Uji Pakai Layanan AHA (5)

Malam telah semakin larut. Para matahari sudah mengakhiri tugasnya masing-masing. Matahari yang biasa menyinari bumi mungkin sedang tidur. Sedangkan Matahari yang lazim beroperasi di pusat perbelanjaan telah menutup gerainya.

Saya menuju ke lokasi uji pakai terakhir di Gubeng Kertajaya. Lokasi itu relatif dekat dengan perempatan Kertajaya-Dharmawangsa-Pucang. Mau lewat Jl Kertajaya mudah dijangkau, demikian pula dari Jl Dharmawangsa.

Modem AHA saya tancapkan ke laptop. Beberapa saat kemudian, sinyal EvDO AHA muncul. Lima bar dari skala lima. Koneksi dilakukan. Terhubung.

Saya awali pengukuran dengan mengakses video di YouTube. Kecepatan rata-rata 128 kbps, sedangkan kecepatan maksimal sempat menyentuh 426 kbps. Dibandingkan empat lokasi lain yang hari saya kunjungi, kecepatan itu adalah yang paling lambat. Padahal, sinyal penuh. Prinsip “posisi menentukan koneksi” dalam layanan akses data secara mobile rupanya terbukti di sini.

Aktivitas berikutnya, coba mengunduh file berukuran besar dari sebuah server lokal. Kecepatan rata-rata yang diperoleh selama pengukuran adalah 1,73 Mbps. Kecepatan maksimalnya 2,53 Mbps. Layak dapat acungan jempol deh.

Selanjutnya saya melakukan pengukuran kecepatan unduh dan unggah via situs Speedtest.net, Bandwidthplace.com, dan Indosatm2.com. Menurut Speedtest.net, kecepatan unduh saat itu 1,89 Mbps, sedangkan kecepatan unggah 0,62 Mbps.

Sementara itu, pengukuran via Bandwithplace.com menghasilkan angka 567 kbps untuk pengunduhan dan 483 kbps untuk pengunggahan.

Terakhir, pengukuran dilakukan menggunakan speed meter yang tersedia di Indosatm2.com. Hasilnya, kecepatan unduh 1,365 Mbps, sedangkan kecepatan unggah 634 kbps.

Sama dengan di lokasi lain, aktivitas paling buncit adalah mengunggah puluhan file foto ke Ovi.com. Kecepatan rata-rata pengunggahan 314 kbps. Kecepatan unggah tertinggi yang sempat diperoleh adalah 1,03 Mbps.

Rasa lelah semakin menjalar. Laptop saya matikan, lalu berjalan masuk ke kamar. Tidur. Lho kok? Lha uji pakai terakhir pada Sabtu, 26 Juni 2010 itu kan saya lakukan di rumah. 😀

2 thoughts on “Uji Pakai Layanan AHA (5)

  1. wah pengujian berakhir dengan happy ending 🙂 sayang kapan bisa masuk ke kota kota lainnya yah Pak Her.

    salam
    jason

    1. Ya, lumayan happy ending, Pak Jason. Namun, pagi ini AHA berulang kali disconnect sendiri nih. Jadwal peluncuran di Jakarta dan kota-kota besar lain belum diketahui. Targetnya sih sampai akhir tahun ini 10 kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *