Nokia 301 Bisa WhatsApp?

Sejak review Nokia 301 penulis unggah ke ini dan sini, ada belasan pertanyaan senada yang penulis terima. Intinya sama, yaitu “Apakah Nokia 301 bisa digunakan untuk ber-WhatsApp?”

Jawabannya, normalnya tidak bisa. Namun, dengan jurus akal-akalan tertentu, pengguna 301 sebenarnya dapat ber-WhatsApp. Namanya saja akal-akalan, ada beragam konsekuensi yang harus diterima.

301 WA-11

Inilah daftar konsekuensi yang mesti diterima:

  • Konsumsi baterai menjadi sangat boros. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, sekali diisi ulang, baterai 301 dapat bertahan sampai tiga hari. Ponsel selalu siaga 24 jam sehari. Bila 301 digunakan untuk ber-WhatsApp, daya tahan baterai akan merosot drastis menjadi sekitar lima jam saja.
  • Nomor GSM yang digunakan untuk meng-online-kan WhatsApp akan sulit sekali ditelepon. SMS yang dikirimkan ke nomor tersebut juga sangat sering terlambat masuk, mulai dari belasan menit hingga berjam-jam.
  • Satu nomor GSM lain yang terpasang di 301 akan nyaris selalu kehilangan sinyal.

Masih tetap ingin ber-WhatsApp via 301? Boleh saja. Inilah langkah akal-akalan yang bisa diterapkan.

1. Silakan membuka browser bawaan dan arahkan ke www.ucweb.com. Unduhlah file instalasi UC Browser.

301 WA-1

2. Keberadaan UC Browser bisa dilihat dari menu My Apps.

301 WA-2

3. Bukalah UC Browser, kemudian carilah ikon aplikasi yang berada di deretan kanan atas. Sepintas ikonnya mirip dengan tas belanja wanita.

Halaman seperti di bawah ini akan terbuka. Ketikkan WhatsApp di kotak yang ditandai dengan lingkaran merah.

301 WA-3rev

4. Bakal tersaji dua pilihan WhatsApp. Pilih yang paling atas. Klik download.

301 WA-4

5. Pilih Accept.

301 WA-5

6. Proses download dan instalasi akan dimulai. Setelah tuntas, logo WhatsApp tersaji di menu My Apps.

301 WA-6

7. Bukalah aplikasi WhatsApp yang telah terinstalasi.

301 WA-7

8. Isilah profile info.

301 WA-8

9. Proses setup awal dimulai. Sabarlah menanti karena dibutuhkan waktu hingga belasan menit, bergantung koneksi internet dan jumlah kontak yang tersimpan di buku telepon.

301 WA-9

10. Daftar kontak akhirnya muncul. Selamat ber-WhatsApp!

301 WA-10

 

 

 

38 thoughts to “Nokia 301 Bisa WhatsApp?”

  1. dengan harga kurang lebih 1 jutaan mending melirik merk lain nambah sedikit dapat kenyamanan,
    nggak perlu repot repot seperti diatas.

  2. Pak Herry sya mau tanya kalo asesoris untuk lenovo S920 sudah ada di toko2 surabya belum ya…
    untuk toko ol busa didapat dimana Pak….
    Trimakasih Banyak mohon maaf oot

    1. Bu Muthia,

      Jelly case Lenovo S920 sudah lama saya lihat di Mitra Sejati, WTC lantai 5. Sebelum ponselnya beredar, jelly case-nya malahan dijual dulu.

    1. Pak Yuwono,

      Dugaan saya karena keduanya. Sistem operasinya tidak didesain untuk ber-WhatsApp.

      Kalau dilihat di daftar kompatibilitas, biasanya ponsel dual SIM Nokia tidak tercantum di situs WhatsApp. Asha 210 yang muncul setelah 301 adalah ponsel dual SIM Nokia pertama yang mendukung WhatsApp. Itu pun, bila merujuk pada pengalaman saya, sinyal nomor yang tidak dipakai online tetap sesekali hilang total.

  3. sore pak Herry…..
    bingung pengen Lenovo S920 atau Huawei ascend mate 6.1….ada saran? maaf out of topic
    terimakasih

    1. Pak Buyutroda,

      Saya belum pernah mencoba Lenovo S920 maupun Huawei Ascend Mate. Jadi, saya belum bisa memberikan saran.

  4. numpang komentar Pak HSW,
    iya dengan adanya kekurangan ini, ponsel ini jadi tidak layak beli. Soalnya hari gini kok hp gak support Whatsapp.

    1. Pak Rizqi,

      Saya tak pernah coba menginstalasikan game tambahan ke 301. Seharusnya mendukung game Java. File installer bisa dikopikan dari PC ke ponsel via kabel data.

  5. saya sudah coba langkah2 nya pak,tetepi selalu gagal saat download.apakah sedang ada masalah pada server whatsapp atau memang sekarang sudah tidak bisa di install app whatsapp di 301

  6. Kelemahan Nokia Asha :

    No Wifi
    No Secondary Camera
    Batere Boros apalagi use 3G.
    Layar/Screen sempit/kecil..
    Keypad kurang nyaman dipakai alias licin.
    Tidak dapat memory card => Pelitnya Nokia masih tetep aja dari dulu..
    Menu membosankan Nokia S40

  7. klo menurut pengalaman penulis yang memakai type nokia 301 yang single sim, apakah pemakaian whatsapp di nokia 301 single sim juga bikin daya tahan baterai merosot drastis seperti pemakaian whatsapp di nokia 301 dual sim?

    1. Pak Halim,

      Saya menggunakan 301 dual SIM, bukan single SIM. Jadi, saya tak mengetahui kondisi nyata di 301 single SIM.

  8. barusan nyoba dengan cara seperti yg disebutkan diatas kok gak bisa ya?muncul peringatan kalo device tidak mendukung,, mohon penjelasannya 🙂

    1. Pak Anggoroz,

      Mohon maklum karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada malam ini. Kebetulan beberapa hari terakhir sedang sibuk pindahan ke rumah kontrakan baru.

      Saya masih menyimpan 301, tetapi tak pernah mencoba ber-WhatsApp lagi. Bisa jadi sudah ada perubahan cara pemakaian, Pak. Hal itu sangat mungkin terjadi. Cara ber-WhatsApp ala Nokia 206 yang terbukti sukses, setelah beberapa bulan ternyata agak berubah.

  9. buat yang namanyaa rudy, yang udah coment di atas. orang itu macem-macem ya, banyak orang di dunia ini. ada yang kaya, ada yang menengah ke atas, dll. selera orang kan jg beda”. toh kalau g bs whatsApp-an knp? jd masalah? orang” perusahaan, yang justru kaya banget, beli hp juga buat nelpon doang. setiap produk ada tujuannya masing”.

    1. Pak Yudi,

      Nokia 301 single SIM tidak dijual di sini. Lokasi terdekat yang menjual ponsel varian tersebut adalah Malaysia dan Singapura.

  10. Saya tipe org gak terlalu suka social networking tp bth dual SIM. Sy sih suka2 aja sm 301…

    Krn toh sdh ada tablet utk keperluan yg lbh besar

    1. Pak Darius,

      Benar, beberapa bulan setelah saya me-review 301, muncul update firmware yang memungkinkan pengguna menginstalasikan WhatsApp tanpa jurus khusus.

      Nokia Chat itu instant messenger.

  11. Maaf mas, tapi meskipun whatsapp sudah rekomondasi 301 dual sim, daya tahannya baterai 301 bertambah apa nggak mas? Kalau bertambah, menjadi berapa jam?

    1. Pak Vyruz Biotik,

      Saya superbingung dengan kalimat Anda ini: “Maaf mas, tapi meskipun whatsapp sudah rekomondasi 301 dual sim, daya tahannya baterai 301 bertambah apa nggak mas? Kalau bertambah, menjadi berapa jam?”

      Boleh tolong diketik ulang dengan pertanyaan yang lebih jelas dulu. Kalau dipakai buat WhatsApp, baterai ya pasti lebih boros daripada bila tak dipakai WhatsApp.

  12. Pak Herry, lebih bagus mana ya Nokia 225 dengan Nokia 301? Untuk orangtua yang lebih sering telpon dan SMS. Maka sinyalnya harus bagus dan bisa simpan memory yang banyak. Apakah Nokia 301 bisa meng-insert no kontak di SMS ke contacts?

    1. Pak Tris,

      Kalau Anda memerlukan WhatsApp, saran saya, jangan beli Nokia series 40 deh. Sebab, ponsel itu akan terasa sangat tidak nyaman kala dipakai menjalankan WhatsApp. Lebih baik Anda membeli ponsel Android entry level yang sudah mendukung layanan 3G.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *