Tip Jelang Lebaran (2): Siapkan Peranti Tambahan

Selama mudik Lebaran atau libur Lebaran, Anda amat mungkin lebih sering jauh dari colokan listrik. Padahal, intensitas pemakaian ponsel tak berkurang. Nggak seru dong kalau ponsel padam karena kehabisan daya. Karena itu, seyogianya Anda menyiapkan aneka peranti tambahan. Sebagian di antaranya saat ini mungkin telah Anda miliki.

Charger 10 port

Power bank. Berbekal power bank, Anda bisa melakukan pengisian ulang baterai ponsel di mana saja. Mengacu kepada perkembangan terkini, penulis menyarankan Anda membeli power bank yang memiliki output minimal dua buah. Salah satu di antaranya harus mampu mengeluarkan arus listrik hingga dua ampere (2A).

Mengapa? Alasannya sederhana. Agar Anda bisa mengisi ulang lebih dari satu ponsel secara bersamaan. Hal lain, sekarang telah banyak ponsel yang sanggup menerima arus masuk lebih dari 1A. Salah satunya mungkin ponsel Anda. Ketika dipadukan dengan power bank yang mempunyai output sampai 2A, proses charging ponsel itu bakal lebih cepat.

Pesan penulis, jangan membeli power bank yang diklaim bermerek Samsung dengan kapasitas puluhan ribu mAh. Entah 20.000, 38.000, 85.000, atau 99.000 mAh. Power bank itu pasti palsu. Kapasitas nyatanya jauh di bawah yang tercetak.

Car charger atau car power inverter. Peranti ini hanya perlu dibeli oleh Anda yang bepergian menggunakan mobil pribadi. Dengan car charger, saat di mobil Anda bisa melakukan pengisian ulang baterai ponsel. Satu ujung kabel charger ditancapkan ke pemantik api di mobil (car cigarette lighter). Ujung kabel lainnya dihubungkan ke ponsel.

Sementara itu, dengan car power inverter, charger ponsel yang sehari-hari Anda pakai di rumah atau kantor dapat digunakan di dalam mobil. Satu ujung car power inverter dipasangkan ke pemantik api di mobil. Sedangkan satu ujung lainnya berwujud soket listrik seperti yang tersedia di rumah, kantor, atau tempat publik. Tancapkan charger ponsel Anda ke sana.

Kabel charger ekstrapanjang. Panjang kabel charger bawaan ponsel biasanya satu meter hingga 1,2 meter. Kalau Anda duduk di bangku tengah mobil dan mengisi ulang baterai ponsel memakai car charger, selama ponsel di-charge, Anda akan kesulitan mengoperasikan ponsel itu. Sebab, kabel yang terhubung ke ponsel terasa kurang panjang.

Solusinya, belilah kabel charger yang ekstrapanjang. Dalam pantauan penulis, kabel charger terpanjang yang saat ini tersedia di pasar adalah tiga meter. Dengan kabel sepanjang itu, Anda yang duduk di bangku tengah mobil tetap bisa mengoperasikan ponsel yang sedang terhubung dengan car charger.

Perlu diketahui, tindakan mengoperasikan ponsel saat sedang di-charge akan memperlambat proses pengisian ulang baterai. Hal lain, semakin panjang kabel charger, proses pengisian ulang baterai juga akan semakin lama.

Charger multiport. Mudahnya, ini adalah kepala charger dengan banyak colokan USB. Pantas dilirik oleh Anda yang sedang bepergian bersama keluarga. Untuk mengisi ulang beberapa ponsel sekaligus, Anda hanya perlu membawa satu charger dan banyak kabel. Tahun lalu, contohnya, penulis pernah memiliki charger dengan sepuluh colokan USB.

62 thoughts to “Tip Jelang Lebaran (2): Siapkan Peranti Tambahan”

    1. Pak Trayan Tranggana,

      Kalau memang ingin coba BB10, BlackBerry Z3 boleh dibeli.

      LIquid E700 baru sampai saat ini masih tersedia di pasar.

  1. Ko powerbank xiaomi apakah cocok ke hp samsung. Ko kalo mau beli powerbank bagus secara online di situs apa?

    1. Pak Leos,

      Power bank Xiaomi bisa dipakai mengisi ulang baterai ponsel Samsung.

      Power bank merek apa? Kalau Xiaomi, cari di mi.com/id.

  2. Iya mas,,uda perna cb z10 n q10,,skarang pngn yg z3,,la cari seken q20 susah..apa ga laku ya?sbnrnya cari qwerty n minimal 2 sim..

    1. Pak Trayan Tranggana,

      Silakan mengetikkan ulang pertanyaan dengan kalimat yang utuh dulu. Jangan disingkat-singkat.

  3. Jadi ingat LVSUN 4 port dirumah. Dapat di Bli*** pas promo Kamis Ganteng 99rb. Sangat berguna. Tapi kalau 10 port rasanya kok gimana gitu, hahahaha…

  4. Pak kebetulan high end tahun lalu alcatel idol x turun harga 1.5 kurang dikit. Kl dibanding yg harga mirip seperti redmi 2/infinix hotnote masih worth ngga ya? Atau ada rekomendasi lain harga segitu 🙂

    1. Pak Amunes,

      Kalau Anda mengejar bodi tipis dengan kinerja yang tergolong baik. Alcatel onetouch Idol X boleh dibeli. Pilih yang merah atau kuning saja, Pak. Biar nggak pasaran. Btw, penjual mana yang mematok harga kurang dari Rp 1,5 juta? Pesan saya, kalau membeli Alcatel tersebut, anggaplah ponsel itu tanpa garansi ya.

      Namun, kalau Anda membutuhkan LTE, Redmi 2 tentu lebih menarik dilirik.

      1. Di c*p*ka pak cmn skrg balik 2.1 🙂
        Sellernya resmi Point2000 dan webnya milik indosat jd saya percaya.

        Saya tanya alcatel sih imeinya asli. cmn sayang sepertinya hasil ngga laku tahun lalu, ya kemungkinan garansi habis seperti yg dibilang..

        1. Pak Amunes,

          He… he… nama penjual tak perlu disensor.

          Oh di Cipika. Point2000 adalah mantan distributor Alcatel.

          Tanya Alcatel nomor IMEI-nya? Lho, belum beli kok sudah bisa dapat nomor IMEI? Ya, saya yakin itu barang nggak laku yang menumpuk di gudang, trus dijual murah.

  5. menarik sekali infonya. tapi seperti gambar diatas itu harganya berapa ya om…?? kalo di daerah surabaya ada nggak…??

    1. Pak Tyo,

      Di Surabaya saya belum pernah melihat ada yang jual. Saya lupa dulu harganya berapa. Rasanya sekitar Rp 400 ribu.

  6. Ko Herry saya mau tanya kamera belakang redmi 2 sama redmi note 3g bagus mana? lalu dari segi performa lebih bagus mana? Dan yang terakhir lebih baik beli yang mana?

    Terima kasih

    1. Pak Steven,

      Kamera lebih bagus Redmi 2. Performa keseluruhan lebih bagus Redmi Note 3G.

      Kalau Anda masih bisa menemukan penjual Redmi Note 3G – dual SIM baru dan bergaransi resmi dengan harga maksimal Rp 2,3 juta, lebih baik membeli itu.

  7. koh herry, harga power bank xiaomi di website mi.com/id dengan yang di online store lazada kok berselisih cukup banyak, apakah yg di lazada bisa dijamin ke aslian-nya? Trims

    1. Pak Hartono,

      Tak bisa dijamin. Kalau Anda peduli dengan keaslian, lebih baik bertransaksi di Mi.com/id.

  8. Klo Budget sy dibawah 2,5jt, hp apa yg Recomended ko.. Klo bsa uda LTE, ram 2 giga, ada memori eksternal, baterai bsa dilepas dan dual sim. (wkwkwkwk lengkap banget dah :p)

    1. Pak Beryl Yusirawanto,

      Wah susah nih. Yang paling mendekati Lenovo P70, tetapi menggunakan baterai tanam.

  9. Salam kenal Pak Herry,
    Sebelumnya terima kasih untuk tips jelang mudik lebarannya.
    Masalah charger seperti yang bapak tulis hp sekarang sudah banyak yang mendukung sampai 2Ampere. Bagaimana cara untuk tahu apakah hp kita sudah mendukung output sebesar 2ampere?
    Saya punya charger samsung tab 8.9 inch dengan output 2A, saya pakai untuk charge mi4i saya tidak masalah tapi sebaliknya begitu saya charge tab tersebut dengan charger ori mi4i yang sama sama 2A tab tidak bisa dicharge (baterai ada tanda silang merah). Kira2 masalahnya apa ya pak padahal output charger sama sama 5v 2Ampere?
    Terima kasih sebelumnya pak

    1. Pak Ronald,

      Cara paling mudah, tetapi tidak seratus persen akurat, perhatikan charger bawaan ponsel. Kalau charger itu memiliki output 2A atau sedikit lebih besar, berarti ponsel tersebut sanggup menerima input 2A.

      Soal Samsung, saya pernah diberi pencerahan oleh seseorang yang sangat menguasai seluk beluk charger. Intinya, biarpun sama-sama 2A, misalnya, masing-masing charger memiliki “irama” tersendiri dalam melakukan proses pengisian ulang. Nah, kata rekan tersebut, produk Apple, Galaxy Tab, dan sebagian feature phone Nokia cukup pilih-pilih. Kalau “irama” charger tidak cocok, proses charging akan gagal.

  10. Pak herry maaf OOT nih. Pak saya ada niat mau beli hp windows phone menurut bapak diantara Lumia 730 sama Lumia 640 XL mana yang lebih di rekomendasikan?

  11. Mau tanya smartphone android diharga 4jtan selain LG G2 apa aja, bingung mau cari hp dengan spek lumayan, kualitas baik dan service center yang baik.

    1. Pak Arya Putama,

      Rp 4 jutaan berarti sampai Rp 4,999 juta ya. Silakan melirik LG G Pro 2.

      Sebenarnya juga ada Sony Xperia Z2 yang harga barunya Rp 4,5 juta. Namun, service center Sony kan tidak baik.

  12. Pak Herry, HP LG G2 Mini jagoan pak Herry udah ada update lolipop-nya tuh.
    review dong 😀

    (Sesama pengguna G2M)

  13. apa pak herry ada rencana mereview Lumia 640 XL? Soalnya saya lagi bingung nih pak milih antara Lumia 730 vs Lumia 640 XL

    1. Pak Nazril,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Saya sama sekali tidak berencana me-review Lumia 640 XL.

  14. Dear pak herry
    Slamat lbaran ya pak sebelumnya
    Terina kasi buat saran bapak untuk memilih lg g2 saya puas sejali dalam pemakaian. Namun ada beberapa hal yg 8ngin saya tanyakan
    1, bagaimana cara screebshot lg g2 pak?
    2, kenapa ketika mencolokan charger ke hp saya ini sangat keras sekali, trutama ketika mencabutnya. Apakah wajar itu untuk hp baru?
    3. Seperti yang bpak bilang g2 sudah dapet lolypop dan saya sudah mengupdatenya sampai kitkat, kira2 ada kekurangan ngak pak kalo di update lolypop? Peformanya bakal menurun ngak? Sekian ya pak

    1. Pak Qashnal,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Terima kasih atas ucapannya. Selamat Hari Raya Idul Fitri juga. Mohon maaf lahir dan batin.

      1. Perhatikan tombol di bagian belakang ponsel. Di tombol yang lonjong itu ada volume ke atas, power (yang paling menonjol), dan volume ke bawah, bukan? Untuk melakukan screenshot, silakan menekan dan menahan tombol power + volume ke bawah secara bersamaan. Kalau sudah terbiasa, dua tombol itu bisa ditekan hanya dengan satu jari.

      2. Wajar. Setelah cabut pasang beberapa kali, takkan sekeras sebelumnya.

      3. Maaf, saya tak tahu. Saya belum pernah mencoba G2 Lollipop. Kalau di G2 Mini yang lebih murah daripada G2, performanya terasa meningkat setelah di-update ke Lollipop.

  15. oot ya om. lumia 925 garansi msh 10 bulan harga 2juta masih bisa dilirik gak? makasih sebelumnya atas sarannya.

    1. Pak Wahid,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Menurut saya terlalu tinggi. Maksimal Rp 1,7 juta deh.

  16. Pak Herry, maaf oot, saya berencana membuka toko hp, bukan konter pulsa atau toko aksesoris hp, tp sy masih tidak tahu harus kemana untuk kulakan hp, apakah Pak Herry bisa memberi saya referensi tempat kulak hp yang trusted? Hehe, maaf, sy sudah muter2 gugel tentang hal ini tp belum nemu yang pas, mohon bantuannya sangat ya Pak, nuhun..

    1. Pak Haris,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Supaya jawaban saya bisa lebih menukik, saya membutuhkan informasi tambahan ini dulu:
      1. Sekali kulakan, kira-kira Anda akan membeli berapa banyak ponsel?
      2. Ponsel merek apa saja yang ingin Anda jual?
      3. Anda berada di kota mana?
      4. Toko yang akan Anda buka berada di pusat penjualan ponsel atau di rumah/pinggir jalan?

    1. Pak Steven,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Menurut saya, lebih asyik kamera Redmi Note.

  17. info harga di PTC palembang, konter edukasi microsoft lumia 730 harganya turun jadi 2,5jt. bagusnya ambil 730 baru atau ambil 925 bekas, masih ada garansi om? thanks om…..

    1. Pak Wahid,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Harga Lumia 925 bekasnya berapa? Masih ada sisa garansi berapa bulan? Kalau Lumia 925-nya mulus, berfungsi normal, masih bergaransi resmi, dan harganya maksimal Rp 1,7 juta, silakan ambil ponsel itu.

  18. teman saya mau beli android baru tapi budget mentok 1jt. koh herry ada rekomendasi android hrga maksimal 1jt, yg penting ga lemot.??
    inceran sih nexian journey one, dengar2 harga di onlineshop skrg 999rb, cuma kalo di wtc masih belum cek harga
    minta rekomendasi dari koh herry merk apa yg lumayan…
    makasih…

    1. Pak Roni,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Pilihan Anda sudah tepat. Belilah Nexian Journey 1. Di WTC rasanya tak ada yang menjual ponsel itu deh.

  19. Liat di twitter katanya Pak Herry sedang “uji coba” beli online dari beberapa toko online terkenal ya? Wah sepertinya menarik kalau jadi artikel, apalagi akhir2 ini sedang ramai masalah “dapat sabun”.

    1. Pak Amaris,

      Benar. Tidak akan saya buat jadi artikel kok. Kemarinnya saya coba belanja di tiga tempat:
      * Elevenia.
      * Blibli.
      * Lazada.

      Elevenia dan Lazada kali ini lulus. Blibli yang tidak lulus. Sampai hampir seminggu pesanan saya tak kunjung dikirimkan. Setelah diprotes berkali-kali, baru dikabari kalau barang kosong.

  20. pak terima kasi buat saran membeli lg g2 di harga 4 juta, hp ni memang sangat bagus sekali, hampir tidak ada kekurangan, apalgi dukungan update lolipopnya, hanya saja saya ragu mengupdatenya karena saya baca di media masih banyak kekrangan, selain itu ntah knapa saya merasa speakernya kurang mengigit telinga saya, dengan nada bass yang kurang terdengar, kira2 bapak sependapat dengan saya?

    1. Pak Qashmal,

      Karena saya belum pernah mencoba G2 dengan OS Lollipop, saya tak mengetahui performanya. Dulu saya menguji pakai G2 pada bulan pertama ponsel itu beredar resmi di sini.

  21. 1. Kira2 10 sampe 20 ponsel Pak
    2. Ponsel merek lokal dan global, jika boleh sebut merek, asus, lenovo, dan evercoss (Pak Herry punya saran kah terkait merek ponsel yg akan sy kulak)
    3. Di mojokerto Pak
    4. Mau buka di pinggir jalan raya, agak mendekati pusat kota yang, setau saya, di jl raya tsb belum ada toko ponsel

    1. Pak Haris,

      1. Ok. Berarti, Anda istilahnya harus nempil dulu dari pedagang besar atau diler di kota Anda. Volume pembelian sebesar itu belum memungkinkan Anda bertransaksi langsung dengan level distributor.

      2. Silakan menyebutkan merek. Kan memang saya tanya. 🙂 Anda sebaiknya melihat dulu pengguna ponsel di sekitar lokasi penjualan itu biasanya memakai ponsel merek apa. Di kota-kota kecil, merek Samsung, Mito, dan Advan biasanya seringpula dicari oleh konsumen. Demikian pula dengan feature phone Nokia.

      3. Ok. Dikaitkan dengan jawaban saya di poin 1 dan 2, silakan berhubungan dengan pedagang besar atau diler di kota Anda. Katakan kalau Anda akan membuka toko kecil-kecilan dan akan nempil barang dari mereka. Pedagang besar itu mestinya paham maksud Anda. Jadi, saat bertransaksi, Anda akan diberi “harga antartoko”, bukan “harga end user”.

      4. Ok.

  22. met malem pak herry..
    meski bpk non muslim tapi saya ingin mengucapkan taqoballohu mina waminkum mohon di maafkan klo pernah salah2 kata&perbuatan ya pak 🙂
    btw, saya jg ingin buka toko hp android seperti bpk diatas saya, terutama dari merk samsung, LG, sony tetapi saya bingung jalur distribusinya pak, bingung bgaimana kulakannya dan apakah bisa direturn ya klo tidak laku?
    mohon pencerahannya pak herry..

    1. Pak Kenshin,

      Terima kasih atas ucapannya. Mohon maaf lahir dan batin juga ya.

      Sekali kulakan, kira-kira Anda akan membeli berapa unit? Kalau untuk masing-masing merek per transaksi minimal sekitar 50 unit, Anda bisa berhubungan dengan distributor masing-masing ponsel. Sales person mereka tersebar di berbagai kota.

      Sementara itu, bila jumlah transaksi Anda lebih kecil dari 50 unit per merek, Anda silakan berhubungan dengan pedagang besar atau diler di kota Anda. Katakan kepada pedagang besar atau diler itu kalau Anda membuka toko kecil-kecilan dan akan nempil kulakan. Dengan demikian, harga yang akan diberikan kepada Anda dibedakan. Istilahnya, Anda bakal mendapatkan “harga antartoko”, bukan “harga end user”.

      Samsung biasanya tidak bisa diretur. Kalau tidak laku atau harga turun, hal itu sepenuhnya menjadi risiko pedagang yang kulakan.

      LG dan Sony, karena tak sepopuler Samsung, lebih fleksibel. Tergantung kesepakatan awal. Biasanya tetap tak bisa diretur, tetapi ada perjanjian refund. Misalnya, Anda hari ini kulakan ponsel A dengan harga Rp 1.000.000. Dua minggu kemudian harga resmi ponsel A turun sehingga harga kulakannya turun menjadi Rp 975.000. Kalau Anda masih memiliki stok ponsel A, Anda berhak mengajukan refund Rp 25.000 (1.000.000 – 975.000).

  23. Pak Herry,
    Minggu lalu galaxy note N7000 Saya mengalami penyakit tiba-tiba mati total. Saya bawa ke Samsung Service Centre dinyatakan harus ganti main board dengan harga 1.7jt.
    Dengan biaya sebesar itu menurut Pak Herry apakah layak untuk diperbaiki atau lebih baik membeli gadget baru seperti xiaomi redmi2?
    Apakah Pak Herry Ada informasi mengenai gerai service biasa di Surabaya yang terpecaya dan bisa memperbaiki galaxy note tersebut dengan biaya yang lebih ringan? Terima kasih

    1. Pak Johanes,

      Lebih baik Anda membeli Xiaomi Redmi 2. Pastikan membeli yang bergaransi resmi.

      Saya kurang tahu tempat servis independen di Surabaya yang memiliki suku cadang untuk menghidupkan kembali Galaxy Note Anda.

  24. Hii
    Pak Herry, saya kenal dengan penjual spt foto & merk Lvsun di jakarta, kali2 berminat.
    Karena saya menggunakan yg isi 6 ( bulat ) & isi 10 ( kotak spt foto ) & ada produk baru nya Lvsun yg isi 4 tp yg ada 2 yg support dgn fast charging ( krn baru beli sebelum lebaran kmrn )
    Saya puas menggunakan merk Lvsun nya & maaf kalo jadi promosi.

    Utk yg produk baru nya isi 4 & bisa fast charging, pak Herry kalo berminat, bisa saya pinjamin krn saya beli 2 pc ( 1 buat di rumah & di gunakan dgn Z3+ & Z3 DS ) sedangkan 1 nya lagi, saya bawa ke luar kota, manakala saya bekerja di luar kota.

    1. Pak Jusak Santoso,

      Penjual Lvsun itu silakan Anda informasikan di sini. Siapa tahu ada pembaca blog ini yang membutuhkannya.

      Lvsun yang isi empat itu bentuknya seperti apa, Pak? Lebih mirip bentuk Lvsun isi enam (port USB disusun melingkar) atau yang isi sepuluh (port USB berderet)?

  25. Malam pak Herry
    Beberapa hari yg lalu saya membeli charger LVSUN yg 4 colokan,1A dan 2A masing-masing 2 colokan. Tapi klo saya ukur outputnya dengan Charger Doctor,voltase mah sekitar 5,2v, tapi kok arusnya tidak sesuai ya,hanya menunjukkan 0,48a disetiap colokan. Apa produk yg saya beli palsu?atau memang begitu adanya?terima kasih.

    1. Pak Erwin,

      Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Tak perlu dikirimkan berulang pada thread/judul tulisan yang berbeda-beda.

      Pertanyaan Anda sudah saya jawab di tempat Anda kali pertama mengirimkan pertanyaan.

  26. Pak Herry,
    Mohon maaf pak sebelumnya,saya kira tidak terposting,soalnya saat saya posting tiba2 koneksi internet putus dan muncul window web not available. Maaf Pak Herry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *