Yang Terbaik, Yang Terjujur

Adios 2009, bienvenido 2010. Selamat tinggal 2009, selamat datang 2010.

Selama 2009 mungkin Anda telah mencoba layanan berbagai operator GSM maupun CDMA di tanah air. Mungkin pula, Anda memilih sehidup semati dengan salah satu operator di negeri tercinta ini. Saat ini Anda berkesempatan mengungkapkan penilaian dan komentar Anda tentang operator telekomunikasi yang Anda gunakan.

Ada empat kategori yang harus Anda nilai. Apa saja?

  • Operator terbaik
  • Operator terburuk
  • Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami
  • Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan

Pada masing-masing kategori, Anda hanya boleh menyebutkan nama satu operator. GSM boleh, CDMA juga tak dilarang. Jangan lupa sebutkan alasan Anda memilih operator tersebut.

Hasil survei iseng ala HSW ini tidak akan dihitung layaknya polling. Takkan ada proses penghitungan suara terbanyak, lalu pemenangnya diundang untuk menerima piala atau piagam, dan keesokan harinya para pemenang berlomba mengeluarkan siaran pers dengan nada bangga.

Kumpulan suara Anda akan saya salurkan apa adanya, tanpa diubah satu karakter pun, kepada para petinggi operator GSM dan CDMA di negeri dengan 17.508 pulau ini.

Sebagai ungkapan terima kasih atas partisipasi Anda, saya menyediakan tiga buah hadiah. Yaitu, satu ponsel Nokia dan dua USB flash disk 2 GB. Penentuan pemenang bakal saya lakukan melalui sebuah undian. Pemenang tidak dipungut pajak hadiah apa pun. He… he… he…. Ongkos kirim hadiah menjadi tanggungan saya, asalkan alamat pemenang masih berada di Indonesia.

Ayo, silakan ungkapkan penilaian Anda! Pilihlah operator terbaik, terburuk, terjujur, dan paling tidak jujur 2009 versi Anda. Partisipan yang mengirimkan komentarnya paling lambat 6 Januari 2010 pukul 18.00 WIB berpeluang mendapatkan hadiah yang saya sebutkan di atas.

101 thoughts to “Yang Terbaik, Yang Terjujur”

  1. * Operator terbaik : AXIS
    * Operator terburuk : Star One
    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : AXIS
    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : XL

  2. Kalau menurut ane simpati yang paling oke….soalnya dia udah ane pakai selama hampir 7 tahun..masih oy…hahahahahaa soalnya ane malas pakai 2 gadget….wkwkwkkwkwkkw

  3. * Operator terbaik : AXIS
    * Operator terburuk : 3
    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : AXIS
    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : TELKOMSEL

  4. * Operator terbaik : Telkomsel
    Dimana-mana nyambung

    * Operator terburuk : XL
    Nggak matching ama promonya

    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : 3 (Jelas pengertiannya)

    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan :XL (whatever!!!)

  5. terbaik: tidak ada
    terburuk: ESIA (gara2 putus sambung dan telepon iklan ke pelanggan)
    terjujur: tidak ada deh kayaknya …
    ngebingungin, tidak jujur, atau ngeselin: XL (struktur tarif paling aneh dan rumit sepanjang sejarah telekomunikasi di republik ini) dan TSEL (untuk kasus flash unlimited, merupakan penipuan paling kasar sepanjang sejarah telekomunikasi di republik ini)

  6. wah pak.. akhir tahun kita ngobrolin kualitas tahunan nya provider nih…
    *Operator terbaik : tetep Telkomsel dong tp sayangnya biaya yg dibutuhkan untuk tetep seta masih mahal..
    * Operator terburuk : SMart yg g smart iklannya boleh pake helm pas nge-net tp bolotnya minta ampun..
    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : XL (60 sms gratis diakhir tahun bener2 memanjakan)
    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : Indosat (g tau nih knp lg bener2 g jelas terutama signal bb-nya g sesuai banget dg slogan di bilboard gede_nya)

  7. Operator TERBAIK: Telkomsel -> sayang mahal banget tarifnya, meski ke sesama telkomsel. Saya, istri, 2 kakak, 1 adik, 1 kakak ipar, dan bapak saya pakai tsel semua. Tarif turunin donk….:). Sayang call centrenya RUWET, menggemaskan dan susah masuk, susah ngobrol sama cs-nya.
    Operator TERBURUK: FLEXI. Tarif abodemen muahal, kualitas jauh dari layak. Adanya komplain mulu dari client/teman/kolega. Tragis….meski nomer mayan cantik, kalau mahal dan tdk kualitas saya tutup juga.
    Operator dengan promo paling jujur: Axis meski ada jebakan rp. 300/menit nyatanya pendekatannya rp. 900/menit. agak mayan dipahami dibanding yg lain….susah mahaminya.
    Operator dengan promo paling tidak jujur: XL. suka bingung membacanya….terlalu banyak ** mknya males pake XL.

  8. Operator terbaik : Telkomsel, cuma sayang tarifnya paling mahal.
    Operator terburuk : xl (iklannya jelek, tarif ga jelas dan ujung2nya mahal, inet sering bengong, paling trouble waktu international roaming, dll)
    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami: ga ada, selalu ada asterixnya. bahkan yg paling simpel aja belum tentu bisa dipake di pelosok kota.
    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : xl (sampe sekarang ga jelas perhitungan kalo nelepon, kalau aja ga ada gratis sms kalo pake extra udah dibuang nih nomor)

  9. •Operator terbaik : Telkomsel
    •Operator terburuk : Axis, terganggu dengan spam SMS dan tarif yang tidak baik lagi
    •Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : Smart, tarifnya simple dan promosinya tidak banyak aturan
    •Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : XL, ga pernah pakai sih tapi kalo liat iklannya pasti lgs waspada dengan tanda ** nya 😀

  10. Terbaik : Telkomsel jarang trouble sinyalnya,
    Terburuk : XL sinyal kagak jelas putus nyambung jd jatuhnya lbh mahal tarifnya
    Promo Jujur : Smart
    Promo Tidak Jujur : XL, penipuan banged gk sesuai ma iklannya, ribet membingungkan n gk jelas

  11. Terbaik : Telkomsel sinyal kuat relatif gkda trouble
    Terburuk : XL, putus nyambung sinyalnya,
    Promo Jujur : Axis
    Promo Tidaj Jujur : XL Abiess, promo menyesatkan, membingungkan, gak matching antara iklan ma kenyataan, iklan gk jelas ribet

  12. * Operator terbaik : Telkomsel (keluarga ku yg lain pake ini n ga ada masalah sampe sekarang, mantap)
    * Operator terburuk : XL (signal suka naik turun, promo ga jelas, sms sering pending, telpon sering ga sampe 2 mnt putus ndiri jd buang pulsa, pdhl udah jadi pelanggan 10taon, makin lama XL makin mengecewakan, mau ganti nomor susah udah terlalu lama d pake pada taunya nomor ini)
    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : AXIS
    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : XL (0,0000..1 bla bla ? masa seh ? telpon malem murah ? signalnya putus2 terus dll)

  13. -Operator terbaik menurut saya adalah indosat, karena cocok untuk anak muda khususnya im3, dimana tarifnya pas untuk kantong anak muda dan alternatif isi ulang juga banyak sehingga menyesuaikan kebutuhan.
    -Operator terburuk menurut saya adalah three, karena tarifnya mahal sekali, walaupun dia bisa digunakan untuk facebook melalui sms dan sms gratis setelah 6 sms berbayar. Tarif untuk data juga mahal, sehingga tidak nyaman untuk digunakan, selain itu kualitas jaringan juga payah.
    -Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami menurut saya adalah star one, karena dari dulu hingga sekarang ketika saya membaca iklan star one di iklan majalah, saya buktikan sendiridan sama. Seperti waktu itu ada yang menyebutkan bahwa jika menelpon sesama pengguna star one selama 1 jam tarifnya Rp500, ternyata benar.
    -Operator dengan promo paling tidak jujur menurut saya adalah XL, walaupun saya pengguna XL saya merasa bingung dengan bonusnya. Saat saya membeli perdana tertulis bahwa saya mendapat 50 sms gratis setiap hari, tetapi setelah 1 bulan saya pakai kok terkadang pulsa saya berkurang ketika sms dengan teman-teman saya, padahal saya belum menggunakan sms sama sekali dari pagi hari. Dan juga paket telefon yang membingungkan, dimana tarifnya juga membingungkan sebagai pengguna.
    Terima kasih..

  14. Operator terbaik: Telkomsel, karena sinyalnya terluas dibanding yg lain, harga emang agak mahal tapi udah turun dibanding dulu2. Pelayanan di graphari memuaskan tapi tidak berlaku di gerai halo, karena geraiHalo lebih buruk pelayanannya. Billing Systemnya masih buruk terutama Kartu AS, masih ada saldo negatif.
    Operator Terburuk: Indosat. Billing Systemnya paling bermasalah baik prabayar apalagi pascabayar. Namun ada harapan membaik.
    Paling Jujur: AXIS, setidaknya di awal operasi, namun ada kecenderungan mulai tidak jujur, mungkin pengaruh lingkungan marketing.
    Paling Tidak Jujur: XL. Padahal produknya adalah yg paling lama saya pake. Sejak kemunculan Pro XL saya sudah pakai. Mobile Bankingnya paling memuaskan terutama jika digandengkan dengan PermataBank.

  15. Operator terbaik menurut saya sich Telkomsel, dimana mana sinyal ada apalagi sperti saya yg sering keluar kota yg lain gak tau gak pernah coba. Smoga aja dithn ini Tsel bisa upgrade bandwidenya sihingga didaerah gak sulit nelponnya …….

  16. Operator terbaik: Axis
    Operator terburuk: XL
    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami: Smart
    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan: XL

  17. * Operator terbaik : AXIS
    * Operator terburuk :esia
    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : AXIS
    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : xl

  18. * Operator terbaik : indosat – mentari (walopun mahal, tapi reliable)
    * Operator terburuk : xl (sering ga bisa terima telp-sms walaupun sinyal full)
    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : AXIS (ga ribet)
    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : xl (terlalu banyak terms and conditions)

  19. Operator terbaik
    GSM Telkomsel. Operator GSM ini sinyalnya kuat dimanapun dan dipelosok pulau manapun, saya nyaman dan selalu terhubung dengan siapapun sampai ke ujung pulau Batam (yaitu 1jam dari pulau Galang).

    Operator terburuk
    GSM XL, Operator GSM ini sinyalnya kuat namun tidak menjangkau sampai ke pelosok pulau di Batam.

    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami
    GSM Telkomsel, promonya jujur diantara operator lain yang tidak jujur (banyak bintang-bintangnya).

    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan
    GSM XL, pada paket YELLOW seharusnya diberikan 60 SMS gratis setiap harinya, namun pada tgl 31 Des 09 – 01 Jan 10 tidak di GRATISKAN, tapi dikenakan biaya 25/sms. Menurut saya ini tidak jujur / tidak konsisten, untuk bonus 50 SMS setiap hari di Pulau Sumatra terkadang nyuri pulsa.

  20. Pilihan kategori operator ditahun 2009 yang ter_______ :

    Operator terbaik :
    Telkomsel, karena availability sinyal relatif lebih baik dibanding XL yang saya pakai. Sembilan jam selama kerja di kantor sinyal Telkomsel hampir tidak pernah hilang, sedangkan sinyal XL seringkali hilang. Posisi kantor di Sunter, Jakarta Utara. Kondisi serupa terjadi juga dibeberapa lokasi di Jakarta, terutama area indoor yang jauh dari jendela atau pintu.

    Operator terburuk :
    XL, selain masalah sinyal seperti tercantum diatas, juga masalah stabilitas sinyal 3G. Sering kali sinyal 3G yang standby di handset (Nokia E61i) saat digunakan online tiba2 bengong dan kemudian tiba2 downgrade ke GPRS biasa. Terpaksa pindah mode dari dual-mode ke UMTS jika perlu online dan dikembalikan lagi ke dual-mode seusai online.

    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami :
    Esia, mungkin karena schema tarifnya FWA, sudah tidak perlu promosi tarif murah yang pakai tanda pangkat bintang2 … 🙂

    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan :
    XL, karena schema tarif jelas seluler tapi coba main2 tarif mendekati FWA. Akhirnya jadi banyak syarat2 yang ditetapkan agar customer mendapatkan benefit promonya. Sekilas spirit promonya malah keliatan seperti “no pain, no gain” … no offense yah .. 🙂

  21. Saya ikut partisipasi berdasarkan pengalaman saya pakai Halo, Simpati, As, Matrix, Mentari, XL postpaid, XL Bebas, dan Flexi Trendy. Esia, Fren, dan StarOne sudah tidak saya pakai lagi. Sedangkan Three, Smart, dan Axis belum pernah coba.

    Operator terbaik: Dng catatan RELATIF terbaik lho! Seimbang antara Telkomsel dengan Indosat. Telkomsel unggul dikualitas jaringan dan pada fitur Simpati, As. Indosat unggul difitur Mentari dan C/S 24 jam.

    Operator terburuk: XL. Buruk dalam kualitas telpon, tarif menjebak, dan fitur membingungkan.

    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami: Indosat dengan Mentari.

    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan: XL. Operator lain juga promo “tricky” seperti Mentari Obral Obrol putus tiap 8-10 menit, Flexi komunitas yg sulit disetting, Simpati Talkmania yg harus berebut, Telkomsel Flash yg berubah aturan main, Flexi bonus pulsa tapi pulsa reguler harus habis dulu (sama aja bo’ong), dll. Tapi tampaknya XL yg paling semangat promosi dengan banyak trik “syarat dan ketentuan berlaku”.

  22. – operator terbaik AXIS
    – operator terburuk ESIA
    – operator terjujur AXIS
    – operator tidak jujur XL

  23. * Operator terbaik : Indosat
    * Operator terburuk : XL, seringkkali walau sinyal full, SMS susah masuk.
    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : Axis
    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : Telkomsel, karena kasus “Diskon” dari fair usage flash unlimited.

  24. Operator terbaik : indosat, sebenarnya agak sulit memilih antara indosat dan telkomsel, tapi setelah dibandingkan pelayanan CS dan tarif, akhirnya saya putuskan operator terbaik adalah indosat
    Operator terburuk : flexi, kualitas jaringan dan pelayanannya mengecewakan
    Operator dengan promo terjujur : esia, apa yang disebutkan dalam promo sesuai dengan apa yang konsumen dapatkan
    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, membingungkan : XL, promonya terlalu banyak syarat & ketentuan, sehingga akhirnya membingungkan customer

  25. Hari ini tak ada operator yang terbaik atau terburuk. Mereka hanya berlomba2 memperebutkan pelanggan demi profit mereka dengan layanan masih terbatas. Seolah2 di indonesia pelanggan dibuat bingung oleh bahasa iklan mereka. Kalo dah seperti ini kapan indonesia bisa maju seperti kayak LN yang bisa memberikan layanan murah dan baik. Sekian opini saya.
    Terima kasih.

  26. Operator Terbaik : XL
    Operator Terburuk : Tri
    Operator paling jujur : Axis
    Operator paling tidak jujur : Telkomsel

  27. * Operator terbaik : Telkomsel (maaf, saya pilih yang paling mending diantara yg buruk) – Coverage-nya terluas, walaupun internetnya paling susah connect

    * Operator TERBURUK (diantara yg paling buruk) : INDOSAT – Paling sering ber-iklan, tapi kalau ada error jaringan (pernah lebih dari 4 jam) tidak pernah minta maaf atau mengumumkan.

    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : Mobile-8. Karena jarang sekali buat promo. Promo yang paling saya sukai, Fren-Duo.

    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : XL. Terlalu banyak model tarif, perhitungan, dan bintang-bintang (syarat dan ketentuan).

  28. Terbaik : indosat, brhubungan dg penggunaan layanan BIS, dbanding dg operator lain (menurut saya) ke stabilan data aksesnya lebih memuaskan.
    Terburuk : XL, lemot, srg drop dan pk hp sdh support 3G tetep aja yg panjer GPRS doank.
    Ops dg promo jujur : Axis, terbukti benar dan utk BIS serta akses data msh yg termurah seperti promonya.
    Ops dg promo sesat : Three, ga jelas, dan tdk sesuai dg kenyataan yg mahal. MAU? Jelas tidak.

  29. Terbaik : Indosat
    Jaringan kuat dan luas, akses internet stabil, pelayanan CS selama ini no problem.

    Terburuk : XL
    Sistem billing kacau dan saya pernah jadi korban. CS yang kurang ON, ditanya kurang memahami masalah, selalu mengkambing hitamkan sistem.

    Promo paling jujur : AXIS
    akses reg dan unreg BIS langsung efektif

    Promo yang tidak jujur : XL
    Promo free 3 bulan akses internet, kenyataannya saya disuruh bayar 11 bulan (bukti ada di auto debet cc saya)

  30. Operator terbaik : XL.
    Operator terburuk :XL.
    Operator terjujur : XL.
    Operator ter-tidak jujur : XL.
    Operato yang dipakai : XL.
    Alasan saya simpel :
    1.Saya tipe setia, ibarat suami-istri, baik buruknya harus kita terima sejak dari keputusan pertama kita memilih. Baiknya kita ambil/nikmati, buruknya kita perbaiki/bicarakan(komplain).
    2.Saya pakai XL dari tahun 1996, walau kerap ganti nomor, primary number saya tetap XL..secondary kadang simpati kadang esia, tegantung kebutuhan tarif saja..hehehe..:P
    3.Setiap berpergian, XL banyak diterima diberbagai negara, terutama negara2 di asia tenggara, karena XL telah bekerjasama penuh dengan (kalau tidak salah) telcom malaysia..
    4.Kalo alasan yang ini sekedar kebetulan, kenapa saya setia dengan XL, karena ukuran badan saya juga XL..hahaha..
    Trims Pa HSW buat quiznye, hadiahnye buat ane aje ye..hehehe..:P

  31. Operator Terbaik: Flexy meskipun sinyal putus-putus
    Operator Terburuk: Mentari (indosat)
    Operator paling Jujur promonya: Simpati telkomsel karena jarang kasih promo dan PELIT
    Operator paling membingungkan promonya : XL (terlalu banyak monyetnya )

  32. Operator Terbaik : Esia (buat telpon lokal)
    Operator Terburuk : Telkomsel (Paling mahal pulsanya)
    Operator Terjujur : XL
    Operator Paling membingungkan :Mentari Indosat (tarif berubah-ubah tanpa angin dan badai )

  33. Operator Terbaik: Telkomsel (Simpati) – Thanks untuk program TM yg diperpanjang, dimana signal paling kuat dan merata di semua daerah

    Operator Terburuk: Telkom Flexi – Seiring umur yang terus bertambah, masih belum dapat meningkatkan kualitas dari jaringan, dimana masih sering mengalami gagal telepon.

    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami: Smart – Skema Tarif yang sederhana tanpa segudang embel-embel persyaratan

    Operator dengan promo paling tidak jujur,bias atau membingungkan: XL – Promo ter,ter,ter dengan segudang embel-embel persyaratan yang tidak disebutkan di depan

  34. *operator terbaik: Telkomsel cukup baik coveragenya [3G juga] tapi sayang koneksi datanya parah banget. sudah mahal tidak memuaskan. sering error dan begong juga.
    *Operator terburuk: Flexi, emang murah sih. cuman kualitasnya parah. kalau bukan karena pemakainya banyak. sudah saya tutup. kalau ditutup binggung juga cari pengantinya. yg rata2 sama saja.
    *Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami: smart jujur tarifnya dan mudah dimengerti. apalagi layanan datanya.
    *Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan: XL
    tarifnya membinggungkan terlalu banyak *) syarat2 dan ketentuan. sehingga kita sering malah mendapatkan tarif yg mahal, akibat aturan yg membingungkan. perhitungan tarifnya ngak jelas juga. ribet dah… walaupun saya juga pemakain XL.

  35. Operator terbaik : XL (walau pernah kena ‘kutuk’ kasus paket sms, menurut saya XL yang paling komplit nyediain kebutuhan sms / internet / telpon … 1 card for all facilities)
    Operator terburuk : Telkomsel (selalu tarifnya lebih mahal dan prosesnya ribet kalo mau ngapa-ngapain)

    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : Smart Telecom (tarifnya sederhana / internetnya juga sederhana)

    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : XL (bukan berarti tidak jujur atau bias…tapi karena terlalu banyak program jadi kesannya membingungkan…. buat saya pribadi Paket CDMA ngga mbingungin)

  36. Operator terbaik : indosat tentunya, terutama matrix dan staronenya pelayanan pelangggan cukup prima, ditambah dengan jaringan internet yang sudah teruji sebagai pendahulu dibandingkan operator lain. Sinyal sangat bagus
    Operator terburuk: telkomsel karena produknya yang dinamakan telkomsel flash sangat mengecewakan, jarang ada promo diskon dan tarifnya cukup mahal. Kalau masalah sinyal kuat itu sudah standar lah smua operator juga prioritas utama kan.
    Operator terjujur : axis kerena promonya bukan sekedar “trik” marketing semata.
    Operator paling tidak jujur ; XL iklannya sangat membingungkan, gemar sekali mencantumkan tulisan *syarat dan ketentuan berlaku* dengan font kecil 🙂
    Demikian boss HSW..

  37. Terbaik: axis
    Terburuk: XL, saya sudah gonta ganti hp, tetap saja kalau nyambung dengan pstn ada echo atau feedback suara kita sendiri.
    Terjujur: esia
    Tidak jujur:xl

  38. Operator terbaik : INDOSAT
    karena selama sudah saya gunakan 10 tahun ini tidak pernak mengalami gangguan sinyal yang berarti walo lokasi pegunungan. selalu ada sinyal walo 1 bar tapi itu sudah cukup untuk telepon or sms. layanan CS nya pun cepat n handal
    Operator terburuk : 3
    karena sinyal masih kejat kejut di daerah agak terpencil alias pinggiran.
    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : TELKOMSEL
    karena apa yang di promoin ntu yang diberikan. walo emang jauuuuhhh maahhaaalll
    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : XL
    suka kasi promo tapi kenyataannya malah tambah membingungkan. sebaiknya program promo jangan terlalu bervariasi, lebih dipadatkan asal mengena

  39. Terbaik: Telkomsel, walaupun Mahal…
    Terburuk: Smart ( internet lambat,harga naik terus )
    Terjujur: tidak ada
    Tidak jujur: Smart (iklan – belum termasuk PPN-Bias )

  40. Terbaik: XL, jaringan nya handal banget tetap hidup saat gempa di Padang, thanks XL
    Terburuk: Telkomsel, gempa dikit mati, celakanya saudara2ku kemarin2 masih pake nomer tsb
    Terjujur: semuanya jujur, beda bahasa aja
    Tidak jujur: tidak ada, karena bisa di tuntut kalo ngasih promo boong

  41. Operator terbaik ; Smart (dalam hal kualitas layanan Data)
    Operator terburuk ; Flexi (sering call drop & susah di hubungi)
    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami ; Smart (mudah dipahami promonya)
    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan ; XL (susah dipahami promo tarifnya)

  42. terbaik: indosat (BIS-nya relatif stabil, inovatif)
    terburuk: XL (angka gagal nyambungnya tiggi)
    terjujur: telkomsel halo (mahal ya mahal, enggak pernah bilang murah)
    tertidakjujur: 3 (three, promonya membingungkan dan bersayap)

  43. Krn saya tipe setia saya udah pake xl 7 th, dan selalu aman2 aja. Apalagi saya pake yg berkali2 cuma bayar 1200 gratisannya bisa 1 jam + paket unlimitednya juga kuenceng dwonloadnya, pokoknya aku, suamiku temen2 kantornya pada gandrung ma unlimitednya. Sinyal BB juga ok, semua temen2ku kalo dia punya BB pasti kartunya XL.

    So yg terbaik : XL
    Terjelek : indosat, registrasi ribet, dowload lemot.

  44. Terbaik: Esia
    Terburuk: XL
    Terjujur: Esia
    Tertidak jujur: XL

    loh kok cuman Esia dan XL? karena saya pribadi dah terlanjur makai nomor tsb lama lebih dari 5 tahun mungkin 🙁 Esia CDMA dalam kota, XL untuk nomor utama.

    tapi terus terang selama ini, Esia paling ga boong promonya, lah memang jarang promo seingat saya :p, Tariff terus seribu rupiah klo nelpon sejam sesama esia, 50 rupiah per menit ke sesama. Dan CDMA dalam kota Jakarta yang menurut saya selama ini oke 😀

    XL? terus terang karena faktor pertama ini maka saya bela-belain tetep make… Telpon susah bener keluar masuk, SMS kadang2 lintas operator klo keluar sering tidak sampai. yang baik so far hanya: Layanan BlackBerry BIS saja 😀 (moga-moga saja tidak kenapa-kenapa kedepannya 🙁 )

    Tertidak jujur kok XL juga? karena saya pemakai pascabayar nyaris ga ada keuntungan kalau dari segi hitung-hitungan tariff dibandingkan prabayar jadi saya merasa dibohongi dengan pakai pascabayar 🙂 (maka XL tidak jujur alias boong :p) dan enaknya pascabayar hanya tidak repot isi ulang pulsa hehehe… kalau dihitung-hitung memang beda rasanya XL pascabayar yang dulu dengan sekarang 🙂

  45. -Operator terbaik : Telkomsel
    alasan : coverage area luas

    -Operator terburuk :XL
    alasan : sinyal putus-putus

    -Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : smart
    alasan : tarifnya sederhana dan promosinya tidak banyak aturan

    -Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : xl
    alasan : terlalu banyak syarat-syaratnya

  46. Operator terbaik: telkomsel dari dulu sampe sekarang saya pake kartu halo.
    Operator terburuk: xl sinyal sering hilang di tempat saya.
    Operator dengan promo paling mudah dipahami dan jujur: smart tarif simpel tidak ribet.
    Operator dengan promo tidak jujur bias membingungkan: xl sering sekali berganti-ganti promo dan banyak syarat.

  47. Operator terbaik : telkomsel namun sebanding dengan tarifnya juga sih.

    Operator terburuk : 3, paling ngak jelas promonya mau mengambil pangsa pasar yang mana?

    Promo paling jujur dan mudah dipahami: Axis, walaupun akhir-akhir ini mulai tertular penyakit operator lainnya yang lebih tua terkait promo telepon Rp 300/ menit.
    Promo paling , tidak jujur, bias dan membingungkan : XL, dimana sering terjadi perubahan tarif dengan banyak bintang2nya.

  48. Operator Terbaik : Telkomsel, sinyalnya sejauh ini masih lebih baik daripada In*o*at, terutama di daerah yang remote
    Operator Terburuk : Smart, masak mau telpon harus naik lantai 2 dulu baru dapat sinyal?
    Operator paling jujur : Mobile-8, tarif Fren murah tanpa banyak terms & condition, sayang saja tidak didukung marketing/promosi yang baik
    Operator paling tidak jujur : XL, terlalu banyak program promosi sehingga membingungkan konsumen

    FYI–Saya hanya me-list operator dari hasil pengalaman pribadi

  49. Operator terbaik : Smart Telecom
    Operator terburuk : XL
    Promo paling jujur: Mobile-8 (Fren)
    Promo paling bias : XL

  50. * Operator terbaik: Telkomsel, meski harganya gak bisa dibilang murah tetapi tercover dengan jangkauan dan kualitas sinyal.

    * Operator terburuk: Flexi, sinyal sering drop sehingga putus saat call, susah dihubungi, sms gak sampai, banyak sms promo yang gak perlu.

    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami: Mobile-8 (Fren), cukup simpel.

    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan: Sebenarnya semua operator, tetapi paling parah adalah XL, banyak bintang kecilnya sehingga skema tarif menjadi bias dan membingungkan konsumen.

  51. * Operator terbaik : Telkomsel, karena kualitas sinyalnya
    * Operator terburuk : Starone, Sinyalnya sangat buruk
    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : Esia, karena perhitungan Talktimenya sederhana.
    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : XL, walaupun Iklannya menarik tapi promonya tidak jelas dan membingungkan.

  52. * operator terbaik : Xl krn selama ini ga pernah masalah
    * operator terburuk : starOne
    * operator dgn promo paling jujur atau mudah dipahami: three (3)
    * •Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : XL

  53. * Operator terbaik : Axis
    Tarif jelas, sinyal lumayan untuk seumurannya

    * Operator terburuk : Indosat
    Banyak promo, jadi gak jelas tarifnya

    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : 3
    Tidak banyak syarat dan ketentuan berlaku

    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : XL
    Banyak permainan kata, jd membingungkan!

  54. Numpang ikutan survey aahhh… 🙂

    Operator terbaik
    (mentari) Indosat.
    mungkin terlalu subyektif, tapi pakai mentari isat sejak pertama muncul di jogja tidak rese.
    sudah coba operator lain, ga ada yang senyaman indosat 🙂

    Operator terburuk
    Telkomsel.
    Pengalaman buruk dengan internet unlimitted-nya yg corporate.
    seenak udelnya sendiri ngeblokir, menurunkan quota pemakaian, beberapa kasus tagihan bisa menggila walaupun paket yang diambil flat.
    promo yang ditawarkan juga cuma sekedar follower aja biar ga pada berpaling (atau sudah pada berpaling baru keluar promo?)

    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami
    AXIS
    walaupun tidak pakai nomor ini, tapi semua promo-nya mudah dicerna.
    ga tau seberapa jujur karena ga pakai sama sekali 😀

    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan
    XL
    asli sumpah bikin bingung.
    sebentar nawarin ini sebentar nawarin itu.
    kemaren gencar dengan *500# abis itu ganti dengan *123#
    yang paling lucu : paket 500sms untuk 7hari seharga 5rb, tapi juga menawarkan paket 500sms seharga 10rb untuk 10hari.
    Helllooww….bayar 2x hanya untuk tambahan 3hari?? mendingan perpanjang paket tiap 7hari dunk???
    *keponakan saya baru kelas 1 SD aja udah tau itu*

  55. terbaik : mentari( sudah pake lama banget)
    terburuk : simpati ( dikantor saya sinyalnya susah)
    promo jujur : axis( saya pake buat inet)
    promo membingungkan : XL

  56. Operator terbaik : nggak ada

    Operator terburuk : Indosat (walaupun masih dipake karena sudah lama piara nomornya) terutama saat menjelang akhir tahun, banyak kerjaan yang perklu komunikasi telepon, malah network sering error.

    Operator dengan promo mudah dipahami : AXIS

    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : XL

  57. Operator Terbaik: Melihat kinerja overall (terlepas dari jangkauan, promo dan lain2) saya memilih Indosat. Kinerjanya di tahun ini baik bahkan menurut saya meningkat baik coverage, after sales service (CS dll), layanan dan promo saya anggap semua baik.

    Operator Terburuk: Saya memilih XL, karena tidak adanya perbaikan coverage, tarif yang membingungkan, promo penuh jebakan bahkan layanan customer service yang menurut saya belum ada perbaikan (malah nelp ke CS dicharge???)

    Promo Terjujur: Sebelumnya saya berniat memilih GSM yang baik, tetapi promonya akhir2 ini lebih kearah mengekor operator GSM lain yang sudah ada. Maka pilihan saya jatuhkan ke SMART karena berani memberikan terobosan, dan promo2nya mudah dipahami

    Promo Membingungkan: Jawaban saya sama dengan Operator Terburuk, jadi tidak perlu saya jelaskan lagi 🙂

  58. * Operator terbaik : IM3 sinyal bagus harga visible
    * Operator terburuk : 3 sinyal bolong-bolong
    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : Axis
    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : XL, Iklannya makin gak jelas itungannya, kelihatan banget tepu2nya.

  59. * Operator Terbaik…Indosat StarOne
    karena jarang yg pake jadinya kualitas suara paling tob markotob suara lawan bicara sangat mudah didengar dan di mengerti…

    * Operator Terburuk…Mobile 8
    kualitas suara buruk, suara sering kaya robot, suka putus sewaktu bicara…udah gitu koneksi internetnya makin lelet dan susah konek dibanding dulu waktu pertama kali pake…

    * Operator paling jujur…Mobile 8
    Tarif Pasca dan Pra nya sama, dan ga ribet itung2annya…

    * Operator paling tidak jujur…Indosat Mentari
    Promo tarifnya bikin pusing, banyak bintang2nya…sebenernya antara XL dan Indosat sih.

    Tapi udah ga mikirin tarif sekarang, yg penting kualitas bagus, komunikasi ga putus2, suara jelas dan jernih, koneksi data bagus…reliable…cuman sayang untuk saat ini belum ada operator yg memenuhi kriteria tersebut…masih pada ngeributin tarif dan promo gede2an, tapi kualitas tambah buruk!!!

  60. yang terbaik : Diantara semuap OPS yang ada meskipun belum sempurna : INDOSAT
    yang terburuk : Telkomsel (tapi terpaksa tetap pake karena paling luas jangkauannya
    yang promonya mudah di pahami : INDOSAT
    Yang pailing tidak jujur atau bisa membingungkan : telkom flexi

  61. Operator Terbaik: 3
    Karena bisa memberikan fitur sms gratis, bonus pulsa dobel, internet 1MB gratis per hari.
    Fitur yang menurut saya bagus utk orang semacam saya yang ingin berhemat dalam belanja pulsa. Kualitas sinyal pun lumayan, karena saya tinggal di Bekasi

    utk kriteria lainnya saya gak bisa kasih pendapat, karena saya gak banyak coba2 operator, selain malas, bingung karena kebanyakan promosi yang ujung2nya bukan tambah murah malahan mahal.

  62. Operator terbaik : Telkomsel
    walaupun mahal

    Operator terburuk : Indosat (matrix), dulu sempet langganan untuk internetan, tnyata lemot, dan sempat tagihan melonjak, ditanyain trus ma CSnya padahal belum jatuh tempo, akhirnya saya tutup

    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : gak ada, semua pake syarat dan ketentuan berlaku

    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan :
    XL, karena syaratnya yang berbelit

  63. Operator Terbaik : Telkomsel, kualitas sinyal (voice) tidak pernah drop, kualitas sinyal bb (data) juga mengalami perbaikan, sudah jarang GPRS menjadi gprs dan sebaliknya…
    Operator Terburuk : Flexi, kualitasnya untuk daerah Jakarta selatan sungguh mengecewakan, menyebabkan saya harus pindah ke operator lain.
    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : Esia, penjelasannya selalu singkat, jelas dan gak bertele-tele, terakhir nyobain promonya untuk nomor suka-suka…, dari masuk ruangan, sambil nunggu dipanggil disuruh baca brosurnya, setelah dipanggil juga djelaskan lagi, dan kapan harus bayarnya (pas daftar, dan kalau nomornya punya urutan khusus), jadi saya sebagai customer gak ngerasa ketipu.
    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias atau membingungkan : XL, bingung ngertinya….,dari mulai sms sampai telepon gratis diatas jam 12 malam. Jujur saya sempat cobain semua karena liat promonya, tapi kok mau sms gratis harus nunggu daftar ? (hampir seharian nunggu aktivasi lebaran 2008), nelpon gratis kok pulsanya kepotong juga..?? bener2 gelap…

  64. ikutan ya. karena hanya pakai beberapa operator untuk kebutuhan sehari-hari, maka berikut pemenangnya:

    terbaik : Telkomsel (stabil untuk voice)
    terburuk : XL (susah nyambung)
    promo jujur : FREN (sesuai dengan promo)
    promo membingungkan : XL (terlalu banyak ketentuannya)

  65. Operator terbaik : untuk saya yg banyak pakai data,Indosat,akses data dan kuat sinyalnya cukup reliable.Menyusul dibelakangnya adalah si anak bawang Smart

    Operator terburuk : XL

    Operator dengan promo mudah dipahami : Axis,relatif ya,paling mudah dipahami daripada yg lain

    Operator dengan promo paling tidak jujur,bias atau membingungkan : XL

  66. 1. operator terbaik: TELKOMSEL, karena menurut jarang trouble, pelayanannya bagus dan yang terpenting sinyalnya kuat bahkan sampai ke daerah pedalaman yang tidak terjangkau oleh operator lain.
    2.operator terburuk: XL, karena sinyalnya kurang bagus, sering trouble dan tarifnya mahal kalau untuk telpon ke operator lain.
    3.operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami: FLEXI, karena promonya simpel,mudah dimengerti tanpa kebanyakan syarat yang membinggungkan pelanggan.
    4. operator dengan promo paling tidak jujur, bias atau membingngungkan: XL, karena promonya terlalu banyak dan syaratnya membinggungkan pelanggan, sebagai contoh: jam bebas pulsanya tengah malam, terus kalau yang untuk nelpon sepuasnya sering putus sendiri.

  67. Operator terbaik : Telkomsel
    Walau paling mahal, tapi tetap saya pakai nomor dari operator ini sejak tahun 1997.
    Layanannya terluas, dan saya tidak kesulitan komunikasi sejak tahun 1997 itu walaupun berada diberbagai daerah terpencil.

    Operator terburuk : 3
    Saya punya banyak nomor cantiknya, tapi tidak pernah saya aktifkan karena jaringannya yang sangat terbatas. Saya sudah menunggu sejak awal diluncurkan, siapa tahu jaringan dan sinyalnya makin baik. Tapi itu mungkin hanya mimpi. Dihibur mimpi, Mau????

    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami :
    Telkomsel
    Karena iklannya simpel saja. Memang mahal dan bukan paling murah, tapi saya percaya sistem billingnya.

    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : Indosat
    Saya beberapa kali merasa tertipu, karena promosinya bagus sekali dan seakan murah sekali. Tapi ternyata ada bintang bintang kecil dibawah promosinya. Anda harus ini lah, itu lah untuk mendapatkan pelayanan ini.
    Apalagi banyak rekanan indosat, dhi perusahaan penyedia layanan konten dan ringbacktone yang beberapa kali secara otomatis aktif di nomor saya sampai sampai saya harus menelpon cs indosat karena stress siapa tahu pulsa saya disedot habisss… 🙂

  68. Operator terbaik : Indosat
    Operator terburuk : mobile 8
    Operator terjujur : axis
    Operator tidak jujur : XL

  69. Ikutan polling ya

    * Operator terbaik : SAtelindo, dan akan terus memakai ini, sdh 10 thn sgt memuaskan, sinyal selalu on, tarif fair walau bukan termurah, CS selalu bisa diandalkan
    * Operator terburuk: Telkom Flexi, sinyal tdk jelas, sering tanpa nada tunggu dibilang diluar area. tlp sesama flexi to flexi bisa tunggu 1 mnt lebih baru muncul nada tunggu/ sambung. Sudah dipensiun lama
    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami: Smart, krn pakai untuk modem, dan tidak bertele2 promonya. Sayang tdk bisa jawab 2 operator.
    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan: XL, ngga tahu bagaimana cara hitung promo di billboard yg muncul di jalan2, koran, tv kok bisa berbeda 180 derajat dgn pemakaian, apa saya yg bodoh ga bisa itung2an kali. sebenarnya ada 2, tp krn yg satu dah terlibat di poin no. 2 jd tdk ditulis.

    Demikian polling dr saya, terima kasih.

  70. * Operator terbaik : Telkomsel
    Untuk voice dan sms, Telkomsel masih yang terbaik. Sinyal sampai ke pelosok daerah terpencil.

    * Operator terburuk : StarOne/Jagoan
    Tidak ada perbaikan yang signifikan untuk daerah Jakarta. Sulit untuk menghubungi dan dihubungi operator selain Indosat.

    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : Indosat
    Promo dengan kenyataan berbanding lurus. Terutama penawaran paket data.

    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : XL
    Terlalu banyak pilihan paket hemat dan promosi, sementaraa keuntungan bagi konsumen tidak jelas dan signifikan.

  71. Operator terbaik : indosat
    Operator terburuk : telkomsel
    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : AXIS
    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : XL

  72. * Operator terbaik : TELKOMSEL di mana mana ada signal
    * Operator terburuk : 3 sering nge blank
    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : AXIS promonya gak neko neko
    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : INDOSAT sering promo yg berlakunya tengah malam

  73. * Operator terbaik : Indosat, saya pakai Matrix tarifnya murah, kualitas OK
    * Operator terburuk : XL, sering gak ada sinyal
    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : Esia. Promosinya komunikatif.
    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : XL. Sering pake ***

  74. Operator terbaik : XL
    Operator terburuk : Esia, suaranya dan sinyalnya buruk
    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : AXIS
    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : XL, Indosat, Telkomsel, 3

  75. Operator terbaik:
    XL (banyak inovasinya)

    Operator terburuk:
    Axis (gak baik lagi)

    Operator dengan promo paling jujur:
    Smart (ringkas padat tepat)

    Operator dengan promo paling tidak jujur:
    Indosat (terlalu banyak bintang kecil)

  76. Operator terbaik: XL (dari sisi sinyal-nya bagus di lokasi kantor saya)
    Operator terburuk: Telkomsel
    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami: StarOne
    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan: XL juga (sering tagihan nggak sesuai)

  77. Operator terbaik:
    indosat, karena sampe sekarang memuaskan dan ga pernah trouble, sinyal ok tarif ok…maklum ane pelanggan VIP.

    Operator terburuk:
    esia, my first bad experience using cdma… dari kualitas suara n seringnya putus pas nelepon, herannya banyak yg make…termasuk g 😛

    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami:
    Axis, iklannya ga ribet n sepertinya memang baik ya…

    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan:
    esia, banyak trickynya, n bukan berpikir memudahkan pelanggan, masa kudu pencet bla2 buat make tarif/fasilitas yg murahnya…keliatan banget setengah hati bikin promo…

  78. Operator terbaik : indosat, masalah pasti ada, cuman ga significant.
    Operator terburuk : esia, kalau telp ga cukup sekali, atau kadang2 nyasar
    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : indosat.. promonya singkat, jelas
    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : xl, kelihatannya murah, tapi menbingungkan hitungannya

  79. operator terbaik:
    simpati, sinyal ok dimanapun, kapanpun…

    operator terburuk:
    esia, klo lg telepon suka tiba2 putus…

    operator plg jujur & mudah dipahami:
    esia,telepon sesama esia bner murah…

    operator plg tdk jujur, bias & membingungkan:
    XL, ga ketauan tarif pastinya, berubah-ubah terus…

  80. * Operator terbaik:
    simpati.. sinyal kuat..

    * Operator terburuk:
    xl. suka ga ada sinyal.. kadang hape sama-sama xl bisa satu ada sinyal satu engga..

    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami:
    indosat. ga ribet dan jelas maknanya.

    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan:
    xl.. ga tau hitungannya pastinya..

  81. operator terbaik:
    Indosat: sinyal ok dan tak pernah trouble

    operator terburuk:
    esia, jangkauannya jelek sekali

    operator plg jujur & mudah dipahami:
    Indosat, sayang menghubungi operator susah banget

    operator plg tdk jujur, bias & membingungkan:
    XL aneh… sudah daftar ini itu tetep aja dipotong begitu juga… 🙁

  82. Operator terbaik:
    indosat, udah pake 8 thn gak pernah ada masalah. signal penuh terus biarpun lg di desa/ di gunung. sms/telp ga prnh ada mslh, dpt byk kemudahan

    Operator terburuk:
    esia, suara ga jelas, sering putus kl telp

    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami:
    Axis. sesuai iklannya.

    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan: esia.. ud ga mikirin lagi deh mo promo apaan, yg penting gw bisa nelpon.

  83. Terbaik: matrix. Menemani saya dg layanan gprs/edge/3g dg sinyal yg stabil dan konsisten di pelosok2 daerah.
    Terburuk: kartu halo, sinyal di daerah tdk stabil, walau sy sdh menjadi pelanggan selama lbh dr 10 tahun. Miskin promo, berasa sdh di comfort zone pelayanan miskin inovasi. Kartu halo dianaktirikan dibanding prabayar.
    Terjujur: smart, hati2 emang kenceng 🙂
    Terlebay: XL, sinyal kuat tp bengong.

    Tertipu: saat pasang IM2, amit2 speednya.. Kwkwkwkkwk

  84. Operator terbaik:
    Telkomsel, jika dibandingkan dengan operator2 yg ada. tapi bukan berarti terbaik, cuman lebih baik sedikit daripada yg lain.

    Operator terburuk:
    Indosat, pengalaman pribadi (walaupun masih memakai kartunya [sbg kartu ke2])

    Operator paling jujur & mudah dipahami:
    Axis, (paling tidak)saat ini masih terjujur diantara operator-operator yg tidakjujur.

    Operator paling tidak jujur, bias & membingungkan:
    XL, antara skrg -mungkin besok -mungkin lusa -mungkin minggu depan; bisa berubah² tarifnya.

  85. Operator terbaik : Indosat. Saya menggunakan Matrix lebih dari 5 tahun, lancar-2 saja. Walaupun awal2-nya bermasalah dalam hal billing-nya, namun belakangan sudah jauh lebih baik.

    Operator terburuk : Telkom Flexi. Sambungan sering putus sendiri.

    Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami : Axis. Promonya sederhana.

    Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan : Three. Bingung dengan program promo-nya.

  86. * Operator terbaik = ESIA
    Lancar, murah, CSnya mudah dihubungi.

    * Operator terburuk = XL
    Pernah pakai XL dengan nomor kesukaan, susah nelpon/ditelpon berbulan-bulan. Cek pulsa *123# aja ga bisa.

    * Operator dengan promo paling jujur atau mudah dipahami = ESIA.
    Sesama esia Rp40, pstn/fwt lokal Rp80, seluler lokal Rp400, non-lokal Rp 800, Sms Rp1/karakter

    * Operator dengan promo paling tidak jujur, bias, atau membingungkan = XL.
    Tiap ada promo, syaratnya banyak

    Catatan: Didaerah saya (manado) operator yang sudah tersedia: Telkomsel, Indosat, XL, 3, Esia, Flexi, Fren

  87. operator terbaik :flexi (kalo lagi telp suaranya jernih)

    operator terburuk : esia (kalo sms sering ga nyampe..)

    operator terjujur : three (bukan hanya sekedar promo, tapi bener dibuktikan…)

    operator paling tidak jujur : xl (penipuan tarif)

  88. operator terbaik : simpati pastinya … sinyalnya ok

    operator terburuk : esia … suara putus-putus

    operator terjujur : axis … baik

    operator paling tidak jujur : xl … perhitungan tarif yang ga jelas dan bias

  89. OP Terbaik: m3 (pdhl gw ga pke m3, tp gw suka bgt m3 cz dlu setia m3)
    OP Terburuk:xl… Op lain mo telp ke XL or XL telp oP lain, mahalll gila, murah cuma sesama…
    OP terjujur:3, mau3? hehe… promonya beneran!
    OP pling tdk jujur: XL… term condition apply….

  90. Operator Terbaik: M3 (sinyalnya bagus)

    Operator Terburuk: esia (sinyalnya jelek)

    Operator Terjujur: Axis

    Operator paling tidak jujur: XL

  91. Operator Terbaik: XL selain murah, qualitas ok, jaringan handal dan luas

    Operator Terburuk: telkomsel, selain mahal juga qualitas suara buruk dan lemot

    Operator Terjujur: XL

    Operator paling tidak jujur: Isat

  92. Terbaik ; XL
    Terburuk ; ESIA
    Terjujur : XL soalnya pulsa saya keptong terus kompalin n dibalikin..hehe
    Paling ga jujur ; AXIS dan Indosat

  93. Operator Terbaik: Telkomsel, jaringan luas namun sayangnya mahal minta ampun..

    Operator Terburuk: Indosat, pengalaman buruk dgn i-Ringnya dan customer service yg sama sekali tidak membantu.

    Operator Terjujur: Telkomsel

    Operator paling tidak jujur: Axis

  94. Survei ala HSW untuk memilih operator ter-… 2009 telah ditutup pada 6
    Januari lalu. Hingga batas akhir, tercatat ada 93 rekan yang
    berpartisipasi. Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh partisipan.

    Pengundian hadiah untuk para partisipan telah saya lakukan. Awalnya saya
    berencana menggunakan cara yang agak canggih. Yaitu, menggunakan
    aplikasi tertentu di komputer, mengklik tombol tertentu satu kali, dan
    nama para pemenang langsung muncul. Namun, ternyata saya gagal menemukan
    aplikasi seperti itu.

    Akhirnya pengundian saya lakukan secara manual. Saya tuliskan di
    potongan kartu nama, diaduk-aduk, kemudian diambil satu per satu.

    Nama para partisipan yang beruntung telah saya peroleh. Di manakah
    mereka berdomisili? Sampai detik ini saya tak mengetahuinya. Saya hanya
    mengetahui alamat IP yang digunakan saat mengirimkan komentar. Kalau ada
    rekan milis yang bisa menelusurinya, mungkin dapat iseng
    menginformasikan lokasi kota si pemenang.

    Dan… *grombyang… dung…. deng… treettt… glodak…* inilah tiga
    partisipan yang beruntung:

    PEMENANG USB flash disk 2 GB:
    1. Farhan 202.3.213.130
    2. Andhyez 206.53.152.46

    PEMENANG satu buah ponsel Nokia:
    Ario 202.169.56.229

    Selamat kepada para pemenang! Silakan membuka email japri yang saya
    kirimkan ke alamat email yang Anda gunakan untuk memposting komentar.

    Kepada seluruh partisipan, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih.
    Semua komentar Anda telah saya salurkan kepada petinggi berbagai
    operator GSM dan CDMA, tanpa saya ubah satu karakter pun. Posisi
    tertinggi yang mendapatkan kiriman email japri berisi hasil survei itu
    adalah presiden direktur.

  95. Menurut saya semua operator itu sama saja yang ada cuma promo doang.Tapi jika disuruh menilai menurut saya INDOSAT yang paling baik walapun ada kekurangan tapi ya gak papa lah yang lain biasa2 saja.
    Tulisan diatas hanya pendapat dan tidak bermaksud menjelek jelekkan.

  96. Walau dah ditutup, saya tetap ikut komen, hehehe
    Menurut pengalaman saya:
    Operator terbaik adalah TSEL, walau tarif mahal, tapi kinerjanya sesuai.
    Operator terburuk XL dan adiknya AXIS, (di daerah tinggal saya) sinyal tidak stabil dan tidak pernah dapet sinyal H+ atau 3G.
    Iklan terjujur tidak ada
    Iklan paling banyak jebakan IM3

  97. kalau menurut ane pengalaman selama kurang lbh 3 thn telkomsel unggul di bidang nilpon dan sms sedang indosat unggul di bidang jaringan internet jd karena ane itu tp setelah di bandingkan antara indosat dan telkomsel sy pilih indosat. .klu proveder yg laen mah gak ada sinyal sema sekali. kan sy di pegunungan.

  98. *operator terbaik: tiada sama sekali,karena semua tidak ada yg mau rugi
    *operator terburuk: paling super parah yaitu XL. Banyak merugikan penggunannya
    *Operator dengan promo paling jujur
    atau mudah dipahami: nothing, semua nipu. Ane pake xl juga terpaksa. Kalo ane bisa telepati mending telepati aje sesama orang sakti.
    *Operator dengan promo paling tidak
    jujur, bias, atau membingungkan: yaitu XL banget ,parah. Hampir semua penipu. Makanya negara kita nggak maju” orang saling menipu antar sesama wni
    WaAllahu alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *