Vivo Mulai Memasuki Pasar Surabaya

Menjelang akhir tahun, ponsel Vivo mulai beredar di Surabaya. Setelah 1-2 minggu lalu membuka gerai pertama di WTC Surabaya, kini gerai kedua mulai beroperasi. Sebenarnya proses renovasi masih belum selesai. Neon box-nya saja belum diganti. Namun, mungkin tak ingin kehilangan momen Natal dan Tahun Baru, gerai tersebut sudah dibuka.

Vivo-GT

Dibandingkan gerai pertama Vivo di WTC, gerai kedua ini saya nilai lebih menarik. Alasannya:

  1. Lokasinya lebih strategis. Langsung terlihat dari pintu masuk utama WTC.
  2. Gerai lebih lebar.
  3. Bersebelahan dengan saudara senegara yang selama ini mengaku dari Amerika. Ha… ha… ha….

Kita lihat saja pertempuran antara si biru Tiongkok melawan si hijau Tiongkok. Semoga seru. Dalam pantauan saya, dana pemasaran awal si biru tidak sebesar si hijau zaman dulu. Cara Vivo merangkul diler juga belum sebagus Oppo.

Kendati demikian, setidaknya di mata saya, Vivo memulai langkahnya di Surabaya dengan bagus: jujur mengaku kalau berasal dari Tiongkok.

59 thoughts to “Vivo Mulai Memasuki Pasar Surabaya”

    1. Pak Eykin,

      Yoi… ๐Ÿ™‚

      Namun, di mata saya Vivo lebih pantas dihormati daripada Oppo. Sebab, promotor Vivo langsung menjelaskan kalau Vivo adalah ponsel merek Tiongkok buatan Tiongkok.

  1. Pak Hsw minta saranya ..saya berencana beli tab buat anak saya yg masih berumur 7thn..yang penting bisa buat game khas anak anak..merk terserah pak..dana 1jtaan..mohon saranya..makasih

    1. Pak Ramdan Aji,

      Saya nggak ingat tipe lengkapnya. Ada sekitar empat tipe deh.

      Kemarin saya cuma tanya harga yang termurah berapa. Jawabannya, Rp 1,8 juta (tepatnya Rp 1,799 juta).

  2. Keduanya sama-sama satu “mother company” kan di Tiongkoknya pak? :p

    Di Jakarta merek Vivo ini menggelora sekali, hampir di setiap pusat perbelanjaan ITC dia punya gerai sendiri. Bahkan di toko-toko ponsel tradisional pun produknya Vivo dipajang paling depan.

  3. kalau boleh saran, tolong bikin postingan tentang smartphone/tablet terbaik 2014 berdasarkan rentang harga yg pernah bpk review dong pak..
    tks..

    1. Pak GM,

      Terima kasih atas usulannya. Maaf, saya takkan merealisasikan hal itu karena faktor penilaiannya terlalu banyak. Menurut saya, ponsel atau tablet terbaik 2014 adalah ponsel atau tablet yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

  4. selamat malam pak herry

    saya silent readernya pak herry dan saya suka dengan gaya bapak mereview. pak maaf OOT. yg ingin saya tanyakan apakah Blackberry Playbook masih layak dipinang sebagai tablet? saya masih pakai BB dan saat ini PB harganya sudah dibawah 1 jt (di jaknote). mohon sarannya pak

    Terima Kasih

    1. Pak Dani,

      Ini asumsinya BlackBerry Playbook dianggap sebagai tablet Wi-Fi ya? Kalau iya, jawaban saya, masih sangat layak dibeli. Bulan lalu teman saya membeli Playbook 64 GB dalam kondisi baru, tetapi stok lama, dengan harga Rp 900 ribu.

      Jaknote yang Anda maksud apakah Jakarta Notebook? Kalau iya, sangat disarankan Anda datang langsung ke gerainya, melihat kondisi fisik dan mengecek kenormalan fungsinya secara detail, baru kemudian memutuskan bertransaksi. Bila Anda berencana membeli online dan barang dikirimkan, saran saya, lebih baik Anda membatalkan niat tersebut.

  5. terima kasih pak herry atas sarannya.

    iya pak benar jakarta notebook. akhirnya ada pencerahan dari pak herry, sebelumnya saya bimbang karena ini produk lawas. dan saya sbnrnya penasaran dengan produk ini karena dulu gak kesampean krn mahal.

    wah gitu ya pak, kebetulan saya tinggal di balikpapan. mungkin nanti saja kalo ada waktu ke jakarta notebook cabang surabaya biar deket. atau mungkin pak herry ada rekomendasi toko lain pak? hehehe

  6. Jaknot pernah ditegur pihak Yoobao Indonesia karena menjual powerbank Yoobao KW tp ngaku asli, setelah ditegur baru ada keterangan Replika Super, nilai minus besar tuh, termasuk memory2 nya kok agak mencurigakan krn beda amat jauh dari pasaran ya

  7. Jaknot juga pernah ditegur xiaomi karena jual powerbank 10400 mAh dengan embel embel oem, sekarang setelah ditegur nama produknya berubah jadi xiaomimi ๐Ÿ˜€

    Saya dulunya pelanggan setia jaknot tapi setelah ada masalah powerbank yaobao dan xiaomi ini saya jadi agak ilfell sama jaknot

    fyi pb yaobao sekarang di jaknot ganti nama jadi yaobaobao ๐Ÿ˜€

    1. Pak Ukub,

      Soal Jakarta Notebook ditegur Xiaomi, saya baru tahu nih. Kalau soal Xiaomimi saya pernah lihat sendiri di situs Jakarta Notebook.

      Kalau Yoobao (bukan Yaobao lho) yang jadi Yoobaobao, saya malahan baru dengar dari Anda.

  8. pak herry, apa lebis spesific untuk recom hp asus kenapa pak herry tidak menyarankan untuk membelinya, mengingat di pasaran hp asus sangat banyak penggemarnya terutama zhenphone 5, terima kasih atas penjelasannya

    1. Pak Yakin,

      Apanya yang lebis, Pak? *bingung*

      Alasan saya menyarankan jangan membeli tablet dan ponsel merek Asus:

      1. Sejak zaman Transformer, Asus sangat sering terlambat mengedarkan tipe baru ke sini. Poin ini sekarang sudah terlihat membaik.

      2. Distribusi dan kontrol harga masih belum bagus. Saya melihat unsur kedekatan sangat berperanan.

      3. Selama mencoba ratusan (ya… ratusan) tipe ponsel, baru di Asus saya mendapatkan ponsel baru gres sudah geripis di tiga sisi.

      4. Service center masih kurang mantap.

    1. Bu Aya,

      Maaf baru bisa merespons pertanyaan Anda hari ini. Karena ada perpindahan server, pada 6 Februari 2015 pukul 00.01 sampai 8 Februari 2015 pukul 06.00 saya tak bisa membalas pertanyaan maupun memposting naskah baru.

      Kebetulan saya telah memposting satu review tentang Vivo Xshot. Silakan membacanya di sini:
      http://ponselmu.com/review-vivo-xshot-performa-kamera-imbangi-flagship-lg-samsung-dan-sony/

      Ponsel itu layak beli. Kalau tipe lain Vivo saya belum pernah coba.

      Satu hal yang perlu Anda ketahui sejak awal:
      * Vivo adalah ponsel merek Tiongkok premium.
      * Dibandingkan saudara kandungnya, Oppo, Vivo lebih jujur dalam berjualan. Promotor Vivo jelas-jelas menyatakan produk itu berasal dari Tiongkok. Kalau promotor Oppo kan suka menyebut Amerika.

  9. Kmarin sya ke gerai vivo,
    Memang mereka menyebutkan vivo dri tiongkok.
    Tapi yg aneh nya mereka berani klaim,bahwa vivo dan oppo sama saja satu perusahaan.
    Si promotor bilang oppo dan vivo adik kakak.
    Saya terheran heran tidak mengerti mksdnya.
    Lalu si promotor bilanh oppo,vivo,oneplus,dan coolpad berasal dri satu induk perusahaan yang sama.
    Benar atau tidak ???

    1. Pak Budi,

      Setahu saya, kalau ditelusuri Vivo, Oppo, dan Opo (OnePlus One) memang sama-sama mengarah ke BBK Electronics.

      Vivo awalnya fokus menggarap pasar Tiongkok, sedangkan Oppo mengembangkan pasar di luar Tiongkok. Opo didesain untuk mengobrak-abrik pasar. Intinya, lebih banyak berbincang soal strategi pemasaran deh. Seiring perkembangan waktu, Vivo juga membidik pasar luar Tiongkok.

      Terkait Coolpad, setahu saya, merek itu tidak berhubungan dengan Vivo, Oppo, dan Opo. Merek tersebut nyambungnya ke perusahaan bernama Yulong.

  10. Saya pernah baca merek zoppo,
    Apa itu salah satu dri oppo,vivo dan one plus

    Utk cara jualan sya kurang respect malah sama promotor vivo,
    Agar produknya laku malah dompleng si oppo
    Misalnya si promotor bilang gini.
    Bapak kalau beli vivo sama aja pak dengan beli beli oppo,kita satu perusahaan.
    Fitur2 kita aja sama seperti oppo.

    Terkesan nya jadi dompleng nama.

    Kalo utk oppo memang harga terkesan mahal.
    Tapi tinggal konsumen sendiri mw beli atw tidak.
    Kalau sya pengguna oppo r1,membelinya karena sya suka design nya

    1. Pak Budi,

      Zoppo atau Zopo? Kalau Zopo, tidak ada kaitannya dengan tiga merek lain yang Anda sebutkan. Kalau Zoppo, saya belum tahu.

      Anda menyebutkan memakai Oppo R1. Berarti, dulu beli di Tiongkok langsung ya, Pak?

  11. Dear Pak Herry SW,
    Saya baru beli Vivo Y22 mencoba cari untuk display landscape tp gak ketemu.
    Apakah memang tdk di setting untuk view landscape pak?

    Tks
    Salam, Iwan

    1. Pak Iwan,

      Saya cuma pernah towel-towel Y22. Seharusnya ada pengaturannya deh. Kalau pas mampir ke gerai Vivo, saya akan coba. Tiga hari lagi (10 Mei 2015), silakan menagih jawabannya.

    1. Pak Darma Setiawan,

      Boleh tolong diceritakan kecewanya bagaimana? Kronologisnya yang agak detail ya.

    1. Pak Toni Triatmoko,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Maaf, saya belum bisa me-review Vivo Y28. Lha saya belum pernah menguji pakai ponsel itu.

  12. Selamat malam bung Hery, udah pulang dari Tiongkok ya? 3 hari yg lalu saya sempat ke WTC, eh saya lihat di samping Apollo yg di galeria lantai dasar sudah ada merk baru dari Tiongkok yg buka gerai lho yaitu Coolpad.! Saya pernah baca Coolpad ini di Tiongkok sana penjualannya masuk 10 besar. Bung Herry ada info ttg merk ini? Kalau ada boleh dong dibagi2 buat tambah2 pengetahuan! Terima kasih.

    1. Pak Riyanto,

      Iya, saya sudah balik dari Tiongkok. Sudah sempat pula pergi ke Banyuwangi dan Bali untuk mengikuti acara Telkomsel. Besok saya mesti ke Jakarta untuk menghadiri peluncuran sebuah ponsel baru.

      Benar, Coolpad mulai bulan ini memang akan berjualan di Surabaya. Coolpad termasuk pemain lama. Belasan tahun lalu, saat Mito mulai hadir di Indonesia, mereka melakukan rebranding ponsel Coolpad. Saat itu kualitasnya masih bagus. Ketika Mito semakin berkembang, mereka mencari pemasok lain dan terjadilah penurunan kualitas.

  13. Tambah rame saja pertempuran antar vendor2 smartphone berebut pasar di Indonesia. Dan yg pasti konsumen makin bingung menentukan pilihan merk apa yg mau dibeli dgn puluhan merk yg ada, hahaha…

    1. Pak Riyanto,

      Puluhan merek sih masih mending. Zaman merek lokal buatan Tiongkok sedang mewabah, total merek ponsel di Indonesia mencapai lebih dari seratus merek lho.

  14. vivo emang lebih bagus juga sih spek2nya daripada oppo. dari segi kelas juga dia lebih atas. counternya bakal lebih keren ga ya? ๐Ÿ˜€

  15. Pak, mau nanya tentang Vivo Z3S. Karena saya lihat specnya bagus, camera & udh OTG. Saya butuh utk anak saya yg udah SMP. Dan dia jg udh octa core. Bagaimana mnurut bpak?

    1. Bu Nurul,

      Vivo Z3S? Maaf, saya tak pernah mengetahui tipe tersebut, apalagi mencobanya. Yang ekornya 3S hanya ada Xplay3S dan X3S.

    1. Pak Budy S.,

      Saya tak tahu karena sudah tidak memakai X3S. Langsung dicek di menu update software saja, Pak. Kalau memang bisa di-KitKat-kan, akan muncul notifikasi tawaran update.

    1. Pak Samsul,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Tak tahu. Lha saya belum pernah menguji pakai dua ponsel itu.

  16. Bung herry mw tanya dong apa blu vivo air sudah beredar di indonesia khususnya daerah surabaya..mohin infonya makasih.

  17. Pak herry saya mau nanya, apakah blu vivo 5 sdh ada di pasaran indonesia? Klo sdah tlong review nya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *