Ubah Televisi Jadi Multiguna

Berbagai produsen televisi gencar mempromosikan produk Smart TV. Televisi cerdas itu diklaim mampu menghadirkan sensasi baru kepada pengguna. Kalau televisi di rumah masih bagus dan Anda enggan mengeluarkan banyak lembaran rupiah untuk meminang Smart TV, sebenarnya ada cara lebih hemat untuk “mencerdaskan” televisi. Misalnya, memadukan televisi itu dengan SpeedUp TV SU-TV3.

Saat dipadukan dengan SU-TV3, televisi Anda akan menjadi multifungsi. Selain menayangkan siaran televisi, ia dapat dipakai untuk berinternet, bermain game, membaca buku digital, dan menikmati aneka fitur lain yang biasanya dijumpai di tablet maupun ponsel Android.

Satu unit SU-TV3 kini dibanderol Rp 1,199 juta. Paket penjualannya terdiri atas tv box, kabel penghubung, adaptor, universal smart motion remote, dan satu keping kartu SD berkapasitas 4 GB. Di dalam kartu memori itu telah disiapkan 219 file penginstalasi aplikasi yang dibagi dalam enam kategori. Yakni, books & news, internet TV & video, music & radio, others, dan photo & social.

Sebelum bebas bergembira, pengguna harus menghubungkan televisi dengan SU-TV3 memakai kabel bawaan dulu. Selipkan juga kartu SD ke slot memori eksternal. Bila dianggap perlu, pengguna dapat menancapkan modem USB ke colokan yang tersedia.

Kala dinyalakan, user interface ala tablet Android bakal tersaji di layar televisi. Wajar. Sebab, SU-TV3 memang menggunakan sistem operasi Android 2.3 alias Gingerbread. Spesifikasi lain peranti itu, di antaranya, prosesor Cortex A9 dengan kecepatan 1 GHz, Wi-Fi, RAM 512 MB, dan memori internal 4 GB.

Ketika SU-TV3 belum diinstalasi dengan aplikasi tambahan, sisa memori internal yang leluasa dimanfaatkan pengguna mencapai 3,6 GB. Kapasitas yang tergolong lapang. Sehingga, pengguna relatif dapat sepuasnya menambahkan aplikasi tanpa khawatir kehabisan memori.

Untuk mengendalikan SU-TV3, pengguna bisa memanfaatkan universal smart motion remote. Bentuk pengendali nirkabel itu sepintas mirip dengan bet untuk pingpong alias tenis meja.

Kok belum ada aplikasi yang menarik? Tenang. Masuklah ke AppInstaller, lalu pilih aplikasi yang diinginkan. Permainan populer seperti Angry Birds dan Fruit Ninja siap diinstalasikan. Ada pula berbagai aplikasi untuk balita.

Tuntas menginstalasikan aplikasi, sesaat kemudian pengguna siap memainkan “burung marah” di layar lebar. Pengguna juga bisa memotong buah bak seorang pendekar. Universal smart motion remote-lah yang berfungsi laksana pedang nan tajam. Seru!

Ingin berinternet untuk melihat informasi terbaru, mengunduh buku digital, maupun mencari aplikasi tambahan? Bisa! Silakan menentukan ingin terkoneksi ke dunia maya lewat Wi-Fi atau modem.

Untuk mengetikkan alamat tujuan, username, atau password, pengguna tinggal memanfaaatkan papan ketik qwerty di universal smart motion remote. Remote control berwarna putih itu memang multiguna. Bahkan, kalau mau, pengguna bisa melatihnya untuk menggantikan fungsi dasar remote control televisi di rumah.

“Di rumah saya belum mempunyai televisi LCD atau LED. Saya masih memakai televisi tabung keluaran lama. Gimana nih?” Asalkan televisi CRT itu mendukung koneksi YPbPr, Anda masih berpeluang menikmati asyiknya SU-TV3.

Mengacu pada pengalaman penulis, pada 30 menit pertama, SU-TV3 mungkin terasa kurang menarik. Anda harus repot memasangkan kabel, melakukan pengaturan ini itu, dan sedikit beradaptasi dengan universal smart motion remote. Setelah melewati periode tersebut, memadukan televisi dengan “kotak pintar” bersistem operasi Android itu terbukti mampu memberikan banyak hiburan.

15 thoughts to “Ubah Televisi Jadi Multiguna”

  1. Pak Hendra Gunawan,

    Kalau lihat bentuknya sama. Spesifikasinya juga sama, kecuali dalam hal versi sistem operasi. Yang saya review pakai Android 2.3 Gingerbread, sedangkan di tautan yang Bapak berikan menggunakan Android 2.2 Froyo.

  2. Pak Herry,

    ini saya barusan ke grapari malang, ada seharga 1.199.000 termasuk sebuah modem gsm speed up modem lifestyle, harganya jadi menarik pak kalau dapat bonus modem plus memory 4gb dan di kotaknya tertera gratis speedy 512 kbps selama 3 bulan sekaligus modem speedy wifinya, kelihatannya akan saya pinang nih, apakah bisa untuk memutar file iso pak, terima kasih sudah dibalas pak

    senang sekali membawa ponselmu.com terus berkarya untuk anak bangsa pak, Sukses selalu

  3. Pak Hendra Gunawan,

    Wah, paketannya cukup menarik ya. Maaf, kurang tahu bisa memutar file ISO atau tidak karena saya tak pernah mencobanya.

    Terima kasih atas apresiasinya.

  4. pak mau nanya kok saya ada beli, untuk batray remotenya aneh ya.. di tempat batray kok gak ada lempengan plat dan spiral untuk -+ (min plus) batray ?

    1. Pak Kambuh,

      Saya sudah lupa bentuk bagian selot baterai remote peranti tersebut seperti apa. Di buku petunjuknya tak ada penjelasan? Coba hubungi customer care SpeedUp di 021-6618222. Pada hari dan jam kerja ya.

  5. Pak mau tanya apakah modem GSM untuk akses internetnya harus yang merk speedup juga? atau bisa usb modem 3g merk apa saja? terima kasih

    1. Pak Firman,

      Tidak harus modem SpeedUp. Dulu pernah saya padukan dengan modem Huawei juga bisa. Masalahnya, saya sudah lupa modem Huawei tipe apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *