Wow, Dual On Tembus Pandang!

Pada awal 2010, Sony Ericsson menawarkan ponsel Xperia Pureness yang berlayar transparan. Meski hanya monokrom dan berfitur minimalis, ia mampu memberikan kesan wow. Saat itu peminat Xperia Pureness harus mengeluarkan dana Rp 9.999.000. Ya, sepuluh juta kurang seribu rupiah.

S Nexian yang sebelumnya dikenal sebagai Nexian saja kini menghadirkan M9090 Glaze. Sama dengan Xperia Pureness, Glaze berlayar transparan atau sebenarnya lebih tepat disebut semitransparan. Asyiknya, layar ponsel dual on GSM-GSM itu mampu menyajikan gambar dan tulisan berwarna. Harga jualnya pun jauh di bawah Xperia Pureness.

Penampakan fisik Glaze terlihat mewah. Ia tak terkesan sebagai ponsel merek lokal yang kadang identik dengan ponsel murah berkualitas ala kadarnya. Di sekitar layar tembus pandang ponsel itu tak ada satu pun konektor tambahan. Konektor micro USB dan selot microSD diletakkan di bagian bawah layar, sama halnya dengan keypad dan dua selot kartu SIM.

Agar terlihat lebih cantik, pengguna bisa mengaktifkan live wallpaper. Pengguna leluasa memilih gambar awan, daun, bunga salju, jantung hati, atau bola lampu. Anggaplah pengguna telah memilih flying leaf sebagai wallpaper. Saat ponsel siaga, daun-daun berwarna hijau akan berjatuhan di layar OLED 2,4 inci Glaze.

Daya tarik Glaze bukan cuma di layar tembus pandang. Bila menu ponsel ditelusuri satu per satu, pengguna bakal menemukan beberapa fitur yang patut diberi apresiasi. Ponsel itu dibekali fitur SMS black list yang mampu menyaring SMS masuk berdasarkan kata kunci maupun nomor pengirim.

Pada penyaringan SMS dengan merujuk ke kata kunci, pengguna bisa menyimpan maksimal sepuluh kata kunci. Satu hal yang perlu diingat, ponsel tak dapat membedakan huruf besar dan kecil. Kata “Makan” dan “makan”, contohnya, dianggap tidak sama.

Sedangkan pada penyaringan SMS berdasarkan nomor pengirim, pengguna dapat mendaftarkan paling banyak sepuluh nomor. Format penulisan yang diawali dengan kode negara dianggap sama dengan penulisan yang diawali angka nol. Misalnya, ponsel akan menilai nomor 0812345 tak berbeda dengan +62812345.

SMS masuk yang sukses dihadang oleh fitur SMS black list di Glaze otomatis lenyap. SMS itu tak tersimpan di menu mana pun. Ponsel sama sekali juga tidak memberikan notifikasi.

Memori telepon Glaze sanggup menampung sampai 1.000 SMS. Kalau mau, kumpulan SMS di ponsel bisa di-backup menjadi sebuah file berformat TXT. File itu kemudian dapat dibuka di PC atau laptop yang dimiliki pengguna.

Ada pula fitur perekam percakapan otomatis alias automatic call recording. Sampai 20 nomor dapat dimasukkan ke sebuah daftar. Bila pengguna melakukan pembicaraan dengan satu di antara 20 nomor itu, ponsel otomatis akan merekam percakapan. Bila percakapan dengan nomor yang belum terdaftar ingin direkam, pengguna harus melakukan perekaman secara manual. Langkah-langkahnya kurang praktis karena pengguna mesti menekan keypad enam kali.

Khawatir ada panggilan masuk yang tak terjawab? Aktifkan saja fitur penjawab telepon (answer machine). Pengguna bebas menentukan waktu tunggu sebelum ponsel otomatis menerima panggilan masuk. Silakan memilih mau tiga, lima, sepuluh, atau 30 detik. Sebuah salam standar akan menyambut penelepon dan memintanya meninggalkan pesan. Supaya terasa lebih personal, pengguna diperkenankan merekam salam pribadi untuk menyapa penelepon.

Buku telepon seribu nama multiple entry, radio FM, GPRS/EDGE, bluetooth, black list, white list, dan penambah suara latar adalah sebagian fitur lain Glaze. Ponsel yang menggunakan baterai lithium 750 mAh itu memiliki memori internal berkapasitas 43,8 MB. Pengguna bisa menambahkan kartu microSD berdaya tampung sampai delapan GB.

Kamera tanpa autofocus maupun lampu kilat di ponsel tersebut mampu memproduksi foto beresolusi maksimal 1.280 x 960 piksel atau setara dengan 1,23 megapiksel. Kinerja kamera yang dapat pula difungsikan sebagai perekam video itu pantas diberi predikat buruk.

Selain kamera, penggabungan kotak masuk SMS boleh ditambahkan menjadi sisi minus Glaze. Asalkan mudah dideteksi, sebenarnya pencampuran kotak masuk SMS dua nomor yang terpasang masih bisa ditoleransi. Masalahnya, untuk mengetahui sebuah SMS ditujukan ke SIM1 atau SIM2, pengguna harus mencermati angka ekstramungil di bawah ikon SMS. Hmm… tak ramah mata deh.

Dengan memperhatikan berbagai faktor, menurut penulis, Glaze yang berdimensi fisik 122 x 48,3 x 13,5 mm layak menyandang predikat unik, menarik, layak beli. Harga jualnya yang 3-4 kali lipat ponsel candybar merek lokal buatan Tiongkok masih bisa dimaklumi.

Berapa sih harganya? Harga ritel resmi Glaze sebenarnya Rp 899 ribu. Sebagian toko menjualnya Rp 870 ribu. Pada saat bersamaan, karena ponsel itu beredar nyaris tanpa iklan sehingga konsumen tak memiliki patokan harga, ada toko yang memanfaatkan ketidaktahuan calon pembeli. Mereka menawarkan Glaze dengan harga sampai Rp 1,2 juta.

Pemilik toko yang mencari keuntungan lebih itu biasanya akan berkata, “Ini ponsel langka lho. Punya Sony Ericsson yang layar transparannya cuma hitam putih saja harganya hampir sepuluh juta. Padahal, yang ini berwarna dan dual on.”

19 thoughts to “Wow, Dual On Tembus Pandang!”

  1. Keren juga Pak Herry
    Boleh saya tahu Pak Herry, apakah whitelist dibatasi sejumlah masksimal nomer tertentu atau bisa melakukan whitelist dengan kondisi menerima panggilan hanya terbatas dengan contact yang ada di address book kita?
    Terima kasih sebelumnya Pak Herry

  2. Pak Ga-kpfsby,

    Coba cari di Bumilindo lantai 1 atau Channel lantai 3. Mereka lumayan rajin menjual ponsel S Nexian.

    Lumayan menarik untuk dibeli sih. Umpama harganya Rp 500 ribuan, asyik deh.

  3. Maaf Pak Herry, saya mau bertanya tapi diluar yang Bapak bahas. Saya menanyakan tentang bagaimana cara menghilangkan logo dan suara grup musik Slank pada Nexian A850 Energy. Terkadang suara startup dan shutdownnya mengganggu saat sedang rapat, walaupun sudah di silent dan segala macam cara namun saat baterai habis secara otomatis hp ini shutdown dan mengeluarkan suara lagu slank yang cukup keras, juga pada saat awal dinyalakan. Mohon bantuan pak Herry karena sangat mengganggu, mungkin ada software yang bisa untuk menghapusnya. Saya pernah ke service center nexian di kota saya dikatakan mereka tidak dapat menghilangkannya karena hp saya memang seri slank. Waktu beli karena lewat online tidak paham bahwa yang saya beli seri slank.

  4. Pak Wahyu,

    Bila ponsel Bapak memang edisi Slank, logo dan musik Slank memang tak bisa dihapus. Sebab, file Slank itu sudah ditanamkan ke firmware.

    Entahlah kalau Bapak atau teman Bapak ada yang memiliki kemampuan untuk “memasak” atau memodifikasi firmware. Baru deh logo dan musik itu mungkin bisa dihapus.

  5. Inggih pak Herry, maturnuwun atas penjelasannya.. Jalan keluarnya mungkin ditinggal di dalam tas atau laci agar tidak mengganggu acara bila tiba2 hape habis batre dan teriak lagu slank…

  6. Pak Herry, sekarang harga baru nya berapaan yah, Glaze ini produksi perusahaan china apa yah, biar tau after sales service nya, makasih …..

  7. Pak Android (lho, namanya kok sama dengan nama sistem operasi),

    Sampai beberapa bulan lalu, harga masih di Rp 800 ribuan. Tetapi, sudah semakin jarang ada toko yang punya stok, seiring dengan makin terbenamnya merek S Nexian.

    Saya kurang tahu ponsel itu dibuat oleh perusahaan apa. Menurut saya, tak banyak ponsel S Nexian (maupun dulunya Nexian) yang berhasil memikat saya. Salah satu yang berhasil memikat saya ya Glaze ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *