Xiaomi Mi 6 Meluncur, Inilah Cerita Langsung dari Beijing

Xiaomi Mi 6 kemarin (19/4) resmi diluncurkan di Beijing, Tiongkok. Ia menjadi ponsel merek Tiongkok pertama yang memanfaatkan prosesor Qualcomm Snapdragon 835. Dengan RAM 6 GB, ROM minimal 64 GB, kamera ganda, dan sederet kemampuan lain, ponsel itu dibanderol mulai RMB 2.499 saja. Kalau dirupiahkan, berarti tak sampai Rp 5 juta. Wow!

Bersama dengan sekitar 20 jurnalis dari berbagai negara, penulis alias HSW hadir langsung di lokasi acara. Inilah cerita singkatnya, lengkap dengan foto-foto yang seluruhnya dijepret menggunakan kamera ponsel.

Tiba di lokasi sekitar satu jam sebelum acara dimulai, HSW disambut dengan antrean panjang Mi Fans yang akan mengikuti acara peluncuran.

Sebelum masuk, Mi Fans dan jurnalis mesti melewati pemeriksaan detektor logam. Berikutnya, melakukan registrasi di meja yang disediakan.

HSW ikut melakukan registrasi dan mendapatkan gelang berwarna kuning yang harus dipasangkan di lengan. Plus, potongan kertas tebal yang tak boleh hilang. Sebab, di “tiket” itu tertera area tempat duduk. Seusai acara, “tiket” tersebut berfungsi sebagai kupon yang dapat ditukarkan dengan suvenir.

Memasuki ruangan acara. Awalnya masih banyak kursi kosong. Makin lama makin penuh.

Naiknya Lei Jun, founder dan CEO Xiaomi, ke panggung menjadi penanda bahwa acara dimulai.

Ia memulai presentasi dengan menceritakan perkembangan Xiaomi. Di India, katanya, Xiaomi termasuk merek yang digemari konsumen. Indonesia tak boleh kalah dong. #mending Xiaomi

Inilah negara-negara yang dianggap Xiaomi sebagai pasar penting. Indonesia jelas-jelas disebutkan oleh Lei Jun tuh.

Dan… inilah yang ditunggu-tunggu. Lei Jun resmi memperkenalkan Xiaomi Mi 6. Berbeda dengan rumor yang sempat beredar, hingga acara selesai tak ada varian Mi 6 Plus.

Mi 6 memanfaatkan prosesor Snapdragon 835.

Snapdragon 835 merupakan mobile platform pertama dengan proses manufaktur 10 nm. Ukurannya mungil, tetapi hemat daya dan memiliki sederet kelebihan. Paparan lebih detail tentang Snapdragon 835 bisa dibaca di tautan ini.Β 

Sebagian orang sangat mendewakan skor benchmark.Β Skor Antutu Mi 6 lebih tinggi daripada Samsung Galaxy S8, Huawei P10, dan Oppo R9s.

Skor GFXBench yang berkorelasi dengan kinerja GPU juga lebih tinggi ketimbang Apple iPhone 7 dan Huawei P10.

Mi 6 dibekali RAM 6 GB. Tak ada varian dengan RAM 4 GB seperti yang sempat diisukan.

Kamera ganda dengan optical zoom 2x. Kedua kamera itu beresolusi 12 megapiksel.

Mi 6 “reguler” tersedia dalam tiga pilihan warna: hitam, biru, dan putih.

Bentang layar Mi 6 sebesar 5,15 inci. Permukaan layarnya melengkung 3D di keempat sisi. Rangka ponsel berbahan stainless steel.

Percikan air bukan hal menakutkan untuk Mi 6. Pasalnya, ponsel itu tergolong splash resistant. Namun, jangan coba-coba merendamnya di kolam renang ya.

Mi 6 dibekali baterai tanam berkapasitas 3.350 mAh. Lebih besar dibandingkan beberapa ponsel flagship lain.

Selain tiga warna reguler, tersedia Mi 6 warna spesial. Salah satunya, perak alias silver. Pengguna Mi 6 silver tak perlu membawa cermin lagi deh.

Ada pula Mi 6 ceramic. Permukaan ponsel itu mirip dengan Mi MIX yang diperkenalkan tahun lalu.

Berapakah harga Mi 6? Kurang afdol bila langsung disebutkan. Idealnya Anda sedikit mengetahui hubungan antara komponen yang digunakan dan harga jual.

Ponsel lain memakai prosesor Snapdragon 625, sedangkan Mi 6 menggunakan Snapdragon 835. Perbedaan harga dua prosesor itu sangat signifikan. Bisa mencapai 310 persen.

RAM 6 GB lebih mahal sekitar 56 persen dibandingkan RAM 4 GB.

Penerapan kamera berlensa ganda juga mendongkrak ongkos produksi.

Inilah harganya. Mi 6 dengan RAM 6 GB dan ROM 64 GB dibanderol RMB 2.499 atau hampir Rp 5 juta. Terlalu murah?

Varian lain dengan kapasitas RAM sama, tetapi ROM 128 GB dijual RMB 2.899. Mudahnya, bulatkan saja menjadi RMB 2.900, kemudian kalikan Rp 2.000.

Harga Mi 6 ceramic dipatok lebih mahal. Yakni, RMB 2.999 atau gampangnya hampir Rp 6 juta.

Penjualan Mi 6 dimulai 28 April mendatang, baik via jalur daring (online) di Mi.com maupun jalur offline (luring) di gerai Mi Home.

Di akhir presentasinya, Lei Jun mengumumkan setiap undangan mendapatkan dua cenderamata.

Acara selesai. Tamu undangan meninggalkan ruangan. Saatnya bergegas keluar, lalu menjajal demo unitΒ Mi 6 di Experience Zone.

Panggung yang telah ditinggalkan Lei Jun dimanfaatkan Mi Fans untuk berfoto bersama.

Wah, peminat Experience Zone ternyata banyak sekali. Perhatikan antreannya.

Akhirnya bisa memegang dan menjajal Mi 6. Karena berjubel dan antrean panjang, kesempatan mencoba sangat terbatas. Supersingkat.

Warna birunya sungguh memikat mata.

Kalau ini Mi 6 warna putih.

 

62 thoughts to “Xiaomi Mi 6 Meluncur, Inilah Cerita Langsung dari Beijing”

  1. koh pake infinix seri apa itu ya πŸ™‚ ? Ram besar, kapasitas besar. coba kalau baterai min 4000mah, dan layar 5,5 inch… pasti tambah mantab….

    1. Pak Alof,

      Hadir resmi: belum diketahui.
      Hadir tidak resmi alias barang BM: saya perkirakan seminggu sejak penjualan perdana di Tiongkok.

  2. semoga mi indonesia mau rilis resmi mi6 di Indonesia, buktikan omongan kalo Indonesia adalah market penting. wong garansi distributor abal2 yg harga jual kena mark up aja laku keras. jangan mainan seri redmi mulu.

  3. Salam Pak Herry..
    Kalau dari pengalaman pak Herry, jika harga sebuah ponsel yang dipasarkan di China saat ini adalah RMB 2.499 atau sekitar Rp 5jt, apakah nanti saat resmi masuk ke Indonesia harga yang dipakai akan sama? Yaitu sekitar Rp 5 jutaan, ataukah akan ada peningkatan harga?

  4. adakah info2 akan masuk secara resmi ke pasar Indonesia, Pak? Tampilan dan kesesuaian harganya sangat memikat hehe

  5. Mantabh pak herry..
    Foto2 di situs berita *etikcom ada nama pak herry ternyata ambil dari sini toh
    Feel saat dipegang enak ngga pak? Kaya pegang hape apa?

    1. Pak Adi,

      Di sela-sela acara sebagian foto sudah saya kirimkan via WhatsApp kepada rekan Detik.

      Enak. Kayak pegang Huawei P9 gitu deh.

  6. Hi P.Herry

    Yang bp buat review itu infinix brp y pak?
    Kalo infinix terbaru sdah pernah ada review kah ?

    Trima kasih P.Herry

  7. Apakah cuma perasaan saya atau memang foto-foto yg dihasilkan oleh Infinix Zero 4 plus sangat sedap dipandang, atau pencahayaan panggung yg bagus? Ada sebab dong kenapa pak HSW tidak menggunakan kamera Iphone 7 untuk meliput acara ini.
    “Mi 6 dengan RAM 6 GB dan ROM 64 GB dibanderol RMB 2.499 juta atau hampir Rp 5 juta. Terlalu murah?”
    Mungkin maksudnya RMB 2.499 ribu.

    1. Pak Ruslan,

      * Saya memotret menggunakan Infinix Zero 4 Plus. Alasan saya memakai ponsel itu, bukan iPhone 7, karena si Infinix dibekali baterai berkapasitas besar. Jadi, usai memotret saya bisa langsung men-twit-kannya tanpa khawatir kehabisan daya.

      * Terima kasih atas koreksinya. Seharusnya RMB 2.499 saja. Tanpa embel-embel juta atau ribu. Naskah di atas saya ketikkan tengah malam dan sudah dalam kondisi lelah. Jadi, harap maklum ya kalau ada kesalahan ketik. He… he… he….

  8. Halo Ko Herry,

    Kalau Mi6-nya dibawa ke Indonesia, bolehkah saya mampir ke Surabaya dan memvideokan ponselnya buat diunggah ke Youtube? Saya dari Jakarta πŸ™‚

    1. Pak David,

      Asalkan jadwalnya cocok boleh saja sih. Dicoba di tempat lho ya. Nggak boleh dibawa pulang. Ha… ha… ha….

  9. sensor kameranya apa ya koh
    perasaan dulu suka di gembor2in
    mi5 imx298
    mi5s imx378
    mi6 dual cam?
    apakah pakai imx400 sama seperti XZ?

  10. review yang sangat menarik . dan hasil foto2 nya pun ciamik …

    camera phone yang di pake untuk memotret apa ya Pak ? Infinix seri berapa ?

  11. Mau tanya mas heri. Mau tanya, apakah kira kira hp ini akan resmi masuk ke Indonesia? dalam waktu dekat kah? mengingat yg mi5 sj tidak masuk ke Indonesia. tertarik sama harganya hehe

    Oiya, sekalian tanya ya mas. Jika misal saya punya budget 4-5jutaan. Kira kira yg worth to buy apa ya mas?
    kebutuhan utama :
    -Tahan Lama (4-5 Tahun)
    -Baterai Awet
    -Kamera bagus biar gausah beli kamera lagi
    -main game yg wajar wajar saja

    dari minggu lalu sy kesana kemari, sy cenderung infinix zero4 (dari blog ini), atau p9 (papersboy/youtube) dengan asumsi tentu harga nya turun lumayan banyak.

    Sy pernah baca “sesuaikan pembelian dengan kebutuhan” sy ingin memegang prinsip itu mas, jika lebih mahal, ya saya akan nabung. Jika ada yg lebih murah tentu sy lebih senang. maklum anak kos. Info aja hp sy sampe saat ini dari 4 thn lalu masih xperia sp.

    Maaf panjang mas heri. Semoga sukses blog nya! sehat selalu

    1. Pak Komang Adi,

      * Belum bisa dipastikan akan beredar resmi di sini atau tidak. Peluang beredar resmi lebih kecil daripada tidak beredar resmi. Harga jual di sini jangan disamakan dengan di Tiongkok ya. Di sana pasti lebih murah.

      * Belum ada yang sanggup memenuhi semua persyaratan itu.

      Terima kasih.

  12. Pak Herry,
    Unit yang berwarna biru mengingatkan akan Samsung Galaxy S7 Edge warna blue coral, hanya warna biru di Mi6 lebih gelap dan lebih glossy.

  13. Itu kokoh motonya pake infinix seri apa? ?? #gagalfokus infinix zero 3 dualsim hybrid ngga koh? Kalo infinix zero 4+ hybrid lah? Abis di speknya dibilang dualsim, nano sim.. kayak xiaomi, hybrid biasanya ?????

  14. Wah. Ternyata kamera Infinix Zero 4 Plus bagus juga ya. Kalo dibandingkan dengan Asus Zenfone 3, bagus mana ya, Pak? Atau ada saran untuk smartphone dengan harga dan kualitas kamera yg setara?

    1. Pak Yosep,

      Kamera Zenfone 3 masih lebih bagus. Namun, Zero 4 Plus memiliki kelebihan lain di daya tahan baterai dan kecepatan charging.

      Di rentang harga sama, ya pilihannya dua ponsel di atas deh.

  15. pak kenapa tidak ada ram 4gb? -_- padahal saya liat rumor di Instagram ada dan harganya 3,9 apa mungkin nanti keluar varian ram 4gbnya?

    1. Pak Gemblong,

      Hmmm… ini sih yang bisa jawab petinggi Xiaomi. πŸ™‚

      Btw, apakah nama asli Anda benar “Gemblong”? Jujur nih, membaca kata tersebut, saya langsung teringat jajanan kesukaan di masa kecil.

  16. Mau tanya Koh Herry, untuk device mi6 ceramic yg koh dpt lgsung dr tiongkok apakah sudah support jaringan 4g LTE indonesia? mhn jawabannya, terimakasih.

  17. Maaf ko oot, mo tanya apa ada rencana me review tablet dalam waktu dekat ini?
    Atau ada rekomen tablet dibawah 3 jt?

  18. Koh, yg foto tampak belakang mi 6 sy kira difoto pake ponsel Asus, ternyata setelah dilihat lebih jeli lagi ternyata infinix toh..

  19. Halo Pak Herry SW
    saya mau tanya itukan kameranya ada 2, itu fungsinya gimana ya?cara kerja kamera tersebut?apa salah satu kamera stand by, lalu kamera sebelahnya buat jaga2 ambil gambar lagi? ato sekali motret gambarnya bisa dapet 2 gambar?kurang paham saya, mohon di jelaskan ya?

    1. Bu Ariani,

      Satu lensa kamera memiliki sudut normal. Sedangkan satu lensa lagi dikategorikan sebagai lensa tele.

      Fungsinya begini: anggaplah Anda akan memotret orang. Kalau memakai lensa normal, ujung kepala sampai ujung kaki orang itu terlihat. Bila memakai lensa tele, yang terlihat hanya ujung kepala sampai sekitar perut. Di foto yang dihasilkan, orang itu terlihat lebih besar.

  20. Ko, Mi 6 ini ada led notificationnya gak ya?
    terus versi ceramic sama reguler nya “cuma” beda fisiknya aja atau ada beda spec juga?
    Makasih ko πŸ˜‰

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *