Xiaomi Redmi 5A: Dipakai Asyik, Dijual Untung

Ketika menguji pakai ponsel pintar (smartphone) berharga jual kurang dari satu juta rupiah, penulis alias HSW biasanya tak berani mematok harapan berlebih. Asalkan tidak lemot dan baterai bisa bertahan mulai pagi sampai sore, hal itu sudah cukup. Kamera kurang tajam masih dimaklumi. Kualitas bodi pun boleh terlihat kurang mewah dan kukuh.

Xiaomi Redmi 5A yang diluncurkan 20 Desember 2017 dengan harga ritel resmi Rp 999 ribu “merusak standar” tersebut. Ia memberikan hal-hal yang lebih baik daripada yang diharapkan. Menariknya, ponsel itu secara tak sengaja membuka lapangan pekerjaan untuk banyak orang.

Tanpa mencermati spesifikasi teknisnya dulu, ada beberapa hal yang HSW sukai dari ponsel itu. Pertama, dua nomor yang siaga dapat simultan berada di jaringan 4G-3G. Nomor yang dipakai berinternet, tak peduli berada di selot SIM1 atau SIM2, leluasa masuk ke jaringan 4G LTE. Sedangkan satu nomor lainnya masih dapat menduduki jaringan 3G.

Kedua, Redmi 5A dilengkapi inframerah yang berfungsi sebagai pengendali nirkabel jarak jauh (remote control) multiperangkat. Televisi, penyejuk udara (AC), pemutar DVD, dan berbagai peranti elektronik lain dapat dikontrol langsung dari ponsel.

Ketiga, performa kameranya tergolong bagus di kelasnya. Awalnya HSW menyangka kamera Redmi 5A cuma sanggup menunjukkan kalau kartu nano SIM itu mungil. Tidak lebih besar dari ujung jari tangan HSW. Realitanya, kamera Redmi 5A mampu pula menangkap tulisan-tulisan kecil yang tercetak di keping nano SIM.

Keempat, tersedia jalan pintas untuk mengaktifkan dan memadamkan layar tanpa menekan tombol power. Untuk mengaktifkan layar, HSW cukup mengetuk layar dua kali. Sedangkan untuk memadamkan sekaligus mengunci layar, HSW hanya perlu menekan tombol home selama satu detik.

Redmi 5A dibekali layar IPS lima inci beresolusi HD 1.280 x 720 piksel. Meskipun sekilas berbahan logam, sebenarnya bodi ponsel itu terbuat dari plastik/polikarbonat. Di sisi atas ponsel terdapat inframerah dan konektor audio 3,5 milimeter. Tombol volume dan power diletakkan di kanan, sedangkan konektor micro USB berada di bawah ponsel.

Sementara itu, di sisi kiri terlihat ada dua selot. Selot atas siap menampung sekeping nano SIM yang oleh Redmi 5A akan dikenali sebagai SIM2. Sedangkan selot di bawahnya, yang tampak sedikit lebih lebar, dipakai untuk meletakkan satu nano SIM dan satu kartu microSD. Ponsel bakal mengidentifikasi nano SIM itu sebagai SIM1.

Merujuk kepada spesifikasi resmi yang dirilis Xiaomi, Redmi 5A kompatibel dengan 4G LTE band 1, 3, 5, 7, 8, 20, 38, dan 40. Dengan demikian, ponsel Android 7.1.2 Nougat dengan MIUI 9 itu dapat dipakai menikmati layanan 4G LTE aneka operator di Indonesia, termasuk Smartfren.

Dapur pacu ponsel tersebut mengandalkan prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 425 MSM8917 1,4 GHz. Sebagian spesifikasi lainnya, Wi-Fi, GPS, bluetooth, wireless display, RAM 2 GB, dan ROM 16 GB. Ketika ponsel kali pertama diaktifkan, setelah dikurangi sistem operasi dan aplikasi bawaan, memori internal Redmi 5A menyisakan ruang kosong 9,5 GB.

Pengguna juga bakal menjumpai radio FM, kompas, perekam suara, dan perekam layar (screen recorder). Sesuai namanya, perekam layar akan mengabadikan pergerakan tampilan layar ponsel ke dalam sebuah file video. Suara dari speaker internal maupun sekeliling ponsel ikut direkam.

Fitur second space maupun dual apps masih dapat ditemukan di Redmi 5A. Tidak tersedia pemindai sidik jari dan NFC. Ponsel yang mendukung USB On-the-Go (USB OTG) itu dibekali baterai tanam 3.000 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, daya tahannya nyaris selalu menembus 13 jam.

Dua kamera ditanamkan ke ponsel berdimensi fisik 140,4 x 70,1 x 8,35 milimeter dan berat 137 gram itu. Kamera di sisi belakang dilengkapi lampu kilat dan fokus otomatis. Ia dapat memproduksi foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Tersedia mode manual, tetapi yang bisa diubah hanya white balance, ISO, dan kompensasi pencahayaan.

Saatnya membicarakan kamera di sisi muka Redmi 5A. Kamera itu tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat. Kemampuan maksimalnya menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Selama dua minggu, Redmi 5A menjadi ponsel utama HSW. Aktivitas bermedia sosial, WhatsApp, surel alias email, dan bertelepon bisa dilakukan dengan lancar. Tingkat kegegasan ponsel itu lebih tinggi daripada, misalnya, Nokia 5 yang dijual Rp 2,899 juta.

Apakah lancar dipakai memainkan game berat? Terus terang HSW bukan penggemar game dan sangat jarang bermain game. Namun, kali ini HSW sengaja menginstalasikan game Real Racing 3. Sekadar untuk menguji kemampuan Redmi 5A. Hasilnya, game itu sukses dijalankan tanpa tersendat, walaupun tampilan grafisnya tidak sedetail saat dimainkan di ponsel flagship.

Satu catatan kecil dari HSW, notifikasi yang ditampilkan Redmi 5A tampaknya masih mengandung sedikit bug. Salah satu di antaranya, ketika ada pesan masuk ke WhatsApp, jumlah pesan baru tersaji dua baris di layar notifikasi. Bug minor itu mestinya mudah dimusnahkan lewat pembaruan peranti lunak.

Jadi, apakah Redmi 5A layak beli? Jawabannya mudah ditebak. Ponsel itu pantas dibeli oleh pengguna yang baru saja beralih dari feature phone ke smartphone. Seseorang yang sedang mencari ponsel kelas pemula, baik untuk ponsel utama maupun cadangan, patut pula memilikinya.

Membahas harga, nah… ini perlu pemaparan panjang. Di acara peluncuran, harga ritel Redmi 5A ditetapkan Rp 999 ribu. Harga itu hanya berlaku untuk penjualan daring (online) dan luring (offline) di tempat tertentu.

Kalau ingin membeli secara daring, peminat wajib mengikuti penjualan cepat alias flash sale yang dilakukan di Lazada. Jualan rebutan itu telah dilakukan tiga kali: 27 Desember 2017, 3 Januari 2018, dan 10 Januari 2018. Jadwal penjualan berikutnya pada 17 Januari 2018 pukul 11.00.

Hal yang perlu diketahui, calon pembeli saat penjualan cepat jauh lebih banyak daripada stok yang tersedia. Sistem Lazada pun sering kewalahan melayani serbuan peminat. Jadi, selain harus beradu cepat, peminat idealnya disertai dewi fortuna.

Buat yang ingin berebut, HSW memberikan kiat yang boleh dicoba. Siapkan akses internet yang cepat dan stabil. Paling lambat pukul 10.55 Anda harus sudah login ke akun Lazada. Pastikan pula alamat pengiriman yang tersimpan sudah tepat. Pantang login dan mengisikan alamat pengiriman ketika penjualan cepat telah dimulai. Sebab, 99,99999% Anda akan kalah cepat dibandingkan peminat lain.

Bukalah halaman penjualan Redmi 5A. Tombol beli sekarang pasti belum bisa ditekan. Secara berkala lakukan refresh. Walaupun tertulis dimulai pukul 11.00, bukan mustahil pada pukul 10.58 tombol beli sekarang sudah dapat diklik.

Usai sukses menambahkan satu unit Redmi 5A ke keranjang belanja, segera lanjutkan transaksi ke pembayaran. HSW sangat merekomendasikan Anda memilih metode pembayaran bayar di tempat alias COD. Pasalnya, Lazada kerap memberikan “kejutan tak terduga” kepada konsumen. Dengan memilih bayar di tempat, seandainya transaksi dibatalkan sepihak oleh Lazada, Anda tak perlu repot mengurus proses pengembalian dana.

Sementara itu, bila Anda lebih suka melakukan pembelian secara tatap muka, harga Rp 999 ribu hanya tersedia di Mi Store. Saat ini Mi Store baru beroperasi di empat tempat. Yaitu, Pondok Indah Mal Jakarta, Emporium Mall Pluit Jakarta, Summarecon Mall Serpong Tangerang, dan Summarecon Mall Bekasi. Datanglah ke sana, tanyakan ketersediaan stok, bayar (bila unit tersedia), dan Anda bisa membawa pulang ponsel yang diidamkan.

Selain di Lazada dan Mi Store, kesempatan meminang Redmi 5A baru dan bergaransi resmi dengan harga Rp 999 ribu boleh dibilang mustahil. Erafone membanderol Redmi 5A Rp 1,199 juta. Sedangkan harga pasar di toko ponsel lain dan situs belanja seperti Bukalapak dan Tokopedia jauh lebih mahal. Di sana satu unit Redmi 5A bisa dijual lebih dari Rp 1,5 juta dan… tetap laku.

Mengapa lebih mahal? Alasannya simpel. Distributor resmi Xiaomi di Indonesia menetapkan harga kulakan Rp 1,099 juta. Itu pun masih dengan embel-embel. Erafone dan pemilik toko tidak bisa membeli Redmi 5A dalam jumlah sesuka hati.

Nah, Erafone dan pemilik toko pasti ingin mendapatkan keuntungan, bukan? Karena itu, mereka akan menjual Redmi 5A lebih tinggi daripada harga kulakan. Suatu hal yang sangat wajar di dunia bisnis.

Khusus pemilik toko perorangan, lantaran pasokan terbatas padahal permintaan sangat banyak, mereka turut “mengerahkan pasukan” saat Lazada menggelar penjualan cepat. Mereka juga tak segan-segan membeli Redmi 5A dari “pemenang pertempuran” di Lazada yang sejak awal memang ingin mencari untung. Satu unit Redmi 5A berani dikulak minimal Rp 1,2 juta.

Jadi, sampai di sini apakah Anda sudah memahami makna judul tulisan ini? Bila sukses memperoleh Redmi 5A dari penjualan di Lazada, Anda memiliki dua pilihan: memakainya atau menjualnya. Keduanya sama-sama menyenangkan.

Redmi 5A secara tak langsung menciptakan lapangan pekerjaan baru. Setiap minggu sukses mendapatkan satu unit saja, hitung saja setiap bulan bakal memperoleh tambahan uang jajan minimal berapa rupiah. He he he.

***

Berikut contoh hasil jepretan Redmi 5A. Seluruhnya memakai mode otomatis dan tanpa lampu kilat. Agar lebih ringan diakses, foto telah di-resize dan dikompresi. Tak ada olah digital lain yang dilakukan.

Satu foto berikut dijepret menggunakan kamera depan.

***

Tangkapan layar Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

339 thoughts to “Xiaomi Redmi 5A: Dipakai Asyik, Dijual Untung”

  1. Mau nanya koh
    1. Apakah ada pengaruhnya embel2 PDAF pada sistem kameranya dengan yg tidak menggunakan PDAF (karena selalu dituliskan)
    2. Apakah fitur second space yg dimaksud seperti hp cooldpad (satu untuk pemilik, satu untuk guest)? Apakah ada pengaruhnya pada memori dan kecepatan hp?
    Terimakasih.

    1. Pak Armein,

      1. PDAF itu salah satu jenis fokus otomatis yang dipakai di kamera ponsel. Tidak ada PDAF, tetapi ada fokus otomatis yang lain (misalnya laser autofocus), masih berpeluang menghasilkan foto yang sama-sama oke.

      2. Ya, serupa itu. Pasti ada pengaruhnya.

  2. secara spesifikasi, ponsel ini mirip dengan redmi 2 prime, tapi xiaomi berhasil meraciknya menjadi ponsel yang sangat layak beli, dengan harga perdana hampir 50% lebih murah

    saya yang pakai redmi note 3 saja iri dengan beberapa fiturnya ?

  3. Aku salah satu yg dapet dr flash sale lazada, awalnya mau tk jual lg, tp akhirnya tk pake sendiri utk menggantikan zenfone 5 yg sdh uzur. Dan tentu saja aku yg ga bgtu suka game sngat puas dg hp ini, multitasking oke, kamera oke, batrei oke jika dibandingkan zf5. Rata2 sot yg aku dpt lbh dari 7 jam, prnh smpe 8,5 jam. Maaf om herry, numpang berbagi cerita. Hehe. Aku suka bgt kok dgn review2 om herrySW, tingkatkan trs reviewnya om, sekian. ??????

    1. Kalau saya sekali ikut flash sale langsung dapat pak. Saran aja, coba beli lewat pc dengan pembayaran cod, alfamart atau indomart

      1. @bayutetap tidak mau bos, saya dari desember ikut flash sale belum berhasil sampai kemarin 17 januari hehe.. untuk pak @herry sw terimakasih reviewnya sangat membantu

    1. Pak Ignatius,

      Tergantung pas perlu kamera atau tidak. Kalau perlu kamera, Redmi 5A. Kamera Redmi 4X kan jelek.

      Kalau nggak perlu kamera, Redmi 4X. Sebab, Redmi 4X lebih gegas, dibekali memori lebih besar, dan baterai lebih awet.

  4. Saya dpt di flash perdana mas,,dtg 2 hari kemudian n cod..mulai redmi 1s,redmi note,redmi 2,mi4i n redmi 5a pake cod semua..hehehe..emang ni hp perusak harga yg mawut.TeOPe dah

  5. Om HSW,

    Bener yaa xiaomi redmi 5A ini bisa simultan 3G – 4G/4G – 3G pada simcardnya?
    Apakah bisa sim yg dipakai internetan untuk di kunci di 4G saja?
    Apakah ada pilihan juga untuk mengunci jaringan di 3G saja pada sim yg tidak dipakai internet, seperti yg ada pada asus zenfone 4 max pro? (Kalau tidak salah ya om, saya pernah towel-towel dikit waktu itu)

    1. Om Han Ganteng,

      * Ya.
      * Dari menu bawaan tidak bisa. Hanya bisa dikunci dengan memasukkan kode *#*#4636#*#*.
      * Tak ada.

  6. 1. Apakah gawai xiaomi redmi 5a ini termasuk cepat untuk mengunci lokasi dari gps?
    2. Apakah Hsw akan mereview blackberry keyone? Karena saya tertarik untuk mencoba gawai tsb menjadi daily driver saya
    3. Review dari gawai nubia m2 apakah batal diterbitkan di blog ponselmu?

  7. Wah lebih value ini daripada Xiaomi redmi 4 X koh ya .hanya berbeda Di bodi metal Dan ram 3 GB.procesor beda sedikit. Nanti Xiaomi redmi 5 a ada versi 3 GB nya ndak koh mengingat Xiaomi redmi 4 a setelah bbrapa bulan juga ada versi 3 GB nya. Thanks koh HSW

      1. Maaf koh koreksi lagi mksudnya kalau Xiaomi redmi 5a setelah beberapa bulan bakal ada versi ROM 32 GB nya ndak koh.

    1. Pak Icip Icip HP,

      * Kapasitas memori dan baterai juga berbeda lho.
      * Tak tahu. Redmi 4A bergaransi resmi tak ada yang RAM 3 GB deh.

  8. Review yang saya tunggu..
    Oh iya om, klo flash sale Lazada tiap 1x periode kira” brp unit yg disediakan untuk diperebutkan
    Terima kasih om HSW…

  9. akhirnya di review juga koh.. dan benar2 merusak pasaran hp nih harga nya..

    udh 3x coba ikut flashsale lazada kegagal terus.. mudah2an tgl 17 kebagian..

    oh ya koh nampak nya kalau redmi 5 plus liris resmi di indonesia bakal booming juga ya

  10. Saran Om , iseng2 download game moba seperti Aov ( arena of valor ) , ML ( mobile legend) , apakah Redmi 5a dapat menjalankannya , nanya lagi Om Herry ,ada rencana review Nokia 2 Om ?

    1. Pak Rama,

      Saya sudah harus mencoba ponsel lain lagi nih.

      Kalau ada yang menjual Nokia 2 bekas dengan harga supermiring, mungkin bakal saya coba.

  11. Hari ini Redmi 5A pesanan saya 3 buah sudah datang dari Lazada, saya coba iklankan di OLX 1,4 juta langsung diborong 3 buah dalam waktu kurang dari 5 menit.
    Yang beli memang counter, dan oleh mereka Redmi 5A akan dijual lagi di kisaran harga 1,6 juta.
    Ketika saya tanya mengapa tidak kulakan di Erajaya yang menurut Twitter Pak Herry SW sebelumnya harganya 1,1, jawaban mereka mengejutkan saya karena menurut mereka di Erajaya harganya 1,5 juta jika ingin dapat barang minggu ini.
    Saya cukup percaya kepada mereka karena hari ini pun mereka sudah dapat 30 buah, kenyataan Redmi 5A di pasaran online harga 1,4 juta pun mereka borong dan tidak hanya 1-2 toko.
    Jika harga kulakan di Erajaya juga 1,4 juta atau lebih murah, tentunya toko-toko itu tidak mungkin selalu refresh OLX hanya untuk mencari Redmi 5A di kisaran harga 1,4 juta.
    Jadi apakah ini memang permainan Erajaya seperti saat dulu Zenfone 4, 5, 6 keluar, dimana harga Zenfone 4 tembus 1,6 juta juga?
    Atau hanya Erajaya daerah tertentu yang menjual Redmi 5A ke toko dengan harga 1,5 juta, sekedar info posisi saya di Semarang.

    1. Pak Daru Kartiko,

      Wuih…. dapat tiga unit. Mantap.

      Erajaya yang Bapak maksud itu Erafone atau TAM? Kulakan di TAM Rp 1,099 juta, tapi nggak bisa kulakan sesuka hati. Bukan mustahil harus bayar di muka dulu, tetapi tidak bisa dipastikan kapan ponsel akan diterima.

      1. Kulakan di TAM Pak, dan benar kok seperti yang bapak bilang tidak bisa kulakan sesuka hati.
        Tetapi ada saja celahnya entah dari kantor atau oknumnya, dimana bisa kok “dikondisikan” cepat dapat barang tapi bayar 1,5 juta / unit.
        Itu info yg saya dapat dari toko-toko bukan cuma 1 toko, jadi mungkin bisa dipercaya karena bukan cuma 1 toko.

      2. Oya sama satu lagi Pak masalah pembelian COD Lazada untuk Redmi 5A area Semarang, banyak pemesan yang barangnya tidak diterima tetapi statusnya sudah diterima.
        Apakah itu juga terjadi di daerah lain, sepanjang pengetahuan Pak Herry SW?

        1. Pak Daru Kartiko,

          Untuk daerah antaran, saya tidak memperhatikan. Namun, saya tahu kasus seperti itu cukup banyak terjadi. Sepertinya kurir mengambil kesempatan dalam kesempatan. Redmi 5A harga Rp 999 ribu itu ditebus sendiri, lalu dijual dengan harga lebih tinggi ke toko/pengepul.

  12. Pak Herry,
    Kalo ga ada lampu kilat berarti ga bisa foto2 malam hari dong pak? Atau masih bisa nangkep gambar?
    Lalu kalo dibandingin sama moto M yg sekarang sdh turun harga jd 2 jt kira2 mending ambil mana ya pak?
    Trims

    1. Bu Fitri,

      Maksud Anda kamera depannya ya? Asalkan masih ada cahaya, masih bisa menangkap gambar sih.

      Tak tahu. Saya tidak pernah menguji pakai Moto M.

    1. Pak Arif,

      Glodaks… saya salah ketik ya. Segera saya koreksi. yang benar GHz, bukan MHz. Kalau beneran MHz, lemot banget dong. πŸ™‚

  13. 2 kali ikut flash sale,2 kali dapet dan di jual lagi ke temen sendiri (he..he..betul kata pak herry : menciptakan lapangan pekerjaan baru)

  14. Pak HSW,

    Handphone ini mau dijual kembali tidak ya? Mau dong beli. Soalnya nunggu ‘flash sale’ Lazada kelamaan dan belum tentu dapat.

    Saya sebenarnya mau beli ‘smartphone android’, masih bingung mau pilih apa dengan Budget tiga juta seratus ribu rupiah (atau ada saran untuk smartphone android lain gitu?). Melihat ‘review’ ini, saya jadi tertarik pengen beli karena rupanya kamera depan lumayan. Saya suka foto-foto, juga suka main game.

      1. Pak HSW,

        Saya lebih suka dipanggil Hayy saja, karena saya perempuan yang masih 25 tahun. Ha.. ha.. ha..
        Saya mau ambil 900 ribu sudah termasuk ongkir, kelewatan gak ini nawarnya? Ha.. ha..

        Saya sudah tanyakan Xiaomi Mi A1 di Mi Store Padang, katanya harganya Rp 3,350,000,- (red edition) dan Rp 3,2 juta-an (warna gold dan hitam). Jadi, saya tidak jadi beli walau sebenarnya tertarik ke yang ‘red edition’. Katanya harga segitu karena garansinya TAM. Sementara itu, di Erafone, harga Rp 3,099,000,- (semua warna). Hal itu membuat saya tidak jadi beli Xiaomi Mi A1 dan sampai sekarang masih menyimpan uang Rp 3,1 juta dalam keraguan memilih smartphone. Sampai sempat terpikir mau beli BlackBerry Aurora.

        Dalam masa pencarian smartphone pun..
        Saya juga sudah baca komentar-komentar di ‘review’ bapak terkait ‘smartphone’ baru-baru ini dan juga tentang ‘Daftar ponsel ter…2015 s.d. 2017’. Sampai membuat saya berpikir untuk tidak memilih Oppo, Vivo, dan Samsung (selain seri S dan Note). Kalau Asus dan lainnya masih ragu. Malah jadi condong pilihan ke Xiaomi.

        Dan.. itulah juga kenapa akhirnya saya berani menawar dengan parah Xiaomi Redmi 5A milik bapak, mana tau bapak dengan murah hati begitu memberinya. Ha.. ha.. ha..
        Karena saya belum pernah punya ponsel Android. Ponsel pertama saya Nokia N70, lalu Samsung lipat (lupa tipe GT berapa), terus ke BlackBerry 9320, dan terus sekarang belum punya tujuan jelas mau beli smartphone apa.

        1. Hayy,

          He… he… Redmi 5A saya tidak dilepas.

          Uang Anda saat ini Rp3,1 juta kan? Beli saja Xiaomi Mi A1. Beberapa hari lalu harganya barusan turun menjadi Rp2,999 juta.

          Di Padang belum ada Mi Store lho. Jadi, Mi Store apakah yang Anda kunjungi? Jangan-jangan itu toko biasa yang mengaku sebagai Mi Store.

          1. Pak HSW,

            He.. he.. yah tidak apa-apa. Belum rezeki saya. Ha.. ha..

            Ia, uang saya malah jadi tambah sekarang. Sampai jadi empat juta. Tapi target saya sekarang cuma mau ponsel nominal 3 juta. Ia saya lihat juga turunnya harga Xiaomi Mi A1. Jadi menggiurkan ini. Hanya saja telinga saya panas dengan kabar dari seseorang yang katanya Xiaomi lebih banyak rusak (maksudnya di antara ponsel lain, dia mendominasi sering diservice) dan lagi ada yang bilang kerusakannya seperti mati total. Lalu saya juga baca berita tentang adanya bug di Xiaomi Mi A1.

            Aduh, dilema sekali cuma beli smartphone saja. Mungkin karena belum pernah punya smartphone android, jadi saya takut salah pilih. Terlebih tiap tahun muncul lagi smartphone tipe lain yang bisa mendebarkan hati. Hanya saya hanya butuh satu saja dipakai lama.

            Mi Store yang saya kunjungi itu, di depan tokonya ada spanduk seperti tenda begitu bertuliskan ‘Xiaomi Mi Store Padang’. Saya juga tidak yakin itu Mi Store, karena kata pak HSW di tulisan sebelumnya (lupa saya di kolom komentar apa di review ponsel) mengatakan Mi Store cuma ada di beberapa tempat (yang saya juga lupa tempatnya pokoknya Padang gak masuk kategori). Terus di sebelah toko itu (Mi Store Padang) ada toko Vivo dan Oppo.

            Apakah itu toko yang mengaku mi store atau itu toko biasa? Saya lihat di google gambar mengenai mi store, ternyata mi store itu ada tulisan MI di dinding atas toko dan bukan spanduk ya. Hmm.. atau saya salah mengira itu mi store padang, tapi karena memang tulisannya begitu (Mi Store Padang) maka saya pikir itu mi store padang.

          2. Mbak Hayy,

            Keluhan Xiaomi sering rusak dll itu biasanya terjadi di unit tanpa garansi resmi.

            Nah… membaca paparan Anda, saya 100% yakin yang disebut Mi Store di Padang itu adalah toko biasa yang mengaku sebagai Mi Store.

  15. Om, bagaimana dengan pelindung layar? Tidak ada kah?

    Worth it kah bila beralih dari redmi 2? Mengingat kedalaman ppi nya lebih padat redmi 2..

    Terima kasih

  16. Koh hery
    Bug seperti itu juga saya alami di redmi note 4 saya dg MiUi 9.0.5.0
    Sepertinya itu big dr muiui nya
    Semoga lekas d beri update untuk fix masalah itu

      1. ya betul, bila ada LINE masuk Redmi 4X saya pun tidak bunyi, hanya ada notifikasi saja dan apabila ada SMS masuk muncul pop up “nananana”, sepertinya MIUI 9 masih banyak menyimpan “kutu”

  17. Ko Herry,
    Saya sudah 3 kali ikut flash sale, tapi gagal terus..
    Hehe, soalnya ada teman yang nitip sih.
    Kamera dan peforma seakan jauh dari harga nya, mantap nih strategi Xiaomi.

    #mendingxiaomi

  18. 2x ikut flashsale, mentok di konfirmasi pembayaran yg ga bisa dilanjut :(.
    Pak HSW, selain Xiaomi redmi 5A, mohon rekomendasinya HP utk orang tua.
    Terimakasih

  19. Koh herry, saya ada rencana mau ganti hp nih. Masih bingung antara xiaomi redmi note 4 apa infinix hot 4. Soalnya yang saya perlukan daya tahan baterenya. Klo masalah kualitas kamera, kegegasan, nomor 2 lah. Soalnya kedua hp tsb mempunyai batere yg setara, 4000 mah. Trims koh herry……

    1. Pak Yudi,

      Saya tidak pernah menguji pakai Infinix Hot 4. Redmi Note 4 layak beli. Pastikan membeli yang bergaransi resmi ya.

    1. Pak Prasetyo Wibowo,

      Bisa. Itu bukan efek software, melainkan bokeh yang natural. Kebetulan objek pemotretan kecil sehingga jarak kamera dengan objek relatif dekat, sedangkan jarak kamera dengan latar belakang lumayan jauh.

  20. Pak HSW, coba sempatin baca deh review user online, banyak yg ponselnya ga diterima pemesan. Tapi saat ditracking sudah diterima. Barangnya disinyalir dibayarin oknum kurir dan tanda tangan pemesan dipalsukan. Bisa jadi bayar langsung lebih menjamin. Soalnya dikirim via kurir yg ga bisa buat alasan “barang gak sampai” . Konon pemesan malas menuntut karena kalau dipikir mereka tidak rugi duit, cuma rugi kesempatan. Setidaknya begitulah pemikiran saya

    1. Pak Rian,

      Saya mengetahui modus itu kok. Hal tersebut sudah lama terjadi. Mengapa saya tetap menyarankan usahakan COD? Sebab, risikonya tetap lebih kecil daripada kita bayar dulu di muka, lalu transaksi dibatalkan sepihak oleh Lazada.

  21. Tanpa mempertimbangkan harga, jika diadu Redmi 5a vs Redmi 4a (Ram 2/Storage 16), menang mana secara keseluruhan?

  22. Terima kasih Pak Herry untuk reviewnya yang detail. Informasi seperti 4G 3G, dual slot + microsd sangat membantu saya sebagai pembaca.

  23. Selamat sore pak Herry,wah ternyata memuaskan ya review Xiaomi redmi 5A, pak saya ijin mau bertanya hehe.
    1.Pak Herry,saya kan minat mau membeli headset original Xiaomi Mi piston,kebetulan lokasi saya di area Sidoarjo-Surabaya,saya ingin membelinya secara offline,dimana kah saya bisa membelinya ?
    2.Pak Herry pernah mampir ke Erafone Giant sun city mall sidoarjo ? Apakah disana menjual aksesori resmi juga pak ?
    Terima kasih pak,maaf pertanyaan nya banyak hahaha

  24. Wah mantap pak herry reviewnya hp murah yang sangat menarik.sampai kapan flash sale lazada berakhir untuk hp ini pak?dan tersedia di toko offline dengan harga yang fajar ya kira”1,2 juta,saat ini di toko offline di jual sekitar 1,5 jt,bahkan ada yang lebih.dengan harga segitu saya rasa sudah ga murah lagi.apakah dengan harga sekitar 1,5 jt hp ini masih layak di beli pak?terima kasih dan semoga pak herry selalu sehat

    1. Pak Sunar,

      Belum ada info.

      Dengan harga Rp 1,5 juta sih sudah kurang menarik. Mending naik kelas ke ponsel lain sekalian.

      1. Pak Herry ,

        lantas ponsel apakah yang jauh lebih menarik dari Xiaomi Redmi 5A ini dengan harga 1,5 juta ?

        mengingat kecilnya peluang memperoleh ponsel ini dengan harga yang sewajarnya

  25. Pak Herry SW,

    Pak untuk Sim Card-nya apa bisa pakai 2 Sim Card + 1 Memory Card..? Bukan Hybrid ya Pak..?

    Terima kasih.

  26. Om, HMD Global kan baru mengambil alih lagi merk Asha dari Microsoft. Mungkin juga beserta dengan OS Asha nya.
    Nah, kalo Nokia Asha kembali reborn oleh HMD Global, kira-kira om Herry mau tidak mereview nya, meski bukan Android.
    Dengan catatan, andai masuk resmi ke Indonesia.

      1. Pak Herry SW,

        Yang dimaksud bergantian itu apakah harus dipindahkan SIM card nya atau ada settingan lain yang harus dilakukan ?

  27. Di erafone kota saya dipalembang,harga xiaomi redmi 5a lebih gila lagi,dijual 1,8 juta mereka bilang untuk hp nya gratis cuma bayar paket pulsa senilai 1,8 juta selama 1 tahun

  28. alhamdulillah saya dpt Redmi 5a di FS yg ketiga, kasih rekom dong koh, utk paket internet yg murah dan lancar pakai kartu apa?, selama ini saya pakai telkomsel tp msh 3G, lokasi saya di daerah rungkut sby paling timur koh

    1. Pak Hafid,

      Selamat karena sukses memenangkan “pertempuran” Redmi 5A. Saya jarang sekali ke daerah situ. Coba cek Smartfren.

  29. Om mau nanya nih..sy kan dapat hp ni waktu flash sale lazada yg pertama.. dpt kartu indosat kan..tapi kenapa sinyalnya sama sekali tidak muncul ya? meskipun lokasi sy sudah di jakarta dan mau registrasi sim pun tidak bisa karena sm sekali tidak ada sinyal..

    Trus sy coba pake sim card simpati malah muncul sinyalnya..padahal sy kan biasa pake kartunya IM3.. bagaimana ya om? supaya mau dengan kartu indosat hpnya.. makasihhh..

    1. Bu Dilah,

      Anda menuliskan biasanya memakai kartu IM3. Nah, kalau kartu IM3 itu dimasukkan ke Redmi 5A, apakah bisa dapat sinyal?

      Kalau bisa dapat sinyal, mungkin kartu bawaan rusak.
      Kalau juga tak bisa dapat sinyal, mampir ke pusat perbaikan resmi Xiaomi deh. Biar ponsel Anda dapat dicek.

      1. sinyalnya itu kadang ada kadang enggak..sy coba beli perdana IM3 yg baru mau keluar sinyal tapi ya itu kadang keluar kadang sama sekali ndak.. untuk telp sm cek pulsa ndak bisa om walaupun sinyalnya 4G..klo buat sms masih bisa..
        itu kenapa ya om??
        Caranya ngatasin sinyal ilang2 gitu sama biar bs buat telp.. makasih

        1. Bu Dilah,

          Saya kok agak curiga jaringan Indosat di area Anda kurang bagus ya. Begini deh… coba mampir ke pusat perbaikan resmi Xiaomi agar ponsel Anda bisa diperiksa.

  30. Pak hp di range harga 4jt – 5jt dengan chipset hampir sama, asus zoom s, asus zenfone selfie pro, motorola z2play, Lg g5 se. Kalo menomorsatukan kualitas kamera indor maupun outdoor, urutan rekomendasi ny apa aja pak?

    1. Pak Luqman,

      LG G5 SE sebenarnya paling bagus. Namun, karena sudah uzur dan bonus battery kit tidak tersedia lagi, ponsel itu mending dicoret.

      Tersisa tiga ponsel. Urutan versi saya: Zenfone Zoom S, Moto Z2 Play, dan Zenfone 4 Selfie Pro (bukan Zenfone Selfie Pro).

          1. Ok, pak. Kyny mau ambil moto z2 play saja, kan moto modd nya bisa terus di pake di seri z kedepannya.

  31. Pak herry tlg tanya menurut kabar xiaomi mi A1 sdh dapat update Oreo tp sejak update Oreo banyak yg punya Hp merasa sering trouble. Apa msh layak beli pak mi A1?

    1. Pak Djunaedi,

      Masih layak beli, apalagi harganya baru saja turun menjadi Rp2,999 juta. Usai beli jangan di-update dulu tho.

  32. Saya 3x ikut flash sale, 3x juga dapat. Yang pertama dijual dan laku 1.2jt – walaupun agak menyesal krn kalau dijual 1.3jt pasti tetap laku. Flash sale kedua dipakai sendiri dan ternyata memang bagus, walaupun bug notifikasi itu memang sedikit mengganggu, bahkan notifikasi line sama sekali tidak ada suaranya.
    Flash sale ketiga niat mau dijual, tapi akhirnya dibeli kakak seharga resmi. T. T
    Flash sale keempat mau coba peruntungan lagi. Lumayan kalau bisa dapat 2 atau 3 unit.

  33. Pak Herry saya mencoba menekan tombol home agak lama di Xiaomi redmi 5a tp tidak bs untuk mematikan layar malah keluar Google assistant. settings nya gmana pak

    1. Pak Antonius,

      Masuklah ke Settings, Additional settings, Button and gesture shortcuts, Turn off screen, lalu pilih long press the Home button.

  34. Pak Herry,
    Saya mau minta saran ponsel kepada bapak, saya butuh ponsel yang internal memori nya besar, ram juga besar, dan software nya tidak terlalu ribet untuk orang tua. Kamera bagus itu saya anggep bonus, dan batre minimal bisa tahan seharian. Bapak bisa rekomendasikan saya ponsel apa? Kalau bisa jangan xiaomi ya pak. Terima Kasih sebelumnya

    1. Pak Rayner,

      Membaca kriterianya, awalnya saya akan merekomendasikan Xiaomi. Namun, ternyata nggak mau Xiaomi ya.

      Kalau begitu, silakan membeli Asus Zenfone 3. Boleh yang ZE520KL, boleh pula yang ZE552KL. Saya lebih condong ke ZE552KL karena ukuran layarnya lebih besar sehingga nyaman untuk orang tua. Harga Rp2,999 juta.

    1. Bu Exnia,

      Tergantung bentang layar dan kualitas layar yang dipakai juga sih. Jangan pusing dengan hal-hal kecil begitu deh. Saat beli ponsel, kalau terlihat cocok, ambil.

    2. Saya si pilih full hd daripada embel2 hd+. Sama kayak embel retina display atau super amoled. Apa bedanya sama resolusi xx sekian atau amoled biasa…

  35. Om Herry, sebenarnya sy terlanjur jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Moto G5S, tetapi secara fitur hanya kurang IR Sensor dan hybrid sim/sd card slot saja, namun secara budget sangat-sangat tidak memungkinkan πŸ™

    Lalu pertanyaan saya adalah :

    1. Utk budget sy tersedia max 2jt an, kira2 dengan spek yg saya sebutkan di bawah ada gawai apa ya cocok utk sy om?
    – Ram/Rom min 3/32 GB, min quad core processor
    – Baterai min 3000mAh, fitur Fast Charging
    – Dual SIM & SD Card Slot non hybrid
    – IR Sensor
    – 3.5mm jack
    – USB-OTG
    – Kamera tetap harus ada, dengan flash, namun sy tidak terlalu mementingkan sektor kamera krn jarang memakai untuk foto. (Jika memungkinkan, 10MP keatas)
    – (Opsional, tidak harus ada : Water/splash proof, Gorilla Glass, NFC, USB-C, Fingerprint Sensor)

    2. Setahu saya, Xiaomi adalah yang paling banyak memiliki gawai dengan IR Sensor, namun jujur saja saya bingung untuk memilihnya, karena terlalu banyak jenis/tipe nya πŸ˜€

    3. Apakah ada gawai Infinix yang memiliki IR Sensor ? Jika ada, apakah ada sesuai dengan spek yg sy sebutkan diatas?

    *Merk yang saya prefer tidak terbatas di moto/lenovo, xiaomi, dan infinix saja, jika ada merk lain namun spesifikasi yg saya butuhkan ada, tidak apa-apa πŸ˜€

    Terimakasih banyak om Herry atas jawaban yang diberikan, akan sangat amat dan pasti membantu sy menemukan jodoh gawai saya πŸ˜€ hehe

  36. Om HSW…
    Redmi 5a Vs Hisense Pureshot secara keseluruhan bagus mana ( ketegasan, kamera & layar ) , sorry om klo sudah bandingkan dengan ponsel Hisense Pureshot yg dh basi.
    Terima Kasih

    1. Pak Win,

      Mengacu kepada Pureshot setelah mendapatkan update firmware terakhir yang saya ketahui (yang justru membuat performa umum menurun), kegegasan dan kamera Redmi 5A lebih bagus. Layar sih relatif imbang.

  37. Pak herry, redmi 5A ini gak punya fast charging ya? Kalau cas sampai full dalam keadaan mati kira2 berapa jam pak ?

    1. Pak REC*303,

      Fast charging yang biasa saja. Bukan Qualcomm Quick Charge 2 atau 3.

      Saya tidak menghitungnya dengan detail. Kira-kira dua jam deh.

  38. Pak HSW, Ada info know stok redmi resmi kosong semua online Dan offline, kecuali Mi A1 stok masih aman. Ada apa dgn pasokan pabrik batam?

    1. Pak Marshals,

      Saya tak tahu bagaimana soal pasokan dari pabrik. Saat membicarakan jumlah pasokan, bukan hanya kapasitas lini produksi yang perlu diperhatikan. Pasokan komponen juga mesti diamati. Nah… hal-hal itu kan tidak bisa diakses oleh orang luar.

      Yang saya tahu, permintaan ponsel Xiaomi bergaransi resmi dari waktu ke waktu memang cenderung naik. Untuk tipe tertentu, jumlah permintaan dengan pasokan sangat tidak seimbang. Tipe tertentu lain lagi terlihat langka di pasar karena tipe itu sebenarnya sudah memasuki tahap diskontinyu.

  39. pak herry… hp ini kalau pake kartu smartfren apa memang ga bisa untuk sms/telpon y?
    kalau ternyata bisa, minta tolong detil seting nya… makasih

    1. Pak Uyabscy,

      Ya, standarnya memang hanya bisa dipakai untuk berinternet.

      Kalau Anda perlu bertelepon dan ber-SMS menggunakan nomor Smartfren, cobalah menginstalasikan aplikasi Smart VoLTE dari Play Store. Saya tak tahu pasti akan berhasil atau tidak. Saya tidak pernah memakai aplikasi itu di Redmi 5A.

  40. Om HSW…
    Saya sudah setting APN dan sebagainya tp ko kartu Smartfren saya di redmi 5a silang y sinyalnya. Tapi di hp yg 5a 1 lagi ko sukses saya setting APN. itu kartu bundling dari Hp Andromax A, apa cuma kompatibel dengan hp Andromax A saja. Solusi harus ke galeri Smartfren atau ke Xiaomi service center.
    Terima kasih om HSW.

    1. Pak Win,

      Jadi, kartu yang sama Anda pasangkan ke dua unit Redmi 5A yang berbeda, hasilnya berbeda ya? Apakah sama-sama unit bergaransi resmi? Apakah percobaan dilakukan di lokasi yang sama?

      Kartu bundling Andromax A seharusnya bisa dipakai di ponsel lain kok. Mampir ke pusat perbaikan resmi Xiaomi deh.

  41. Om HSW,

    Oot, besok launch xiaomi redmi note 5A prime di shopee dgn harga 1.999.000 apakah harga ini worth to buy dgn spek diatas kertas (krn om belum atau tidak akan uji pakai)

    1. Miss Tiesa,

      Kalau Anda suka berswafoto (selfie) sepertinya cukup menarik. Namun, kalau tidak suka berswafoto, lebih baik menambah anggaran sedikit untuk membeli Xiaomi Redmi Note 4.

      1. Dear Om HSW,

        Akhirnya saya meminang redmi 5A dan berhasil dengan semua tips Om HSW diatasi. Thanks om, sukses terus ponselmu.com

  42. Om HSW…
    2 unit redmi 5a saya dapat dr flash sale Lazada
    itu pasti unit yang resmi kan ?
    Tp kartu Smartfren yg bundling dengan Andromax A coba saya pasang di infinix hot 3 saya juga tidak terbaca. Tp redmi 5a yg lom sukses saya pasang dengan kartu Smartfren itu kalo saya pasang dengan kartu Smartfren dr no.lain ko sukses.
    Jadi ini kartu apa redmi 5a yang ada masalah.
    Terima kasih.

    1. Pak Win,

      Ya, pasti bergaransi resmi.

      Membaca kronologis detailnya, sepertinya ada sesuatu dengan kartu Smartfren Anda. Begini saja, silakan ke Galeri Smartfren dan minta penggantian kartu dengan nomor sama. Kalau ditanya alasannya apa, bilang saja, “Kartu ini kadang-kadang nggak bisa dibaca. Padahal, kartu Smartfren lain kalau saya pasangkan ke ponsel yang sama selalu sukses dibaca.”

  43. Mohon maaf pak Herry saya mau minta pendapat nya,kalo seumpama saya ambil xiaomi redmi 5A ini dan sebelumnya hape saya adalah Xiaomi mi4i apakah layak?dari segi kamera sama performa downgrade apa upgrade ya menurut pak Herry?
    Soalnya Xiaomi mi4i saya sudah hampir 3tahun saya pakai dan dari segi keseluruhan sudah mulai banyak masalah,seperti sudah sering lemot,baterai boros banget,kamera mengalami penurunan pada hasil,dan memori yang sesak cuma 16gb tanpa slot microsd.
    Apakah layak jika saya beralih ke redmi 5A?

    1. Pak Jhoni,

      Mi 4i itu ponsel kelas menengah, sedangkan Redmi 5A ponsel kelas pemula. Memang sih masa edar dua ponsel itu berbeda beberapa tahun. Namun, tetap saja akan terasa ada penurunan.

      Saran saya, karena Anda sebelumnya memakai Mi 4i, kalau ingin ganti lebih baik melirik Xiaomi Mi A1.

  44. Terima kasih om HSW…
    Kemarin saya lom dapet balasan email om HSW tp saya inisiatif ke galery Smartfren, saya minta ganti fisik kartu jadi nano, tadinya kan Microsoft bawaan dr hp Andro A, saya alesan terlalu kecil motong kartu sehingga GK ada sinyal.
    Teryata benar setelah diganti, trs dipasang ke Redmi 5a langsung bersinyal full tanpa setting APN lg.

  45. Om HSW…
    Redmi 5a di flash sale kemarin tertulis
    ” 1 Year Kocak official Distributor warranty ”
    ini artinya garansi resmi TAM atau bukan,
    Setau saya flash sale lazada redmi 5a kan unit resmi untuk Indonesia.
    Terima kasih.

    1. Pak Win,

      Redmi 5A yang di-flash sale di Lazada pasti bergaransi resmi. Informasi di Lazada memang sering tak akurat. Status Redmi 5A pernah ditulis tak ada garansi kok. πŸ™‚

  46. Om HSW…
    Redmi 5a di flash sale kemarin tertulis
    ” 1 Year Local official Distributor warranty ”
    ini artinya garansi resmi TAM atau bukan,
    Setau saya flash sale lazada redmi 5a kan unit resmi untuk Indonesia.
    Terima kasih.

  47. Ma’af om HSW, saya salah ketik, jadi saya ketik ulang lagi. Saya kan tau kalo om HSW GK suka pertanyaan yg sama diulang. Hee

  48. Klo dibandingin sama Redmi 4A, hasil kameranya bagus mana pak Herry? Soalnya agak galau nih, bli di Lazada susah banget dapetnya. Klo harga offline (di konter) udah nyampe kisaran 1,5 jt, kyknya udah gak worth nih Redmi 5A. Mending Redmi 4A, 1.45 jt dapet yang 32GB.

  49. Puji syukur berkat tips dari pak HSW saya berhasil dapat flash sale hari ini, sekarang tinggal menunggu kurir datang ke rumah. Mudah-mudahan barang tidak dibelokkan kemana-mana.. Sukses selalu pak, salam.

  50. Tolong tanya Koh Herry, antara Xiaomi Redmi 5A dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 5A lebih bagus yg mana tanpa melihat ukuran layar? Dilihat dari segi harga & kualitas produk (hardware & kamera). Trims sebelumnya

  51. Hari ini ikut flash sale, akhirnya dapat
    Meskipun belum tiba, tapi status nya udah dalam pengiriman
    Awal nya sih ikutΒ²an aja, gak terlalu tertarik
    Nah, karena udah dapat, baru deh baca review disini

    Eh, malah jadi bimbang, karena bisa 4G-3G nya itu
    Karena nomer utama saya yang telkomsel sekarang udah banyak gak ada sinyal nya kalo hp nya gak diset ke 3G, sementara nomer untuk internet pake dari operator lain, hehe

    Sekarang sih pake hot note 4, dari battery nya yang 4000mAh puas banget, tapi ya gak bisa 4G-3G itu seperti Xiaomi 5A ini

    1. Pak Iqbal,

      Apakah sebelumnya Anda sudah pernah mengisikan/menyimpan alamat pengiriman? Kalau belum pernah, ya tidak bisa dilewati.

  52. Mohon maaf Pak Herry, saya mau minta saran, mana yg lebih di sarankan okeh bapak, redmi 5A prime 3/32 atau redmi note 4a 3/32, saya butuh, batere yg tahan lama, hasil foto yg keren, jp yg gegas dg budget 2 ~ 3 jt, atau mungkin bapak punya saran hp yg lbh baik. Trm kasih seblmnya pak

    1. Bu Tiwik,

      Redmi 5A Prime pasti tanpa garansi resmi. Jadi, langsung coret deh.

      Redmi Note 4A? Tidak ada ponsel bernama itu.

      Dengan anggaran dan kebutuhan seperti itu, silakan membeli Asus Zenfone 3 ZE552KL Rp2,999 juta.

  53. Pak herry.
    Menurut bapak redmi 5A sama redmi note 5A bagusan mana untuk kameranya.trus dari performa keduanya.apa bapak tidak membahas mengenai redmi note 5A.
    Terima kasih

  54. Koh Herry, tolong tanya nih:
    1. xiaomi redmi redmi 5A dibandingkan dengan xiaomi redmi note 5A prime lebih baik yg mana? Tanpa melihat ukuran layar & kamera (dilihat dr segi performa hardware)
    2. Xiaomi redmi note 5A prime dibandingkan dengan xiaomi mi a1 lsbih baik yg mana dilihat dr segi performa & ketahanan baterai)
    Trims Koh Herry

    1. Pak Han,

      1. Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai Redmi Note 5A Prime.

      2. Tak tahu. Alasannya sama. Saya belum pernah memakai Redmi Note 5A Prime.

  55. Maaf Pak Herry, OOT.
    Apakah varian Redmi 5, Redmi 5 Plus, dan atau malah Redmi Note 5 (kalau ada) akan resmi ke Indonesia. Maksud hati ingin mengambil Redmi Note 4, tapi khawatir salah satu dari ketiganya akan resmi beredar di Indonesia.
    Lebih baik menunggu atau langsung ambil, rencananya 1-2 bulan ini beli gawai dengan budget 2-2,5 juta dengan pertimbangan keawetan baterai dan kegegasan. Mohon sarannya.

    1. Pak Ezi,

      Logikanya sih minimal salah satunya akan masuk.

      Ya tergantung Anda perlu cepat atau tidak. Kalau terus tunggu-menunggu, sampai kapan pun Anda takkan membeli ponsel baru.

  56. Di erafone cibinong city mall (kab.bogor), Xiaomi Redmi 5A dibanderol Rp1,8 juta.
    Kata spg-nya, harga segitu sudah bundling pulsa.
    Nggak jelas pulsa apaan. Saya malas bertanya lebih jauh.

  57. Pak Herry, bertahun-tahun pengalaman sebagai pengamat gadget, pernahkah ada item smartphone yang se-“hot” Xiaomi Redmi 5A ini?
    Maksud saya “hot” dalam artian disambut pasar secara gegap gempita sampai mengakibatkan harganya melambung tinggi dari harga resminya.
    Pernahkah sebelumnya ada yang seperti ini?

      1. Oh.. jadi merek Asus pernah sempat “buka lapangan pekerjaan” juga ya πŸ™‚

        Btw, terlepas dari banyak orang yg kesal karena tidak kebagian flash sale, menurut saya strategi marketing Xiaomi dalam meluncurkan Redmi 5A ini bagus lho.

        1. Pak Ignatius Tanoto,

          Asus saat itu nggak sampai “membuka lapangan pekerjaan”. Lha nggak ada flash sale seperti di Lazada.

    1. Pak Iqbal,

      Tak berani saya pastikan karena saya tidak pernah memakai dua ponsel itu dalam waktu lama banget. Mestinya sih imbang ya.

    1. Pak Ipul,

      * Tidak.

      * Shopee tidak menggelar flash sale Redmi Note 5A deh. Yang mereka flash sale-kan itu Redmi Note 5A Prime.

      1. Maksud saya iya itu, redmi note 5A prime dan kemaren istri saya dapat flashsale-nya…

        Makanya saya berharap review-nya dari pak herry hehehe…

  58. pak herry…
    antara xiaomi redmi 5a prime dengan xiaomi redmi note 4 yang 3/32gb.
    untuk hasil kamera belakang dan depan lebih halus yang mana pak..?
    kalo daya tahan batere lebih bagus yang redmi note 4.
    meski bapak tidak mereview redmi 5a prime setidaknya kemarin habis unboxing terus dicoba2 bisa kasih hasil kameranya gmn pak?
    jangan panggil ibu ya pak..sy masih sekolah
    trimakasih.

    1. Mbak Mahya,

      Redmi 5A Prime pasti tanpa garansi resmi. Jadi, coret deh.

      Ehmm… saya tak pernah melakukan unboxing Redmi 5A Prime lho.

        1. Mbak Mahya,

          Oh, Redmi Note 5A Prime. Saya sekadar membuka kardus pembungkus luarnya. Saya tidak menguji pakai ponsel itu.

  59. Misi nanya om..
    Saya ingin mengganti smartphone saya, lalu saya tertarik dengan Xiaomi Redmi 5a ini. Dengan anggaran 1-2 juta rupiah apakah saya
    1. Membeli Xiaomi Redmi 5a ini dengan kesulitan pembeliannya, atau
    2. Menaikan sedikit anggaran dengan membeli Xiaomi Redmi 4x, atau
    3. Menunggu sedikit lebih lama sambil menabung menaikan anggaran untuk (kemungkinan) membeli Xiaomi Redmi 5 / 5 plus, atau
    4. Om HSW ada saran yang lebih baik?

    Terima Kasih om ?

    1. Pak Leno,

      Untuk kondisi saat ini, Redmi 4X secara umum lebih bagus daripada Redmi 5A. Ponsel itu hanya kalah di kamera.

      Saya belum berani meminta Anda menunggu Redmi 5 atau Redmi 5 Plus karena belum pernah mencoba ponsel tersebut.

      Hmm… rasanya Redmi 4X masih menjadi pilihan terbaik di rentang harga tersebut.

  60. saya baru dapet dari lazada kho dalam proses pengiriman… tapi saya liat di detail pesanan ko tidak ada garansi ya om..?

    1. Pak Iqbal,

      Anda beli Redmi 5A di flash sale Lazada? Abaikan saja keterangan mengenai status garansinya karena Lazada kan memang sering “mabuk”. Unit yang dibeli pasti bergaransi resmi.

  61. Di harga Rp1,7 juta, pak Herry pilih mana antara Redmi 4x vs Redmi 5A ?
    (Asumsikan Redmi 4x bisa didapat di harga Rp1,7 juta)

  62. Pak herry alhamdulillah dapet dari flashsale nya lazada.. Saya ingin jual kira kira maksimal dijual berapa ya pak dan dimana kalau mau menjualnya?
    Terimakasih

    1. Pak Faisal,

      Kalau Anda jual langsung kepada pengguna akhir, bisa sampai Rp1,5 juta. Iklankan saja di situs iklan gratis atau marketplace.

      Kalau dijual kepada pedagang, maksimal Rp1,3 juta. Langsung saja meluncur ke pusat penjualan ponsel, lalu tawarkan kepada pemilik toko.

    1. Pak Azi,

      Masih, tetapi stok di pasar mulai sulit ditemukan.

      Untuk kinerja keseluruhan sih saya condong ke Redmi 5A.

  63. Pak Herry, sekarang Redmi 5A di konter dijual rata rata harga 1,5 jt, apakah dengan harga segitu masih layak beli? Apakah pak Herry ada rencana mau review Sharp Z2 atau R1? Trimakasih

  64. met malam pak herry..
    saya barusan beli xiaomi redmi note 5A prime, lewat flash sale shopee.
    setelah dipakai kekuatan batrenya kog ga sampai 10 jam ya..penggunaan cuma sosmed dan browsing saja..ga dibuat game.
    charger hp saat batre mau habis kondisi hp off, diulang 2 sampai 3 kali seperti anjuran bapak.
    normal atau boros batere redmi note 5A prime saya pak?

    catatan : sudah ada pembaharuan sistemnya tapi belum saya download.
    terimakasih.

    1. Bu Anna,

      Saya belum pernah dan memang tak berencana mencoba Redmi Note 5A Prime. Jadi, saya tak mengetahui itu normal atau tidak.

      Boleh tahu medsos yang Anda gunakan apa saja? Seberapa intensif Anda memakainya? Operator apakah yang Anda gunakan? Bagaimana kondisi sinyal di lokasi Anda?

      Kalau acuannya hanya ke spesifikasi teknis, kondisi tersebut kurang normal sih.

      1. makasih pak herry.
        medaos cuma wa saja pak..
        browsing sekedar baca berita,
        intensitas normal saja, maksudnya ga sampai berjam-jam main smartphone.
        ini smartphone bukan yang utama saya pakai,
        yang utama malah hp feature phone samsung c3322 pak.
        saya pakai simpati sama xl, kebetulan daerah saya sudah support 4G semua operator.
        sinyal fullbar pak.
        terakhir saya cabut charge jam 11 siang, jam segini sudah charge lagi..
        trs kalau kasus seperti itu solusinya bagaimana pak? beli diflashsale shopee tentunya garansi resmi tam.
        terimakasih pak herry

        1. Bu Anna,

          Menurut saya kurang normal sih. Sejak beli apakah ponsel itu sudah di-charge 3-4 kali? Kalau belum, mungkin baterainya belum mencapai performa optimal.

          1. pak herry..
            sejak awal datang sudah lebih dari 4 kali, sampai sekarang pun tiap charge saya matikan pak.

          2. Bu Anna,

            Sejauh ini tinggal tersisa dua kemungkinan:
            * Daya tahan nyata baterai ponsel tersebut memang segitu. Seperti yang saya tuliskan sejak awal, saya belum pernah menguji pakai ponsel itu.

            * Jaringan operator yang dipakai terlihat bersinyal penuh, tetapi mungkin kurang optimal.

  65. selamat Malam Pak herry, izin bertanya, apakah ponsel dengan garansi distributor (notabene Kan itu dijual lebih murah daripada versi resminya) dapat digolongkan ponsel dari black market pak?
    saya memiliki ponsel garansi distributor (distributornya Bless), saya masih cukup bingung mengenai 2 istilah yg saya sebutkan diatas apakah berbeda, terimakasih Pak,

  66. Koooh…. Seandainya sdh nyerah di flash sale …hahaaa… Utk hrg 1,2 itu…compare sama merk lain ada yg setara gak koh?! Sama kualitas dll.

    Trimakasi bnyk koh sebelumnya.

  67. Siang om Herry..
    Menurut om Herry apakah untuk produk2 xiaomi selanjutnya yg akan muncul dengan garansi resmi menggunakan sistem flash sale? Terima Kasih.

  68. om, kalo saya beli redmi 5a di reseller dengan harga 1,4jt masih worthed gak? apa ada rekomendasi lain dengan harga dibawah 1,5jt? tengkyu

    1. Pak Udhit,

      Menurut saya, harga maksimal Redmi 5A Rp1,3 juta deh.

      Hmmm… Redmi 4A varian ROM 32 GB. Pedagang seringkali menyebutnya Redmi 4A Prime.

  69. Hallo Pak Herry.. Redmi 5A kalau dapat via Flash Sale lalu di jual ke Counter sekarang kira2 dibeli dengan harga berapa ya sama pemilik counter?

  70. Dengan diluncurkannya Redmi 5 dan Redmi 5 Plus,
    (1) apakah akan dapat “menjinakkan” harga Redmi 5A di konter-konter (sehingga tidak terpaut jauh dari Rp999 ribu)?
    (2) bagaimana ‘positioning’ Redmi Note 5A dan Redmi Note 5A Prime? Apakah akan turun harga? Atau malah diskontinyu?

    1. Pak Ignatius Tanoto,

      1. Seharusnya tidak.
      2. Suka Redmi 5A, tapi ingin layar lebih besar? Redmi Note 5A jawabannya. Nah, kalau Redmi Note 5A Prime, kini positioning-nya jadi kurang jelas. Ponsel itu digencet atas-bawah.

  71. Pagi om Herry..
    Oya om, udah towal-towel redmi 5 sama redmi 5 plus? Saya liat di web xiaomi Iindonesia cara beli redmi 5 sama redmi 5 plus harus daftar, apakah karena stoknya terbatas atau hanya strategi pemasaran? Untuk sistem pembeliannya sama seperti redmi 5A pake flash sale? Terima Kasih.

    1. Pak Ade Ozzy,

      Towel-towel singkat sih sudah. Uji pakai yang belum. Uji pakai Redmi 5 Plus saya mulai awal Maret 2018, sedangkan Redmi 5 kemungkinan takkan saya uji pakai.

      Strategi pemasaran. Ya, flash sale. Tadi sudah ada flash sale-nya. Minggu depan ada lagi.

  72. Pak Herry SW,
    Pak saat peluncuran Redmi 5 & Redmi 5 Plus tgl 14 Februari lalu, apakah ada bocoran/tanda-tanda kalau Redmi Note 5 Pro (launching di India) bakal masuk secara resmi juga ke Indonesia?
    Terima kasih.

  73. Selamat siang
    Pak HSW

    Apa kabar pak? Semoga selalu sehat

    Pak mau tanya sy br tau ada flash sale redmi 5a ini dr teman kmren dan akan ada fs lagi tgl 21 feb ini..
    1. Dalam satu kali order apa bisa langsg beli dua unit sekaligus??

    2. Dan xiaomi redmi note 5a itu sm ga pak jenisnya sm xiaomi redmi 5a yg akan di flash sale???

    3.Dalam paket penjualannya apakah sudah disertakan casing pelindung pak?

    4. Kamera bgus mana pa sm zero 3?? Hehehehe enth knp kynya ga bs move on dr zero 3

    Terima kasih pak jawabannya

    1. Bu Sila,

      Maaf baru balas. Jawaban saya pasti terlambat, tetapi mungkin masih bermanfaat untuk minggu depan.

      1. Normalnya satu akun satu unit. Praktiknya, kadang lolos dua unit, asalkan berbeda warna. Misalnya, satu warna abu-abu dan satu lagi warna emas.

      2. Beda. Mudahnya, Redmi Note 5A itu adalah Redmi 5A dengan layar yang lebih besar. Redmi Note 5A di-flash sale di JD.id, sedangkan Redmi 5A di Lazada.

      3. Belum.

      4. Saya tak pernah mencoba Redmi Note 5A. Kalau kamera Redmi 5A diadu dengan Zero 3, masih lebih bagus hasil jepretan Zero 3.

      1. Selamat malam pak HSW

        Terima kasih atas jawabannya pak, iya pak bermanfaat infonya. Fs kmren sy ga dpt jd coba lagi tgl 28 nanti. Hehe.
        Yang terbaru keluar redmi 5 dan redmi 5 plus tuch pak ada rencana untuk review pak ?

        Terima kasih.

          1. Selamat malam pak Hsw

            Terima kasih jawabannya
            Saya tunggu reviewannya redmi 5 plus pak hehe dan semoga pak Herry ada niat review infinix hot s3 hehehe.. #berdoasemogareview

            Terima kasih pak
            Sukses selalu

      1. Ya kalau mungkin waktu towel towel om herry menemukan sesuatu yg lain dari yg lain.
        om, ada rencana review infinix hot s3 apa tidak?
        pengen banget baca pendapat om. Soalnya saya kepincut sama dual sim non hybrid dan android oreo nya.

  74. Koooh …. Saya kmaren br coba2 redmi 5A ny…sample di era… Saya liat ram sisa 690an Mb dr total 2GB… Padahal masih kosong blum ada aplikasi lain sama sekali. Apakah itu normal koh?!

    1. Pak Tony,

      Normal saja kalau belum diinstalasikan aplikasi tambahan, tapi ponsel sudah dipakai untuk ini-itu. Misalnya, browsing dan email.

  75. Pak Herry…
    menurut anda lebih worth it mana?
    redmi 5A atau moto C plus?
    dan menurut mending baterai tanam atau removable?
    terima kasih

    1. Pak Heri,

      * Redmi 5A.
      * Kalau ada dua ponsel dengan spesifikasi dan harga persis sama, saya lebih memilih yang baterai removable. Namun, tren terkini kan mengarah ke penggunaan baterai tanam. Kita tak bisa menghindarinya.

  76. Koh…kemaren sy sempet coba2 redmi 5A sample… Masih kosongan blum ada aplikasi lain2… Sy liat sisa Ram tinggal 690an Mb dr total 2 Gb…apa itu normal koh?!

    Untuk pemakaian jangka panjang termasuk rekomen ga koh si redmi 5A ini?! Karna saya termasuk yg ga hobi gonta ganti hp koh.

    Makasih banyak sebelumnya ya koh .

    1. Pak Tony,

      Pertanyaan pertama sudah saya jawab. Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

      Dengan asumsi sebagai ponsel entry level, masih layak.

  77. Pak Herry…
    Saya Kiki d medan…kemarin saya cek harga xiaomi redmi 5a offline 1,5 juta sampai 1,6 jutaan. Dengan kisaran harga segitu Dan ukuran layar yg sama atau lbh kecil, kira2 smartphone apa yg sebanding dgn redmi 5a ini..? (Kalo bs jangan Samsung y Pak?).

    1. Pak Kiki,

      Tenang, saya takkan merekomendasikan Samsung. Di harga segitu sih ponsel Samsung jelas kurang bagus.

      Di kisaran harga yang sama tidak ada. Kalau mau turun, ada Xiaomi Redmi 4A. Kalau naik, coba cari sisa stok Xiaomi Redmi 4X.

  78. Menurut Om HSW selisih 1/2jt antara Redmi 5 Plus varian 3/32 dengan 4/64 apakah worthed? Diantara berbagai varian Redmi yang resmi masuk Indonesia manakah yang buy value-nya terbaik?

    1. Pak Adrian,

      * Kalau memang perlu memori besar, masih layak sih. Namun, kalau nggak perlu, Redmi 5 Plus 3/32 sudah cukup deh.
      * Terlepas dari kinerja yang belum saya coba, menurut saya, Redmi 5 Plus 3/32.

  79. Selamat malam pak herry..
    Ijin bertanya pak.. Di rumah saya sinyal semua provider jelek semua pak kecuali indosat, walaupun jaringannya 3g tapi itu juga sering hilang hilang sinyalnya, padahal 2-3 km dari rumah itu sinyalnya pada bagus didaerah lain.. Yang saya ingin tanyakan ada gak sih pak untuk penguat sinyal gitu? Trus kalo stiker penguat sinyal apakah itu memberikan efek pak?
    Terimakasih

    1. Pak Yunus,

      * Ada yang jual. Namun, memasang sendiri perangkat itu tergolong tindakan ilegal lho.
      * Dalam kasus ini, percuma deh, Pak.

      Btw, apakah Anda sudah coba memakai nomor Smartfren? Cakupan area 4G LTE-nya di Pulau Jawa tergolong sangat luas.

      1. Itu nama alatnya apa yah pak herry?? Maksudnya ilegalnya tuh bagaimana pak?
        Iya sudah dicoba semua termasuk kartu smartfren, bahkan no service smarfren ditempat saya.. Padahal jarak 2-5 km dari rumah saya sudah masuk 4g beberapa provider.. Hmm

        1. Pak Yunus,

          Ya penguat sinyal alias booster. Ilegal karena yang berhak memasang adalah operator seluler. Kalau perorangan memasang secara mandiri, selain tidak berhak, berpotensi mengganggu jaringan operator di area pemasangan.

          Jarak 2-5 km itu tergolong jauh lho.

  80. Bang.
    Xiaomi redmi note 5a 2/16 no fingerprint bisa otg gak sih?
    Sorry melenceng bang. Soalnya speknya mirip2 redmi 5a ini.

  81. Pak herry, menurut bapak lebih bagus mana redmi 5A dengn asus zenfone 2 laser dalam segi kegagasan dan kamera

    1. Pak Abdu,

      Zenfone 2 Laser-nya saya asumsikan ZE500KL ya. Lebih gegas Redmi 5A, sedangkan hasil fotonya lebih mantap Zenfone 2 Laser.

  82. Hallo Ko Herry.. Mohon pencerahannya ko.. lebih baik pilih mana diantara Nokia 6, Xiaomi Mi A1, atau Asus Zenfone Max Plus M1…? Terima kasih.

  83. Slamat siang pak Herry SW,

    di antara xiaomi : redmi 5, redmi 5A, redmi 5A, redmi Note 5A Prime, dan redmi note 5A yang kira2nya cocok untuk orang tua (pemakaian paling untuk media sosial seperti facebook, detik.com, youtube, whatsapp, dan kamera ) denga budget max 2.5jt, kira2 pak Herry SW akan pilih yg mana y pak ? dan kenapa ? karena saya sedang bingung mau membelikan hp untuk ibu saya..

    Trimakasih sebelumnya y pak…

    1. Bu Vita,

      Saya belum pernah menguji pakai Redmi 5, Redmi Note 5A, maupun Redmi Note 5A Prime. Kalau Redmi 5A pernah saya uji pakai. Hasilnya, layak beli.

      Mengingat anggaran Anda sampai Rp2,5 juta, menurut saya, lebih baik membeli Xiaomi Redmi 5 Plus varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Harga yang berlaku saat flash sale dan di Mi Store Rp2,199 juta.

  84. Koh Herry, di rentang harga <1,5 juta, bukannya infinix hot 4 pro merupakan pilihan terbaik? Sebab sudah ada fingerprint dan layar lebih besar, sekarang harga di lazada hanya 1,2 juta. Jika.koh Herry tetap menjagokan Xiaomi Redmi 5A, apa sebabnya?

    1. Pak Adi Titi,

      Saya belum pernah menguji pakai Infinix Hot 4 Pro. Jadi, ya saya tidak berani merekomendasikannya.

      1. Terima kasih pak herry atas jawabannya. Kebetulan tadi jam 11.00 dapet flash sale Redmi 5A di Lazada. He..he..

  85. Pak Herry, dengan anggaran 2 juta lebih sedikit HP apa yang paling layak beli,
    Kebutuhan untuk medsos, WA, Excel, menyimpan banyak data Dan kameranya bagus,

    Terimakasih pak Herry

    1. Pak Ade,

      Kriteria kamera bagus ini yang susah. Yang harganya paling dekat sih Asus Zenfone 3 ZE520KL Rp2,399 juta.

          1. Pak Ade,

            Sekadar berkomentar sih berkali-kali sudah saya lakukan. Kalau review, belum pernah.

  86. Pak herry mohon saran, diantara Mi A1 dengan redmi 5 plus pilih mana ya? Sy prefer kamera dan kegegasan hp yg lebih baik.. Tks pak

  87. Koh.. minta rekomendasinya donk.. pilih xiaomi redmi 5 plus atau samsung a8 atau samsung note FE? Terima kasih.

    1. Bu/Pak Dian,

      Pembandingnya kurang pas nih. Ponsel Rp2 jutaan masak diadu dengan ponsel Rp6 jutaan dan Rp7 jutaan.

      Saya condong ke Galaxy Note FE.

  88. Pak Herry, mau nanya nih. Budget maksimal 2 juta untuk kamera bagus sama ngegas, bpk rekomendasi hp apa ya?

  89. Pak Herry saya minta saran bagus yang mana redmi 5 plus, asus zenfone 3 max zc553kl dan asus zenfone 4 max zc520kl

    1. Pak Anggit,

      Saya belum pernah mencoba ZC553KL dan ZC520KL. Yang pernah saya coba Asus Zenfone 3 Max ZC520TL dan Zenfone 4 Max Pro.

      Redmi 5 Plus layak beli.

  90. sore pak Herry,

    merujuk pada kalimat :
    “Untuk mengaktifkan layar, HSW cukup mengetuk layar dua kali. ”

    ini saya cari-cari di setting kok gak ketemu ya pak?
    mohon petunjuk detailnya πŸ˜€

    kalo di redmi 4 pro , ada pak. tapi settingan yang sama tidak muncul di redmi 5a.

    1. Pak Sanjaya,

      Karena sudah tidak memakai Redmi 5A, saya tak dapat mengecek struktur menu detailnya. Cobalah mencari di settings, display, lalu double tap screen to wake.

  91. Selamat sore koh Herry,

    Sorry OOT, Sabtu 31 Maret lalu saya beli Redmi 5 versi ram 3 GB/32 di Erafone Margo City Depok, saya beli seharga Rp. 2.099.000. Ternyata saya liat di situs erafone.com, versi yang sama harganya malah cuma Rp. 1.899.000. Menurut pengalaman koh Herry, apakah ada perbedaan harga di situsnya dengan offline? Memang menurut salesnya penjualan redmi seri 5 , mulai 5A, 5 dan 5 Plus cukup tinggi, apa ini juga jadi alasan Erafone menaikkan harganya ya? Untuk reviewnya, di kamera ternyata tidak full HD ya hasil jepretanny,, audiomya parah banget, kebetulan pas keluar mall ada live music saya rekam, begitu buka hasil rekamannya, suaranya hancur parah, masih mending zenfone 4 jadul saya tuh. Saya coba googling, ternyata rata2 review bilang kalo Xiaomi kelemahannya di speakernya, jadi mesti ditambahan mic external kalo mo hasil rekaman audio videonya bagus..jadi ribet deh…mungkin koh Herry punya solusinya ato nunggu update dari XIaominya ya..oh ya ini MUInya emang udah versi global ya koh….? Sorry kalo pertanyaannya banyak….makasih banyak ya koh Herry…

    1. Pak Teuku Chairudin,

      Harga Erafone offline dengan online kadang memang bisa berbeda. Kadang ada promo yang berlaku hanya di salah satu lini.

      Kalau sama-sama sedang tidak ada promo, harga offline berpeluang lebih mahal Rp100 ribu sampai Rp200 ribu. Salah satu faktornya, biaya sewa tempat di mal kan lebih mahal.

      Saya tidak pernah menguji pakai Redmi 5. Jadi, tak tahu kinerjanya deh. Kalau garansi resmi seharusnya sudah versi global.

  92. Saya sangat sepakat dengan pembahasan pak Herry bahwa xiaomi secara tidak langsung telah memberikan lapangan pekerjaan bagi orang orang.

    Menurut pak herry apakah akan ada lagi produk dr xiaomi ataupun perusahaan lain yang efek ekonomi nya akan seperti redmi 5a.
    Yang secara tidak langsung bisa memberikan tambahan penghasilan bagi banyak orang..?

  93. Om Herry untuk ketersediaan redmi 5a di toko offline erafone plasa marina atau wtc apakah masih langka? Atau hanya melalui flash sale saja.
    Dengan budget maksimal 1,5jt masih pantaskah meminang redmi 5a? Mengabaikan kamera, lebih ke performance nya. Trims dan sukses selalu

    1. Pak Hot Hot Pop,

      Kalau spesifik Erafone saya kurang tahu. Kalau di toko-toko biasa, kini sudah mudah ditemukan. Harga pasarnya pun sudah turun ke kisaran Rp1,3 juta.

      Harga Redmi 5A sudah nggak sampai Rp1,5 juta kok. Kalau di situs belanja online malahan sudah sekitar Rp1,2 juta. Silakan beli itu.

  94. Entah saya tidak tau ngomong ngomong nama Ig nya bapak hsw apa biar saya kirim foto hpnya dan dusboxnya.

    1. Pak Farhan Harsya,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Silakan unggah foto tersebut ke suatu tempat, lalu informasikan tautannya di blog ini.

  95. Dear Pak HSW,

    Smart phone saya, ZE550ML, baru saya pakai sekitar 2 tahun, 5 bulan. Sedang cinta-cintanya…tiba-tiba layar putih semua, coba matikan dan hidupkan kembali, hanya ada layar hitam dengan logo putih usb.

    Pertanyaan saya:
    1. Kira-kira kenapa smart phone saya mengalami hal tersebut?
    2. Apakah hasil perbaikan dengan mengganti emcc dan ic bisa bertahan lama? Dan apakah baik dari segi keamanan?
    3. Biaya perbaikan Rp. 450.000,- apakah worth it ya?
    4. Apakah semua smartphone masa hidupnya cuma sekitaran 2-3 tahun, atau ada yang bisa awet sampai 4 tahun? Kira-kira merek apa atau varian apa yang bisa bertahan minimal 4 tahun?

    Maaf pertanyaannya banyak, mumpung bertemu dengan orang pinter yang bener2 pakar di bidangnya, harus banyak2 bertanya kan ya? Terima kasih kesediaan Bapak berbagi ilmu, semoga menjadi banyak berkat buat banyak orang…

    salam

    1. Bu Katherina Tedja,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      1. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi untuk dicek.
      2. Asalkan Anda melakukannya di pusat perbaikan resmi, seharusnya baik dan aman.
      3. Menurut saya, lebih baik Anda membeli ponsel pengganti.
      4. Tidak mesti begitu. Bergantung perilaku pemakaian juga sih.

  96. Pak Herry, untuk penggunaan ponsel dengan RAM 2 GB apakah masih layak pakai untuk 2 sampai tiga tahun kedepan? Karena saya tipikal pengguna ponsel yang tidak suka gonta ganti kalau tidak rusak atau sudah tidak gegas parah, saya berencana mengganti Redmi 2 saya yang sudah berumur 3 tahun dengan Redmi 5 versi 2/16 karena anggarannya hanya segitu. Kalau tidak layak mungkin saya menabung sedikit lagi untuk dapat spek yang lebih baik.

    1. Pak Hendra,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons.

      Mestinya sudah kurang. Untuk ukuran saat ini, idealnya mencari yang minimal dibekali RAM 3 GB dan ROM 32 GB.

  97. halo pak herry
    saya mau nanya. ini agak jomplang sbnrnya. tp selalu menggelitik benak saya. bila redmi 5a dicompare dengan ze520kl bagus mana kameranya? apakah kalah telak atau justru ‘mengejutkan’ lg karena hasilnya ternyata tidak terpaut jauh.
    sekian, mksh…

  98. pak herry antara meizu m6 sama xiaomi redmi 5a lebih mending mana ya? soalnya harga nya gk beda jauh

    1. Pak Dimas Bayu,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Meizu M6.

      Saya pribadi sih meragukan komitmen Meizu maupun iCool sebagai distributor resminya di sini.

  99. pak hsw,
    baterai xiaomi redmi 5a ini jenisnya li ion apa li po ?, terus kenapa pemakaian data xiaomi redmi 5a boros sekali ?, padahal penggunaan data saya wajar, jarang streaming,instagram dll, mohon pencerahannya pak, terimakasih

    1. Pak Abidin Mukti Ningrat,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Tak tahu. Mau lithium ion atau lithium polymer sama-sama oke kok.

      Definisi wajarnya gimana dulu? Karena akses 4G cenderung lancar, banyak pengguna yang tak sadar telah keasyikan berinternet.

  100. Pak Herry, saya ingin bertanya:
    1. Apakah Ram 2GB masih cukup untuk saat ini?
    2. apakah selain hp Xiaomi Redmi 5A, ada lagi rekomendasi hp lain dengan kamera ok dan cocok untuk sekedar bersosial media tapi maksimal 1.5 juta?
    3. Lalu jika dengan skenario yang sama seperti di atas tapi dengan ram minimal 3GB dan budget maksimal 2 juta, kira-kira hp apa yang cocok?

    Terima Kasih.

    1. Pak Dimas,

      1. Bergantung rencana pemakaiannya seperti apa dulu.

      2. Ada BlackBerry Aurora. Namun, kalau mengutamakan kamera, saya masih lebih condong ke Redmi 5A.

      3. Paling-paling mencari sisa stok Xiaomi Redmi Note 4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *