Xiaomi Memang dari Tiongkok tapi…

Entah sudah berapa ratus pertanyaan tentang Xiaomi yang sebulan terakhir penulis terima lewat. Penulis telah menjawabnya satu per satu. Kalau dirangkum, inilah lima pertanyaan tentang Xiaomi yang paling sering ditanyakan.

Ternyata Xiaomi berasal dari China. Saya jadi ragu. Bagaimana saran Anda?

Ya, Xiaomi adalah ponsel merek China alias Tiongkok yang dibuat di negara yang sama. Memangnya kenapa bila Xiaomi berasal dari Tiongkok? Produk merek Tiongkok buatan Tiongkok tidak selalu jelek lho. Kuncinya adalah niat baik produsen dan ketat tidaknya pengendalian kualitas. Merujuk kepada pengalaman penulis mencoba tiga tipe ponsel Xiaomi, merek itu tidak boleh dipandang sebelah mata.

Penulis justru menilai Xiaomi lebih patut diapresiasi ketimbang Oppo. Dua merek itu sama-sama berasal dari Tiongkok, tetapi memiliki kadar kejujuran yang berbeda. Penjual Xiaomi mengakui ponsel itu merek Tiongkok buatan Tiongkok. Sedangkan promotor Oppo biasanya akan mengatakan ponsel Oppo adalah produk lisensi Amerika yang dibuat di Tiongkok, sama dengan Apple iPhone. Kalau pun tidak mengucapkan Amerika, promotor Oppo biasanya menyebutkan negara-negara lain di Eropa. Padahal, Oppo sebenarnya merek Tiongkok buatan Tiongkok.

Apakah kualitas Xiaomi setara dengan Advan dan Mito?

Terlalu tega bila Anda mengadu Xiaomi dengan Advan, Mito, Evercoss, dan aneka merek lokal lain. Memang sama-sama buatan Tiongkok sih. Namun, kalau penulis harus mencoret satu demi satu merek yang sebaiknya dilupakan, Xiaomi pasti takkan dibuang lebih dulu. Anda paham dengan makna yang tersirat di dalam kalimat itu, bukan?

Setahu saya, yang beredar resmi di sini baru Xiaomi Redmi 1S. Kemarin di toko ponsel saya melihat Xiaomi Redmi Note dan Mi3 yang dibilang bergaransi resmi. Kok bisa?

Anda benar. Baru Redmi 1S yang beredar resmi di sini. Tipe lain yang beredar di pasar pasti bukan bergaransi resmi. Resmi 1S yang bukan bergaransi resmi juga dapat ditemukan di pasar. Jadi, berhati-hatilah saat membeli.

Redmi 1S bergaransi resmi apakah dilengkapi Play Store dan menu bahasa Indonesia?

Ya. Ada Play Store, ada pilihan bahasa Indonesia. Kalau Anda membeli ponsel Xiaomi yang seharusnya dijual di Tiongkok, barulah ponsel itu tanpa Play Store.

Saya tadi mengakses www.xiaomi.co.id, tetapi yang muncul justru situs ponsel Himax? Apakah Himax sama dengan Xiaomi?

Situs www.xiaomi.co.id bukan dimiliki oleh Xiaomi. Alamat situs resmi Xiaomi adalah www.mi.com. Sama sekali tidak ada hubungan antara Himax dan Xiaomi.

964 thoughts to “Xiaomi Memang dari Tiongkok tapi…”

  1. Pak Herry,sekedar sharing opini….
    Menurut saya,Oppo memakai sistem jual harga yang overpriced karena mereka menganggap masyarakat Indonesia akan beranggapan bahwa makin mahal makin bagus. Namun,harga mahal tersebut tidak dimbangi fitur spesial dan custom rom premium seperti halnya HTC. Selain itu,sistem marketing Oppo yang modelnya seperti itu justru menjadi bumerang bagi Oppo. Demikian pendapat saya,semoga Oppo bisa memperbaiki sistem marketingnya.

  2. Ditangan saya ada redmi 1s baru dapet dr promo lazada. Hp android pertamaku hahahha. Not bad, lebih dari cukup untuk aplikasi standard yg biasa saya pakai. Built quality lumayan lah kalau harga cuma 1,5jtan.
    batal dulu beli g2 mini. Testing bbrp minggu dulu

  3. Satu lagi, Xiao Mi di produksi di 2 pabrik terkenal, invertec pembuat beberapa komputer macam hp, dan Foxconn yang kebetulan adalah manufacturer untuk Apple iPhone dll, jadi harap maklum kalau built quality Xiao Mi sama bagusnya dengan merk global terkenal lain.

  4. pak apakh lenovo a316i bekerja dengan baik? katanya ponsel ini cepat panas….
    apabila dibandingkan dengan acer liquid z4 tanpa membandingkan camera, manakah yang bapak sarankan untuk dibeli? lenovo a316i atau acer z4?

    1. Pak Kurniawan,

      Lain kali bila mengirimkan pertanyaan cukup diketikkan satu kali dan di satu tempat ya. Tak perlu diulang-ulang. Saya akan jawab kok. Pertanyaan Anda ini sudah saya jawab di tempat Anda kali pertama mengetikkannya.

      1. Pak Herry mau minta masukan nih , pak herry recommend xiaomi mi5 pro atau iphone SE ? (Kalau di lihat dari semua aspek) kpn lg bsa beli iphone dgn harga dbwh 10jt dgn spesifikasi persis bahkan lebih bagus dari iphone 6S …

        1. Pak Bagas,

          Tak tahu. Saya belum pernah mencoba semuanya. Satu hal yang perlu Anda ketahui, semua ponsel yang Anda sebutkan itu pasti tanpa garansi resmi.

    1. Pak Sukoco,

      Karena harga ponsel merek global sudah semakin terjangkau, mending beli merek global deh. Bukannya saya tidak cinta merek lokal, tetapi dalam hal ini saya mencoba berpikir rasional.

  5. Barusan saya dpt info dr sebuah forum android bahwa Xiomi krn sangat laris lantas muncul versi aspal nya Pak Herry. Seperti samsung lah yg ada supercopy dsb nya. Apakah Pak Herry juga pernah mendengarnya? Trm ksh πŸ™‚

    1. Pak Rizal,

      Iya, saya sudah mendengarnya. Xiaomi palsu sudah beredar lama, sebelum Xiaomi resmi meluncur di Indonesia.

  6. Maaf Pak Herry,
    Satu lagi pertanyaan yg menurut saya juga sering ditanyakan, yaitu mengenai service center Xiaomi. Dimana dan bagaimana pelayanannya? (Sekedar saran.)

    1. Pak Amaris,

      Alamat pusat perbaikan resi Xiaomi ada di lembaran garansi yang disertakan dalam paket penjualan Xiaomi Redmi 1S. Kalau di Surabaya, lokasinya sama dengan pusat perbaikan resmi BlackBerry bergaransi TAM dan ponsel Venera. Saran saya, jangan mematok harapan terlalu tinggi dulu.

  7. Tambahan saja
    1.xiaomi di negaranya (tiongkok) masuk 3 besar ponsel yang penjualannya terbanyak menyalip samsung, peringkat berikutnya lenovo, yulong(coolpad), huawei. Sumber canalys, gooling canalys xiaomi untuk cari tau

    2.karena barang < permintaan banyak produk palsu, saya belum pernah dengar merk oppo dipalsukan. Cerita teman saya pas di hongkong cari produk xiaomi (di toko besar elektronik daerah ladies market) tidak ada yang jual produk ini karena hukum hongkong kan ketat untuk toko toko besar yang jual produk palsu, beda kalau cari di kaki lima mungkin saja ada tapi diragukan keasliaanya.

    3.untuk merk himax octacore sebenarnya bagus karena rebranding dari yulong, coolpad (termasuk 5 besar di tiongkoknya) tapi kok jual di web dan distributor offlinenya beda harga sampai 200.000an

    4.untuk yang cari xiaomi redmi 1s resmi diluar flash sale lazada, coba cari di kaskus fjb saya lihat harga pasarannya sudah mulai turun ada yang jual 1.550.000 tapi pasaran sih di 1.600.000-1.650.000 masih mending sih daripada yang jual ditoko toko tapi garansi bless. Untuk garansi resmi erajaya tam produk cacat biasanya sebelum 14 hari sejak faktur dikeluarkan akan diganti unit baru.

    1. Pak Habibi,

      Wah, saya malahan baru tahu nih soal domain Xiaomiindonesia.com itu. Terima kasih atas informasinya, Pak.

      Himax nggak pede? πŸ™‚

  8. dear Ko HSW,
    berani tidak kita beli MI3/MI4 yang masih belum garansi resmi? resikonya apa?
    ada bocoran kapan kira2 tipe lain masuk pak? terutama 2 tipe tsb
    terima kasih

    1. Pak Adank,

      Ya kalau memang ingin banget, silakan beli. Risikonya, kalau rusak ya bakal mangkrak.

      Ada teman saya yang membeli Mi3. Setelah beberapa lama, selot kartu SIM-nya rusak karena ia kurang berhati-hati sangat mengeluarkan selot tersebut. Hasilnya, ponsel itu menjadi laksana ponsel Wi-Fi only deh. Dia sebenarnya sempat membawanya ke beberapa tempat servis, tetapi tak ada yang bisa memperbaikinya lantaran tak punya suku cadang.

      Belum ada bocoran kapan tipe lain akan beredar resmi di sini.

  9. Pak herry minta pendapatnya nih ,saya sudah ada budget 3 jutaan rencananya mau beli g2 mini tapi sekarang ada redmi 1s jadi bingung soalnya speknya agak mirip,menurut pak herry gimana ? Tetap lanjut untuk g2 mini atau cukup redmi 1s gmn baiknya pak trims.

    1. Pak Kiko,

      Jawabannya sederhana saja. Kalau Anda berprinsip “keluar uang sesedikit mungkin dan dapat sebanyak mungkin”, belilah Redmi 1S yang harga ritel resminya Rp 1,499 juta.

      Namun, kalau Anda lebih peduli dengan kenyamanan dan layanan purna jual, silakan membeli G2 Mini.

  10. wah, saya baru aja ambil xiaomi mi3 yang saya beli dari salah satu online shop (Gr**pon) seharga 3.3jt… so far sih saya cukup happy dengan performanya (sebelumnya saya pengguna Google Nexus 4)… build quality dari Mi3 ini juga cukup baik menurut saya…body nya terkesan mewah dan lumayan mencerminkan ponsel high-end πŸ™‚

    untuk ponsel ini juga saya memperoleh garansi distributor dari Q-Tel selama 2 tahun…mudah-mudahan tidak ada masalah di kemudian hari πŸ™‚

  11. pak maaf oot mau tanya cara mengatasi peringatan memory penuh saat download apk di playstore padahal masih ada ruang pada memori kita??? makasihh pak πŸ™‚

  12. Awalnya liat tweetnya pak Herry katanya bakal mereview smartphone android dual sim, quad core, ada nfc, harga 1 juta lebih sedikit..penasaran, saya browsing eh nemunya accessgo 4E…bener kan pak Herry..hehehe..

  13. Saya sedang mengincar 3smartphone sejutaan, yaitu zenfone4, moto e, dan acer liquid z4
    menurut Pak Herry SW mana yg paling layak dibeli??

    1. Pak ArGa,

      Sampai batas waktu yang belum diketahui, sebaiknya tidak membeli ponsel dan tablet merek Asus. Prinsipalnya di sini saya lihat masih setengah hati, nggak becus, dan jago PHP di dua lini produk itu. Kalau laptop Asus masih boleh dipertimbangkan.

      Moto E atau Acer Liquid Z4? Moto E unggul di tampilan layar dan pergerakan menu yang lebih lembut. Lembut alias smooth ya, bukan lemot. Sementara itu, Liquid Z4 menang mutlak di kamera. Pengguna baterai removable menjadi kelebihan tambahan Liquid Z4 dibandingkan Moto E.

  14. Pernah baca di net, kalo xiaomi bakal memasarkan tipe flagship nya lebih lama. Beda dgn strategi merk lain, yg meluncurkantipe flagship baru tiap 6 bulan…

  15. saya heran yah, hp ini kan harganya murah tapi bikin heboh diantara teman2 saya, padahal mereka pengguna iphone dan ipad. sering banget nih hp di pinjam, dielus2, dicolek2, padahal aplikasi yg saya instal masih minim

  16. malam

    mau nanya nih, di sebuah forum tepatanya di sebuah trit komparasi antar hp, ada seorang user yang selalu mendiskreditkan handphone produksi xiaomi, dengan argumen build quality jelek, performa jelek, kamera jelek

    nah yang mau saya tanyakan sejelek itu kah handphone produksi xiaomi?? ane pengguna mi3 sih ga ngalamin, tapi kok jadi takut ya lama2, nyesel juga beli jadinya. hahaha

    ngomong2 pak Herry pernah coba tempered glass kah? kalo belum coba review dunk, terutama bagian drop test :p

    1. Pak Rendra,

      Menurut saya, build quality dan performa Xiaomi secara umum bagus. Kalau kesepadanan harga jual resmi diikutsertakan, ia malahan lebih menarik daripada Samsung. Btw, komentar saya ini mengacu kepada pengalaman mencoba Xiaomi Redmi, Redmi 1S, Redmi Note, dan Mi4.

      Ya, saya pernah mencoba tempered glass. Fungsi dasar tempered glass sebenarnya melindungi layar dari kemungkinan terkena goresan. Berbeda dengan screen protector biasa, tempered glass lebih nyaman disapu dengan jari.

      Kalau kemudian ada yang sengaja menjatuhkan ponsel atau memukul layar ponsel memakai palu, itu sebenarnya sudah melebihi hakekat dasar fungsi tempered glass. Namun, bila Anda ingin saya mencoba melakukan drop test terhadap ponsel yang sudah dilapisi tempered glass, dengan senang hati saya akan melakukannya. Saya nantikan kiriman ponsel dari Anda. Tempered glass saya sediakan. Usai di-drop test, ponsel akan saya kirimkan kembali.

  17. Udah hampir 2 bln pake redmi 1 s tidak ada kendala yg berarti. Mgkn cmn baterai yg cepet panas tapi setelah upgrade software bawaan yg udah tersedia di ponsel jd agak mendingan. Oh ya yg mau saya tanyakan apakah pengaruh ya koh herry kalo saya sering over ketika cas ponsel sering kelewat sampe berjam jam (tapi dlm kondisi non aktif) alias telat cabut ketika baterai sudah penuh

    1. Pak Arry Saputra,

      Ponsel di-charge dalam kondisi mati total kan? Kalau iya dan Anda memakai charger yang bukan abal-abal, seharusnya aman.

  18. Adek dan kakak saya pakai Redmi 1S ini, jujur saja kualitasnya nggak kalah kok sama brand besar saat ini… Saya sebenernya maksir Redmi Note, sayang belum ada yang resmi πŸ™

  19. halo ko herry, mau tanya nih, kira2 di surabaya yg jual xiaomi redmi note dimana ya ko? pgn beli tanpa ikut flashsale di lazada soalnya. hehe

  20. Pak Herry, mohon petunjuk ya. Saya sudah membeli xiaomi redmi 1s, tetapi ada teman yang mau membelinya. Saya telanjur buka account mi cloud. Apa yang harus saya lakukan untuk mengembalikan ke setting awal agar data saya tidak tertinggal di hp tersebut? Teman saya sudah ngebet banget nih, Pak. Makasih sebelumnya.

    1. Pak Sofy,

      Anda tinggal melakukan factory data reset. Seluruh data di memori internal akan lenyap. Ponsel kembali ke kondisi semula, seperti ketika barusan Anda beli.

  21. Satu lagi, Pak. Mending beli redmi 1S, redmi note, atau acer E700 3 sim kah, sebab E700 tinggal 2,5 juta sekarang, atau Pak Herry punya pilihan yang lebih joss dengan anggaran maksimal 2,5 juta? Saya pentingkan kamera dan internet sih. Makasih lagi ya , Pak.

    1. Pak Sofy,

      Kalau Anda perlu triple SIM, ya berarti Acer Liquid E700. Namun, kalau dual SIM sudah cukup, silakan beli Redmi Note.

  22. Om herry saya mau nanya, saya ingin beli xiaomi redmi note 4G .. Tapi setelah saya cari di WTC dan Marina hanya ada yang garansi T-cel, Bless, Berrindo, dan Distributor .. Padahal garansi yang saya sebutkan tadi adalah garansi yang tidak banyak laku di pasaran .. Bagaimana saran anda ? Sebaiknya saya beli yang mana Om herry ? Mohon petunjuknya ya ..

    1. Pak Rifki MA,

      Maaf, saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini. Pada 25-27 Februari 2015 saya menjalani aktivitas yang padat di luar pulau. Sehingga, relatif tak sempat menjawab pertanyaan masuk.

      Redmi Note yang beredar di sini, baik resmi maupun tidak, ada dua macam:
      * 3G dan dual SIM
      * 4G dan single SIM

      Redmi Note varian kedua alias Redmi Note 4G belum ada yang bergaransi resmi. Karena itu, sangat wajar bila ketika Anda keliling ke WTC dan Marina, Anda hanya bertemu dengan produk bergaransi T-Cell dll. Karena 4G di Redmi Note saat ini juga belum bisa digunakan di Indonesia, menurut saya, lebih baik jangan membeli varian Redmi Note 4G.

  23. Saya mau membeli redmi note 4G iku karena chipsetnya memakai chipset yang biasa di pakai di sony xperia yaitu Snapdragon om bukan karena sinyalnya .. Sedangkan yang redmi note 3G menggunakan chipset media tek yang saya rasa kurang bagus .. Itulah sebabnya saya memili redmi note 4G .. Kira TAM akan mengeluarkan garansi untuk 4G bulan apa ya Om ?

    1. Pak Rifki MA,

      Mediatek sekarang sudah jauh lebih bagus daripada zaman dulu lho.

      Saya tak mengetahui jadwal edar Redmi Note 4G bergaransi resmi. Saya justru menduga ponsel itu takkan diedarkan resmi di sini. Xiaomi akan langsung menawarkan tipe yang lebih baru.

  24. misi mau nanya mas henry,
    saya kan pingin beli redmi note 4g lte. tapi takut dapet yang gak ori.
    cara bedakan ori gak nya paling mudah itu gmna yah? terus distributor yang sekiranya terpercaya apa yah?

    1. Pak Arifin,

      Boleh tahu mengapa Anda ingin membeli Redmi Note 4G? Apakah tidak lebih baik membeli Redmi Note 3G yang dual SIM?

      Redmi Note 4G pasti tidak bergaransi resmi lho. Layanan LTE-nya juga belum bisa dipakai di sini.

  25. untuk merk hp xiaomi yang telah beredar di indonesia, tipe apa saja yang sudah bergaransi resmi pak ?

    untuk pengajuan/ klaim garansi apa bisa di service centre di marina/ wtc pak ?

    Terima kasih

    1. Pak Indra,

      Baru dua tipe:
      1. Xiaomi Redmi 1S.
      2. Xiaomi Redmi Note (varian dual SIM dan 3G).

      Kalau Anda memperoleh Xiaomi yang diimpor Erajaya, klaim garansi bisa dilakukan di pusat perbaikan multimerek TAM di WTC maupun Marina. Kalau Anda dapat unit Xiaomi yang diimpor Trikomsel, klaim garansinya di Jl Raya Gubeng.

  26. Sy br beli xiaomi yg redmi 2s . Tp pas saya cek gaada play store dan bhs indonesianya . Dan toko hp yg sy beli jg ga mengerti .
    Saya berhak komplen kan?
    Mohon saran solusinya yaa
    makasih

    1. Bu Nisa,

      Anda baru beli Redmi 2S? Setahu saya, belum ada ponsel Xiaomi tipe tersebut deh.

      Kalau yang dimaksud ternyata Redmi 2, berarti kemungkinan Anda dapat barang yang seharusnya dijual di Tiongkok. Menurut saya, Anda berhak komplain. Bahkan, kalau di awal transaksi penjual sempat menyatakan ponsel itu ada Play Store-nya, Anda berhak mengembalikan barang dan meminta seluruh dana dikembalikan utuh.

  27. Sblmnya pake r1s…skarang pake r2.
    Ckup puas dng merk “china’ ini..sofware. Hardware..gak ecek2. Dng range harga sgtu..ini merupaka hape paling tak suka sejauh ini.
    Klo ada yg tanya..” t hape china?”
    Snyum aja ane…lha hape kalian yg katanya “bermerk” cba bka…dimana ia dibuat?

  28. permisi numpang tanya, beberapa hari yang lalu saya membeli xiaomi mi 4 lalu saya download antutu banchmark dan hasilnya nama xiaomi saya xiaomi mi4 lte dan posisinya jauh dibawah xiaomi mi 4,ada yang bisa menjelaskan? lalu apakah xiaomi ini hp nya cepat rusak? mohon petunjuknya.trims

    1. Pak Farhan Anshari,

      Soal hasil Antutu, mungkin ada rekan lain yang bisa menjelaskan.

      Tentang Xiaomi apakah cepat rusak, belum ketahuan karena usia edar Xiaomi di sini belum sampai setahun. Sejauh ini saya lihat ponsel Xiaomi cukup andal dan bagus sih.

  29. Mau tanya dong, antara hp xiaomi mi 4i, asus zenfone2 ze550ml dan ximax polymer octa core lebih baik beli yg mana yah klo di liat dari kualitas nya.

    1. Bu Yusi Yusnita,

      Saya belum pernah mencoba tiga ponsel itu. Catatan dari saya:

      * Xiaomi Mi 4i. Ponsel itu baru diluncurkan di Indonesia. Sifatnya masih diluncurkan. Di seluruh dunia belum ada yang menjualnya. Jadi, ya belum ketahuan bagus atau tidak. Gimana bisa coba kalau belum ada yang jual.

      * Asus Zenfone 2. Saya belum pernah coba ZE550ML. Kalau varian yang lebih tinggi, ZE551ML dengan RAM 4 GB, baru pernah coba satu hari. Jadi, belum bisa mengambil kesimpulan.

      * Himax Polymer Octacore. Saya belum pernah mencoba ponsel itu. Sekadar menyentuh pun belum pernah. Namun, asal tahu, saya pernah membeli dua ponsel Himax tipe lain dan keduanya sama-sama mengecewakan. Hal lain yang perlu diketahui, kalau kita berbincang soal etika bisnis, Himax mendapatkan skor sangat negatif dari saya. Cobalah masuk ke http://www.xiaomi.co.id dan http://www.xiaomiindonesia.com. Seseorang yang mengetikkan alamat situs itu akan diarahkan ke http://www.himax.co.id. Padahal, Himax dan Xiaomi tidak ada jalinan kerjasama lho.

  30. Aku mau beli hp tapi galau antara xiaomi mi 4i, asus zenfone2 ze550ml dan himax polymer octa core lebih bagusan mana ya dilihat dari kualitasnya?

  31. pak herry saya mau tanya, kalau tipe xiaomi yg ada di http://www.mi.co/id itu berarti sudah resmi beredar di indonesia ya? saya ingin membeli hp xiaomi yg bergaransi resmi harga d bwh 2 jt mohon petunjuknya.trims

  32. pak..kalo mo beli xiomi lwt website xiomi yg ada di hongkong apa ada bhs indonesianya…pingin beli xiomi mi4i….soalnya di sini blm release..

    1. Pak Setyawan Agung,

      Sabar deh. Kehadiran Mi 4i di Indonesia sudah di ambang pintu kok. Saya telah mengetahui tanggalnya, tetapi dilarang keras membocorkannya.

  33. Pak advan jg kan dari cina…. ? Nah pertanyaan saya menurut bapak advan s4d berkualitas ga ya pak ?..

    1. Pak Hervin,

      Advan adalah merek lokal buatan Tiongkok, sedangkan Xiaomi adalah merek Tiongkok buatan Tiongkok. Jadi, berbeda deh.

      Saya belum pernah mencoba Advan S4D. Mengacu kepada pengalaman pribadi saat mencoba beragam tipe ponsel dan tablet Advan, lebih baik Anda melupakan merek itu deh. Kecuali, Anda memang senang berinteraksi dengan petugas di pusat perbaikan resmi.

  34. saya pengen beli xiomi note gmn caranya y pak..
    Di t4 saya belum ada, bisa bntu pak biar bisa dapet xiomi note yg brgaransi resmi. Terimakasih

    1. Pak Hendry,

      Apakah yang Anda maksud adalah Mi Note? Kalau iya, ponsel itu memang belum beredar resmi di Indonesia.

  35. Pak herry, saya baru beli redmi 2s. Sudah ada garansi resminya 1 tahun. Cukup memuaskan. Masalahnya saya tidak bisa menghapus file musik/video yg sudah saya download. Mungkin pak herry bisa bantu?

    1. Pak Ivan,

      Nah… sekarang saya yang bingung. Belum ada ponsel Xiaomi Redmi 2S. Jadi, yang Anda beli sebenarnya ponsel tipe apa?

  36. Maaf pa,saya mau tanya kalo xiami redmi 2 ada garansi resmi nya ga?terus kalo redmi 1 s bener bisa usb on the go?
    Kalo hp yg bergaransi distributor bagus ga?
    Terima kasih.

  37. selamat malam,pak saya mohon pencerahan waktu beli redmi note 4G ada garansi resmi dari “WIN” selama satu tahun ,tahu alamatnya pak untuk komplain masalah kamera depan yg kadang gk bisa dipake, saya mohon dijawab

    1. Pak Agus,

      Redmi Note milik Anda pasti bukan bergaransi resmi.

      Silakan cek kartu garansi yang Anda dapatkan saat membeli ponsel tanpa garansi resmi itu. Di sana seharusnya ada alamat tempat servisnya.

  38. selamat mlm pak. saya mau tnya, jika xiaomi yg kita beli merupakan xioami palsu. dan xiaomi tersebut rusak. apakah kita dapat memperbaikinya di service center xioami resminya?

    1. Pak Adit,

      Kalau Xiaomi palsu, mestinya pusat perbaikan resmi Xiaomi tak dapat melayaninya. Berbeda halnya kalau yang Anda beli adalah Xiaomi tanpa garansi resmi. Mereka masih dapat melayani, asalkan Anda bersedia membayar sejumlah biaya. Besaran biayanya terus terang tidak saya ketahui.

  39. salam kenal. pa herry saya mau menanyakan, apakah d indonesia sudah ada garansi resmi untuk xiaomi mi 4 ? yg saya baca baru xiaomi mi 4i dn redmi 2 yg sudah ada itu pun yg saya liat di http://www.mi.com/id.
    saya tunggi balasannya, terima kasih πŸ™‚

    1. Pak Nurvef,

      Saya tak berani menjamin seratus persen asli. Saya bilang begitu karena pernah ada Xiaomi tipe tertentu bergaransi distributor independen yang ternyata palsu.

      Ya, lebih baik Anda menganggapnya tanpa garansi.

  40. Salam kenal Pak Herry,

    Saya beli Xiaomi Mi3W dari Tiongkok, kebetulan setelah pakai bulan, hp nya rusak karena sering dibanting anak :).
    Pada layar sinyal hp, mucul tulisan “Emergency Call Only.
    saya coba bawa ke TAM, ditolak dengan alasan mereka tidak melayani service product yg dibeli diluar jaringan distribusi mereka.

    yang saya tanyakan, dimanakah saya bisa medapatkan tempat service mi3 yg terpercaya dibilangan jakarta bekasi ?

  41. Pak Herry,
    saya mau mendengar pendapat bapak. kemarin saya mau beli Xiaomi redmi 1s di lazada. saya melihat harganya murah (tidak lazim) sekitar 1,2 jt. penjualnya bukan lazada melainkan mitra retail lazada kalo tidak salah exclusive gain inc. dan ditiluskan bukan garansi resmi (garansi distributor ) menurut bapak apakah saya membeli barangnya atau tidak? terima kasih. πŸ™‚

  42. Pak herry mohon pencerahan sy mau membeli xiaomi note 4 dg garansi bless dan gmt..lbh baik sy membeli dr yg bless/gmt/membeli redmi2 ?nuhun.

    1. Pak Abdir,

      Saran saya simpel saja. Hindari membeli Xiaomi tanpa garansi resmi (bergaransi distributor independen). Layanan purna jualnya seringkali meragukan. Hal lain, dalam berbagai kasus, menu ponsel itu banyak yang masih berbahasa Tiongkok dan tanpa Play Store.

      Jadi, silakan beli Redmi 2 bergaransi resmi saja ya.

  43. malam pak,
    pak saya mau tanya. batrai xiomi itu sering ngedrop tidak? takutnya gampang ngedrop seperti beberapa merk hp lain.
    lalu kalo mau beli hp xiomi tanpa online, xiomi bekerja sama secara resmi dengan eraphone, okeshop dan global teleshop yah? soalnya takut bukan garansi resmi nanti hp xiomi yg mu dibeli.

    mohon jawabannya. terima kasih.

    1. Bu Fariha,

      Wah, saya tak tahu mengenai kinerja ponsel Xiomi.

      Lho, Oke Shop dan Global Teleshop jualan Xiomi ya? Saya malahan baru tahu. Selama ini cuma pernah lihat merek Xiaomi di sana. Eraphone apakah pesaingnya Erafone? πŸ™‚

      He… he… he… lain kali saat menuliskan merek, ejaannya yang akurat ya. Saya sebenarnya paham dengan maksud Anda kok.

      Untuk pemakaian jangka panjang banget, kualitas baterai Xiaomi belum diketahui nih. Lha merek itu kan praktis baru setahun beredar resmi di sini. Sejauh ini saya belum menerima laporan baterai nge-drop.

      Sekadar informasi, umpama mau beli online, lebih baik belanja produk Xiaomi di http://www.mi.com/id. Pasti orisinal dan baru. Tak punya kartu kredit? Pembayaran bisa dilakukan di Indomaret kok.

      Kalau mau beli offline, Anda sudah benar, silakan cari di Erafone, Global Teleshop, dan Oke Shop.

    1. Pak Fessan,

      Sering hang? Nggak deh. Selama saya menggunakan aneka ponsel Xiaomi, belum pernah hang tuh.

      Cepat panas? Tipe apa nih? Mi 4i memang agak mudah hangat, tetapi tak sampai panas.

  44. pak herry
    lebih baik beli xiaomi mi4i atau lenovo p70 ? dan keduanya apa sudah bergaransi resmi ?
    atau ada ponsel lain yang lbih baik di kisaran harga 3jt kbawah ?
    Terimakasih

    1. Pak Hendra,

      Kalau Anda lebih mengutamakan kamera, pilihlah Mi 4i. Kalau Anda lebih memprioritaskan daya tahan baterai, belilah P70. Dua ponsel itu sudah ada yang bergaransi resmi kok.

      Menurut saya, dua ponsel itu saat ini menjadi pilihan terbaik di rentang harga yang Anda sebutkan deh.

  45. Gan ada saran pilih redmi note 3g,lenovo a7000, sama zenfone 2 ram 2gb?
    Kalo beli redmi note 3g di surabaya dimana ya? Dan garansi independen yg bagus apa soalnya setau saya yang resmi uda ga ada?
    Terima kasih

    1. Pak Irwan,

      Harap tidak menggunakan kata sapaan “gan” di sini.

      Saya belum pernah coba A7000 dan Zenfone 2 RAM 2 GB. Yang pernah saya coba Zenfone 2 RAM 2 GB.

      Saya sih cenderung pilih Redmi Note 3G (dual SIM) bergaransi resmi. Masalahnya, kini stok di pasar sudah superlangka. Saya tidak merekomendasikan Anda membeli Redmi Note tanpa garansi resmi. Apa pun nama garansinya, kalau bukan garansi resmi mending jangan dibeli.

  46. Pak mau tny.baterai mi 4i saya uda pakr 1bulan lebi.sekarang baterainya drop cpt hbs.baterai dapat garansi ga ya.thank you

    1. Bu Linda Chen,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Saat Anda gunakan, dulu baterai Mi 4i bisa bertahan berapa jam? Kalau sekarang, maksimal bertahan berapa jam?

      Ya, silakan mengajukan klaim garansi ke pusat perbaikan resmi Xiaomi.

  47. Cuma memberi saran untuk pembaca..jika ingin membeli barang dengan garansi bless harap jangan dilihat dari kasat mata saja..dicek kseluruhan sampai hardwarenya..minimal update nya bisa..jika gak bs itu barang fake..dan tetap dijual oleh dia..saya udah pernah mendapatkan barang itu..saya membeli mi4..kbetulan toko yg saya beli kenal dengan pemilik bless..tp blgnya br saya yg mengeluhkan bgitu..pdhl sudah bnyk yg ngeluh..akhirnya duit saya diretur..mohon lebih teliti lagi jika ingin membeli produk Xiaomi dengan garansi ini

    1. Pak Odie,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Terima kasih atas sarannya. Saya sangat setuju. Karena itu, saya selalu merekomendasikan pembaca untuk membeli ponsel Xiaomi bergaransi resmi. Lebih baik tidak beli kalau tanpa garansi resmi.

  48. Dear Pak Herry

    Saya mau tanya pendapat Pak herry, diantara LG G2 vs LG G Pro 2 vs Xiaomi Mi4, yg mana diantara 3 hp itu yg pak Herry rekomendasikan? Kebutuhan saya biasanya lbh sering utk browsing (ketahanan baterai dan kecepatan browser), skali2 utk pmakaian GPS, musik dan game. Atau Pak Herry punya rekomendasi hp lain dgn budget antara 2 jt – 4 jt? Trims atas jawabannya…

    1. Pak Husni,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Saya belum pernah menguji pakai Mi4.

      Dengan kebutuhan dan anggaran tersebut, silakan membeli LG G2 – 32 GB baru dan bergaransi resmi. Harganya Rp 3,999 juta.

  49. Pak henry mohon solusinya saya mau beli xiaomi mi4i tpi saya ragu soalnya saya takut smartphone ini ga tahan lama dan cepat rusak mengingat baterainya model tanam dan ukuran yang tipis. Saya pernah mengalami saat saya menggunakan andromax u3 baterainya ngedrop terus sering hang dan layar jatuh mudah pecah, apakah xiaomi berbeda atau lebih baik saya memilih samsung prime/E5 yang sudah teruji ketahananya tapi saya kurang puas dgn kameranya? Terima kasih sebelumnya pak mohon balasan

  50. Selamat malam pak henry mohon solusinya saya ingin beli hp dgn budget 2jtan hp apa yang menrut bapak bagus dri kamera, baterai, dah ketahan lama masa pakai (awet dipakai bertahun), dari samsung prime, xiaomi mi4i, lg g2mini, lg g3 stylus, atau bapak mempunyai saran lain dari yg saya sebutkan tadi?, terimakasih sebelumnya pak

    1. Pak Rizal,

      Hmmm… kalau minta semua kriteria dipenuhi, jawabannya tak ada deh. Yang paling menarik sebenarnya Mi 4i. Namun, Anda perlu menyiapkan power bank karena daya tahan baterai ponsel itu tidak terlalu awet.

  51. Saya ralat pak karena melihat komen diatas jadi saya malah sala tulis ‘pak henry’ mohon maaf pak herry

    1. Pak Rizal,

      Belum tahu. Lha Xiaomi baru beredar resmi di sini selama sekitar setahun. Dugaan saya sih daya tahannya cukup bagus. Jangan dibandingkan dengan Mito, Advan, Evercoss, dll ya. Merek-merek yang saya sebutkan itu adalah merek lokal buatan Tiongkok. Kategorinya beda. Pengendalian kualitasnya juga patut diduga keras tak sama.

  52. Pak herry mana yg lebih bagus samsung galaxy E5 dan xiaomi mi4i dari segi awet baterai dan awet, tidak mudah rusak dalam waktu bertahun2 mana yang lebih unggul dr segi tersebut? Trimkasih sebelumnya

    1. Pak Rizal,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Galaxy E5 sehingga tak bisa membandingkan dua ponsel itu.

  53. Saya bru beli xiaomi redmi note 4g n bru 13 bootloop n gk bs di flash, sy bli di lazada n trnyata garansinya bless, sy bimbang mau garansikan soalny denger2 garansi bless banyak troubleny n ktanya lama bnget. Mohon bantuanny apa yg hrs sy lakukan?

    1. Pak Brony,

      Kalau tidak Anda garansikan, lalu ponsel itu akan Anda perbaiki di mana? Dalam kasus ini, terpaksa Anda harus berurusan dengan service center Bless deh. Mestinya sejak awal Anda jangan pernah membeli ponsel tanpa garansi resmi.

    1. Permisi pak..sekedar mau nanya saya mau beli xiami slim powerbank 10000mah,tp digaransinya tertulis”Garansi: Garansi 1 bulan dari Toko #PasarBB akibat kelalaian pabrik/cacat produksi”. Maksudnya apa ya?

  54. maaf sebelumnya, saya mau tanya. Di atas saya sudah baca, cuma mau memastikan. Soal penerimaan xiaomi center garansi resmi. Xiaomi redmi note 4g dualsim saya bergaransi GMT, sedangkan xiami senter terdekat d daerah bdg bergaransi Trikomsel, apakah bisa melayani service dengan membayar jasa servicenya, atau memang harus sesuai garansi sekalipun kita membayar jasa service nya?

    1. Pak Rizki,

      Kalau ponsel Anda bergaransi GMT (yang berarti bukan garansi resmi), Anda hanya bisa melakukan perbaikan di tempat servis yang ditunjuk GMT.

  55. Klu buat garansiin baru ini jelaskan hrs sesuai garansi nya. Oh jadi sekalipun bayar juga gabisa ya pak melakukan servis d xiaomi center yg d bdg tersebut? Mesti sesuai garansi sekalipun engga menggaransikan ke service center tersebut?

    1. Pak Rizki,

      Kalau tipe ponsel Anda beredar resmi di Indonesia, masih ada peluang bisa diterima di pusat perbaikan resmi. Tentu dengan membayar sejumlah biaya.

      Namun, karena ponsel Anda adalah varian yang tidak beredar resmi di sini, mestinya tak bisa dilayani oleh pusat perbaikan resmi Xiaomi. Sebab, hardware dan software-nya tidak sama.

  56. Pak Herry,

    Saya may tanya. HP saya red note 4LTE, dual sim, 1GB Ram.

    Masalahnya adalah depan seringkali hang, tulisannya can’t connect to camera. Beberapa review mengatakan ini masalah dari red note.

    Apa yang harus saya lakukan pak, kira2 berapa biaya service nya?

    Salam,
    Budi

    1. Pak Budi,

      Ok. Berarti, Redmi Note Anda pasti bukan bergaransi resmi ya.

      Saya tidak mengalami masalah yang Anda sebutkan saat memakai dua unit Redmi Note bergaransi resmi yang berbeda.

      Saran saya, kalau Redmi Note Anda bergaransi distributor independen, silakan mengajukan klaim garansi. Jangan mau kalau disuruh bayar, kecuali membayar ongkos kirim dari kota Anda ke tempat servis dan sebaliknya.

  57. Pak Herry,

    Apa anda ada rekomendasi tempat service kompeten yang ga resmi. Saya malas duluan kalau harus ke service center.
    Dari review yg saya baca, ini harus update software. Apa benar Pak?

    Apa worth it kalau saya tukar dengan A6000+ atau A700?
    Dan, kenapa bapak terkesan “tidak suka” dengan Asus?

    Salam,
    Budi

    1. Pak Budi,

      Anda di kota mana? Kalau di Surabaya, coba ke Khing GSM di WTC lantai 2. Kalau di kota lain, maaf, saya tak ada rekomendasi tempat pusat perbaikan resmi independen.

      Ya, silakan coba lakukan update firmware dulu. Siapa tahu bisa diselesaikan dengan update firmware. Saya pribadi agak curiga keluhan yang Anda alami berhubungan dengan hardware juga.

      Saya belum pernah mencoba A6000 Plus dan A7000. Jadi, belum tahu kinerja dua ponsel itu bagaimana.

      Ya, saya memang merekomendasikan orang untuk jangan membeli ponsel dan tablet merek Asus. Kalau power bank Asus, saya justru menyarankan Anda membelinya. Barang bagus tuh.

      Ada banyak faktor yang membuat saya tidak merekomendasikan ponsel dan tablet merek Asus. Intinya, saya memandang pengendalian kualitas, pengaturan harga dan distribusi, maupun layanan purna jualnya masih belum mantap.

  58. pak herry
    apakah xiaomi mi3 td -scdma bisa dirubah jaringannya jdi wcdma
    soalnya klo dipke di indo sinyal mentok di edge tidak bisa 3G
    mohon pencerahannya pak.
    terima kasih

  59. terima kasih atas jawabannya pak herry

    kalau sudah terlanjur begini, menurut pandangan bapak bagaimana solusi terbaik untuk permasalahan saya .
    apa saya jual saja? kalaupun dijual kira-kira laku berapa ya pak?
    terima kasih,

    1. Pak Iksan,

      Saat Anda membeli, apakah penjual menjelaskan kalau tidak bisa 3G? Kalau tidak dijelaskan, coba Anda komplain kepada penjual.

      Paling mentok sih ya mending dijual saja. Menurut saya, bisa laku Rp 1,5 juta sudah sangat bagus.

  60. halo pak, ada pengalaman atau info2 untuk claim garansi Xiaomi? saya belum 1 bulan, sudah ada masalah (garansi GMT).
    1. kabel usb rusak (hari pertama udah gak bisa dipake)
    2. radio fm yang gak mau detect sinyal (jadi gak bisa nerima siaran)
    3. sekarang malah lcd nya masalah, hp hidup tapi lcd nya black screen. saya tau ini, soalnya kalau saya touch screennya untuk unlock (tap tengah ke bawah dengan menggeser), ada suara unlock phone. jadi bukan bootloop, hanya screen menjadi black saja.

    kira2 akan makan waktu berapa lama ya pak? atau ada info2? soalnya kalau saya cari di internet seperti gak pernah ada yang claim ke GMT saja πŸ™

    1. Pak Barrey,

      Ponsel Anda berarti bukan bergaransi resmi. Kalau berurusan dengan pusat perbaikan distributor independen, sebaiknya Anda menyiapkan setumpuk kesabaran dulu.

      Makan waktu berapa lama? Saya tak berani memastikan. Intinya, sabar dan berdoa.

      Lain kali, daripada membeli ponsel tanpa garansi resmi, lebih baik tidak membeli sama sekali deh, Pak.

  61. Pak hery saya mau tanya
    Memang service center xiaomi di gubeng itu apa nama nya?
    Apa global teleshop itu nama nya pak

    1. Pak Soetiknoe,

      Anda di Surabaya ya? Pusat perbaikan resmi Xiaomi tak ada yang di Jl Gubeng deh. Setahu saya, lokasinya di Plasa Marina lantai 3.

  62. Pak saya mau tanya, saya beli redmi note 4G yg didalamnya ada 2slot; sim card dan 4G galansi bless dari lazada. Saya memang kurang mengerti tentang ponsel dan garansinya, jd saya beli saja. nah saat terjadi sesuatu dng xiaomi sy factory reset saja tp pas dinyalakan lg hp saya jadi tidak berfungsi semuanya cuma bisa sms&telepon saja. Saya telepon dan datangi semua sc yg ada di dus nya sudah tidak ada lg bless. Tinggal ke roxymas di jakarta yg belum saya datangi. menurut bapak jika sudah begini xiaomi saya harus diapakan ya? Sy mencari hp yg kameranya bagus unt modal jualan online shop sy. Ada saran pak merk apa yg bagus, murah, dan garansi resmi budget 2jt?

    1. Bu Maya,

      * Bless sampai sekarang masih beroperasi. Jadi, silakan mencari alamat baru service center Bless.

      * Dengan anggaran Rp 2 juta dan kriteria seperti yang Anda sebutkan, silakan coba mempertimbangkan Acer Liquid Jade. Harga barunya saat ini Rp 1,999 juta. Namun, karena kapasitas baterai ponsel itu tak terlalu besar, Anda mungkin perlu memadukannya dengan power bank.

  63. mas xiaomi redmi note saya kalau udah drop 0% gak bisa d charger secara normal harus d pancing pakai charger kodok dulu, apa ada rekomendasi lain supaya gak prlu pakai charger kodok dan btrainya hnya brtahan 6 smpai 7 jam kalau gak dpkai skalipun gak sesuai dgn kpasitas btrai nya apakah harus gnti btrai baru ?

    1. Pak Deky,

      Apakah Anda sudah coba mengisi ulang ponsel Anda menggunakan charger ponsel lain? Yang bukan charger kodok, melainkan charger biasa dengan output minimal 1A.

      Kemampuan baterai Anda memang sudah terlihat menurun. Kalau anggaran tersedia, sebaiknya segera membeli baterai baru.

  64. xiaomi mi3w saya tidak bisa 3g mentok di edge, sudah di set network wcdma prefered/only dan yang lainnya ttp td bisa, apa karena saya memakai develop.miui 5.8.22? minta saran rom yang paling cocok (stabil) dan yang pasti bisa kembali menggunakan mobile data 3g/hspa nya, terima kasih.

    1. Pak Lee,

      Silakan coba lagi saat ponsel terhubung dengan internet yang relatif cepat dan stabil. Kadang memang gangguan. Btw, Redmi 2 Anda bergaransi resmi kan?

  65. Pak herry,
    saya mau beli HP baru dengan anggaran 3Jt ke bawah nih, menurut pak herry mana yang lebih bagus saya beli HP Xiaomi Mi 4i, Lenovo A7000, Asus Zenfone 2 atau samsung Galaxy J5,??
    Terimakasih,

  66. Saya pengguna Xiaomi pak, sejauh ini memuaskan… Cuma masih banyak konsumen yang belum besa bedakan merek tiongkok dengan merek lokal. Merek tiongkok pun dipandang sebelah mata πŸ˜€

    1. Pak Laptophia,

      Betul sekali. Tak sedikit konsumen yang masih menganggap Xiaomi itu sekelas dengan Mito, Evercoss, dan Advan. Padahal, kan ya beda.

  67. Pak, saya pengguna Mi4 kira-kira sudah 3 bulanan. Sejauh itu saya puas, tapi kenapa ya belakangan ini layarnya sering tiba-tiba biru kaya komputer eror. Tapi layar biru tsb tidak sampai 5 detik sudah kembali normal. Apakah ini masalah serius?
    Terima kasih sebelumnya.

  68. mau nanya pak
    ini tibaΒ² hp mi note saya kok ngedrop ya?
    sama layar tibaΒ² freeze sejenak, kemaren habis diservice di service center resmi lho

    1. Pak Ido,

      Mi Note kan belum beredar resmi di sini. Bagaimana mungkin Anda bisa menservisnya di pusat perbaikan resmi Xiaomi?

    1. Pak/Bu Hafizha,

      Ada Redmi 1S, Redmi Note, Redmi 2, Mi 4i, dan Redmi 2 Prime. Dengan memperhatikan kesepadanan antara harga, kinerja, dan spesifikasi, saya menyarankan Anda membeli Redmi 2 Prime. Harga barunya Rp 1.799.000.

  69. mau nanya pak
    saya mau beli xiomi redmi note 2 tp kok garasinsinya win & gmt sebaiknya saya pilih garansi yang mana ya ? apakah hp tersebut dah ada garaansi resminya di indonesia ?

    1. Bu Icha,

      Redmi Note 2 belum ada yang bergaransi resmi. Saran saya, jangan membeli yang bergaransi distributor seperti itu. Ngeri saja sih.

  70. saya baru beli hp xiomi tipe 2 dari cina dan saya pakai di indonesia .. tapi jaringannya kok gak bisa ya ?
    gimana cara mengubahnya ?

  71. ketika saya pakai di cina dengan kartu china mobile bisa …
    tapi ketika saya di indonesia mau pakai kartu telkomsel atau yang lainnya, jaringannya X …
    dual sim saya coba semua, dan gak bisa ?
    ada saran gak ya pak?

    1. Bu Fitria Puspita,

      Boleh tahu spesifikasi jaringan ponsel yang Anda beli seperti apa? Saya curiga yang Anda beli ponsel TD-SCDMA yang tidak kompatibel dengan jaringan di sini.

  72. Xiaomi Redmi 2 smartphone was launched in January 2015. The phone comes with a 4.70-inch touchsceen display with a resolution of 720 pixels by 1280 pixels at a PPI of 312 pixels per inch.

    The Xiaomi Redmi 2 is powered by 1.2GHz quad-core Qualcomm Snapdragon 410 processor and it comes with 1GB of RAM. The phone packs 8GB of internal storage that can be expanded up to 32GB via a microSD card. As far as the cameras are concerned, the Xiaomi Redmi 2 packs a 8-megapixel primary camera on the rear and a 2-megapixel front shooter for selfies.

    The Xiaomi Redmi 2 runs Android 4.4 and is powered by a 2200mAh removable battery. It measures 134.00 x 67.20 x 9.40 (height x width x thickness) and weighs 133.00 grams.

    The Xiaomi Redmi 2 is a dual SIM (GSM and GSM) smartphone that accepts two Micro-SIM. Connectivity options include Wi-Fi, GPS, Bluetooth, FM, 3G, 4G (with support for Band 40 used by some LTE networks in India). Sensors on the phone include Proximity sensor, Ambient light sensor, Accelerometer, and Gyroscope.

  73. Xiaomi Redmi 2 detailed specifications

    GENERAL
    Release date : January 2015
    Form factor : Touchscreen
    Dimensions (mm) : 134.00 x 67.20 x 9.40
    Weight (g) : 133.00
    Battery capacity (mAh) : 2200
    Removable battery :Yes
    Colours :White, Black, Yellow, Pink, Green
    SAR value : NA

    DISPLAY
    Screen size (inches) : 4.70
    Touchscreen : Yes
    Resolution : 720×1280 pixels
    Pixels per inch (PPI) : 312

    HARDWARE
    Processor : 1.2GHz quad-core
    Processor make : Qualcomm Snapdragon 410
    RAM : 1GB
    Internal storage : 8GB
    Expandable storage : Yes
    Expandable storage type :microSD
    Expandable storage up to (GB) : 32

    CAMERA
    Rear camera : 8-megapixel
    Flash : Yes
    Front camera: 2-megapixel
    SOFTWARE
    Operating System: Android 4.4
    Skin :MIUI 6
    CONNECTIVITY
    Wi-Fi :Yes
    Wi-Fi standards supported : 802.11 b/ g/ n
    GPS :Yes
    Bluetooth : Yes, v 4.00
    NFC : No
    Infrared : No
    Wi-Fi Direct : No
    MHL Out: No
    HDMI : No
    Headphones: 3.5mm
    FM : Yes
    Number of SIMs : 2

    SIM 1
    SIM Type : Micro-SIM
    GSM/ CDMA : GSM
    3G : Yes
    4G/ LTE : Yes
    Supports 4G in India (Band 40) : Yes

    SIM 2
    SIM Type : Micro-SIM
    GSM/ CDMA : GSM
    3G :Yes
    4G/ LTE : Yes
    Supports 4G in India (Band 40) : Yes

    SENSORS
    Compass/ Magnetometer : Yes
    Proximity sensor : Yes
    Accelerometer :Yes
    Ambient light sensor: Yes
    Gyroscope : Yes
    Barometer : No
    Temperature sensor : No

    1. Bu Fitria Puspita,

      Oh.. maksudnya Xiaomi Redmi 2 tho. Lha tadi Anda bilang Xiomi tipe 2.

      Kalau spesifikasinya seperti di atas, mestinya bisa dipakai di Indonesia. Coba lakukan factory reset deh.

    1. Bu Fitria Puspita,

      Kalau TD-SCDMA tak bisa dipakai di sini. Coba cek lagi spesifikasi detailnya. Mestinya masih ada GSM 900/1800 yang cocok dengan Indonesia. Dengan demikian, ponsel masih bisa dipakai di sini, tetapi untuk berinternet maksimal hanya GPRS/EDGE. Tidak bisa 3G.

  74. mas klau perbaikan xiaomi hongmi yng tidak ada no os di service center brapa ya kira2 harganya dan jga service centernya alamatnya dmna ya daerah surabaya

    1. Pak Nanag,

      Ehmm… itu berarti tipe berapa ya? Redmi 1S? Kalau garansi resmi dan masih bergaransi, gratis. Kalau garansi resmi dan sudah habis masa garansinya, saya tak tahu biayanya. Kalau tanpa garansi resmi, bakal ditolak.

      Pusat perbaikan resmi Xiaomi di Surabaya ada di Plasa Marina lantai 3 dan Jl Ngagel Jaya 55.

    1. Bu Fitria Puspita,

      * Pertanyaan yang dikirimkan harap dirangkum di satu posting. Jangan Anda ketikkan sedikit-sedikit alias tidak lengkap, tetapi di banyak posting. Hal itu sangat mengganggu.

      * Berarti, seharusnya bisa dipakai di Indonesia, tetapi layanannya terbatas:
      1. Kalau dipadukan dengan Telkomsel, XL, dll, cuma bisa untuk telepon, SMS, dan internetan via GPRS/EDGE. Tidak bisa 3G dan 4G.

      2. Kalau dipadukan dengan Smartfren, bisa untuk internetan 4G LTE, tetapi sama sekali tak bisa digunakan untuk telepon.

    1. Bu Muthia,

      Tidak resmi. Sebaiknya tidak dibeli.

      Redmi Note 2 dan Redmi Note 2 Prime belum ada yang bergaransi resmi.

  75. gan mau nanya, belum lama saya ngelirik redmi 2 di laza**. gak berapa lama saya ngeliat himax polymer yg harganya gak jauh beda dan speknya pun gak kalah. nah saya jadi bingung pilih yang mana. mohon pencerahanya ya (y)

  76. Permisi pak…mau nanya lagi nii.. Hp xiaomi redmi 2 saya kan sudah saya root. Apakah masih ada garansinya?. Karena dibeberapa situs web menyebutkn msh tetap bergaransi. Terima kasih

  77. Pak Herry,

    Untuk Xiaomi redmi note 2 internal memory 16GB, apakah sudah resmi beredar di Indonesia ? Terima kasih atas jawabannya.

    1. Pak Erwin Kiaymardjo,

      Semua varian Redmi Note 2 dan Redmi Note 3 belum beredar resmi di Indonesia. Rumor terakhir yang merebak, kemungkinan Redmi Note 2 dilompati dan langsung ke Redmi Note 3.

  78. Pak Herry yang smart,

    jika akhirnya Xiaomi redmi note 2 resmi dirilis di Indonesia, jika bagi saya pribadi hanya ada dua pilihan antara Xiaomi note 2 dengan Oppo R1X, manakah sebaiknya antara dua ponsel tersebut yang harus saya beli ? (prioritas kualitas selain dari spesifikasi keduanya). Terima kasih lagi atas jawabannya.

    1. Pak Erwin Kiaymardjo,

      Saya belum pernah mencoba keduanya. Kalau harus memilih secara buta, pilihan saya sangat jelas. Coret ponsel Oppo.

  79. Pak Herry SW ,

    selain harga Oppo R1X yang lebih mahal dibandingkan Xiaomi note 2, kekurangan apakah yang dimiliki R1X sehingga saya harus mencoretnya? Soalnya yang menjadi permasalahan saya, untuk spek yg bagus di daerah saya hanya terdapat Oppo R1X, sementara untuk Xiaomi Note 2 dengan spek yang mirip hanya bisa didapat secara pemesanan online dengan harga yang sangat murah tapi sayang belum memiliki garansi resmi. Bagaimana saran bapak ?

  80. mohon bantuannya. saya belei xiaomi redmi note 1 belum 1 minggu pemakaian, LCD ada garisnya besar sukuran layar. garansi saya gransi bless. apa bisa di bawa ke service center? karena saya search garansi TAM dan comtech

    1. Bu Eka Widya Ningrum,

      Waduh… garansi Bless. Anda tak bisa membawanya ke pusat perabikan resmi Xiaomi. Silakan berurusan dengan tempat servis Bless.

  81. maaf saya punya xiaomi mi4 ram 2gb yg versi mcmm Lte… tapi tidak bisa menggunakan sinyal 3g selalu saja sinya 2g yg keluar.. saya sudah upragade ke mui 7 tapi tetap saja.. apakah ada solusinya?? tlg bantuannya kawan” semua

    1. Pak Dewa,

      Mi4 berarti pasti tidak bergaransi resmi. Coba perhatikan spesifikasi ponselnya. Apakah dia mendukung WCDMA 2100? Kalau ponsel itu ternyata justru kompatibel dengan TD-SCDMA, ia memang takkan bisa memperoleh sinyal 3G di Indonesia.

  82. lah kalau kita misal tidak tau keaslian dari xiaomi kita itu gmn om? garansi distributor, , kalau misal kitasudah tau xiaomi kita palsu apakah kita bisa komplain ke distributor tsb, makasih pak atas responnya, πŸ™‚

    1. Pak Angga,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Hmmm… ya mesti dicek detail. Lumayan sulit dijelaskan kalau tidak ada dua ponsel pembanding. Bisakah komplain? Seharusnya bisa, asalkan Anda bisa menunjukkan bukti yang kuat.

  83. Salam kenal pak herry, apakah ada info terbaru tentang redmi note 3 akan masuk secara resmi di indonesia ?

    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Istianto,

      Jadwal edar resmi belum diketahui karena Xiaomi masih berusaha memenuhi persyaratan sesuai regulasi yang berlaku di Indonesia.

  84. selamat pagi bapak herry..

    maaf saya mau tanya, di surabaya kalau ingin beli hp xiaomi redmi 2 dg garansi resmi dimana?

    mau tanya lagi, kira” bapak tau kapan xiaomi redmi 3 masuk ke indonesia? dan harganya sekitaran berapa? apa kira” sama dg harga di tiongkok yang hnya 1,4 jt?

    mohon bantuannya..

    1. Bu Rofiatul Adawiyah,

      Silakan cari di Erafone, Global Teleshop, atau Oke Shop. Toko-toko ponsel biasa juga ada yang jual kok.

      Tanggal edar pasti Redmi 3 di sini belum diketahui. Demikian pula harganya. Pasti akan lebih mahal daripada Tiongkok.

  85. Saya punya xiomi mi4c tapi charge rusak.sudah keliling kota denpasar gak ada yg bs masuk chargernya.apa iya beda dgn xiomi tipe yg lain??

    1. Pak Farid,

      Hmm… di Surabaya saya juga belum pernah melihat ada yang jual merek Xiomi. Apakah bentuk fisiknya mirip dengan ponsel merek Xiaomi?

  86. Pak hery mohon pencerahanya Redmi note 2 garansi b cel bagus gak pak,soalny bingung antara Redmi note 2 garansi b cel ,,apa alcatel flash 2 yg garnsi Resmi,,niatnya hemat namun pemakaian jangka panjang,,terimaksih

    1. Pak Ericj Culun,

      Redmi Note 2 yang saat ini beredar di Indonesia pasti tanpa garansi resmi. Saran saya, jangan membelinya. Kecuali, sejak awal Anda bersedia menganggapnya tanpa garansi dan bersedia menghadapi aneka kemungkinan terburuk.

      Flash 2 kurang nendang sih. Mending beli Hisense Pureshot Rp 1,999 juta deh.

  87. Pagi pak herry,sy gk jd beli redmi note 2,,,sy ketoko pnjual hp,,sy lihat alcatel flash 2,,ktanya garansi TAM &dlm paket ada bonusnya prdana kuota kartu XL,,tp pas sy lihat kok distributornya PT Bintang Cemerlang jg,,, mohon pncrhnya pak,,apkh ini bnr2 garansi TAM atau distributor,,,smntra sy blm beli,,takut abal2 grnsi distributor,,trmksih

    1. Pak Erick Culun,

      Alcatel onetouch Flash 2 pasti bukan garansi TAM. Kalau sampai penjual menyatakan ponsel itu bergaransi TAM, mungkin petugas yang melayani Anda masih ngantuk. πŸ™‚

  88. pak Herry SW saya mau tanya.

    xiaomi redmi 3 itu apakah udh garansi resmi atau belum? kemarin saya tanya konter katanya xiaomi itu masih distributor.

    makasih..

    1. Pak Ridwan Abdul Gani,

      Belum. Kalau saat ini Anda menjumpai Redmi 3 di toko ponsel, itu pasti tanpa garansi resmi.

  89. selamat sore pak
    saya mohon pencerahan. Belum lama ini lagi booming nya xiaomi redmi note 3. Saya ngebet banget pengen beli. menurut bapak apakah aman jika membelinya saat ini dengan garansi distributor? apa resikonya,Pak? apakah after sale nya selalu mengecewakan?

    Btw, saya sudah pakai xiaomi redmi 1s sejak januari 2015 dan sampai saat ini saya merasa puas dengan performa xiaomi. xiaomi memang murah, tapi bukan murahan

    1. Pak Nedy Artha Zolanda,

      Saya tidak merekomendasikan Anda membeli ponsel bergaransi distributor. Kecuali, Anda siap menghadapi kemungkinan berikut ini:
      * Ponsel tak dapat beroperasi optimal karena firmware yang dipakai bukan untuk pasar global.
      * Ponsel tak dapat beroperasi optimal karena ada perbedaan spesifikasi dengan kondisi di Indonesia.
      * Aksesori yang didapatkan bukan orisinal.
      * Anda akan kesulitan melakukan klaim garansi saat ponsel itu mengalami masalah.
      * Ini jarang terjadi, tetapi pernah terjadi: mendapatkan ponsel replika alias palsu.

      1. Terimakasih banyak atas saran pak Herry

        saya juga pernah membaca mengenai resiko garansi distributor. Menurut bapak, pada range harga 2-3jt dg spesifikasi mirip mi note 3, lebih baik mana, antara Asus Zenfone 2 ZE551ML 4gb/32gb atau xiaomi mi4i 2/16?

        Sekali lagi terimakasih pak Herry

        1. Pak Nedy Artha Zolanda,

          Zenfone 2 silakan langsung dicoret. Tidak menarik untuk dibeli.

          Mi 4i boleh dilirik. Namun, menurut saya, daripada Mi 4i, lebih baik Anda membeli Hisense Pureshot. Harga barunya saat ini Rp 1,999 juta.

  90. untuk smartphone d bwh 2 jt’an lebih direkomendasikan samsung j2 atau redmi 2 prime? Mohon jwban bserta alasannya. Terimakasih

    1. Terimakasih banyak pak Herry atas jawaban dan saran anda.

      Jika boleh, saya ingin tahu, apa alasan bapak tidak merekomendasikan zenfone 2? Trimakasih pak Herry

  91. xiaomi redmi 3 apakah sudah d resmikan di indonesia p. Herry? Sy baca dri artikel trnyata speknya koq lebih mantab dri redmi 2 prime. Kalo belum ada yg resmi seumpama sy beli d luar indonesia, spt di taiwan apa bisa di gunakan di ind0nesia? Spt jaringannya, sistem, setting, dll? Dan seumpama ada keluhan apa bs d garansikan di indonesia?

    1. Bu Septin,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Redmi 3 belum dijual resmi di Indonesia.

      Saya tidak mengetahui spesifikasi Redmi 3 yang dijual di Taiwan. Kalau asal bisa pakai, kemungkinan bisa. Namun, apakah optimal, itu yang tidak saya ketahui. Sebab, bukan mustahil ada perbedaan spesifikasi.

      Redmi 3 yang dibeli di Taiwan takkan bisa digaransikan di Indonesia.

  92. Pak herry,

    Apakah lebih baik membeli advan m6 barca atau xiaomi redmi 1s,karena masih bingung di spec Nya yg satu octacore sedangkan xiaomi masi dual core.dan yang pasti saya Minat hanya di yang bergaransi resmi saja

    Terima kasih

    1. Pak Willy,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Saya belum pernah mencoba Advan Barca M6. Namun, melihat mereknya, saya kok agak ngeri ya.

      Redmi 1S itu quad core lho, bukan dual core.

    1. Bu Endah,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Redmi Note 3 belum beredar resmi di sini.

  93. Pak herry,
    Mau tanya sola xiaomi redmi note 3,udah rilis apa belum ya diindonesia??,trimakasih
    Tambah lagi pah herry,
    Apa benar xiaomi yang resmi itu hanya dijual dilazada???karena katanya penjualannya cuma online?,trimakasih

    1. Bu Endah,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Redmi Note 3 belum beredar resmi di Indonesia.

      Xiaomi yang resmi hanya dijual di Lazada? Sangat tidak benar. Kalau saat ini Anda masuk ke Lazada dan mencari ponsel Xiaomi, komposisi barang bergaransi resmi dan bukan bergaransi resmi justru lebih banyak yang tanpa garansi resmi.

  94. Pak Herry,
    saya baca baca tanya jawab di artikel2 anda tentang garansi distributor Xiaomi, kesimpulannya itu tidak recommended karena after sales yang kebanyakan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Benar begitu?
    Selain itu apa benar aksesoris seperti cable data dan adapternya tidak original Xiaomi?
    Saya ingin sekali Xiaomi Note 2 Prime tapi belum ada yang resmi. Awalnya bimbang kalau banding dengan Note 3 Prime karena body nya tampak lebih keren tapi saya kurang cocok dengan simcard hybrid nya itu.
    Apa mungkin ada info tentang Xiaomi lain yang pure 2 simcard + memory card slot harga sekitar 2 jutaan?

    terima kasih

    1. Bu Marlene,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Ya, layanan purna jual mengerikan.

      Bisa dapat yang orisinal, bisa pula bukan orisinal.

      Xiaomi Redmi 2 Prime. Harga Rp 1,799 juta.

  95. Pak herry,

    Kalau menurut bapak apakah infinix note 2 layak dibeli Dan apakah Sudah bergaransi resmi,atau masi lebih baik xiaomi 1 atau 2 yang Sudah bergaransi resmi

    Terima kasih

    1. Pak Willy,

      Infinix Note 2 layak beli. Bergaransi resmi kok.

      Xiaomi 1 dan Xiaomi 2? Saya malahan baru dengar ada ponsel bernama seperti itu.

  96. Pak herry saya ingin bertanya, kamera depan samsung grand prime dengan xiaomi redmi 3 itu lebih bagus dan jernih mana? Terimakasih. Atau bapak punya saran salah satu hp xiaomi dgn kamera depan yg baik tetapi dengan harga dibawah 2jt

    1. Bu Dina,

      Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba Redmi 3.

      Ponsel Xiaomi dengan kamera depan baik dan harga di bawah Rp 2 juta? Hmm… sejauh ini saya belum memiliki rekomendasi. Mi 4i kamera depannya bagus, tetapi harga jualnya masih di atas Rp 2 juta.

  97. Pak mau tanya , samsung grand prime sama xiaomi redmi note 2 lebih direkomendasikan yang mana? Mohon penjelasannya . Terimakasih

  98. Siang Pak, saya mau beli hp. Menurut bapak nicmending beli xiaomi mi3 atau sony m4 aqua?
    saya mengutamakan kamera,kwalitas dan intenetnya

  99. Paman herry?..saya mau nanya ,,diantara xiaomi redmi 3 dan barca m6 lebih bagus mana?…saya mengutamakan kamera,internet,dan kapasitas ram..serta audio musik yg jernih..

  100. Pak Herry kl mau beli mi note pro garansi internasional .rekomen ga ya pak?maksudnya apakah akan bermasalah bila terjadi sesuatu?.trima kasih sebelumnya.

    1. Pak Boyke,

      Harap diketahui, garansi internasional yang dimaksud di sini sebenarnya adalah tanpa garansi lho. Anda takkan bisa melakukan klaim garansi di Indonesia.

  101. Permisi, mau nanya Pak.
    Cara membedakan garansi resmi dan distributor bagaimana ya? Terutama HP Xiaomi.
    Terima kasih

  102. Pak mau tanya,,saya mau beli hp antara samsung J5 atau Xiaomi redmi 2 prime…menurut bapak yg bagus kualitasnya yg mana pak.HP saya yg lama samsung A5 gangguan di batterynya karena battery tanam,sering ngedrop.Antara samsung J5 & Xiaomi redmi 2 prime yg awet battery yg mana karena sy utk jualan online jg.

    1. Bu Nita,

      Lebih bagus Xiaomi Redmi 2 Prime. Kalau saya boleh merekomendasikan merek lain, Hisense Pureshot yang dibanderol Rp 1,999 juta lebih menarik lagi tuh. Kamera lebih bagus, kompatibilitas 4G LTE juga lebih komplet.

  103. selamat sore pak herry..
    saya punya budget 2 juta..mau beli hp xiaomi. enaknya yang tipe apa ya pak yang bagus dan direkomendasikan oleh bapak?
    selama searching di internet saya punya beberapa opsi hp xiaomi, yaitu xiaomi note 2..bagaimana itu pak bagus tidak? mohon diberi masukan kelebihan dan kekurangannya…
    terimaksih atas jawabannya

  104. Maaf kak..
    saya punya budged 2jutaan keatas.
    saya minta rekomendasi anda antara xiao mi redmi note 3 dengan coolpad fancy mana menurut anda lebih

    1. Bu/Pak Asra,

      Tidak ada ponsel bermerek Xiao Mi. Yang ada Xiaomi. πŸ™‚

      Saya belum pernah mencoba Xiaomi Redmi Note 3 maupun Coolpad Fancy. Jadi, tak tahu mana yang lebih bagus.

  105. ” misi agan” , saya mau nanya nih . saya baru pake xiaomi note 2 prime , secara menyeluruh sih memuaskan . tpi ada datu yg ganjil . hpnya panasnya terasa agak berlebihan , memang yg normalnya gitu ya ..? “

  106. Halo Pak Herry, saya ingin tanya apakah Xiaomi Mi5 nantinya akan masuk resmi ke Indonesia? Kira kira kapan masuk ke Indonesia?

    1. Pak Ferdinand Ong,

      Belum ada pernyataaan resmi apakah Mi 5 akan beredar di sini.

      Kalau yang tanpa garansi resmi sih sudah masuk.

    1. Pak Habib,

      Mengacu kepada pengalaman pribadi, secara umum tidak boros. Ponsel Asus generasi terbaru pun, misalnya, Zenfone 2 Laser, sudah tidak boros kok.

  107. Mau tanya, apakah hp xiaomi batrainya boros seperti asus ?
    Dan apakah cocok xiaomi redmi2 untuk game seperti coc?

    1. Pak Habib,

      Tidak.

      Tak tahu. Saya tak pernah main CoC. Yang saya tahu, CoC dikenal rakus baterai. Dimainkan di ponsel apa pun bakal menguras baterai.

  108. Hallo pak herry,saya mau beli hp,menurut bapak mana yang bagus xiaomi note 3 atau oppo f1 dalam segi kamera dan bermain game?

    1. Pak Deni,

      Tak ada ponsel bernama Xiaomi Note 3. Kalau yang dimaksud adalah Xiaomi Redmi Note 3, saya belum pernah coba.

      Oppo? Ponsel merek tersebut sebaiknya jangan dibeli. Mari kita “miskinkan” Oppo karena cara berjualannya cenderung mengelabui konsumen.

  109. Salam Pak Heri

    mau tanya Samsung Grand duos dgn kondisi layar pecah (touchscren tdk trgnggu) dijual brp ya? rencana mau lirik besutan lenovo lemon 3. mohon bantuan dan saran selain lenovo lemon 3

    1. Pak Rifqi,

      Grand Duos yang pertama? Kalau iya, ya paling laku Rp 300 ribuan.

      Saya belum pernah mencoba Lemon 3. Ponsel itu mestinya takkan beredar di sini.

  110. 300 pak murah bgt yah hehe dikira smpe 1 jt.

    lemon 3 belum masul indo pak.selain lenovo lirik xiaomi tapi liat percakapan di atas jadi urung lirik xiaomi

    1. Pak Rifqi,

      He… he… yang berfungsi normal pun terakhir sudah sulit laku Rp 1 juta kok.

      Kalau melihat namanya, Lemon 3, kemungkinan cuma buat pasar Tiongkok.

  111. Saya semakin bingung mau beli apa,kira” xiaomi cocok tidak digunakan untuk game berat?
    Atau mungkin bapak bisa sarankan saya milih hp yang cocok? Terimakasih pak.

    1. Pak Habib,

      Redmi Note 2 belum beredar resmi di sini. Saya menduga ponsel itu memang takkan beredar resmi di Indonesia.

  112. Saya punya hp asus zenfone c udah pernah masuk service, saya mau ganti hp xiaomi ,kira” brapa harga jualnya pak herry, mohon bantuannya
    *trims

    1. Pak Habib,

      Bergantung kondisi fisik, kenormalan fungsi, kelengkapan, dan sisa masa garansi sih. Estimasi kasar Rp 700 ribu.

  113. Apakah ada kartu garansi resmi pada box hp xiaomi redmi2 yg di impor oleh trikomsel & swasembada ?
    Mohon bantuan nya..

    1. Pak Habib,

      Maksudnya Trikomsel dan Erajaya Swasembada ya.

      Dulu sempat ada semacam lembaran informasi garansi yang dimasukkan ke dalam kardus. Terakhir sepertinya tak ada. Tidak apa-apa sih, Pak. Nomor IMEI semua ponsel Xiaomi bergaransi resmi sudah tercatat di database service center.

  114. mau tanya pak. Xiaomi redmi note 2 prime udah bergaransi resmi nggak di indonesia? kemudian kalau trlanjur beli xiaomi redmi note 2 prime yg blm bergaransi resmi, apa akibatnya?

    1. Pak Rezal,

      Belum dan saya duga memang takkan beredar resmi.

      Ya dinikmati saja. Jangan lupa sambil berdoa ponsel itu tidak rusak.

    1. Pak Lukman Al Hakim,

      Karena belum pernah pegang sendiri, saya agak sulit menjelaskannya. Biasanya spesifikasi yang palsu lebih rendah dibandingkan yang asli.

    1. Bu/Pak Risky,

      Saya belum pernah mencoba Redmi 3. Jadi, tak tahu oke atau tidak. Satu hal yang pasti, Redmi 3 yang saat ini tersedia di pasar tidak dilengkapi dengan garansi resmi.

    1. Pak/Bu Risky,

      Saya sebenarnya tahu jawabannya. Namun, karena khawatir Pak Henry tersinggung, saya tak berani menjawabnya. Kita nantikan jawaban dari Pak Henry ya.

  115. Saran anda jika saya harus memilih xiaomi redmi2 dengan samsung j2 anda milih yg mana? Dilihat dari tingkat cuaca extreme dan benturan keras,seperti terjatuh dari ketinggian??
    *tidak memandang harga

    1. Pak Habib,

      Wah tak tahu. Nggak pernah mencoba menjatuhkan dua ponsel itu dari ketinggian. Kalau soal kinerja, Redmi 2 lebih bagus.

    1. Pak Habib,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Yang dimaksud dengan “mengisi game” itu gimana ya? #bingung

    1. Pak Habib,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Kita nantikan jawaban dari Pak Harry ya. Saya sendiri malahan baru mendengar ada ponsel merek Xioami.

  116. Ngakak liat komen komen nya…
    Alasan tidak disarankan hanya dari soal garansi resmi atau distri, baru liat sih yang semacam ini….
    Bagaimana dengan price to perform, hasil kamera, batre cover, dll???
    Jatohnya asumsi ya, bukan berdasarkan review pernah hands on minimal

    1. Pak Anonymous,

      Semoga Anda juga telah mengetahui kalau membeli garansi tidak resmi berisiko:
      1. Mendapatkan produk replika.
      2. Spesifikasi hardware tak sesuai dengan kondisi jaringan di Indonesia.
      3. Firmware yang digunakan tidak optimal.
      4. Jaminan terhadap garansi sangat lemah.

  117. Maaf ask oot.
    Rencana saya mau beli hp 1, pilihan saya jatuh pda asus zenfone selfie, galaxy j5, sama mi4i, saya pilih hp itu karena mau manfaatin kameranya.
    Nah pertanyaan saya, hp manakah yg menurut anda bagus kamera belakangnya. Soalnya saya mau smartphone yg bisa cocok buat ngeabadiin moment

    1. Pak Ardi Aristyanto,

      Kalau mengacu kepada informasi di situs Xiaomi Malaysia, Mi 4S belum dijual resmi di sana.

    1. Pak Khalil,

      Redmi 2 layak beli. Kalau Redmi Note 2 saya belum pernah coba karena belum ada yang bergaransi resmi.

  118. Pak mau nany nih….klo mau blu xiaomi redmi 3 tapi garansinya resmi wii tu gimana?trus klo garasi distributor mending distributir apa?makasih sblmnya

    1. Bu/Pak Chitx,

      Garansi WII itu bukan garansi resmi. Menurut saya, garansi distributor kayak gitu, apa pun nama perusahaannya, mending dihindari. Jangan dibeli.

    1. Pak Habib,

      Kalau Soni saya tak tahu. Kalau Sony bisa diganti di pusat perbaikan resmi Sony. Saya tak mengetahui biayanya.

    1. Bu Lita,

      Maaf, saya belum pernah mengetahui ponsel merek Xiaomy.

      Kalau Xiaomi, saya pernah tahu. Redmi Note 2 belum ada yang bergaransi resmi. Jangan dibeli deh.

  119. Saya punya omset kisaran 1,8 jt menurut pak herry hp apa yg harus saya pertimbangkan untuk di beli…?? “kecuali xiaomi”

    1. Pak Habib,

      Omset? Maksudnya budget alias anggaran ya?

      Kalau dana tak bisa ditambah, silakan membeli Smartfren Andromax R2 Rp 1,699 juta.

      Kalau anggaran bisa ditambah menjadi Rp 1,999 juta, ada Hisense Pureshot dan Infinix Note 2 yang boleh dilirik.

    1. Pak Habib,

      Kalau anggaran memang leluasa ditambah, ada LG G4 dan Samsung Galaxy Note 4 yang boleh dilirik. Namun, Anda harus menambah anggaran banyak banget ya.

  120. pak mau tanya seputar xiaomi..

    1. type xiaomi apa saja ya yang sudah di jual secara resmi di indonesia dan bisa di terima di service indonesia

    2. untuk xiaomi 4i apakah ada yg varian warna hitam ?

    3. menurut bapak apakah aman jika membeli di mi.com indonesia ?

    terima kasih pak.

    1. Pak Muhammad Ega W,

      1. Redmi 1S, Redmi 2, Redmi 2 Prime, Mi 4i, Mi Pad, dan Redmi Note 3G.

      2. Maksudnya Mi 4i ya? Yang beredar resmi di sini hanya putih.

      3. Di mi.com/id kan? Aman.

  121. Pagi pak herry. Saya mau tanya. Rencana mau beli xiaomi redmi note 3 pro. Bagaimana menurut pak herry note 3 pro dibanding merk seperti lg atau samsung dari segi hardware dan build quality?

  122. Pagi pak herry. Saya mau tanya. Rencana mau beli xiaomi redmi note 3 pro. Bagaimana menurut pak herry note 3 pro dibanding merk seperti lg atau samsung dari segi hardware dan build quality?

  123. 1. Pak apakah xiaomi mi4s sudah ada yang bergaransi resmi indonesia ?
    Saya naksir degan smartphone merek xiaomi yg murah tapi agak ragu membelinya karena banyak keluhan di services center nya kurang baik.

    Minta saran pak. Terima kasih

    1. Pak Habib,

      Lha sebelumnya Anda tidak menyebutkan bersedia mengeluarkan anggaran tambahan sampai berapa. πŸ™‚

      Beli Asus Zenfone Max saja deh. Harga ritel resmi Rp 2,599 juta. Harga pasar bisa di bawah itu.

  124. ok herry saya ingin beli xiomy note 3 tpi saya takut dengan btre non removable nya
    aman gx sih pk btre non removable tu
    bgmna klw mnrut bpk

    1. Pak/Bu Adis,

      Tidak ada ponsel bernama lengkap Xiomy Note 3. Apakah yang Anda maksud adalah Xiaomi Redmi Note 3? Kalau iya, ponsel itu pasti tanpa garansi resmi. Saya menyarankan Anda tidak membelinya.

  125. Malam pak. Saya mau tanya, kalau hardware kamera pada xiaomi redmi 2 mengalami kerusakan. Kira kira bisa klaim garansi ke Servis Center tidak ya? Garansi TAM.

    1. Pak Wahyu,

      Asalkan kerusakan terjadi bukan karena kesalahan pengguna, misalnya jatuh lalu retak, seharusnya dapat diklaimkan garansi.

  126. selamat pagi pak,

    saya mau tanya, di toko sebelah TPD menyatakan kalo mi 4i grey/black sudah ada resmi TAM nya, toko itu recomended banget karena sudah banyak melakukan transaksi penjualan xiaomi 4i, apa benar ya pak, tolong bantu saya untuk mencarikan informasi tersebut biar lebih yakin lagi, karena saya naksir sekali dengan 4i ?

    terima kasih ya pak atas bantuan nya.

    1. Pak Ega,

      TPD itu apa ya?

      Tolong besok ingat saya lagi ya. Hari ini saya coba carikan info soal Mi 4i warna abu-abu/hitam.

    1. Pak Ega,

      Oh ok. Lain kali harap tidak memakai singkatan yang tidak lazim.

      Saya sudah cek, Mi 4i grey bergaransi resmi memang benar ada. Baru saja mulai didistribusikan.

  127. Aslm wr wb
    Selamat siang pak
    Aku pesan xiaomi mi49 d china k adok sepupu Q yg kbtln kine kapalx dsna, tp cm dpt xiaoni mi4-LTE CU, jd belinya yg itu krn ktx yg ni4i g dProduksi l d china . Lalu dia belo jg u papa Q yg redmi note 3 dual sim. Dua2nya buku manualx dan kertas lainx yg ada dlm box tlsnchian semua jd g ngerti?
    Apakh kl beli d china udh asli ya? Di tasnya ada tulisan Shenzhen Jiamei Internet Technology Co., Ltd
    Kalau menurut bapak mana di antara kedua type tsb yg cocok lbh kuat (gak gampang /mudah hang) krn untuk Q pke bisnis online shop & bisnis MLM yg tentunya py grup BB, WA yg ckp byk dan beberapa grup Line
    Terima kasih sebelimnya pak?

    Wslm wr wb

    1. Pak Riza,

      Terus terang saya pusing membaca pertanyaan Anda. Silakan ketikkan ulang pertanyaan Anda dulu dengan kata demi kata yang dituliskan lengkap. Jangan disingkat-singkat.

  128. selamat malam pak

    mau tanya lagi dong, kenapa ya di toko biasa bisa jual jauh lebih murah dari toko resmi nya (erafone) padahal garansi nya sama dan udah murah masih bisa di tawar pula, kalo gitu alur bisnis kaya gimana si pak.

    saya mau beli mi4i tp di toko biasa karena di mi.com/indonesia stock nya habis mulu, gimana menurut bapak. maaf nih nanya terus, biar tambah ilmu nya.

    terima kasih.

    1. Pak Muhammad Ega W,

      Ada beragam alasan. Di antaranya:

      1. Gerai ritel resmi biasanya memang diharuskan menjual minimal sesuai harga ritel resmi yang disarankan. Tidak boleh lebih murah, kecuali sedang promo. Itu pun dengan aneka kriteria tertentu.

      2. Erafone termasuk grup Erajaya yang bertugas melakukan penjualan ritel. Di grup Erajaya juga ada divisi yang bertugas mendistribusikan barang ke diler dan pengecer. Jadi, pemilik toko kulakan ke mereka. Kalau harga di Erafone sama dengan toko-toko biasa, ya pemilik toko biasa nggak mau kulakan ke Erajaya dong.

  129. Pak Herry mau tanya , lbih rekom ke alcatel flash 2 garansi resmi atau xiaomi redmi 3 garansi distributor .. Saya suka kedua nya tp bingung milih yg mana , kedua nya baru bagi saya ..
    Tolong dibantu informasi nya ..
    Terima kasih (:

    1. Pak Reza Hendra,

      Meskipun saya tak terlalu merekomendasikan Flash 2, kalau pembandingnya Redmi 3 tanpa garansi resmi ya masih mending beli Flash 2 deh.

  130. Maaf mau tanya.
    Hari minggu saya beli hp Xiaomi Redmi Note 2 warna grey, dan di sana bahasanya tidak ada bahasa indonesia, tidak ada playstorenya juga, sedangkan pihak toko tidak menjelaskan hp itu, hanya menjelaskan kamera fungsi, speaker, dll. Apakah saya bisa komplain ke toko tersebut ? Tetapi di ketentuan nota penjualan Garansi Toko Max 1 hari

    1. Bu Desi Hardianti,

      Redmi Note 2 belum beredar resmi di sini. Jadi, ponsel yang Anda beli pasti tanpa garansi resmi.

      Coba saja komplain ke toko, meskipun hari ini hari ini sebenarnya sudah lewat dari batas satu hari.

  131. Selamat malam pak Herry. Saya ingin bertanya. Handphone yang cocok untuk kalangan mahasiswa ( tidak mementingkan game) dengan budget kurang dari 2 jt. Kira-kira apa ya pak?

    1. Bu Isnina,

      Silakan melirik Hisense Pureshot.

      Sekadar info, dengan anggaran kurang dari Rp 5 juta, jangan membeli ponsel Samsung. Sebab, barangnya nggak sip.

      1. Kalau yang budget sekitar 1,5 jt – 1,8 jt handphone apa ya pak? dan apakah layar gorilla glass itu sudah tentu menjamin keamanan layar? soalnya saya orangnya sedikit ceroboh pak. Terimakasih

        1. Bu Isnina,

          Hmm… paling Xiaomi Redmi 2 Prime.

          Layar dengan Gorilla Glass itu bukan berarti tak bisa tergores dan tak bisa pecah lho. Ia hanya lebih tahan terhadap goresan dan benturan. Poin ini perlu saya tegaskan karena sampai sekarang masih banyak konsumen yang salah persepsi. Mereka menyangka Gorilla Glass pasti takkan tergores atau pecah.

  132. Permisi Pak Herry SW, saya mau nanya.
    Kalau mau beli Xiaomi, penjualan online antara: Lazada, Erafone, okezone atau bahkan xiaomi.id, yang harganya paling murah tapi yg bergaransi resmi tuh lewat penjualan online yg mana ya pak?
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

    1. Pak Ervien S,

      Yang dijual via Erafone pasti bergaransi resmi.

      Lazada jangan deh. Di sana ada barang bergaransi resmi dan tidak resmi.

      Okezone? Ehmm… Okezone bukankah portal berita? Apakah mereka juga jualan ponsel?

      Xiaomi.id? Barusan saya buka, di sana tak ada penjualan ponsel Xiaomi tuh.

  133. saya mau bertanya diantara produk xiomi yang mana lebih bagus kualitas nya hadwer atau sofwer nya terima kasih

  134. Maaf pak Herry,saya mau beli xiomi red 3,tapi garansi distributor. Kira2 untuk produknya awet ndak,ya?

  135. maaf pak.. saya mau tanya,
    selain erafone ,dimana lagi online shop handphone bergaransi resmi ?

  136. saya mau tanya pak, xiaomi redmi 3 dan seri xiaomi yg baru lainnya akan rilis di indonesia ngga ya ?

    Terima Kasih atas Jawabannya

    1. Pak Moh Aminuddin,

      Status peredaran ponsel Xiaomi tipe baru dan bergaransi resmi di Indonesia masih misterius nih. πŸ™

  137. Malam pak.. maaf saya mau tanya xiaomi redmi 3 sudah ada garansi resminya disurabaya?? Dan apakah xiaomi redmi 3s / pro sudah dijual di surabaya? Trimakasih

  138. Permisi pak Harry, saya mau tanya, apakah hp xiaomi mi3, bisa di perbaiki di service center resmi nya xiaomi pak ? mengingat xiaomi mi3, hanya garansi distributor ? Mohon pencerahan nya pak, trim

  139. Klo mau masuk resmi ke Indonesia. pihak xiaomi harus memenuhi TKDN kan.

    Kira-kira xiaomi akan memenuhi TKDN ngga ya ?

    1. Pak Jefry,

      Karena Mi 3 tidak beredar resmi di sini, pusat perbaikan resmi Xiaomi di Indonesia takkan melayani perbaikan Mi 3.

  140. klo ponsel xiamoi yg ngga resmi di indonesia, misalnya mau service ke service center kena biaya ya atau malah ngga mau nerima ?

    1. Pak Moh Aminuddin,

      Wah, saya malahan baru dengar ada ponsel merek Xiamoi. Di manakah service center-nya di Indonesia?

  141. Pak Herry saya mau menanyakan apakah xiaomi redmi 3 yg ada di indonesia sdh bergaransi resmi? Mana yg harus saya pilih antara xiaomi redmi 3 dan mi 4i? Terimakasih

  142. Pak saya ada budget kisaran 3,5 juta saya tertarik dengan samsung J7 dan mi4s. Namun, mi4s belum ada garansi resminya kan? Jadi saya pilih samsung J7.
    Menurut bapak apakan ada saran lain selain pilih samsung J7?
    Saya butuh kamera dengan hasil terbaik dan bisa menggunakan memory card.

  143. Pak saya mau tanya hp xiaomi, infinix, sama meizu bagusan mana?

    dan harga untuk kisaran dibawah 2juta cocoknya tipe apa dari ketiga merek tersebut…

    1. Pak/Bu Muzzah,

      Mesti dilihat tipe per tipe sih. Yang saat ini saya pantau paling menjanjikan adalah Infinix. Xiaomi sebenarnya menarik. Masalahnya, sudah lama tak ada tipe baru lagi yang beredar resmi di sini.

      Dengan anggaran kurang dari Rp 2 juta:
      * Untuk Xiaomi pilihlah Redmi 2 Prime.
      * Untuk Infinix pilihlah Note 2.
      * Untuk Meizu tidak ada.

  144. Pak Herry saya mohon jika menjawab pertanyaan janganlah arogan Pak. Karena tidak semua orang dapat memenuhi permintaan bapak seperti ngetiknya di singkat – singkat , salah menyebutkan merek misal xomi, xonmi dan lebih parahnya lagi dengan salah menyebutkan nama bapak dengan Harry bapak malah menyuruh beliau bertanya ke bapak Harry. Kalau bapak mau balas pertanyaan janganlah pilih pilih pak.

    1. Pak Billy,

      Saya cuma mengajarkan mereka untuk terbiasa menuliskan nama dengan tepat dan akurat. Soal nama saya, tidak menyebutkan nama saya tetap saya balas kok. Namun, kalau menyebutkan nama dan ternyata salah, ya bakal saya respons seperti yang Anda tuliskan.

  145. Saya mau tanya nih, saya mau beli hape bingung nih. sbenernya saya tertarik utuk membeli Xiaomi Redmi Note 2 tapi di indonesia belum garansi resmi.
    Selain itu saya bingung tetap membeli xiaomi redmi note 2 lenovo A7000plus , Asus Zenfone 2 Laser, sama Samsung Galaxy Grand Prime plus. Saya harus beli yang mana? atau bapak harry punya recommendasi hape lain yg spesifikasinya sama seperti yang saya sebutkan dengan harga 2jutaan ? trimakasih

  146. maaf pak apakah sudah ada review lengkap tentang xiaomi mi 4s?
    saya trauma dengan hp yg lama merk bagus s**y x**ria m malah kena virus yang katanya ebola.
    saya tertarik dengan produk xiaomi tapi ragu juga untuk membelinya.
    terima kasih pak.

    1. Pak Yanis Putri H,

      Saya takkan me-review Mi 4s karena ponsel itu tanpa garansi resmi. Sebaiknya jangan dibeli.

    1. Pak Randi Knightwalker,

      Redmi 2 Prime. Sebab, Redmi Note 2 belum ada yang bergaransi resmi.

  147. Malam ko herry
    Sy punya budget 2.5jt
    Sy butuh hp yg mempunyai kamera depan bagus untuk selfie
    Sy tadi nya tertarik sekali untuk membeli Xiaomi redmi 3 note
    Tapi tidak ada garansi resmi lalu bagaimana apa sebaiknya sy leave it pak tp saya suka karena dia punya sensor finger print dan body metal tidak plastik dan
    Sy baca komen diatas bpk td pernah mengeluarkan statment kalo samsung dam asus bagus
    Yg jd pertanyaan sy apa asus dan samsung tidak bagus segi kamera kah
    Mohon sarannya pak

    1. Bu Shelly Kitamura,

      Ya. Jangan membeli ponsel tanpa garansi resmi.

      Samsung kameranya bagus kok. Syaratnya, Anda membeli seri S atau Note yang harganya tentu jauh melebihi Rp 2,5 juta.

      Asus keluaran lama memang tidak layak beli. Kalau generasi yang lebih baru, mulai Zenfone 2 Laser, silakan dilirik.

      Kembali ke pencarian Anda. Harga maksimal Rp 2,5 juta dan kamera depannya bagus. Hmm… kalau Anda bisa menambahkan anggaran Rp 99 ribu, silakan beli Infinix Zero 3. Ini review-nya http://ponselmu.com/review-infinix-zero-3-serasa-ponsel-global-empat-jutaan/

  148. pak herry saya mau tanya, saya membeli xiaomi redmi 2 prame tapi knapa mesinnya suka panas padahal belum lama di mainin. trimakasih

    1. Bu Mila Alista,

      Tidak ada ponsel Xiaomi Redmi 2 Prame. Apakah yang Anda maksud Redmi 2 Prime? Kalau iya, ponsel itu bergaransi resmi atau tidak? Kondisi sinyal kuat, naik turun, atau lemah? Aplikasi apa saja yang Anda jalankan? Hal-hal tersebut akan berpengaruh terhadap suhu ponsel.

      1. Hmm
        Sebenarnya sdh ngebet mau Xiaomi redmi note 3 body nya tuh mewah hihihi
        Tp sayang di indo ga resmi
        Jd ngeri
        Kalo asus zenfone 2
        Dan lenovo a7000
        Prefer kmna ya pak
        Ram 2gb kamera depan pun 5mp

        1. Bu Shelly Kitamura,

          Asus Zenfone 2 silakan dicoret. Lenovo A7000 saya belum pernah coba.

          Karena Anda tertarik dengan Asus, bagaimana kalau melirik Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL. Itu dual SIM, LTE, dan kinerjanya secara umum bagus. Layak beli. Harga resmi Rp 2,099 juta.

        2. Asus zenfone 2 knp ya ko herry ??
          Sy lihat dia punya ram pun ok 2gb
          Klo asus kamera nya bagaimana jelek
          Karena sy blm smpet hunting ke era***

          1. Bu Shelly Kitamura,

            Kamera Zenfone 2 lebih jelek daripada Zenfone 2 Laser. Bodi juga lebih mudah panas.

            Zenfone 2 Laser ZE500KL yang saya sarankan itu juga dibekali RAM 2 GB lho.

          2. Thanks ko herry ..
            Sy newbie di asus
            Waduh koq bisa lebih jelek asus Zenfone 2 ya justru
            Padahal harha sy lihat lebih mahal yang zenfone 2 ZE 5550ML drpd yang Laser

          3. Bu Shelly Kitamura,

            Mahal belum tentu bagus, sebaliknya murah belum tentu jelek. πŸ™‚

  149. Pak herry, saya mau tanya, saya tertarik dngan xiaomi redmi note3 tapi kata bapak blm ada garansi resminya. Apakah sekarang sudah ada garansi resminya? Dibandingkan dngn opoo neo7 pilih mna pak? Soalnya sya hanya ada skitar 2,5. Terimakasih dtunggu jwbnnya.

    1. Bu Tania,

      Sampai saat ini belum ada Redmi Note 3 bergaransi resmi.

      Wah… jangan beli ponsel Oppo deh.

  150. Hp saya xiaomi mi4i .. Pas buka hp harus ngisi activate device .. Saya bingung soalnya lupa
    Bantu solusi

    1. Pak Rinaldo Nurfaizi,

      Activate device? Di layar muncul tampilan apa? Ikuti saja petunjuk yang ada di sana.

  151. Slmt mlm pak herry…
    M’f sy yg gaptek mau tanya :
    Apakah xiaomi redmi note 3 tdk ada yg garansi resmi ? Mengingat mayoritas toko di marina & wtc sby sudah pada jual. Bgtupun di toko online.
    Dan katanya utk infinix zero 3 hasil kamera tdk sesuai dengan yang tertera pada spek. Apa benar ?
    Trm ksh banyak sebelumnya.

  152. Pak Heri yg terhormat,,,saya pengguna xiomi resmi note 3 pro,,,maksud dari tidak bisa di upgrade itu apa dan kenapa yaa???

    1. Pak Anton Triyan,

      Tidak ada ponsel bernama Xiomi Resmi Note 3. Kalau yang dimaksud Xiaomi Redmi Note 3, itu pasti tanpa garansi resmi dan saya belum pernah mencobanya. Kegagalan update di ponsel Xiaomi tanpa garansi resmi biasanya terjadi karena ponsel tersebut menggunakan sistem operasi hasil modifikasi distributor.

  153. Selamat malam pak Herry, saya rencana membeli Xiaomi Mi5, dan saya ragu karena di toko yg saya rencana beli Mi5 tsb mengatakan bbrpa hp merek Xiaomi lain harganya turun drastis seperti Mi4c dan bbrpa Redmi, dan bisa sampe 500rb an dalam satu waktu. Jadi, bagaimana saran bapak?

    1. Pak Odika,

      Aneka ponsel yang Anda sebutkan pasti tanpa garansi resmi. Di awal peredarannya, pedagang biasanya berusaha mengambil keuntungan sebesar-besarnya. Ketika barang mulai mudah ditemukan di pasar, pedagang memangkas keuntungannya. Itulah yang membuat harga ponsel tampak turun drastis.

      Saya pribadi takkan membeli Xiaomi Mi 5 tanpa garansi resmi. Saya baru tertarik mencobanya kalau ponsel itu sudah beredar resmi di sini.

  154. halo pak hery…punyaku xiaomi redmi hm note 1s cu…..cek keaslian di mi verifikasi kok tidak bisa? soallnya hp yang saya beli adalah hp second, jadi saya agak ragu

  155. Pak Herry saya rencana mau membeli xiaomi Redmi 2 prime. Sebaiknya saya membeli yg versi HM2014811 atau HM2014817?
    Dan apa kekurangan serta masalah yg sering dialami xiaomi Redmi 2 prime?

  156. PK Herry,
    Saya sudah terlanjur membeli redminote 3 garansi B-Cell trus yg mau ditanyakan gmn cara membedakan produk aspal, sudah saya coba masuk di http://www.order.mi tp terkendala kode verifikasi yg berbahasa cina ,gmn untuk cr yg lain.??
    Prtanya’an ke 2
    Update MIUI8 sudah ada secara global tetapi HP saya TDK merespon SMA skali, dan saya jg pernah coba me’Root’ tp slalu gagal terus…
    Mohon bantuan’nya…terima kasih

  157. Pak Herry mau tanya.
    1.jaringan 4G LTE yg diusung kebanyakan hp xiaomi ( garansi distributor ) apakah bisa apbila di pakai di indonesia?
    2. Bagaimana sih aturan penjualan hp di Indonesia, kok bisa muncul garansi resmi & distributor? Apakah grnsi distributor itu sama dgn black market? Yg barangnya masuk scr tidak resmi.

    1. Pak Sigit,

      1. Ada yang bisa, ada yang tidak. Saran saya, beli yang garansi resmi saja deh.

      2. Spesifik ke Xiaomi, ponsel Xiaomi tipe terbaru dan bergaransi distributor yang beredar di sini biasanya tidak memiliki sertifikat Postel/SDPPI asli. Ya, boleh dianggap black market.

  158. pak saya sekarang posisi ada di tiongkok, dan dititipi keluarga hp xiaomi, memang harga selisih 500 rb an dengan di indonesia, akan tetapi saya khawatir ponsel yang saya beli nanti tidak bisa digunakan di indonesia, atau jaringanya berbeda, saya bawa hp asus zenfone 4c dari indonesia di tiongkok cm dapet sinyal 2g. pertanyaan saya:
    1. ciri2 xiaomi yang support jaringan 3g/4g di indonesia seperti apa?
    2.jika terjadi kendala apakah service resmi bersedia menangani(dengan biaya pribadi tentunya)

    1. Pak Bagus Nur Iman,

      Maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      1. Tanyakan spesifikasi detailnya. Pastikan minimal mendukung WCDMA 2100 dan 4G LTE 1800 MHz.

      2. Takkan diterima oleh pusat perbaikan resmi di Indonesia.

  159. pak herry dari paparan bapak diatas mengenai resmi atau tidaknya. bapak mempunyai paparan bahwa xiaomi redmi 1s sudah resmi. apakah untuk produk yang belum bergaransi resmi belum bisa dipercaya keamanan produk tersebut? kebetulan saya pengguna redmi 3.

    1. Bu Geby Nurlinda,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Ya, keamanan dan kenyamanan membeli ponsel tanpa garansi resmi kurang terjamin.

  160. Hai Pak Hery,

    Apakah Xiaomi mi 5 sudah ada di Indonesia??
    Khususnya di Bali(saya orang Bali)?
    Thanks.

    1. Pak Putu Antara,

      Mi 5 belum beredar resmi di Indonesia. Kalau di pasar sudah ada yang jual, itu pasti tanpa garansi resmi. Jangan dibeli.

  161. Pak Herry,
    Saya tertarik melihat jawaban2 anda di komen box ini, sebelumnya terimikasih atas info yg banyak ini. Sy ingin bertanya, kenapa Pak Herry tidak merekomendasikan membeli barang yg tidak bergaransi resmi? Apa seburuk itukah garansi distributor? Terutama xiaomi mi5, soalnya sy rencana mau beli mi5..
    Makasi Pak Herry

    1. Pak Odika,

      Ya karena risikonya besar.

      Kalau Anda sudah siap dengan segala risikonya, ya silakan beli.

  162. Pak herry
    Kalau xiaomi redmi note 3 sudah resmi di indonesia, kira kira harganya yg paling mahal brp ya? Terimakasih

    1. Pak Tony,

      Harga resmi Rp 2,599 juta. Belum ketahuan harga pasar termahalnya berapa. Lha barang baru didistribusikan awal bulan depan.

  163. Pak herry mau tanya,
    saya pengen beli xiaomi mi 5, apakah sudah ada garansi resminya?
    jika tidak ada tolong rekomendasikan ponsel kameranya yang bagus harga kisaran 4- juta
    terimakasih

  164. Pak herry
    Pak herry saya sangat menantikan xiaomi redmi note 3 di indonesia. Tetapi ada rumor yg mengatakan kalau xiaomi itu cepat panas, apakah itu benar? Dan saya juga tertarik membeli samsung galaxy j7. Menurut pak herry dari spesifikasinya mana lebih bagus xiaomi redmi note 3 dibandingkan dg samsung galaxy j7? Terimakasih pak herry

    1. Pak Angga,

      Mesti lihat tipe per tipe deh. Xiaomi secara umum oke kok.

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Galaxy J7.

      Umpama harus memilih secara buta, saya akan lebih memilih Redmi Note 3.

    1. Pak Siaga,

      Pasti deh. Bukan kira-kira lagi. Lha sekarang kan sedang masa pre-order Redmi Note 3 garansi resmi.

    2. Pak Siaga,

      Pasti deh. Bukan kira-kira lagi. Lha sekarang kan sedang masa pre-order Redmi Note 3 garansi resmi.

  165. Dh,
    Agan-agan serta admin.

    Saya baru memiliki xiaomi redmi note 2 prime, karena tertarik teman saya juga ikut membelinya, Akan tetapi terdapat perbedaan diantara ponsel kami yaitu:
    1. OS saya = MIUI7 Stable sedangkan teman saya MIUI7 Beta
    2. Saya = Google apps lengkap sedangkan teman saya tidak ada google apps
    Saat ini ponsel teman saya mati total padahal baru 2-3minggu pemakaian normal, sedangkan ponsel saya normal, tetap aktif memainkan game online hingga panas walau beberapa kali terjatuh dari tempat agak tinggi.

    Apakah agan-agan dapat membantu sebab menurut sticker pada box ponsel teman saya garansi the One PT. Triagung Perkasa Jaya sedangkan ponsel saya BLESS?, sebab menurut beberapa berita yang saya baca di KasKus pelayanan Service The One tidak memuaskan.

    Hk,
    Lubi

    1. Pak Lubiansyah,

      Coba kita nantikan respons dari agan-agan ya. Namun, setahu saya sih, di sini tidak ada agan-agan.

    1. Pak Edy,

      Hmm… kalau menanyakan ponsel buat gamers kepada saya sebenarnya tidak pas. Sebab, saya bukan penghobi game.

      Kalau tetap harus memberikan saran, saya akan condong ke Infinix Zero 3. Jangan lupa juga membeli power bank.

  166. Pak saya ingin bertanya, saya coba buka web resmi xiaomi dan disana hanya ada 3 produk yg tertera yaitu mi 4i, redmi 2, dan mi tab saja. Yang ingin saya tanyakan, apakah hanya 3 produk itu saja yg bergaransi resmi pak? Apakah produk yg selain 3 itu yg dijual diluaran sana garansinya tidak resmi?
    Dan pertanyaan lain pak, bedakah antara xiaomi redmi note 3 dan xiaomi redmi note 3 pro? Lalu di kedua ponsel itu sebenarnya ada slot untuk memori eksternal atau tidak pak? Dan lebih bagus mana dari kedua ponsel tersebut pak?
    mohon jawabannya pak, Terima kasih

    1. Bu Rani Gracia,

      Situs mi.com/id? Yang ditampilkan hanya itu (Mi 4i, Redmi 2, dan Mi Pad – bukan Mi Tab lho) karena tipe lain yang bergaransi resmi sudah lebih dulu diskontinyu. Mi Pad sebenarnya sudah diskontinyu. Untuk Redmi 2, kalau diklik akan terlihat dua varian: Redmi 2 dan Redmi 2 Prime.

      Beda, Redmi Note 3 memakai prosesor MediaTek, sedangkan Redmi Note 3 Pro menggunakan prosesor Snapdragon. Saya belum pernah mencobanya. Kalau lihat di lembaran spesifikasi, ada selot memori eksternal yang dipakai bergantian dengan selot SIM2.

      Lebih bagus mana? Tak tahu. Lha saya belum pernah coba.

  167. siang..
    saya mau tanya pak,klo xiaomi redmi 2 yg bacaan di kotaknya TTD-LTE/TD-SCDMA/GSM itu emng gak bisa mengakses jaringan 3G atau 4G ya?trus gimna dong cara mengatasinya?apa saya harus menuntut ke konter penjualannya?
    saran nya dong

    1. Bu Adinda,

      Itu berarti Anda membeli Redmi 2 yang seharusnya untuk pasar lokal Tiongkok.

      Benar. Maksimal Anda hanya bisa berinternet via layanan GPRS/EDGE.

      Tidak ada cara untuk mengatasinya. Lha hardware-nya memang tidak bisa kok. Kalau memang bisa komplain (tetapi saya nggak yakin sih), coba saja komplain ke penjual.

  168. assalamualaikum pak, saya mau beli hp xiaomi redmi note 3 lokasi saya di jambi, apa benar pelayanan after sales xiaomi belum lengkap? soalnya saya takut sdh beli barangya baru beberapa minggu udh rusak dan mau servis nya susah dan lama

    1. Pak Akbar,

      Ini maksudnya layanan pusat perbaikan resmi Xiaomi ya?

      Di Jambi memang belum ada pusat perbaikan resmi Xiaomi.

  169. Mau tanya nich wktu itu saya beli hp Xiaomi Mi3 tpi lupa d charger setelah beli dan sekarang mati gg bisa d nyalain sampe sekarang gmna ya pak apa bisa d nyalain lagi?

    1. Bu Eva,

      Sudah coba di-charge dan dibiarkan begitu selama 2-3 jam? Kalau tetap tak bisa menyala, kemungkinan tegangan baterai ponsel itu terlalu rendah sehingga “tak kuat ngangkat”.

      Mi3 pasti tanpa garansi resmi. Kalau ponsel itu dilengkapi garansi toko/distributor, coba lakukan klaim garansi.

  170. Maaf pak. Saya punya anggaran sekitar 2jt kebawah. Hp apa yang cocok buat selfie dengan kamera yang jernih dan saya lumayan sering untuk searching digoogle, buka instagram, bbm, line,dll. dan bisa bertahan bertahun-tahun? Ada sarah pak? Saya sih tertarik dengan xiaomi, tetapi banyaknya keluhan jadi saya agak ragu untuk membelinya. Ada saran pak untuk hp yg lain?

  171. Siang pak herry
    Sya ingin tanya apaka xiaomi redmi 2A akan rilis di indonesia? Dan kedua distributor resmi apa saja? Terimaksih pak sebelum nya kalau ada kalimat yg salah mohon maaf

  172. pak herry saya mnta saran beli hp maksimal harga ny 2 jt, saya ingin beli hp yg spesifikasi nya bagus daya tampung batrai nya besar dan kamera nya bagus kira2 hp apa yang cocok pak? trima kasih

    1. Pak Akbar,

      Dengan anggaran maksimal Rp 2 juta, Anda tidak bisa mendapatkan ponsel dengan spesifikasi bagus, baterai besar, sekaligus kamera bagus. Ada satu kriteria yang harus dibuang.

      * Kalau Anda mengutamakan baterai besar dan kamera boleh cukup bagus saja, ada Infinix Note 2 Rp 1,899 juta.
      * Kalau Anda mengutamakan kamera bagus dan baterai boleh tak terlalu besar, ada Hisense Pureshot Rp 1,999 juta.

  173. Kalau dari segi hasil jepretan kameranya pak, dari hp hisense pureshot dan asus zenfone ZE500KL lebih jernih yang mana pak? Dan hasilnya tidak nipu gitu pak kalo buat selfie hehe

    1. Pak Indira,

      Hasil jepretan Pureshot sedikit lebih unggul daripada ZE500KL. Namun, dalam hal kecepatan pemfokusan, ZE500KL mengalahkan Pureshot.

    1. Pak Kerry,

      Xiaomi tipe apa? Saya sudah mencoba beberapa tipe ponsel Xiaomi bergaransi resmi. Secara umum baik-baik saja tuh. Apakah Anda menggunakan ponsel Xiaomi tanpa garansi resmi?

    1. Pak Kerry,

      Xiaomi Redmi 3 Pro belum beredar resmi di Indonesia.

      Saya belum pernah mencobanya. Jadi, ya nggak tahu bagus atau tidak.

  174. Pak herry,saya mau minta saran dari bapak.saya berniat membeli hp Xiaomi,tipe yang saya incar itu Xiaomi redmi note 3 dan Xiaomi mi4i,mohon rekomendasinya pak sebaiknya saya pilih yang mana ya? terima kasih

    1. Pak Indra,

      Saya belum menguji pakai Redmi Note 3. Kalau Mi 4i, untuk ukuran saat ini ponsel tersebut sudah kurang menarik.

  175. Ooh begitu,kurang menarik dari segi apanya ya pak?saya juga tertarik dengan Xiaomi mi4c tapi sayangnya tidak ada yg garansi resmi…ada rekomendasi tipe lain pak?

    1. Pak Indra,

      Seiring munculnya update, ponsel itu dikenal lumayan sering nge-lag, bodi cepat panas, dan konsumsi baterai boros. Hasil jepretan kameranya sih bagus.

      Untuk sementara, kalau merek Xiaomi saya merekomendasikan Redmi 2 Prime. Namun, spesifikasinya tidak setinggi Mi 4i.

  176. Selamat pagi pak.saya sedikit berminat dengan produk Xiaomi ini tapi saya agak sedikit ragu akan daya tahannya.manurut bapak dari produk Xiaomi ini mana yang kualitas(spesifikasi dll)+daya tahan+bergaransi resmi yg patut untuk di beli .Terima kasih

  177. Pak Herry .. maaf nyimpang. Klo untuk mengetahui keaslian samsung s4 i9506 yang terpercaya itu gimana caranya?

    1. Pak Irfan Libra,

      Saya nggak hafal Galaxy S4 yang dulu beredar di sini itu i95xx berapa. Salah satu cari yang bisa dilakukan, unduhlah aplikasi Antutu Benchmark (jangan percaya dengan Antutu yang sudah ada di ponsel), lalu cocokkan spesifikasi yang tersaji dengan spesifikasi di situs resmi Samsung.

  178. Pak herry
    Selamat malam pk herry. Saya mau tanya hp xiaomi yg paling bagus dari spesifikasinya yg sudah resmi di indonesia xiaomi apa ya? Dan hrgnya brp? Terimakasih

  179. Selamat pagi pak, saya tertarik untuk membeli xiaomi redmi note 3 pro dengan spesifikasinya yang cukup bagus, tetapi saya masih agak ragu karena smartphone ini masih belum ada garansi resminya, saya tanya ke toko, katanya walaupun belum garansi resmi, rom nya udah global, sudah ada google apps, bahasa indonesia, 4g juga sudah bisa, apakah itu sudah aman? Atau adakah masalah lain yang biasanya terjadi dengan xiaomi setelah beberapa waktu pemakaian?
    Dan untuk budget 2.5-3.5 juta, lebih baik membeli smartphone apa ya pak jika xiaomi kurang recommended? Lenovo vibe k4 note apakah sudah bagus? Atau ada ponsel recommended lainnya? Mohon info dan sarannya pak, terimakasih

    1. Pak Naufal,

      Redmi Note 3 Pro (istilah resmi dari Xiaomi sih Redmi Note 3 saja) ada yang bergaransi resmi kok. Spesifikasinya pakai prosesor Snapdragon, RAM 2 GB, ROM 16 GB, dan 4G LTE-nya dimatikan agar tidak melanggar regulasi TKDN. Akhir minggu ini akan mulai didistribusikan ke gerai Erafone.

      Prinsip saya sih sederhana. Jangan membeli yang tanpa garansi resmi.

      Di rentang harga itu, ada Infinix Zero 3 dan Lenovo Vibe K4 Note yang boleh dipertimbangkan. Review dua ponsel itu bisa dibaca di blog ini.

  180. Pak herry, hp asus zenfone ZE500KL bisa pake kartu apa saja atau ada kartu yang memang tidak bisa pak?

    1. Pak Basuki,

      Kartu Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri siap dipadukan dengan ponsel itu. Kalau Smartfren, saya tak pernah coba.

    1. Pak Indra,

      Sampai saat ini, setahu saya, Xiaomi belum pernah mengeluarkan ponsel bernama Note 3.

      Kalau yang sudah diluncurkan Xiaomi adalah Redmi Note 3. Ponsel itu tidak mengadopsi Gorilla Glass dan sejenisnya.

  181. PakHerry, saya kan sering buka instagram, line, bbm, trs saya lumayan bnyk untuk download aplikasi edit foto dll pak. Saya juga suka selfie. Mnrt bapak kalau saya beli hp asus zenfone ZE500KL bagus ga pak?

  182. pak herry, saya lagi cari hp yg spek nya lumayan dan harga terjangkau. budget sekitar 2 juta, setelah searching sana sini dapat lah pilihan antara redmi note 2, lenovo a7000 SE, atau asus ZE550KL lebih baik yg mana ya pak?
    teman saya beli xiaomi note 2 garansi bcell, tapi sepertinya belum LTE, bagaimana ya?

    1. Bu Ayu,

      Saya belum pernah mencoba Redmi Note 2 dan A7000 SE sehingga tak bisa berkomentar. ZE550KL harga Rp 2 juta? Lha kok murah banget. Kalau benar segitu dan bergaransi resmi, sikat deh. Murah.

      He… he… itulah risiko membeli ponsel tanpa garansi resmi. Banyak “keajaiban”.

  183. Pak herry
    Pak tadi saya baca di atas, apakah benar xiaomi redmi note 3 sudah resmi di indonesia? Dan yg ram 3 Gb nya juga apakah sudah resmi?

    1. Pak Siaga,

      Benar. Redmi Note 3 sudah beredar resmi di Indonesia. Yang beredar resmi RAM 2 GB, bukan RAM 3 GB.

  184. Pak Herry , kalau lihat di GSM arena, untuk xiaomi redmi note 3Pro RAM3/32GB , tidak ada RAM2GB . Betulkah ?

    1. Pak Flohmark,

      Nama resmi dari Xiaomi sebenarnya hanya Redmi Note 3.

      Untuk membedakan Redmi Note 3 prosesor MediaTek dengan Qualcomm Snapdragon, tak sedikit pedagang yang menambahkan embel-embel Pro untuk Redmi Note 3 – Qualcomm. Ponsel itu tersedia dalam dua varian kapasitas memori:
      * RAM 2 GB dan ROM 16 GB –> ini yang beredar resmi di sini.
      * RAM 3 GB dan ROM 32 GB.

  185. pak herry,

    saya rencana mau beli xiaomi redmi 3 ,itu kualitas sistem nya bagus gak ? gampang rusak gak ? terus garansinya udah resmi atau belum? kalo boleh minta saranya,saya lbh baik beli atau gak? trmksh.

    1. Bu Vitha Ayudian,

      Jangan beli karena Redmi 3 yang saat ini tersedia di pasar pasti tanpa garansi resmi.

  186. pak Herry,

    saya rencana mau beli xiaomi redmi 3, itu kualitas sistemnya gmna pak gampang rusak atau gak terus jga udh garansi resmi blm ? minta saranya juga, saya sebaiknya beli atau gak? trmksh.

    1. Bu Vitha Ayudian,

      Lain kali pertanyaan yang sama tolong dikirimkan satu kali saja. Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

  187. Pak herry, saya bingung mau beli hp antara iphone 4s sm asus zenfone 2 laser ZE500KL. Saya tu milih hp yg kamera nya jernih dan bagus, trs bisa nyimpen bnyk aplikasi gt pak dan gak lemot. Kalo diliat dr spesifikasinya lbh condong ke asus zenfone 2 laser ZE500KL si kyknya, tp saya suka body iphone 4s pak hehe. Kira” saran bapak saya beli yg mana ya pak?

    1. Pak Rekha,

      Saya juga condong ke ZE500KL. Alasannya, iPhone 4S sudah tidak ada yang baru. Kalau ada penjual yang menawarkan iPhone 4S dan mengaku baru, penawaran itu sangat pantas dicurigai.

  188. pak Herry,

    Mohon sarannya pak, saya penjual online yang butuh kamera bagus sukur sukur ada yang batrenya juga tahan lama karena untuk buka FB, IG.

    Punya budget 5jtan baiknya hape apa ya pak? ditunggu jawabannya ya pak.

    Terimakasih

  189. Pak, saya cr hp yang kamera depanbelakang bagus dan jernih. Trs bisa nyimpen app banyak dan hpnya tahan smpe bertahun”. Punya budget sekitar 2jtan. Antara asus zenfone ZE500KL, xiaomi redmi 2 prime, xiaomi redmi note 4G, dan xiaomi redmi note. Kira” yang mana ya pak? Tp saya takut xiaomi cepet rusak-_-

  190. Om, saya rencana ingin membeli smartphone, yg hd andalan saya RAM 2 GB,Kamera 13 MP dan 5/8 MP kamera depan,dan Dual SIM. Klo xiaomi saya yg penting harus rom global dan sudah bahasa indonesia dan sudah tersedia play store. Om ada rekomendasi gak saya membeli apa?
    Thx om

  191. yg pakai teknologi hybrid atau ada slot sendiri om?dimana saya menemukan redmi note 3 garansi resmi yang murah om?

  192. pak herry saya mau tanya,hp xiaomi redmi note 3 pro apakah sudah ad garansi resmi di indonesia?dan kalau ad didaerah surabaya dijual dmana?
    trima kasih

    1. Pak Denny,

      Sudah. Tipe bakunya Redmi Note 3 saja. Tanpa embel-embel Pro, walaupun memakai prosesor Qualcomm Snapdragon.

      Yang pasti ada stok di Erafone Mal Galaxy. Harga Rp 2,599 juta. Untuk pembayaran dengan kartu kredit tertentu didiskon Rp 200 ribu.

  193. Pak heri apakah xiaomi redmi note 3 (resmi) bisa di katakan awet ?? Soalnya banyak komentar dari org* yg sudah beli banyak terjadi kerusakan, mungkin karena memakai rom abal* yaa ?? saja mau beli note 3 resminya pak.. apakah saya akan menyesal setelag 3-5 bulan bahkan 2 taun ?? Terus jaringan4gnya gak ada .. lalu apakah xiaomi kalo di modiff itu aweet penggunaanya ?? Dan bahasahnya sudah indOnesia ?? Lalu duit 2-3 jutaan bisal pilih android yg mana pak ,, yang sekiranya speknya tidak kalah sama xiaomi redmi note 3 resmi)
    Terimakasih Pak heri

    1. Pak Yehez,

      Mestinya begitu.

      Redmi Note 3 bergaransi resmi barusan beredar. Jadi, menurut saya, yang komplain banyak rusak itu kemungkinan pembeli Redmi Note 3 tanpa garansi resmi.

      Dua tahun sih masih oke deh. Asalkan modifikasinya benar, mestinya tak masalah. Satu hal yang perlu diketahui, hal itu menghanguskan garansi ya. Yang garansi resmi ada bahasa Indonesianya.

      Alternatif lain, Infinix Zero 3.

    1. Pak Erianggita,

      Pilih Pureshot bila:
      * Anda mencari ponsel dengan kompatibilitas 4G LTE komplet.
      * Anda mencari ponsel dengan hasil jepretan kamera yang tergolong bagus di kelasnya.

      Pilih ZE500 KL bila Anda mencari ponsel yang kameranya bisa melakukan pemfokusan dengan cepat.

  194. Oke terimakasih pak heri.. jadi klo beli xiomi redno 3 resmi ini menyesal gak pak ?? Trrus jaringan 4g yang resmi bisa di gunakan pak ?? apakah yang ram 3gb/32gb sudah resmi ??

    1. Pak Yehez,

      Xiomi Redno 3? Saya malahan baru mendengar ponsel itu. Itu ponsel dari negara mana? Sekilas mirip dengan Xiaomi ya.

  195. Pak, asus zenfone 2laser ZE500KG ada garansi resmi nya? Ada ciri”nya gak pak kalau hp trsbt tidak bergaransi resmi?

  196. Halo Pak Herry, apa kabar?
    Saya ingin menanyakan apa Xiaomi Redmi 3 pro sudah diliris secara resmi di Indonesia? Dan apa perbedaan antara Xiaomi redmi 3 pro dan Xiaomi redmi note 3? Terima kasih.

    1. Bu Jenny,

      Redmi 3 maupun Redmi 3 Pro belum beredar resmi di Indonesia.

      Wah, perbedaannya banyak. Mulai dari ukuran layar, prosesor, resolusi kamera, hingga kapasitas baterai.

    1. Pak Rangga,

      Asus Zenfone ada banyak tipe. Yang mana?

      Redmi Note 2 pasti tanpa garansi resmi. Jangan beli deh.

  197. Pak, share hasil jepretan kamera depanbelakang asus zenfone ZE500KL dan ZE500KG dong pak + merk xiaomi apapun pak. Soalnya saya bingung mau bli hp yang mana pak..

  198. Pak Herry,

    Mohon info ya pak…

    1.Kalo Redmi Note 3 resmi itu yang internal memory 16gb , RAM 2G tanpa slot external SD ya pak?
    1. Redmi Note 3 Pro yg internal memory 32gb sudah adakah yang resmi pak?
    3.Antara Redmi Note 3,Infinix Zero 3 dan Hisense Pureshot,handal yang mana pak?

    1. Pak Erick,

      1. Ada selot microSD-nya kok. Anda bebas memilih selot kartu kedua di ponsel itu akan dipadukan dengan kartu SIM atau kartu microSD.

      1. Tak ada.

      3. Belum tahu. Sebab, Redmi Note 3-nya belum saya uji pakai.

  199. slamat siang… mau tanya pak herry, hp xiaomi redmi note 3 sudah ada yg resmi blom? dan bagus apa gak?

    dan kalo mau beli yg bergaransi resmi dimana ya di daerah jakarta ??

    hp xiaomi redmi note 3 sama oppo A37 bagus mana?
    terima kasih

    1. Bu Chintia,

      Sudah ada. Harga ritel resmi Rp 2,599 juta. Sekarang sedang ada promo menjadi Rp 2,399 juta bila transaksi dilakukan memakai kartu kredit tertentu.

      Belum tahu bagus tidaknya. Sebab, ponsel yang sudah ada di lemari itu belum sempat saya uji pakai.

      Silakan cari di gerai Erafone.

      Wah… jangan beli ponsel Oppo deh.

  200. Pak, alternatif lain selain membeli hp xiaomi redmi 3 apa ya dengan spek dan harga yang tidak beda jauh?

    1. Pak Danu,

      Hmm.. kalau spesifikasi dan harga setara dengan Redmi 3, jawabannya ya tidak ada. Lha Xiaomi kan dikenal dengan harga terjangkau. Sudah begitu, Redmi 3-nya tanpa garansi resmi.

  201. Pak blh tanya, rekomen mana antara Xiaomi Redmi Note 3, Lenovo Vibe K4 Note & Oppo F1? Saya mau beli hp tp msh bingung yg mana, pengen yg spek bagus dgn harga yg ga trlalu mahal & bs awet. Thx b-4

    1. Pak Ephine,

      Oppo silakan dicoret dulu.

      Redmi Note 3 masih dalam antrean uji pakai. Vibe K4 Note sih baik-baik saja.

  202. Pak Herry..
    Saya mau minta saran..
    Android yg bagus buat foto dan tahan buat diapake apa y?
    Budget 2,6 juta..

  203. Pak Herry, saya mau tanya kalau mau jual Himax polymer octa core bulan ini berapa ya? Kondisi hp masih bagus, ada box, buku-buku panduan, headset, case, terus jualnya + kartu memori (eksternal) 4gb, minusnya cuma gak ada chargernya. Cocok dijual dengan harga berapa ya?

    Kalau hp xiaomi yang punya desain bagus (tipis, ujung sudutnya sedikit lancip bukan melengkung), murah (2jt kebawah), dan punya memori internal 16gb apa ya? Kameranya jelek gpp. Cuma mentingin desain tipis, memori banyak sama dana yang ada.

    Kalau xiaomi redmi 3 vs polytron zap 6 posh note bagus mana ya? Alasannya apa ya dari semua cirinya kecuali spek kamera?

    Menurut pak Herry, merk hp xiaomi dan himax bagus mana ya?

    Terimakasih

    1. Bu Farisa Hikmatiara Azzahra,

      1. Maaf, saya tak tahu harga pasaran ponsel Himax. Yang pasti sih harga bekasnya hancur.

      2. Paling Xiaomi Redmi 2 Prime. Namun, ya nggak tipis-tipis banget. Pesan saya, kalau beli ponsel Xiaomi, pastikan Anda membeli ponsel Xiaomi yang bergaransi resmi. Di pasaran pilihan ponsel Xiaomi tanpa garansi resmi jauh lebih banyak daripada yang bergaransi resmi.

      3. Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Redmi 3 dan Zap 6 Posh Note.

      4. Xiaomi dong.

  204. Selamat malam pak, maaf saya pengin hp Xiaomi redmi 3, pertanyaannya saya apakah xiaomi redmi 3 sudah bergaransi resmi di seluruh Indonesia, khususnya Kalteng, maaf sy berada di Kalteng

  205. Selamat malam pak, maaf saya pengin hp Xiaomi redmi 3, pertanyaannya saya apakah xiaomi redmi 3 sudah bergaransi resmi di seluruh Indonesia, khususnya Kalteng, maaf sy berada di Kalteng, harga di kisaran brp…?

    1. Pak Sugianto,

      Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja ya.

      Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan yang Anda kirimkan pertama kali.

  206. Pak herry, hp asus zenfone 2laser ZE500KG dikamera depan kalo buat selfie di siang hari diluar ruangan trus kena sinar matahari bakalan jelas dan bagus ga pak hasil fotonya? Trs kamera depannya ada autofocusnya ga pak?

    1. Bu Anindita,

      Tergantung kena sinar mataharinya seberapa parah. Kalau parah dan langsung mengenai wajah, itu bukan kondisi ideal untuk berswafoto. Mau pakai ponsel yang harganya Rp 5 juta pun tetap akan cenderung kurang bagus.

      Tak ada fokus otomatis.

  207. Pak herry. Mifi smartfren 300rb itu pake internetan smpe brp bulan ya pak? Atau smpe kuotanya abis pak?

  208. Mat malam pak, maaf pak pertanyaan berulang di atas tidak di sengaja, ada lg yang mau saya tanyakan pak,mengenai hp dengan baterai tanam, apakah lebih bagus atau jutru suatu kelemahan pak, saya tertarik sama kamera belakangnya yang rata2 13 MP, tapi baterai tanam, bagaimana saran bapak

    1. Pak Sugianto,

      Baterai tanam memiliki plus minus.

      Plus-nya, ponsel bisa dibuat lebih tipis. Pembeli juga pasti akan memperoleh baterai orisinal. Penjual tidak bisa nakal.

      Sisi minusnya, pengguna tidak bisa membawa baterai cadangan. Bila baterai rusak, pengguna mesti ke service center untuk melakukan penggantian baterai.

      Menurut saya, nggak masalah sih baterai tanam. Kalau memang sudah ingin ponselnya, beli deh.

  209. Selamat pagi, Pak.
    Saya rencana mau beli hp Xiaomi Redmi Note 3 Snapdragon, tapi masih bingung karena katanya tidak ada 4G-nya. Terus, hp lain yang hampir mirip itu Xiaomi Mi4i, tapi kata Bapak hp itu “sudah bukan jamannya”. Hehe
    Apa ada rekomendasi lain yang sesuai dengan spesifikasi Xiaomi yang saya sebutkan tadi, Pak?
    Terimakasih.

    1. Pak Agung,

      Silakan beli Redmi Note 3 bergaransi resmi, lalu carilah cara aktivasi 4G-nya di internet. Ada kok.

      Biarpun saya tahu caranya, saya takkan memaparkannya di sini. Sebab, saya menghormati tindakan Xiaomi yang berusaha patuh terhadap regulasi. Kalau suatu hari saya melihat Xiaomi berusaha akal-akalan, seperti yang pernah dilakukan Huawei dan Coolpad, langsung deh cara aktivasi 4G LTE-nya saya tuliskan langkah demi langkah di blog ini.

      1. Sebenarnya sih saya pengennya beli Xiaomi Redmi Note 3 Snapdragon yang RAM 3GB, Pak. Tapi apa daya itu tidak garansi resmi.

        Iya Pak, saya juga sudah sedikit tahu cara aktifkan 4G-nya, tapi nanti kan pas update ke MIUI8 itu “katanya” 4G-nya udah ga bisa diakalin. Bener kah, Pak Herry?

        Oh iya Pak, itu 3 kode postel Xiaomi yang rilis di awal tahun kemaren selain buat Xiaomi Redmi Note 3 itu buat siapa lagi 2 sisanya? Ada bocoran, Pak? Hehe

  210. Selamat Malam Pak Herry

    Awalnya saya condong untuk membeli Xiaomi Redmi Note 3, tapi setelah membaca komentar-komentar di atas jadi ragu, terutama untuk keresmian, servis, dan masalah di jaringan 4G nya. Apakah saya salah jika mengalihkan pilihan pada Samsung J5 (walaupun spek cukup jauh dibawah xiaomi)?

    Atau adakah rekomendasi smartphone lain di range harga 2.5 s.d. 3 juta? Yang sudah 4G, ram diatas 1.5 GB, dan internal diatas 8 GB?

    1. Pak Mas Andang R,

      Salah. Mending tetap ambil Redmi Note 3. Kinerjanya jauh lebih oke. Soal 4G-nya, di internet banyak yang jelaskan cara unlock-nya kok. Bisa dipraktikkan dan dituntaskan dalam waktu maksimal dua menit. Hanya dengan pencet-pencet di ponsel. Tak perlu alat bantu lain.

      Alternatif lain, dengan memperhatikan kriteria Anda di atas, Asus Zenfone Laser ZE500KL yang harganya Rp 1,9 juta pun sebenarnya sudah memenuhi syarat.

  211. Pak herry, hp merk asus terutama asus zenfone 2laser ZE500KG termasuk hp cina? Trs bakalan cepet rusak ya pak?

  212. Pak Herry,
    Apakah Lenovo Vibe K5 plus sudah bergaransi resmi? Terus Perbandingannya sama Xiaomi redmi note 3 bagaimana?

    1. Pak Astahiam,

      Sudah.

      Tak tahu. Redmi Note 3 masih dalam proses uji pakai, sedangkan Vibe K5 Plus saya belum pernah pegang.

    1. Pak Tito,

      Maksudnya, ponsel itu sudah beredar di banyak negara dalam skala global. Contohnya, Samsung, Sony, LG, Huawei, Asus, dan Lenovo.

      Saya waktu itu pakai sekitar satu bulan.

  213. Pak, menurut bapak apakah keputusan saya benar? menjual asus zenfone 5 (2/ 16) lalu membeli xiaomi redmi note pro (2/16) karena baru itu yg resmi…niat belu yang (3/32) tapi blm resmi ;( mohon pertimbangannya y pak

    1. Bu Ida Nirwana,

      Tak ada Redmi Note Pro bergaransi resmi. Apakah yang Anda maksud adalah Redmi Note 3? Kalau iya, pilihan Anda benar. Silakan hijrah dari Zenfone 5 dan pastikan beli Redmi Note 3 (pedagang sering menyebutnya Redmi Note 3 Pro) bergaransi resmi.

  214. pak saya mau tanya, menurut teman2 saya katanya xiaomi kalau sudah d service sudah tidak bisa bertahan lama yah pak?

  215. Maaf saya mau tanya karna bingung mau beli hp, menurut anda antara lenovo lemon 3 dan xiaomi redmi 2 prime lebih baik yg mana? Krna spesifikasi dan harganya tidak jauh beda? Terimakasih

    1. Pak/Bu Dhita,

      Tak tahu karena saya belum pernah mencoba Lemon 3. Di sini ada yang jual ponsel itu-kah?

  216. Pak, Herry.

    Saya mau tanya, kenapa saya unlock device xiaomi saya mentok di 50% dan gagal? Saya udah coba berkali-kali.
    Tau solunsinya, Pak? Thank you.

      1. Maaf Pak Herry saya kurang jelas, maksud saya itu unlock bootloader-nya, pak. Untuk masuk ke recovery mode atau upgrade via fastboot. Hehe

    1. Pak Teguh,

      Saya yang kini bingung. Sebab, tidak ada ponsel Xiaomi dengan nama lengkap tipe Note 2 Prime dan Note 3.

  217. Assalamu’alaikum..
    Saya Leo Chandra Margo Koenang,asal Jakarta.
    Saya pengguna Xiaomi.
    Alhamdulillah Saya tidak pernah menemukan kesulitan dan kelemahan dari Xiaomi.
    Saya pengguna Redmi 2,Redmi note 1 dan Redmi note 2.
    Sekarang Saya sedang mengincar Redmi note 3 dan Redmi 3.
    Kualitasnya sangat baik.
    Tidak kalah dengan brand lainnya.
    Dari Camera,body dan spesifikasinya memang luar biasa.
    Jika ada yang mengatakan Produk Xiaomi Buruk atau Jelek.
    Itu berarti mereka belum paham akan kualitas.Dan mereka hanya melihat dari segi Nama Brand dan Price nya saja.
    Xiaomi Is my life..

  218. selamat pagi pak, saya mau bertanya
    kenapa hp(redmi 2 prime) saya stelah di reset tampilannya hanya sampai “welcome” dan tidak bisa di next.

    1. Pak Rizki,

      Sudah coba dimatikan dan dinyalakan lagi? Hasilnya sama? Kalau iya, terpaksa mampir ke service center deh.

  219. malam pak, saya sedang dilanda kebingungan hehehe, saya mau beli smartphone diantara 2 pilihan redmi 3 atau galaxy J3, saya bingung antara 2 smartphone itu mana yg lebih baik, sebenarnya agak ketakutan beli hp cina seperti xiaomi, karena sebelumnya saya menggunakan zenfone C disisi layar kurang kuat karena tidak terkena apa2 layar pecah sendiri, dan yg membuat saya ningung lagi saudara saya menyuruh beli redmi 3, terimaksih sebelumnya πŸ™‚

    1. Pak Rizky,

      Saya belum pernah menguji pakai dua ponsel itu. Kalau melihat kebiasaan Samsung, ponsel Samsung Rp 2 jutaan sih biasanya jelek. Jangankan Galaxy J3, Galaxy J5 yang lebih mahal pun untuk ukuran saat ini sudah tergolong buruk kok. Jadi, andaikan harus memilih buta, saya condong ke Redmi 3. Masalahnya, Redmi 3 tak ada yang bergaransi resmi.

      Mau merek lain nggak? Kalau mau, silakan melirik Infinix Note 2 (baterai tahan lama, kamera biasa-biasa saja) atau Hisense Pureshot (baterai tidak terlalu tahan lama, kamera bagus).

    1. Pak Samuel,

      Kualitas finishing dan pembuatan bodinya. Halus atau tidak, terlihat ringkih atau kuat, dll.

  220. pak herry maaf saya ingin bertanya.. kemarin saya bwli hape xiaomi redmi 2 prime kmudian saya masukkan nmer telkomsel dan axis.. tp tdk bsa cek pulsa.. begitu saya pencet *123# yg kluar mlah angka2.. kmudian sinyal nya slalu E.. ada apa dgn hp saya ya pak? trimakasih

    1. Pak Agus,

      Tak tahu. Saya belum berminat mencoba Redmi 3 karena belum ada yang bergaransi resmi. Zenfone 2 Laser sih layak beli.

  221. Pak mau minta masukannya xiaomi redmi note 3, infinix zero 3 atau ada saran lain dengan budget 3 juta, kemudian untuk garansi resminya dr xiaomi dan infinix apa yah pak, trimakasih…

    1. Bu Niar,

      Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai, silakan melirik Redmi Note 3. Kalau Anda menomorsatukan kamera, Zero 3 lebih tepat dibeli.

      Xiaomi bergaransi resmi Xiaomi Indonesia diimpor oleh Erajaya, sedangkan Infinix bergaransi resmi Infinix Indonesia diimpor oleh Bintang Cemerlang.

  222. Ko herry,
    Mau tanya donk..
    Untuk 4G dari xiaomi redmi 3 dan redmi 3pro,
    Udah bagus belum yah?
    Alnya da yg bilang 4G’nya bisa dipakai,asalkan OS’nya ga di upgarade..
    Benar kah??

    1. Pak Shaman,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba keduanya dengan alasan belum ada yang bergaransi resmi.

  223. Pak Herry,

    saya berniat ingin membeli Xiaomi Redmi3 tapi saya berpikir lagi karena baterai yang non removable dan juga belom ada garansi resminya. Saya memilih xiaomi redmi 3 karena sudah 4G, kamera depan bagus, baterainya yang mencapai 4100mAH, dan desainnya yang elegan namun harga nya terjangkau.

    apakah bapak ada rekomendasi hp lain yang memiliki spesifikasi seperti xiaomi redmi3 dan harga terjangkau?

  224. Saya punya asus zenfone selfie, kurang puas dgn performa batre yg cepet ngedrop, saya mau tukar tambah, ada saran hp yg recommended gk pak? Nambahnya biar gk banyak juga, paling sejuta thanx!

    1. Pak Arie,

      Maksudnya cari yang baterai tahan lama ya? Silakan melirik Asus Zenfone Max. Baterai lebih awet, tetapi kegegasannya di bawah Zenfone Selfie.

  225. Bagaimana dg zte a711? Speknya bagus, tp dr review yg saya lihat d lazada, banyak keluhannya, mohon bantuannya

    1. Pak Arie,

      Tak tahu. Saya belum pernah coba. Benar, beberapa teman yang sempat beli ponsel itu semuanya mengeluh. Nggak stabil, nggak enak, dll. Rata-rata mereka menjualnya dalam hitungan hari. Bahkan, ada satu teman yang menjualnya dalam hitungan jam.

    1. Pak Lutfi,

      Mestinya sih Redmi 3. Masalahnya, ponsel itu tanpa garansi resmi.

      Namun, kalau ini saya lebih memilih Redmi 3 tanpa garansi resmi daripada dua ponsel bergaransi resmi lain yang Anda sebutkan deh.

    1. Pak Lutfi,

      Kalau saya sih tidak memilih semuanya. Lha pilihannya sama-sama nggak asyik:
      * Barang menarik, tetapi tanpa garansi resmi.
      * Barang jelek, tetapi bergaransi resmi.

      He… he… he….

  226. pak herry,mohon sarannya. saya mencari hp layar besar, lebih dari 5 inchi, rom minimal 3 gb, memori internal minimal 32 gb, layar relatif tahan terhadap benturan, harga 3 jutaan.
    hp apa yg kira2 cocok y pak?
    trims.

  227. saya baru membeli xiaomi Mi4 dengan garansi bless baru sebulan. tetapi ketika saya menutup tutup simcardnya kebalik jadinya nggak bisa tercabut kembali. apabila saya ke tempat servis ke distributornya dikenakan biaya pengerjaannya atau tidak? terimakasih

    1. Pak Galuh,

      Tergantung niat baik si distributor. Kejadian itu sebenarnya bisa dianggap sebagai misused alias kerusakan karena kesalahan pengguna.

      1. Maaf bertanya lagi pak, jika dibandingkn dg zenfone max dan asus zenfone laser 2 ze601kl, lebih bagus mana pak? Trims

        1. Bu Wenny,

          Kalau dikaitkan dengan kriteria yang sebelumnya Anda sebutkan, saya tetap menyarankan Anda membeli Lenovo Vibe P1 Turbo.

  228. Pak Herry,jika sya bli xiao mi di hongkong,aman ga ya..?apa bsa dipakai di Indo..trus soal garansi nya gmna ya?soalnya saudara lg ada di hongkong,sya mau nitip bli..ktnya di hongkong lbh murah..tp agak was2 jg sih,tkut xiao mi plsu..hehe..
    gmna ya saran pak herry..? Trima ksh pak…

    1. Bu Ria,

      Xiao Mi atau Xiaomi? Kalau Xiaomi dan beli di pedagang tepercaya, mestinya sih ya tak masalah. Asalkan spesifikasi teknisnya sesuai, bisa digunakan di Indonesia.

      Garansi? Ya tidak ada garansinya. Anda tak bisa melakukan klaim garansi di Indonesia.

  229. saya baru beli xiaomi redmi 3 baru 3 minggu udah mati total πŸ™ kecewa banget sm xiaomi.. nyesel beralih dari Samsung ke xiaomi.. n ribet kata conternya claim.y di kirim ke jakarta n gk ada kepastian kapan slseinya tuh hape yg lg di service πŸ™

    1. Pak/Bu Nha_akarui,

      Redmi 3? Berarti tanpa garansi resmi kan. Ya begitulah risiko membeli ponsel tanpa garansi resmi.

  230. Pakk. Saya mau tanya apa xiaomi red mi note 3 sudah bergaransi resmi di seluruh indonesia terutama wilayah pekanbaru ? Terimakasih pak
    Dan menurut bapak bagaimana tentang xiaomi red mi note 3 itu?

  231. pak herry yg baik saya mau mengjukan beberapa pertanyaan semoga bpk sudi menjawabnya diantranya redmi 3s apa sampai saat ini tdk ada garansi resminya? sy baru beli didalam kardusnya ada garansi b- cell. sampai saat ini sy puas dengan redmi 3 kamera jernih, sudah ada fringerprintnya dan yg sy paling suka batterinya awet . dan mohon informasinya cara membdakan ( cek) xiaomi asli dgn palsu. seblumnya termakasih atas jawabanya.

    1. Pak Juwaini,

      Ya, Redmi 3S dan Redmi 3 belum ada yang bergaransi resmi.

      Karena belum pernah menguji pakai ponsel itu, plus belum pernah melihat unit yang palsu, saya belum bisa memberikan tip untuk menjawab pertanyaan terakhir Anda.

  232. Pak mau tanya nih…
    kalau xiaomi mi4i sudah dilengkapi infrared/remot seperti redmi 3….? mohon penjelasannya…thanks

  233. Pak Herry,
    mau tanya lagi nih…
    apakah xiaomi redmi 3 4G nya gk bisa diunclok dan apa saja resiko kalau beli xiaomi redmi 3 bergaransi distributor….thnks

    1. Pak Anggi,

      Mestinya bisa.

      Risikonya beragam:
      1. Dapat ponsel replika.
      2. Aksesori yang diperoleh palsu.
      3. Unit yang didapatkan ternyata barang bekas yang disulap jadi baru.
      4. Spesifikasinya tidak sesuai dengan kondisi jaringan di Indonesia.
      5. Sistem operasi yang digunakan mengandung banyak “pengganggu”.
      6. Layanan purna jual tidak jelas.

  234. Pak Herry,
    apakah xiaomi redmi 3 4G nya gak bisa diunclok untuk selamanya……..dan apa saja resiko lalau membeli xiaomi redmi 3 tidak bergaransi resmi….thnks

    1. Pak Dani,

      Apakah Anda orang yang sama dengan Anggi di atas? Pertanyaannya sama persis. Silakan cek jawaban tepat satu pertanyaan di atas ini.

  235. mas heri saya mau tanya bbrp minggu yg lalu saya membeli hape second xiaomi redmi 2 prime kemudian waktu saya cek pulsa yang keluar malah angka2 banyak angka..kmudian sinyal nya slalu e.. kalo saya pernah cek google katanya itu hp tdscdma apabila saya benar apakah ada saran untuk membetylkan hp saya.. saya sudah ke bbrp konterdan mreka tidak mengerti perihal hape xiaomi… terimakasih sebelum nya

    1. Bu Sarah,

      Apakah Anda membeli Redmi 2 Prime tanpa garansi resmi? Kalau iya dan benar TD-SCDMA, maaf, Anda tidak beruntung. Anda hanya bisa menikmati koneksi internet GPRS/EDGE. Tak ada hal lain yang bisa dilakukan selain membeli ponsel baru.

  236. Dari xiaomi saya melirik redmi note 3 pro dan infinix zero 3..
    Gimana menurut koko??
    Tolong sedikit petunjuknya..

    1. Pak Sharman,

      Kuncinya begini:
      * Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai, pilih Redmi Note 3.
      * Kalau Anda mengutamakan kinerja kamera, pilih Zero 3.

  237. Pagi pak, saya mau minta saran pak. Saya ingin beli hp. Tp saya masih dibingungkan antara xiaomi redmi note 3 dengan asus ze550kl. Mohon panduanya pak karena saya masih pemula untuk merk tsb.
    Dan apakah redmi note3 sudah bergaransi resmi di daerah pekalongan/jawa tengah? Terimakasih sebelumnya.

    1. Bu Elok,

      Saya belum pernah mencoba ZE550KL. Yang pernah saya coba ZE500KG dan ZE500KL. Kesimpulan saya, dua ponsel itu layak beli. Nah, ZE550KL minimal memiliki kinerja sama dengan dua ponsel tersebut.

      Karena Redmi Note 3 fitur 4G-nya dimatikan, saran saya, lebih baik membeli ZE550KL. Harga lebih murah dan sudah bisa 4G LTE.

      Kalau tetap ingin membeli Redmi Note 3 bergaransi resmi, paling mudah carilah di gerai Erafone.

  238. Pak herry saya mau tanya
    Xiomi redmi not 3 pro garansi yang bagus apa. ?
    TAM di dosbook apa kah xiominya bagus

    1. Pak Shaman,

      Lah… Anda ini mau beli mesin atau ponsel? πŸ™‚

      Mesin sih imbang. Tinggal lihat titik berat Anda di fitur apa.

  239. Ponsel’lah ko..
    Hehehehe..

    Oya ko,
    1 lg pertanyaan tentang infinix zero 3,
    Denger”, katanya 4G’nya blm bisa di pakai maximal ya ko??
    Di daerah saya masi jarang da yg jual jg yg pakai brand infinix. Jd saya sdikit bingung klo mau ngtest kmampuan hp itu.
    Klo xiaomi,ada tmn yg pkai,tp.. bkn redmi note 3 pro..
    Tp saya ckup puaslah dgn review tntang plus minus dr tmn saya itu..

    1. Pak Shaman,

      4G-nya belum bisa dipakai maksimal? Nggak kok. Fitur 4G LTE di Zero 3 dapat digunakan dengan baik.

      Jalur penjualan resmi Infinix sampai saat ini hanya online via Lazada. Jadi, wajar kalau Anda jarang menemukannya di toko-toko ponsel di daerah Anda.

  240. Oya ko..
    Tanya lagi..
    Apa benar untuk 4G’nya infinix zero 3,blm bisa dipakai maximal di indonesia ya?
    Alnya di daerah saya masih jarang yg pakai,jd tentang gimana”nya saya kurang tau..

    1. Pak Arie,

      Di kota-kota besar sudah bisa dibilang sebagai mitos. Kalau di kota=kota kecil masih bisa dikategorikan fakta.

    1. Pak Estu,

      Mi 5 belum beredar resmi di sini. Nah, distributor TAM yang Anda sebutkan itu kepanjangannya apa ya?

    1. Pak Estu,

      Wah, kalau Teletama Artha Mandiri, pasti nggak benar deh. Boleh tahu penjualnya ada di mana? Kalau online, minta tautan iklannya dong.

  241. Selamat mlm Ko Herry gini saya mau tanya garansi resmi xiaomi itu apa aj? Soalnya kn saya mau ambil xiaomi redmi 3pro ni
    Dan menurut Ko Herry garansi paling baik apa ya antara platinum,tam,wii,wni?

    1. Pak Afen Cung,

      Ponsel Xiaomi bergaransi resmi hanya diimpor oleh Trikomsel (tipe-tipe baru sudah tidak terlibat lagi) dan Erajaya (sejak awal sampai sekarang masih terlibat). Untuk mengenalinya, perhatikan saja nama importir yang tercetak di sisi belakang kardus.

      Platinum, WII, dan WNI (ada ya? Saya malahan baru dengar) pasti bukan resmi. Jangan dibeli.

  242. Pak Herry,
    Kalo Xiaomi Redmi Note 2 dan Redmi Note 2 Prime sudah ada yg bergaransi resmi blm?
    Kalo ada, utk pembelian online bagusnya disitus apa?
    Mohon bantuannya.
    Trims.

    1. Pak Anggun,

      Maaf karena respons saya lama. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota.

      Tidak ada dan memang takkan ada. Jangan beli.

  243. Maaf pak hery,
    Saya mau beli xiomi redmi 3s apakah itu termsuk ponsel bagus ya . Karena spek dan harga nya jga udh bagus .

    1. Bu Heni,

      Maaf karena respons saya lama. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota.

      Saya malahan baru tahu kalau ada ponsel bermerek Xiomi. Kalau yang Anda maksud ternyata Xiaomi Redmi 3s, jangan dibeli deh. Itu pasti tanpa garansi resmi.

  244. Pak saya mau nanya

    Saya kalau mau beli ho xiaomi di distributor TAM langsung bisa ga ?

    Alamat distributor TAM di jogja dimana ya koh ?

    1. Pak Jack Ok,

      Yang dimaksud dengan “ho” itu apa ya? Anda tak bisa membeli ponsel Xiaomi langsung di distributornya. Kecuali, Anda membeli puluhan unit sekaligus.

      Tak tahu.

  245. Permisi,
    rencana saya mw beli hp, saya tertarik dengan spesifikasi redmi3 atau note 3,yg pasti RAM 2GB. Keseharian hp untuk jualan online, dengan aplikasi shopee dan beberapa aplikasi lainnya. dan untuk penyimpanan gambar2 yg buanyak bangettt, untuk tracking expedisi juga.tp kok denger2 hp xiaomi yg saya taksir banyak yg bermasalah.apalagi service center semua berpusat di jakarta,sedangkan saya di semarang.

    minta sarannya, kalo hp yg sepertinya sesuai budget max 2jt kebawah. mungkin yg ram 2 gb, yg dpt memenuhi kebutuhan saya. merk apa ya?
    trims

    1. Bu Fina,

      Karena Anda menyebutkan Redmi 3, Redmi Note 3, dan anggaran maksimal Rp 2 juta, saya yakin yang akan Anda beli itu adalah ponsel tanpa garansi resmi. Saran saya, jangan melanjutkan rencana tersebut.

      Membeli ponsel tanpa garansi resmi mengandung banyak risiko. Di antaranya:
      1. Spesifikasinya belum tentu sesuai dengan kondisi di Indonesia.
      2. Sistem operasi yang ditanamkan belum tentu stabil.
      3. Barang yang didapatkan belum tentu benar-benar baru.
      4. Aksesori yang disertakan belum pasti orisinal.
      5. Layanan purna jualnya tidak jelas.

      Dengan memperhatikan kriteria pencarian Anda, saya merekomendasikan Anda membeli Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL atau Hisense Pureshot. Harganya sama, Rp 1,799 juta.

  246. Pak saya mau nanya, kemarin saya membeli xiaomi Redmi 3 pro karena nyari yg Redmi 4 belum ada.. tp ternyata pas dipakek memang sedikit kecewa sama kualitas kamera, meski speknya memang bagus. Nah untuk perbandingan sendiri bagus mana xiaomi redmi 3 pro sama coolpad sky 3?
    apakah kualitas coolpad juga bagus dan tahan lama?
    mohon jawabannya

    1. Pak Noven,

      Belum tahu. Sebab, saya belum menguji pakai Redmi 3 Pro (di sini beredar resmi dengan nama Redmi 3 Prime) maupun Sky 3.

      Coolpad bukan merek kelas teri. Kualitasnya (bukan kinerja) mestinya cukup bagus. Yang jadi masalah, Coolpad merupakan salah satu merek yang nakal. Ponsel 4G diimpor sebagai ponsel 3G, lalu dijual sebagai ponsel 4G LTE.

  247. Pak Herry mau tanya., kalo dibandingkan lebih bagus mana Lenovo P70 dengan Xiaomi redmi 3 Pro menurut kualitas kamera, performa, garansi, dll menurut pak Herry, karena saya lagi bingung mau beli Lenovo P70 atau Xiaomi redmi 3 Pro, karena budget yang ada segitu, hehee..
    makasih sebelumnya..

    1. Pak Farid,

      Soal kamera dan performa, saya belum bisa menjawabnya sekarang. Silakan menanyakannya lagi sekitar 25 September 2016 ya, Pak.

      Kalau soal garansi, saat ini sih relatif imbang.

  248. Ko,mau nanya.budget 2 jt.dapet hp apa yang kameranya hasilnya bagus.sebelumnya make lenovo vibe K5 plus.kameranya kurng bagus hsilnya walaupun sudah 13mp

    1. Bu Manda,

      Hasil jepretan kamera Vibe K5 Plus memang kurang bagus. Saya sudah menyebutkannya saat me-review ponsel itu.

      Dengan anggaran Rp 2 juta, silakan melirik Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL atau Hisense Pureshot.

  249. Pak herry, gimana kamera dan performa redmi note 3? Kelemaha apa yg dimiliki?
    Saya berencana beli. Biar mantep.

  250. pak herry mohon maaf saya mau nanya. saya baru beli hp xiaomi redmi 3 pro di erafone. hp tsb bisa mengakses play store tdk ya? dan apakah garansi nya sudah resmi? trims.

    1. Pak Josua,

      Erafone tidak menjual Redmi 3 Pro. Mungkin yang Anda maksud Redmi 3 Prime ya? Ponsel itu bergaransi resmi dan bisa mengakses Play Store.

  251. Permisi, Om. Mau tanya, saya, insya Allah ada budget 2,5 juta. Dari kemarin saya udah jatuh cinta sama Lenovo Vibe K5 Plus, tapi iyasih, saya lihat di review india juga bilangnya kameranya kurang bagus. Saya jadi ragu. Kalau Xiaomi, saya kurang sukanya mengenai garansi resminya yang nggak menyeluruh. Terus, menurut, Om/Pak Herry, saya harus milih apa? Kira kira speknya: RAM minimal 2 GB, ROM minimal 16 GB, kamera minimal 13-5MP, non hybrid, sama suport USB-OTG. Saya juga pernah lihat reviewnya Lenovo Vibe K4 Note, tapi takut budgetnya nggak cukup. Makasih, Om/Pak.

    1. Pak Iksar Khoirunisa,

      Garansi resmi Xiaomi kurang menyeluruh? Maksudnya gimana ya?

      Dengan kriteria seperti itu, silakan membeli Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL atau ZE550KL.

  252. Maksudnya, nggak semua hp Xiaomi di Indonesia itu sudah bergaransi resmi.
    Asus? Saya denger denger, Asus gampang panas baterainya.
    Kalau yang Lenovo Vibe K5 Plus tadi, maksud kameranya jelek gimana ya, Om/Pak? Nggak sesuai sama kamera 13 MP atau gimana?

    1. Pak Iksar Khoirunisa,

      Oh, maksudnya begitu tho. Barang tanpa garansi resmi ya jangan disamakan dengan barang bergaransi resmi. Asalkan beli Xiaomi yang bergaransi resmi kan tak masalah tho.

      Asus gampang panas? Benar. Namun, itu ponsel Asus keluaran lama. Yang keluaran baru sudah tidak mudah panas.

      Soal Vibe K5 Plus, kameranya beneran 13 megapiksel kok. Namun, hasil fotonya kurang mantap.

  253. o iya pak, sebenarnya saya suka dgn spek2 yg ditawarkan oleh xiaomi, hardware nya emng ok, but saya tidak suka OS Miui nya,sering cepet panas kalo buat main game,

  254. pak herry sw.. sya lihat di lazada n blibli.com ada hp xiaomi redmi 3x dan redmi note 4. apakah 2 ponsel itu bergaransi resmi pak ??
    dan apakah layanan 4g nya bisa dipakek di medan menggunakan Telkomsel 4g??

  255. Pak Herry SW,

    Saya mau bertanya 3 pertanyaan.
    1. Apakah perbedaan xiaomi redmi 3, xiaomi redmi 3s, dan xiaomi redmi 3s plus? Kelebihanya?
    2. Apakah dari ketiga smartphone ini (point 1.), ada yang menggunakan sim CDMA? Karena saya lihat ada tulisan spek GSM/CDMA pada redmi 3s?
    3. Lebih baik mana xiaomi redmi mi 4i ataukah redmi 3s?

    Terimakasih sebelumnya…

    1. Pak Anto,

      1. Redmi 3 dengan Redmi 3s berbeda di spesifikasi prosesor. Redmi 3s Plus seperti Redmi 3s, tetapi memori internal lebih besar dan dibekali sensor sidik jari. Kalau Anda menemukan tiga ponsel itu di Indonesia, statusnya pasti tanpa garansi resmi. Jangan dibeli.

      2. Yang ada varian CDMA-nya, setahu saya, Redmi 3. Bukan Redmi 3s.

      3. Tak tahu. Saya belum pernah dan memang tidak tertarik mencoba Redmi 3s. Sebab, ponsel itu tanpa garansi resmi.

  256. om,xiaomi note 2 udah ada garansi resminya belum?
    xiaomi itu awet ga sih? cepet rusak ga? gampang hang ga? ceper panas ga hp nya?
    mau beli tapi ragu nih,denger denger si,kalo hp xiaomi rusak,benerinnya susah,bener ga si om?
    maaf bertanya terlalu banyak,terimakasih sudah menjawab πŸ™‚

    1. Bu Fitri Fajariah,

      Belum ada ponsel Xiaomi dengan nama itu deh.

      Asalkan ponsel Xiaomi yang dibeli bergaransi resmi, aneka kekhawatiran dan keraguan di atas boleh diabaikan. Sebaliknya, kalau Anda membeli yang tanpa garansi resmi, ya siap-siap saja kecewa deh.

  257. Om numpang tanya hp saya . Xiaomi redmi 3 pro habis batrai . Saya charge sampe penuh dalam kondisi mati . Tetapi pas saya hidupkan hpnya cuman muncul background hitam tulisan MI mi.com loading awal mulu . Gimana om cara mengatasinya ? Terima kasih

  258. permisi saya mau nanya nihh…
    saya penggen membeli xiaomi redmi pro,, tetapi belum di rilis di indonesia..lalu saya baca berita kapan keluarnya xiaomi tersebut ketika ponsel tersebut sudah dirilis di tiongkok dan sekitar 1 bulan dari rilisan tersebut barulah ada ponsel xiaomi redmi pro tersebut, ponsel xiaomi sudah dirilis di tiongkok pada 11/10/2016 saya baca berita xiaomi.. dan juga mengenai harga saya ingin tau berapa harga xiaomi redmi pro setelah di rilis di indonesia (harga resmi 4jt) apakah akan naik..jikalau iya berarti berapa harga ponsel tersebut..
    sya juga ingin bertanya apakah ponsel xiaomi sering mengalami masalah pada sistemnya..
    mohon jawabannya…

    1. Pak Al Muttaqin,

      Harga jual di luar Tiongkok, termasuk Indonesia, pasti lebih tinggi.

      Asalkan ponsel Xiaomi yang Anda beli bergaransi resmi, biasanya baik-baik saja. Namun, kalau tanpa garansi resmi, siap-siap saja deh. πŸ™‚

  259. Pak Heru ,setiap kwartal terbit xiaomi , sampai kini ada beberapa seri a.l : xiaomi Mi4S ,xiaomi redmi pro, xiaomi 3 prime , xiaomi redmi note 4 , xiaomi Mi5S dsb.dsb. Saya berasumsi bahwa xiaomi yg terakhir bergaransi resmi masuk ke indonesia adalah xiaomi redmi note 3 . yang lainnya tidak . Jadi saya pikir , percuma saya mengharapkan salah satu dari xiaomi yg saya sebut diatas , mislakan xiaomi Mi5S , karena untuk y.a.d xiaomi tidak akan pernah memenuhi persyaratan TKD. Apakah saya benar ?

    trims

  260. Maaf, pertanyaan non teknis pak Herry,
    Katanya ngantongin HP di saku celana gak baik untuk kesehatan karena ada radiasi. Betulkah ?

    1. Pak Dwi,

      Untuk aspek kesehatan begini, saya tak berani jawab karena tidak memiliki kompetensi di bidang itu. Masalahnya, kalau nggak boleh dikantongi di saku celana, trus di mana dong.

  261. Assalam..

    Pak Herry, saya mau tanya mengenai “Xiaomi Redmi Note 3” yang saya beli kemarin.

    kelemahan/ proses sperti apa yang harus dihindari dari redmi note 3, krena berhubung mengenai batrrai yg “ditanam”.

    juga rekomendasi sperti apa uang kiranya pak heri bisa berikan ke saya mengenai redmi note 3 tsb.

    Terima Kasih sebelumnya, Wassalam..

    1. Pak Fandy,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Tak ada tip khusus sih. Saya hanya menyarankan Anda memadamkan total ponsel saat mengisi ulang baterai ponsel tersebut.

  262. Pak, saya mau tanya kualitas samsung galaxy j5 2016 bagus tidak? Kalau tidak bagus saya minta alasannya. Karena saya mau beli hp tapi masih bingung dan takut kualitasnya jelek. Terimakasih

    1. Bu Nisa Khoerunisa,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Saya belum pernah mencoba Galaxy J5 2016. Menurut saya, jangan berharap ponsel Samsung seri J bagus deh. Dengan dana yang tersedia, mending beli ponsel lain. Ponsel Samsung yang bagus hanya seri S dan Note.

    1. Pak Onya,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Oppo silakan langsung dicoret.

      Xiaomi Note 3 Pro? Tidak ada ponsel Xiaomi bernama tersebut.

    1. Pak Ahmad Yahya,

      Xiami Resmi 3? Hmm… saya belum tahu mengenai ponsel tersebut.

      Lenovo Lemon 3 beredar resmi di Indonesia dengan nama Lenovo Vibe K5 Plus. Kalau Anda membutuhkan ponsel yang gegas, enak digenggam, dan kameranya boleh tidak bagus, Vibe K5 Plus boleh dibeli.

  263. Selamat sore pak Herry S.W,Ponsel Xiaomi type apa saja yang bergaransi resmi yang ada di Erafone Galaxy Mal,Surabaya?
    Terima kasih

    1. Pak Zulfikar,

      Wah, saya tidak bisa mengecek stok di sana dari jarak jauh. Mestinya sih Mi 4i, Redmi Note 3, dan Redmi 3 Prime.

  264. Pak Herry nanya dong, mending hp Samsung J3 2016 apa hp Xiaomi Redmi 3S? diliat dari speknya si bagus Xiaomi, tapi agak ragu juga pas Googling itu produk cina dan ternyata battery unremovable?
    menurut pak Herry gimana? Thanks

    1. Bu Ikaa,

      Samsung selain seri S dan Note itu jelek lho. Jangan deh.

      Redmi 3S pasti tanpa garansi resmi. Silakan dicoret juga.

  265. Selamat pagi pak Herry,saya mau nanya lagi.Xiaomi 4A,Standart edition dan Pro edition itu apa masuk ke Indonesia?kalau masuk kira-kira kapan ya pak?
    Terima kasih

  266. Hallo pak selamat malam maaf mengganggu , saya Mau beli hp cuma bingung nih pilih Oppo f1s , J5 2016 , dan xiomi redmi note 3 pro yg distributor , menurut bpk. Mending yg mana yaa ??? tolong dijawab trimakasi πŸ™‚

    1. Pak Anzani,

      Oppo silakan langsung coret.

      Galaxy J5 (2016) saya belum pernah coba. Ponsel Samsung selain seri S dan Note sih biasanya jelek.

      Xiomi Redmi Note 3 Pro? Mungkin yang Anda maksud Xiaomi Redmi Note 3 Pro ya? Kalau tanpa garansi resmi, mending jangan beli deh.

    1. Pak Prayugo,

      Ada berbagai tipe, Pak. Yang saat ini masih tersedia di pasar:
      * Mi 4i
      * Redmi Note 3 (pedagang seringkali menyebutnya Redmi Note 3 Pro/Prime)
      * Redmi 3 Prime

  267. Pak herry mo tanya’ kenapa harga xiaomi yang dijual di toko online jauh lebih murah ketimbang di counter hp daerah saya (jombang)? misal xiaomi redmi 3S di toko online skitar 1.5 an tp di counter hp yang terkenal murah di kota saya harga masih di atas 2jt?

    thx pak Herry & salam kenal

    1. Pak Gopur,

      Persaingan toko online ketat dan pembeli dengan mudah dapat membandingkan harga. Jadi, harga yang dipasang harus benar-benar menarik. Toko online biasanya juga tak dibebani biaya sewa toko, membayar gaji karyawan, dll.

  268. pak mau nanya tentang:
    kalau dilihat dari segi keawetan lebih bagus mana antara lenovo k 10 dengan xiaomi redmi 2 prime?
    tolong masukannya,

  269. pak,saya mau tanya :
    apakah hp xiaomi redmi 4, xiaomi redmi 4 A, dan xiaomi redmi 4 prime kapan dirilis di Indonesia?
    dan kalau sudah dirilis, mana yang sudah bergaransi resmi?

  270. Pak, saya mau tanya mengenai Xiaomi Mi Max apa sudah bergaransi resmi?

    Jika belum Xiaomi Mi Max belum bergaransi resmi, mohon sarannya handphone merk apa dan type apa yang setara dengan Xiaomi Mi Max.

    Thanks

  271. Salam kenal Pak Herry,

    Ada yang mau saya tanya ke Pak Herry, saya rencana mau beli Xiaomi Mi 5s di Lazada, harganya sekitar 4,3 jt. Apakah itu xiaomi replika atau bukan? ROM apa yang dipakai? apa saya harus mengupgrade atau apa yg harus saya lakukan dengan xiaomi baru tersebut?

    Terima kasih buat jawaban bapak.

    1. Pak Sie Kiong,

      Replika atau tidaknya tak bisa saya pastikan. Satu hal yang pasti, itu pasti unit tanpa garansi resmi. Sebaiknya jangan dibeli.

  272. salam pak

    saya mo beli xiaomi redmi pro
    rekomendasi garansi distributor xiaomi yang bagus dong pak
    layak dibeli gak xiaomi garansi distributor?

    makasik pak herry.

  273. Dan saya penasaran dengan produk sony contoh nya seri e4 dual . Kenapa dengan harga mahal tapi dengan spek biasa. Berbeda dengan produk samsung seri J yg murah meriah

  274. Pak apakah Xiaomi Redmi Note 3 Pro Sudah Beredar Resmi Di Indonesia?….. saya tertarika banget pada smartphone tersebut

    1. Pak Hijir Ismail,

      Sudah. Di Indonesia beredar resmi dengan nama Xiaomi Redmi Note 3. Silakan mencarinya di gerai Erafone.

    1. Pak Hijir Ismail,

      Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai: Redmi Note 3 Pro (di Indonesia beredar resmi dengan nama Redmi Note 3).
      Kalau Anda mengutamakan kemampuan 4G LTE: Hot S.

      Kinerja kamera dua ponsel itu sama-sama kurang bagus.

  275. Tapi untuk ketahanan infinix hot s dengan xiaomi redmi note 3 pro…..Tahan yang mana ya pak?

    Dan juga untuk kamera bagusan mana diantaranya?

    1. Pak Hijir Ismail,

      Tak tahu. Ketahanannya terhadap benturan atau tekanan tidak pernah saya uji.

      Kameranya sama-sama kurang bagus.

  276. Kang saya kan punya huawei gr3, tadinya mau saya tuker sama redmi note 3 pro atau redmi 3 S pro, krn speknya bagus kan si xiaomi itu, tp bnyak org yg menyayangkan kang, katanya mending huawei. Gmn pendapat akang herry

    1. Pak Anwar,

      Jangan ambil Redmi 3S Pro karena pasti tanpa garansi resmi.

      Redmi Note 3 Pro di sini beredar resmi dengan nama Redmi Note 3. Kalau Anda ingin mencari ponsel dengan daya tahan baterai lebih lama, Anda layak beralih dari GR3 ke Redmi Note 3.

  277. Pak Herry saya ingin bertanya , apa benar pihak Xiaomi mengirim data pengguna secara diam diam ke server di China tanpa persetujuan pengguna

    1. Pak Raffie Ajja,

      Peluang itu selalu terbuka, bukan hanya di merek Xiaomi. Lha Anda pakai email Gmail saja pasti ada data tertentu terkait kebiasaan Anda yang dipantau oleh Google kok.

  278. mas dari segi kualitas infinix dengan xiaomi lebih baik mana? setelah di pertimbangkan saya jadi ragu untuk membeli xiaomi jadinya…

    1. Pak Ibnu,

      Secara umum relatif imbang. Khusus build quality secara fisik, saya menilai Xiaomi menang tipis.

      Masalahnya, karena terkendala TKDN, banyak ponsel Xiaomi yang tidak dijual resmi di sini. Yang dijual resmi pun fitur 4G LTE-nya dimatikan. Yang banyak beredar malahan ponsel Xiaomi tanpa garansi resmi yang sebaiknya tidak Anda beli.

  279. Pak Hijir bertanya : ” Pak Untuk Xiaoki Redmi Note 3 Snapdragon resmi ini dijual di toko online apa ? ” pertanyaan ini dapat respon lengkap. Sy agak heran , karena biasanya suka dapat jawaban yg nadanya melecehkan . Padahal kita sebagai Penanya kadang2 salah dalam mengetik , ini seharusnya bisa dimaklumi. Akhirnya apa yg di dapat ? Buang waktu dari semua fihak.

    Kami sebagai public interest , mohon dilayani yg sewajarnya aja oleh nara sumber.
    Terimakasih

    1. Pak Flohmark,

      Justru saya ingin mengajak penanya untuk mengetikkan nama dan tipe suatu ponsel secara akurat.