Tidak Terkesan Murahan

Memasuki bulan Ramadan, Anda mungkin ingin memberikan hadiah kepada karyawan atau relasi. Bila ponsel dual on GSM-GSM merek lokal buatan Tiongkok termasuk dalam daftar hadiah, tak ada salahnya mempertimbangkan Nexcom NC689. Meskipun murah, tampilan fisiknya tidak murahan. Kinerjanya pun lumayan.

Harga jual resmi NC689 sebenarnya dipatok Rp 179 ribu. Tetapi, dalam pantauan penulis, tak sedikit penjual yang menawarkannya Rp 170 ribu. Paket penjualan ponsel itu terdiri atas ponsel, baterai, kepala charger, kabel data, dan handsfree berkabel. Kardus, buku, dan kartu garansi tentu juga disertakan.

Di bagian atas ponsel dual on GSM-GSM itu terdapat dua buah lampu mungil. Keduanya berfungsi sebagai lampu senter darurat. Langkah tercepat untuk menyalakannya, tekan dan tahan tombol spasi selama beberapa detik. Ulangi langkah itu untuk memadamkan lampu senter.

Dua konektor terlihat di bagian bawah ponsel. Satu berupa konektor proprietary alias khas ala ponsel merek lokal buatan Tiongkok. Ia berfungsi sebagai penghubung charger dan handsfree berkabel yang disertakan dalam paket penjualan. Satu konektor lainnya kompatibel dengan charger Nokia berkonektor dua milimeter alias colokan bundar kecil.

Bluetooth, GPRS, black list lima nomor, kamera VGA, perekam video, dan radio FM adalah sebagian fitur lain NC689. Kapasitas buku telepon ponsel itu sangat kecil, seratus nama single entry. Satu nama cuma bisa dipadukan dengan satu nomor telepon.

Keterbatasan lain yang penulis temukan, wallpaper bawaan NC689 satu macam saja. Kapasitas memori internal ponsel juga hanya 12 KB. Karena itu, idealnya pengguna menyelipkan kartu microSD.

Nada dering telepon dua nomor yang siaga dapat dibedakan. Kalau mau, pengguna bisa memanfaatkan file MP3 sebagai nada dering. Hal bertolak belakang berlaku untuk nada SMS. Pengguna memang bisa membedakan nada SMS dua nomor yang terpasang. Tetapi, pengguna mustahil menambahkan nada baru. Suka atau tidak, pengguna cuma dapat memilih satu di antara tiga pilihan nada yang tersedia. Alternatif lain, sekaligus membiarkan ponsel sunyi saat ada SMS masuk.

Dua permainan telah dibenamkan ke NC689, yakni Panda dan UFO. Uniknya, meskipun berjudul UFO, pengguna bukan diajak memainkan piring terbang, melainkan pesawat.

4 thoughts to “Tidak Terkesan Murahan”

  1. LG Optimus Dual SIM, Pak Adrian. Harga terkini di Erafone Rp 1,499 juta. Kalau di toko biasa malahan Rp 1,6 juta.

    1. Bu Zizi Fauziyah,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba ponsel itu. Bahkan, saya sudah lama tidak menjumpai ponsel Nexcom lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *