Berbagai Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Oppo

Oppo termasuk rising star di pasar seluler Indonesia. Baru satu tahun berkiprah di sini, pangsa pasarnya sudah tergolong tinggi. Volume penjualannya diyakini telah lebih besar dibandingkan LG, Sony, dan beberapa merek global lain.

Sekadar berbagi informasi, ada beragam hal yang perlu Anda ketahui mengenai Oppo. Sebagian yang penulis paparkan di tulisan ini mungkin sekaligus menjawab rasa penasaran Anda yang selama ini sempat membuncah.

Ponsel Oppo berasal dari Tiongkok

Ponsel Oppo adalah ponsel merek Tiongkok alias Cina. Ponsel itu juga diproduksi di Tiongkok.

Kalau Anda berjalan-jalan di pusat penjualan ponsel dan berjumpa dengan promotor atau frontliner Oppo, mereka biasanya akan menyatakan, “Oppo adalah produk lisensi yang Amerika yang dibuat di Cina. Sama dengan iPhone.” Kadang malahan ada promotor Oppo yang menyebutkan Oppo adalah produk Jerman, Belgia, Denmark, Italia, bahkan Korea.

Menurut penulis, penjelasan promotor Oppo di atas tidak tepat. Paparan di http://ponselmu.com/ponsel-oppo-buatan-cina-ini-buktinya/ membuktikan bila Oppo memang berasal dari Tiongkok dan diproduksi di sana.

 

Mengapa toko bersemangat berjualan Oppo?

Jawabannya sederhana. Profit margin yang diberikan Oppo kepada pemilik toko tergolong besar. Jauh lebih banyak daripada yang ditawarkan Samsung, BlackBerry, LG, Sony, dan aneka merek lain.

Keuntungan menjual satu unit ponsel Oppo bervariasi, mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Itu keuntungan penjualan satu unit ponsel lho. Bukan keuntungan dari menjual puluhan atau ratusan unit ponsel.

 

Mengapa promotor Oppo berusaha keras menawarkan ponsel Oppo?

Ya wajar tho. Mereka kan bekerja untuk Oppo. Otomatis mereka berusaha membuat ponsel Oppo laku terjual. Promotor Oppo juga dibebani target yang harus dipenuhi untuk menjamin asap dapur mereka tetap mengepul. Dibandingkan merek lain, komisi penjualan yang bakal diterima oleh promotor Oppo diketahui lebih besar. Perbedaannya sangat signifikan.

 

Mengapa harga jual ponsel Oppo bekas cenderung terjun bebas?

Pedagang ponsel bekas tak berani menghargai tinggi karena jarang sekali ada calon pembeli yang datang dan mencari ponsel Oppo bekas. Kulakan ponsel Oppo bekas berpotensi menjadi barang mati. Jadi, membeli ponsel Oppo bekas dengan harga serendah mungkin merupakan pilihan terbaik. Sebagian pedagang ponsel bekas bahkan sama sekali enggan kulakan ponsel Oppo bekas. Bila ada yang datang dan menawarkan ponsel Oppo, mereka langsung menolaknya.

Pemilik toko ponsel yang berjualan ponsel Oppo baru pun seringkali menawar ponsel Oppo bekas dengan harga rendah. Alasan pertama, sama dengan alasan pedagang ponsel bekas. Alasan kedua, ya murni hitung-hitungan bisnis.

Maksudnya gimana? Penulis berikan sebuah contoh nyata. Ada ponsel Oppo yang harga barunya Rp 5,999 juta. Bila menjual ponsel tersebut, pemilik toko mendapatkan keuntungan Rp 1 juta. Dengan demikian, harga modal ponsel itu adalah Rp 4,999 juta.

Suatu saat, ada seorang konsumen yang membeli ponsel Oppo itu. Seminggu kemudian, ponsel tersebut akan dijualnya. Pemilik toko mustahil membelinya kembali dengan harga dipotong Rp 1 juta saja. Sebab, kalau cuma dipotong sejuta, berarti sama dengan harga modal kulakan Oppo baru dong. Si pemilik toko mungkin akan menawar ponsel bekas yang baru dipakai seminggu itu Rp 3,999 juta, bahkan amat mungkin lebih rendah.

 

Ponsel Oppo itu mahal. Benar nggak sih?

Penulis berikan sebuah perbandingan saja deh. Oppo Find Neo, misalnya, dibekali layar 4,5 inci, prosesor dual core 1,3 GHz, RAM 512 MB, dan ROM 4 GB. Harga jualnya Rp 2,399 juta dan belum lama ini diturunkan menjadi Rp 1,999 juta.

Di pasar, ada pula ponsel Alcatel onetouch Pop C7 yang memiliki layar lima inci, prosesor quad core 1,3 GHz, RAM 512 MB, dan ROM 4 GB. Harga jualnya Rp 1,449 juta.

Jadi, silakan Anda menyimpulkannya sendiri. Itu baru satu contoh. Semakin banyak Anda mengamati tentang spesifikasi dan harga ponsel Oppo, semakin jelas kesimpulan yang bisa diambil.

 

Dengar-dengar sempat ada insiden antara Oppo dan wartawan di Jakarta. Apakah benar?

Oh itu. Silakan membaca detailnya di http://ponselmu.com/aturan-aneh-ala-oppo-untuk-jurnalis/. Bagi penulis yang baru 13 tahun menulis seputar ponsel, baru kali ini penulis menemukan penyelenggara acara yang “luar biasa”. Produsen ponsel yang lebih besar dan dikenal ketat menjaga kerahasiaan pun tak sampai sedahsyat itu.

863 thoughts to “Berbagai Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Oppo”

  1. TOP Markotop!
    Lama2 beneran ada tag baru: “Ponsel oppo iki bro?”

    itu saja komentar saya hari ini. haha..

    Maaf pak Herry, numpang lewat n baca saja..

    1. Pak Aliemw,

      Semoga tidak. Yang saya ungkapkan adalah fakta di lapangan. Secara berkala saya memang iseng survei ke pasar.

  2. Dari awal produk oppo memang membingungkan ada yg bilang produk amerika, ada yg bilang produk tiongkok tp lisensi amerika, ada yg bilang lebih bagus dari samsung sampai ada promotor yg bilang ini iphone dari tiongkok saya sampai bingung. Saya pun sempat tertarik dan membeli oppo find clover seharga Rp 2.999.000 setelah satu bulan akan saya jual hampir semua counter hp di kota saya menawar Rp 2.000.000 dan hanya 1 counter yg berani membeli dengan harga Rp 2.250,000 dan langsung saya lepas. Setelah itu saya membeli lenovo S920 dengan harga baru Rp 2.500.000 saya dapat layar yg jauh lebih lega 5,3 inch. Kesimpulan saya oppo kemahalan menetapkan harga jual

    1. Pak Han,

      Harga penawaran yang Anda dapatkan sudah tergolong sangat bagus. Biasanya pedagang ponsel bekas akan kulakan Oppo bekas di harga 50 persen dari harga baru. Mereka lalu menjual ponsel itu dengan harga 70 persen dari harga baru.

  3. Maaf Pak Herry, out of topic.

    Mau tanya, jika G2 dibandingkan Z1 Compact, milih mana? Dan di Z1 Compact apa masih tetap terasa panas seperti Z1?
    Kegunaan browsing n kamera, yah stidaknya menjadi smartphone terakhir saya beli…hehehe

    Makasih sebelumnya, Pak.

    1. Pak Fahmi,

      Untuk kenyamanan keseluruhan, G2 lebih unggul. Namun, bila yang dikejar adalah kemampuan kamera dan tahan air, Xperia Z1 Compact lebih menarik. Dibandingkan Xperia Z1, Xperia Z1 Compact lebih nyaman digenggam maupun dimasukkan ke dalam saku. Saya juga belum pernah mengalami bodi ponsel panas. Btw, mulai besok Z1 Compact saya istirahatkan sementara karena saya akan mencoba ponsel lain dulu.

      Oh, ternyata fungsi utama Anda browsing dan kamera ya? Kalau begitu, Z1 Compact tampaknya lebih cocok. Beli yang warna kuning/lime saja, Pak. Lebih memikat mata.

  4. Itulah keberhasilan marketing strategic oppo.berhasil menjadi brand baru yang dipercaya masyarakat.kalo buat analisa tolong dibedakan antara analisa produk Dan analisa pemasaran.sebagus apapun produknya kalo marketing strategic nya jeblok ya total dianggap produk yg belum bisa diterima masyarakat,begitu jug a sebaliknya.sbg contoh beberapa brand main juga membuat program incentive seperti point rewards,cash back s/d liburan keluar negeri bagi penjual/pemilik toko.tolong disertakan data pembanding head to head komparasi per produk,hrg,type,data penjualan,promo tiap bulan….baru bikin kesimpulan

    1. Ada yang gak pake iklan tp juga laku keras dipasaran, walau garansi gak jelas, gmn itu y bisa bikin brand terkenal gak pake iklan dan pemasaran seperti lainnya

      1. Maaf ya pak,saya bukan bermaksud menjelek jelekan nama baik xiaomi ya pak.saya pengguna oppo A37,saya sangat puas dengan performa hp oppo A37.terus baterainya awet,juga ngecasnya hanya butuh 2 setengah jam sudah penuh.wlaupun hp saya ini belum di dukung fitur fast charge,satu lagi,kamera juga bagus.xiaomi kalah kalau dibandingin hp saya.walapun resolusi kamera belakangnya cuma 8 megapixel,dan kamera depan cuma 5 negapixel saja.tapi hasil fotonya bisa menyaingi xiaomi.maafnya,saya buka bermaksud menjelek jelekan nama baik xiaomi,tapi ini pengalaman saya menggunakan oppo A37 ini.bila ada kata2 mohon maafkan dan jangan dimasukan kedalam hati anda.terima kasih.

        1. Tadi ada yg bilang oppo a37 mengalahkan xiaomi ya? Jangan ngimpi pak.. Aku beli oppo a37 juga pak.. Baru pake 4 bulan, ehhh mlempem.. Kamera oke? Boong gede.. Di cetak aja gambarnya kaya kotak2 burem… Hadehhh… Nyes dl ga ikut saran temen beli redmi note 2… Performanya masya allah… Game apapun libas… Ane mau jual ni hp oppo, ehhh di tawwrnya mengerikan… Sementara pake hp samsul j2 dl lah gpp.. Kapok intinya beli oppo. Kalau ga samsung, lg, ya xiaomi.. Jangan oppo.. Performa parah, build quality rendah… Dan ttg komisi itu, emang bener, adikku kerja jd promotor oppo komisi gede bgt. Jadi oppo mahal emang karena buat bayar komisi plus iklan yg bejibun.. Kualitas? Nomor sekian!!!!

          1. mungkin terlambat, tapi kebetulan saya iseng baca2 tentang oppo. dulu saya pengguna oppo a37 juga, dan sangat memuaskan bahkan baru kemarin saya jual oppo a37 ada counter masih dihargai 1.200.000 loh pak πŸ™‚ saya jual a37 saya krn saya ganti oppo f 5
            untuk harga, saya rasa oppo termasuk murah dg fitur yg cukup bersaing,
            kalau cari untung besar wajar namanya juga dagang, dimana2 juga pasti dagang mau untung, mana ada org dagang jual modal hehe
            semua merk hp bagus kok, mereka sudah ada mangsa pasarnya masing2, tinggal kita sbg konsumen yg memilih sesuai dg kebutuhannya masing2.

          2. iya betul sekali, saya pengguna X****i paling rendah R4A. saya banding kan hasil jepretan kalah talak dengan x****i, kemungkinan hasil op** lebih baik bisa karena pixel lcd op** lebih kecil, tetapi kalau di cetak saya lebih suka x****i.
            Mohon maaf bukan bermaksud menjelekkan device tersebut.

    1. Pak Hendra,

      Iya. Sehari jual sepuluh unit saja, dalam waktu singkat bisa beli rumah seharga satu miliar.

  5. Disclaimer: saya bukan pengguna oppo dan pedagang ponsel

    Pertama:
    Oppo jelas bukan produk /brand Amerika
    Jelas distributor yg di Indonesia ataupun salesman nya berbohong atau ignorant

    Kedua:
    Dibandingkan ponsel Cina brand lain, oppo termasuk high end, jadi wajar harganya beda, brand Cina yg bagus lainnya mungkin hanya Lenovo

    Ketiga:
    Meskipun kualitas bagus, tapi yg namanya pasar refurbished /second dari ponsel Cina memang kurang bagus di Indonesia, atau kalau pakai logika terbalik, sebenernya sih harga secondnya wajar, memang kudu murah, yang anomali justru ponsel merk Samsung atau Nokia a atau iPhone Sony, yang harga secondnya kemahalan, menurut saya, karena you know lah, kebiasaan orang Indonesia, terjebak merek ckckck

    Keempat:
    Yang lebih penting bukan soal harga second, atau soal prestige, tapi coba diteliti lagi soal purna jual nya
    Kalau service center nya cepat tanggap, perbaikan mudah dan murah, layanan memuaskan, itu nilai tambah dibandingkan merek lain

    Kelima:
    Be a smart consumer, jangan Kejebak merek
    Jangan jadi orang yg tertipu brand tanpa lihat segi segi lainnya..

  6. Pak Herry,

    Sudah ambil G2, Pak… soalnya pas di Indocel Malang, pas liat n pegang compactnya layarnya kurang besar untuk browsing pak…hehe
    Oya, mau tanya jg pak, untuk G2, waktu bapak pake buat browsing tahan brapa jam, pak? Normalnya gimana pak?
    Soalnya ini kok lmayan nydot btreinya? 1% kira-kira 2-4mnitan… sinyal bagus….
    Tapi untuk kenyamanan, top bnget pak…

    1. Pak Fahmi,

      Untuk pemakaian ala saya bisa bertahan sehari penuh. Saya sudah lupa tepatnya berapa jam. Coba dipakai dan di-charge dulu sampai empat kali, Pak.

      1. Pak Herry, saya mau brtanya. saya ada budget sekitar 3-4jt untk beli smartphone. sbetulnya saya naksir sm samsung j7 pro, tetapi apa ada saran lain dr bapak?? saya skrg sdng memakai lg dan ingin berganti haluan. trmksh sebelumnya

        1. Bu Mira,

          Jangan beli Samsung seri J. Dengan anggaran segitu, silakan melirik Asus Zenfone 3 ZE520KL. Ponsel itu memadukan antara kamera bagus dan baterai yang cukup awet.

  7. IMHO, Oppo itu terlalu overprice kasih harga dan mungkin ‘agak’ belagu nggak mau disebut merek Tiongkok.

  8. Saya baru beli Oppo R1. Sebetulnya saya mencari merk lain, tapi sayangnya terbentur dengan pengalaman Service Center yang buruk.

    Saya sadar R1 bukanlah hape paling mutakhir di jaman sekarang. Selain jelas bukan barang good value, harganya pun terkesan overprice. Tapi Oppo adalah refleksi dari apa yang saya cari. Sebagai pebisnis, saya memerlukan Dual SIM yang secara fisik representatif di depan customer tidak malu-maluin. Selama ini merk-merk global kelas high-end sedikit mengakomodasi keperluan ini.

    Saya tidak memerlukan superpower chip, karena saya tidak bermain game. Dalam sehari, bila hape saya tidak mati karena aktifitas chat dan call saja saya sudah bersyukur, boro-boro main game. Membawa powerbank sudah pasti, tapi saya sering merasa ribet karena mobilitas tinggi.

    Dan yang terpenting adalah Service Center. Saya tidak dapat meluangkan hape downtime berlama-lama. Sebelum ini saya menggunakan merk papan atas, yang membutuhkan lebih dari 3 minggu untuk sekedar “dikirim ke pusat”, atau “menunggu sparepart dari pusat”. Saya beralih ke merk lokal P**yt**n, dan mendapati selain kualitas yang luar biasa (saya kantongi tanpa proteksi selama 2 thn dan tanpa gores), ketika suatu ketika tanpa sengaja terlempar dan layar retak, saya cukup menunggu 20 menit untuk diganti dan kembali baru lagi! Part tersedia, dan langsung dikerjakan!

    Kembali ke aktivitas saya. Dengan aktivitas lapangan, saya merasa ribet dengan proteksi, casing, dsb yang menurut saya malah menyebabkan tambah tebal saja. Lapisan anti gores pun lebih mudah buram dan tergores-gores sehingga malah menyulitkan. Dan dengan profesi saya, tidak ada yang lebih rikuh daripada menelepon di depan customer dengan handphone yang tergores dan terkelupas, apapun merknya dan harganya. Jadi saya memerlukan handphone yang tanpa diproteksi tapi tetap terjaga kondisinya bahkan di handling yang cukup kasar sekalipun.

    Saya sadar, harga yang ditawarkan tidak murah. Tapi saya tidak menemukan merk lain di pasaran. Saya jarang menjual kembali apapun yang saya pakai, dan biasanya saya pakai hingga tamat riwayatnya. Dan sebagai pebisnis, saya harus ‘fair’. Segala sesuatu ada harganya, bahkan research development dan membayar orang-orang Service Center. Kalau kemudian Service Center ditutup atau sparepart tidak berani stock, betapa ruginya saya bila suatu hari mengalami gangguan. Saya mungkin harus membeli handphone baru sebagai pengganti sementara! Lalu, yang lama setelah balik dari service, buat apa? Ini juga pemborosan bagi saya.

    Saya menilai, karena saya juga seorang tech-geek, harga yang diperlukan untuk merakit HP sekelas R1 (tanpa finish) hanya berkisar 500 rb lewat sedikit. Finishing yang mewah dan researchnya hanya layak dihargai 500 rb juga. Lantas mengapa saya mengeluarkan begitu banyak untuk R1? Karena saya merasa sebagai penjual juga pendesain, meminta keuntungan adalah wajar. Bila suka dan mampu, silakan beli, bila merasa kemahalan dan fitur tidak diperlukan, tidak perlu beli. Tapi tidak perlu menuangkan kekesalan hati bila kita tahu berapa margin keuntungannya. Hidup bisa lebih ikhlas, dan lebih baik rasanya, bila ketika membeli kita menimbang fitur, menimbang harga, melihat kompetitor, lalu jujur tanyakan pada diri sendiri “Mau”? Ya ambil. “Tidak”. Ya sudah, dan jangan kecewa dengan keputusan sendiri.

    Maaf kepanjangan, hanya sekedar review pribadi, dan semoga menginspirasi.

  9. Halo Pak Herry, bolehkah saya meminta referensi..
    Saya membutuhkan smartphone atau tablet. Kebutuhan saya untuk fitur sih, cuma medsos, bisa ngetik enak untuk blog dan kamera yang okeh. Budget saya: 2.5 – 3jutaan.. Mohon rekomendasinya. Makasih.

    1. Bu reANNfi,

      Untuk ponsel, Anda boleh mempertimbangkan Acer Liquid E3 (Rp 2,999 juta) atau LG G2 Mini (Rp 3,299 juta).

      Untuk tablet, saya belum berani memberikan rekomendasi.

  10. Kak herry saya boleh tanya? Mendingan asus zenfone 5 ato imo raptor. Soalnya saya beli oppo neo baru beberapa minggu lalu tapi kurang puas sama kinerjanya trus mo cari gantinya. Ehmm kalo cari zenfone 5 ato imo raptor di semarang di daerah mana ya?

    1. Pak Yudieth,

      Imo? He.. he.. mending membeli merek global deh.

      Zenfone 5 saya belum pernah coba. Kebetulan Asus Indonesia juara PHP. Pemberi Harapan Palsu. Jadi, ponsel itu sulit ditemukan di pasar. Jangankan di Semarang. Di kota yang lebih besar seperti Jakarta pun susah ditemukan.

  11. Kak Herry numpang tanya πŸ˜€
    Sebenarnya smartphone Sony Xperia M2 itu sebanding gak sama harganya?
    Untuk kelas mid end lebih baik beli Xperia M2 atau yang lain?

    Makasih

    1. Pak Rafli,

      Xperia M2 masih dalam proses uji pakai. Sejauh ini, menurut saya, harganya sepadan. Pesaingnya adalah LG L90 dan G2 Mini.

        1. Pak Heri Diansyah,

          Sekadar buat browsing sih oke. Kalau main game, saya tak berani menjawab karena bukan gamer.

  12. wah pak herry ni pecinta G2 mini yahh….hehehe…
    pak blh tanya LG buatan mana ya?
    klo bpk suruh milih,pilih mana G2 ato Sony Z1
    alasanya apa pak…??? thx bgt pak

    1. Pak Arif,

      Ponsel LG dibuat di berbagai negara. Saya tak hafal satu per satu. LG A230 saya, misalnya, dibuat di India. Sedangkan LG G3 di Korea.

      Dengan asumsi harga sama persis, lebih memilih G2, Xperia Z1, atau Xperia Z2? Saya memilih Xperia Z2.

  13. P.Herry SW Yth
    Maaf Pak byk nanya…setelah sy review sy pengen beli LG G2 32GB,masalah nya saya mampu beli second pak…mohon bantuan utk ciri2 hp second yg msh bagus ato ada ciri khusus yg hp seken tsbblm pnh di service,jatuh dll..yg sy tau pak kalo di liat sepintas hp seken skr mulus2 pak…hehehe,apalagi sy baru tau kmren trnyata ada LG G2 yg bill-up alias hp gress tp no dos book dng hrg miring…makasih bgt pak Herry GBU…

    1. Pak Arif,

      Untuk mengecek G2 bekas sebenarnya standar saja. Cek kondisi fisik apakah mulus. Mulus bukan jaminan tidak pernah jatuh atau terbentur. Namun, kalau sampai ada yang cuwil, dapat dipastikan ponsel itu pernah mengalami benturan (jatuh, terbentur, dll).

      Hal lain, cek fungsi-fungsi standar. Coba sentuh berbagai bagian di layar sentuhnya. Pura-puralah mengetik SMS atau dokumen. Jalankan pula kamera, Wi-Fi, bluetooth, dll.

      G2 bill-up alias tanpa kardus dan buku? Itu dijual di mana, Pak? Harga berapa dan apakah bergaransi? Saya malahan baru tahu.

  14. oh gtu ya pak…ni tadi saya liat iklan ad yg jual LG G pro 2 pak,minus ada bercak hitam di bawah layar krn kena magnet kunci mobil…klo harga cocok pak dan normal smua tp masih ragu hehehe..
    klo yg bill-up dari temen pak,katae mesin smua sama cuma plastikan gt aja g pke dos book harga selisih 1 jt lbh rendah pak,tp y gtu g jadi…thx pak

    1. Pak Arif,

      Lho, Anda sebenarnya mencari G2 atau G Pro 2 bekas tho? *bingung*

      G Pro 2 bekasnya ditawarkan dengan harga berapa? Kalau sangat miring dan Anda mau “berjudi”, silakan saja. Namun, bila harganya tidak miring, lebih baik dilupakan.

      Kalau G2 bill-up yang Anda ceritakan itu apakah juga bergaransi?

  15. sama tanya lg p.herry…biasanya on-line di blog ini jam brp aja ya pak…supaya enak ni klo tanya2…thx pak

    1. Pak Arif,

      Tidak ada jam khusus untuk online. Namun, biasanya pada pagi hari saya menyempatkan diri untuk merespons pertanyaan yang masuk via Twitter maupun blog.

  16. baik pak…thx bgt atas masukanya,sbenere LG G2 pak cuman blm ad yg jual via on line,blm smpet nyari di WTC/Marina sih pak…
    klo yg bill-up g ad garansi pak,model spt BM pak

  17. menurut pengalaman saya hape oppo itu memang ok banget dah , elegan, body yahut, simple, dan tak kalah juga performa ok..
    ane pakek oppo find 5 mini aja.. yg harganya 3.3 jt untuk saat ini tetapi untuk memainkan game aspalt8, fifa, needforspeed bareng juga ok2 aja, baterae selama 24 jam masih ok dengan penggunaan wifi, chat, sosial network, dan game…
    so menurut pengalaman hape oppo tu T.O.P..

    tapi sayang harga jual di pasar kalah..
    ya menurut saya ibarat mobil itu hape OPPO sama dengan BMW..
    dan merek lainnya layaknya cerry..

    maksudnya, jika anda ingin memakai pribadi dan untuk selamanya ya saya sarankan pakek oppo,. karen bandel hpnya, elegan, performa oke layaknya mobil BMW..
    dan jika anda ingin jual beli anda pakailah merk lainnya layaknya mobil cerry yang rame di pasaran..

    itu menurut pengalaman pribadi saya….
    jadi janganm bikin teori saja..
    pengalaman lebih utama,,,

    pengalaman terjadi pemakaian di OPPO FIND 5 MINI..

    1. Pak Andi,

      Setuju banget. Mungkin mobil Cerry-nya lebih tepat diganti Xenia ya. πŸ™‚

      Oppo-nya boleh tetap BMW, boleh pula diganti Peugeot.

      Intinya, kalau mau beli Oppo, harus berencana memakainya dalam jangka panjang. Jangan cuma sebentar, bosan, lalu dijual. Sebab, pasti sakit hati dengan harga bekasnya.

    1. Pak Fandi,

      Asus? Waduh! Sampai batas waktu yang belum diketahui, saran saya, jangan membeli tablet dan ponsel merek Asus. Prinsipalnya di sini saya lihat masih setengah hati, nggak becus, dan jago PHP (Pemberi Harapan Palsu). Kalau yang akan Anda beli laptop Asus, saya tidak melarangnya.

  18. Saya sejak awal nggak simpatik sama Oppo ini… harga yang ditawarkan nggak sebanding dengan spesifikasinya pak… Saya juga pernah pegang beberapa tipe demo unit di pameran, kesannya biasa banget, hihihihi… mending merek lain dah πŸ˜€

  19. salam kenal πŸ˜€
    ramai juga nih pada bahas oppo
    sepertinya udah ada yang jawab πŸ˜€
    pengalaman pribadi, dulu kira2 1 tahun yang lalu nemeni pacar beli oppo find muse
    sempat mikir, gila nih HP
    harga 1,8 jt cuma dapet dual core ram512MB
    seiring berjalannya waktu saya tau mengapa harganya bisa segitu
    dan jujur saja, selama pemakaian smartphone tsb dapat diandalkan
    sepertinya sudah dijawab

    Pertama:
    Oppo jelas bukan produk /brand Amerika
    Jelas distributor yg di Indonesia ataupun salesman nya berbohong atau ignorant

    Kedua:
    Dibandingkan ponsel Cina brand lain, oppo termasuk high end, jadi wajar harganya beda, brand Cina yg bagus lainnya mungkin hanya Lenovo

    Ketiga:
    Meskipun kualitas bagus, tapi yg namanya pasar refurbished /second dari ponsel Cina memang kurang bagus di Indonesia, atau kalau pakai logika terbalik, sebenernya sih harga secondnya wajar, memang kudu murah, yang anomali justru ponsel merk Samsung atau Nokia a atau iPhone Sony, yang harga secondnya kemahalan, menurut saya, karena you know lah, kebiasaan orang Indonesia, terjebak merek ckckck

    Keempat:
    Yang lebih penting bukan soal harga second, atau soal prestige, tapi coba diteliti lagi soal purna jual nya
    Kalau service center nya cepat tanggap, perbaikan mudah dan murah, layanan memuaskan, itu nilai tambah dibandingkan merek lain

    Kelima:
    Be a smart consumer, jangan Kejebak merek
    Jangan jadi orang yg tertipu brand tanpa lihat segi segi lainnya..

    1. Pak Havaanz,

      Untuk poin kedua, saya setuju. Kualitas Oppo boleh dibilang di atas rata-rata ponsel merek Tiongkok.

      Untuk poin keempat, di Surabaya ada konsumen yang pernah membawa ponsel Oppo-nya ke service center. Eh, petugas yang melayani malahan mengaku kalau ponsel Oppo bla… bla… bla… (negatif). Ujung-ujungnya petugas itu menawarkan diri membeli ponsel Oppo itu dengan harga sangat rendah. Kasus itu sempat dimuat di surat pembaca sebuah koran terkemuka. Ini ada yang mengopikannya ke internet http://www.suarapembaca.net/report/reader/856653/dua-minggu-hp-oppo-mati-total

  20. wah oppo neo ku kena air. Tapi fungsi masih normal kecuali ada lambang heandset. Udah aku bawa ke sc oppo tanggal 20 januari kemarin tapi sampai sekarang belum ada kabar. Tolong pencerahan nya? Kira2 kalo di sc biasa nya brapa hari yaa

    1. Pak Adjix,

      Waktunya bergantung kebijakan masing-masing pusat perbaikan resmi.

      Kalau ponsel Anda terkena air, garansi seharusnya hangus lho. Apakah Anda sudah diberi penjelasan mengenai hal ini oleh petugas di pusat perbaikan resmi Oppo?

  21. pihak oppo bilang. Kalo cuma dibersih kan dan gak ganti oderdil gak bayar mas. Tapi nanti kalo ganti oderdil dikabari dari sc nya. Ehh sampai sekarang belum ada kabar. tapi aku minta nya sekalian upgrade os nya.

  22. Saya mau beli hp, pilih oppo r5 atau sony z3c ya pak?
    Saya maunya yang ga lemot. Karena sayaa usaha online, jadi sangat banyak chat masuk,dan media sosial untuk upload.

    1. Bu Sandra,

      Silakan membeli Sony Xperia Z3 Compact.

      Jangan membeli ponsel Oppo apa pun supaya mereka akhirnya sadar dan mengevaluasi diri. Saya tak simpatik dengan cara mereka berjualan yang mengaku-aku produk dari Amerika. Padahal, aslinya dari Tiongkok. Harga jual ponsel Oppo bekas juga hancur.

  23. Memang bener uraian diatas,,temen aq yg jg counter pas aq tanya tntg oppo memang bgtu jawaban nya,,intinya overprice dengan spesifikasi biasa,,,mediatek class biasa harga smpe 2jutaan,,sedangkan qualcomm quadcore cm 1,5an,,,super aneh si oppo,,,

  24. aku ra oppo-oppo aja deh, hp bgituan kagak usah dibeli masih bnyk brand tiongkok yg mantap contohnya huawei

  25. Oppo find 7 versi ram 3 internal 32gb vs samsung s5 bagusan mana pak herry.
    Sya lagi pertimbangin ke 2 hp ini.
    Secara spek oppo unggul jauh harga juga,tpi secara brand samsung lebih unggul.
    Find 7 32gb:Rp.5.800.000
    S5: Rp.6.200.000

  26. Betul setuju sama opini oppo bmw hahay, saya udah 1thn lebih pake clover.. beeuuh mantab.. kualitas headset.a itu loh.. sampe bikin tmn2 geleng2, awet bandel gesit. Ya klo gak suka oppo ya ngga usah beli . Beli aja cerry hahaha..

    1. Bu Isti,

      Hmm… kalau saya sih tidak memilih keduanya. Dua merek yang, menurut saya, sama-sama bermasalah.

  27. Wah jd begitu ya Pak…saya baru tau nih dan kebetulan saya jg mau jual hp Oppo Neo saya dan ganti yg baru..kira-kira smartphone yg cocok untuk kegiatan browsing, sosial media, dan selfie yg cocok apa ya Pak? Biar ga salah pilih lagi…trims sebelumnya

    1. Bu Ina,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Boleh tahu anggaran Anda berapa dulu?

  28. mohon izin pak.
    menurut bapak kualitas atau kuantitas yang harus diambil apabila membeli hp?
    mohon dijawab ya pak.. thx

    1. Pak Ari,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Kalau saya sih memperhatikan kesepadanan antara harga jual, spesifikasi, dan kinerja. Jika sepadan banget, layanan purna jual kadang berani saya abaikan.

    1. Pak Ahmad Suheriyanto,

      Yang Anda maksud gimana ya? Apakah Anda pemilik toko ponsel dan kini ingin menjual ponsel Oppo? Kalau iya, boleh tahu Anda berada di kota mana?

  29. Kasih komentar dong, kira kira pilihan yang tepat gak kalau saya beli r1x? Kalau tidak beri saran hp yg lain dong

    1. Pak Fakhrur,

      Buat saya, selama promotor Oppo masih cenderung tidak jujur dalam berjualan, Oppo adalah ponsel yang sebaiknya dihindari. Sebagai konsumen, mari kita coba “memberi pelajaran” kepada promotor Oppo. Tunggu sampai mereka mau mengakui kalau Oppo adalah ponsel merek Tiongkok dulu.

  30. kalo menurut saya malah harga oppo itu termasuk luas rangenya… karena ada yang mahal banget dan ada yang tergolong murah banget

  31. Saya pakai oppo find 5 mini.
    Sdh dari awal pertama peluncurannya tahun lalu.
    Nyesel knp gak beli samsung aja.
    πŸ™

  32. Pak herry …bolehkah saya mimta saran nya.saya cuma mempunyai dana skitr 2jt.
    Saya tertrik dngn lenovo a7000,alcatel one touch flash plus dan wiko ridge fab 4g.yg bsok bru mau rilis dan preorder.
    Saya mencari hp dngn fungsi kameranya.
    Apakah wiko ridge fab 4g.pilihan yg tepat pak.soalnya yg mau makai cewe.dan yg dipntingkan kameranya.atau bapak punya rekomendasi yg lain?trakasih pak atas jwabannya

    1. Pak Cahyo,

      Saya belum pernah menguji pakai tiga ponsel tersebut. Jadi, tak tahu mana yang lebih layak dibeli.

      Dengan anggaran Rp 2 juta, peduli kamera, dan akan dipakai oleh cewek, saya menyarankan Acer Liquid Jade warna putih. Harga barunya Rp 1,999 juta. Review ponsel itu ada di blog ini.

  33. Trimakasih Pak Herry atas jawabnnya,saya sangat salut dan sangat senang mnjdi pembaca blog Pak Herry ini.karan Bapak mau menjawab smua pertnyaan pembaca,

    Oh y Pak makasih atas rekomendasi ke liquid jade nya.iya Pak setelah saya baca2 kameranya memmang bagus ya.tp untuk pengukuran aja Pak…klu dengan mi4i apakah kameranya terpaut jauh dengan mi4i yg kameranya memang benar2 istimewa di kelas harga segitu.apa mnding sklian bli m4i ya Pak Herry?

    1. Pak Cahyo,

      Soal kamera, Acer Liquid Jade unggul saat dipakai memotret di lokasi berpencahayaan terbatas. Sedangkan Mi 4i menang di mode HDR yang tergolong dahsyat.

      Karena calon pemakai adalah wanita yang seringkali peduli tampilan fisik, menurut saya, Liquid Jade putih lebih cocok. Ponsel itu lebih kelihatan seksi.

    1. Bu Lisa Permata,

      Ayo saya pinjam Liquid Jade S-nya dong. Ntar saya review-kan deh. πŸ™‚

      Ponsel itu tidak beredar resmi di sini.

  34. Oh iya pak herry,tp saya sedang mempertimbangkan untuk kamera depan yg hanya 2 mp.apakah sudah cukup bagus pak herry mnurut bapak?mengingat jaman sekarng lg booming selfie apalagi wanita,pasti sdikit2 selfie pak.hee:)

    1. Pak Cahyo,

      Oh, kalau mau dipakai selfie, kurang direkomendasikan deh. Berarti, silakan beli Mi 4i saja.

  35. Rincian bonus penjualan OPPO
    pemilik toko 250k untuk satu unit oppo joy plus..
    penjaga toko 50k tiap unit..
    promotor @50k klo dtoko ada 2 promotor ya 100k..
    dan akan semakin banyak bonus bila unit yg djual semakin tinggi..

    1. Bu Vina,

      Terima kasih atas informasinya.

      Jadi, andaikan di satu toko ada dua promotor Oppo, dua orang itu sama-sama dapat Rp 50 ribu? Biarpun yang berjualan hanya salah satu promotor?

  36. Mas, saya mau tanya kalau cari distributor oppo / mau jualan hp oppo gimana ya? Apakah ada cara untuk berkerja sama dengan oppo store untuk mendapatkan harga murah / gimana gitu πŸ™‚

    1. Pak/Bu Uniq,

      Kalau Anda berminat berjualan ponsel Oppo, silakan langsung berhubungan dengan kantor perwakilan Oppo di daerah Anda. Oppo Store harus langsung menjual produknya kepada konsumen. Mereka dilarang menjual ke pemilik toko, kecuali pemilik toko itu bersedia membayar sesuai harga ritel ke konsumen.

  37. Pak tolong masukannya. Saya punya hp asus zenfone 2 tipe CL yg ramnya cuma 2 gb, trus sya mau tukar tambah sama oppo n1 mini saya nambah 200 ribu. Menurut bapak tindakan saya bagaimna pak ?

    1. Pak Fahri Safari,

      Saya sih prinsipnya sederhana. Selama cara jualan Oppo masih tidak etis dan cenderung mengelabui konsumen, jangan beli ponsel Oppo.

  38. Mau nnya pak. Saya pengguna oppo r5 saya ingin menanyakan. Kemarin hp saya tiba2 mati? Dan tombol volumenya mendem. Kalau saya perbaiki ke service center itu trmasuk masih garansi atau tidak? Terimakasih

    1. Bu Vinni Andriani,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Ya, termasuk dalam jaminan garansi. Silakan segera membawa ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Oppo.

  39. Kalo menurut saya, promosi itu tidak penting mau brand dari manakah, tapi yg penting itu ram dan cpu, karena kalo sony atau pun yg lain” masih 1 ramnya dimana kadang itu membuat andro kita lelet serta kurang dpt multi tasking dgn baik, kemudian cpu minimal sudah yg terbaru yg itu snapdragon 8.1.0

    Kalo sy beli oppo yg sy liat adalah ram dan cpu nya bukan dari mana asal brand tersebut, kalopun merek iphone ram 1 gb itu juga kadang macet” jadi lebih baik saya beli oppo yg memang sudah memadai untuk jangka panjang

    1. Pak No,

      Saya setuju. Merek bukan segala-galanya. Namun, kalau ada merek yang tidak mengungkapkan sesuatu dengan jujur, mereka perlu dikritisi habis-habisan. Misalnya, aslinya merek Tiongkok, tetapi mengaku dari Amerika, seperti yang berkali-kali saya temukan dalam praktik penjualan ponsel Oppo.

    1. Pak Arie,

      Kualitas Oppo memang di atas rata-rata ponsel Tiongkok. Yang sangat saya permasalahkan adalah cara mereka dalam berjualan.

  40. Saya pengguna oppo n1 keluaran pertama, dah setahun lebih pakai oppo, toi kmrin setelh main game asphalat oas baterray nya low bate hpnya langsung mati nah waktu di cas lagi gak ngisi daya batteraynya sy coba ngecas ulang alhasil smoe pagi gak ngisi batteraynya. Krn gak tau cara buka hpnya sy bw aja k cs katanya butuh wktu 2 minggu tuk perbaikan, kira2 ada yg tahu gak masalahnya apa y, soalx oppo e,ang OK’s banget dlm fitur dn browsing….suarax juga jernih apalagi kamerax ok…

    1. Bu Lia,

      Kemungkinan paling ringan: sisa daya baterai ponsel Anda terlalu minim. Lebih rendah daripada ambang batas minimal. Istilah awamnya, charger-nya jadi nggak kuat ngangkat.

  41. Pak Herry SW
    saya mau tanya kalau samsung grand prime, oppo neo 5 sama Asus bagus mana ya pak? Budged nya cm Rp.2500 πŸ™‚

    1. Bu/Pak Okta,

      Wah, kalau anggarannya Rp 2.500, belum bisa dapat ponsel deh. πŸ™‚

      Tanpa melihat anggaran dulu, Oppo dan Asus mending dicoret dulu. Berarti, tinggal tersisa Samsung Galaxy Grand Prime. Daripada membeli ponsel itu, saya lebih menyarankan Anda membeli Xiaomi Redmi 2 karena lebih murah dan lebih bagus.

  42. lagi googling tentang hp oppo nyantolnya di blog pak herry sw,wah tepat sekali ini.
    Begini pak sy ada rencana mau beli oppo R1X menurut bapak gmn?ato mgkn bapak ada pandangan lain dengan dana segitu?

    1. Pak Prasaswo,

      Terus terang saya lebih suka mengajak orang lain untuk tidak membeli ponsel Oppo. Kita harus memberikan “pelajaran” kepada promotor Oppo yang cenderung tidak jujur dalam memasarkan ponsel.

      Dengan anggaran Rp 4,3 juta, saya menyarankan LG G2 atau LG G Pro 2 baru. Boleh pula melirik Xiaomi Mi 4i yang spesifikasinya mirip R1X, tetapi dengan harga jual jauh lebih murah.

      1. hmm begitu ya pak herry.awalnya memang saya kepincut dengan desain dan bodinya yang saya pikir solid mengingat harganya yang relatif mahal memang.Tetapi setelah dapat masukan seperti ini saya coba pertimbangkan lagi deh :D.

  43. Pak Herry, saya sempat tertarik mau beli oppo, yg katanya dari amerika. Tapi setelah saya pikir” mending beli brand yang dah terbukti no tipu tipu dalam pemasaran. Saya tertarik dengan Samsung A3, gimana menurut Bapak?

    1. Bu Chrystine Fernandes,

      Setuju. Jangan membeli Oppo.

      Saya belum pernah menguji pakai Galaxy A3, tetapi pernah mencicipinya sebentar. Bodinya keren, tetapi kurang gegas. Menurut saya, daripada membeli Galaxy A3, lebih baik melirik Xiaomi Mi 4i atau Wiko Ridge Fab 4G. Oh ya, Lenovo P70 boleh pula dipertimbangkan.

  44. Pak…herry mau tanya dong saya mau bli hp budget saya 3 jt yg nyantel dihati ada 3 pak, samsung e5, oppo mirror 5, asus padfone s,kebutuhan untuk game, foto2 pekerjaan dan selfie lebih baik,saya pilih yang mana pak herry,saya butuh pencerahan anda.yg kira2 bisa tahan lama, gak rusakan, cari sparepart dan service centernya mudah..

    1. Bu Ajeng Novita Sicilia,

      Hmmm… ini pilihan sulit, apalagi buat saya yang sebenarnya tidak merekomendasikan ponsel dan tablet merek Asus. Saya sih memilih Padfone S dengan catatan service center-nya buruk ya.

  45. saran saya jangan beli oppo. service tidak baik pikir 100 kali untuk beli , ternyata banyak orang yang kecewa dengan service oppo .saya sudah juga mengalami sendiri. 2 bulan lebih nunggu infomasi service,di tlp bekali kali suruh nunggu seperpat .ahirnya hampir dua bulan terjawab sudah , katanya habis garansi, dinota beli beda sama dingaransi database mereka. padaha saya beli di diler resmi . cuma selisih 2 hari katanya. kok harus nunggu hampir dua bulan dengan kejelasan itu kenapa gak dari awal.katanya nunggu onderdil harus ganti mesin.ujung ujungnya harus beli mesin sekitar 800 ribu plus biaya bla bla bla 200an . habisnya sekitar 1 juta. saya pun dengan sabar bertanya.kalau beli bisa jadi kapan sama cs nya, dia bilang kalau bapak acc 1 dua hari jadi pak.. wahhhhhhh gila bener nih .kenapa harus nunggu 2 bulan dan katanya nunggu mesin. kalau cuma ujung2nya saya di permainkan. bagi saya bukan karena harga ,saya beli oppo seharga 2,7 karena iseng saja awalnya tapi setelah bayak di internet yang kecewa sama oppo,dan sayapun mengalami langsung ,saya tidak rekomendasikan produk ini.beli produk yang sudah terkenal saja untuk kualitas barang dan sevicnya denga harga yang sama ..intinya oppo tidak baik dehh .anak cucu saya, saya haramkan pakai oppo.karena saya benar sangat kecewa sekali.

  46. haha ketawa ngakak deh baca dr atas sampe bawah gw y udah ganti n nyobain satu” hp mulai dr samsung oppo asus advan lenovo xiaomi dan sony iphone 4 yang paling bagus n cocok juga tetep oppo . kameranya mantap layar juga kuat dan ga lemod layar dg 4.7 pas ditangan n dikantong dibandingin xiaomi pengen jungkir gw gw nyoba xiaomi kmr 13mp dengan oppo r819 8mp jauh pakek banget . dibandingin lg sama samsung s3 juga kalah trus gw bandingin lagi sama iphone 4 waktu malam ga ada apa”nya sama sekali .
    jadi kalo belum nyobain hp satu” gausah ngehujat dulu ye . masalah harga sekond ngejual jangan ke konter semua harga jeblok ga hanya oppo ajah tp konter ntar ngejualnya juga tinggi dia juga cari untung buat hidup dia juga kerja . beli oppo jangan yg harga 2jt kebawah coba yg 2jt keatas ntar juga bisa ngrasain kok bedanya dimana .

    1. Bu Desi,

      Wow… Anda sudah mencoba berbagai merek ponsel dan merasa Oppo paling bagus ya.

      Kalau saya kebetulan baru mencoba ratusan tipe ponsel dari puluhan merek.

  47. kalo permasalahannya hanya di cara memasarkan saja jangan ngehujat kualitas oppo itu jelek bla bla bla . semua hp juga pasti ada yg rusak ga ada yg ga bisa rusak . jadi beli hp itu yg ga malu”in aja jangan merk doang giliran buat moment selfi aja hasilnya sangat mengecewakan . kyk xiaomi samsung asus iphone 4 . aku akui oppo kameranya bagus dan layarnya kuat dibandingkan yg lainnya jatuh aja udah retak . itu menurut pengalaman saya yg udah ngerasain yg bukan omdo alias omong doang .

    1. Bu Desi,

      Silakan mencermati lagi komentar saya di atas. Yang saya permasalahkan bukan kualitas ponsel Oppo, melainkan cara berjualan ponsel Oppo yang cenderung mengelabui konsumen.

  48. saya butuh informasi..mengenai kekecewaan yang berat ttg happe oppo beserta service centre nya saya juga mengalami.bolak balik dipermainkan service centre. saya beli oppo r819 dan mengalami mati total setelah 1’bulan garansi habis.. sya bawa keservice centre alasan mereka adalah musti upgrade dan dilakukan reboot yg menyebabkan data hilang semua. oke saya relakan data saya’ tapi dr service centre malah bilang dengan bahasa mereka yg terkesan coba coba. jika proses reboot gk sukses maka akan menyebabkan mati total dan musti ganti mesin. lah yang bner saja?? apa fungsinya saya beli hape mahal2′( wKtu itu harga 3.6 juta) yang akhirnya cuma akan jd brang rongsokan yg gk terpakai.. buat apa saya bwa ke service centre tapi mreka tidak memberikan kondisi akhir yang bagus setelah diservice malah cuma di buat main 2 yang ujung2 ya ganti mesin.. setelah tanpa konfirm mrka sedah melakukan rebot dan benarlah mati total dan musti ganti mesin. dengan jengkel pun sya meng iyakan permintaan gnti mesin dengan biaya yg dipermainkan dr harga awal 1.1 smpe 900’rbian smpe saya konfirm ke oppo jojga dan bandung akhirnya mereka mnwarkan harga 630’rbu.. setelah dilakukan gnti mesin katanya pcb mainya yg musti dignti.. sya minta bukti pergntian mesin lama. tp sya diksh pinset dengan merek SAMSUNG. Ini yang mana yg benar? apa sya yg tidak paham bahwa memang pinset samsung digunakan di merek oppo yang ngakunya hape high class dengan merek dagang besar promo dimana mana??’mhon informasinya jika ada yg tau.. apa saya yg sudah di bodohi oleh service centre??

    1. Bu Flora,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      1. Apakah petugas di pusat perbaikan resmi Oppo berarti melakukan tindakan tertentu (yang Anda tuliskan sebagai reboot, tetapi saya menduga bukan reboot) dengan risiko mati total tanpa persetujuan Anda? Kalau iya, Anda bisa mempermasalahkannya.

      2. Lho, biaya ganti mesinnya kok bisa berubah-ubah? Seharusnya ada standarnya biaya yang bersifat standar. Btw, Anda berada di kota mana tho? Kok bisa kontak Oppo Jogja dan Bandung. Itu kan dua kota yang berbeda.

      3. Pinset Samsung? Maksudnya gimana ya? Saya masih bingung.

      4. Kalau tak ada solusi memuaskan, masukkan ke surat pembaca di koran terkemuka saja deh. Kalau Anda di Jogja, kirimkan surat pembaca ke Kedaulatan Rakyat. Kalau ada di Bandung, kirimkan ke Pikiran Rakyat.

  49. saya terlanjur beli oppo R7,lkmarin masmas counternya menarik bngt omongnya tntng hp oppo.terus saya beli sihh…pdahal udah beli kartu yg koneksinya 4G,tp kok g k bsa bwat browsiingng ya….tp kameranya dll bagus sihh..

  50. Duuh oppo itu hp penuh tipu daya yg jual pun jg, bilang hp tahan lama fiture canggih, masak baru di pakai 2 bulan langsung bobrok, sangat kecewalah, padahal saya waktu itu pingin beli Samsung buat mamaku sama salesnya di paksa beli oppo katanya hp dg fiture canggih. Eh dipakai 2bulan ud bobrok

  51. Pak saya mau bertanya, saya dilema mau beli xiamoi redmi 2, oppo joy 3, atau samsung j5, harga samsung j5 berapa pak ?
    Terimakasih

    1. Pak Eko Nugroho,

      Wah, saya tak mengetahui kalau ada ponsel Xiamoi Redmi 2. πŸ™‚

      Kalau yang dimaksud Redmi 2, kesepadanan harganya paling bagus. Ponsel itu boleh Anda beli.

      Samsung Galaxy J5 saat ini dibanderol Rp 2.799.000.

  52. pak herry,mau nanya.
    untuk hp merk sony,samsung,htc,lg,acer, dan lenovo yang paling mantap yang harganya 2 jutaan apa ya pak?
    sekian,terima kasih pak.

    1. Pak Zahrul,

      Rp 2 jutaannya maksimal berapa? Sebab, Rp 2,999 juta pun masih termasuk Rp 2 jutaan lho.

      Untuk sementara, saya anggap Rp 2 juta bulat ya. Pilihan terbaik di harga segitu adalah Acer Liquid Jade.

        1. Pak Zahrul,

          Ok. Di harga segitu, menurut saya, silakan melirik Xiaomi Mi 4i.

          Kalau Anda tak mau ponsel merek Tiongkok, pilihlah Lenovo P70 atau Samsung Galaxy J5.

    1. Pak Mustaqim,

      Galaxy J5 unggul di kemampuan LTE, sedangkan Liquid Jade unggul di kamera dan desain. Nah, Anda tinggal memilihnya berdasarkan kebutuhan.

  53. Pak Herry, maaf mau tanya. Dgn budget 1,5 s/d 1,8jt, saya bingung sebaiknya pilih smartphone mana. Pengennya yg kameranya lumayan, RAM at least 1 GB, layar >4,3″. Sempat bingung antara Samsung J1, Lenovo A6000, Lenovo K Note, atau Xiaomi Redmi 2. Atau mungkin ada rekomendasi lain. Mohon pencerahannya. Terimakasih

    1. Pak Siswa,

      * Samsung Galaxy J1 silakan langsung dicoret.
      * Lenovo A6000 belum pernah coba.
      * Lenovo K Note juga belum pernah coba. Namun, harga jualnya pasti lebih dari Rp 1,8 juta.
      * Xiaomi Redmi 2 layak dibeli. Karena anggaran Anda sampai Rp 1,8 juta, lebih baik sekalian membeli Redmi 2 Prime. Harga barunya Rp 1,799 juta.

  54. Pak Hery,

    Samsung J1 kenapa langsung diblack list? Xiaomi Redmi 2 Prime apa sudah beredar di negara kita? Dan jika sudah apa dijual secara offline? Saya belum pernah beli apapun via online. Sebagai informasi, saya tinggal di Madiun Jatim. Dimana saya bisa mendapatkan device tersebut pak? Tentunya yg bergaransi resmi TAM/Erajaya/Trikomsel. Terima kasih atas responnya

    1. Pak Siswa,

      Lha Galaxy J1 nggak asyik kok.

      Redmi 2 Prime sudah beredar resmi di Indonesia. Pada 22 September lalu dijual online di Mi.com/id, lalu 28 September di Lazada, dan 6 Oktober di Mi.com/id. Jadwal penjualan offline belum diketahui.

      Pesan saya, pastikan membeli Redmi 2 Prime bergaransi resmi.

      1. Pak Hery,

        (*) Nggak asyiknya Samsung J1 di mananya ya pak?

        (*) Waduh itu berarti saya harus buying by online untuk mendapatkan device tersebut? Kalau Xiaom Redmi 2 penjualan secara offline sudah ada ya pak? Mungkin pilihan saya saat ini lebih condong ke Redmi. Menurut bapak, kekurangan apa yang dimiliki Redmi 2 ini? Sejujurnya saya masih agak ragu karna ini produk termasuk baru. Apalagi spesifikasinya gahar tetapi haga miring. Mohon pencerahannya pak.

        Terimakasih responnya.

        1. Pak Siswa,

          Layar J1 kurang sip. Ponsel itu juga tidak gegas. Mending beli Xiaomi Redmi 2 deh.

          Ya, untuk sementara penjualan resmi Redmi 2 Prime lewat jalur online saja.

          Kekurangan Redmi 2 atau Redmi 2 Prime nih? Kalau Redmi 2, silakan baca review ponsel itu yang sudah saya unggah ke blog ini. Kalau Redmi 2 Prime, saya juga belum tahu karena belum mengujipakainya. Saya baru sebatas membuka kardus dan menyalakannya sebentar.

  55. over price? Think again deh, ga cuma spesifikasi bro, tp liat fitur jg benefit nya bro.. klo emang over price, bandingin aja misal samsung j1 bs lenovo a6000+ tentu spekjauh, harga sama, tp apa yg beda? kualitas, after service, benefit bisa jd faktor bro..

    1. Pak Wahid Andri,

      Ini yang dibahas Oppo kan? Mau harga Oppo Rp 100 ribu pun, kalau cara berjualannya masih tidak jujur, buat saya Oppo tetap tidak layak beli.

  56. yang terhormat bapak herry sw.. saya curiga kenapa anda benar benar membenci satu brand yaitu oppo.. saya salut begitu gencar dan semangatnya anda meracuni orang orang agar tidak menggunakan smarpthone ini..
    jika hanya pada masalah anda membenci penjualnya .. kenapa anda menjatuhkan produk nya.. maksud saya anda tidak objektif. tidak pada permasalahan andaa.. atau ini hanya siasat atau visi anda menhatuhkan oppo.. dan mengangkat salah satu brand lain nya.. yg saya kutip dari semua percakapan anda sepertinya anda begitu mendewakan xiaomi..
    kalau saya menilai anda.. anda justru lebih licik daripada strategi penjualan mereka (penjual oppo)
    anda menjatuhkan dan mendoktrin orang orang agar tidak memilih oppo dan menyarankan brand yg tadi saya sebutkan.. sungguh hebat anda.. licik.. penuh intrik.. kalau saja anda melakukan hal yg lebih berguna daripada forum ini.. saya yakin anda akan lebih dihargai.. terima kasih

    1. Pak Darma,

      Selama cara berjualan Oppo belum jujur, saya akan terus mengkritisi merek tersebut. Sebab, yang terjadi di pasar bukan lagi ulah oknum, tetapi terjadi secara masal.

  57. Dari pada samsung harga mahal sekarang di buat di indonesia. Klu lcd super amoled pecah mau ganti harga hp seken. Kesing plastik. Punya ku hp samsung s3 LCD mati/pecah mau perbaiki 1jt50rb. Sedang harga sekennya sekarang 1,6 q aimpn aj tu siapa tau betelor hahaha
    Semua hp jual seken gak ada yg gak turun jauh. ipon samsung sony sama…
    Apa lg jual di conter kan mau di jual lg biar dapat untung.
    Oppo di kelas menenga camera bagus di banding hp asus.

    1. Pak Hanggara,

      Lha memangnya Oppo murah? Harganya di atas rata-rata lho. Bisa bersaing mahalnya dengan Samsung. Kalau LCD ponsel Oppo pecah, biaya perbaikannya nggak kalah mahal dengan Samsung deh.

  58. Pak Herry,

    Sampai sekarang saya masih belum memutuskan memilih smartphone mana. Apa benar jika pada Xiaomi Redmi 2, aplikasi hanya bisa disimpan di memory internal saja dan tidak dapat dipindah ke memory external?
    Bagaimana menurut bapak dengan Vivo Y28? Dengan budget maksimal 2jt, mana yang paling tepat pak? Utamakan kamera yang bagus dan sosmed lancar.

    Terimakasih

    1. Pak Siswa,

      Saya malahan tidak memperhatikan hal itu saat dulu memakai Redmi 2. Bagi saya, kalau pun bisa disimpan di memori eksternal, aplikasi tambahan sebaiknya tetap disimpan di memori internal. Sebab, kenyamanan aksesnya akan terasa berbeda. Agar tak sampai kehabisan memori internal, instalasikan aplikasi tambahan sesuai kebutuhan saja. Aplikasi tambahan yang sudah jarang dipakai sebaiknya dihapus.

      Saya belum pernah mencoba Y28. Jadi, saya tak tahu bagus tidaknya.

  59. Memang benar saya sangat menyesal membeli produk oppo . Saya membeli oppo joy yang keluaran pertama pada bulan maret kemarin , tetapi saat september kemarin hp oppo joy saya rusak karena mati total . Karena saat hp saya habis total baterainya Saya lupa ngecas . Pas saya coba cas nggak bisa bisa . Akhirnya saya bawa ke toko tempat saya beli oppo joy , toko nya resmi . Katanya cuma perlu 1 minggu saja , kalau sudah jadi , mereka akan kabari . Sekarang sudah 1 bulan belum ada kabar sama sekali .setiap minggu saya telpon terus, katanya sparepart nya belum bla …. bla …. bla….. . Oppo memang servicenya lama .keluarga saya pada pake oppo .ternyata saat servicenya kyk gini jadi kesel . Akhirnya sekarang saya ada keinginan untuk move on dari oppo . Kalau menurut pak herry , android apa yang cocok untuk game , kamera , sosmed dan gak ngelag ? Untuk budgetnya 1,5 – 2,5 jt an . Trima kasih … maaf kepanjangan

    1. Pak Ajie J.,

      Silakan melirik Xiaomi Redmi 2 Prime yang dibanderol Rp 1,799 juta. Kalau ingin yang lebih gegas, tetapi kamera kurang bagus, ada Infinix Zero 2 LTE yang dijual Rp 2,499 juta.

  60. pak permisi saya mau tanya lebih milih atau bagus mana antara sony xperia c3 dengan oppo mirror 5 ? dan kenapa? soalnya disini saya bingung antara kedua hp itu, saya ingin memakai dalam waktu jangka panjang. terimakasih.

    1. Bu/Pak Divi,

      Ponsel Oppo silakan dicoret dulu. Mari kita sama-sama memberikan pelajaran terhadap merek yang tidak jujur dalam berjualan.

      Xperia C3 sebenarnya oke. Namun, karena Anda berencana memakainya dalam jangka panjang, lebih baik mencari ponsel keluaran lebih baru.

  61. Saya ingin membeli phablet alcatel one touch flash plus yang di dalamnya ada semuanya yang saya butuhkan tapi permasalahannya ada keluaran baru seri flash 2 dan bingungnya saya antutunya berbeda karna saya suka gaming berat termasuk real ressing 3.
    Dan tentunya di flash 2 juga sudah lollipop.pertanyaannya kenapa phablet alcatel pabrikan prancis tsb batraenya tidak bisa di lepas..
    Terimakasih..

    1. Pak Dabu,

      Waduh, jangan membeli Flash Plus. Di antara seluruh smartphone yang saya coba sejak Januari 2015 sampai saat ini, Flash Plus adalah smartphone yang paling mengecewakan saya.

      Mengapa baterainya tidak bisa dilepas? Ya itu kan tergantung strategi desain Alcatel.

  62. saya pribadi sangat puas memakai hp oppo yoyo, karna apa?karna saya rasa hp oppo itu emang bagus bandel.
    pertama dari disennya oke,perporma ni hp juga oke,kalu cuman bootloap flasing ulangnya guampang banget tanpa pc.beda dibandingi samsung atau merk yg laen
    OPPO TERUS MAJU!!!

  63. Benar.. Mungin memang itu setrategi dan pemikiran yang jitu ,jika batrae berdaya tampung lebih dari 3000 sudah pasti jarang yang akan memerlukan batrae cadangan jadi mungkin saja hanpone pabrikkan ini tidak mahu susah payah membuat batrae baru jika sewaktu-waktu batre alcatel mengalami kerusakan ( baca : kembung ) atau justru malah sebaliknya biar mengalami masalah pada batre kemudian beli lagi.. Hah..
    Tapi biar bagaimanapun saya benar-benar jatuh hati pada phablet tsb.. harga di bawah 2 juta tapi dapur pacunya itu.. Aargg..

  64. Pak saya mau tanya dari sekian koment di atas sblm saya beli,,,saya msh bingung sekali…Budget 2jt- 2,3jtan
    Mohon masukannya krna dr sekian hp android saya msh bingung, kebutuhan saya utk foto produk” aja yg uda lumayan, performa tdk lelet
    -OPPO JOY 3
    -OPPO NEO 5
    -SAMSUNG J1 ACE
    -SAMSUNG GRAND NEO +
    -LENOVO A 6000 :Kamera mumpuni lkg 8, depan 5 dgn harga murah, wajarkah?
    -kalo Xiaomi Redmi 2 di jogja saya bingung tmpt service centre resminya dimana..itu yg meragukan bagi saya,,,MOhon jawaban/tanggapanya makasih salam kenal dari Jogja πŸ™‚

    1. Bu Ridanti,

      Merek Oppo silakan dicoret dulu. Saya mengajak Anda “memberikan pelajaran” kepada merek yang cenderung tidak jujur dalam berjualan.

      Dengan memperhatikan anggaran dan tipe ponsel yang Anda sebutkan, saya mengusulkan Anda membeli Xiaomi Redmi 2 Prime saja. Yang ada ekor Prime-nya ya. Jangan Redmi 2 saja. Harga barunya Rp 1,799 juta. Di Jogja ada dua pusat perbaikan resmi Xiaomi kok. Satu di Jl Bumijo (saya tak tahu itu di mana), satu lagi di jalan dekat Stasiun Tugu. Ehmm… Mangkubumi ya?

  65. Bulan ini rencana mau beli samsung tab 3. Dan samsung galaxy Neo plus. Apakah spesifikasi kedua produk samsung itu bagus ?
    Apa setara dengan harganya?

    Mohon sarannya

    1. Pak Dsafar,

      Saya belum pernah mencoba dua produk itu. Jadi, tak tahu bagus tidaknya.

      Kalau bicara ponsel dan tablet Samsung, harganya sih cenderung overprice alias terlalu mahal.

  66. katanya kao service harus di bawa ke jakarta pak?kata penjual konter (oppo), saya jarang ada temen saya pakai xiaomi… atau samsung ya pak?kalo lenovo sering eror ya pak?spesifikasi kameranya bagus 8mp dan depan 5mp, sedangkan oppo dan samsung dgn harga yg sama kameranya hanya belakang 5mp dan depan 2mp

    1. Bu Ridanti,

      Tidak harus dibawa ke Jakarta kok. Bergantung tingkat kerusakannya.

      He.. he.. ya jelas saya penjual Oppo bilang begitu. Xiaomi bagus kok.

  67. Pak Herry yang terkasih,
    tolong bantu saya pak. Saya galau maksimal. Saya sangat tertarik dengan Hp oppo Mirror 5, tapi setelah membaca kekecewaan teman2 mengenai produk oppo saya jadi berpikir 2 kali. Tolong pak buget saya 3-3,2 jt. Hp apa yg pas untuk saya? Saya suka berfoto, sosial media, browsing, menyimpan foto, lagu, dan yang memiliki anti gores gorilla glass. Trims pak, Gbu

    1. Bu Esther Helen,

      Ya, jangan membeli ponsel Oppo.

      Dengan kriteria seperti itu, yang paling mendekati adalah Infinix Zero 2 LTE. Namun, hasil jepretan kameranya kurang bagus ya.

      Pilihan lain adalah Xiaomi Mi 4i. Namun, ponsel itu tidak dibekali selot microSD. Padahal, Anda bilang suka menyimpan foto dan lagu.

  68. emang bener oppo mahal banget, pas ditanya selalu bialng brand prancis lah, amerika lah padahal brand tiongkok. kenapa gak mau jujur aja sih?

  69. Saya pake oppo mirror 5 udh sktr 2 bulan ini oke oke aja ko malahan saya puas krn desain bagus dan simple & slim, spesifikasi oke, dowload mp3 dan video juga cepat, even kamera depan cuma 8 MP tp sy pernah compare sama HP teman merk asus yg 12 mp dan hasilnya malah lebih bagus punya saya.. Kalo hrga jual yg turun mngkin krn merk oppo blm sekaliber samsung dan iphone, maklum masyarakat indonesia masih dibutakan merk..

    1. Pak Afdhofi,

      Saya suka dengan komentar Anda. Sebagai pemakai Oppo, Anda bisa memberikan pendapat dengan rasional.

  70. Mohon pendapatnya, saya mau beli hanphone tapi saya bingung mau milih yang mana.. Menurut kalian lebih memilih oppo r7 lite atau sony xperia c4 and m4.. Mohon pendapatnya?

    1. Pak Agus,

      Saya sih sederhana saja. Oppo dicoret dulu. Tidak ada produk bernama Xperia M4. Berarti, tersisa Xperia C4 deh. Saya tak tahu ponsel itu layak beli atau tidak karena saya belum pernah mencobanya.

  71. Pa herry
    Saya mau nanya , saya bingung mau beli xiaomi redmi 2 , ada yang bilang xiaomi yang garansi TAM itu ga ngejamin pihak TAM nya bertanggung jawab sepenuhnya , terus ada yang bilang Xiaomi itu gapunya service center nya (bdg) kaya asus,samsung, yg punya service center yg khusus menangani ponsel tersebut , terus ada yang bilang xiaomi itu kurang bagus kualitas . Menurut bapak saya harus gimana ya ? Saya ingin sekali beli xiaomi redmi 2 ini tapi saya ragu , tolong pencerahan nya ya pak . Terimakasih πŸ™‚

    1. Pak/Bu Adeaulia,

      * Sebenarnya bukan “Xiaomi bergaransi TAM” melainkan “Xiaomi yang didistribusikan oleh TAM”. Jadi, distributor resmi Xiaomi di Indonesia ada dua perusahaan, yaitu TAM/Erajaya dan Trikomsel.

      * Di Bandung ada service center-nya kok. Ini alamatnya:
      TAM Bandung Karapitan – Multibrand

      TAM Service Multibrand, Jl. Karapitan no 100
      Senin – Jumat: 09:15 – 17:30, Sabtu: 09:00 – 17:00
      Comtech Bandung Ruko City Square – Multibrand

      Ruko City Square, Blok 18, No. 9, Jl. Abdul Rahman Saleh, Bandung, Jawa Barat
      Senin – Minggu: 09:00 – 21:00

      Memang itu pusat perbaikan resmi multimerek. Namun, yang penting kan pusat perbaikan resmi.

      * Xiaomi kualitasnya kurang bagus? Nggak deh. Kualitasnya ooke kok.

      Silakan beli Redmi 2. Kalau memungkinkan, tambahkan anggaran Rp 300 ribu dan sekalian membeli Redmi 2 Prime saja.

  72. Selamat Pagi. .
    Pak Herri, mohon bantuannya. Saya butuh Hp untuk bisnis online. Spesifikasinya yg penting baterai tahan lama, tidak lelet untuk multi chat (line, bbm, wa, dll), kamera oke karena untuk foto produk. Budged 2-2,5 juta. Kira2 HP apa yg cocok? Terimakasih atas pencerahannya πŸ™‚

    1. Bu Nieta Firda,

      Nah… ini yang susah. Di kisaran harga tersebut, tidak ada ponsel yang seratus persen mampu memenuhi semua kriteria Anda. Yang paling mendekati sih Lenovo P70. Namun, Anda perlu menambah anggaran sekitar Rp 50 ribu.

  73. Teman saya beli oppo yoyo, setelah satu minggu garansi habis malah mati total,
    Ditanyaa ke service centernya, biaya perbaikan lebih dari 500 ribu, akhirnya masih mangkrak tu hp

  74. masih jauh menang xiaomi,dulu sata dikasih pilihan r1x atau mi4i saya pertama tergiur r1x karena bodynya?? tapi akhirnya setelah saya pelajarin untuk 2 tahun kedepan mendingan mi4i

  75. misi mas,saya punya hp oppo find clover..terus tadi pas dipake tiba2 layarnya nge freez gitu tapi masih dalam keadaan nyala..mau di matiin juga gabisa,tapi akhrnya pas di coba matiin bisa juga,nah pas saya nyalain..yg biasanya pas mau nyala hp nya keluar logo oppo..ini malah nggak ada..terus pas udah nyala ..layar nya malah item..tapi kyk ada terang2 lampu lcd nya gitu..terus kal o di matiin sambil dicharge..gak keluar tanda kalo itu ngecas,cuman item doang layarnya sama nambah terang doang lampu layarnya..klo blh tau itu knp ya?makasih

    1. Pak Aditt,

      Silakan segera membawanya ke pusat perbaikan resmi Oppo.

      Pesan saya, lain kali jangan membeli ponsel Oppo lagi ya.

  76. pak heri,permisi mau tanya. mohon penjelasannya kenapa tidak merekomendasikan asus? saya mau beli asus zenfone 2 4/32. atau lebih baik zen deluxe?
    kalo merek samsung,apa benar kita harus coba yang A,S,E series untuk bisa membuktikan samsung gak unggul brand doang?
    dan,saya mau tanya,lebih mending saya beli iphone 4/4s atau bb dakota yah? budget anggep ga terbatas,wkwkwkwk. makasih ya pak. saya tunggu jawabannya. dan btw,device saya saat ini oppp r7 lite

    1. Pak Syahrullah Herdiansyah,

      Kalau dihitung, mungkin saya sudah lebih dari seratus kali menjawab pertanyaan mengapa tidak merekomendasikan Asus. Saya ulang lagi ya. Ada apa dengan Asus?
      1. Sejak zaman Transformer, Nexus, dll sering terlambat memasukkan barang.

      2. Pengaturan distribusi terlihat acak adut. Pada rentang waktu tertentu, saya melihat unsur kedekatan sangat berperan.

      3. Selama mencoba ratusan tipe ponsel, baru di Asus saya mendapatkan sebuah ponsel baru gres sudah geripis di tiga sisi.

      4. Pusat perbaikan resminya cukup andal dalam melatih pengendalian emosi.

      Poin nomor 1 dan 2 kini saya pantau sudah mengalami perbaikan yang cukup signifikan. Nomor 3 juga sudah mulai ada perbaikan. Saya semakin jarang mendengar cerita ponsel Asus bermasalah saat dikeluarkan dari kardus. Berarti, pengendalian kualitas telah semakin baik.

      Khusus poin nomor 4, sampai saat ini masih terjadi.

      Bila tiga poin pertama sudah benar-benar baik, ponsel Asus mungkin akan mulai saya lirik. Saat ini saya sedang menguji pakai Zenfone 2 Laser. Naga-naganya ponsel ini boleh dibeli.

      Anda akan membeli Zenfone Deluxe yang mana? Kalau yang reguler, bukan special edition, intinya sama dengan Zenfone 2 RAM 4 GB dan ROM 32 GB kok. Perbedaan utamanya di back cover. Kalau saya kok cenderung jangan beli itu ya.

      Untuk membuktikan kalau Samsung nggak cuma modal nama, yang perlu Anda coba adalah Samsung seri Galaxy S dan Note. Namun, ya gitu deh, harganya tinggi.

      Menjawab pertanyaan terakhir, ya tergantung Anda ingin coba iOS atau BBOS.

  77. halo pak hery,permisi mau tanya. mohon penjelasannya kenapa tidak merekomendasikan asus? saya mau beli asus zenfone 2 4/32. atau lebih baik zen deluxe?
    kalo merek samsung,apa benar kita harus coba yang A,S,E series untuk bisa membuktikan samsung gak unggul brand doang?
    dan,saya mau tanya,lebih mending saya beli iphone 4/4s atau bb dakota yah? budget anggep ga terbatas,wkwkwkwk. makasih ya pak. saya tunggu jawabannya. dan btw,device saya saat ini oppp r7 lite

    1. Pak Syahrullah Herdiansyah,

      Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja ya. Kali ini masuk dobel lho. Pertanyaan pertama sudah saya jawab.

    1. Pak/Bu Fatim,

      Merek Oppo silakan langsung dicoret. Marilah kita tidak membeli merek yang cara berjualannya kurang jujur dan cenderung mengelabui konsumen.

  78. pak maf…apakah anda ini promotor samsung yak?
    saya agak gemes kenapa org mau beli oppo gk dibolehin
    semua kan pny hak…kalo gk dibolehin ya lebh baik dgn kata2 yg enak gitu
    saya pkek oppo dr pertama.saya merasa puas dr find clover rusak tak diemin repair sendiri
    miror 3 yg kece badai buat camera sampe dipinjem temen buat selpi sana sini
    sekrang saya pkek r5…kmaren saya beli trnyta ada cacat pabrik…lalu saya ke sc dan hp oppo saya di return
    saya pernah pakai lenovo lemot sekali untuk membuka aplikasi
    saya juga pernah pakai samsung eror entah ngelag,flash nyala sendiri,buat word ppt pdf susah dibuka
    …pd dsr nya kan ya namanya sales promotor dikejar target kan pasti juga gt bgus2in brand masing2 mau bohong apa gak kan uda ada urusanya sendiri sama tuhan…tp overall saya puas pkek oppo terutama r5 ini….
    maf pak bila ada kata yg tdk berkenann

    1. Bu Ana,

      Saya bukan promotor Samsung.

      Saya memang menyarankan orang untuk tidak membeli ponsel Oppo karena tidak simpatik dengan cara mereka berjualan yang cenderung tidak jujur dan mengelabui konsumen. “Hukuman” itu pantas Oppo dapatkan.

      Ya, saya paham bahwa promotor Oppo dikejar target. Saya juga tahu kalau promotor Oppo akan “didenda” Rp 500 ribu bila dalam satu hari tidak mampu menjual satu unit ponsel tipe tertentu. Namun, hal itu ya jangan lantas dijadikan alasan untuk berbohong.

      1. saya paham dengan yg anda maksudkan tp biarlah org jujur atau tidak itu uda ada urusannya dengan yg diatas…kalo penilain anda mengenai jgn beli oppo cuma krn promotor itu tdk bs jd alasan…jadi saya rasa anda memiliki sesuatu dgn pihak oppo..toh samsung,lenovo,asus pasti jg bakalan bagus2in prodaknya kan diblg dr ini lah itulah.tp knp hrus oppo yg dikambing hitamkan…namanya juga cari uang promotor samsung dll menurut saya bakalan nglakuin apa aja yg ptg bs laku…saya bukan seles oppo…tp saya hanya menyikapi review ini dgn apa yg sy rasakan….maf ya pak bila kata2 saya kurang berkenann…

        1. Bu Ana,

          Terima kasih atas responsnya.

          Karena praktik di lapangan menunjukkan banyak orang awam “tertipu” dengan informasi tak akurat soal Oppo, saya memutuskan sampai sekarang rutin mengampanyekan jangan beli Oppo.

          Jadi, dalam kasus ini, yang saya permasalahkan bukan kualitas ponsel Oppo-nya, melainkan etika bisnisnya.

  79. yang saya amati, di dunia belanja online, produk Oppo tidak mampu bersaing…
    jarang sekali penjual laris menawarkan Oppo di marketplace-marketplace.

    prediksi saya, bagi yg suka belanja online (asumsinya adalah mereka yang sudah lebih melek teknologi), Oppo memang tidak menjadi pilihan karena price to value comparison memang tidak sebanding.

    terlebih bagi yang suka gonta ganti hape, pasti rugi meminang Oppo, karena harga jual kembalinya terlalu jatuh ya.

    Saya mau sih pake Oppo R5, jikalau dapat diskon 50% πŸ˜€

  80. Selamat pagi bang henrry
    Mohon sarannya bang, kalo budget 1,9juta beli asus zenfone laser gmn? Atau ada saran lain bang? Buat dipake main game sm browsing
    Terima kasih

    1. Pak Sandi Iswahyudi,

      Salam kenal. Kalau tak salah ingat, sepertinya Bapak yang beruntung memboyong laptop mahal di sebuah acara di Ritz-Carlton Pacific Place pada 19 November lalu ya.

  81. Terima kasih Pak Hennry atas sarannya. Akhrnya saya beli zenfone lasser karena lebih banyak dipakai di daerah yg msh susah/tidak ada signal 4G. Nanti nabung dlu buat beli 4G biar ns ngerasain koneksi cepet. Sekali lahi terima kasih pak… sukses buat bapak

  82. koh Herry, minta sarannya, saya butuh hp yg memory internalnya besar agar banyak apps dimuat dan juga ram besar agar tidak lemot, mana yg mau dipilih diantara : asus zenfone 2 ze551ml ram 4gb / rom 64gb di online yg harganya jauh lebih murah, xiaomi note ram 3gb / rom 64gb, one plus 2 ram 4gb / rom 64 gb atau ada saran merk lain apa saja, terimakasih

    1. Pak Aris Dwi Purwanto,

      Saya belum pernah mencoba tiga varian ponsel yang Anda sebutkan. Kalau Zenfone 2 yang RAM 4 GB dan ROM 32 GB pernah coba, tetapi kurang mengesankan.

      Umpama harus memilih bak membeli kucing dalam karung, saya paling ingin mencoba OnePlus 2.

  83. koh Herry, minta sarannya, saya butuh hp yg memory internalnya besar (64gb) agar banyak apps dimuat dan juga ram besar (4gb) agar tidak lemot, mana yg mau dipilih diantara : asus zenfone 2 ze551ml ram 4gb / rom 64gb di online yg harganya jauh lebih murah, xiaomi note ram 3gb / rom 64gb, one plus 2 ram 4gb / rom 64 gb kemudian xiaomi redmi note 3 atau ada saran merk / type lain apa saja, terimakasih

    1. Pak Aris Dwi Purwanto,

      Biasakan mengirimkan pertanyaan yang sama satu kali saja. Saya ingat pasti, pagi ini saya sudah menjawab pertanyaan yang sama. Silakan Anda lihat di tempat Anda kali pertama mengirimkannya.

  84. Siang itu saya mau beli Hp huawei honor x4. Nyampek di sebuah konter stok nya lagi kosong dan langsung di arah kan untuk memilih OPPO. (Plus di hipnotis secara tidak langsung) haaa…
    Pdahal selain Oppo masih bnyak merk yg lain.dari situ nya saja sudah mengundang pertanyaan. Ahirnya saya balik ke rumah dengan memporoleh pertanyaan kenapa harus oppo. Dan kini jawaban nya.. Saya sudah tau.

    1. Saya antusias membaca thread ini dr awal td..tp sya tdk mnyayangkn soal bpk mnjlek2n oppo krena emg oppo itu overprice..spek berbanding trblik dgn hrga.kl kualitas sih msh rata2..yg ane g suka pak henry dr td cm nyebut xiaomi entah itu redmi 2, redmi 2 prime dan acer liquid jade..kyk sales xiaomi sm acer aj bpk ini.yg lain bpk anggap jlek..prlu bpk ktahui..redmi 2 prime dan zenfone 2 laser yg sm2 ram 2 gb udh smua sya coba dan free space ramny g jauh beda skitr 600mb..wajar g tuh..mnurut sya ram 2gb hp2 itu cm gimmick aj krna pmakaian ramny gila boros bgt..it yg bpk bggakn dr xiaomi.jujur y hasil kamera redmi 2 itu kl d zoom g detail n tajam pdhl 8mp..msh klah sm hp galaxy j2 sya yg 5mp..sya sdh mbuktikn dgn mmindhkn hsil ftony k komputer.

      1. Pak Dodo,

        Ada satu persepsi yang tidak sepenuhnya benar soal RAM. Anggaplah ada dua ponsel yang masing-masing memiliki RAM 2 GB. Kondisinya sebagai berikut:
        1. Dalam pemakaian sehari-hari, ponsel A menyisakan RAM 500 MB. Lima aplikasi yang dibuka pengguna masih berjalan di belakang.

        2. Dalam pemakaian sehari-hari, ponsel B menyisakan RAM 800 MB. Dari lima aplikasi yang awalnya dibuka pengguna, tinggal tiga aplikasi yang masih aktif di latar belakang.

        Manakah yang manajemen RAM-nya lebih bagus? Banyak pengguna yang akan menilai ponsel B lebih bagus. Padahal, realitanya tidak selalu seperti itu. Sisa RAM 500 MB sebenarnya masih sangat memadai untuk operasional. Jadi, ponsel seharusnya tak perlu menutup otomatis aplikasi lain yang sedang berjalan. Kondisinya akan berbeda kalau sisa RAM hanya 100 MB.

        Soal hasil kamera Redmi 2 vs Galaxy J2, Redmi 2 seharusnya masih sedikit lebih bagus. Nah, sekarang saya jadi penasaran, ada apakah dengan Redmi 2 yang Anda pakai. Mungkinkah kameranya bermasalah.

  85. Untuk baget 3jt. Dengan spech . ram 2G / layar minim 5 inc. / Batrai minim 2500 Mah. (Untuk kebutuhn game ) bagus nya merk,tipe apa ya pak ?? Mohon pencerahan nya.
    Terimakasih sebelum nya pak hery.

    1. Pak Romy,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sebab, saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana aktivitas tergolong padat.

      Kalau kamera tidak harus bagus, tetapi juga tidak jelek kok, silakan melirik Infinix Note 2 saja. RAM 2 GB, layar 5,98 inci, dan baterai 4.040 mAh. Jadi, semua kriteria Anda terpenuhi. Harga Rp 1,899 juta.

  86. aduh…persis deh dengan pengalaman saya ke konter Hp kemarin, mau tanya merk lain, di kejar terus dengan merk OpPO, saya langsung ilfill dengan kaya gini. Beli s

  87. Selamat pagi pak herry,
    kali ini saya ingin bertanya, baru baru ini dirilis OPPO R7S , menurut bapak apakah dengan spesifikasi yang ada OPPO R7S layak untuk dibeli dengan harga 4.999 ? atau sebaiknya dibeli tahun denpan dipertengahan tahun ?
    mohon informasinya pak, karena saya sudah sangat jenuh menggunakan samsung grand pertama yang ramnya cuma 1, dn ingin membeli hp untuk dipergunakan dalam jangka waktu yang lama.
    terimakasi mohon sharingnya.

    1. Bu I Dewa Ayu Nopiyanti,

      Aduh… jangan beli ponsel merek Oppo deh. Kalau diminta menyebutkan satu merek ponsel yang paling saya harapkan segera lenyap dari bumi Indonesia, saya akan langsung menyebut nama Oppo. Cara berjualan yang kurang jujur dan cenderung mengelabui konsumen membuat saya tidak simpatik dengan merek Oppo. Silakan membaca detailnya di http://ponselmu.com/yang-perlu-anda-ketahui-tentang-oppo/

      Galaxy Grand pertama untuk ukuran saat ini memang sudah kurang menarik. Saatnya melakukan peremajaan ponsel.

  88. Oh jd begitu, bole minta saran ga rencana mau beli xperia m5 trs slalu ditawarin oppo r7 bagusan yg mana ya kalau dipake buat gaming, selfie dan browsing makasi

  89. Haha iya juga pak herry, btw bisa rekomendasikan pak hp yang bagus untuk dipakai lama, saya suka photo kebetulan tapi belum photografi, suka main game, suka dengan sosial media. karena saya makek hp grand ini buka aplikasi yg besar langsung tertutup otomatis terkadang karena memorinya tidak cukup. mohon rekomendasinya pak herry.

    1. Bu I Dewa Ayu Nopiyanti,

      Anggaran Anda berapa ya? Usia ponsel saat ini tergolong singkat. Bukan karena cepat rusak, melainkan lantaran terasa sudah ketinggalan zaman.

        1. Bu I Dewa Ayu Nopiyanti,

          Ok. Berarti, Anda perlu ponsel berkamera, tetapi kameranya tidak perlu sampai ekselen ya. Yang lebih dipentingkan fitur-fitur lainnya.

          Kalau begitu, silakan melirik Infinix Note 2 Rp 1,899 juta atau Lenovo P70 Rp 2,6 juta.

  90. saya br ngeh kl ko Hery ga pnh bahas Oppo, ternyata ini toh alasannya, sy cr review ttg Oppo krn suami sy dpt Oppo dr kantornya, hanya tipe Neo 5 sih, tp lumayan jg dipakainya, berhubung ngga beli, dan sepertinya tidak niat untuk dijual juga, dan kebetulan LG optimus L7 saya rusak (bootloop kl tdk salah istilahnya) sepertinya saya akan pakai Neo 5 ini, walopun RAM hanya 1 G, tp kamera sdh bagus (8Mp)…

    btw, maaf keluar jalur, tadinya saya sangat tertarik sm LG G4 (saya luar biasa penggemar LG) tapiii sy bc di KASk**, katanya masalah yg sering bgt tiba2 hp LG nya mati total atau mrk sebutnya boothloop(kl tdk salah) apa betul itu ko’? saya jd ragu mw beli G4, secara harga cukup tinggi buat saya, tp kl cpt hang begitu jd mikir 2x… πŸ™

    1. Bu Rurie,

      Saya sebenarnya pernah membahas tentang Oppo. Ada beberapa ponsel Oppo yang pernah saya review. Saya juga termasuk blog, bahkan media pertama di Indonesia, yang memberikan bocoran soal Oppo ketika merek itu akan hadir di sini. Silakan melihat arsipnya di http://ponselmu.com/category/gawai/oppo/

      Namun, setelah beberapa bulan saya perhatikan cara berjualan Oppo tidak kunjung berubah, saya akhirnya memilih bersikap enggan menulis Oppo. Saya justru mengampanyekan jangan membeli ponsel Oppo.

      Soal G4, kabar itu benar. Sebagian G4 keluaran awal mengalami hal itu. Kondisi tersebut juga sudah diketahui oleh LG di Indonesia. Bila G4 milik konsumen mengalami masalah tersebut, pusat perbaikan resmi LG sudah memiliki prosedur baku:
      * Mesin diganti baru.
      * Bila dalam dua minggu stok mesin pengganti ternyata belum tersedia, G4 milik konsumen langsung diganti dengan satu unit G4 baru gres.
      Jadi, menurut saya, benar ada masalah. Namun, tak perlu khawatir karena solusi yang diberkan pusat perbaikan resmi LG cepat dan tepat sasaran.

  91. Baru ngeh saya mas. Setahun lalu saya ke toko smartphone. Rencananya sih mau beli hp merk samsung atau lenovo. Tapi belum-belum tengok harga hp yang saya inginkan, saya sudah tidak henti-henti ditawari hp oppo oleh spg disana πŸ™ Semua kehebatan oppo dipresentasikan.

    Rupanya memang mereka lebih banyak dapat komisi dari penjualan oppo yaa.. Pantas saja di toko tersebut, stand merk Oppo terlihat lebih mentereng. Dan memang membingungkan seolah-olah itu toko hp khusus oppo. Padahal merk yang lain pun ada.

  92. Maaf pak.. kalau menurut saya oppo lebih bagus daripada xiomi, sesuai pengalaman saya yg sering terjadi masalah adalah xiomi , emang saya akuin produk xiomi harga lebih murah dan spek tinggi tp soal kualitas kurang a sering menemukan hp xiomi yg rusak EMMC dan konslet ic power, hehehe.. maaf kalau perkataelan saya kurang berkenan saya bukan berpihak kepada oppo dan seles oppo saya cuma teknisi hp..

    salam hangat : kokbrutz cell

  93. saran hp rekomen harga 2 sampai 3 juta saya nggak masalahin service centernya yang penting kualitas hp nya bagus dan awet apa ya ? kalo bisa branded ,, kalo inceran saya sih asus zenfone selfie, samsung galaxy j5 dan xiaomi redmi note 2

    1. Pak Bintang,

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai. Kalau boleh menyarankan, lebih baik jangan membeli ponsel Oppo.

    1. Pak Bintang,

      Tak tahu. Lha saya belum pernah menguji pakai ponsel tersebut. Lain kali sebaiknya Anda jangan membeli ponsel merek Oppo.

      1. Para pemake oppo R7 lite saya mo tanya kornologi hp pertama hp ku abis batre atau lobet karna di perjalanan hp tak di cass sampe mati hp nya pas sampe tujuan hp ku cass tp ga bisa nyala lg kalo boleh tau kira apa nya nya kendala hp saya

  94. Kok ini tulisan bisa ada paling atas pa hsw? Saya kira ada update baru diberitanya, lihat tulisan awal dan akhir sama saja ga ada update. Error lah atau pa hsw mau edukasi pembaca blog agar “hati hati” dengan oppo πŸ˜€

  95. Pak Hery SW..dari awal saya kurang senang dengan oppo walaupun belum paham sama sekali dgn gadget modern karena sepele jualan ponsel kok seperti jualan kosmetik..hhh..lebih terkesan lebay krn sy cowok..dan setelah tahu spek gadget ternyata spek minim harga bikin kriting ala samsng jmn dulu jd tmbh kurang minat..
    Tambah lagi baru ini dari koh Hery makin manteb aja..dan sekarang apalagi banyak gawai yang hebat hebat harga bersahabat .dah ndak kepikiran ama Oppo …

  96. malem om herry, mungkin saya terlambat sekali berkomentar,. tapi berhubung ini pembicaraan cukup pedas jadi ikutan deh,..hehe
    waktu itu ada iklan oppo yang ngiklanin siapa ya ? cantik banget..
    tapi saya browsing kok kayanya harganya gak normal ya koh overprice (harga tinggi di spek menengah), secara saya adalah fansboys xiaomi
    dan saat ini diindonesia banyak yang melk teknologi, hingga brand baru sperti infinix, meizu, oneplus dll bisa betah jualan diindonesia.
    dan jika mempunyai banyak dana saya mau coba pureshot koh, untuk motret low ligh bagus gak?

  97. Maksudnya paling atas, paling baru jadi kemarin sore postingan ini ada paling atas diatas konten Review Leagoo Elite 5, kalau sekarang sih sudah normal yang paling baru postingan Review Wiko Highway Star. Makan nya saya kira ada yang diupdate di postingannya, mungkin error yah pak

  98. Ikutann ahhh.
    Kemaren baru beli oppo r7 second cod di mangga dua . Begitu bawa pulang eeh kepala chargernya bukan yang tipe vooc melainkan tipe yg untuk r7 lite tapi kabel data nya benar vooc. Siang tdi sy ke mangga dua dipertemukan kepada sales promotornya karena hp ini dlu dibeli di m2 juga. Mba” salesnya ngotot klo r7 tuh emg gini jiakaka. Padahal jelas” tertera di web dan di berbagai forum kalo r7 juga ud vooc. Kasian konsumen kalau salesnya kayak gini semua hahahaha. Btw pengguna pertama r7 yg sy punya skrng bener” gatau apa jadi dia pikir omongan si emba sales benar. Jadi besok saya mesti ke SC oppo kalo sampe gabisa diganti udalah balikin aja. Kecewa sangaaat dengan oppo (bukan dengan produknya , tetapi dengan promotornya)

  99. Aku senang smartphone Oppo karena namanya unik dan menarik. Tapi, apa ya arti Oppo yang sebenarnya dari segi bahasa? Gimana perusahaan Oppo. Terima kasih jika ada yang ingin jawab ketidaktahuan saya ini.

    1. Pak/Bu Ramadhani,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Tak tahu karena saya belum pernah mencoba Neo 7. Saran saja, jangan beli ponsel Oppo.

      1. saya punya oppo neo 7, jika ingin menjaga mata tinggal pilih tingkat perlindungan mata dan itu pun bekerja.
        tapi mohon saranya, kalau ada yang tahu kalo oppo neo 7 itu klo udh 100% itu smbngannya trputus atau tidak

        1. Pak/Bu Ramadhani,

          Kita nantikan jawaban dari pengguna Neo 7 atau penjual Oppo yang memantau thread ini ya. Dugaan saya sih mestinya terputus, asalkan Anda mengisi ulang ponsel dalam kondisi padam total.

  100. Herry SW
    Sesuai saran ni orang pergilah saya ke konter membeli redmi 2s gransi TAM 1,9jt
    katanya lebih bagus berhubung saya suka game download aspalt Lemot nya setengah jungkir balik. saya coba hapus data,cahce dan memulai lg tetap ajah.. okey mgkin hp nya yg sowak
    ganti game baru coc.. begitu mau war ehh malah Hang dan layar gak bisa di gerakin.. setelah di biarkan 15 menit ttap saja
    akhirnya di bawa ke konter data saya pasrahkan hilang semua..
    coba download lg melanjutkan game monopoli saya hp samsung prime
    hih pas lg enak enak maen hp saya hang lg layar hitam dan akhirnya saya mulai lelah dengan Xiomi redmi 2s ini!! Mgkin lain kali Anda jangan asal Mbacotttt doang.. Asal jelekin Brand lain dan Brand yg anda sarankan nyata nya Apaaa???
    hanya OMONGKOSONG!!
    DASAR LU SALES ONLINE
    SIALAN

    1. Pak Rivai,

      Maksudnya Xperia E4 non-4G dan Xperia E4 varian 4G LTE ya?

      Saya pernah mencoba yang non-4G dan belum pernah mencoba yang 4G LTE. Spesifikasi dasarnya sih sama. Untuk ukuran saat ini, ponsel itu sudah tidak menarik.

    1. Pak Fikri,

      Saya pernah menerima informasi serupa. Namun, saya belum bisa mengambil kesimpulan karena data yang masuk terlalu minim.

      Buat saya sih sederhana saja. Ponsel Oppo sebaiknya langsung dicoret. Jangan beli.

  101. Boss saya mau tny dimana saya bisa dapatkan camera depan oppo r7 lite???saya sdh ke sc oppo pun slalu blng blm ada..mohon bantuan nya

    1. Pak Husin,

      Ponsel Oppo Anda apakah masih bergaransi? Kalau iya, bilang saja ke petugas di pusat perbaikan resmi, “Saya tidak mau tahu. Ini masih bergaransi sehingga Oppo bertanggung jawab mencarikan solusi.”

      Kalau masa garansi ponsel itu ternyata sudah habis, cobalah mencari suku cadangnya di tempat yang lazim menjual suku cadang pnosel Tiongkok.

  102. Pak saya mau tanya. Oppo neo 7 dibanding samsung galaxy grand prime bagus mana ya ? Soalnya teman saya suka membanding2kan terus.
    Terus kenapa kalo foto2 di hp oppo nya bagus cahaya cerah tapi giliran d bluetooth ke hp lain suka redup apalagi suka pecah kotak2. Apa samsung galaxy grand prime juga kaya gitu ?

    1. Bu Feni WP,

      Relatif imbang sih. Teman Anda pakai Oppo ya? Berikan tautan ini http://ponselmu.com/yang-perlu-anda-ketahui-tentang-oppo/ supaya dia tersadar.

      Mengapa hasil foto saat dilihat di Oppo teman Anda bagus, tetapi saat ditransfer ke ponsel lain suka redup? Itu berarti hasil fotonya sebenarnya kurang bagus. Di ponsel Oppo terlihat bagus karena layar ponsel lebih terang dan kontras. Galaxy Grand Prime mestinya juga begitu, tetapi tidak separah Oppo.

  103. Yang pakai oppo neo 7 saya pak.
    berarti dari segi kamera oppo neo 7 vs samsung grand prime bagus samsung grand prime pak ? Tapi kan kamera nya sama 5mp dan 8mp

    1. Bu Feni WP,

      Wah, lebih baik lagi deh kalau yang pakai Oppo ternyata Anda. Boleh tahu mengapa dulu Anda membeli ponsel itu?

      Nah, itu yang saya belum tahu karena belum pernah mencoba Neo 7. Tampilan di layar ponsel tidak bisa dijadikan patokan karena sering menipu.

      Kamera boleh sama-sama lima megapiksel dan delapan megapiksel. Namun, hasil akhir di masing-masing ponsel sangat mungkin berbeda lho.

  104. Pak saya mau tanya. Hp yang bagus buat selfie, sosmed, browsing sama memori internalnya besar apaan ya? Budgetnya 2,5 jt sampai 4 jt

    1. Pak Amin,

      Kalau dana bisa ditambah Rp 400 ribuan, silakan beli Lenovo Vibe Shot. Kalau mau beli bekas, dengan anggaran Rp 4 juta ponsel itu sudah bisa diperoleh kok.

    1. Pak Amin,

      Kalau bisa menambah anggaran sekitar Rp 400 ribu, silakan beli Vibe Shot baru. Kalau tak bisa menambah anggaran, saya akan menyarankan Anda “turun” ke Hisense Pureshot Rp 1,999 juta.

  105. Memang benar kata om hendry oppo pembohong, kemarin ketipu mama saya beli hp mirror 5, dibilang mbaknya kalo sdh support 4g lte, saat saya cek ternyata ga support, dan web resmi fanpage oppo indonesia bilang kalo mirror 5 emang ga support -?????????????

  106. Trs klo tidak beli oppo beli apa pak?? Yg kira2 bagus, inovatif, dan layanan purna jual yg bagus??? Mohon pencerahanya….

    1. Bu Ita,

      Bila ada kriteria layanan purna jual bagus, berarti untuk sementara hanya ada tiga pilihan merek: LG, Samsung, dan Acer.

  107. saya baca dri.awal sampai akhir orang ini.kayaknya sales lenovo,,hehehehehehe kok lenovo tris yg ditawarin,pdahal ada samsung ma sony yg lebih bagus secara kwalitas

  108. Selamat pagi Pak Herry,
    Boleh minta pencerahan dari bapak, bagus mana oppo neo 3 dan xiaomi redmi note?
    Mohon saran, terima kasih πŸ™‚

  109. 3 hari yang lalu saya ke konter mau beli hape untuk istri saya .saya tadinya mau beli samsung j7 atau sony m4 karena sayq sendiri sudah pakai samsung j7,dijelaskan kelebihan dan kekurangan masing2,setelah itu saya di rekomendasikan oppo f1,saya curiga apa yang menjelaskan tadi sales oppo ,ternyata dia bilang iya,dan saya tanya oppo dari mana? dia jawab dari china.dan setelah di jelaskan dan saya coba oppo f1,akhirnya saya ambil oppo f1.

    ** kesimpulan saya disini tidak semua sales oppo berjualan bilang kalo oppo produk amerika seperti yang di bahas di sini,.
    pelayan yang saya dapatkan dari sales oppo tersebut oke .
    oppo f1 yang saya beli dari segi perform jauh lebih cepat layar lebih jernih dan kamera jauh lebih oke dari pada samsung j7.

    1. Pak Wahyu,

      Anda di kota mana? Salut untuk promotor Oppo yang melayani Anda.

      Btw, saya lumayan kaget saat mengetahui tiga hari lalu Oppo F1 sudah tersedia di kota Anda. Saat itu seharusnya Oppo F1 belum didistribusikan ke pasar.

  110. pak harry saya mau review dikit. kemarin 11 feb 16. saya rencana mau mulai mencari handphone yg saya taksir SAMSUNG A3 keluaran baru februari 2016 dan di bandrol harga 4jt (counter resmi).
    mulailah saya keliling buat survei harga di counter biasa ternyata di bandrol 3,8 jt.
    tapi sales dari 4 counter yg saya datangi gencar mempromosikan OPPO dan semua counter masih bilang kalau OPPO buatan AMERIKA. berbeda dari SAMSUNG yg di buat di Cikarang πŸ˜€

    sebelum saya membeli hp pilihan saya lebih baik saya sharring dulu agar tidak menyesal.

    1. hp apa yang pas untuk saya jika saya mencari kualitas baik (jarang ada kasus rusak), di pakai dalam jangka waktu lama (tidak cepat ketinggalan jaman), stylish (karena saya perempuan), dan hanya di bandrol 4jt rupiah????

    2. kenapa harga di counter resmi cenderung lebih mahal daripada di counter biasa pak?? ada rumor yg bilang kalo di counter resmi barang kualitas grade A. sedangkan di counter biasa agak kurang grade nya. apa itu benar??

    terimakasih pak.. πŸ™‚

    1. Bu Nanda,

      Boleh tahu Anda berada di kota mana? Ya begitulah kondisi nyata di lapangan. Kebanyakan promotor Oppo berjualan dengan cenderung mengelabui konsumen. Jangan membeli ponsel Oppo ya.

      1. Dengan kriteria seperti itu, selain jangan membeli ponsel Oppo, Samsung sebaiknya juga dicoret. Mengapa? Dengan anggaran Rp 4 juta Anda bakal memperoleh ponsel yang cepat ketinggalan zaman.

      Menurut saya, lebih baik dari anggaran Rp 4 juta itu Anda gunakan saat ini maksimal Rp 2,5 juta untuk membeli ponsel baru. Sisanya ditabung dulu. Sekitar 1,5 tahun lagi, Anda membeli ponsel baru lagi. Itu akan lebih menarik daripada, misalnya, Anda hari ini membeli ponsel Rp 4 juta dan baru berganti ponsel tiga tahun mendatang.

      Jadi, beli apa dong? Silakan mempertimbangkan Hisense Pureshot Rp 1,999 juta atau Asus Zenfone 2 Laser – LTE (ZE500KL) Rp 2,099 juta.

      2. Rumor itu tidak benar. Tidak ada grade A atau grade B. Harga di gerai resmi lebih mahal karena:
      * Biaya operasional mereka lebih tinggi. Jadi, ya harus ambil keuntungan lebih besar.
      * Mereka seringkali diwajibkan menjual sesuai harga ritel resmi yang dipatok produsen.
      * Gerai resmi kadang juga menawarkan cicilan tanpa bunga dengan kartu kredit selama jangka waktu tertentu. Harga awal langsung dibagi dengan periode cicilan. Misalnya, 6 bulan dan 12 bulan.
      * “Harga” untuk unsur kenyamanan dan keamanan.

  111. oh.. jadi itu hanya rumor ya pak herry.
    semua handphone sama aja. asal garansi nya resmi. begitu kah??

    kata nya kita lebih baik beli handphone di counter resmi. karena selain memang original, juga langsung di jual utuh sampai ke tangan produsen. tidak seperti di gerai biasa yg bisa jadi sudah di preteli isi nya. kardus dan plastik yg rapi tidak menjamin itu semua.

    begitu kurang lebih isi rumor nya.
    saya cuma orang awam yg bisa nya dengar rumor sana sini. hanya tuhan yang tau kebenaran nya. cuma jadi mawas diri aja sih.. hehe.

    saya di Kota Bekasi pak herry.

    terimakasih saran nya. bisa saya jadikan pertimbangan sebelum membeli.

    1. Bu Nanda,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Ya, barang sama saja.

      Benar, kardus dan plastik yang rapi belum tentu menjamin. Benar, ada sebagian kecil penjual yang nakal. Mereka mengganti aksesori bawaan dengan yang bukan orisinal. Aksesori yang orisinal kemudian dijual terpisah tanpa kemasan. Tujuannya untuk memperbesar keuntungan yang diperoleh. Namun, untuk ponsel baru dan bergaransi resmi, praktik seperti itu sudah semakin jarang terjadi.

  112. Salam bapak admin. Semoga sehat selalu. Sy sdh bca smua yg tertulis di atas, baik itu prtanyaan, komentar ataupun jawaban bpk sndiri. Kl ttg strategi marketing produk Oppo, kl sy blg sh gk ada masalah. Kalaupun trnyata ada bbrp promotor atwpun sales itu sndiri yg berbohong dgn mengatakan bhw oppo adalah produk amerika, yg salah adalah org trsebut. Dan sy jg sbagai konsumen menyalahkan, tdk akan mmbenarkan. Tp sy jg yakin bhw dr pihak oppo sndiri tdk prnah menyarankan atau mmberikan pelatihan agar melakukan hal bobrok seperti itu saat brpromosi. Kl ttg sales yg nakal, kmudian SC nya lelet, sy yakin dr dr produk2 lain jg bnyk. Trmsk wkt sy sndiri msh mmakai produk sekaliber sony. Tp sy gk lantas mengkampanyekan hal negatif ttg sony. Pun terhadap oppo, adalah trlalu naif jg kl anda lantas menyuarakan agar org2 tdk mamakai produk ini hanya karena kelakuan bbrp org yg “nakal”. Marilah kita brsikap dewasa. Negara kita sndiri aja bnyk org yg korup, apa anda akan menyarankan agar kita pindah kewarga negaraan agar org2 yg korup ini kapok? Dan jgn kmbali sblm mereka insaf?..

    Oppo hnylh satu dr sekian bnyk merk pak. Persilahkan masyarakat agar menilai sndiri mana yg akan mereka pilih. Silahkan bapak sarankan untuk menunjuk satu merk, tp tak perlu mnghujat merk lain. Sy yakin bpk bs lebih bijak dr ini.

    1. Pak Jetto Batara,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Kalau yang sedang mencari ponsel adalah orang yang paham tentang ponsel, saran Anda sangat sahih dan masuk akal. Masalahnya, masih banyak calon pembeli ponsel yang sangat awam. Saya sudah puluhan kali berjumpa dengan pengguna Oppo yang membeli ponsel itu karena yakin Oppo adalah ponsel dari Amerika dan spesifikasinya luar biasa bagus. Seandainya mengetahui Oppo ternyata merek Tiongkok, mereka takkan membelinya.

      Karena itulah sampai sekarang saya masih rutin mempermasalahkan ketidakjujuran kebanyakan promotor Oppo dalam berjualan.

  113. maaf maaf komen ,,, hahaha lucu aja baca nya,,,,
    kayak yang dendem banget yang punya blog sama.si oppo :v jdi ada pro dan kontra disini yak,,,
    bulan lalu kakak saya beli sony C5 ultra, hp nya bagus.banget, trus sminggu lalu pas habis total batre nya, di charge nih, ee tau nya pas udah idup layar nya gelap doank, trus keluar pemberitahuan system android telah berhenti
    ane bawa nih ke SC nya, dia bilang di kirim.ke.jakarta nunggu 2 bulan paling lama,.kalo.kena bagian dalam, ada biaya tambahan
    itu handphone sebelum habis.total abis di mainin anak nya game aspal3
    sepertinya system CPU dan GPU ga memadai nih,
    tpi hp.nya yang 1.lagi oppo R7lite , gapapa tuh dimainin aspal3 HD game
    malahan.lebih mahelan sony dah
    sebenarnya kalo bole saya kasih masukan, liat jenis mesin nya jangan tergiur spec nya saja, apalagi merk nya
    penggunaan handphone juga musti di perhatiinx jika mesinnya seperti mediatek helio atau qualcomm 410.jangan.dikasih game gede, mati total yang ade tuh handphone
    bukan membela si oppo, atau merk apapun yang lagi berusaha di matikan ama ini bapak.penulis, hanya saran, jadilah pengguna yang baikx kalo ga suka jangan lirik,lah ini malah dibikin blog,
    kalo masalah promotornya ngaku itu dari america, bisa jadi mereka tau qualcomm snapfragon itu pusat pabrikannya di america, lah oppo sendiri kan.melakukan ebaluasi untuk product πŸ™‚ dan vooc rapid charge emang nya bapak tau dimana pabrikannya? tiongkok? salah pak di america ,
    selama ini saya muter muter nyari handphone para frontliner dan promotor oppo pada bilang hp nya buatan asli guangdhong china kok,trus mereka jelaskan kenapa hp nya terkenal buatan dari america, karna lisensi nya disana,dan peluncuran awal product terbaru juga disana, jdi menurut saya, agak.lebay tulisannya,ga semua daerah deh seperti itu, kao tidak percaya kesini saja, ke.pekanbaru
    dan saya juga baru saja membeli sebuah handphone.merk oppo F1 dan kebutuhan saya ya itu, untuk games dan foto
    dan untuk oppo.F1 sendiri sudah di jual.di indonesia pertanggal 6 february πŸ™‚ silahkan update terus tentang oppo.ya … bagus kok,saya pake

    jadilah pembaca yang baik ya πŸ™‚

    1. Pak Randy,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Saya juga tertawa membaca komentar Anda kok. Kalau memakai logika seperti yang Anda paparkan, berarti ponsel merek Advan atau Mito yang memakai prosesor Qualcomm Snapdragon juga bisa mengaku dari Amerika dong. Ha… ha… ha….

    2. @randy
      hoi dimana mana kalau hp nonremovabel emang gitu,kalau baterainya habis,layarnya suka mati, tabku aja juga gitu(advan t5c).Tapi tenang ada caranya kok,cukup mudah, yaitu tekan tombol power sama volume minus (-) secara bersamaan sampai 10 detik,hp anda pasti hidup lagi, selamat mencoba:D

  114. ooo iya 1.lagi.kalo beli sama promotor oppo beda.loh sama promotor lain yang lebih cendrung menjelaskan keunggulan product nya saja,
    saya waktu beli di jelaskan detail sampe ke dapur pacu dan perbedaan qualcomm 410 pada A3 dan.A5.dan juga peebedaan nya dengan vibe shot yg make qualcomm seri.615
    sedangkan F1 make seri.qualcomm 616
    terus dijelaskan juga bagaimana cara milih smartphone ideal, dan kalo.saya nilai bukan nawarin product nya malah, jdi kayak di training tentang smartphone saya nya ….

    pertanyaan saya, bapak ini kenapa bisa.dendam.sama oppo nya? apa.bapak.permah kecewa ama.productnya? tapi kalo slama saya pake yang find clover sih udah 2.5 tahun ga pernah dapat masalah kalo di gunakan pada batasan kemampuan handphone nya, sama yang punya kakak saya yang oppo R7lite sejauh ini ga dapat masalah apapun, hanya menemukan kendala di upgrade.bbm versi baru doank, itu bukan.masalah lah sepertinya …
    terima kasih, maaf kalo ada kata kata saya yang menyingung, hanya lucu saja sama bapak.yang membuat blog, kenapa dendam sekali sama sebuah brand πŸ™‚ semua product itu bagus bahkan.MITO atau lenovo yg make prosessor spreadtrum di seri A1000 bagus jika ga dimasukan game 3D
    malah orang lenovo yang rayu saya bilang semua brand dri harga bawah make qualcomm snapdragon. padahal pas saya searching yang make qualcomm snapdragon hanya di seri A6000 ,vobe shot,P1 turbo
    nah kalo kasus ini bagaimana? apakah bapak akan buat blog tentang promotor lenovo yang ngaku ngaku pake mesindari perusahaan amerika juga? sementara brand nya itu brand lokal?

    mohon di bimbing jika saya salah,,, soalnya saya suka berburu gedget

    1. Pak Randy,

      Pengalaman saya bertolak belakang dengan Anda. Promotor Oppo sangat sering mendewakan produknya dan menganggap semua ponsel merek lain adalah jelek. Mereka juga berkali-kali menyebutkan fitur yang sebenarnya tidak ada di ponsel yang dijualnya. Misalnya, Oppo Find Mirror 5 dibilang sudah 4G LTE. Padahal, realitanya tidak demikian.

      Buat saya, sampai saat ini, Oppo jangan dibeli masih harga mati.

  115. trakhir mo nanya, tolong di rinciin donk
    perbedaan mesin qualcomm snapdragon 810 dan mediatek helio X10 itu apa beda nya? mana yg lebih tangguh dapur pacu nya? qualcomm + andreno / atau mediatek + mali?
    itu mesin yang ada pada oppo N3 (qualcomm) dan sony M5 (mediatek)….
    soalnya saya tertarik.bagian IT nih, kan tadi oada ngeluh dan bilang oppo songong masih pake mediatek harga selangit, liat M5 mediatek juga harga gede juga sih
    nanya jawab disini gapapa toh? kan saya juga dapat survey dari pasaran πŸ˜€

    1. Pak Randy,

      Kalau sampai detail teknis, saya terus terang tak paham. Saya melakukan review berdasarkan hasil uji pakai, bukan hal-hal yang tertulis di lembar spesifikasi.

  116. tadi kan bapak bilang liat segi segi nya, lah ini saya mau nanyain segi segi nya dari bapak, kayaknya yang paham banget tentang smartphone πŸ™‚

  117. Om herry mau tny?
    Klo buat Medsos & camera dan kinerja yg bagus dg kisaran harga 2-3jt an HP apa yah?
    Mohon rekomendasinya om?

  118. Om herry,

    Satu pertanyaan lgi om,Hisense pure shot itu kuat nggk?,soalnya saya klo pakai kadang kalah agak extreem,kadang saya bawak jogging/olahraga lainya.takutnya jatuh terus internal nya ada yg rusak gtu..

    Mohon di jawab om

  119. Min, saya beli oppo f1 kmarin hr jumat, lalu ketik saya coba pada saat charging lama sekali bisa sampai 3 jam an, akhirnya saya ke service center dn mnta tuker baru, lalu di tukar, tp tetap sama saja lama pengecassannya 3 jam an, solusinya gimana ya min?

    1. Bu/Pak Dian,

      Saya belum pernah mencoba F1 sehingga tak mengetahui normalnya waktu yang dibutuhkan untuk men-charge baterai selama berapa jam. Petugas di pusat perbaikan resmi Oppo apakah tidak menjelaskannya?

      Kalau Anda merasa ponsel Anda tidak normal, ya silakan ke pusat perbaikan resmi lagi.

      1. permisa, saya mau tanya …
        saya kan mau beli oppo mirror 3 kalau gak ya mirror 5 tp 2nd… untuk mengetahui kondisi hardware (lcd dan EMMCTmisalnya) dan software (udah pernah dilakukan flas apa belum) Itu caranya bagaimana pak?

        1. Pak Angga,

          Hmm… rasanya tak bisa dicek tanpa bantuan teknisi deh. Btw, masih berminat beli Oppo ya? Kalau saya sih ponsel Oppo langsung dicoret.

  120. maaf mau tanya kalo budget 5 juta bisa dapet hp dengan kamera bagus apa ya? yang performanya tangguh dan awet.. terimakasihh

    1. Pak Aguen,

      Dua ponsel itu berbeda generasi. Yang satu keluaran 2013, satu lagi keluaran dua tahun berikutnya. Hal lain, apakah foto masing-masing ponsel sudah Anda bandingkan di layar yang sama? Sebaiknya dilihat di layar monitor PC, bukan di layar ponsel.

      Sedikit informasi tambahan, besar kecilnya megapiksel tidak bisa dijadikan patokan bagus tidaknya hasil foto.

    1. Pak Ridha Kurnia,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba dua ponsel itu. Asal tahu, buat saya sih ponsel Oppo langsung dicoret.

  121. Selamat siangsiang pak. Saya rancana mau beli hp,.awalnya saya mau beli iphone 5s tapi sekarang saya tertarik sama hp oppo F1 yg hrgany terjangkau di banding iphone. Kebetulan saya suka foto dan tentuny ingin hp yg lbh nyaman. Menurut bpak bagusan yg mana ?

    1. Pak Ega,

      Saya belum pernah menguji pakai dua ponsel itu. Buat saya sih Oppo harga mati langsung dicoret. Jangan dibeli. πŸ™‚

  122. maaf pak baru sempat balas lagi.saya daerah pekalongan jawa tengah.iya waktu itu kata penjual oppo f1 baru tersedia.disini saya heran kenapa anda begitu gencar melarang orang membeli oppo.saya pakai oppo oke tidak ada masalah.kalo alasan cara berjualan oppo yang bermasalah disini oke juga.sudahlah yang penting oppo f1 saya gk ada masalah.dan disini saya rasa pak herry sudah tidak fair

    1. Pak Wahyu,

      Saya memang tidak mempermasalahkan kualitas ponsel Oppo. Yang selalu saya permasalahkan, karena menurut saya berpotensi menjebak pembeli awam, adalah kejujuran promotor Oppo dalam berjualan.

  123. Maksudnya harga mati? Saya ga ada niat mau d jual hp yg saya pakai. Yg saya tnyakan kualitas hpnya pak bgaimna? Saya pake samsung tpi krg memuaskan hasil fotonyafotonya pak

    1. Pak Eka,

      Harga mati yang saya maksud, selama cara berjualan Oppo masih cenderung mengelabui konsumen awam, saya takkan me-review dan merekomendasikan ponsel Oppo.

      Samsung berharga jual di bawah Rp 5 juta hasil kameranya seringkali memang kurang bagus. Cobalah melirik merek Xiaomi, Hisense, atau Lenovo.

  124. bang herry, minta rekomendasi pilihan hp dengan budget maksimal 4jt yang camera lumayan bagus, hp tahan lama, trus gak lemot dong, terimakasih.

    1. Pak Topan,

      Lenovo Vibe P1 Turbo. Harga Rp 3,999 juta. Harga pasar di bawah itu. Review-nya belum ada karena ponsel itu masih saya uji pakai. Sejauh ini cocok dengan kriteria Anda.

  125. pak herry mending beli zenfone 2 ze550ml 2gb atau xperia m4 aqua?dilihat dari kesesuaian kualitas dengan harganya

    1. Bu Rita,

      Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba Xperia M4 Aqua. Zenfone 2 sih, menurut saya, mending dicoret.

  126. hallo mau tanya,kalau menurut anda samsung A5 dan oppo R7s pilih mana ya? soalnya spesifik nya hampir sama,cuma yang bedakan produksi dan brand nya aja… bingung mau beli yang mana?

    1. Pak Dewin,

      Saya sih nggak memilih keduanya.

      Ponsel Oppo tipe apa pun takkan saya rekomendasikan karena cara berjualannya yang cenderung mengelabui konsumen.

      Galaxy A5 harga dan spesifikasinya kurang sepadan. Mending beli ponsel lain. Boleh tahu anggaran dan kebutuhan Anda dulu?

  127. Pak minta saran dong. sya mau beli hp oppo mirror 5, harga 1. 9. minusnya pecah kcnanya.. lumayan dri sudut kiri sampai knn.. kira”dmna ya pak. bsa di ganti gak pak kacanya

    1. Pak Dika,

      Ponsel sudah terlanjur Anda beli atau belum? Kalau belum, mending jangan deh.

      Harga ponsel Oppo bekas biasanya 50% dari harga baru (kalau pedagang kulakan) atau 70% dari harga baru (kalau konsumen beli dari pedagang ponsel bekas). Itu asumsinya ponsel dalam kondisi normal. Kalau kaca layar pecah dan harganya Rp 1,9 juta, ya jelas terlalu mahal.

      Mestinya Anda bisa melakukan penggantian di pusat perbaikan resmi Oppo. Saya tak mengetahui biayanya.

  128. Pak, minta saran kira-kira hp yang budget 3 jt – 3,5 jt yang bagus buat foto, awet sama ga lemot apa yaa? Tadinya mau beli oppo f1 soalnya spesifikasi mendukung, tapi kurang yakin awet atau engga. Soalnya belum ada pengalaman pakai oppo hehehe. Mohon pencerahannya Pak. πŸ˜€

  129. ahh ini sihh akal akalan salah satu oknum yg bekerja d brand merek lain saja. hehehe
    ade dan kakak saya pake oppo gk pernh ada masalah ko

  130. oppo f1 bagus kok,akhir bulan feb 16 saya beli gk ada msalah appun,,selvie bagus..mulai dri brand & spek ny juga istimewa,skrg trgantung si pembeli smartphone,mw cari brand atw spek atw dua2 nya,soal cara pnjualan sya rsa gk jdi msalah toh stiap sales pny strategi msing2,,utk xiaomi itu sendiri servce cntr di palembang di mna ko heri?? utk spek ny xioumi bgus tp apkah awet d pkai jangka pnjang,,itu yg hrs d perhatikan oleh calon pmbeli smartphone,,fikir dgn bijak..

    1. Pak Andik,

      Setiap penjual memang memiliki strategi berjualan sendiri-sendiri. Namun, kalau mereka melakukan hal yang termasuk mengelabui konsumen dalam berjualan, saya sangat tidak setuju. Semua penjual idealnya mesti jujur. Adu strategi yang boleh dilestarikan itu persaingan sehat dan tetap jujur. Misalnya, beradu di kualitas layanan.

      Service center Xiaomi di Palembang ada di Erafone Megastore – Palembang Square. Namun, gerai itu sifatnya collection point ya. Ponsel yang bermasalah akan dikirimkan dan diperbaiki di Jakarta.

  131. Sekiranya kalau oppo r1 di tukar tambah dengan oppo r1 nambah berapa yaaa om herry ..
    Mohon respon mya, trimakasih ..

  132. Pak , saya mau tanya dong , kalo oppo F1 itu punya fitur yg charger 5 menit bisa buat telfon 2 jam (VOOC) gak ya pak ? makasih πŸ™‚

  133. Memang benar kata pak herry, rata rata yang saya liat oppo mengincar para pengguna smartphone awam yang ngga tau apa apa. Memang kalo diliat marketingnya jahat, tapi perusahaan itu bertaruh loh pak diriin pabrik disini, bukan take and run seperti brand lainnya yang menjadikan kita sebagai bangsa pasar.
    Sekiranya itu saja pendapat saya.

    1. Pak BushidoFX,

      Benar. Oppo tampak serius menggarap pasar Indonesia. Namun, itu bukan menjadi alasan untuk memaklumi cara berjualan yang tidak jujur.

  134. Hallo Pak…
    satelah saya baca review artikel bapak, saya semakin bertanya tanya ttg hp oppo ini. Hmpir smua toko yg saya dtgi sllu merekomendasikan merek oppo (yg akhirnya saya tahu itu karena komisi yg besar). Tapi tetap pertanyaan saya lbh kepada..: bagaimana bisa dgn spec yg sama, merek oppo di bandrol lbh murah. sperti bandingannya samsung a5 yg jauh di bwah oppo f1 ttg kualitas kamera dan RaM yg lbh bsr. hrga a5 16 4.9 tapi oppo f1 skitar 3.7. Kenapa spec yg besar justru lbh murah? mohon penjelasannya pak..terima kasih. anyway, saya setuju dgn bapak ttg cara promosi bnyk sales yg yg brbohong.

    1. Pak Chendy,

      Kalau diadu dengan Samsung, jawabannya karena Samsung market leader dan merek populer. Jadi, bisa jual mahal.

  135. Maav sebelumnya… ya memang bnar mnurut pak herry tidak suka oppo krna cara memasarkannya berbohong.. krna memang seharusnya produsen itu jujur.. tp setiap produsen pasti ingin mencari keuntungan walau dgn cara salah.. bkn hanya oppo MUNGKIN ada produsen2 lain jg melakukan hal trsebut,, ya yg namanya org berjualan pasti ada yg jujur n ada yg bohong tp itu semua trgantung dr pribadi qt sendiri untuk membeli ponsel sperti apa.. jujur saya dlu pemakai oppo yoyo n joy yg hrganya lbh murah.. smpai skrg pun sy msh trtarik oppo .. n tmn2 saya jg jika dibandingkan dgn samsung/asus..klo sy bandingkan dgn samsung /asus kualitas layar pd oppo jauh lbh jernih.. kamera jg oke… meski oppo joy yg msh menggunakan layar TFT jika saya bandingan dgn mrek lain yg menggunakan Ips LCD.. malah jauh lbh bagus oppo yg msh mggunakan layar TFT. Kualitas warna n cameranya jg lbh jernih.. itu mnurut saya Jd sebenarnya jika qt mmbeli ponsel itu ya tergantung kegunaan qt untuk apa.. jd jgn muluk2 menilai oppo dr segi pemasarannya saja.. memang jika dibandingkan dgn samsung psti samsung menang merek krna byk org yg lbh gencar memilih samsung.

  136. pak/buk suna

    saya setuju dengan Anda..
    untuk cara marketing nya boleh salah utk oppo.
    tapi jgn sampai krna ksalahan ini bbrapa oknum malah mnjatuhkan image brand ini,krena kalian bukan pihak yg berwewenang utk mnilai,,kalian boleh shering utk kualitas ny,,spek ny,,awet atau gk nya, tpi jgn smpai anda melarang atau malah mnjelek2kan suatu brand,,ini yg saya baca dri awal artikel ini smpai akhir..trima kasih

  137. Sy jg mendoktrin agar semuanya jgn percaya sm pak herry. Sm” pembohongnya, takut kalah saing sm promotor oppo kali ya. Cb pak herry disepik sm promotornya oppo, pasti bakal kerayu jg n beli oppo.

  138. Siang Pak Herry, saya mau tanya spek hp xiaomi yg terbaik dgn harga 2jt-an dan ram di atas 1gb tipe mana ya? Kemudian apa kelebihan dan kekurangannya? Lalu mngenai baterai tanam dan tidak jg apa klebihan dan kekurangannya ya pak? Terimakasih pak sbelumnya

  139. Hallo bantu saya dong. Saya mau beli hp ni tapi masih binggung pilih yang mana
    Antara samsung j7 dengan oppo f1. Saya lihat di kouter resmi mereka sama2 dengan harga 3.4 juta. Bagusnya saya beli yang mana

    1. Bu Rinhasmy,

      Kalau Anda bertanya kepada saya, ponsel Oppo sih pasti langsung saya coret dulu. Galaxy J7 saya belum pernah coba.

  140. Pak, lebih bagus mana? Beli Xiaomi redmi 2, Samsung j1 ace atau oppo neo 5. kata si ngkoh mesin oppo lebih bgs drpd xiaomi, apa bener? katanya oppo kalo bermasalah bisa 1/2 minggu selesai. Kalo xiaomi bisa 1/2 bulan
    . Saya buat pemakaian 1thn kedepan. Menurut bapak beli yg mn? Trimakasih

  141. Mau bohonng/tidak urusan salesnya. Yg penting hp nya gak banyak masalah. .yg penting sya puas pakainya. . Sya sebelum pke oppo. Pke samsul. . Waktu itu sya pke samsul ace 3 saat pertma2 keluar.. Harga 23. Asli itu pke samsul nyesel. . Taunya hp tuh di copet.. Emang benar konter yg jual oppo pasti lebih menawarkan produk oppo. . Waktu itu. Gak hapal oppo gak da niat beli oppo sama sekali. Temen saya yg merekomendasikan saya pakai oppo. . Oppo yoyo. Pertma keluar hampir 3juta. Dan saya dibilang lebih dr cukup dalam pemakaian oppo yoyo tersebut. Hampir 2tahun saya pakain. Sama sekali tidak da maslah yg bnar2 bikin gedek. Ngleg pun tuh hp blm pernah. . Sya malah jd menyarankan teman saya pakai oppo. . Dalam segi performa game oppo yoyo unggul dibandingka lenovo a6000+ , saya coba tes game psp. Saat pkai lenovo bnar tidak bisa main ngleg nya parah.. Padahal dlam segi apapun kalah oppo yoyo. . Tp hasil yg membuktikan mana yg lebih ok. . Bisa yg punya hp selain oppo yg ram nya 1gb di tes main game psp. Pokonya top markotop oppo. . Sya gak peduku mu ngebohong/gak. . Toh saya yakin hampir setiap brand suka melebih2kan prudak nya masing2. Buat apa juga beli hp emang pemasaran jujur tp cepet ancur. . Sudah harganya mahal tp tak memuaskan. Kalo kalian suruh milih bohong tp emang bner memuaskan/jujur mahal/murah tak memuaskan, bahkan bikin dedek. . . Mnurut saya kalo sekedar bohong dalam segi brand china/AS bilangnya. . Gak da masalah. . Kita di bohongin. Tp kita gak rugi atas kebohongnya buat apa dimasalahin.. Yg rugi orang yg tau itu dibilangin barang jelek tp tetep di beli.. Itu orang otaknya konslet. Lebih kalo sudah bohong dibagus2sin pdahal jlek barangnya, itu yg ngerugiin konsumen.
    Munhkin oranh SC nya beda2.. Ada yg jujur ada yg tidak. . Setelah saya baca2 yg pro dan kontra di oppo di blog ini. . Saya saranin untuk beli hp yg deket SC nya, dan SC yg milik pribadi brand tersebut. . Bukan ikut2 garansi distributor. . Kalo bapak yg punya blog ni blm pernah pakai oppo bagaimana anda bisa menyimpulkan produk oppo ngaco. . Butuh kata2/cari braAdaAnd yg memuaskan. Itu saja. . Sedikit panjang ya.. Sorry. ??

    1. Pak Adam,

      Kalau saya, mau sebagus apa pun ponselnya, bila berbohong ya tetap saya anggap tidak layak beli.

      Saya belum pernah pakai Oppo? Ha.. ha… baca dulu deh review saya terhadap ponsel Oppo.

  142. Orang Jawa : Merk HP mu opo?
    User Oppo : Oppo
    Orang Jawa : Lha, ya itu, merk HP mu opo?
    User Oppo : Iya, Oppo
    Orang Jawa : Ra nggenah

    Hahaha

  143. Pak Herry, saya mau tanya dan minta saran.
    Saya kan ditawarin huawei Y6 second 1gb segel box charger oppo – nota hilang => Rp 1.250.000, nah yang ingin saya tanyakan adalah:

    1. Huawei Y6 tu awet apa tidak?
    2. masalah apa yang sering terjadi sama huawei Y6?
    3. Kalau ada masalah bisa dibawa ke gallery smartfren atau harus ke pusat huawei?
    4. Harga 1.250.000 termasuk terlalu mahal atau pas untuk huawei Y6 second? Kalau terlalu mahal kira2 normalnya berapa?

    Terima Kasih Pak, maaf banyak tanya,,

    1. Bu Wulan,

      Ehm… jadi Y6-ya itu dalam kondisi baru atau bekas sih? Saya sempat berpikir bekas. Namun, kok masih segel box?

      Untuk sementara saya asumsikan Y6-nya bekas dan tidak ada kardus + charger asli bawaan. Kardus + charger itu digantikan milik Oppo. Dengan kata lain, Y6-nya layak dianggap batangan.

      1. Tak tahu. Belum pernah pakai.
      2. Tak tahu. Lha belum pernah coba.
      3. Galeri Smartfren? Ya pasti ditolak dong. Anda silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Huawei.
      4. Dengan asumsi batangan seperti saya sebutkan di atas, maksimal Rp 800 ribu deh.

  144. Maaf pak Herry, saya minta saran dong,,
    mana yang lebih awet, g cepet panas, signal kuat, dan tahan banting? Huawei Y6 atau LG Magna?
    cond 1.3jt dan LG Magna 1.35 jt itu harganya sudah normal atau g ya pak?

    Terima kasih pak,,

  145. Saya mau beli hp tp bingung antara hp oppo f1 selfi, asus zenfone selfi,zenfone 2, atau xiaomi mi4i.rekomendasinya donkk.. ada yg blg oppo mahal asus cpt panas

    1. Bu Fifi Sundari,

      Oppo sih silakan langsung dicoret dulu. Oppo memang mahal karena produsen memberikan keuntungan sangat besar kepada penjual. Nah, keuntungan itu kan menjadi tanggungan pembeli.

      Zenfone Selfie saya belum pernah coba.

      Zenfone 2 jangan dibeli deh. Kalau ingin Asus, silakan beli Zenfone 2 Laser saja. Yang saya sebut terakhir ini tidak mudah panas.

      Mi 4i boleh dibeli. Namun, dengan memperhatikan kesesuaian harga, fitur, dan kinerja, mending beli Zenfone 2 Laser yang varian LTE (ZE500KL) deh. Harga barunya maksimal Rp 2,099 juta.

      1. Klo asus yg ram nya gde dan gak panas selain asus laser apa ya??
        Dan kalo samsung rekomendasinya apa?
        Kmren saya ke konter oppi f1itu 3.5 dpt assesoris anti gores yg kaya kaca tbel, mika hp,sama powerbank. Samsung saya soalnya lola bgt yg grand prime ram nya cuma 1gb

  146. Nah,, maka dari model LG MAGNA yang melengkung dibelakang itu pak, mantap digenggam, hehe,, dan katanya batrei awet,, tahan banting, kamera depan belakang bagus,, g panas, tapi katanya untuk pindah2 halaman kurang greget,, gitu sih kata orang2,, bagaimana menurut pak herry,,?
    Kalau huawei Y6 bagaimana pak,?

    1. Bu Wulan,

      Secara kinerja, untuk ukuran saat ini Magna memang sudah kurang menarik. Mending cari ponsel lain deh.

      Y6 saya belum pernah coba.

  147. milehh oppo f1 wae rego roto” spake apek.. hsil kmera ngarep burii wnii dibandeng’ke neng PC.. batre yo roto” hp smartphon liane 12jam dinggo trs hp’ne .. liane tak singker’ke….sek nyoret oppo f1 cobo bandeng’ke ro hp’mu…. opo dibandeng’ke ro sony z5’ku opo ro nokia’ku sek seri 1020

  148. Disini tergantung user masing” ya.. Untuk di oppo di unggulkan camera dan speknya . Untuk brand lain rata” camera bagus specs rendah begitu sebaliknya tapi di oppo antara specs sama camera itu stabil dan untuk harga jual saya rasa normal karena hp pemakaian jangka panjang itu jarang untuk brand” lain mungkin tahan paling lama 1 th itu pun performa yang berkurang

  149. Hari ini saya menemani tman saya membeli hp samsung yg sama seperti yg saya punya.. kami memilih toko hp yg brand papan namanya samsung di salah satu mall.. stlah brtnya ini itu ke penjaga toko nya, hp yg akan di beli tidak ada.. mlah mereka menawarkan produk oppo yg hrganya di bawah samsung dn yg ktanya spesifikasinya lbh bagus

  150. memang pada awalnya oppo booming dulu, banyak orang yg tertarik membelinya krn banyaknya sales yg bilang itu oppo produk amerika lah, perancis lah, dan seiring berjalannya waktu mrk tau dng sendirinya bahwa oppo ternyata adlh produk asli china, yg pasti sekarang ini banyak lha orang yg kecewa, malu & merasa dibohongi ..
    untunglha sy sejak awal cek wikipedia terlebih dulu ttng asal usul hp tsb.. πŸ™‚

  151. pada menjelekkan oppo nich.. =D
    ayo ditandingin, aku punya oppo neo 7
    silahkan bawa xiaomi, asus, samsung, dll
    yg speknya lbh bagus, yg ram 2 3 4 5
    lokasi aku di ambarukmo plaza yogyakarta

    1. boleh juga tuh gan sekedar bandingin handphone samsung sama xiaomi ane

      tp sayang ane di palembang..
      mungkin sedikit gambaran samsung core duos (spec sedikit dibawah neo 7 anda) masih sanggup menjalankan crisis action dan emulator ppsspp dan memainkan game Ghost Recon. tp ya itu jadinya mirip slow motion, anggaplah kalo 1 adalah kecepatan normal maka core duos saya speednya sekitar 0.6-0.8 saat memainkan game tersebut

      yang satunya xiaomi redmi 3 pro

  152. Mas herry baca komennya dri atas kyk yg punya masalah sama oppo ya..ada apa mas dengan oppo?jangan selalu menjatuhkan dong…kalau memang gak suka diam saja..apa mas iri dengan oppo yg skrng penjualannya semakin tinggi..! Mungkin ada kurang bahagia hidupnya ya kalau gak menjatuhkan orang lain..blum pernah di ajarin sama orang tuanya y..soal tata krama

    1. Pak Arif,

      Ya, saya memang ada masalah dengan Oppo. Saya mempermasalahkan Oppo karena cara jualannya kurang jujur dan cenderung mengelabui konsumen awam.

  153. Artikel aneh..
    Kenapa Herry selalu melarang orang beli ponsel oppo ya…apa mas udah pernah pake oppo..sbelumnya..
    Saya pengguna oppo find7 n F1
    Kog gak ada msalah ya..

    1. Pak Arif,

      Kenapa? Ya karena cara berjualan ponsel Oppo kurang jujur. Kalau sudah jujur, saya takkan melarang orang membeli ponsel Oppo lagi.

      Apa pernah pakai Oppo? Silakan cek review ponsel Oppo di blog ini. Review dipakai berdasarkan pengalaman pribadi saat memakai ponsel Oppo.

    1. Pak Arif,

      Yang paling sering terjadi, tidak mengaku bahwa Oppo adalah merek ponsel asal Tiongkok. Negara yang paling sering dicatut Amerika, disusul aneka negara lain seperti Jerman, Belgia, Italia, Korea, dll.

      Yang lumayan sering terjadi, promotor mengungkapkan spesifikasi yang tidak sesuai. Ponsel yang belum mendukung 4G LTE, misalnya, dikatakan sudah 4G LTE.

  154. Maaf pak saya ingin bertanya lebih pilih mana sony xperia c4 dual apa samsung s5?soalnya saya bingung memilih kedua hp ini

    1. Pak Regi,

      Tak tahu. Sebab, saya belum pernah mencoba Xperia C4 Dual. Galaxy S5 secara umum bagus. Namun, untuk ukuran saat ini, belum kompatibelnya Galaxy S5 dengan jaringan 4G LTE membuat daya tarik ponsel itu merosot drastis.

      1. Terakhir Kali saya otak-atik Samsung S5 teman saya, tidak di root Dan murni setelan pabrik bisa 4G Pak. Tidak ada pilihan 4G only Tapi 4G/3G/2G (auto) khas Samsung, Dan memang berfungsi 4Gnya. Apakah sudah keluar firmware baru yang support 4G di S5 Dan pak Herry tak tahu?

        1. Pak Leo,

          Galaxy S5-nya bergaransi SEIN atau tidak? Kalau yang bergaransi resmi SEIN tak bisa 4G. Mungkin teman Anda membeli dari luar negeri ya?

          1. Maaf pak hery saya mau bertanya. Diluar ketidak sukaan anda terhadap oppo karena tidak jujur itu. Saya mau bertanya mending lg g3 atau oppo f1? terima kasih pak

          2. Bu Lulu,

            Tak tahu karena saya belum pernah menguji pakai F1. Saya cuma pernah towel-towel di toko.

    1. Pak/Bu Febi,

      Ponsel Samsung dengan anggaran Rp 2,5 juta sih nggak ada yang bagus. Kalau dipaksakan ya paling Galaxy J5.

  155. saya bingung nih mo beli hape mz herry . hape harga kisaran 2-3,5jt yg kualitas kameranya bagus terutama buat selfie trus yang memiliki RAM gede batre awet dan ga lemot itu merk apa yaahh???
    saya siih pengennya antara Oppo F1 , ASUS zenfon selfie 32GB dan samsung A5.

    mohon bimbingannya. makasih πŸ™‚

    1. Bu Ichaa,

      Oppo silakan dicoret.

      Zenfone Selfie (bukan Zenfon Selfie) saya belum pernah coba.

      Galaxy A5 silakan dicoret, kecuali Anda mau membeli Galaxy A5 2016. Namun, harganya mendekati Rp 5 juta.

      Di kisaran harga yang Anda sebutkan, di antara berbagai ponsel yang sudah saya coba, yang paling mendekati sih Asus Zenfone Max.

  156. asus zenfone max itu harga baru berapa? boros batre n cpet panas ga yaah ?? saya pake galaxy grand duos boros batre trus suka lemot..

    makasih infonya πŸ˜‰

    1. Bu Ichaa,

      Rp 2,599 juta. Tidak cepat panas. Baterai juga hemat. Galaxy Grand Duos sih memang hobi lemot.

  157. asus zenfone max itu harga baru berapa? boros batre n cpet panas ga yaah ?? saya pake galaxy grand duos boros batre trus suka lemot..

    makasih infonya πŸ™‚

  158. sebenarnya semua brand memiliki keuntungan sama untuk toko di rate 9%-20% sy memiliki catatan ratenya . exam : oppo f1 hanya 3.1xx.xxx toko mendapat untung 400ribuan

    1. Pak Sinchan,

      Ehmm… apakah hal itu juga berlaku untuk ponsel Samsung? Setahu saya, Samsung di bawah itu.

  159. Maaf mas herry, kalau emang anda tidak suka cara pemasaran oppo lbh baik anda lgsung bicara sama fihak oppo nya, jgn mendoktrin orang kaya gini, saya yakin kalau mas org yg cukup berpendidikan, ada cara yg lbh baik ko,
    sata yakin tdk semua promotor oppo kya gitu, jd menurut saya anda harus crosschek ke seluruh indonesia apa semua promotor oppo kaya gitu semua, nah bila anda sudah cek semua dan trbukti baru anda mau gmana jga trserah, tp tetep pd intinya ada cara yg lbh baik,
    Jujur Saya jga ga suka kbhongan..

    “SAYA PERCAYA ANDA SEORANG YANG BIJAK”

    1. Pak One,

      Saya sudah berkali-kali bicara dengan pihak Oppo, tetapi kondisi nyata di lapangan masih saja ada cara berjualan yang cenderung mengelabui konsumen.

      Jadi, langkah yang bisa saya lakukan adalah menyarankan orang lain untuk tidak membeli ponsel Oppo. Saya berharap ketika penjualan Oppo merosot, pihak Oppo kemudian mulai mau berbenah, termasuk memperbaiki cara berjualan. Kalau tetap tak mau berbenah, saya tinggal berharap Oppo segera kolaps dan keluar dari Indonesia.

  160. Untuk di ketahui saja
    Handphone OPPO Buatan Mana ?
    Iklan produk smartphone OPPO tentu sudah sering kita lihat di berbagai media seperti televisi, koran, media online dan sebagainya, namun saya yakin masih banyak pula yang belum begitu mengenal tentang handphone OPPO yang kini sudah mulai merambah pasar di indonesia. Selalu saja ada pertanyaan handphone OPPO buatan mana ya ? hal ini wajar-wajar saja karena iklan OPPO yang sudah bertebaran di berbagai media memang tidak pernah menyebutkan negara asalnya, hal ini mungkin karena OPPO ingin menjadi brand atau merk global yang patut diperhitungkan. Baiklah langsung saja, handphone OPPO adalah produk buatan china, tapi untuk image, OPPO tidak bisa disamakan dengan handphone-handphone buatan china lainnya yang sudah lebih dulu beredar di pasar indonesia karena OPPO adalah salah satu raksasa teknologi di negaranya dan bahkan untuk produk teknologi selain handphone, OPPO sudah cukup terkenal di negara-negara amerika dan eropa. Jadi handphone OPPO bukan produk home industry seperti image yang diberikan pada produk-produk china lainnya.

    OPPO Electronic Corp, Ltd pertama kali didirikan pada tahun 2004 sebagai produsen elektronik yang beralamat di Dongguan, Guangdong, China. Sebelum merambah ke teknologi smartphone, OPPO memproduksi peralatan elektronik seperti MP3 Player, Portable Media Player, LCD TV, eBook, DVD, dan Disc Player. Barulah pada tahun 2008 OPPO mulai menggarap pasar Smartphone. OPPO merupakan sebuah merek internasional terdaftar yang berpengalaman mengantarkan produk-produk berkualitas tinggi ke pelanggan di Amerika, Eropa, dan Asia. Sejak memasuki pasar ponsel di tahun 2008, OPPO tak pernah berhenti untuk mengikuti teknologi terbaru dengan kualitas terbaik dan paling user friendly.

    Melihat respon masyarakat yang sangat tinggi terhadap perangkat mobile Smartphone itulah yang melatar belakangi OPPO Electronic Corp, Ltd ikut andil dalam meramaikan pasar Smartphone.

    Pada bulan April tahun 2013 ini OPPO untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di pasar Indonesia secara resmi. Sebelum memasarkan produknya ke Indonesia, OPPO terlebih dahulu melebarkan sayapnya ke beberapa negara seperti, Amerika, Vietnam, Thailand, Rusia, dan Qatar. Sejak saat itu OPPO terus melakukan promosi dalam rangka memperkenalkan kualitas brandnya melalui iklan TV, Internet, Media Cetak dll. Produk Smartphone Unggulan OPPO yaitu, Oppo Find 5, Oppo Find Way U7015, dan OPPO Find Piano. Kisaran harga Smartphone OPPO yang beredar di pasar Indonesia sampai saat ini dari mulai 2 juta hingga 6 juta.

    OPPO electronics sangat antusias untuk mengeksplor apa yang dapat ditawarkan teknologi terbaru. Sejak awal, produk OPPO telah menantang teknologi. Sebagai contoh, OPPO Finder yang dirilis pada pertengahan 2012 merupakan smartphone tertipis pada saat itu, dengan tebal hanya 6,65mm. Menuju akhir tahun 2012, OPPO mengumumkan salah satu smartphone paling diantisipasi: OPPO Find 5. Dengan layar 5 inci 1080p dan kamera 13 megapiksel bertumpuk sensor CMOS, OPPO Find 5 merupakan smartphone pertama di dunia dengan perangkat keras yang didukung HDR.

    OPPO hanya menggunakan komponen dengan kualitas terbaik. Aliansi dengan mitra internasional terkemuka memastikan bahwa OPPO memiliki hardware terbaru dan terbaik yang tersedia. Dengan departemen R&D yang unik dan independen, OPPO merancang, mengembangkan, memanufaktur, memasarkan, dan menjual produk OPPO secara mandiri. OPPO memiliki kendali penuh atas rantai suplai, mulai dari pabrik sampai ke tangan para pelanggan. Dengan demikian OPPO dapat merancang produknya dan memastikan bahwa hanya produk berkualitas terbaik lah yang sampai ke tangan pembeli.

    Jadi jika sobat mendapat pertanyaan handphone OPPO buatan negara mana ? tinggal jawab china.

    Saya rasa yg blg oppo made in USA atau yg lainnya itu hanya segelintir promotor saja, tdk semua promotor,

    Orang bijak pasti akan brfikir dengan sehat dan akan mencermati tentang hal ini..

    Thanks

    1. Pak One,

      Sah-sah saja Oppo tidak menyebutkan negara asalnya dengan alasan karena Oppo ingin menjadi merek global yang patut diperhitungkan. Namun, kalau ada yang bertanya, wajib dijawab dengan jujur dong. Bila kemudian promotor menyatakan Oppo dari Amerika, itu salah besar dan sudah termasuk kategori penipuan.

  161. Mas yang saya pengen tau brapa promotor oppo yg bilang kaya gitu, apa dari semua store yg ada di indonesia atau hanya segelintir promotor,

    Mas bilang sdh bcara sama fihak oppo,
    Terus saya juga pengen tau kpd siap mas bicaranya, lbh bagus klau mas.bicara nya sama fihak direksinya, klau cuman sama bawahannya ya percuma,

    Kata saya juga ada jln lbh baik ktimbang ngejelekin satu brand ,

    Thanks

    1. Pak One,

      Saya tidak menghitungnya. Kalau secara persentase, lebih dari setengah.

      Saya bicara dengan level kepala regional. Saya tidak mengenal direksi Oppo.

  162. Sy pengguna hp oppo N1 .. Batereinx prnh bocor .. Akibat di pake main game online ..trus setelah di ganti dgn baterei yg baru .. Ko gk ngefek ?? Kadang sdh di cash full ..data internetnx di matiin ..batereinx terus berkurang .. Bahkan klo malam di cash full 100% ,terus di off .. Pass besoknx di hidupkan ? Ko batereinx malahan terkuras sisa 40% ?? Kira2 apa kerusakan dr hp tersebut .tolong sarannx ..trims

    1. Bu Musniati,

      Silakan membawa ponsel tersebut ke pusat perbaikan resmi Oppo. Pesan saya, lain kali jangan membeli ponsel Oppo lagi.

  163. Pak Herry, Saya mau bertanya mengenai option lain selain OPPO F1. Awalnya saya ingin membeli HP ini, namun banyak review (termasuk artikel anda ) yang membuat saya ragu mengenai kualitas HP merk ini diakrenakan banyak users yang mengelukan ketahanan software merk Oppo.
    Apakah ada handphone merek lain yang unggul dalam fitur fotografi seperti Oppo F1 yang memiliki RAM yang mumpuni untuk all media sosial serta cukup awet (saya tidak suka ganti-ganti HP).
    Terima kasih atas sarannya pak..:)

    1. Pak Chendy,

      Silakan melirik Infinix Zero 3. Harga Rp 2,599 juta alias lebih murah Rp 900 ribu dibandingkan F1.

  164. Maaf mas itu persentase setengahnya mencakup daerah mana saja ?

    Terus mas kalau boleh saya minta hasil survei mas itu by data, jadi saya minta data nya, nama store dan daerah mana saja, karena kalau hanya bicara saja percuma mas, sgala sesuatu harus by data yang real,

    Jadi segala sesuatu nya bisa nyata..
    Biar.semua orang.tau dan yakin,

    Kalau.hanya omong.doang.sih sama juga bohong..

    Thanks

    1. Pak One,

      Saya sehari-hari di Surabaya. Hanya sesekali di luar kota. Jadi, mayoritas pertanyaan soal asal-usul Oppo saya lontarkan kepada promotor Oppo di Surabaya.

      Minta data sedetail itu? Ha… ha… silakan menggunakan jasa lembaga riset, Pak.

  165. Sangat tdk relevan mas klo hanya mslh segitu smpe mas mempengaruhi buat benci sama satu brand,
    Dan lg semuanya blm trbukti secara data,
    Semua hanya lewat omongan sja,

    Mas ini aneh.. !!

    Kaya nya mas ada sesuatu dblik semua ini, saya rasa mas dr salah satu brand,

    Klau mau bersaing mending bersaing secara sehat, jgn kaya gini kaya banci mas, gentle dong..

    Thanks

    1. Pak One,

      Kalau Anda minta data sedetail itu ya gunakan lembaga riset berbayar. Komentar dari pembaca thread ini bisa pula dijadikan indikator tentang bagaimana Oppo berjualan selama ini.

      Saya bukan karyawan dari salah satu merek ponsel.

      Kalau mau bersaing secara sehat, ya justru saya balik. Promotor Oppo tuh yang harus mengubah cara jualannya. Jangan mengaku-aku dari Amerika, Jerman, atau negara-negara lain. Katakan kalau Oppo adalah merek dari Tiongkok. Berani nggak?

  166. Terbukti di daerah saya semua promotor sllu bilang kalau oppo buatan china,

    Berarti yg blang seperti yg mas tuduhkan itu hanya segelintir saja, duh gmana mas ini, klo mas bilang udah survey setengah dari store yg ada di indonesia kayanya sdkit agak berbual deh..

    1. Pak One,

      Hei… Pak. Perhatikan lagi jawaban saya sebelumnya. Siapa yang bilang kalau saya sudah survei setengah dari store yang ada di Indonesia. Baca baik-baik lagi ya!

  167. Banyak sales oppo yg tersinggung krn tulisan om Herry nih., wkwkwkk. Yg sabar yah om ladenin bacotnya sales oppo yg rata2 melek teknologi (kebalik).
    Yg pasti sy tau minus dri oppo itu ketiadaan dukungan utk update OS. Jgn nyesal ketika hp menengah sampai flagship dri samsung dan LG sdh update os dri 2 tahun lalu, si oppo seri tertingginya msh terjebak di seri OS pertama kali beli. Yg sabar yah yg pakai find 5, oppo r7, n1, dll flagship terjebak di jellybean.. Wkwkwkwkk, gk nfiler Lolipop atau Marshmallow tuh. Dan sy ramalkan r7s pun gk bakal pernah update ke MM.
    Utk Build Quality yg sales2 nya puji pun, msh banyak sekali hp yg buildnya lebih bagus, bahkan oppo modelnya menurut sy gampang ketinggalan jaman.
    Rata2 yg beli Oppo pun pasti klo bukan pemakai yg baru pertama nyicip smartphone yah cuma ibu2 yg gampang ketipu alias gaptek.
    Intinya betul kata Om Herry, JGN BELI dan lirik merek lain yg lebih jujur dan tentu lbh bagus.
    Ada sales OPPO yg mau maju?? Sini sy ladenin.
    Btw, bisa beli dimana yah back housing oppo find 5 selain di SC nya?? Cari keliling2 ditoped, bukalapak, apalgi ditoko offline sdh tentu gk ada.
    Hp xiaomi yg gk beredar resmi disini aja sampai iphone 4 yg sdh jadul banyak tuh tersedia sparepartnya luar dalam. Nilai minus lgi buat Oppo atas ketersediaan third party sparepartnya.

  168. Om Herry, sy mau nyariin hp buat emak tercinta. Budget 2,4jt – 3jt, pilih (New) mi4i, redmi note 3 pro SD, Meizu MX4 pro, (2nd) LG g3, (2nd) samsung A5?, dan (2nd) samsung s5 g900f 4G?? Yg terbaik menurut om sbgai reviewer dri segi display, performa, dan build quality tanpa pandang garansi dsb.

    1. Pak Oseng,

      Menurut saya, Hisense Pureshot Rp 1,999 juta atau Infinix Zero 3 Rp 2,599 juta lebih menarik untuk dilirik. Namun, bila tetap harus mengacu kepada daftar yang Anda buat, saya condong ke Xiaomi Mi 4i.

  169. Lgi banyak yg jual online nih meizu mx4 pro exynoss, Layar 2K ips, 3gb ram, kamera 20MP garansi resmi di harga 2,8jt Om. Takut nyesal sy gk ambil.
    Mi4i memang bikin galau om, apalagi sdh resmi Tam. Thanks Om Herry. Semoga sehat Selalu.
    Btw, kapan ya om si oppo R7 dapat Lolipop??? R7s dpt MM??? Wkwkwkwk..

    1. Pak Oseng,

      Meizu MX4 Pro garansi resmi? Hmm… kok bisa ya. #bingung

      Soal update untuk Oppo, saya tak tahu.

  170. Selamat pagi Pak Herry. Saya wanita pak πŸ™‚
    Terima kasih atas tanggapannya. Saya juga sangat tertarik dengan spesifikasi dari Infinix Zero 3, namun apakah HP tersebut cukup awet untuk dipakai dalam jangka panjang (3-5 tahun)? Saya pernah baca di tabloid pulsa kalau bodynya agak ringkih. Karena ini merk baru dan belum ada service centre nya plus harus beli online kan ya?

    Kalau Infinix Zero 3 mau dibandingkan dengan Xiaomi mi4i, mana yang lebih cocok buat saya pak? (kualitas dan spesifikasi untuk fotografi dan sosial media). Atau adakah pilihan Xiaomi lain?, selain Xiaomi mi4i ?

    Terima kasih pak, sangat menikmati postingan2 anda:)

    1. Ups… maaf, Bu Chendy.

      Saya tak berani memastikan karena perilaku pemakaian Anda turut menentukan usia ponsel. Normalnya sih mestinya bisa. Masalahnya, benarkah Anda bisa bertahan tidak berganti ponsel dalam jangka waktu selama itu? Dalam tiga tahun mendatang, ponsel apa pun yang saat ini beredar sudah terasa ketinggalan zaman lho.

      Infinix sudah ada pusat perbaikan resminya di Indonesia kok. Jalur penjualan resmi Infinix saat ini memang baru online saja.

      Menurut saya, Zero 3 jauh lebih menarik daripada Mi 4i. Tidak ada rekomendasi tipe Xiaomi lain yang bisa mengalahkan Zero 3.

  171. Maaf mas, jgn emosi gaya gitu,
    Sekali lagi saya hanya bertanya. Hal yang wajar kalau sekedar bertanya, apalagi kalau mas bilang sekitar di daerah surabaya yg blg.kaya gitu, tp kalau.di lihat di byk jwban mas seolah.olah bilang.semua promotor,
    Mkanya saya dr awal bilang seberapa byk.promotor yg bilang gitu, trs saya tanya sama mas dari semua store yang ada di indonesi dan mas blg ga khitung trus mas blg secara persentase mungkin lbh dari setengah, mas juga ga blg sama saya kalau.survei mas hanya sekitar surabaya,

    Jawaban mas yg sebelumnya :

    Pak One,

    Saya tidak menghitungnya. Kalau secara persentase, lebih dari setengah.

    Saya bicara dengan level kepala regional. Saya tidak mengenal direksi Oppo.

    Tolong garis bawahi mas,

    Sekali lagi saya hanya sekedar bertanya,

    1. Pak One,

      Saya menjawab berdasarkan komentar Anda sebelumnya.
      * Mayoritas promotor, bukan semua promotor.
      * Kalau perlu data detail seperti yang Anda tanyakan, ya silakan menggunakan jasa lembaga riset.

      Ok, intinya di mata saya cara berjualan Oppo masih bermasalah. Mau sebagus apa pun produknya, kalau etika berjualannya masih seperti sekarang, saya tetap akan rutin menyarankan konsumen jangan membeli ponsel Oppo.

  172. Seperti yg saya bilang sama mas dri promotor store yg ada di indonesian kan yang saya tanya sama mas,

    Sekarang mas bilang mayoritas, berarti mayoritas promotor store yg ada di indonesia dong,
    Knapa saya bilang gtu karena yg pertama kali.di pertanyakan sama mas kan promotor store se indonseia.. Betul ga mas.. ??

    1. Pak One,

      Dan… sudah diperjelas di jawaban saya sebelumnya kan. Bahwa saya sehari-hari di Surabaya.

      Anda mau berkilah apa pun, buat saya Oppo adalah merek yang paling tidak layak dibeli saat ini.

  173. untuk samsung masih diatas 8% pak . dan untuk oppo emang paling menggiurkan . apalagi bisa pasarkan produk lamanya . untuk pegawai toko pun ada insentifnya. jd jualin opponya makin smgt

    1. Pak Sinchan,

      Boleh tahu contoh ponsel Samsung yang masih bisa dapat margin lebih dari 8 persen? Penasaran nih.

      Iya, jualan Oppo margin-nya memang mantap. Makanya, tak sedikit promotor dan penjual yang menghalalkan segala cara.

  174. Mas bisa main ke daerah jawa barat, mas bisa crosschek di daerah jabar,

    Saya juga dah survey mas di daerah Jabar dan alhasil semua store di Jabar Promotor nya. Bilang jujur,

    Jgn hanya terfokus di satu kota saja mas,

    Saya kontek temen saya di daerah jabodetabek, dan temen saya juga sama bilang di daerah tersebut promotornya blg jujur,

    Buat saya brand apapun layak di beli.. Baik oppo, samsung, LG, dll, karena menurut saya itu di kembalikan lagi kepada user,

    Kalau mas bilang ga layak mungkin cuman mas dan sebagian kecil saja yg bilang begitu,

    Maaf mas kalau.ada kata kata saya yg ga enak, saya hanya menyarankan kalau mas mestinya lbh dewasa dlm berfikir,

    Secara tdk lgsung reputasi mas sendiri sudah di obok obok oleh mas sendiri,

    Thanks

    1. Pak One,

      Saya lama nggak ke Jabar deh. Kalau di Roxy Mas Jakarta saya sempat mampir sebentar dan iseng cek acak ke beberapa stan, mereka langsung mengaku dari Tiongkok tanpa embel-embel lisensi Amerika atau suku cadang dari Jerman.

    1. Pak One,

      Nah… kalau itu benar. Oppo memproduksi pemutar blu-ray dan DVD di Amerika. Produknya terkenal. Namun, itu tidak boleh lantas dijadikan alasan bahwa ponsel Oppo dari Amerika, lisensi Amerika, atau punya pabrik di Amerika dong.

  175. Coba mas survei lagi, apa sekarang masih kaya gitu,

    Buat mas edwin maaf saya hanya skdar bertanya, karena saya sendiri jujur adalah salah seorang penjual gadget dan saya juga rugi dong dengan adanya hal seperti ini. Disini saya hanya ingin kalau semua jelas, karena yg saya tau di daerah saya ga ada promotor oppo yg kaya gitu, setau saya cara menjualnya pun ga ada yg salah, makanya saya minta dengan sangat hormat kepada mas herry untuk bisa melihat secara luas, jgn hanya melihat di daerahnya sndiri,
    Ibaratnya mas herry ini hanya melihat halaman rumahnya yang kotor, tapi.mas herry tdk ingin melihat halaman rumah orang lain yang bersih,
    Hanya trpaku pada sekelilingnya saja. Coba liat ke luar dan coba cek, apakah di luaran sama,

    Sah sah saja kalau mau.menjelekan.salah.satu brand tp harus dengan bukti yg kuat, jgn hanya omongan saja,

    Kalau menurut saya yang membohongi publik.itu mas sendiri, karena sudah menjelekan salah.satu brand dengan alasan yg ga.cukup kuat,

    Untuk membuktikan segala sesuatu harus mempunyai persentase minimal 60% dari total keseluruhan, jadi kalau hanya melihat sekeliling daerah sendiri itu mungkin kurang dari 10%.

    Intinya harus ada bukti yang kuat..
    Maaf mas mungkin mas cukup berpendidikan dan pasti mengerti maksud saya kmana,

    Thanks.

    1. Pak One,

      Kapan-kapan deh saya survei lagi. Harus ada sukarelawan dan banyak waktu senggang dulu.

      Saya tidak setuju dengan persentase minimal yang Anda sebutkan. Untuk menyatakan suatu ponsel buruk, misalnya, apakah saya harus mencoba seluruh ponsel yang beredar? Tidak kan.

  176. Mas maaf, mungkin menurut mas buruk tp blm tentu juga kan menurut orang.lain, buktinya di.daerah saya msih byk ko peminatnya,

    Kalau menurut saya sgala sesuatu hrs ada perbandingan secara persentase,

    Contoh saja jika dlam 10 orang, 3 mengatakan bahwa A itu jelek sedangkan 7 lagi mengatakan A itu bagus gmana pendapat mas, jlaskan mksd saya..

    Sebenarnya kami sbgai para penjual gadget merasa di rugikan sama yang mas blg, karena menurut saya produk oppo itu bgus, kalau cara memasarkannya yg mas jdikan mslah knPa harus barangnya yg di jdikan sasaran, aneh juga kan,

    Thanks

    1. Pak One,

      Ini jawaban terakhir saya. Kalau adu argumennya cuma mutar-mutar terus, ya nggak akan selesai.

      Satu hal yang perlu Anda ketahui (silakan disampaikan kepada petinggi Oppo biar mereka sekali lagi tahu), selama cara berjualan Oppo masih seperti saat ini, saya takkan merekomendasikan ponsel Oppo.

  177. Saya setuju dengan bapak One.
    Mungkin cara pemasaran Oppo sdikit tidak jujur, tetapi blum tentu kualitas dari smartphonenya jelek.
    Jadi kalau misalnya ada yg ingin membeli oppo, ya lebih baik dipersilahkan saja pak Herry. Jika alasannya karena harga terlalu mahal, bilang saja terlalu mahal. Jangan memberikan alasan yg terkesan subjektif. ?
    *Saya bukan penjual Oppo. Hanya pengamat gadget saja.
    ^^

    1. Bu Dewi,

      Saya sejak awal tidak mempermasalahkan kualitas produk dan harga. Mau dijual Rp 15 juta pun, ini contoh ekstrem ya, asalkan cara berjualannya jujur ya silakan. Namun, biarpun dijual Rp 1 juta, tetapi cara berjualannya tidak jujur, ya bakal saya permasalahkan terus.

  178. Knapa bukan mas saja yg bilang kpd para petinggi nya, mas yg punya msalah bukan saya, aneh mas ini..
    Justru kami para penjual yg merasa dirugikan oleh mas..

    Thanks.

    1. Pak One,

      Lha kan saya sebelumnya sudah bilang. Siapa tahu kalau yang bilang pedagang, petinggi Oppo lebih responsif.

      Setelah ini saya takkan merespons komentar Anda lagi daripada berputar-putar terus.

    2. Dear One,

      Anda merasa dirugikan dengan artikel ini? Coba renungkan pertanyaan-pertanyaan ini dan jawab dengan jujur: Memangnya semua calon pembeli ponsel Oppo membaca artikel ini? Memangnya semua calon pembeli ponsel Oppo akan beli di toko Anda?

      Jika penjualan ponsel Oppo di toko Anda menurun, tentunya bukan salah artikel ini. Itu kesalahan Anda sendiri. Dengan profit margin yang tinggi, harusnya Anda mampu menyusun strategi untuk menarik calon pembeli ponsel Oppo untuk berbelanja di toko Anda.

      Jika penjualan ponsel Oppo di toko Anda tidak menurun, lantas apa alasan Anda merasa dirugikan?

  179. Saya tdk ada mslah dgn oppo, tp saya bermasalah dengan mas,

    Kalau mas tdk.merrspon berarti mas menutupi kesalahan mas sendiri ke publik, trserah mas saja,

    Thanks

  180. Saya setuju.
    Di stand oppo yg sedang promosi di Malang Pada malam minggu lalu, saya tertarik mencoba hp yg dipajang. saat saya mencoba oppo tipe f1. Saya membandingkan dengan kamera depannya dengan hp saya xperia. Saat itu penjaga stand mengatakan kalau xperia saya bukan asli sony, melainkan buatan sony china. Apalagi saat pacar saya mengeluarkan hpnya yg ber merk Huawei. Dia juga mengatakan Huawei kualitas sama seperti mito.
    Ketika saya tanya balik “memang oppo buatan mana?”. Dia menjawab buatan Amerika. Disana katanya laku keras. Apa iya oppo laris di Amerika koh?

    1. Bu Soraya N.S.,

      Wah… wah… promotornya ngaco nih.

      Ponsel Oppo bukan dibuat di Amerika. Saya tak tahu kini ponsel Oppo dijual di Amerika atau tidak. Satu hal yang pasti, tidak ada nama Oppo di deretan ponsel terlaris di sana. Ponsel terlaris di Amerika masih iPhone.

  181. Rencana mau beli oppo,,,tpi uda ga jdi gra2 baca ni.ntr klo rusak kan bsa nyesal n uang hangus begtu saja.tx ya mas herry..

  182. Pak izin share kalo diperkenankan..
    Terus terang telinga saya gatal dengar komentar salah satu penjual ponsel di atas. Menurut saya tidak ada yg salah dengan prinsip pak herry. Saya sendiri pun kerap dibikin sebal dengan promotor oppo atau penjual2 hp di counter2 yang pernah saya sambangi. Seringkali saat saya sedang menatas atau menanyakan merk tertentu (bukan oppo), mereka selalu berusaha mengarahkan bahkan membujuk saya untuk membeli ponsel oppo. Alasan atau pernyataan yg seringkali digunakan untuk memikat diantaranya:
    – menyatakan kalau ponsel oppo ini merupakan merk dari amerika atau eropa,
    – menyatakan kalau ponselnya tsb merupakan ponsel dengan penjualan terbaik pada saat ini.
    Motivasi dari tindakan2 tsb entah karena insentif oppo paling besar atau bagaimana. Yang jelas di mata saya ada aroma ketidakjujuran dari hal tsb sehingga saya juga sering menyarankan teman atau keluarga lebih baik membeli ponsel selain oppo. Sudah jadi hal yang wajar pula kalau di negara maju, saat penjual tidak beretika bisnis dengan baik maka konsumen akan meninggalkannya.

  183. Maaf all, saya tdk ada ada maslah.dengan anda anda, buat saya jelas rugi lah dgn adanya artikel kaya begini,
    Jelas kan,

    U/ mslah insentive bkan hanya dari oppo tp dari brand lain juga ada, malah ada yg lbh tggi di banding dengan oppo,

    Boleh saya utarakan misal Samsung type Tab itu insentive buat FL nya 50 – 100, jadi kalau maslah insentve ga di maslahkan,

    Jika anda anda sebagai penjual terus ada artikrl kaya gini mau gmana,

    Kita jujur saja, jangan ada kebohongan,

    Bukti nyata di lapangan kalau tdk semua promotor cara pemasarkannya kaya yg anda anda bilang. Coba anda anda dtg ke daerah lain selain daerah anda anda sendiri,

    Atau anda bisa maen ke Erafone dan tanya langsung,

    Thanks..

  184. kadang saya merasa aneh, hanya karena salah satu pedagang or bbrp salesnya bhong masak langsung di cap produknya ngk jujur,. bijaklah dalam menanggapi sesuatu,,

    1. Pak Agus Irawan,

      Bukan hanya satu atau beberapa lho. Ada banyak. Silakan membaca testimoni dari pembaca lain di thread ini.

  185. Pak Herry sudah bicara dengan petinggi regional Oppo, tetapi petinggi regional Oppo di negeri ini seolah tutup mata dan telinga soal ini, bahkan setahu saya pihak Oppo sudah tidak mau mengundang Pak Herry di acara Oppo misal launching produk baru.

    Jika pak One sebagai pedagang dari Jabar membaca blog ini dari lama, Asus pun diawal munculnya dikritik sangat parah oleh Pak Herry, sangat parah dengan juga mengatakan “jangan membeli ponsel Asus”. Tetapi bedanya pihak Asus mau berubah dengan memperbaiki semua kritik minus dari Pak Herry menjadi lebih baik, dan tetap mau mengundang Pak Herry di acara Asus walaupun dikritik secara keras “jangan beli ponsel asus”.
    Asus saja sebagai pemain baru bisa berubah dari kritik negatif menjadi positif, beberapa ponselnya kini recomended seperti Zenfone Laser dan Zenfone Max, mengapa Oppo tidak bisa berubah walaupun sudah dikritik keras juga? Entahlah, petinggi regional yang bisa jawab.

    Untuk beberapa konter di Madiun, Semarang, Solo, Yogya, Bandung, Malang, berdasarkan pengalaman “keisengan” saya bertanya waktu jalan2 bulan kemarin mereka masih mengaku Oppo merk Amerika dan “menjatuhkan” merk lain.

  186. Huawei sama kyk merk mito????gak salah tuh???
    Parah nih promotor….
    Klo ane ketemu promotor bicara ngawur kyk gitu…mending ane acak2 tuh toko..biar gak ngawur klo ngomong…biar sekalian owner toko nya tau klo si promotor oppo “NGAWUR”…

  187. Provikasi ini sudah ga main2 mas,
    Mas disini ga ngerasain apa yg kami rasain,

    Mas bilang Bandung, tolong mas jwb toko mana, dan kalau benar mas pasti tau nama tokonya, dan saya mau crosschek lgsung, soalnya saya byk relasi toko di bdg, dan akan saya buktikan tentang omongan mas, klau terbukti saya ga akan comment lagi.

    Thanks

  188. Andai ada petisi untuk mendukung P.Herry, sy orang pertama yg akan TTD. Lanjutkan master.. #Banyak orang2 yg sayang & mendukung P.Herry ?

  189. Silahkan dilanjutkan pak herry.. selama kenal pa herrykenalpembaca menginspirasi pembaca.. hihihi

    Andi :p

  190. Buat Pak One
    Saya beli handphone oppo karna “dihasut” oleh promotor oppo dengan bilang oppo dari amerika dan SANGAT LAYAK TIDAK DI BELI! Teman2 saya sekitar 6 orang menyesal beli oppo karna “ditipu”
    Jadi saya sangat mendukung bapak Herry menggembor2kan ini.
    Kalau bapak rugi karna artikel ini? Bapak salah masuk karna ini tempat diskusi buat pembeli bukan untuk penjual!!!

  191. Om ..mau nanya yah, di Oppo Neo7 ( baru beli belum sebulan) ane ada tertulis Upgrade New Version..giliran ane ..approve download utk mengupdate, muncul tulisan : Ponsel anda ter root. Silahkan menghubungi PEMADAM KEBARAN..canda om..Ada Solusi gak om ..? Mkasih om atas jawabannya.

  192. Terlalu bnyak menghasut.. Btw tuhan anda xiaomi yaa yg masalah sparepart’x yg kayak gatel g ada dmana-mana.. Ram tengil ram 2gb sama bae lemot naudzibillah penataan sistem ram yg sangat gagal

  193. Ada harga ada kualitas, jgn tergiur sama spek tinggi harga murah tapi hasil nooo bgt kayak xiaomi siomay atau apalah, gampang ringkih matot.. Semua harga purna jual elektronik pasti turun lah, g mungkin pada naik tuh harga, kalau pingin naik mending beli emas atau invest tanah , noh pasti naik tuh harga, jgn lu cuma nge judge tuh ponsel oppo, jadi orang kok bloon bgt .. Busettt dahhh sempak

  194. Rupanya banyak sales/pedagang yg g terima dengan artikel ini

    Saya sendiri punya beberapa pengalaman dibujuk sales untuk beli oppo
    beberapa kali saya jalan2 dikonter untuk survey harga hp yg akan saya beli, eh sales2 itu malah nyaranin dengan semangat untuk beralih ke oppo, katanya oppo lebih bagus lah, merk amerika lah, dan itu memang benar adanya, dan malah menjelekkan hp yg mau saya beli, karena saya sudah tau seluk beluk oppo, saya skak mat dah itu sales, yg langsung diam seribu bahasa.

    Saya juga kadang tidak setuju dengan pak hsw disini, karena saya juga pengguna Zenfone2
    berSOC intel yg sangat tidak disarankan disini (pak hsw hanya menyarankan zenfone yg SOC nya non intel/ARM based), alasannya karena panas, padahal saya sebagai pengguna tidak terlalu merasakan panas nya SOC intel, Xperia Z saya yang jadul bahkan terasa lebih panas dalam pemakaian normal, dengan harga yang worth menurut saya sudah dapat RAM 4GB.
    entah apa karena saya yg terlalu asus minded (saya pengguna produk2 asus sejak nokia masih berjaya dengan hp2 candybar nya…… Peripheral PC maksud saya, asus jelas belum bikin hp saat itu, hehe ).
    kekurangan zenfone2 menurut saya cuma modelnya aja yang membosankan, tidak seperti Xperia Z saya yang meski jadul tapi tetap terlihat cantik.

    Tapi ya bebas saja pak HSW menulis menyarankan / tidak, klo saya sih tidak terpengaruh….semua kembali ke user experience masing2, klo puas silahkan dielus2, g puas silahkan jual kembali.

  195. Saya mau tanya hp yg bagus untuk bajet dibawah 4 juta apa yah? Kalau samsung a3 duos bagus apa ngk pak?mksh
    Sya juga dulu punya hp oppo yoyo baru nyampe 1 thn mati total d perbaiki mnta 1 jutaan,,ya ngk jadi sya perbaiki. Awalnya emang bagus tapi lama2 sering hang dan lelet bangat. Padahal jatuh pun palingan baru 2 atau 3 kali. Padahal sya juga punya ace 2 yg sampai skrng masih d pake padahal sering sekali jatuh,udah 4 thn.

    1. Bu Nafisah,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Silakan melirik Infinix Zero 3 Rp 2,599 juta atau Lenovo Vibe P1 Turbo Rp 3,8 jutaan.

      Galaxy A3 Duos kurang menarik.

  196. wah bermanfaat sekali artikelnya.
    memang banyak pro dan kontra-nya ya utk oppo ini. yg penting selera masing2 konsumen.
    btw, udh ada info LG g4 dual murah nggak ya hehehe.
    dan setau saya pak HWS pernah share soal kartu memori sim card yg bagus dan g mungkin ada palsunya apa ya ak. terus maksud dari kelas 10 kartu memori itu apa ya pak

    1. klo utk LG g4 dual yg sekond brp harga pasarannya ya pak, ada yg nawarin yg ceramic white (nnt kan bisa beli yg lather brown. btw katanya yg leather brown kurang awet ya). mohon pencerahan

      1. dan kayaknya smp detik ini smartphone terfavorit dan paling juara HWS Lg G4 dual (masih belum digantikan oleh LG G5 kyaknya hehehhe, kpn review yg Lg g5 nih koh)

        1. Bu Nina,

          Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

          HWS itu siapa ya? LG G5 tidak beredar resmi di sini.

      2. Bu Nina,

        Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

        Bergantung kondisi, fungsi, kelengkapan, dan status garansi. Maksimal Rp 4 juta.

        Leather brown kurang awet? Ponselnya sih sama. Mungkin maksudnya permukaan kulitnya ya. Kalau dibandingkan dengan ceramic white, memang lebih sulit yang ceramic white.

      3. Bu Nina,

        Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

        Bergantung kondisi, fungsi, kelengkapan, dan status garansi. Maksimal Rp 4 juta.

        Leather brown kurang awet? Ponselnya sih sama. Mungkin maksudnya permukaan kulitnya ya. Kalau dibandingkan dengan ceramic white, memang lebih solid yang ceramic white.

    2. Bu Nina,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Harga G4 baru dan bergaransi resmi yang saya temukan seminggu terakhir sih Rp 4,799 juta. Namun, hanya berlaku sehari.

      Ehmm… merek Team-kah? Kelas di kartu memori itu menunjukkan kecepatan baca tulis. Semakin tinggi kelasnya, semakin bisa ngebut.

      1. maaaaf pak herry saya salah ketiiiik. mksudnya HSW hehehehe (untung pak herry baik kati g ngambek krn salah tulis nama, dan dijawab pertanyaan sy. terimakasih ya)
        klo garansi sudah habis kira2 kena brp koh LG G4 sekond.
        iya maksud sy yg g awet kulitnya. tp gpp kan back covernya dijual lagi.
        yaaaaahh:'( kok sy g pernah tau ya klo pas ada promo LG G4 murah ya, jarang buka internet juga. dimana sih pak, jam brp biasanya, dan sering pas kapan promo murah itu
        pak maaf tapi apa bisa di infokan klo pas ada yg promo murah (via inbox email mungkin), klo dgn harga segitu mending beli yg baru aja drpd sekond. soalnya sy jarang berinternet ria
        pak klo g ngrepotin boleh tdk sms sy klo pas ada promo lg g4 ini no. saya 0888032*****

        1. Bu Nina,

          Lama kelamaan saya penasaran dengan Anda. Anda sebenarnya ingin membeli ponsel apa? Kapan Anda akan membelinya? Sebab, saya perhatikan sejak lama Anda kok berputar-putar terus tanpa melakukan eksekusi.

          G4 bekas dan garansi sudah habis maksimal Rp 4 juta.

          Tidak ada tempat dan waktu khusus. Harus rajin cari-cari.

          Tidak bisa. Saya tidak melayani konsultasi via email dan SMS.

          1. saya udh beli pak yg siny xperia Z5 premium. tapiiii. setelah liat hasil kameranya jadi nyeseeeel bgt. kok g pilih Lg G4 aja yaa. akhirnya aku jual ke temen yg pecinta sony, udh biasa marah2 di service center sony hahahahha
            maapkan yaaa klo mbulet ae. hahahha

  197. Saya juga taubat om pake produk oppo
    Ini utk prtma dan trakhir kalinya saya pakai oppo.
    Kalo udah setahun pasti bakal ngulah. Dan saya perhatikan semua hp tmn saya begitu.
    Saya dulu pakai samsung tak begini2 amat.
    Kamera depannya emg bgus. Sangkingkan bgusnya ampek muke org 360 derajat jadi ngeclinggg ngalahin camera360 ?? jujur gue mah jd malu malahan ?
    Pdhal saya sudh atur sekali mslah pemakain hp saya ni. Ga pernah saya bwa nhecas smalaman. Dan saya jg g banyak bannyak aplikasi. Saya cmn rjin mnjalankan bbm.
    Mau beralih ke iphone tp sush mnurut saya buat anak kuliahan. Saya sering transfer data dokumen k hp. Eh kalo pke iphone kan ga bs. Hu
    Om merk hp yg bagus badget 2,5 smpai 3
    4 jt yg kmeranya jg oke ?

    1. Bu Tika,

      Jadi, anggaran maksimal Rp 3 juta atau Rp 4 juta nih? Kalau cari yang kameranya bagus, ada Infinix Zero 3 LTE Rp 2,599 juta. Kalau cari yang baterainya tahan lama, Lenovo Vibe P1 Turbo Rp 3,999 juta.

  198. Mas,mau tanya sy mau beli hp tpi binggung antara oppo f1 plus sm A5 versi 2016 kira2 yg mana ya…..

    1. Bu Nina,

      Ponsel Oppo lebih baik langsung dicoret dulu.

      Galaxy A5 (2016) saya belum pernah pakai.

  199. Selamat siang om Herry SW, saya sebagai promoter OPPO mau ikut berpendapat. Pendapat ini bukan untuk pembelaan pada siapapun, tapi memang saya tidak memungkiri bahwa memang banyak promoter OPPO dalam menawarkan produk itu banyak yg mengada-ada, dengan menjelekkan produk yg lain juga itu sangat banyak, sedikit pembelaan dari saya sebagai salesman, mereka seperti itu memang dikarenakan target yg sangat tinggi dari perusahaan, apalagi dulu saat yg ada di pasaran masih OPPO Find Muse, Find 5, Find Clover, karena saat itu bilamana seorang promoter tidak mencapai target selama 3 bulan berturut-turut maka mereka akan di berhentikan. Selanjutnya kenapa mereka menyebutkan bahwa OPPO Produk dari Amerika atau Eropa? kalau menurut pengalaman saya itu dikarenakan pada saat Training Class (Pelatihan pas pertama bergabung dengan OPPO), si Trainer memberikan materi-materi tentang pengenalan Produk OPPO, tentang asal usul Perusahaan, juga tentang dimana saja produk OPPO dipasarkan, dan disebutkan juga oleh sang Trainer dulu bahwa sebetulnya sebelum memproduksi HP OPPO adalah sebuah perusahaan elektronik yg memproduksi DVD, Bluray Player, MP3, yg dipasarkan di Amerika Utara, dan sukses disana menurut sang Trainer, jadi sebetulnya sudah diinfokan bahwa OPPO berasal dari China tapi mungkin ada beberapa Promoter yg bereksporasi dengan cara menawarkan atau mungkin mereka tidak menyimak pembabaran sang Trainer saat pertama kali Training Class, jadi menurut saya untuk manajemen OPPO sendiri tidak memberikan pengarahan untuk bilang kalau OPPO itu Produk Amerika, itu hanya oknum Promoter yg terlalu bereksplorasi dengan cara menawarkan barang, dan bila sekarang masih ada Promoter yg menawarkan barang dengan cara seperti itu, saya pun berharap Perusahaan menindak lanjutnya dikarenakan itu sama saja dengan mencoreng nama baik OPPO sendiri sampai ada Artikel dari Pak Herry SW seperti ini. Selanjutnya untuk masalah seperti ada yg merasa terhipnotis atau merasa tertipu dengan cara-cara promoter OPPO menawarkan barang dagangannya, kami sebagai Promoter diinstruksikan untuk menawarkan Produk dengan cara menunjukkan kelebihan-kelebihan yg dipunyai oleh OPPO Smartphone, seperti contohnya ada orang yg menanyakan Samsung Galaxy A3 2016 dan bila kebetulan orang tersebut saya yg handle, saya pasti mencoba switching agar si konsumen mengenal OPPO terlebih dahulu, lalu setelah mengenal produk OPPO saya pasti membandingkannya dengan produk saya semisal OPPO F1, yg biasa saya bandingkan pertama ColorOS dengan fitur semisal Gesture&Motion, Memory Clean Up, Fitur Hemat batre, USB OTG, lalu fitur Camera yg beberapa fitur itu tidak ada atau tidak pernah dijelaskan oleh Promoter Samsung pada usernya, selanjutnya kami juga menjelaskan tentang garansi OPPO yg mencakup semua aksesoris dan unit dan kebetulan hal tersebut juga jarang atau tidak pernah diinfokan oleh promoter samsung, lalu jikalau dengan 2 hal tersebut user belum tertarik baru saya bandingkan spesifikasi antara Samsung A3 dengan OPPO F1 dan kebetulan OPPO menang banyak dengan harga lebih murah tentunya, itulah cara-cara kami untuk menawarkan produk kami pak Harry SW, hanya saja terkadang banyak Promoter brand lain merasa dirugikan dengan cara kami, padahal bila produk kami mereka alihkan pun kami tak pernah protes (protes dari pegawai brand lain ini banyak terjadi di Sukabumi, Jawa Barat entah di Kota ain bagaimana). Selanjutnya untuk semua yg bilang bahwa OPPO Overprice mungkin dulu saya juga merasa bahwa harga OPPO terlalu tinggi tapi untuk sekarang mungkin saya bisa bilang bahwa harga Samsung yang overprice dikarenakan A3 2016 dengan Quadcore, RAM 1.5GB dihargai lebih tinggi daripada OPPO F1 dengan Snapdragon 616 Octacore, RAM 3GB, beda hal jika dibandingkan dengan Xiaomi, Meizu, Alcatel juga HP lain yg Booming di Lazada. Selanjutnya OPPO memberikan terlalu banyak kepada owner, itu memang betul, margin cuan untuk pemilik toko memang lebih besar dibandingkan Samsung ataupun yang lain, dan owner pun berdagang dengan niat mencari keuntungan, buat apa mereka berdagang kalau hanya untuk menjual harga modal, jadi ibaratkan dibandingkan keuntungan menjual Samsung S6 3unit itu sama dengan menjual OPPO F1 1unit, itulah makanya OPPO menginstruksikan berjualan dengan one price, agar ada keuntungan yg lumayan gede untuk owner, promoter dan userpun tidak bingung dengan harga dikarenakan harga brand lain cenderung berubah-rubah terlalu cepat dan tak sama rata, dan perlu diketahui juga untuk daerah Sukabumi, ada beberapa Big Dealer yg bisa mengendalikan harga contoh counter kecil order barang ke Big Dealer dengan harga 500.000 otomatis counter tersebut harus jual diatas harga modal, tapi kadang tiba-tiba Big Dealer tersebut menurunkan harganya jadi 450.000 otomatis counter kecil tersebut harus ikut harga si Big Dealer karena kalau masih keukeuh harus menjual diatas 500.000 counter tersebut akan di cap mahal oleh konsumen dan berita dari mulut ke mulut itu berbahaya dampaknya. Selanjutnya untuk masalah HP OPPO yg sering bermasalah atau disebutkan banyak masalah, yg saya rasa selama bekerja selama 2 Tahun di OPPO claim garansi atau service itu sangat sedikit, malahan selama 2 Tahun claim garansi itu saya hanya dapat kurang dari 20 unit itu yg melalui saya belum tau yg langsung datang ke Service Center OPPO, dan Service juga kebanyakan karena kesalahan user, bukan karena garansi dan roses pengerjaan pun cepat kecuali kalau pending part, dan tak lebih dari satu minggu biasanya.
    Itu saja pak Herry SW, maaf kalau kepanjangan pak. Terima kasih untuk kritiknya mudah-mudahan kami Promoter OPPO bisa lebih.mengembangkan diri dengan adanya kritik dari pak Herry SW ini dan mudah-mudahan Manajemen OPPO juga bisa menindak Promoter yg tak memakai tata krama dalam berjualan.. Selamat siang!!

  200. Pak Herry, tolong dicek juga dong cara berjualan promotor Vivo, Coolpad dan Huawei seperti apa. Soalna saya sendiri punya pengalaman buruk terutama coolpad n vivo. Jelasinnya ngaco ya ngaku2 amerika gt deh. Kameranya DSLR lah apalah. Klo promotor oppo menurut saya sekarang sudah lebih banyak yg jujur ya. Saya sendiri kalo hape sih pakenya sony.

    1. Pak Uwa Tere,

      Secara berkala saya memang sudah iseng mampir ke gerai Vivo, Coolpad, dan Lava. Sejauh ini belum pernah menjumpai promotor tiga merek itu yang mengaku ponselnya berasal dari Amerika.

      Kalau kamera setara DSLR, saya memang berkali-kali menjumpainya, bahkan kala berinteraksi dengan promotor merek global seperti Huawei, Samsung, dan Lenovo.

      Betul. Persentase promotor Oppo yang jujur kini terus bertambah. Namun, dalam pantauan saya, secara populasi masih kalau dibandingkan dengan yang kurang jujur.

  201. hello, thank you sudah menulis ini. saya sendiri baru beli ponsel oppo f1 beberapa minggu yang lalu dengan harga 3,5 juta. ponselnya bagus sih, gak ada masalah. Cuma yang aku heran dari semua counter yang kukunjungi, mulai dari konter gk jelas hingga sentra ponsel, mereka merujuk ke oppo, padahal samsung, asus dan xiaomi juga gak kalah spek dengan oppo.

    keheranan makin bertambah pas adik saya yang hapenya ilang meminta saya menemaninya beli hp baru. semua konter lagi lagi nawarin oppo. malah si mbaknya klaim oppo f1 hasil jepretannya lebih bagus daripada samsung s6, yang notabene hp flagship merek terkenal. Aku sih cuma huh?? masa sih oppo sebagus itu?? makanya aku minta adikku gak beli dulu. aku cek faktanya, eh nemu deh tulisan ini.

    Kalo menurutku cara marketing oppo ini gak salah, cuma terasa salah saat para penjual menjelek jelekkan hp lain cuma untuk meleading kita membeli oppo.

  202. Wah informasi yang sangat berharga Pak karena saya termasuk calon konsumen yang terpukau dengan kecanggihan dan kelebihan yang dipromosikan Oppo. Makasih dan salam kenal πŸ™‚

  203. Terimakasih buat teman” dan pak henry, saya selaku promotor OPPO mengucapkan banyak terimakasih atas kritikan, itu merupakan PR buat saya sekaligus mewakili semuanya, agar kita lebih berkembang lagi, karna kita emang butuh kritikan untuk berkembang,. Terimakasih banyak sekali lagi, dan saran saya, semisal kita mau mengkritik, kita juga harus berpikir dua kali, dan menelan omongan kita dulu, karna kita juga perlu memikirakan perasaan seseorang, apa lagi kita kritik di medsos. karna yang bekerja di OPPO bukan cuman satu dua orang tapi ribuan. Trimaksihaden

  204. sy rcna mau beli hp dg budjet 3-3,5 jt kira hp merk apa y pak herry ? sy mau yg layar 5 inci, lancar di sosmed, batrai yg awet, kualitas kamera yg cukup bagus, kalo bisa penyimpanan yg besar krn sy suka simpan foto dan lagu serta di imbangi dg performa yg bagus….kebanyakan maunya y pak herry ? hehe…

    1. Bu Yoeyoen,

      Hmm… batasan layar 5 inci yang susah nih. Kalau mau layar lebih gede, ada Lenovo Vibe P1 Turbo. Namun, Anda perlu menambah anggaran Rp 200 ribuan.

  205. Yakin nih jadi fix ya? Aku tadinya pengen banget beli oppo f1 plus sudah cek sini browsing sana sini… Tolog kabari donk mAsa iya f1 plus itu jelek katanya dah ga? Itu paling bagus kan? Coba nanti sapa yg sms aku deh soalna tgl 8 juni aku sudah kluar negeri bsk tgl 7 juni aku mau beli hp 08170050097 hp apa bajed 5 jutaan … Aku takut salah beli soalnya sodara dAn temen2 aku blg jgn beli oppo

  206. saya aja pakai asus zenfone 6 hampir 1 tahun 5 bulan gitu sampai sekarang puas bnr kenerja mesin ok apa lagi batrai nya anti bocor..prosesor buatan intel 2 Ghz..No kendala tu..

  207. pak herry, saya lagi bingung nih mau beli hp, tapi yang bekas. bisa kasih referensi gak mana yang lebih bagus, samsung galaxy s5 atau sony xperia z3??

  208. Pak Herry, kalo tidak keberatan menjawab, saya ingin menanyakan hp apa yang anda pakai ?
    Dan berikan saya rekomendasi untuk membeli hp dgn budget 3 s/d 5Juta

    1. Pak Nju,

      Ponsel yang saya pakai berganti-ganti. Ponsel apa pun yang sedang saya uji pakai, walaupun ponselnya sangat buruk, akan menjadi ponsel harian saya.

      Rekomendasi saya:
      1. Lenovo Vibe P1 Turbo sekitar Rp 3,8 juta.
      2. LG G4. Harga baru Rp 5,499 juta. Namun, kalau rajin memantau promo di internet, bisa dapat harga maksimal Rp 5 juta.

    1. Pak/Bu Dhila,

      Saya belum pernah mencoba keduanya. Saya pribadi sih langsung mencoret ponsel merek Oppo.

  209. Pak saya mau tanya, mending beli hp oppo f1 plus atau iphone 5s?
    Saya sih beli hp buat foto2 alam saja, yang kameranya bagus buat foto2 selfie atau alam2(gunung, bukit, pantai, dll).. untuk masaah aplikasi, saya cuma pakai bb,, line, wa, instagram, fb, email.
    Saya suka game, tpi game saya mainkan di tab galaxy S sayaa.
    Mohon informasi ya pak.. juga info soal hp yg kameranya bagusm fiturnya lengkap, dijamin tidak menyesal belinya.. thnks

    1. Bu Novenia,

      Tak tahu. Sebab, saya belum pernah menguji pakai keduanya. Buat saya pribadi, ponsel Oppo pasti akan saya coret duluan.

    1. Pak/Bu Pdf,

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai Galaxy J7. Kalau ponsel merek Oppo sih langsung saya coret.

  210. Izin pak Herry Saya pengguna oppo f1 plus
    Apa sudah di ketahui kekurangan dan kelemahanya
    “nyesel nih beli product oppo”

  211. Maaf Pak, saya mau minta sarannya untuk memilih hp 1,5 – 2 juta dengan kualitas baik untuk kebutuhan browser cepat, layar 5/5.5 inchi, dan penulisan dokumen2 kantor.

  212. Maaf Pak, saya mau minta sarannya untuk memilih hp 1,5 – 2 juta dengan kualitas baik untuk kebutuhan browser cepat, layar 5/5.5 inchi, irit batrai dan penyimpanan besar. Terima kasih

    1. Bu Lia,

      Dengan kriteria tersebut, tak ada ponsel yang cocok. Pilihannya:
      * Anggaran dinaikkan menjadi Rp 2,5 juta untuk membeli Asus Zenfone Max atau
      * anggaran tetap, tetapi layar berukuran 5,98 inci. Di situ ada Infinix Note 2 Rp 1,899 juta.

  213. Mas, saya mau minta masukan dong apakah meizu mx4 ga ada ya d indo? Kok susah banget dapetinnya? Terus kasi saran dong dgn buget 3jutaan (ga lebih) lebh bagusan mana mi4c? Mx4? Atau malah oppo f1? Khusunya berpusat ke kamera depan nya mas, terimakasih
    Mohon direspon

    1. Pak Rezki Ridho Datmi,

      Ada kok. Namun, status garansinya tak jelas.

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba ponsel-ponsel itu. Waks… jangan beli ponsel merek Oppo deh.

  214. Mas dgn budget 3,5 jt. kira2 rekomendasi hp apa ya bagus? speknya yg kameranya bagus, ga lemot sm desainnya bagus buat cewek. TKs

    1. Pak Tri,

      Silakan membeli Infinix Zero 3 saja. Harga Rp 2,599 juta. Buat cewek, belikan yang warna emas alias gold.

        1. Pak Tri,

          Bergantung fitur yang lebih diutamakan.

          Kalau mengutamakan kamera, lebih baik tetap membeli Infinix Zero 3.

          Kalau mengutamakan sensor sidik jari dan fitur VR, silakan melirik Vibe K4 Note.

  215. Maaf pak hery saya mau bertanya. Diluar ketidak sukaan anda terhadap oppo karena ketidak jujuran itu, lebih bagus oppo f1 atau lg g3? Atau engga lebih bagusoppo atau lg? terima kasih pak

    1. Bu Lulu,

      Tak tahu. Saya belum pernah uji pakai F1. Cuma pernah towel-towel.

      Oh, kalau secara umum ya mending LG daripada Oppo.

  216. mas herry kalau memilih antara sony xperia z2 dan samsung a3 bagus mana ya? kalau dari segi kamera lebih baik sony atau samsung?

  217. Sebenarnya sih bagus ni oppo.saya makai oppo dengan teman saya udh lama, apalagi di teman2 sya di tempat udh makai oppo semua, tapi hrganya mahal , gak kayak asus, hrga sama ramnya udh 2gb. Klo oppo msih 1 gb,tpi smpai skrng blm prnh lelet. Karna ada pembersihan memori

  218. Sejauh ini saya memakai oppo f1 sangat bagus
    Karena oppo go internasional
    Diliat dari body nya lebih keren dibanding yg lain karena dibalut metal yang cantik
    Kalo samsung atau yg lain masih menggunakan plastik , mungkin itu yg buat mahal
    Dan over iklan juga yg buat.mahal
    Untuk kamera mantap lebih mantap dibandingkan zenfone selfie

    Itu aja dari saya

    1. Pak Fajar,

      Kualitas ponsel Oppo memang di atas rata-rata ponsel merek Tiongkok. Yang jadi masalah adalah kejujuran promotor Oppo dalam berjualan. Tingkat ketidakjujurannya termasuk yang paling parah.

  219. Saya baru aja bulan kemaren beli oppo f1 dengan harga 3.500.000, trus kemarin di pake main ama Ade saya dia teken teken tuh layarnya padahal menurut sya itu gak keras keras bgt nekannya eh gk taunya layarnya langsung ada ijo ijonya gitu di pinggir pinggirnya dan lama kelamaan layarnya jadi ijo semuanyaa,duh jadi nyesel beli oppo padhal baru satu Bulan di pakenya malah gitu aja udah rusak.
    Dulu juga pernah habis beli oppo ini di suatu konter di Kasih tu tuh perbangdunganya antara oppo f1 dengan hp keluaran terbaru yaitu vivo yg harganya 2jutaan ,fitur fiturnya sama sama baguss,malah kalo dibandingin banyakan kelebihannya si vivo itu. tapi bedanya harga oppo yg lebih mahal.kalo di pikirpikir gk sepadam bgt harga oppo dengan kelebihnnya.

    1. Bu Hanifah Rahmah,

      Pengalaman adalah guru yang terbaik. Lain kali jangan membeli ponsel Oppo lagi ya.

  220. Pak hery

    Hp yg kamera bagus ,baterai awet, dan gk gampang rusakapa ya? Jangan oppo pak kapok saya beli oppo yoyo bolak balik rusak cepet panas

    1. Pak Sayyid Agung,

      He… he… tenang, saya takkan merekomendasikan ponsel Oppo. Buat saya, merek Oppo mending ke laut saja. πŸ™‚

      Silakan mempertimbangkan Asus Zenfone Max.

  221. Oalah jadi begitu yah bro. Padahal kemaren baru mau beli oppo tapi untung keburu baca review teman teman disini. Makasih bos,, bisa jadi pertimbangan bagus nih…..

  222. Pak hery,
    Semua hp itu bisa rusak dan klo cepat rusak itu tergantung dari si pemakai.
    Dan klo hanya gara2 si penjual hp oppo tersebut tidak jujur oppo dr negara mana, mungkin hanya daerah tertentu, tp kan ns di browsing untuk cari tw apalagi sudah pengguna ratusan hp dari puluhan merek. Saya tidak membela oppo dll, tp dari cara ente untuk tidak Usah memakai oppo dan asus tidak berdasarkan pada hal yg jelas, kecuali anda memang perwakilan dr salah satu brand yg merasa tersinggung karena permasalahan tertentu, tp tidak. Saya pikir tidak etis anda sebagai penulis.

    1. Pak Gombrol,

      Rekomendasi saya berdasarkan penilaian pribadi yang bisa berubah bila saya melihat produsen melakukan pembenahan. Contohnya, Asus. Dulu saya melarang orang lain membeli ponsel itu. Kini saya sudah mulai merekomendasikannya.

      Untuk Oppo, rekomendasi saya masih sama. Jangan beli karena praktik penjualannya masih belum sepenuhnya jujur mengakui negara asal merek ponsel tersebut.

  223. Pak Herry, saya boleh minta saran?

    Saya mau kan ganti hape, rencana saya mau beli oppof1plus karena menurut saya seri ini sangat ‘wow’. Tapi saya masih bingung setelah liat-liat dan baca-baca beberapa komentar dari pengguna oppo yang cukup banyak kurang puasnya dengan merk ini.

    Saya pribadi mau hape yg speknya ‘wow’. Seperti batre awet, kamera jernih, memori besar (64gb), ram besar, dan memang hape awet tidak mudah rusak.

    Apa Pak Herry ada rekomendasi? Budget berapapun deh

    Saya juga berpikir mau beli samsung a9pro saja di tokopedia. Tapi seri itu belum ada di indonesia yang artinya seri itu pakai garansi inter kan? Berarti barang itu blackmarket kah?

    Thankyou, Pak:)

    1. Bu Nia,

      Anda benar. Ponsel Oppo silakan dicoret dulu.

      Mengacu kepada kriteria Anda, terus terang saya bingung memberikan rekomendasi. Terkendala di memori 64 GB. Kalau 32 GB diperbolehkan, silakan melirik LG G5 SE dan Sony Xperia Z5 Dual.

      Ya, berarti barang BM.

  224. Pak herry,
    Hp iphone 5s saya kmren rusak sering mati2 sendiri, hp nya ori, krna masih garansi saya bawa lgi ke konternya buat claim garansinya, dijanjikan nya sebulanan udah jadi hp nya, tp udh hampir 2 bulan saya tanya ke konter nya bilangnya belum jadi terus, kira2 saya harus urus dimana ya pak biar hp saya ada kejelasan. Terimakasih sebelumnya

    1. Pak Tyo,

      Nggak heran deh. Memang belum saatnya jadi. Klaim garansi resmi iPhone di Indonesia itu biasanya butuh waktu 3-4 bulan. Jadi, kalau hampir dua bulan masih belum beres, hal itu tidak mengejutkan.

  225. Permisi, numpang minta sarannya pak.
    budget saya pas-pasan hanya dibawah 2 juta.
    saya butuh tempat penyimpanan yang besar karena saya suka mendownload banyak aplikasi.
    saya tertarik dengan Lenovo A6010 karena RAM nya 2GB dan memori internal nya 16GB serta harganya relatif murah. menurut bapak dimana kelemahan lenovo A6010 tersebut ? saya takut menyesal sebelum membeli. terimakasih

    1. Bu Arissa Novilia,

      Tak tahu karena saya belum pernah menguji pakai A6010. Sekadar menyentuh pun belum pernah.

  226. Ihhhh bung herry, sumpeh dehh di beberapa counter tiap masuk udah disodori dengan Oppo, mana maksa banget lagi nyuruh belinya. Sampai udah mau beli yang lain disodor2in Oppo.

    Di kota saya sampai ada boneka besar Oppo mondar mandir dadah2 sama pengunjung, sampai promotornya turun ke jalan depan counter, tiap motor lewat ngasih2 selebaran, sampai ada promo beli oppo gratis akik, beli oppo gratis samsung, beli oppo gratis jodoh (lah yang ini saya mau :p).

    Gara2 promotornya yang super maksa, jadi males belanja di counter. Mending duduk manis di rumah baca review “bung herry yang caem ~ jujur ~ nggak neko-neko ~ anti php ~ apa adanya”, terus putuskan beli ponsel apa, terus beli online, transfer, barang datang, hati tenang riang gembira tanpa dikibulin tanpa dipaksa2 tralala trilili.

        1. Bu Anita,

          Terima kasih atas informasinya. Jadi penasaran dengan syarat dan ketentuannya. Plus, penasaran makan Soto Esto alias Soto Garasi. πŸ™‚

  227. Maaf ia tp kalo menurut saya oppo harga mahal karna service center nya juga bisa di bilang lbh cpt trs layar klo yg lain harga murah dpt layar lebar atau sebagai nya , ia fkr” jg too? Spike segitu tu seimbang gk m kualitas n lainnya kn ad jj harga lbh murah ,layar lebar tp mudah pecah,panas,boros batrai n lenovo kn garandi TAM jd ia maklum murah garansi aj bisa bikin orang botak karna nunggu berbulan bulan

    1. Pak Ahmad,

      Service center Oppo lebih cepat dibandingkan service center ponsel merek apa nih?

      Lenovo garansi TAM? Mungkin maksud Anda Lenovo bergaransi resmi Lenovo Indonesia yang didistribusikan oleh TAM ya? Pusat perbaikan resmi Lenovo ada yang ditangani TAM, ada pula yang dikelola pihak lain. Yang ditangani TAM memang mengesalkan. Namun, yang ditangani satu pihak lain bagus kok.

  228. Permisi Pak saya mau minta pencerahan kalau Oppo R9 gmn? apakah masih tidak merekomendasikan…pemakaian utk jangka panjang sih,

  229. Ia tp ttp saja lebih lama apa lagi kalau tempat tinggal nya jauh rii service center dan saya pernah pake lenovo a7000+ tp karna jatuh jadi matot n layar nya jj kena padahal jatuh nya jj gak terlallu tinggi dan karang saya pakai oppo neo 7 saya buat aplikasi banyak aman” aj tuu jatuh pun ia gpp
    Sebelum nya saya mau pake asus tp setelah saya tau hp tmn saya yang asus yg zen 2 laser int 16 baru bbrp bulan internal penuh panas banget lg mangkanya saya gak jd

    1. Pak Ahmad,

      Lah… kalau alasannya sangat spesifik seperti itu: cari yang service center-nya dekat rumah, ya lain perkara deh.

  230. Huawei dan asus, service center nya bagusan mana om di indonesia? Rekomendasi hp dua brand tsb harga 2-3 juta, tanpa lag apa om? Trims

    1. Pak Abdullah,

      Huawei.

      Kalau Asus, boleh melirik Asus Zenfone 2 Laser. Kalau Huawei, hmmm… terus terang saya bingung merekomendasikan ponsel apa di rentang harga segitu. Bila Rp 6 jutaan sih ada.

  231. harga di level 5-6 juta belum ada OIS, padahal mereka menyebut mereknya dengan sebutan “Camera Phone” miris gan

  232. Kemarin malam minggu saya dan orang tua saya mau beli asus zenfone max eh malah langsung disodorin oppo, terus penjualnya ngomong bla bla bla dan akhirnya bapak saya kepincut dan beli hp oppo neo 7.Terus baru bbrp hari apk banyak yang eror. Jaringannya masih 3g pula. Padahal lenovo a6010 yg harganya lebih rendah dari oppo saja jaringannya sudah 4g. Akhirnya saya jual hp trsbut pada hari rabu (belum ada seminggu). Harga beli Rp 2.399.000 terus waktu dijual cuma laku Rp 1.500.000 huhuhu kapok beli oppo πŸ™

  233. Malam pak.
    Begini kan saya pakai samsung j5, pengin saya ganti. Mending pindah ke xiaomi redmi 3 pro atau iphone 5s. Kelebihan Iphone dibanding android apa yah pak?
    Makasih

    1. Bu Sofia Magdalena,

      Redmi 3 Pro silakan dicoret karena belum ada yang bergaransi resmi.

      iPhone 5s saya belum pernah coba.

  234. om saya mau cari hp nih. aku punya modal Rp2000.000, ini speknya.Layar 4.5-5.0 inch,chipset mediatek, kamera blkng 8mp, depan 2mp,baterai tahan lama,os lollipop, jaringan 4g yg mendukung di Indonesia, ram 2gb, internal 16gb.Kira kira hp apa ya?

    1. Pak Topan,

      Kalau bicara baterai tahan lama, versi Anda baterai itu minimal bisa bertahan berapa jam?

      Ada Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL dan Hisense Pureshot yang secara umum memenuhi kriteria Anda. Dengan perilaku pemakaian ala saya, baterainya bisa bertahan mulai pagi sampai sore/petang.

  235. Kalo masalalah vidio saya pengalaman pake samsung…ngerekam lebih dari 1 jam non stop n masi ok n gak macet…tp pas saat pake zenpone 5 blum 15 menit uda macet

  236. Pak Herry saya minta masukannya untuk HP 3 jutaan apa yg paling bagus dan ram 3 gg sukur2 4g n body ny metal,,internal 32g,,gorilla glass 4,kamera belakang 13 depan 8/lbh kira2 merk apa y??

    1. Pak Amy,

      Yang paling mendekati sih Vibe P1 Turbo. Kriteria yang gagal dipenuhi adalah kamera depan. Resolusi kamera depan ponsel itu “hanya” lima megapiksel.

  237. Pak herry saya minta sarannya, kalau saya cari hp yg enak untuk kegiatan sosmed, browsing dan main game. Dan saya rencananya ingin beli samsung tapi saya cari yg harga sekitar 2,5jt-3jt. Kira2 bagusnya type apa ya?
    Terimakasih.

    1. Bu Raisa,

      Ponsel Samsung harga Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta sih nggak ada yang bagus. Ponsel Samsung yang bagus itu hanya seri S dan Note. Harganya pasti lebih dari Rp 5 juta. Bahkan, bisa menembus Rp 10 jutaan.

      Dengan kriteira seperti yang Anda sebutkan, Anda boleh melirik Asus Zenfone Max atau Lenovo Vibe K4 Note.

  238. Pak herry, saya minta sarannya, saya sudah pernah pakai samsung dan oppo, saya bingung, kenapa umur hp saya mesti kurang lebih cuma 1 tahun saja lalu suka mati dan mesti di service, bahkan hp saya yg samsung dulu sudah d service 4 kali dan akhirnya malah mati total dan g bisa di benerin lagi. Nah sekarang saya bingung mau pakai apa pak, yang awet dan pastinya juga enak d pakai. Saya sendiri cari hp yg enak untuk kegiatan sosmed, browsing, foto dan main game. Saya rencananya ingin yg paling nggak ramnya 2gb atau lebih dan kamera depannya paling nggak 8mp. Kira2 saya dengan dana antara 2,5jt-3jt hp apa yg bagus ya pak?
    Sebenernya rencananya saya ingin beli samsung lagi soalnya kata temen samsung itu awet dan enak. Dan liat dari keadaannya temen juga memang samsung enak pak. Tapi ya itu saya bingung kenapa hp saya yg samsung dulu kok gitu. Bagaimana menurut bapak? Mohon sarannya ya pak.
    Terimakasih.

    1. Bu Heidi,

      Apakah ponsel Samsung Anda sebelumnya berharga jual kurang dari Rp 5 juta?

      Pesan saya begini:
      * Jangan beli Oppo lagi.
      * Kalau Samsung, yang bagus itu hanya seri S dan Note. Harganya tentu jauh lebih mahal daripada anggaran Anda yang Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta.
      * Dengan anggaran segitu, lebih baik Anda melirik ponsel non-Samsung. Banyak kok yang bagus.

      Hmm… kamera depannya minta minimal 8 MP ya. Ada LG K10, tetapi saya belum pernah menguji pakai ponsel itu. Jadi, saya tak tahu bagus tidaknya.

  239. Terimakasih pak sudah membalas.
    Oh gitu ya pak, jadi kalau dengan anggaran segitu lebih baik jangan beli samsung ya? Bagaimana dengan samsung A, E itu pak?
    Sebenarnya saya tidak segitu paham tentang hp LG pak, dan teman2 saya juga hampir tidak ada yg pakai hp LG. Jadi saya sempat tidak pernah melirik sama sekali hp merk itu. Menurut bapak kualitas hp LG apakah bisa di sandingkan dengan hp merk ternama seperti samsung, berhubung yg saya tau LG itu merk barang elektronik seperti tv, kulkas dll. Apakah hpnya juga sebagus kualitasnya d barang2 tsb?
    Dan lagi ada beberapa teman yg menyarankan untuk mencoba xiaomi, bagaimana dengan xiaomi pak?
    Terimakasih

    1. Bu Heidi,

      Iya, karena Samsung berharga jual segitu kurang bagus. Bahasa ekstremnya: busuk. πŸ™‚ Tidak peduli seri A, E, atau J, jangan dibeli deh.

      LG memang kalah populer daripada Samsung. Padahal, barangnya bagus lho. Kalau disuruh memilih LG atau Samsung, saya lebih condong ke LG.

      Xiaomi juga oke sih. Masalahnya, belakangan ini jarang ada ponsel Xiaomi tipe baru yang bergaransi resmi. Yang banyak beredar di pasar justru versi tidak resminya. Jangan membeli yang tanpa garansi resmi.

  240. Non samsung itu yg mana pak? Yg kualitas bagus dengan dana segitu anda menyarankan apa?
    Dan bagaimana dengan xiaomi? Xiaomi dengan LG lebih bagus mana ya pak?
    Saya tidak tau karena teman2 saya hampir tidak ada yg pakai LG maupun xiaomi. Bagaimana menurut bapak?
    Terimakasih

    1. Bu Heidi,

      Dengan harga maksimal Rp 3 juta, ada aneka ponsel yang menarik dilirik. Misalnya, Asus Zenfone 2 Laser yang LTE, Hisense Pureshot, dan Infinix Zero 3. Masalahnya, Anda kan mencari yang kamera depannya 8 megapiksel. Ponsel-ponsel yang saya sebutkan itu kebetulan resolusi kamera depannya kurang dari 8 megapiksel.

      Dengan dana yang sama, Anda akan memperoleh ponsel Xiaomi dengan spesifikasi lebih tinggi daripada LG. Masalahnya, saat ini banyak ponsel Xiaomi tanpa garansi resmi. Anda harus cermat saat membelinya. Layanan purna jual Xiaomi juga tidak sebagus LG.

  241. Pak Herry,
    pak saya mau mencari hp dengan harga 2-3jtaan….dengan kriteria :
    kamera : belakang 13 mp + led flash
    : depan 5 mp
    chipset : quallcom snapdragon 615 1.7 Ghz
    : GPU adreno 405
    layar : berresolusi full HD 1080 Γ— 1920 400 ppi/lebih IPS 5 inchi
    memory : ram 2 gb, internal 16 gb/32gb, eksternal gk ada gpp
    android : minimal lolipop
    Sensor : lumayan lengkap
    4G LTE
    Batteray : 3000 mAh lebih
    merurut pak herry hp apa yg cocok sama kriteria diatas

  242. Pak herry,
    mau tanya lagi
    apakah xiaomi mi4i sudah bergaransi resmi diseluruh Indonesia…..
    kalau xiaomi mi4i dengan lenovo vibe K5 plus lebih bagus mana…..thnks

    1. Pak Lutfi,

      Mi 4i ada yang bergaransi resmi, ada pula yang tidak. Pastikan beli yang bergaransi resmi. Paling mudah sih carilah di gerai Erafone.

      Kamera lebih bagus Mi 4i. Kegegasan lebih bagus Vibe K5 Plus (saya menguji pakai yang varian RAM 3 GB).

    1. Pak Amad,

      Pertanyaan yang sama lain kali harap dikirimkan satu kali saja ya. πŸ™‚

      Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

  243. Pak Herry,
    apakah xiaomi mi4i sudah bergaransi resmi diseluruh indonesia…?
    xiaomi mi4i, lenovo vibe k5, lenovo p70 bagus mana menurut pak herry….thankz

    1. Pak Lutfi,

      Mi 4i ada yang bergaransi resmi, ada pula yang tidak. Belilah yang bergaransi resmi. Paling mudah silakan mencarinya di gerai Erafone yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

      Hmm… kalau saya akan memilih Lenovo Vibe K5 Plus dengan RAM 3 GB. Alternatif lain, Infinix Zero 3.

  244. Pak herry

    Antara samsung j7 2016 dan oppo F1s, bagusan mana Daya tahan baterenya buat game? Dan kemudahan service centernya? Terima kasih.

    1. Pak Ah Rie,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba keduanya.

      Service center sih pasti lebih bagus Samsung daripada Oppo.

  245. Pak saya mau minta tolong kasi refrensi ttng hp yg bgus kmarin lirik oppo f1plus jdi mau cari opsi lain
    Ane punya budget 5,5 jta nyari hp yg d pke sosmed dan browsing ngga lelet trus hobi foto2 jga jdi perlu perlu internal yg gede jga ada opsi lain ngga pak dri segi second maupun baru dan klo bisa d ksi plus dan minusnya dari opsi pilihan yg d berikan dri aspek cs atau ketahanan dan built kualiti
    Skrang pke iphone 5g 64gb mau beralih ke android

  246. pa, maaf nih untuk harga 1,5jtan lebih baik samsung j1 2016 atau xiaomi redmi 3 atau apa yah? mohon bantuannya untuk milihnya yah

    1. Bu Sani Hasna,

      Silakan melirik Infinix Hot 3 LTE.

      Ponsel Samsung yang bagus hanya seri S dan Note. Seri J, apalagi diikuti angka 1, bakal tidak memuaskan.

      Redmi 3 juga dicoret karena belum ada yang bergaransi resmi.

    1. Pak Sani Hasna,

      Dengan anggaran segitu, Infinix Hot LTE (X553) merupakan pilihan terbaik. Belum ada alternatif lain lagi.

  247. antara Oppo F1s dan Samsung dengan feature yang sama apa ya tipe samsungnya? bagaimana performance nya? Kalau harga kan jauh banget bedanya ya?

    1. Bu Ayu,

      Maaf baru balas karena saya baru pulang dari luar kota.

      Kira-kira Samsung Galaxy A5 (2016). Oppo sih mending langsung dicoret. Samsung selain seri S dan Note lebih baik tidak dibeli.

        1. Bu Ayu,

          Tidak. Daripada beli Samsung seri J atau A, mending beli ponsel merek lain. Anggaran berapa? Kebutuhan apa saja?

          1. anggaran dibawah 5jt
            kebutuhannya yg on semua: email, bbm (2), WA, Line, WeChat, IG, FB, Twitter, Pinterest, Path, G+, FB Groups, FB Message, Drive, Twitter DIrect Message, Hangouts, Line@, LinkedIn, FB Page Manager, Dropbox, Google Sheet …

          2. Bu Ayu,

            Aaaaa… pingsan deh saya. Kebutuhannya berat banget. Silakan melirik Asus Zenfone 3, tetapi harap rajin membawa power bank ya. Bukan karena ponsel itu rakus baterai, melainkan lantaran beban pemakaian Anda superberat.

          3. Jangan pingsan Pak.
            karena kebutuhan yang harus respon cepat.
            Terima kasih banyak sarannya ya.

            Abis ini mau cari provider kartu yang stabil signalnya…

    1. Pak Andi,

      Tak tahu. Lha belum pernah uji pakai keduanya.

      Zenfone 3 layar 5,5 inci baru akan dijual resmi di Indonesia pada bulan depan.

  248. Mas kalo mau cari hp dengan dana skitar 4jta an dengan kriteria
    Ram min 2gb,grafis yg bgus,batre besar tapi dapat di lepas atau bukan batre tanam, lancar buat main game HD. Rekomendasinya apa mas?

  249. Oppo f1s,saya sangat senang dengan oppo f1s Selain dari segi kamera yg uda 16mp depan dan 13mp belakang bagus banget dengan fitur f.2,0 hasil jepretannya sangat bagus bahkan iphoe 6s+ saya kalah jauh,
    Dari segi internetan sangat lancar, and sangat memuaskan,
    Kualitas batrepun sangat tahan bahkan untuk pemakaian normal bisa tahan sampai 14jam
    And untuk keamanan anda nga perlu ragu lg dengan sidik jari tercepat 0,22 second sangat cepat bahkan seperti tidak ada sidik jari saja saking cepatnya,,
    Iphonepun tidak secepat oppo f1s,
    Harga terjangkau dan tidak berbelit2,
    Dari segi disain memang mirip iphone tapi dari kemiripannya bahkan kualitasnya sangat bagus hampir sama dengan iphone, woow,, tidakkah anda menarik,dengan ram 3gb and rom 32gb bahkah untuk sistemnya cuman sedikit yang terpakai, ngak sama kek hp lain internal 32gb tapi yg tersedia cuman 15gb itu karena terlalu banyak untuk pemakaiaN sistemnya,untuk kualitasnya nga perlu khawatir lagi kita bisa menjalankan 25aplikasi sekalian and tidak lelet, sangat nyaman,, inilan oppo generasi terbaru yg sangat memikat ht saya,,

    1. Pak Tiyo,

      He… he… ponsel Oppo sih hanya layak dibeli ketika produsen ponsel lain di bumi ini sudah gulung tikar semua.

      1. Sepakat sih om, masalahnya saya butuh upgrade ke 4G sesegera mungkin krn harga paket data 3g udah mulai nyebelin. Nah….mau banget ganti zenfone3, tapi barang blm ready stock. Apakah zenfone selfie cukup baik om ? Secara spek cukup mewakili kebutuhan saya

          1. Betul om, sudah beredar tapi di Bandung habis semua….kabarnya baru ada stok lagi bulan oktober. Jadi lebih baik bersabar dan nunggu zenfone 3 drpd saya ambil zenfone selfie ya.. walaupun kalo secara kebutuhan saya rasa zenfone 3 terlalu high speck, mungkin sampai 3 tahun kedepan masih uptodate ya om

  250. Cenderung menjelekkan brand nih Pak. Anda komparasi nya kok ke ALCATEL? Coba komparasi ke semsong atau aipon. Dan ga etis juga mengomentari strategi bisnis. Lah ya namanya strategi ya terserah saja. Pengalaman menulis 13 tahun ga menjamin kedewasaan dan kematangan cara berpikir. Bullshit lah. Maaf ya. Saya bukan pemakai Oppo. Hanya gatel saja mengomentari tulisan anda.

    1. Pak Ntonx,

      Kalau bicara strategi, ya gunakan strategi yang jujur. Bukan cenderung mengelabui konsumen dengan tidak mengakui negara asal dan memberikan penjelasan yang tidak benar.

  251. Pak, saya mungkin ngga termasuk yang kena buruknya asus yaa, beli 2x

    1. Zenfone 5 (kecebur) saya garansikan, 1 bulan jadi dan gratis
    2. Zenfone 2 (lcd rusak) saya garansikan 3 hari jadi.

    Tapi memang zenfone 2 ram 4 giga tidak special sih, malah menurut saya suka sadis close appnya..

    Sekarang sedang coba xiaomi, miuinya bagus namun suka makan ram..

    1. Pak Rheza,

      Yang pertama agak lama tuh. Namun, untung gratis ya. Seharusnya berbayar.
      Yang kedua pantas dapat acungan jempol.

  252. Pak henry kira2 hp yg bisa menyaingi oppo f1 plus selfie.apa ya?kira2 samsung c7 akan masuk k indonesia dan bs menyaingi oppo f1 plus

  253. Pak herry saya punya budget 2-3 jt..saya mau hp yang 5.5 inc keatas..kamera untuk selfie ny bgs..dan kalau ad yg berwarna pink..kira2 hp merk apa ya

  254. Beli charger oppo a37 yang bener2 ori bawaan hape dimana ya? Dan harganya berapa? Soalnya sebulan yg lalu baru beli dan chargernya hilang. Mau pake yang “ori-orian”, maksutnya yg dibilang ori tapi ternyata bukan, takut kan mending pake yg ori beneran sekalian sama ngerawat baterai.

  255. Ko Herry. Saya mau cerita + konsultasi nih.

    Kapan hari saya pergi ke Plasa Marina bersama prtu, cerita nya sih cuma buat liat” hape baru aja. Kebetulan, saya berhenti di toko yang kayaknya spesial Oppo banget, bahkan ke sampai promotor nya (tapi produk yang dijual tidak cuma Oppo). Nah, pas tanya” mengenai Samsung J5 versi lama, dia langsung berkata “Ini ROM nya cuman 8 GB. Mending Oppo Neo 5 (5 atau 5s, lupa ah), RAM 1 GB dan ROM sudah 16 GB. Body nya juga sudah metal, ndak kayak J5 yang hanya chrome. Dan juga ini sudah memakai Corning Gorilla Glass (ndak sempat tanya CGG versi berapa)”. Dia juga “membuktikan” kalau hape nya itu pake CGG, dengan cara di ketuk secara kasar. Pertanyaan nya, betulkah itu infon nya Ko? Jujur, saya kurang minat Oppo karena ColorOS nya dan ndak ada mode “Pro” di kamera nya.

    Maaf long post. Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Galih,

      Oppo Neo 5 dibekali RAM 1 GB dan ROM 4 GB. Saya tak tahu sudah pakai Gorilla Glass atau belum.

      Jangan beli ponsel Oppo deh.

  256. Terkadang saya merasa kasihan yang terjebak iming2 oppo. spek g seberapa tapi harga mahal. semakin kesini oppo makin suka niru desain dan ui brand lain contoh xiaomi. fitur dan tampilan MIUI di tiru oleh oppo dengan ColorOs 3 nya. semoga yg terjebak rayuan oppo segera sadar. masih banyak kok smartphone dengan harga yang masuk akal dan kualitas bagus.

  257. jadi oppo menurut om heri gk layak di beli
    karna harganya yg mahal
    bukankah harganya menentukan kualitasnya
    seperti desainya yg gk asal buat
    hasil kamera yg memuaskan
    liat samsung
    klo mau bagus kita harus rela
    mengeluarkan uang 5jt bahkan lebih

    1. Pak Ari,

      Kalau Anda membaca paparan dan balasan saya terhadap komentar-komentar di atas, alasan utamanya bukan itu lho. Alasannya utamanya di faktor kejujuran dalam berjualan.

    2. ga asal buat ya?? hmmm tp kok mirip banget sama samsung dan iphone. harusnya kalau g asal buat desainnya orisnil g nyontek merek lain.

  258. Pak Herry saya mau nanya, tadinya saya tertarik untuk beli oppo F1 plus karena teman saya ada yang punya. Dari segi kamera, body dan RAM nya oke banget. Tapi setelah membaca postingan ini saya jadi ragu buat beli hp itu.
    Menurut anda tipe hp yg sekelas dengan oppo F1 plus apa ya? Tp bukan dari cina.
    Dan satu lagi, apa semua samsung yg J, E, A itu jelek semua? Bagaimana dengan C5 yang seharga 5jutaan? Saya sendiri skrng pengguna samsung note 3 neo, dan tidak bagus” banget karena hp sering cepat panas dan ngehang.
    Tolong ya pak rekomendasinya terimakasih

    1. Bu Alia,

      Silakan melirik LG G4 deh. Itu kameranya mantap banget.

      Ya, biasanya begitu. Kalau seri C saya belum pernah coba.

      Setuju. Note 3 Neo memang tidak bagus-bagus banget.

  259. Pak herry
    Mau tanya Kalau service centernya Lenovo gmn yak pak apakah juga perlu melatih kesabaran,krn ada rencana ambil hp brand lenovo

    Trims pak

    1. Pak Iwan,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Secara umum sudah jauh lebih baik daripada beberapa tahun lalu.

  260. Pak Herry, saya mau tanya budget saya 3jt, rencananya mau beli hp untuk ibu saya.. beliau sering maen game untuk habiskan waktu dan foto foto wefie sama teman temannya yg lain, dan suka liat foto2 di hp (memori agak banyak) tp gak mau ribet pencet sini.. kebanyakan yg ngutak ngutik hp sih saya, beliau tinggal buka galeri dan maen game dan telponan. Kl hp yg cocok buat beliau apa yah? Kl lenovo s90 cocok gak (jadul gak masalah)??.. atau ada saran lain pak herry??

    1. Pak Vie,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Silakan belikan Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL deh. S90 sudah nggak menarik.

  261. maaf saya baru membaca artikel ini.benar kata pak Herry menurut saya hp Oppo itu overprice teman saya saja hampir kemakan sales-nya Oppo ,f1s dibandingkan dengan fp2 juga multitasking lelet si f1s fingerprint sama cepet mungkin kalah di kamera Dengan harga dibandingkan 1,2 juta saya sih lebih memilih fp2 lebih cocok dibandingkan dengan f1+ untuk multitasking

  262. mau nanya,bagusan mana antara oppo f1 sama samsung a3 2016?rekomendasinya android budget 3,5jt kamera depan 8 mp yg jernih.

    1. Pak Dendi,

      Oppo sih mending langsung dicoret.

      Galaxy A3 2016 saya belum pernah coba. Ponsel Samsung selain seri S dan Note biasanya jelek lho.

      Hmmm… bisa nambah Rp 200 ribu? Kalau bisa, beli Huawei P9 Lite atau Zenfone 3 ZE520KL saja deh. Kalau nggak bisa nambah, silakan melirik Lenovo Vibe Shot.

  263. Pak dendi kalo buat oppo f1 setau saya itu udah ga keluar paling gantinya oppo f1s kalo bapaj carinya dari segi spesifikasi oppo F1s harga 3,799 itu rekomendasi tapi kalo bapak cari dari segi design A3 2016 itu memang cantik tergantung ke kebutuhan bapak lebih ke yang mana

  264. Entah kenapa tiap masuk toko nggak pernah didatangin sales Oppo dan Vivo, mungkin karena tiap ke toko sering pake baju butut ya, lol. Tapi satu yg pasti, sales Huawei nggak kalah sadis kalo urusan bashing merk lain, pokoknya Huawei is the best, kata dia sih. Sales Coolpad juga suka nyamperin, tapi nggak separah sales Huawei. Sales Lenovo ane malah demen, nggak bawa-bawa brand lain kalo jelasin produknya (cakep lagi, dan akhirnya kebeli, lol). Sales Samsung nggak tau deh, nggak minat sama brand ini. Ntar kalo ke toko lagi iseng ah nanya asal-usul dari brand di atas, siapa tau masih terjadi “made in America” :).

    1. Pak Ikki,

      Boleh tahu Anda berada di kota mana? Kalau melihat ciri-ciri yang Anda sebutkan, saya agak curiga Anda bukan berada di Surabaya.

  265. Mau reply langsung tapi nggak ada tombolnya (atau tampilan mobile doang yg gak ada?), jadi ya komen baru lagi deh, hehe. Di Kalsel, 2 kota suka bolak-balik, Banjarbaru-Tanjung, nggak pernah kalo ke toko gadget disamperin Oppo (aneh ya?), cuma ya itu, kebiasaan kalo ke toko gituan suka pakaian seadanya, mungkin dikira nggak mampu kali ya beli Oppo (ya memang overprice sih, lol).

    1. Pak Ari,

      Asus Zenfone 2 Laser atau Hisense Pureshot.

      Kalau cari yang baterainya tahan lama, tetapi kamera kurang mantap, Infinix Note 2.

    1. Bu Naila Aura Mahana Afiqoh,

      Mungkin itu memang notifikasi khas ala ponsel Anda. Coba cek buku panduan yang disertakan dalam paket penjualan. Siapa tahu dijelaskan di sana.

  266. Bung Herry,cuma mau share aja, akhirnya kemaren ke toko lagi, di pikiran sih sudah fix ambil Zenfone 3, cuma ya iseng-iseng aja liat-liat brand Oppo, Huawei, Vivo dan Coolpad :P.

    Sales Oppo (dan Vivo) lagi-lagi (entah kenapa) nggak begitu minta sama saya, hahaha.

    Kali ini sales Coolpad yang gigih merayu supaya jangan beli Zenfone 3. Alasannya? Katanya kalo Zenfone itu baterai suka panas, terus aksesorinya sedikit, terus garansinya cuma sebatas device saja. Beda dong sama Coolpad, sudah dingin, bonus jelly case, terus garansinya mencakup headset, baterai, kabel, dll. sampai-sampai live action dengan memukul-mukul layar smartphone, katanya kuat Gorilla Glass. Saya cuma respon dengan “Oh, gitu?”.

    Sales Huawei nggak separah dulu, cuma bilang jaringan smartphone Huawei paling bagus (mungkin dengan alasan banyak modem Huawei, haha). Terus saya respon “di kantor ada tuh pake Huawei, cuma dia sendiri yang sampai saat ini smartphonenya nggak bisa konek ke wifi kantor”, mbak salespun terdiam.

    Sekian share tentang pengalaman bersama promotor brand yang terkenal dengan kegigihannya :).

  267. bagus yg mana samsung note 4 apa oppo f1 plus pak? kebetulan saya menggunakan samsung note 4. sales oppp bilang f1 plus bagus jauh spec nya.

    1. Pak Dienz,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Oppo mah coret saja. Jangan beli itu. Galaxy Note 4 bagus kok. Sayang, ponsel itu belum mendukung 4G LTE yang saat ini sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari.

  268. Saya user lenovo. ga ada yg rekomendasiin lenovo emang. tapi sejak move on dari BB,,cuma lenovo android yg saya pake dari berbagai tipe.
    Mengenai oppo,,saya emang ga suka dari awal. Bukan karna pengaruh membaca blog koh Herry. Tapi soal harga yg ketinggian untuk spek yg setara.
    Oppo lover bakal bilang kamera oppo lebih bagus dari gawai lain yg punya megapixel sama. Tapi,,,kebetulan saya tergabung dalam beberapa komunitas fotografi ponsel. TAK ADA SATUPUN DARI MEREKA YANG MENGGUNAKAN OPPO UNTUK MEMOTRET. Paling banyak merek xiaomi ( walaupun xiaomi sering bermasalah ) Trus samsung,,lenovo ada beberapa,,dan merek lain.

    jadi menurut saya,,kamera yg dibanggakan oppo lover itu kamera buat selfie ibu2. Terkait sales oppo yg pakai rayuan maut,,wajar sih,,tapi lebih mirip sales panci kw-an. Kenapa? Karna mereka rela berbohong asal ada penjualan.

    Oppo lover yg mencak2,,kalau anda bukan pemilik brand oppo,,distributor oppo,,sales oppo,,kenapa musti kesel bgt? Kl anda tetep mau beli oppo,,ya silahkan. Tapi bagi masyarakat yg mendukung kejujuran,,,pelajaran yg diberikan ke pihak oppo,,saya rasa diperlukan. Agar tak ada lagi pembodohan. Salam damai dari saya yg anti oppo ( kecuali gratis)

  269. pak herry SW

    kalau coolpad sky 3 bagaimana menurut bpk, apakah harga dan kualitas berbanding lurus?

    dan jujur awalnya saya mau beli oppo tapi setelah saya baca komentar2 di sini dan kaskus entah knp selera saya jadi hilang.
    saya benci orang kalo dagang suka bohong.

    atau ada recomendasi lainnya pak? selain oppo, lenovo, xiaomi, dan samsung.
    saya tinggal di padang.

    makasih sebelumnya

    1. Bu Nana,

      Tak tahu. Belum pernah coba Sky 3. Kalau Anda menginginkan ponsel yang harga dan kualitasnya berbanding lurus, rasanya jangan pilih Coolpad deh.

      Hmmm… silakan coba melirik Infinix atau Asus.

  270. Pak Herry
    saya punya anggaran 2-2,5jt mending beli smartphone apa? saya condong ke service center terdekat (solo)

    1. Pak Taufik,

      Kebutuhan Anda apa dulu nih? Kamera bagus atau baterai tahan lama? Anggaran apakah bisa ditambah Rp 100 ribu?

  271. Pak Herry
    Saya punya anggaran 2-2,5jt. Mau beli smartphone bagusnya yg apa ya? Saya condong ke service center terdekat (solo)

  272. Hey saya adalah produser oppo sya akan melaporkan kamu ke penjara karena telah menghina Smartphone Oppo kamu akan saya tuntut

  273. Pak Herry,
    Tolong dong minta rekomondasinya utk smartphone dg anggaran dibawah 4jt-an dn diutamakan;
    Ram min. 3GB
    Kamera diutamakan yg belakang min.13.MB
    Battrai awet
    Layar jernih / 5-an.inc
    LTE / 4G / Dual Sim Aktif
    OTG
    Garansi resmi

    Trimks dan smoga sukses slalu buat pak Herry SW.

  274. maaf pak mau tanya nih…kalo mo nyari hp yg awet trus lebih condong ke kamera n g lelet n panas buat sosmed-an ap y pak?? budget 3 jt an..sony m4 aqua bgus g pak?? kalo sm oppo f1s bs dibandingin g? mkasih

    1. Bu Putri,

      Silakan melirik Asus Zenfone 3 ZE520KL.

      Saya belum pernah menguji pakai Xperia M4 Aqua. Waduh… jangan beli Oppo deh.

  275. saya sbg promotor oppo setelah baca blog ini kesanny g obyektif..isinya negatif semua (spt harga jual jatuh) dll,, jd pembaca g akan pernah tau kelebihan ponsel oppo..
    asal pembaca tau smartphone dg kamera selfie terbaik (best selfie smartphone) diraih oleh oppo f1s.. trs best cameraphone diraih f1 plus dr sellular award.. sbnerny byk penghargaan lainny..

    dan “oppo it smartphone premium dr negara china” ..it yg selalu sy katakan pd cust..jd klo ad yg bilang oppo dr amerika,, maka promotor it perlu ikt training

  276. klo ada blog yg cuma bicarain jelekny oppo tanpa ngasih tau kelebihan2 oppo, berarti yg buat it org samsung/huawei

  277. Bagus mana samsung j5 (2016) dengan samsung j5 prime?? Sebelumnya saya pernah pake j5 (2015) dan cukup memuaskan… atau ada opsi lain dengan harga yg sama.. mohon sarannya pak herry.. thanks sebelumnya

    1. Pak/Bu Vie,

      Mending coret keduanya deh. Samsung selain seri S dan Note itu jelek lho.

      Beli Asus Zenfone 2 Laser atau Asus Zenfone 3 Max saja deh.

  278. Tambahan pak herry, kl pemilihan hp dilihat dari baterainya… apa yg lebih aman dan awet. Baterai tanam atau baterai yg bisa dilepas… terimakasih

    1. Pak/Bu Vie,

      Mestinya sama-sama awet dan aman. Namun, memang lebih enak pakai baterai yang bisa dilepas karena Anda dapat menggantinya tanpa perlu bantuan teknisi ponsel.

  279. Pak Herry

    Kenapa ya LG K10 Vs Oppo A37 antutu benmark nya berbeda jauh K10 bisa tembus 33.000 sedangkan A37 cuma 23.000

  280. Oppo sering berbohong dengan mengatakan bahwah Oppo A37 Kamera Belakang 8 Mp Bisa di Up sampe 24 Mp pak tolong boikot Produk Oppo “Kesel”

  281. Mau tanya antara hp samsung A9 pro, atau oppo F1 plus lebih bagus yg mana ya pak?
    Saya cari yg kapasitas batre, dan RAM besar..
    Terima kasih.

  282. Siang pak hery

    Oppo tetap oppo…….biarkan orang yg menilai tentang oppo…
    Bukan pak hery yg menilai tentang oppo..
    Mnk oppo telah merugikan anda yah pak….

    1. Pak Kevin Kivta,

      Merugikan saya secara pribadi sih tidak. Namun, saya tak bisa membiarkan praktik bisnis yang kurang etis.