Towel-Towel Ponsel di Joglosemar

Sebenarnya saya sudah berkali-kali mengadakan acara towel-towel ponsel. Acara serupa dengan tipe ponsel berlainan pernah dilaksanakan di Surabaya dan Jakarta. Biasanya acara diadakan di satu kota dan… selesai.

Kali ini berbeda. Acara towel-towel ponsel digelar maraton di tiga kota yang lazim disingkat Joglosemar: Jogja, Solo, dan Semarang. Urutan nyata towel-towel ponsel sebetulnya diawali dari Semarang, lalu Solo, dan berakhir di Jogja. Namun, kalau disingkat jadi Semarloyo kan jadi kurang keren. Tetap kita anggap sebagai Joglosemar saja ya. šŸ˜€

Ada tiga ponsel yang siap ditowel-towel alias dicicipi oleh para peserta. Yaitu, Xiaomi Redmi 5 Plus, LG V30 Plus, dan “tamu rahasia”. Sesuai namanya, tamu rahasia, merek dan tipe ponsel itu baru akan terungkap di lokasi pertama towel-towel.

Saya sebenarnya ingin membawakan ponsel yang sekarang belum tersedia di pasar, tetapi kelak pasti beredar resmi di Indonesia. Namun, sampai pengumuman ini diunggah, belum terjadi titik temu. Ada unsur kerahasiaan, ketersediaan demo unit versi final, dan beberapa faktor lain yang menjadi kendala.

Jadi, kapan dan di mana towel-towel ponsel akan digelar? Berikut jadwalnya.

Semarang

Kamis, 1 Maret 2018 pukul 18.30-20.30

Wayang Kofie, Jl Sambiroto, Kedung Mundu, Tembalang.

 

Solo

Jumat, 2 Maret 2018 pukul 18.30-20.30

Food court The Park Mall, Jl Ir Soekarno, Solo Baru.

 

Jogja

Sabtu, 3 Maret 2018 pukul 18.30-20.30

Warunk Nostalgila, Jl Tunjung Baru 14, Baciro.

Terima kasih kepada Mi Fans Semarang dan Jogja yang sudah membantu mencarikan tempat terbaik untuk acara towel-towel ponsel ini.

Berminat hadir? Silakan langsung datang ke lokasi pada waktu yang disebutkan di atas. Pembaruan (update) informasi akan saya sampaikan via akun Twitter @herrysw. Ketika saya sudah tiba di lokasi towel-towel, saya bakal mentwit posisi terkini. Untuk mempermudah penelusuran, di Twitter saya akan memakai tagar #temuponselmu.

Untuk mengikuti towel-towel ponsel, peserta tidak dipungut biaya. Namun, karena kita menumpang tempat usaha milik orang lain, tolong memesan makanan dan minuman secara rasional ya. Aktivitas ini harus menciptakan simbiosis mutualisme. Kita senang karena mendapatkan tempat yang nyaman, pemilik usaha pun gembira lantaran memperoleh omzet penjualan.

Sampai jumpa di Semarang, Solo, dan Jogja!

104 thoughts to “Towel-Towel Ponsel di Joglosemar”

  1. Jauh dari Ungaran, tp lumayan deket sama kampus Undip Tembalang, tapi utk kesana harus lewat daerah berbahaya nan seram bernama “Sigarbencah”.. Kenapa Mi Fans area Semarang tidak nyediain di tengah kota saja, atau gak ya di daerah sekitar Undip Tembalang biar bisa ngumpulin lebih banyak orang terutama para mahasiwa yg ngekos di daerah situ?

    1. Pak You,

      Ehmm.. terus terang saya nggak paham medan, Pak. Rekan Mi Fans pasti memiliki pertimbangan matang memilih lokasi itu.

  2. Wah, dekat banget dengan kediaman saya di Perumahan Kampung Semawis, Pak. Ingin sekali hadir, tapi ada jadwal kuliah malam… ?

      1. Hahaha… Iya ya, Pak. Siapa tahu dosennya malah ikut.

        Tentang Xiaomi Redmi 5 Plus, saya sebenarnya ingin sekali meminangnya, karena layarnya yang kekinian, tapi sangat tidak toleran dengan “Flash Sale”, tak mau dibodohi dengan sistem “oyok-oyokan”-nya. Jumlah barang yang disediakan tidak jelas berapa, diperebutkan ribuan orang termasuk “para tengkulak”.
        Masih ditemani Redmi 2 (1/8, Resmi) yang sudah hampir tiga tahun tidak pernah bermasalah, 4G tetap cepat, walau sekarang lebih sering jadi mi-fi.

        1. Pak Angga,

          Ha ha ha. Teman sekelas Anda bisa senang karena pulang awal tuh.

          Kalau yang di JD.id biasanya terlihat stok ada berapa, Pak. Yang di Lazada tuh paling misterius.

  3. Pak Herry, sibuk jumpa fans terus ya sekarang… Semoga sukses dan sehat selalu. Kalo bisa setelah diadakan jumpa fans, bikin artikelnya juga dong pak, ya minimal foto2 nya gtu pak dipajang di ponselmu com. Hehe

  4. Pak HSW..

    Lumayan dekat lokasinya dengan tempat saya di Jogja. Saya sebenarnya punya HP yang nggak terlalu mainstream walaupun tidak resmi (Oneplus 5, 8 / 128), mungkin Pak HSW dan teman2 ada yang berminat towel2 juga? Boleh tau apakah tamu rahasia ini kelak bakal hadir di Indonesia?

    1. Pak Andri Harlin,

      Maaf baru membaca dan merespons komentar ini. Pak Andri yang kemarinnya datang dan menjadi peserta pertama yang hadir kan?

    1. Pak Rio,

      Pasti tidak. Lha Sony Xperia di Indonesia kan sudah mati suri. Kalau ada yang menjual tipe baru, pasti itu barang BM.

  5. Saya belum pake twitter pak herry
    Dan kebetulan juga belum punya xiaomi
    Sebagai penyuka ponselmu.com apakah boleh kesitu nanti malam?
    Hehee

    1. Pak Novianto,

      Maaf baru memantau dan membalas. Tentu saja boleh. Minggu lalu Anda akhirnya datang? Yang di kota mana?

    1. Pak Novianto,

      He… he… terlanjur saya approve. Tak apa-apa, kan tidak ada yang bersifat rahasia.

      Minggu lalu Anda datang ke towel-towel yang di kota mana, Pak?

  6. Pak Herry maaf OOT,
    Saya mau menanyakan jika ponsel Xiaomi saya di-Charge menggunakan adapter bawaan Xiaomi, tetapi kabelnya merek Samsung dan Original, sama-sama support quick charge 3.0, apakah dalam jangka waktu yang lama akan berpengaruh buruk terhadap ponsel saya?

  7. Pak Herry,
    (1) Mediatek MT6750T vs Mediatek MT6763T lebih bagus mana?
    (2) Mediatek MT6750T kira-kira sebanding atau equivalen dengan prosesor Snapdragon yang mana?
    Terima kasih.

    1. Pak Ignatius,

      Maaf, untuk pertanyaan yang terlalu teknis, saya tak berani menjawabnya karena pengetahuan saya kurang mendalam.

    2. Bantu jawab ya pak herry
      MT6750T dan MT6763 lebih bagus MT6763
      Teknologinya lebih baru dan GPu yang dipakai lebih bagus.
      Soal performa kembali lagi ke optimasi pembuat chipset, UI yang digunakan, developer aplikasi.

      Yang setara dengan MT6750T ya ?
      Yang paling dekat sih Exynos 7870, kirin 650, Snapdragon 435.

      Semua ini hanya teori diatas kertas
      Cari user experience jika mau pasti

      Pernah baca di forum
      Kirin 655 yang seharusnya di atas kertas cuma setengah performa Snapdragon 625.
      Dalam beberapa aplikasi ternyata performa nya bisa lebih baik kirin 655.

      MT6763 ( helio P23 ) seharusnya lebih baik dari helio P25.
      Karena memakai teknologi lebih baru dan GPU lebih baik.
      Tapi nyatanya berdasarkan review user exeperience
      Helio P25 lebih baik menurut mereka.

      Helio P25 itu Helio P20 yang di overclock
      Helio P23 itu Helio P30 yang di underclock

      1. Pak Jem,

        Terima kasih atas pencerahannya. Kalau saya mau belajar pengetahuan tersebut di atas, idealnya baca-baca di mana ya?

        1. Saya lebih sering baca di forum GPU smartphone kaskus
          cuma sekarang forumnya sudah ga terlalu aktif
          Apalagi smartphone sekarang chipsetnya itu2 aja ( snapdragon 625 )

  8. Pak Herry, maaf OOT. Ada rekomendasi dari bapak, kira2 HP apa yg baterainya min 4000mah, kamera depan 5 mp dan belakang 13 mp, slot simcard dan micro sd dedicated (non hybrid)? Syukur2 sudah ada NFC nya.
    Terima kasih pak.

  9. Maaf koh herry OOT..kalo LG v20 baru harga 6jt dapet power bank,batre kit plus hard case kira2 kemahalan gak ya..?semoga koh herry selalu di beri kesehatan supaya selalu bisa memberi pencerahan ttg ponsel..terima kasih..

  10. Hi pak herry.
    Maaf oot, saya baru saja mendapatkan notifikasi untuk melakukan update versi os android M ke nougat di gadget saya xiaomi redmi 4a. So far gadget saya baik baik saja dan saya sebenarnya tak terlalu membutuhkan upgrade tersebut, keinginan saya mengupdate versi android lebih ke rasa penasaran aja sih pak dengan fitur fitur yg ada di android N.
    Pertanyaan saya :
    1. apakah gadget saya nantinya tidak akan mengalami penurunan performa setelah melakukan update ?.
    2. Keuntungan dan kerugian pasca update.

    Terima kasih.

      1. Saya mencoba menjawab ya Ko Herry.
        Redmi 4A setelah update ke MIUI 9 Nougat, keuntungan bisa Split Screen (2 aplikasi bisa berjalan sekaligus di layar). Untuk konsumsi baterai sih kurang lebih saja. Dan untuk perubahan tidak terlalu mencolok. Tema MIUI 9 agak berubah sedikit.

        Itu saja mungkin, karena hp istri saya yang Redmi 4A sudah saya jual dan berganti Redmi 5 (Flash Sale Lazada) maka saya tidak bisa berkomentar lebih jauh lagi.

  11. Selamat siang pak,pertanyaan saya diluar topik, ada rekomendasi headset untuk xiaomi redmi note 4? Keperluan untuk ojek online. Terima kasih saya tunggu balasannya.

    1. Pak Purwoko Adhi Widhi Nugroho,

      Maaf, tak ada rekomendasi. Saya jarang khusus mencoba headset atau earphone.

  12. Maaf ini oot. Saya kayaknya pernah dengar komentar Pak Herry SW mengenai prosesor yang dibawa samsung flagship yang di Indonesia dimana diotaki prosesor exynos. Tapi Pak Herry SW bilang kalau lebih suka prosesor varian Snapdragon kalau gak salah ingat saya. Kira-kira menurut Pak Herry SW kenapa Samsung memberikan Exynos ke Indonesia dan Snapdragon ke Amerika?

    1. Pak Fitra,

      Ini tebakan saya saja ya: pakai Exynos lebih murah. Nah… kalau diberi Exynos saja laris manis, ngapain mesti pakai Snapdragon.

  13. Pak Herry maaf OOT,
    Saya mau menanyakan jika ponsel Xiaomi saya di-Charge menggunakan adapter bawaan Xiaomi, tetapi kabelnya merek Samsung dan Original, sama-sama support quick charge 3.0, apakah dalam jangka waktu yang lama akan berpengaruh buruk terhadap ponsel saya?

  14. Om HSW, maaf oot. Saya mau tanya, apakah mi5 masih layak untuk digunakan beberapa tahun kedepan? Terima kasih

  15. Pak Herry, sy mau tanya OOT

    Ponsel Moto keluaran thn 2017 (Moto E4 Plus, Moto M, Moto G5s Plus) kenapa harga barunya terjun bebas ya? Apakah ada permasalahan kualitas? atau memang kurang laku? Padahal sy rencana mau tebus Moto M (yg sekarang sdh ada yg jual 2jt pas). Pertanyaannya, kalau sy punya budget maksimal 2 jt, dgn pertimbangan batrei awet, kalo bisa android stock, dan dedicated dobel sim card/sd card, kira2 paling pas milih smartphone mana? (Boleh diluar moto pak)

    Terimakasih…

    1. Pak Rere Jambore,

      Moto E4 Plus dan terutama Moto M terjun bebas karena permintaan pasar tampaknya tak sesuai harapan.

      Kalau Moto G5s Plus, harga barunya justru sempat naik tajam melebihi harga resmi perdana lho.

      Android Stock ya? Hmmm… tidak ada.

  16. Dear Koh Herry,

    Maaf OOT, apakah Asus Zenfone Max Plus akan masuk daftar review?
    Saya berminat sekali dengan ponsel itu, namun ragu karena baca baca di GSM Arena banyak issue mengenai overheat dan boros baterai.

    Lalu Xiaomi Redmi 5 Plus apakah akan di review ? selama ini belum pernah pakai gawai dari Xiaomi, apakah Xiaomi termasuk vendor yang peduli akan pembaruan software hingga beberapa tahun kedepan ?

    Terima kasih Koh

  17. Pak Herry

    Meizu m6s apakah bakal resmi keluar di indonesia? kira – kira kapan ya pak launchingnya (jika bener keluar resmi)?

  18. Koh… Untuk saat ini atau 3 bulan ke depan,, gawai dengan range harga 2 – 3.5 Jt apa ya?
    Trimakasih

    1. Pak Derma,

      Untuk saat ini ada Xiaomi Mi A1 dan Asus Zenfone 3 ZE552KL.

      Untuk tiga bulan mendatang, silakan kirimkan pertanyaan pada tiga bulan lagi.

  19. Pak Herry, saya punya budget 2,5-3juta..pengen hp layar 18:9, ikut flash sale redmi 5 plus tp ga dapet2..muncul kabar huawei honor 9 lite bakal resmi masuk bulan ini.. bagus mana ya dua hp itu dari segi kamera&performa. Tks atas responnya..

    1. Pak Yohan Riko,

      Tak tahu. Redmi 5 Plus baru akan mulai diuji pakai, sedangkan Honor 9 Lite sekadar menyentuh pun belum pernah.

      1. Pak Aldo Septian,

        Nokia N8 menggunakan sistem operasi Symbian lho. Jadi, ya takkan ada upgrade ke Oreo.

        Kalau yang Anda maksud ternyata Nokia 8, iya… tetap gegas kok.

  20. Tanya om Herry

    Tanpa melihat jenis garansi, pilih mana antara Mi 6 dengan Zenfone Zoom S jika digunakan sebagai daily driver?

    Untuk kebutuhan detail dan warna hasil fotonya, bagusan mana dari 2 hp itu om?

    1. Pak Hasanun,

      Maaf, saya tak mau mengomentari ponsel tanpa garansi resmi. Jadi, dalam hal ini, ya berarti pilihannya Zenfone Zoom S.

      1. Adakah lawan setara untuk Zenfone Zoom S untuk urusan kamera dan performa. Tidak harus sekelasnya, barangkali yang di atasnya (di bawah 7 jt).

  21. Permisi om Herry, saya mau meminta sedikit pendapat. Saya salah satu pemenang giveaway yg di adakan di instagram asus indonesia (@asusid) yg berakhir waktu desember 2017 lalu. Saya memenangkan 1 unit Asus Zenfone 4 Selfie Pro. Namun, hingga bulan maret ini saya belum menerima unit yang dijanjikan. 2 orang yang memenangkan unit yang sama juga belum menerima handphone tersebut, saya sudah mencoba menghubungi pihak asus via medsos dan email. Beberapa dijawab alasannya stock untuk unit tersebut kosong, apakah wajar menurut Om Herry untuk asus nya sendiri tidak punya stock Zenfone 4 selfie pro? Apalagi mereka mengadakan giveaway yang notabene barangnya seharusnya sudah disiapkan,sekian terima kasih

    Note: untuk pemenang di segmen berbeda (merchandise asus , zenfone selfie biasa) semua sudah menerima hadiah mereka. Hanya selfie pro ini saja yang belum

    1. Bu Maria Poppy,

      Agak wajar sih kalau Asus-nya sendiri tidak memiliki stok Zenfone 4 Selfie Pro. Sebab, stok itu berada di gudang distributor.

      Namun, kalau sejak Desember 2017 hingga saat ini Anda belum menerima hadiah, nah… itu sangat tidak wajar. Saya yakin ada rekan Asus yang memantau keluhan Anda ini dan segera menindaklanjutinya.

      Tolong kelak kabari saya perkembangannya ya.

      1. Setelah tidak lama saya bertanya ke om Herry, hari ini asus mengirimkan pesan ke 3 pemenang asus melalui instagram, diberitahui kalau sudah tersedia stok nya, semoga cepat dikirim dan barang tidak ada masalah, saya akan mengabari lagi begitu barang saya terima, terima kasih

          1. Info om, akhirnya tadi sore, hp asus nya sudah saya terima šŸ™‚ terima kasih om šŸ˜€

  22. Pak Herry
    Membaca dan melihat berbagai macam review, saya tertarik moto g5s plus, redmi 5 plus, dan nokia 7 plus.

    1. Menurut bapak mana yang lebih baik saya pilih?

    2. atau perlukah saya menunggu seri terbarunya (misal: moto g6 plus, redmi note 5 pro, nokia 8)?

    3. Dengan kisaran harga sama apakah bapak punya rekomendasi ponsel lain?

    1. Pak Andi T.W.,

      1. Nokia 7 Plus belum beredar resmi di sini. Jadi, saya tak tahu. Kalau Anda lebih mengutamakan baterai tahan lama, Redmi 5 Plus. Kalau Anda memerlukan fitur NFC, ambil Moto G5s Plus.

      2. Ya tergantung kapan Anda membutuhkan ponsel. Kalau Anda tunggu menunggu terus, sampai kapan pun takkan pernah membeli ponsel deh. Lha ponsel terbaru selalu muncul. Btw, Nokia 8 sudah beredar resmi di sini.

      3. Tak ada.

  23. Maaf oot pak herry, mau minta rekomendasi ponsel yang berkamera bagus dan berbaterai awet pada rentang harga 2-2,5 jutaan, baik yang baru maupun yang bekas. ponsel saya saat ini xiaomi redmi 3s, sebelumnya saya tertarik dengan asus zenfone 3 ze520kl tapi khawatir pada daya tahan baterainya, mohon pencerahannya terimakasih

    1. Pak Rian Permana,

      Kalau baru, belum ada yang memenuhi kriteria.

      Kalau bekas, coba cari Asus Zenfone 3 ZE552KL atau Infinix Zero 4 Plus.

      1. Antara kedua gawai tersebut manakah yang lebih bagus kameranya?
        Perbedaan signifikan asus zenfone 3 ze520kl dan asus zenfone 3 ze552kl baik dari segi kamera maupun daya tahan apa ya pak herry?

        1. Pak Rian Permana,

          * Hasil foto Zero 4 Plus saya nilai lebih bagus.
          * Kamera sih sama. Daya tahan baterai lebih lama ZE552KL. Beda 3-4 jam.

    1. Pak Aldo Septian,

      Nge-bug di bagian apa, Pak? Biar saya bisa langsung cek secara spesifik. Dalam pemakaian sehari-hari, saya tak merasakan adanya bug.

  24. Pak herry izin tny.untuk budget hp dual kamera yg efek bokehnya bagus rekomendasi hp apa y?budget 3-3.5jt..mksih pak sblmnya atas responnya.

      1. Klo dibandingkan dgn infinix zero 5 bgmn pak?atau ada merk reccomended yg lain harga diatas sedikit tdk apa2 pak.

        1. Pak Arief,

          Karena saya menemukan keanehan (lebih tepatnya kenakalan) terkait pemenuhan regulasi, saya tak mau mengomentari Zero 5 lagi.

  25. Om herry,tentang nokia 8,kan nokia 8 punya “glance screen” apakah semua notifikasi muncul di glance screen tsb?mengingat nokia 8 tdk ada led notif,kalau yg muncul di glance screen cuma notif tlp,sms,email bagaimana dg notif wa atau apps lain…..matur nuwun om herry.

    1. Pak Gallantry Haris Istyakara,

      He… he… saya malahan biasanya menonaktifkan Glance Screen. Rasanya notifikasi lain tak bisa ditambahkan ke Glance Screen deh.

      1. Berarti notifikasi bergantung pada pop up apps tsb pak??agak ribet juga lwd ga ada,glance screen kurang mengakomodasi notif….

        1. Pak Gallantry Haris Istyakara,

          Mungkin ya. Saya tidak mengeksplorasi Glance Screen. Fitur itu justru saya nonaktifkan.

          1. Pertanyaan terakhir om….saya berencana ganti daily driver dg dana 6,5jt saran dr om herry smartphone di range harga sgitu selain nkia 8 yg gegas wuzz wuzz,kamera”bagus” apa ya om??

          2. Pak Gallantry Haris Istyakara,

            Ada LG V20 yang kameranya lebih bagus. Namun, untuk kinerja umum dan spesifikasi kekinian, menurut saya, Nokia 8 lebih mantap.

  26. Maaf oot om heri sw, saya mau beli gawai baru tapi kata teman saya, “ojo tuku hape disek, mariki ono 5G..” Menurut om herry gimana?? Kira-kira jaringan 5g kapan hadir di Indonesia om.. Terima kasih

    1. Pak Hakim,

      Ponsel 5G mungkin baru muncul tahun depan. Pilihannya masih terbatas, harga pun pasti tinggi. Jadi, abaikan saran teman Anda deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *