum mencoba Redmi 9. MediaTek sekarang sudah jauh lebih baik daripada bertahun-tahun silam lho.

      2. Seharusnya iya.

      3. Ponsel merek Infinix sebaiknya mulai dilupakan. Selain rutin menggunakan prosesor lama, masa depannya mulai patut dipertanyakan. Lebih baik membeli merek lain yang lebih bermasa depan jelas, dengan harga jual yang tak kalah kompetitif. Misalnya, Realme dan Xiaomi.

      4. Masih. Namun, sejak tahun lalu mereka hanya bermain di segmen flagship dan gaming. Mereka tidak bermain lagi di kelas pemula dan menengah.

  146. Dear pak Herry,

    Apakah HP merek Sharp masuk resmi di Indonesia dengan distributor yang bisa dipercaya? Jangan sampai 1-2 tahun terus stop.

    Terima kasih

  147. Om herry misal charger xiaomi yang quick charger di shoppe di pakai di hp non xiaomi yang support quick charger apa aman om ? Misal untuk nokia 8 om herry.

  148. selamat malam om herry, saya ingin bertanya di timeline twitter om herry ad post casenya huawei p40 yg dijual bekas itu. Nah saya hanya ingin bertanya apa case sejenis itu terasa nyaman ? Soalnya saya sepertinya jg ingin membeli case spt itu jg.

    1. Pak Bobi,

      Secara umum nyaman. Kamera belakang jadi terlindung. Sisi minusnya, sisi depan case kurang tinggi. Jadi, kalau ponsel diletakkan di meja dengan posisi terbalik (layar menghadap meja) lalu sengaja digeser-geser, permukaan layar agak bersegekan dengan meja.

  149. Pak Herry, klo budget hanya 500rb an apa bisa dpt HP yg sekadar WA dan youtube an serta masih layak pake 1-2th ke depan, mohon infonya.. Thx u

      1. Sy menggunakan xiaomi redminote 8 pro 6/128 externalnya sy tmbahkan sandisk 128 gb. Jd total rom 256gb tp kok saya sering mengalami file rusak setiap kali sy meng copy file dr internal hp ke external. File video atw film sering rusak atw tdk dibsa diplay. Pdhal ketrngan xiaomi type tsb mampu up external 256gb. Mohon sarannya.. Tks

        1. Bu Dewi,

          Mohon maaf atas respons saya yang sangat lama.

          Saya sudah bertahun-tahun tak pernah memasangkan kartu microSD ke ponsel lagi. Saya hanya mengandalkan memori internal bawaan ponsel.

          Terkait kasus Anda, apakah kartu microSD itu sebelumnya berfungsi normal saat dipasangkan ke ponsel lain? Saya khawatir kartu microSD Anda kebetulan palsu.

  150. Yth Pak HSW

    1. Untuk iPHONE 7 PLUS 128 GB dan INFINIX NOTE 7 di tahun ini apakah layak beli? karena saya mau meremajakan ponsel saya yakni iPhone 5s & Oppo F3.
    2. Untuk Helio G70 apakah dgn harga yang ditawarkan oleh Inifinix sepadan? apa mungkin dari Pak HSW ada saran produk alternatif lain nya? karena saya butuh 2 device untuk entertainment dan kerja.
    3. Dengan harga Rp. 399,000,- apakah Mi Band 4 layak beli? alternatif lainya Infinix X band 3 / Samsung Galaxy Fit E, apakah recommended atau ada alternatif lain di rentang harga yang kurang lebih 300-400 ribuan?

    Terima kasih pak. 🙂

    1. Pak Liew Daren,

      1. Kalau Anda perlu iPhone baru dan bergaransi resmi dengan harga terendah, iPhone 7 Plus mestinya masih layak. Ponsel Infinix tipe apa pun sebaiknya dilupakan saja. Masa depannya meragukan. Semester kedua tahun lalu mereka menutup pusat perbaikan resmi eksklusif di beberapa kota.

      2. Sudah deh, lupakan Infinix. Anggaran Bapak maksimal berapa?

      3. Lupakan Infinix. Saya kan aktivis #SamsungCoret. Silakan melirik Mi Band 4. Huawei Band 4 juga boleh dipertimbangkan.

      1. Halo.. Pagi Om HSW
        saya mau tanya

        1. Untuk Smart TV saya rencana ada mau ambil ukuran 32” , lebih prefer mana ya dari OM HSW, lebih baik ambil punya Mi TV 4A Xiaomi atau yang terbaru Realme TV ??

        2. Untuk bulan september nanti saya lihat di internet rencanya Infinix Zero 8 akan meluncur dgn prosesor Mediatek Helio G90T yang mna cocok untuk gaming, rumornya dibanderol dengan harga kurang lebih Rp. 3juta. Klau sampai terealisasi, apakah ada produk alternatif lain nya yang prosesornya setara, karena prosesor itu diklaim bisa menyaingi Snapdragon 730G. Untuk budget maksimal Rp. 3,750,000,-, saya gunakam gawai tersebut khusus untuk gaming serta entertainment saja.

        3. Saya ada mau ambil Xiaomi Mi Band 4 dengan harga terkahir di retail Mi Store Rp. 399.000 tetapi dengan adanya Mi Band 5 yang kemarin diluncurkan harganya Rp.449.000, beda sekitar 50rb, lebih baik saya menunggu atau tidak ya? sembari menunggu kemungkinan kalau Mi Band 4 turun harga? kebutuhan saya akan Mi Band tersebut sebenanya tidak urgent.

        4. Saya punya koleksi HP lama mulai dari contoh Samsung SGH 900, Samsung SGH-T200, Nokia 3105 CDMA, Nexian, Mito, Philips Xenium, Sony Erricson W830i, dan sampai thn ini, ada beberapa device android, apple lainya juga yang saya simpan jumlahnya kurang lebih ada 100 item, tapi saya bingung bagaimana caranya menyimpan serta merawat gawai – gawai tsb? apa OM HSW ada saran bagaimana cara menyimpan gawai lama tsb yang baik dan benar? karena sementara ini saya letakkan di rak plastik, dan saya alasi dengan kain saja, baterai saya lepas semua.

        terima kasih advice dan bantuan nya om. God bless

        1. Pak Lee Chong Wei,

          Mohon maaf atas respons yang superlama. Serius nih pemain bulutangkis terkenal bertanya kepada saya? 🙂

          1. Tak tahu. Saya tidak pernah mencoba Android TV.

          2. Sebelum ada perubahan ke arah positif, menurut saya, ponsel Infinix tipe apa pun sebaiknya dilupakan. Hmmm… spesifik gaming ya. Saya tidak berani menjawab karena saya bukan penggemar game.

          3. Kalau kebutuhan tidak mendesak, ya silakan menunggu sampai harganya Anda anggap sudah paling tepat.

          4. Masukkan ponselnya ke dry box seperti yang biasa dipakai fotografer untuk menyimpan kamera. Secara berkala nyalakan dan gunakan ponsel. Baterai yang dayanya sudah lemah di-charge hingga 50-70%.

  151. Selamat sore, Pak Herry..
    Dengan budget maksimal 2 juta, ponsel apa selain Redmi Note 7 atau Redmi Note 8 yang bisa direkomendasikan untuk anak SMP kelas 1 dengan kebutuhan belajar online dan bermain game? Kalau Asus Zenfone Max Pro M1 masih layak beli tidak, Pak?
    Terima kasih

    1. Bu Dhini,

      Redmi 9. Namun, ya mending Redmi Note 8.

      Zenfone Max Pro M1 untuk ukuran saat ini sudah tidak menarik.

    2. Kalau Redmi 8A bagaimana, Pak? Redmi Note 8 varian RAM 3 GB ROM 32 GB sepemantauan saya sudah jarang beredar di pasaran, kalau pun ada harganya di atas 2 juta. Begitu pun untuk varian RAM 6 GB ROM 64 GB.
      Selain merek Xiaomi, apakah ada merek lain yang bisa direkomendasikan?
      Terima kasih

      1. Bu Dhini,

        Kalau begitu ya ambil Redmi Note 7 4/64 saja.

        Hmm… merek lain dengan harga maksimal Rp2 juta belum ada yang benar-benar nendang.

        1. Maaf, Pak Herry.. sampai saat ini saya belum menemukan harga jual Xiaomi Redmi Note 7 di bawah 2 juta, seperti yang Bapak sarankan. Justru harganya sama atau bahkan lebih tinggi daripada Xiaomi Redmi Note 8. Kalau kebutuhannya sama tapi standarnya agak diturunkan, apakah Xiaomi Redmi 9 atau 9A bisa masuk rekomendasi, Pak? Terima kasih.

          1. Bu Dhini,

            Coba mampir ke Mi Store atau Mi Shop untuk mencari Redmi Note 7. Varian 3/32 memang sudah sangat sulit. Boleh dibilang stok nol. Sedangkan varian lain masih bisa didapatkan, walaupun tidak sampai banjir.

            Kalau mau turun kelas, ya silakan ambil Redmi 9. Jangan Redmi 9A karena itu ibarat terjun ke dasar jurang. Jauh banget spesifikasinya.

  152. pagi om herry, saya ingin menanyakan kembali pertanyaan saya mgg lalu, bagaimana pemakaian vivo x50nya ? Apakah sangat layak dibeli ? Dan bagaimana jika dibandingkan dgn mi 10/mi note 10?

    1. Pak Budi,

      Saya tidak mencoba Vivo X50 lho. Yang saya uji Vivo X50 Pro.

      Kalau hanya fokus ke kamera dan tanpa melihat harga, X50 Pro jadi pilihan pertama. Namun, kalau kesepadanan harga dan kinerja keseluruhan dilibatkan, pilihan pertama berubah ke Mi Note 10.

  153. Selamat sore pak Herry
    Saya mau nanya kalo ponsel huawei kan sudah diblokir google,lalu apakah pemakaianya di indonesia jadi kesulitan?
    Dalam hal apa saja jadi muncul masalah pak?
    Terima kasih

    1. Pak Heri,

      Bagi saya sih jadi terasa merepotkan. Contohnya:
      1. Belum bisa pakai Ovo.
      2. Belum bisa pakai Go-Jek.
      3. Belum bisa pakai Grab secara optimal. Sudah bisa pesan, tapi petanya tidak muncul.
      4. Repot sinkron data dengan Google.
      5. WhatsApp bisa dipakai, tetapi tidak bisa mengambil backup dari Google Drive. Membuat backup ke Google Drive juga tak bisa.
      6. Tidak bisa merasakan nikmatnya push email ala Gmail.
      7. Mau lihat YouTube mesti dari browser.
      8. Masih banyak lagi deh.

  154. Pak HSW, apakah bapak pernah mencoba menggunakan hp google pixel? Jika pernah, apakah rekomended? Dari spesifikasi yg muncul di internet apakah google pixel 4a rekomen?

    1. Pak Momoko Gulo,

      Google Pixel tipe apa pun tidak ada yang beredar resmi di sini. Jadi, ya saya pasti takkan merekomendasikannya.

  155. Koh herry,
    Charger xiaomi yang di shoppe yang di twitter nya koh herry, itu misalkan di pakai di hp merk lain yang support quick charger misalnya nokia, apakah aman ?
    Terima Kasih.

  156. Pak Herry SW,

    Saya ada kebutuhan menulis rangkuman atas ecourse yang telah saya ikuti, menulis rencana harian dan tentunya mengikuti ecourse dimanapun saya berada di dalam rumah (sudah ada laptop dan kurang fleksibel). Jika keputusan saya membeli ipad Air gen 3 2019 dan apple pencil gen 1 apakah sudah tepat?

    Diperuntukkan untuk hal lain apa sajakah 2 gawai tersebut? Terima kasih atas jawabannya.

    1. Pak Rizki Akbariyan Prabowo,

      Saya tak berani menjawab karena sudah bertahun-tahun tidak menguji pakai tablet keluaran terbaru, apalagi produk Apple. Saya terakhir menggunakan iPad saat iPad generasi pertama hadir. Sudah lama sekali, bukan?

  157. Selamat siang Koh
    mau minta rekomendasi, saat ini budget ada 2,5 jt
    pilihan saya saat ini adalah redmi 9 (4/64) dan redmi note 8 (4/64)
    penggunaan untuk sosmed dan game sesekali (seperti pubg atau ML)
    pertimbangan buat kamera kalo bisa terbaik untuk kelas harga segini
    trus triple slot
    kira-kira pilih yang mana ya Koh, redmi 9 atau redmi note 8?
    atau kalau misalnya ada rekomendasi lain kira-kira apa Koh
    Terima kasih

    1. Pak Vander,

      Lain kali pertanyaan yang sama cukup dikirimkan satu kali ya.

      Silakan mengecek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

  158. Selamat malam pak Herry SW.
    Mau tanya nih. Hp apa yg kamera belakang dan depannya bagus dalam kondisi melimpah cahaya atau minim cahaya. Hp digunakan gegas. Batre awet dan layar bening dan enak dilihat. Budget 3jtan atau 4jt lebih dikit.
    Terimakasih

    1. Pak Irwan,

      Hmmm… anggaran perlu dilipatduakan dulu deh. Kalau anggaran tetap segitu, yang paling mendekati Redmi Note 9 Pro.

      1. Oh jadi dikisaran harga 3jtan rekomendasinya redmi note 9 pro ya koh.
        Mau tanya lg nih. Kalo dibandingkan dengan realme 6 pro sama redmi note 9 pro gimana ya? Dilihat dari performa kamera depan belakangnya, kegegasan hp dan daya tahan batrenya? Terus ada rekomendasi lain kah selain dr brand redmi, realme, atau xiaomi? Dengan kisaran harga 3jtan.
        Satu lagi, kalo dibawah 3jt rekomendasinya apa ya pak? Kamera bagus untuk harga dibawah 3jt, batre awet dan gegas jg hpnya.
        Terimakasih sekali lagi pak

        1. Pak Irwan,

          Mohon maaf atas keterlambatan respons.

          Benar, Redmi Note 9 Pro.

          Realme 6 Pro kan Rp4 jutaan, Pak. Kalau Anda suka warna yang vivid atau ngejreng, kamera Realme 6 Pro bakal lebih memuaskan daripada Redmi Note 9 Pro. Kegegasan imbang. Baterai lebih awet Redmi Note 9 Pro.

          Rp3 jutaan ya? Hmmm… ketemunya ya Realme dan Xiaomi (termasuk Redmi) saja sih. Yang lain kalah nendang.

          Rp3 juta, kamera bagus, baterai awet, dan gegas? Realme 5 Pro.

          1. Terimakasih rekomendasinya pak Herry.
            Nanya lg dong pak, ada rencana mau beliin hp untuk bapak saya. Rentang harga 2jtan aja. Dengan spek kamera bagus (karena untuk foto burung peliharaannya dan foto acara lomba), hp gegas dan batre awet. Kira kira apa ya pak?
            Sekali lg terimakasih pak Herry

          2. Sekali lagi terimakasih atas rekomendasinya pak Herry.

            Tapi saya jadi bingung nih pak. Realme baru ngeluarin hp baru. Realme C17. Kalo realme 5 pro dengan realme C17, kualitas kameranya gimana ya pak? Mending ambil realme 5 pro atau realme C17 untuk bapak saya?
            Satu lagi keluaran terbaru dari Realme, yaitu Realme 7. Kira kira gimana kualitas kameranya ya dibandingkan dg realme 6 pro dan Redmi note 9 pro?

          3. Pak Irwan,

            Realme C17 kan belum beredar resmi. Kalau setiap akan membeli ponsel baru kemudian Anda galau karena ada tipe baru yang hadir, ya sampai seumur hidup batal beli ponsel deh.

            Kamera Realme 7 lebih bagus daripada Realme 5 Pro, Realme 6 Pro, dan Redmi Note 9 Pro.

  159. Ko Herry minta rekomendasi kalau bajet nya 5-6juta untuk hp dg kamera yg bagus dan baterai yg awet
    saya tertarik dg mi note 10 tapi kelihatan barangnya mulai diskontinyu. trimakasih

      1. Koh herry
        Minta rekomendasi smartphone budget sekarang 3,5 juta, kalo nunggu sebulan sih bisa sampe 4 juta. Kebutuhan untuk sosmed dan jualan online. Pengen yg layar cerah, batere awet, ngecas cepat penuh, storage gede (hape yg sekarang redmi note 5 4/64gb penuh terus) , dual sim dan ada slot memory, kamera bagus dan ada lensa makro.
        Tertarik redmi note 9 pro 8/128, tapi barang susah. Naksir juga realmi xt. Tolong bantu rekomendasi nya koh. Makasih

        1. Pak Abbas,

          Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

          Saya sih menyarankan Redmi Note 9 Pro. Coba inden varian 8/128 melalui Mi Store from Home. Ini nomor WhatsApp-nya: 0816 10 1908.

          Realmi XT? Tak ada ponsel dengan nama tersebut.

          1. Terimakasih koh herry. Saya sdh ikuti anjuran koh herry minta bantuan ke mi store from home, dan dengan cepat di arahkan ke konter erafon yg ada di dalam gerai indosat di kota saya (saya malah tidak tahu erafone sdh buka cabang di kota saya). Jawaban ini saya tulis pake redmi note 9 pro 8/16. Sekali lagi terimakasih koh

          2. Pak Abbas,

            Mohon maaf atas respons yang superlama.

            Terima kasih atas update-nya, Pak. Mungkin yang Bapak maksud Redmi Note 9 Pro 8/128 ya. Sebab, tidak ada varian 8/16.

  160. Ko Herry,

    Maaf saya mau nanya ko, saat ini untuk Redmi 9 dan Realmi C11 dengan harga sama dan Ram dan Rom sama (3/32), manakah yang lebih layak dibeli ko?

    Pertimbangan saya ada di kamera, diperlukan untuk kadang memfoto objek kecil (sparepart hp, notebook), dan anak bayi..
    Selain itu saya membutuhkan hp yang support smartfren VOLTE
    Penggunaan lain : untuk email, WA, Twitter, game hanya game angrybird dan youtube go..

    Apakah bisa dibantu diberi preferensi ya ko?

    Terima kasih

    1. Bu Mia,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Realmi C11? Tak ada ponsel bernama itu. Yang ada Realme C11. Benarkah itu yang Anda maksud?

      Kamera lebih bagus C11. Dua ponsel itu sama-sama mendukung native VoLTE Smartfren. Tingkat kegegasan Redmi 9 jauh lebih tinggi daripada C11.

      Nah, kuncinya sekarang, Anda lebih mementingkan kamera atau kinerja keseluruhan? Kalau kamera, silakan ambil C11, tetapi siap-siap dengan ponsel yang nge-lag dan layar sentuh kurang nyaman ya.

      Kalau kinerja keseluruhan, pilihlah Redmi 9. Kameranya tak sampai hancur lebur sih. Namun, memang kalah prima dibandingkan hasil jepretan kamera C11.

  161. Ko Herry,
    Maaf saya mau nanya ko, saat ini untuk Redmi 9 dan Realmi C11 dengan harga sama dan Ram dan Rom sama (3/32), manakah yang lebih layak dibeli ko?
    Pertimbangan saya ada di kamera, diperlukan untuk kadang memfoto objek kecil (sparepart hp, notebook), dan anak bayi..
    Selain itu saya membutuhkan hp yang support smartfren VOLTE
    Penggunaan lain : untuk email, WA, Twitter, game hanya game angrybird dan youtube go..

    Apakah bisa dibantu diberi preferensi ya ko? Terima kasih

    Oh iya, untuk budget maksimal di 1.75..
    Saya tertarik di Xiaomi 9A, tapi apakah menurut ko herry lebih layak dibeli yang mana ya ko?

    Saya sempat melihat review Ko Herry tentang Realme dan sangat tertarik dengan C11..
    (terlebih selama ini menggunakan Oppo F1 dan Vivo Y53, kelihatannya secara OS tidak terlalu berbeda apabila dibandingkan dengan Xiaomi ya?)

    Terima kasih ko..

    1. Bu Mia,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      * Pertanyaan yang sama harap dikirimkan sekali saja. Redmi 9 vs Realme C11 sudah saya jawab di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

      * Xiaomi 9A? Belum ada ponsel dengan nama tersebut.

      1. Dear Ko Herry,

        Maaf ko, kemaren yang pertanyaan pertama belum lengkap..

        Baik ko, kalau begitu lebih OK di redmi 9 ya..
        Meskipun hasil foto tidak sebagus realme 11..

        Terima kasih ko herry..

        1. Bu Mia,

          Mohon maaf atas respons yang superlama.

          Tidak ada ponsel bernama Realme 11. Kalau yang dimaksud adalah Realme C11, iya… mending beli Redmi 9 daripada C11.

  162. Ko Herry, saya dagang online memakai WA business nomor telepon 031 99xx xxxx nomor fixed-line Telkom. Ada 3 nomor fixed-line Telkom dan seluruhnya WA business. Ponsel manakah menurut Ko Herry dapat menjalankan bersamaan 3 WA business dalam 1 Ponsel ?
    Fixed-line yang dipakai rumah mama, rumah cece & rumah saya, Ko. Terima kasih sebelumnya ya Ko.

    1. Pak Petra A.,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban.

      Tiga WhatsApp Business di satu ponsel? Rasanya belum ada ponsel yang bisa deh.

      1. Makasih Ko Herry balasannya.

        Apakah pada Redmi Note 9 Pro (semua varian) sudah terinstall Aplikasi Klon ?

        Maksud saya, Aplikasi Klon untuk menjalankan 2 nomor WhatsApp Business sekaligus pada Redmi Note 9 Pro ya Ko.

        Terima kasih sebelumnya, Ko.

        1. Pak Petra A.

          Mohon maaf atas respons yang superlama.

          Di Redmi Note 9 Pro sudah ada fitur bawaan dual apps. WhatsApp bisa digandakan. Namun, untuk WhatsApp Business saya tak tahu. Kebetulan saya hanya memakai WhatsApp reguler.

    2. Ko Herry,saya mau beli hp buat anak sekolah,dana maksimal 1,5 kira”hp apa yang bagus ya ko,pilihan saya antara redmi 8a pro apa realme c11,atau ada rekomendasi yang lain ko.terimakasih

        1. Terimakasih ko herry,jadinya saya tertarik beli redmi 9 yang 3/32.dananya hanya dapat yang 3/32.kalau beli kepala carger yang 18 watt buat redmi 9 apa kabelnya bisa pake kabel bawaan ko.terimakasih

  163. Koh
    Antara vivo z1 pro sama realme 5 pro pilih mana?
    Cari yg enak buat gaming dan memori besar
    Harga juga kalo bisa dibawah 3jt
    Makasih sebelumnya

    1. Pak Aria,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Berarti, nggak perlu kamera bagus ya? Jenis konektor charger yang dipakai juga tak masalah?

      Kalau kondisinya demikian, mending Vivo Z1 Pro. Harga baru sudah lama kurang dari Rp3 juta.

  164. Misi Pak Herry mau nanya lagi tp agak OOT ya..

    Btw, nomor IMEI ponsel jadul alias lawas bisa kah statusnya menjadi ‘tidak terdaftar’ lagi di database Kemenperin? Sekadar penasaran aja, soalnya barusan iseng2 nyoba ngecek status IMEI smartphone jadul saya di website Kemenperin kok munculnya ‘IMEI tidak terdaftar’, he he.. TRIMS ??

    1. Pak Dico Sugandhiko,

      Mohon maaf atas respons yang superlama.

      Dulu sempat terdaftar atau tidak, Pak? Kalau IMEI ponsel saat dicek selalu dibilang tidak terdaftar, tetapi sampai sekarang ponsel masih berfungsi normal, berkali-kali saya menjumpainya.

      Namun, kalau dulu dibilang terdaftar, tetapi kemudian berubah menjadi tidak terdaftar, saya belum pernah menemukannya.

  165. Sore Pak Hery,

    barusan lihat acara peluncuran gawai Infinix terbaru, dengan harga Rp. 3,099,000, prosesor Helio G90T apakah Infinix Zero 8 layak untuk dipinang? apa ada alternatif produk lain nya mungkin? max budget 4jt. trima kasih

    1. Pak Tee Kuan Chiuw,

      Mohon maaf atas respons yang superlama.

      Sebelum ada perubahan ke arah positif, ponsel Infinix tipe apa pun sebaiknya dilupakan.

      Silakan melirik Realme 7 Rp3,999 juta.

  166. Selamat siang om Herry
    Saya ingin membeli ponsel baru dg anggaran dibawah 3jt, pertimbangannya ruang penyimpanan yg lapang serta performa keseluruhan yg bagus (kamera tdk dihitung), menurut om Herry ponsel apa saja yg bisa menjadi pilihan,

    Terimakasih,,

  167. Selamat pagi Ko Herry,

    Mohon referensinya untuk ponsel dengan bandrol max 2 juta. Adapun kriterianya kualitas kamera bagus, performa cukup untuk kegiatan medsos dan multitasking (sangat jarang digunakan untuk game), kualitas produk cukup baik (ketahanan dalam pemakaian) dan pelayanan servis yang cukup bagus.

    Terimakasih sebelumnya.

    1. Pak Indiarto,

      Mohon maaf atas respons yang superlama.

      Dengan kriteria seperti yang Anda sebutkan, jawabannya tidak ada ponsel yang memenuhi syarat. Yang paling mendekati, tetapi Anda harus menambah anggaran Rp100 ribuan, adalah Redmi Note 8.

  168. Pak Herry..
    Mau tanya nih, rentang harga 2 juta kecil, smartphone yang di rekomendasi kan apa ya? Keperluan sosmed, wa, game ringan(cooking mama dll) kamera dikit prefer xiaomi
    Untuk redmi Note 8, 4/64 apakah ada keluhan touchdelay atau masalah lain yang cukup mengganggu, tq

    1. Pak Roy,

      Mohon maaf karena respons saya superlama.

      Kalau kebutuhannya itu, sebenarnya ada Redmi Note 9. Namun, saya baru akan mulai mencobanya minggu depan.

      Redmi Note 8 seharusnya sudah tidak ada keluhan touch delay.

  169. Ko Herry,

    Saya sekarang memegang Xiaomi Redmi Note 4. Saya ingin upgrade dengan budget berkisar di angka Rp3 juta sampai Rp 5 juta. Untuk yang ditekankan adalah kualitas kamera yang mumpuni untuk video serta perekaman audio yang terbilang jelas dan jernih mengingat akan banyak saya gunakan untuk menonton konser musik. Untuk gaming, saya tidak terlalu ambil pusing. Apakah ada rekomendasi?

    Sekiranya untuk saat ini pula, apakah ada hape yang berukuran cukup kecil? Dengan layar sekitar 5 inci. Ini akan jadi nilai plus bagi saya.

    1. Pak Abraham,

      Mohon maaf karena respons saya superlama.

      * Karena akan dipakai untuk merekam konser musik, rasanya Anda perlu membeli ponsel flagship yang harganya tentu lebih dari Rp5 juta. Namun, kalau tetap ingin mematok anggaran maksimal Rp5 juta, coba lihat-lihat demo unit Realme 7 dulu di pusat penjualan ponsel.

      * Pada 2 Oktober mendatang iPhone SE 2020 akan mulai dijual resmi di Indonesia.

  170. Pak Herry, saya meminta rekomendasi smartphone dengan anggaran maksimal Rp3 juta. Harus memiliki kapasitas penyimpanan internal minimal 64gb dan prosesor kencang untuk bermain game.

    Terima kasih

  171. koh herry

    bugjet minimalis

    under 1 juta atau lebih 2 dikit, buat anak sma keperluan buat daring

    redmi 9a apa value for money atau ada alternatif lain

    need advise.,.

    1. Pak/Bu Regnewbie,

      Mohon maaf karena respons saya superlama.

      * Under 1 juta: tak ada yang berani saya rekomendasikan.
      * Lebih 2 juta dikit: ada Redmi Note 9, tetapi saya belum pernah mencobanya.

      Redmi 9A jangan dibeli deh. Lagipula harga ponsel itu tidak sesuai kriteria pencarian Anda lho.

  172. Izin nanya lagi pak Herry

    Saya selalu hilang selera kalo ada ponsel yang fitur dan harganya menarik tapi memakai prosesor Mediatek.

    Menurut pengalaman atau yang bapak tau, apakah performa prosesor Snapdragon selalu lebih baik dari Mediatek untuk chipset yang selevel generasinya.
    Terima kasih pak

    1. Pak Heri,

      Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

      Nggak selalu deh. Namun, seringkali Snapdragon memang lebih cetar. Hal yang perlu disadari, MediaTek sekarang sudah banyak berubah ke arah positif dibandingkan zaman dulu.

  173. Ko herry saya kan punya Hp Xiomi redmi not 7 ram 3 dan saya gak cocok sama Xiomi redmi not 7 Ini misalnya kalau hp saya ini Di tukar tambah sama hp realme c3 kira kira saya nambah berapa ya ko atau saya gk nambah ko mohon penjelasannya ko herry

    1. Pak M. Rusli Efendi,

      Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

      Saya malahan baru tahu ada ponsel merek Xiomi, Pak. Apakah itu bergaransi resmi?

  174. Ko herry,

    Saya berencana membeli infinix hot 9 play 4/64 sebagai hape kedua saya (hape utama skr iphone 6), tujuan pembelian hape ini untuk sosmed, chatting dan game” ringan. dengan budget skitar 1.5jt apakah ad option yg lbh baik?

    1. Pak Andy,

      Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

      Sebelum ada perubahan ke arah positif, ponsel Infinix tipe apa pun sebaiknya dilupakan.

      Dengan anggaran sekitar Rp1,5 juta, cuma ketemu Redmi 8A Pro dan Redmi 9C sih.

  175. Ko Herry, mohon maaf saya mau tanya. Saya rencana dalam waktu dekat ini mau beli hp, yang paling nggak kameranya ada pengaturan manual semisal kecepatan rana sampai 30 detik karena saya pake motret bintang/galaksi bimasakti. Dana saya 4 juta rupiah. Saya masih bingung antara Redmi note 9 pro baru atau hp seken yang dulu pernah jadi hp high end misalnya LG G6 kan sekarang harganya sudah lumayan murah. Terima kasih sebelumnya Koh.

    1. Pak Pandu Iswahyudi,

      Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

      Menurut saya, belilah Realme 7. LG G6 sebaiknya dilupakan saja. Karena masa edarnya sudah lama, kemungkinan mendapatkan unit dengan kemampuan baterai telah menurun relatif besar. Padahal, divisi ponsel LG di Indonesia sudah sayonara. Jadi, mau ganti baterai orisinal pun pasti susah.

  176. Ko Herry,
    saya ingin bertanya, saat ini memiliki budget +/- 10 juta maksimal 11 juta.
    berencana meminang smartphone baru.
    sampai saat ini kepikiran mengambil Huawei P30 pro dengan pertimbangan utama kapasitas baterai.
    apakah masih worth untuk ngambil huawei p30 pro yang notabene keluaran 2019? atau ada hp lain yang ko herry rekomendasikan
    terimakasih

    1. Pak Fakhri,

      Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

      Dengan memperhatikan kriteria yang Anda sebutkan, menurut saya, ROG Phone 3 Rp9,999 juta adalah pilihan terbaik saat ini.

  177. Permisi Pak Herry
    Mohon rekomendasi untuk Ponsel Android baru dengan budget maksimal 2 juta yang memiliki baterai tahan lama, lalu memiliki kapasitas yang cukup besar dan lancar untuk bermain sosial media. Saya cukup bingung dengan ponsel 2 juta diberbagai merk soalnya banyak sekali pilihannya, Terimakasih pak sebelumnya.

    1. Pak Izul,

      Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

      Hmmm… kalau anggaran tak bisa ditambah, cobalah mencari Redmi Note 8 3/32 atau Realme C3.

      Kalau anggaran bisa ditambah Rp100 ribuan, ada Redmi Note 8 4/64 atau (yang ini belum saya uji pakai) Redmi Note 9.

    1. Pak Awal,

      Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

      Tak ada. Lha ponsel keluaran terkini memiliki layar lebih dari lima inci.

  178. Halo koh Herry,
    Saya mau tanya HP yang punya memori internal besar,spefisikasi mumpuni untuk gaming dan keperluan sehari-hari,kamera yang gak terlalu buruk,chipset juga yang powerful,dan tentunya HP yang paling up to date. Pilihan saya jatuh ke Realme Narzo (4GB RAM/128GB ROM) dan Redmi Note 9 (6GB/128GB). Sebenernya saya berkeinginan membeli Realme Narzo,yang dari yang saya baca,sudah dilengkapi chipset MediaTek Helio G90T dan sudah mendukung layar 90Hz. Apakah ada referensi pilihan HP lain dengan spesifikasi seperti yang saya sebutkan selain kedua itu? Atau mungkin bisa dimulai dengan perbandingan kedua HP tersebut.
    Terima kasih ko

    1. Pak Rifat P,

      Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

      Silakan melirik Realme 7. Kalau ingin yang lebih murah, ada Redmi Note 8 Pro.

  179. Halo ko Herry,
    Maaf saya ingin bertanya,untuk HP dengan budget Rp. 3.000.000 yang memiliki performa bagus untuk gaming,memiliki memori yang cukup besar,kamera tidak terlalu low quality,dan HP yang paling up to date. Saya tertarik dengan Realme Narzo (4/128) dan Xiaomi Redmi Note 9 (6/128). Diantara kedua HP tersebut lebih baik untuk memilih yang mana? Dan juga apakah ada rekomendasi lain dari ko Herry?
    Sekian,terima kasih

    1. Pak Rifat P.,

      Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

      Kalau spesifik untuk gaming, menurut saya, lebih baik ambil Redmi Note 8 Pro deh.

  180. Pagi ko herry,
    untuk Infinix Zero 8 apakah worthed dgn harga 3,7 jutaan (flash sale 3,1juta)? apakah prosesor helio g90t itu bagus slain untuk dibuat gaming? apa ada saran alternatif lain? budget maksimal 4 juta, tapi saya ndak mau Samsung / Realme. terima kasih, gbu

    1. Pak Tan Boon Heong,

      Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

      Sebelum ada perubahan ke arah positif, ponsel Infinix tipe apa pun sebaiknya dilupakan.

      Awalnya saya akan menyarankan Realme 7, tetapi ternyata Anda tak mau #SamsungCoret dan Realme. Berarti, silakan melirik Redmi Note 9 Pro. Kalau kamera tidak perlu bagus dan mengutamakan gaming, Redmi Note 8 Pro yang lebih murah daripada Redmi Note 9 pro juga layak dipertimbangkan.

  181. Pak Herry, ponsel mana yang hasil video selfie-nya terbaik (untuk live streaming) di harga:
    1. Max 2 juta
    2. Max 2,5 juta
    Terima kasih

    1. Pak Raden Mas,

      Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

      Dengan kriteria seperti itu terus terang saya tidak berani menjawab. Ada dua faktor eksternal yang sangat mempengaruhi, yaitu aplikasi yang dipakai dan koneksi internet. Anggaplah keduanya tak ada kendala, cobalah mencari ponsel keluaran Realme atau Vivo.

  182. Pak Herry, HP saya hisense pureshot tadi saya gunakan untuk livestreaming youtube. Selang satu jam, tiba2 HP mati sendiri sehingga streaming terputus. Saya cek, HP panas banget sampai LCD-nya agak “mangap” (sptnya perekatnya lepas saking panasnya). Untungnya tidak rusak, saya nyalakan lagi masih bisa setelah dingin, meski HP tsb harus saya karet’i agar LCD-nya tidak lepas. Pertanyaan saya
    1. Mengapa ketika dibuat streaming, HP panas dan mati sendiri? Padahal pernah buat merekam video berjam-jam tidak masalah?
    2. Apa rekomendasi HP yang kuat untuk video streaming +/- 3 jam (tidak panas dan kapasitas baterainya besar agar ketika streaming tidak kehabisan daya) untuk harga: max 2 juta dan max 3 juta?

    1. Pak Cak Di,

      Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

      1. Hal itu terjadi karena ponsel bekerja keras. Kamera bekerja tanpa henti dengan koneksi internet yang relatif berat dan terus menerus. Ponsel mati sendiri merupakan bagian dari mekanisme pengamanan yang dilakukan ponsel. Kalau dipaksa menyala terus, padahal ponsel panas, bisa-bisa baterai meledak atau ponsel terbakar.

      Kalau merekam video berjam-jam kok tidak masalah? Sebab, ponsel tak bekerja sekeras saat live streaming.

      2. Hmmm… tidak ada.

  183. Selamat sore Koh,
    mohon saran HP Android dengan kamera yang bagus. Sebelumnya saya pakai Huawei P30Pro, baru 15 bulan mendadak mati total. Kata service resmi huawei IC power yg kena dan harus ganti mesin. Jadi saya menghindari merk Huawei karena sudah tidak percaya lagi. Buat saya yg paling penting kualitas kameranya.

    Terimakasih

    1. Bu/Pak Sasi,

      Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

      Kalau mementingkan kualitas kamera, cobalah melirik Vivo X50 Pro.

  184. Koh Herry, jika mau cari hp baru yg tidak mudah panas ketika livestreaming berjam-jam (pengalaman makai 2 hp, jika panas biasanya ngelag dan macet / mati sendiri), SPESIFIKASI yg manakah pertama kali harus diperhatikan? Terima kasih

    1. Pak Adi Titi,

      Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

      Carilah ponsel yang memiliki sistem pendingin andal. Ponsel flagship atau ponsel gaming (gaming beneran ya, bukan Advan G5 yang diklaim best gaming phone) biasanya mempunyai kemampuan itu.

      1. Ada rekomendasi ponsel mana yang memenuhi kriteria tsb?
        A. Dengan harga termurah (diantara yg mahal2 / memenuhi kriteria)
        B. Harga berapapun tidak masalah, tapi bagus

  185. Ko Herry, saya punya budget maksimal 2,5 juta, mau beliin hp buat ibuk saya. Antara redmi note 8 sama redmi note 9 speknya bagus mana sebenarnya? Penggunaan paling cuma buat sosmed, gak main game. Terimakasih

    1. Pak/Bu Bulan,

      Mohon maaf atas respons saya yang superlama.

      Di atas kertas sih Redmi Note 9. Namun, saya baru akan menguji pakai ponsel itu minggu depan sehingga belum mengetahui kinerja nyatanya kalau diadu dengan Redmi Note 8.

          1. Halo koh, udah seminggu nih, gimana review redmi note 9 koh? Dari segi spesifikasi sama kamera lebih bagus redmi note 8 atau redmi note 9? Makasih koh

          2. Pak Bulan,

            Kebetulan kemarin siang uji pakai selesai. Saya lebih merekomendasikan beli Redmi Note 8.

  186. om saya cari HP kedua, syaratnya punya NFC dan support jaringan 4g smartfren. rekomendasinya dengan budget termurah baik harga baru maupun pasaran harga bekasnya apa ya? terima kasih sebelumnya.

  187. Dulu tahun 2014 saya pakai powerbank delcell nitro 6000 mah karena baca saran dari twitter koh herry.
    Terus tahun 2017 saya lanjut beli delcell blast 9000 mah.
    Saya puas pakai powerbank tersebut.
    Untuk sekarang tahun 2020 menurut koh herry powerbank delcell apa masih recomend ?
    Terima Kasih.
    Angga Nurunda Putra

    1. Pak Angga Nurunda Putra,

      Karena ponsel keluaran terkini banyak yang kapasitas baterainya besar, saya sudah jarang sekali menguji pakai power bank segala merek nih. Jadi, saya tak bisa menjawab pertanyaan Anda.

  188. om mau tanya saya sedang cari handphone kedua keperluannya harus punya NFC dan bisa akses jaringan 4G smartfren. bisa rekomendasikan yang termurah baik harga baru maupun second nya. terima kasih

      1. Hallo, Pak Herry
        Kemarin saya melihat unggahan Pak Herry perihal Redmi Note 9.
        Saya memiliki dana maksimal 2,5 juta
        Saya mengincar Redmi Note 8 dan Redmi Note 9. Dari kedua Smartphone tersebut, manakah yang lebih bagus perihal kamera, terutama di pengambilan gambar di malam hari, dan kestabilan pengambilan video? Apakah Redmi Note 8 di akhir 2020 ini masih worth to buy? Bagaimana pendapat Pak Herry mengenai Redmi Note 9, sebuah peningkatan atau kemunduran?
        Thank you in advance.

        1. Pak Fajar Wisastra,

          Saya belum bisa berkomentar banyak. Lha Redmi Note 9 baru mulai dipakai. Kalau dari sisi kemewahan tampilan, Redmi Note 8 saya nilai lebih bagus.

          1. Bagaimana dengan sisi kamera sekilas Pak? Apakah masih tetap lebih bagus redmi note 8?

  189. Om herry, maaf oot dari semua smartphone yg sudah om herry coba/review dari awal tahun 2020 sampai saat ini memasuki bulan 10.
    Smartphone apa yg paling berkesan sampai om herry menjadikannya sbg ponsel utama utk kesehariannya ?

  190. Saya memiliki anggaran Rp3,5 juta dan ingin membeli ponsel Android baru. Mereknya bebas. Ponsel Android itu harus dual SIM, kameranya bagus(prioritas utama) , dan punya baterai lumayan oke.

    Terima kasih bantuannya Pak Herrysw

  191. Pak herry, saya butuh saran tablet android minimal 8 inch, untuk kebutuhan kerja tabel2 excel, budget max 2,5jt.

  192. Selamat sore ko Herry, saya ingin menanyakan jika budget di bawah dua juta, lebih mending mana ya Redmi note 5 atau Mi A2? Pertimbangannya kamera lumayan bagus, gegas saat dipakai, dan batre tahan lama? Kebetulan nemu di toko online yg masih jual barunya dan garansi resmi TAM. Redmi note 5 4/64 dijual 1.849.000, dan Mi A2 dijual 1.879.000. Atau ada saran ponsel lain ya? Saya prefer Xiaomi karena adanya infra merah yg bisa dipakai untuk remote. Terima kasih. Sehat selalu untuk Ko Herry dan keluarga.

    1. Pak Hary,

      Dua ponsel yang Anda sebutkan sudah terlalu uzur lho. Lagipula kalau Anda dapat harga segitu, sama-sama terlalu tinggi.

      Mungkinkah Bapak menambah anggaran Rp150 ribu sampai Rp200 ribu? Kalau bisa, mending beli Redmi Note 8 4/64.

      1. Pagi ko terima kasih atas balasannya. Rupanya sudah tidak relevan ya membeli kedua tipe ponsel tersebut di tahun 2020 ini? Redmi Note 8 4/64 sekarang harga resminya berapa ya ko? Banyak yang bilang katanya kualitas sinyalnya lemah. Apa ko Herry pernah mengalaminya?

        1. Pak Hary,

          Iya. Kecuali, Anda dapat harga maksimal Rp1,5 juta. Nah… itu boleh dipertimbangkan.

          Harga ritel resmi Redmi Note 8 4/64 Rp2.249.000. Namun, di pasar daring banyak yang menjual dengan harga di bawah Rp2,2 juta. Saya tak mengalami kendala sinyal lemah saat memakai ponsel itu.

          Kalau Anda tak keberatan dengan ponsel bekas, saya ada Redmi Note 9 4/64. Tentu saja bergaransi resmi dan mulus. Usia pemakaian sekitar dua minggu. Harga Rp2,1 juta saja.

          1. Baiklah ko, karena sudah tidak disarankan, akan saya coret dua ponsel tersebut dari ponsel yang hendak dibeli. Rencana ingin membelikan untuk adik saya karena layarnya sudah bermasalah.
            Hmm…penawaran yg menggiurkan ko. Membuat saya mempertimbangkan untuk menaikan budgetnya. Tapi saya belum pernah melihat ko herry mengulas Redmi Note 9. Atau sudah pernah mengulasnya ya di twitter? Agak ragu karena speknya Mediatek bukan Snapdragon. Kalau ada ingin membaca ulasan ko herry dulu tentang ponsel ini sebelum memutuskan.

          2. Pak Hary,

            * Oh ok.

            * Memang belum diulas di Twitter. Proses uji pakai yang seharusnya dua hari ini intensif foto-foto terganggu aktivitas demo di Surabaya. Saya tak berani keliling kota.

  193. Sore Ko Herry,

    Mau tanya dan sedikit curhat, apakah Sharp Aquos V layak utk dibeli?

    Yang menjadi pertimbangan saya utk beli:
    – Merek Jepang dan resmi, sdh lama ingin pakai lagi ponsel Jepang stlh Sony tdk ada kabarnya lagi di Indo (alm).
    – Mengunakan UI stock android (polosan), saya suka dan cocok menggunakan UI ini (skrg saya pengguna Nokia).
    – Jarang peminat/pengguna, model simple dan outdated, tapi bagi saya ini kelebihan krn saya suka merek anti mainstream, dan menyukai model ponsel yang masih ada bezel tipis atas dan bawah.

    Yang membuat saya ragu untuk beli:
    – Spek biasa saja utk tahun skrg meskipun dibekali chipset SD 835 (ex flagship bbrp tahun lalu).
    – Blm pernah pakai dan awam dgn ponsel Sharp.
    – Tidak dibekali NFC dan speaker blm stereo.

    Nah… Saya mau beli utk dijadikan ponsel sehari², penggunaan biasa saja utk medsos, nonton video (youtube, netflix, dll), main game yg ringan² saja (offline), dan tdk terlalu suka foto², vlog atau selfie. Bagi saya kalau ponsel ini menurut Ko Herry punya kemampuan fotografi kelas medioker dan hasilnya sekadar lumayan (tidak jelek) sudah cukup lah. Oh iya saya juga penasaran dgn build quality dan layanan purna jual dari Sharp, apakah bisa diandalkan dan terpercaya?

    Baik, itu saja Ko Herry yg mau saya tanyakan berhubung ponsel ini harga jualnya sdh turun drastis dari sejak awal dirilis di Indo awal tahun ini (dari 4,5 ke 2,5 jutaan), apakah masih worth it utk dibeli? Terima kasih sblmnya Ko…

    Salam.

    1. Pak Ray,

      Lupakan ponsel itu deh. Usia edarnya sudah lama. Risiko dapat unit dengan baterai yang kemampuannya menurun sudah tergolong besar. Cari baterai pengganti belum tentu ada.

  194. pak herry sdh coba real me 7? bagaimana menurut pak herry? kalau dengan xiaomi note 9 pro pilih mana? mengingat xiaomi note 9 pro 8/128 harga lebih mahal sekitar 3.799 juta sedangkan realme di online 3.5 jutaan? dan juga xiao mi note 9 pro banyak yg cacat produksi ( kamera kemasukan debu) terutama di produksi batch 5, 6 & 7? Apa kelebihan xiaomi note 9 pro dibandingkan realme 7? terima kasih

    1. Pak Anto,

      Real Me 7? Hmmm… belum pernah.

      Xiaomi Note 9 Pro? Belum ada ponsel dengan nama tersebut, Pak.

      Kalau yang Anda maksud Realme 7 dan Redmi Note 9 Pro:
      * Silakan masuk ke Instagram atau Twitter, kemudian lakukan pencarian dengan tagar #hswRealme7. Saya sudah membuat poin-poin review Realme 7.
      * Redmi Note 9 Pro yang kamera kemasukan debu hanya batch satu kok. Itu pun bukan seluruh unit dan Xiaomi langsung memberikan solusi.

  195. Selamat pagi pak Herry.
    Dengan budget sekitar Rp 5.000.000, saya ingin membeli dua gawai yang berbeda, yakni smartphone dan tablet.
    Apakah worth it jika saya membeli Redmi Note 8 pro dan tablet Samsung Galaxy A 8 2019 ?
    Saya lebih prefer kedua brand tersebut.
    Terima kasih pak.
    Salam sejahtera buat pak Herry

    1. Pak Ahmad Mas’ud,

      Redmi Note 8 Pro: ya.

      Samsung Galaxy Tab A8 2019: lupakan #SamsungCoret. Menurut saya, cobalah melirik tablet Alcatel 3T8. Bergaransi resmi kok. Paket penjualan malahan sudah termasuk silicon case yang tampak kukuh.

  196. Ko herry, ijin tolong rekomendasikan antara Poco F2 Pro, dengan Realme 7 Pro, dan Vivo V20 ko herry lebih rekomendasikan mana? Budget saya maksimal 7 juta, sy td sempat coba2 di toko Realme 7 Pro sy jujur agak kecewa dengan build quality, dan kualitas audio stereonya yg biasa saja dibanding dengan Poco F2 Pro yg hanya single mono tp kualitas bagus (namun kualitas kameranya biasa saja), namun Vivo belum pernah saya tes di toko, saya prefer hp all arounder. Terima kasih ko Herry ?

    1. Pak Akbar Nugroho Rianto,

      Ya Poco F2 Pro dong. Tiga ponsel yang Anda sebutkan itu ada yang beda kelas. F2 Pro kelas flagship, sedangkan dua yang lain mid-range.

  197. Salam Pak, saya mau bertanya perihal hp vivo. Saya punya vivo y30i dengan versi android 10, apabila ada pesan whatsapp masuk, isi pesan tidak tampak di tray notifikasi, dan tidak bisa langsung di ketikan balasan di notification tray juga. Cara aktifkan nya bagaimana ya?

    1. Pak Benny,

      Saya tidak pernah memakai Y30i. Jadi, tak tahu pasti solusinya.

      Cobalah mencari menu settings, notification, pilih WhatsApp, lalu pastikan semua pilihan di dalamnya sudah aktif. Tampilan di ponsel Anda mungkin tidak persis sama. Tinggal disesuaikan.

  198. Mau tanya pendapatnya tentang merek Teclast. Produknya dijual lebih murah dari merek lain yang sejenis. Apa bung HSW mengikuti rekam jejak dan prospeknya di Indonesia?

    1. Pak Adrian,

      Tablet dan laptop ya? Saya tidak mengetahui cerita di belakang layarnya, Pak. Saya sih belum berani merekomendasikannya.

  199. Salam ko Herry, saya mau tanya apakah huawei P30 pro masih layak untuk dibeli untuk saat ini, dengan pertimbangan kondisi huawei sekarang ini?
    Pemakaian saya lebih pada video dan foto serta sedikit game, apakah ada rekomendasi dengan kisaran harga setara dengan huawei P30 pro?

    Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Deddy,

      Ponsel terakhir Huawei yang saya nilai layak beli ya P30 Pro itu, Pak. Sampai setahun mendatang, mestinya masih aman.

      Silakan melirik Vivo X50 Pro, Pak. Kameranya bagus. Namun, kelas prosesornya memang tidak semantap P30 Pro.

  200. Om Herry,
    Saat ini saya masih menggunakan Asus Plus M1 sebagai gawai utama. Rencana ingin mengganti gawai android untuk jangka panjang yang sudah mendukung 5G meskipun operator dan regulasi di Indonesia belum siap. Apakah harga gawai android 5G bisa mencapai 2-3.5 juta Rupiah di tahun 2021 mendatang y Om? Menurut Om, apakah gawai 5G nanti benar-benar akan menggantikan gawai 4G sepenuhnya, seperti saat ini gawai 4G sepenuhnya menggantikan gawai 3G? Terima kasih.

    1. Pak Erick,

      Asus Plus M1? Sepertinya belum ada ponsel dengan nama tersebut, Pak.

      Rasanya masih sulit, Pak. Mungkin tahun depan baru mulai turun di Rp5 jutaan atau Rp6 jutaan.

      Sepertinya tidak. Lha sampai sekarang pun gawai 4G belum sepenuhnya menggusur gawai 3G, bahkan 2G kok.

  201. Pak Herry,,HP saya Redmi Note 8 Pro,,kira2 worth it nggak ya kalau sy ganti ke Poco X3 NFC?
    Demi Snapdragon & Kamera Kira2 worth it nggak?

  202. selamat siang pak herry,
    saya mau membeli handphone untuk kebutuhan harian seperti whatsaap , instagram , twitter, kamera cukup. keperluan saya terbilang ga berat dan saya tidak main game. dan saya biasanya menggunakan handphone nya cukup lama 2 sampai 3 tahun kira kira handphone apa yang cocok untuk saya di rentan harga
    di bawah 2 juta/ 2juta pas.

    terima kasih banyak pak herry.

    1. Bu Restia,

      Dengan dana maksimal Rp2 juta, berarti ponsel yang bisa Anda beli adalah ponsel kelas entry level atau mid-end awal. Ponsel kelas itu idealnya dipakai selama 1,5 tahun sampai dua tahun, sebelum kemudian perlu diremajakan karena sudah terasa ketinggalan.

      Memperhatikan anggaran Anda, yang bisa saya rekomendasikan hanya Redmi 9. Itu pun disertai catatan setahun mendatang idealnya sudah ganti ponsel lagi deh.

  203. Malam, pak herry. Saya punya budget 2.2jt, saya ingin membeli hp merk apa saja asalkan kameranya bagus, batrenya besar, prosesornya bagus, fast charging. Hp kebutuhan anak milenial pak.
    Terima kasih sarannya.
    Salam.

    1. Pak Zlatan,

      Lain kali jika mengirimkan pertanyaan cukup satu kali ya, Pak. Kali ini saya menerima pertanyaan yang sama dua kali lho. Yang satu kini saya hapus.

      Pilihan terbaik sih Redmi Note 8 4/64.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *